Belajar dari Sang Buaya Sungai Yangtze

Film Crocodile in The Yangtze menceritakan naik turun Alibaba hingga menjadi raksasa Tiongkok


0

Sumber : amazon.com

Sinopsis Crocodile In The Yangtze :
Crocodile In The Yangtze merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan perjalanan seorang konglomerat asal Tiongkok yaitu Jack Ma dalam merintis Alibaba. Jack Ma (founder Alibaba) adalah seorang guru bahasa inggris, mulanya dia mendirikan perusahaan penerjemah. Kemudian ia bertemu dengan seorang customer yang kemudiannya mejadi rekannya. Jack bersama rekannya pergi ke US untuk mengerjakan proyek penerjemahan dan di sana Jack Ma diperkenalkan dengan Internet. Saat menelusuri internet, dia tidak menemukan ada informasi yang cukup tentang China di halaman internet tersebut. Hal ini lah yang membuat Jack Ma mecetuskan ide membawa internet ke China. Jack Ma menyadari bahwa dari Internet kita dapat mencari barang yang kita butuhkan, kemudian menjual barang melalui Internet. Ia terinspirasi dari e-bay dan Amazon untuk membuat e-commerce China.  

Jack Ma memulai merintis China Pages pada tahun 1995, lalu  Alibaba pada Maret 1999 . Pada tahun 2001, Alibaba hampir bankrut karena waktu itu belum memiliki pendapatan/profit dan masih terus membakar uang untuk dapat beroperasi. Tahun 2003, Alibaba menghadapi suatu permasalahan besar yaitu saat Wabah SARS di China dan salah satu staf Alibaba terinfeksi virus tersebut. Tantangan yang mengubah Alibaba salah satinya adalah muncul saat e-Bay mulai masuk China untuk membentuk kantor cabang nya yang ke 18 pada tahun 2004. Saat itu untuk menyaingi e-Bay saat itu Jack Ma membentuk website Taobao.com. Taobao.com website yang dia dirikan diberikan gratis kepada user untuk 3 tahun pertama, sedangkan e-Bay masih menerapkan model bisnis yang sama di seluruh negara saat itu dengan meminta biaya tahunan. Hal inilah yang diharapkan Jack Ma menjadi pembeda bisnisnya dan E-bay sehingga dapat menarik konsumen. 

Akhirnya lama kelamanaan user di China pun beralih ke Taobao, hal ini membuat  market share Taobao semakin naik, sedangkan market share e-Bay semakin turun. Alibaba menjadi semakin kuat serta didukung oleh pemerintah lokal di Hangzou karena dianggap dapat menyerap tenaga kerja di daerah tersebut. Film ini di akhiri dengan sebuah speech dari Jack Ma di acara anniversary 10 tahun Alibaba. Film ini memberikan pembelajaran kita dari kisah Jack Ma yang meskipun ia tidak bisa menjadi hiu di samudra namun setidaknya ia mampu menjadi buaya di Sungai Yangtzei (sungai terpanjang di Cina).

 "We will still follow our principle, customers first, employee second, and investors thrid"

Pembahasan

Alibaba merupakan perusahaan rintisan Jack Ma yang saat ini merupakan perusahaan multinasional yang masuk jajaran perusahaan konglomerat dan paling besar di dunia, Alibaba merupakan perusahaan spesialisasi di bidang e-commerce, ritel, internet, kecerdasan buatan dan juga teknologi asal Tiongkok yang saat ini tetap menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Meski demikian baik Alibaba maupun Jack Ma diawal perintisannya mengalami pasang surut dalam dunia bisnis yang bila ditelaah salah satu faktor penyebabnya adalah kesalahan dalam pemilihan marketing channel.

Marketing Channel merupakan seperangkat organisasi yang saling bergantung membantu dan membuat produk atau layanan untuk tersedia dan digunakan untuk konsumsi konsumen atau pengguna bisnis. Kesalahan pada marketing channel yang dialami Jack Ma di awal perintisannya ialah sebelum merintis alibaba pada tahun 1995 Jack Ma ingin merintis sebuah website khusus untuk negaranya yaitu “China Pages” hal ini dilatarbelakangi oleh pengalaman pribadinya dimana saat Jack Ma pergi ke luar negeri dan pertama kali mengakses internet ia tidak bisa menemukan informasi mengenai China di internet saat ia bisa mengakses dari seluruh dunia. Maka sekembalinya ke negeri China, Jack Ma memperkenalkan China Pages dan berusaha meminta bantuan dan support dari pemerintah China karena pada saat  itu media dan komunikasi China masih terbilang sangat ketat di bawah pengawasan pemerintah, Jack Ma mengajak pemerintah untuk membantunya mengembangkan websitenya yang juga bisa dijadikan ajang globalisasi China. Namun pemerintah belum mau membantunya karena dirasa waktu nya belum tepat dan  belum matang. Mimpi Jack Ma harus terhenti.

Saat perdagangan dunia semakin terbuka dengan globalisasi dan perdagangan bebas, China pun semakin terbuka dan internet sudah berkembang di China. Jack Ma melihat nya sebagai peluang internet yang sudah dengan mudah diakses dan perdagangan bebas yang semakin meluas, maka Jack Ma meluncurkan Alibaba.com sebagai perusahaan yang membantu ekspor dan impor dan perdagangan China ke seluruh dunia. Lagi lagi diawal perintisannya, Jack Ma dan Alibaba.com mengalami kondisi sulit, bertahun tahun beroperasi Alibaba tidak menghasilkan pendapatan justru melakukan “burning money”, Alibaba diujung tanduk sedangkan pesaingnya EBay melesat tajam bahkan berinvestasi besar besaran di China, kondisi semakin buruk akan keberlangsungan Alibaba, pada akhirnya Jack Ma menyadari bahwa ia telah melakukan kesalahan, Alibaba saat itu salah mengerti pasar dan pemasarannya, Alibaba saat itu menyediakan apa yang investor butuhkan dan inginkan tanpa melihat apa yang konsumen butuhkan. Alibaba fokus memuaskan media dan menyediakan apa yang media inginkan ditambah dengan pressure dari media di China maupun dunia terkait Alibaba, lagi lagi tanpa melihat apa yang konsumen butuhkan. Sejak saat itu Alibaba merubah konsepnya, Alibaba.com menghadirkan taobao sebagai e-commerce yang menyediakan kebutuhan konsumen dengan segala fitur pendukung seperti live chat untuk bertukar informasi, terbukti setelahnya Alibaba.com dan taobao mampu menggeser EBay dari China dan kini menjadi e-commerce terbesar di China dan berpengaruh di dunia.

Baik Alibaba.com dan Taobao keduanya memilih untuk menggunakan Multichannel Distribution System dalam mengatasi konflik dari berbagai segmen pasar pada channel behavior and organizational di perusahaannya. Misalnya, mereka bekerja sama dengan China Post dan SF Express untuk saluran distribusinya sendiri guna mengirimkan barang dari China ke Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan sebagainya. Jika beberapa penjual swasta ingin mengembangkan bisnisnya di pasar baru, Taobao akan memperkenalkan dan memberikan beberapa rekomendasi jasa Logistik. Di sisi lain, Taobao akan menemukan lebih banyak perusahaan lokal di bidang makanan, pakaian dan lain-lain sebagai mitra koperasi mereka untuk mengembangkan bisnis. Karena pelanggan lokal tidak hanya membutuhkan barang dari luar negeri, maka sebagian besar barang yang akan mereka beli secara online berasal dari negara mereka, oleh karena itu, perlu menarik lebih banyak perusahaan lokal dan penjual swasta untuk mendirikan toko online di Taobao.

Sumber: yonulis.com

Selain itu, fitur chat dan message boards yang ada pada Taobao disesuaikan dengan budaya di Cina untuk saling tawar-menawar, membicarakan hobi, gosip, dan hal apapun yang bisa dibicarakan. Jack Ma dan tim sangat paham tentang bagaimana menumbuhkan kepercayaan antara penjual dan pembeli, yaitu dengan meningkatkan komunitas mereka melalui fitur-fitur tersebut. Meskipun hal tersebut terkadang tidak mengakibatkan penjual dan pembeli melakukan suatu transaksi tapi bagi Jack Ma hal itu bukanlah masalah, karena yang terpenting value trust dan relationship mereka tumbuh di dalamnya.

Dalam upaya untuk memberikan value kepada pelanggan dengan maksimal Alibaba.com juga dapat menerapkan channel design dan management channel decision. Desain channel pemasaran yaitu merancang saluran pemasaran yang efektif dengan menganalisis kebutuhan konsumen, menetapkan tujuan channel, mengidentifikasi alternatif channel utama, dan mengevaluasi alternatif. Dalam menyusun chanel design Alibaba dapat mengupayakan beberapa langkah yaitu pertama menganalisis apa yang dibutuhkan konsumen Alibaba. Alibaba yang bergerak dalam bisnis B2B (Business to Business) dan Taobao yang bergerak di C2C (customer to customer) market dapat menganalisis fitur apakah yang paling dibutuhkan oleh konsumen dalam sebuah website e-commerce misalnya fitur untuk mendapatkan pengembalian uang secara otomatis apabila barang tidak dikirim, fitur pelaporan penipuan, fitur katalog yang memadai, jaminan produk sesuai dengan katalog, dan fitur-fitur lain yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen. Kebutuhan konsumen lain yang dapat menjadi perhatian perusahaan yaitu jenis produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat menjaring partner-partner yang menyediakan kebutuhan konsumen.

Sumber : website Taobao.com

Sumber : website Alibaba.com

Langkah kedua adalah menetapkan tujuan channel dalam hal tingkat layanan pelanggan yang ditargetkan. Perusahaan menetapkan channel dan layanan tertentu untuk Alibaba (B2B) misalnya memaksimalkan pemasaran tidak dengan iklan yang publik yang menyerap lebih banyak biaya, namun dapat dengan memilih channel dengan kerjasama langsung pada perusahaan-perusahaan tertentu, dan memberikan layanan berbagai potongan ongkos pengiriman mengingat pada bisnis ini umumnya pembelian dilakukan dalam jumlah yang besar.  Sedangkan untuk Taobao (C2C) perusahaan dapat memaksimalkan channel media mainstream seperti media digital untuk membantu menarik dan memasarkan Taobao pada konsumen agar semakin banyak orang menggunakan Taobao. Dan memberikan layanan-layanan seperti jaminan keamanan dan berbagai promosi sebagai upaya memberikan value dan menarik pelanggan.

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi alternatif channel utama, dalam hal ini perusahaan dapat melakukan pemilihan channel yang akan digunakan, jumlah channel, hingga kesepakatan-kesepakatan tanggung jawab dari setiap channel. Sebagai e-commerce Alibaba dapat memilih media dan jumlah media sebagai upaya distribusi informasi pada konsumen, dengan memilih media yang kredibel dan terpercaya. Alibaba group juga dapat menentukan kriteria partner yang hendak bergabung dalam alibaba.com dan taobao.com serta memberikan MOU yang merupakan berisi tanggung jawab dari partner. Langkah terakhir adalah mengevaluasi alternatif. Evaluasi dapat dilakukan dari segi ekonomi apakah biaya yang dikeluarkan untuk chanel-chanel yang dipilih di atas masih cukup memberikan profit bagi perusahaan dan apakah para chanel yang dalam hal ini partner dari Alibaba group telah memiliki lingkungan persaingan yang sehat dan media penyebar informasi telah menyebarkan informasi terkait secara sehat serta efektif untuk Alibaba.

Selain merancang channel design, Alibaba juga dapat melakukan management channel decision. Manajemen channel pemasaran menghimbau untuk memilih, mengelola, dan memotivasi anggota channel  individu dan mengevaluasi kinerja mereka dari waktu ke waktu. Dalam hal ini Alibaba melakukan pemilihan channel sama seperti pada saat melakukan chanel design. Setelah itu ketika terpilih chanel yang digunakan seperti media yang dipilih untuk penyebaran informasi dengan sebuah talkshow khusus, media mainstream, serta partner yang terpilih untuk bermitra dengan Alibaba, maka, Alibaba dapat mengelola dan memotivasi chanel terpilih tersebut. Motivasi dapat dilakukan dengan insentif tertentu pada partner terbaik misalnya yang mampu menjadi star seller dan berkolaborasi dalam hal promosi dengan secara tidak langsung Alibaba mempromosikan partner begitupun sebaliknya. Kemudian tak lupa juga mengevaluasi kinerja partner tersebut terkait dengan insentif dan privilege yang akan diberikan Alibaba kepada partner.

Sumber : google images

Masalah pertama dalam marketing channel ada pada saat pemerintah tidak memberikan dukungan kepada Jack Ma tahun 1995. Oleh karena itu, pengembangan website ditunda oleh Jack Ma. Kemudian ia baru mendirikan Alibaba.com di tahun 1999. Padahal, eBay yang memiliki model bisnis mirip dengan Alibaba sudah ada empat tahun sebelumnya yaitu pada 1995. Sehingga, posisi eBay sudah kuat waktu Alibaba baru berdiri. Mengenai hal itu, Jack Ma lebih baik mendirikan Alibaba dengan basis negara di luar China, seperti amerika serikat yang sudah memiliki fasilitas internet yang lebih mendukung. Dengan begitu, gap perbedaan antara eBay dengan Alibaba tidak terlalu besar.Alibaba sebagai perusahaan ritel online sebenarnya adalah pelaku disintermediation. Berbagai macam produk yang berbeda dikumpulkan menjadi satu di platform milik Alibaba sehingga memudahkan produsen dalam mendistribusikan barang dan konsumen dalam menjangkau barang tersebut. Untuk memperluas distribusi dan jangkauan pasar, Alibaba bisa berkolaborasi dengan berbagai e-commerce lokal di setiap negara. Kolaborasi dilakukan dalam bentuk saling menampilkan produk yang ada di e-commerce mereka. Keuntungan bagi Alibaba adalah menjangkau pasar lokal di setiap negara karena masyarakat lokal memiliki kecenderungan lebih mengenali e-commerce yang ada di negaranya sendiri. Sementara keuntungan bagi e-commerce lokal adalah mereka juga bisa mendapat jangkauan distribusi yang lebih luas ke luar negeri.

Sumber :

Youtube.com

Alibaba.com

Taobao.com 

Penulis:

The Phantom Shadow
1. Arneta Launuru
2. Lia Arfita Meliana
3. Muhammad Ikhsan Hidayat
4. Muhammad Taufiq Anggoro


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
ikhsan

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format