Wedang Uwuh: Minuman Rempah Penghangat Tubuh

Minuman Rempah Penghangat Tubuh


0

Pernahkah teman-teman mendengar minum khas Yogyakarta yang bernama Wedang Uwuh. Eits, walaupun namanya wedang uwuh, minuman tradisional ini bukan berbahan baku dari sampah-sampah ya. Wedang uwuh sendiri dinamakan wedang uwuh karena bahan-bahan utamanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang ketika dilihat, tumbuh-tumbuhan tersebut nampak seperti “uwuh” atau sampah dedaunan. Komposisi utama dari wedang uwuh sendiri di dalamnya terdapat gula batu, jahe, daun pala, kayu secang, daun cengkeh, dan biji cengkeh. Dari komposisi-komposisi tersebut, wedang uwuh ketika diminum memiliki rasa yang khas, seperti jamu namun manis serta memberikan efek yang hangat di tubuh. Selain itu. Karakteristik dari wedang uwuh yaitu warnanya yang merah bening, membuat tampilannya kalo anak-anak muda sebutnya aesthetic.

Usut punya usut, wedang uwuh sebenarnya secara spesifik merupakan minuman khas yang berasal dari area makam raja-raja kraton Yogyakarta di Pajimatan Imogiri Bantul Yogyakarta. Di kawasan tersebut juga terdapat banyak UMKM yang memproduksi wedang uwuh. Distribusi wedang uwuh sendiri sudah cukup baik, banyak supermarket di Yogyakarta yang memasang produk wedang uwuh di etalase mereka. Sayangnya, wedang uwuh ini tidak seterkenal bakpia pathok ataupun kuliner khas Jogja lain seperti Gudeg. Wedang uwuh sendiri sebenarnya memiliki potensi yang tinggi sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja. Selain dapat disajikan secara langsung di warung-warung, wedang uwuh juga ada kemasan keringnya yang sudah dimasukkan dalam saset satu porsi gelas. Jadi konsumen tinggal menyeduh wedang uwuh dengan air panas. Potensi tersebut mungkin belum dapat dieksplorasi lebih lanjut karena kurangnya informasi mengenai keberadaan minuman eksotis ini. Endorse atau iklan yang spesifik menggambarkan wedang uwuh belum pernah kami temukan. 

Dalam mendefinisikan sasaran konsumen, pemasar harus menentukan respon seperti apa yang dicari, terutama pada pembelian. Dalam hal ini, personel komunikasi pemasaran harus mengetahui di tahap manakah sasaran konsumen berada melalui tahap kesiapan pembeli (buyer-readiness stage), yaitu tahap yang biasa dilalui konsumen dalam prosesnya untuk melakukan pembelian.

Target atau sasaran seringkali tidak menyadari produk secara keseluruhan. Dari segi kesadaran (awareness), mayoritas konsumen hanya mengetahui bentuk dari produk wedang uwuh tanpa mengetahui secara spesifik produsen maupun mereknya, terutama produk yang memang berasal dari produksi rumahan atau olahan UMKM lokal.  Pengetahuan (knowledge) konsumen akan merk wedang uwuh yang spesifik seperti Wedang Uwuh Sumber Waras masih kurang disebabkan karena saat ini wedang uwuh sudah ada yang dikemas secara praktis lewat olahan pabrik dengan merek yang terkenal di Indonesia dan alhasil membuat wedang uwuh produksi UMKM kurang begitu diminati. Maka dari itu, produk UMKM dapat melakukan bauran promosi dan komunikasi untuk membuat produk lebih dikenal masyarakat. Jika wedang uwuh hasil olahan UMKM yaitu Wedang Uwuh Sumber Waras telah berhasil dikenal masyarakat, maka produk kemungkinan besar dapat memperoleh rasa suka (liking) dari konsumen karena merek yang dikenal dan didorong dengan kualitas yang unggul. Hal ini yang mendorong adanya preferensi (preference) dari produk sehingga wedang uwuh hasil UMKM dapat menjadi pilihan bagi konsumen dibandingkan dengan produk lain walaupun jenisnya serupa. Pilihan akan wedang uwuh hasil UMKM dari Jogja ini berasal dari keyakinan (conviction) konsumen akan kemampuan produk dalam memenuhi tujuan yang ingin didapatkan dari konsumen seperti rasa maupun khasiat yang didapatkan contohnya menghilangkan masuk angin, meningkatkan sistem imun, mengatasi peradangan, menurunkan kadar kolesterol, antibiotik alami, mengatasi masalah pencernaan, dan menstabilkan tekanan darah. Konsumen yang merasa yakin akan kualitas produk wedang uwuh tersebut cenderung enggan untuk berpindah ke produk atau merek lain dan melakukan pembelian (purchase) secara berulang.

AIDA model menjelaskan proses pembelian oleh konsumen, mulai dari awal pertama konsumen mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Tahapan pada model AIDA meliputi empat proses yang yakni Attention (perhatian), menemukan Interest (Minat), memperhatikan Desire (Keinginan), serta menentukan Action (aksi). 

Get Attention

Langkah pertama yang harus dilakukan saat memasarkan suatu produk adalah menarik perhatian para konsumen. Tidak semata-mata untuk meningkatkan penjualan, yang terpenting adalah membuat konsumen sadar akan eksistensi dari produk tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasang iklan menarik pada web ataupun media sosial. Kemudian untuk menentukan konten yang sesuai pemasar dapat terlebih dahulu mengidentifikasi buyer persona, atau target pasar anda. 

Masih banyak kalangan masyarakat di luar Kota Yogyakarta yang belum mengenal Wedang Uwuh. Bahkan, beberapa masyarakat Yogyakarta pun belum tau apa bedanya antara wedang uwuh dengan wedang jahe ataupun wedang secang. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Wedang berarti minuman dan Uwuh berarti “sampah”. Sehingga Wedang Uwuh dapat diartikan sebagai Minuman Sampah. Hal ini tentu menarik untuk dijadikan konten, seperti memberi tagline “Minuman Sampah yang Kaya akan Manfaat” atau “Minuman Raja Mataram yang Penuh Khasiat”.

Hold Interest

Setelah berhasil perhatian konsumen, langkah selanjutnya adalah menarik minat mereka. Setiap orang tentu memiliki selera dan minat yang berbeda dalam memilih produk. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan pemasar adalah dengan memahami permasalahan mereka. Untuk produk Wedang Uwuh, pemasar dapat menerbitkan artikel yang membahas mengenai kendala masyarakat yang menginginkan minuman sehat dengan rasa yang lezat. Atau keinginan masyarakat untuk menyeduh minuman herbal yang alami tetapi malas mengolah bahan-bahannya. Keunggulan dari wedang uwuh adalah karena tersusun dari berbagai bahan herbal alami yang sudah dikemas dalam satu wadah sehingga menjadi paket komplit yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. 

Arouse Desire 

Tahapan ketiga yakni meningkatkan keinginan membeli dari konsumen. Dalam tahapan ini, yang menjadi fokus utama adalah bagaimana pembeli merasa butuh membeli produk yang ditawarkan. Untuk itu, hal yang dapat dilakukan pemasar adalah mengenalkan fitur produk, namun kemudian lebih menekankan pada manfaat produk tersebut. Wedang Uwuh memiliki banyak ingredient yang bermanfaat bagi kesehatan seperti jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis kering, daun pala kering, serutan kayu secang, dan gula batu. Namun, apabila hanya mencantumkan fitur (bahan) saja, konsumen tidak selalu mengenal atau mengetahui manfaat dari bahan-bahan tersebut. Oleh karena itu, pemasar harus fokus pada manfaat produk maupun setiap komponen produk. 

Obtain Action

Setelah konsumen tertarik dan berniat untuk mencoba suatu produk, maka mereka akan mencari tahu bagaimana cara untuk mendapatkan produk tersebut. Pada tahapan inilah pemasar dapat melakukan “call to action” yang berupa ajakan untuk mengarahkan konsumen melakukan sesuatu. Contohnya seperti “Klik link ini untuk memesan”, “Hubungi 098827763434 untuk pemesanan”, atau “Kunjungi gerai utama kami di Jl. Kusumanegara No.9, Bantul, Yogyakarta”. Kalimat-kalimat ini biasanya selalu dicantumkan dalam iklan suatu produk. 

https://youtu.be/mZE30N5jWvY

Video konten feed

https://youtu.be/VkD3UrFbKe0

Video selling online

Penulis:

Aji Pangestu N (19/441448/EK/22466)

Berliana Cahya P (19/441450/EK/22468)

Dimas Dharmawan (17/414138/EK/21540)

Mustika Imalia Indira Hapsari (19/438721/EK/22254)

Referensi: 

Kompas. (2020). Apa itu wedang uwuh? Minuman sampah yang menyehatkan. Retrieved from https://www.kompas.com/food/read/2020/08/26/090700575/apa-itu-wedang-uwuh-minuman-sampah-yang-menyehatkan?page=all


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format