THE QUEEN’S GAMBIT: Never Give Up

"They're just pieces. And anyway it was the board I noticed first"


0

The Queen Gambit merupakan salah satu serial Netflix, Miniseries ini bercerita tentang seorang anak yatim piatu, Beth Harmon yang ditemukan sedang meratapi kematian ibunya (Chloe Pirrie) yang meninggal karena kecelakaan. 

Beth masuk ke sebuah panti asuhan, yang dimana secara kebetulan mempertemukan Beth dengan penjaga sekolah yang mengenalkannya dengan permainan vatur. Beth merasa bahwa permainan catur merupakan permainan yang menarik, Beth menjadi terobsesi dengan papan catur. 

Obsesinya begitu besar, bahkan ketika tidak menghadapi papan catur, Beth akan berimajinasi seperti bermain catur. Beth menatap langit-langit kamar melalui ranjangnya, dan membayangkan papan catur imajiner. 

Beth memainkan permainan catur melalui kepalanya, berimajinasi sebanyak mungkin mengenai langkah-langkah dari pion-pion catur untuk mengalahkan lawan-lawan yang ia imajinasikan sendiri. Beberapa waktu setelahnya, barulah Beth Harmon menyadari bahwa ternyata pihak panti asuhan ternyata memberinya obat penenang karena obsesinya itu. 

Melalui tujuh episode mini, The Queen's Gambit mengisahkan perjalanan Beth Harmon sejak kecil, diasuh di panti asuhan, karena kegeniusannya menapak karier sebagai pemain catur profesional kelas dunia. Kehidupannya juga kian diperumit dengan gangguan adiksi yang ia alami. 

Ketika beranjak dewasa, orang terdekatnya hanyalah pengasuh dan teman sekamarnya, Jolene (Moses Ingram). Kemudian, saat meninggalkan panti asuhan, ia ternyata diadopsi oleh Alma (Marielle Heller), perempuan kesepian yang membutuhkan teman, selain suaminya yang iri dan pendendam.

Obsesi yang dimiliki Beth sangatlah besar sehingga membuat dia menjadi seorang yang ambisius, Beth beranjak dewasa dan beth merupakan seorang gadis yang tidak begitu mudah mendapatkan teman. 

Suatu hari beth dan sang ibu pergi berbelanja pakaian, dan beth menemukan sebuah papan catur, sekian lama beth tidak menyentuh permainan catur akhirnya dia kembali menemukan permainan yang dia sangat sukai. Beth pun makin memperdalam ilmu catur hingga mengikuti turnamen demi turnamen. Semakin banyak orang yang ia kalahkan, ia pun naik peringkat. Di salah satu turnamen, ia melawan pecatur bernama Townes yang kemudian menjadi cinta pertamanya. Sementara itu, pencapaian terbesar Beth di turnamen lokal adalah kemenangannya melawan pecatur Harry Beltik.

Nama Beth pun semakin dikenal. Semakin banyak turnamen ia ikuti. Semakin banyak hadiah uang ia dapatkan. Beth bersama ibunya pergi dari satu turnamen ke turnamen lain, sebut saja Kentucky, Cincinnati, Mexico, Paris, hingga Rusia. Dari seluruh lawan main Beth, seingat saya hanya 2 orang yang berhasil mengalahkan Beth. Yang pertama adalah Benny Watts yang diperankan oleh Thomas Brodie Sangster. Yang kedua adalah Borgov, juara dunia catur dari Rusia, satu-satunya lawan yang ditakuti Beth.

Banyak hal yang di lewati oleh Beth, ambisius dirinya terhadap permainan catur membawa Beth kedalam petualangan kehidupan. The Queen’s Gambit tidak hanya menceritakan tentang permaina catur tetapi juga menceritakan bagaimana sesorang mengontrol emosinya dan bagaimana sesorang bertahan dalam keadaan sesulit apapun. 

Dalam cerita ini terdapat pemain lainnya, yang memiliki berbagaimacam karakter, karena mini series ini bertemakan permainan catur dan betapa besarnya prinsip seseorang. Oleh karena itu pemain dalam cerita ini sangat bervariatif.

Pemain pertama yaitu Elizabeth Harmon (Beth), merupakan pemeran utama yang menjadi highlight dalam miniseries ini, Ia merupakan seorang gadis kecil yang beranjak dewasa yang harus kehilangan ibunya akibat kecelakaan, nasib berkata lain, ia harus dibawa ke panti asuhan dan bertemu seseorang yang mahil dalam bermain permainan catur dan menjadi pemain catur professional.

Pemain Kedua yaitu Beltik. Pemain Profesional juara bertahan lokal didaerah Beth tinggal. ia menjadi lawan yang tangguh yang menyebabkan Beth hampir kalah. memiliki strategi yang baik sehingga membuat Beth kebingungan melawannya.

Planning : Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya. Sedangkan Pembuatan Keputusan adalah bagian dari Perencanaan yang berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran organisasinya.

Beth, selalu memiliki planning untuk apa yang akan Ia lakukan, walaupun terkadang memiliki banyak keraguan dan kebimbangan dalam pengambilang keputusannya, Beth memiliki karakter yang spontan namun tegas terhadap apa yang di prinsipkannya. Bersifat mandiri mambuat Beth memiliki berbagai planning untuk tetap melangkah dalam segala pengambilan keputusan. 

Beltik, lawan main dari Beth yang memiliki sikap angkuh, jika kita lihat karakter yang dimiliki oleh beltik mencerminkan seseorang yang tidak memiliki sebuah perencanaan. Dalam scene melawan Beth, Beltik dating terlambat sambal membawa kopi hal ini mencerminkan Beltik tidak dapat membuat perencanaan dengan baik sehingga ia datang terlambat kepertandingan. 

Organizing: telah membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah ataupun tugas-tugas untuk mencapai sasaran organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah mengorganisir orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan yang ditetapkan.

Beth, Sejak kecil sudah ditinggal oleh kedua orang tuanya, sehingga Ia harus hidup mandiri dan menata segala hal dengan baik hal-hal yang sudah Ia rencanakan. Ketika ia bertekat untuk mengikuti turnamen pertamannya, ia langsung mengorganisir perjalanannya, bagaimana ia mendapatkan uang untuk mengikuti turnamen pertamanya. Yang menjadi kelemahan Beth adalah tidak bias mengontrol ambisinya.

Beltik, memiliki permulaan yang baik dalam menjalankan rencananya, namun akibat sifat yang sombong dan angkuh juga terlalu percaya diri membuat segala usaha yang sudah ia lakukan untuk memenangkan melawab Beth akhirnya berantakan, sehingga Ia kalah melawan Beth di menit terakhir, karena ia kehabisan langkah dan kehabisan waktu 

Leading : telah menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang diperlukan, Fungsi ketiga Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing).

Beth, seorang pemain catur rata-rata pemilik strategi yang baik, karena setiap langkah yang dilakukan memiliki konsekuensi yang harus difikirkan secara baik-baik agar tidak salah langkah yang mengakibatkan kekalahan. memimpin tidak hanya diartikan menjadi seseorang yang memiliki bawahan atau seseorang lainnya yang dapat diatur dengan baik. Leading juga memiliki arti dalam memimpin diri sendiri untuk melakukan perencaan dan mengorganisir rencana-rencana yang sudah dibuat.

Beltik, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, karena ia rela mengakui kekalahanya dan menerima kekalahanya saat melawan Beth. Sehingga pada saat Beth pulang akibat kehilangan ibunya, beltik dengan dengan sikap dewasa membantu Beth untuk bangkit dari kesedihanya.

Controlling : Fungsi Manajemen yang terakhir adalah Pengendalian atau Controlling, Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi.

Beth, mengontrol adalaha satu kelemahan yang dimiliki oleh Beth, karena sifat ambisius yang sangat besar yang dimiliki oleh Beth sehingga ia sulit mengontrol dirinya sendiri jika dalam keadaan tertekan, oleh karena itu ia meminum obat penenang agar kembali focus dantidak mrasa gelisah. Kemenangan yang dikejar oleh Beth membuat Ia tidak dapat mengontorl kemungkinan-kemungkina yang terjadi, sepeti scene dimana ia dikalahkan oleh Bargov. 

Beltik, cukup baik dalam mengontrol strategi, hal ini dibuktikan dia merupakan juara terbaik didaerahnya, dan saat putaran pertama melawan Beth ia menang cukup telak, sebelum kemampuan beth kembali. 

Mini series ini merupakan film yang menceritakan tentang pemain catur.sehingga dimana pemainnya baik Beth maupun Baltik memilki managerial role identified yaitu Decisional Type. Karena pemain catur harus memiliki perencanaan dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Sehingga dapat dikatakan kedua karakter diatas memilki type of rolenya adalah decisional. Walaupun keduanya bukan entrepreneur namun memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat, dan menjadi negosiator.

Menjadi pemimpin yang open terhadap kritik dan saran merupakan sikap pemimpin yang baik, namun terkadang menjadi pemimpin tidak melulu harus mendengarkan dan melaksanakan segala masukan, melainkan menampung aspirasi yang diberikan oleh lingkungan sekitar. Beth memiliki sifat yang tertutup merupakan sistem mandiri yang tidak terpengaruh oleh perubahan lingkungannya. Dalam mini series diatas, terlihat bahwa pemain utama dan pemain lainnya  memiliki sikap yang teguh pada pendirian dimana tidak akan mudah dipengaruhi oleh pihak manapun. Kelemhana dalam sikap ini yaitu sering merasa kehilangna kemampuan karena semakin tingginya tekanan dan sifat ambisius yang menyebabkan tekanan semakin besar. Sehingga tidak maksimal dalam melakukan kegiatan. Pada kondisi ini Beth seharusnya memilki kontrol emosi dan menurunkan ambisiusnya terhadap kemenangan dan mengukur kemampuannya. 

Disusun oleh : Kelompok Angel Investor

Agus Basuki (41P20066)

Ahmad Zakie Akmal  (41P20067)

Dini Rahmawati (41P20074)

Rohandi (41P20089)

http://hernawansn.blogspot.com/2012/11/management-roles-mintzberg.html

https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-manajemen-empat-fungsi-dasar-manajemen/

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201113083516-220-569271/sinopsis-the-queens-gambit-ambisi-beth-jadi-pecatur-terbaik


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format