Keeping Up with The Kardashians : Terobsesi dengan Lipstick Saat Usia 15 Tahun, Kylie Jenner Memiliki Brand Sendiri Pada Usia 19 Tahun

Hanya mengandalkan sosial media, product kylie cosmetics bisa mendunia. Kenapa bisa?


0

Sinopsis

Keeping Up with The Kardashians adalah acara realitas Amerika Serikat yang tayang sejak 14 Oktober 2007. Serial ini berfokus pada kehidupan pribadi dan professional dari keluarga Kardashian/Jenner. Serial ini terdiri dari saudara Kim, Kourtney dan Khloe Kardhasian. Selain itu juga terdapat saudara mereka Rob Kardhasian, ibu mereka Kris Jenner, ayah tiri mereka Bruce Jenner, saudara tiri mereka Kendall Jenner dan Kylie Jenner.

Pada salah satu episode yang berjudul Kylie Jenner’s Billion Dollar Business Advice, Kylie Jenner bercerita awal mula Kylie membuat produk Kylie Cosmetics karena sejak usia 15 tahun, Kylie sudah sangat terobsesi dengan lipstick. Saat itu juga Kylie merasa insecure dengan bibirnya, akhirnya Kylie pergi ke makeup store untuk membeli semua lip liner yang terlihat dan cocok dengan warna bibirnya. Hal tersebut, membuat orang tidak berpikir bahwa Kylie sedang menggunakan lip liner. Kylie juga hanya ingin over line bibir sebanyak yang dia bisa, tetapi Kylie tidak pernah bisa menggunakan lip liner dan lipstick yang memiliki warna yang sempurna dan cocok, sehingga Kylie memiliki ide untuk membuat lip product.

Kylie juga bercerita bahwa dia sangat bersyukur pada usia 19 tahun sudah mempunyai brand yang bernama Kylie Cosmetics. Saat produknya launching, terjual habis dalam beberapa menit. Hal ini karena Kylie menggunakan sosial media. Menurut Kylie, sosial media merupakan suatu berkah yang sangat besar untuknya karena Kylie tidak membayar untuk iklan produknya yang dimana semua iklan yang dilakukannya hanya pada snapchat dan instagram.

Menurut Kylie, banyak orang yang berasumsi bahwa Kylie tidak terlibat dalam pembuatan produknya. Tetapi, ternyata Kylie terlibat dan memiliki control atas produknya tersebut. Kylie juga bercerita bahwa saat ini banyak fake lip kit yang mirip dengan lip product-nya. Tentunya, fake lip kit tersebut menggunakan bahan yang berbahaya. Kylie mengetahui bahwa produk tersebut adalah palsu karena Kylie menemukan satu website yang terlihat seperti miliknya. Padahal, Kylie hanya menjual lip product-nya pada website resminya yaitu kyliecosmetics.com.

Website Resmi kyliecosmetics.com

Perbedaan Produk Real dan Fake Kylie Cosmetics

Channel Behavior and Organization

Marketing channel merupakan suatu saluran pemasaran yang terdiri dari firma-firma yang bermitra dan saling memainkan peran khusus untuk untuk mewujudkan distribusi yang baik. Saluran ditribusi bermacam-macam dan pastinya terdapat hal-hal yang membedakan sehingga memungkinkan terjadinya konflik. Konflik saluran terdiri dari dua hal yaitu, konflik horizontal dan konflik vertikal yang keduanya mengacu pada ketidaksepakatan terhadap anggota saluran, tujuan, peran, dan penghargaan. Dalam menangani konflik pada saluran pemasaran, dapat dilakukan dengan empat cara yaitu vertical marketing systems, horizontal marketing system, multichannel distribution systems, dan changing channel organization.

Vertical Market System

Vertical Marketing Systems (VMS) merupakan saluran pemasaran yang terdiri dari produsen, pemborong, dan retail yang bertindak sebagai satu kesatuan sistem yang saling menyatu. Dalam saluran ini, tidak ada anggota saluran yang memiliki kendali penuh atas anggota lainnya. Saluran distribusi VMS yang tersedia di berbagai tingkatan dengan anggota yang berbeda, bekerja sama untuk mempromosikan efisiensi dan skala ekonomi produk ke arah pelanggan. Berbeda dengan conventional marketing channel dimana saluran ini terdiri dari satu atau lebih produsen, grosir, dan pengecer independen yang saling terpisah dan berusaha memaksimalkan keuntungannya sendiri, bahkan memungkinkan terjadinya keuntungan dengan mengorbankan untuk sistem secara keseluruhan.

Berdasarkan kekuatan dalam saluran, VMS ini terdiri dari tiga jenis saluran distribusi yaitu corporate marketing systems, contractual marketing systems, administered marketing system.

Corporate Marketing System

Setelah menonton film yang berjudul “Keeping Up With the Kardashians” seperti yang sudah dibahas di atas bahwa dari film ini dapat diketahui bahwa perusahaan Kylie Cosmetics ini tidak memiliki channel dalam pemasaran karena produknya terlalu eksklusif. Hal tersebut menarik perhatian kami untuk merekomendasi penetapan corporate marketing systems sebagai saluran pemasaran nya. 

Corporate marketing systems merupakan suatu sistem pemasaran vertikal perusahaan yang melibatkan kepemilikan dan rantai produksi yang terkait dengan satu perusahaan. Dalam strategi ini, Kylie Cosmetics yang dibawahi oleh model terkenal Kylie Jenner nantinya akan bertanggung jawab untuk melakukan semua hal termasuk produksi dan pemasaran yang terkait dengan produk mereka. Kemudian perusahaan Kylie ini dapat memiliki tempat untuk pembuatan product lip kit dan tempat untuk uji coba kosmetiknya. Produk-produk keluaran Kylie Cosmetics ini terbilang premium dan begitu ekslusif dimana hanya masih diperjualkan secara online lewat website milik Kylie Jenner sendiri padahal para konsumen pemburu alat kosmetik biasanya membutuhkan testimonial dari produk. Hal yang mungkin dapat dilakukan oleh Kylie Cosmetics yaitu dengan mendirikan gerai yang masih dibawah satu manajemen dengan Kylie Cosmetics atau bekerja sama dengan ritel-ritel dan mall.

Analisis Channel Design Decisions 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai analisis channel design decisions dari perusahaan Kylie Cosmetics menurut apa yang kami saksikan dari Keeping Up With the Kardashian. Sebelum menentukan desain channel, kita akan menganalisis terlebih dulu kebutuhan pasar.

Pasar membutuhkan channel yang bisa memfasilitasi mereka dalam mendapatkan produk dari Kylie Cosmetics dengan lebih mudah. Dalam membeli make up, pelanggan membutuhkan kesempatan untuk bisa switch atau mencoba produk sebelum membelinya. Sedangkan lewat toko online, pelanggan tidak bisa mencoba produk yang cocok dengan mereka.

Segmentasi pasar dari Kylie Cosmetics bisa dianalisis dari 4 basis: demografis, geografis, psikografis, dan behavioral.

Dari sisi demografis, pasar dari Kylie Cosmetics adalah generasi Milenial hingga generasi Z. Pasarnya pun didominasi oleh wanita ketimbang pria, walaupun banyak juga pria yang membeli produk Kylie. Dengan harga yang cukup tinggi perproduknya, maka pasar dari Kylie Cosmetics juga didominasi dengan orang-orang berpenghasilan tetap.

Secara geografis, Kylie Cosmetics didominasi oleh masyarakat dari Amerika, mengingat exposure yang dimiliki Kylie sendiri sangat besar di Amerika. Walaupun begitu, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Kylie memiliki pembeli produknya dari bagian lain di seluruh dunia.

Secara psikografis dan behavioral, kosmetik, terutama lipstik (mengingat produk dari Kylie Cosmetics yang paling terkenal adalah lipstik), bisa dikatakan merupakan salah satu konsumsi harian wanita. Walaupun dulu kosmetik adalah gaya hidup, tapi saat ini hampir seluruh wanita dari setiap negara dan usia memiliki kosmetik untuk kebutuhan hidup. Akan tetapi, hal ini tetap dipengaruhi oleh faktor pendapatan, mengingat harga kosmetik dari Kylie memang tergolong mahal.

Maka dari itu, kita harus mencari alternatif channel yang bisa mengcover kebutuhan dari pasar Kylie Cosmetics. Yaitu mudah ditemui di berbagai kota, sehingga tidak membutuhkan tambahan biaya shipping yang mahal. Lalu channel tersebut juga tidak boleh menetapkan pajak pembelian yang mahal yang juga akan membebani konsumen dari Kylie Cosmetics sendiri.

Solusi Kreatif

Berdasarkan analisis tersebut, salah satu permasalahan terbesar Kylie Cosmetics karena kurangnya engagement dengan marketing channels adalah munculnya produk-produk Kylie Cosmetics palsu yang beredar di pasar dengan harga murah dan lebih mudah ditemukan oleh konsumen, yang mana produk-produk ini memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dibandingkan produk-produk yang asli sehingga menimbulkan ketidakpuasan pada konsumen dan juga turunnya reputasi Kylie Cosmetics. Hal ini terjadi akibat produk milik KC yang terlalu eksklusif dan hanya dijual di website resminya sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, Kylie Cosmetics dapat mulai mendekati saluran-saluran distributor dan retail secara perlahan untuk membangun trust baik dari masyarakat maupun oleh retail/distributor tersebut. Ini bisa dilakukan dengan cara mendekati terlebih dahulu retail-retail besar seperti Walmart atau Target untuk mencapai segmen masyarakat yang lebih luas, atau mendekati retail-retail khusus kosmetik besar yang terdapat di Amerika Serikat untuk lebih menjangkau segmen masyarakat yang menggunakan makeup. Dengan besarnya nama brand Kylie Cosmetics dan juga popularitas nama Kylie Jenner, hal ini akan dapat dilakukan secara lebih mudah, karena dengan tersedianya produk Kylie Cosmetics di toko mereka, maka Walmart, Target, ataupun retail-retail khusus kosmetik besar tersebut secara otomatis akan menerima traffic konsumen yang lebih banyak, sehingga akan menguntungkan retail tersebut.

  Walmart dan Target, beberapa contoh perusahaan retail terbesar di Amerika Serikat

Salah satu hal lain yang harus dilakukan Kylie Cosmetics apabila melakukan pendekatan ini adalah dengan menuliskan nama-nama retail dan distributor yang secara resmi menjual produk Kylie Cosmetics di website mereka, hal ini dilakukan karena selain menginformasikan kepada konsumen bahwa produk Kylie Cosmetics sudah tersedia di retail-retail tersebut, menuliskan nama-nama retail dan juga logo mereka di website resmi akan mengurangi terjadinya pembelian produk palsu di toko-toko lain yang tidak secara resmi menjual produk Kylie Cosmetics.

Referensi

https://medium.com/@mariam.mohamed/the-kylie-effect-a-marketing-analysis-9eac0e1314af

https://econsultancy.com/behind-kylie-jenner-s-success-in-a-saturated-cosmetics-industry/

https://audreystowe.files.wordpress.com/2016/05/awa-final.pdf

https://www.webcontentdevelopment.com/the-kylie-jenner-brand-strategy/

https://en.wikipedia.org/wiki/Keeping_Up_with_the_Kardashians

Penyusun : 

Rahadian Taqwa Arkananta

Lorosae Kyna Saraswati

Jilham Septya Adidanti

Diandra Shafira Wibowo


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
dayendri

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format