Whiplash: Perjuangan yang tak mengenal akhir!

Ambisi dan Mimpi


0

SYNOPSIS 

Whiplash adalah film drama Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Damien Chazelle dan diproduseri oleh Jason Blum, Helen Estabrook, Michel Litvak dan David Lancaster. Naskah film ini ditulis oleh Damien Chazelle. Film ini dibintangi oleh Miles Teller, J. K. Simmons dan Paul Reiser. 

Whiplash merupakan film yang menceritakan kehidupan bermusik Andrew Newman (miles teller) seorang anak 19 tahun yang sedang menjalani tahun pertamanya di universitas Shaffer Conservatory, yang diceritakan merupakan sekolah musik terbaik di saat itu. Ia telah bermain drum sejak usia muda dan bercita-cita menjadi seperti Buddy Rich. Konduktor terkenal, Terence Fletcher (J. K. Simmons), melihat Andrew berlatih di ruang musik dan mengundang Andrew ke band studionya sebagai cadangan untuk pemain drum inti Carl Tanner (Nate Lang). Terence sangat ketat dan kasar terhadap para siswanya, mengejek dan menghina mereka. Ketika band ini mempraktikkan potongan lagu “Whiplash” dari Hank Levy dan Andrew berusaha untuk menjaga tempo, Terence melemparkan kursi ke arahnya, menampar dan memarahinya di depan kelas.

Pada kompetisi jazz, Andrew salah menaruh lembaran Carl. Karena Carl tidak bisa bermain tanpa lembaran itu, Andrew masuk dan mengatakan pada Terence bahwa ia bisa melakukan “Whiplash” tanpa lembaran tersebut. Setelah penampilan band tersebut sukses, Terence menjadikan Andrew sebagai pemain drum inti. Segera setelah itu, Terence merekrut Ryan Connolly (Austin Stowell), pemain drum inti dari kelas bawah Andrew, yang sebelumnya berada di tingkat rendah. Andrew percaya Ryan adalah pemain drum yang kurang ahli dan sangat marah ketika Terence menjadikan Ryan sebagai pemain drum inti. Bertekad untuk membuat Terence terkesan dengannya, Andrew berlatih sampai tangannya berdarah dan putus dengan kekasih barunya, Nicole (Melissa Benoist), percaya bahwa Nicole akan menahan Andrew kembali. Ia bertahan dalam sesi uji coba jam 2 pagi yang melelahkan dengan Terence dan para pemain drum lainnya di kelas, di mana Terence menendang perabotan dan berteriak kepadanya, dan kembali ke titik inti.

Dalam perjalanan menuju kompetisi lain, bis Andrew rusak. Ia menyewa mobil namun ia terlambat datang dan menyadari bahwa ia meninggalkan stik drumnya di kantor persewaan. Setelah berpakaian rapi, Andrew kembali ke kantor persewaan untuk mengambil stik drum namun mobilnya terbalik. Ia merangkak dari mobil tersebut, berlari ke teater dan tiba di atas panggung dalam kondisi terluka dan berdarah. Ketika ia berusaha untuk bermain lagu "Caravan" karena luka-lukanya, Terence menghentikan pertunjukannya dan memberitahu Andrew bahwa Andrew telah "selesai". Marah, Andrew menyerang Fletcher di depan penonton dan dikeluarkan dari Konservatorium Shaffer.

Atas saran ayahnya, Andrew bertemu dengan seorang pengacara yang mewakili orang tua Sean Casey, mantan tim Terence. Bertentangan dengan klaim Terence sebelumnya bahwa Sean meninggal karena kecelakaan mobil, pengacara tersebut menjelaskan bahwa Sean bunuh diri karena mengalami kecemasan dan depresi selama dan setelah menjadi tim Terence. Orang tua Sean ingin mencegah Terence mengajar lagi. Andrew setuju untuk memberi kesaksian tentang kondisi anonimitas dan Terence dipecat.

Beberapa bulan kemudian, Andrew meninggalkan drum dan bekerja di sebuah restoran sambil mendaftar ke berbagai perguruan tinggi. Ia melihat Terence tampil di klub jazz. Setelah pertunjukan, Terence mengajak Andrew untuk minum bersamanya. Ia menjelaskan bahwa ia mendorong tim-timnya melampaui perkiraan sehingga mereka bisa meraih kesuksesan dan menjadi seperti Louis Armstrong atau Charlie Parker. Andrew mendapatkan undangan Terence untuk mengganti pemain drum saat ini di band barunya di JVC Jazz Festival mendatang. Andrew mengajak Nicole ke pertunjukkan tersebut namun ia telah berhubungan dengan orang lain.

Di atas panggung, sebelum pertunjukan dimulai, Terence mengungkapkan bahwa ia tahu Andrew bersaksi melawannya. Terence memimpin band dengan sepotong lembaran lagu yang Andrew tidak tahu. Andrew meninggalkan panggung karena merasa dipermalukan, tetapi ia kembali ke drumnya, mulai bermain lagu "Caravan" dan mengisyaratkan band tersebut. Saat bagian itu berakhir dan lampu turun, Andrew melanjutkan penampilan tunggalnya. Terence tercengang namun ia mulai membimbing Andrew. Ketika penampilan tunggalnya berakhir, mereka tersenyum dan Terence mengisyaratkan bagian akhirnya.


ORGANIZATIONAL STRUCTURE

Struktur organisasi adalah sistem tugas formal dan hubungan pelaporan pekerjaan yang menentukan bagaimana karyawan menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Berdasarkan teori kontingensi, para manajer merancang struktur organisasi agar sesuai dengan faktor atau keadaan yang mempengaruhi perusahaan paling banyak dan menyebabkan ketidakpastian paling besar. Oleh karenanya tidak ada satupun cara terbaik untuk merancang sebuah perusahaan.

Melalui film whiplash, penonton bisa merasakan passion Neiman terhadap dunia music, terutama drum. Fletcher menempatkan Neiman pada posisi teresbut karena dia sudah melihat bakat dan kemampuan Neiman untuk organisasinya. Dalam film ini dapat menilai bersama – sama melihat dan menilai bagaimana struktur organisasi, system control, budaya, dan system manajemen secara bersama – sama menentukan keefektifan dan keefisienan sebuah perusahaan dalam menggunakan sumber dayanya. Dari sisi  struktur organisasi dalam pandangan kami sebenarnya belum ada hal yang perlu di koreksi dimana Fletcher sebagai konduktor tim sudah menempatkan Neiman dan anggota tim lainnya sesuai dengan kemampuannya.


ORGANIZATIONAL CULTURE

Budaya organisasi atau organizational culture adalah seperangkat keyakinan, harapan, nilai, dan norma bersama yang memengaruhi bagaimana anggota organisasi saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya organisasi dibentuk dari empat faktor utama: karakteristik pribadi dan profesional orang-orang dalam organisasi, etika organisasi, sifat hubungan kerja, dan desain struktur organisasinya. Dalam cerita Whiplash Culture atau Budaya Organisasi sebagai suatu tim yang sangat attention to details yang tinggi dimana setiap anggota harus mengikuti susunan musik yang ingin di bawakan oleh Fletcher. Hal ini dimungkinkan karena audience dari musik yang mereka bawakan tentu saja datang untuk menikmati suguhan musik yang berkelas karena telah datang dengan membayar cukup mahal. Menurut pandangan kami perlu untuk sesuatu hal yang sangat mementingkan detail-detail tertuntu memang di perlukan sosok yang tegas dan juga kharismatik, karena sebuah kesalahan kecil saja dapat merubah hasil akhir sebuah pertunjukan.

Gambar8. Empat faktor utama pembentuk budaya organisasi (sumber : Jones and George. 2020. Contemporary Management)


Characteristics of Organizational Members

Sumber utama budaya perusahaan adalah orang-orang yang membentuk organisasi. Jika ingin mengetahui mengapa budaya perusahaan berbeda-beda, bisa dilihat bagaimana perbedaan dari anggota mereka. Karakteristik di film whiplash antara lain:

Organizational Members

Characteristics

Andrew Neiman

Andrew adalah seorang musisi yang sangat ambisius, gigih, dan pantang menyerah dalam mengejar mimpi, sehingga Andrew berhasil menjadi pemain drum yang hebat. Selain dengan ambisi dan kegigihannya dia jug amemiliki bajat sebagai penabuh drum jazz yang handal

Terence Fletcher

Fletcher adalah orang yang keras namun, kekerasan yang dilakukannya cukup kelewatan dan semena-mena sehingga lebih mengarah ke intimidasi terhadap timnya, namun ada alasan baginya agar timnya menjadi musisi yang hebat, bahkan lebih hebat dari dirinya. Pada dasarnya dia memahami bahwa Neiman adalah seorang musisi yang berbakat namun cara dia menyampaikan ketertarikannya akan kemampuan Neiman disampaikan dengan cara yang “out of the box” dimana dia sangat keras terhadap Neiman bukan hanya dalam perkataan tetapi juga dengan perlakuan fisik.


Organizational Ethics

Factor kedua membentuk budaya organisasi adalah Moral, nilai, kepercayaan dan aturan yang menetapkan cara yang tepat bagi organisasi dan anggotanya untuk berhubungan satu sama lain dan dengan orang diluar organisasi. Nilai-nilai etika bertumpu pada prinsip-prinsip yang menekankan pentingnya memperlakukan pemangku kepentingan organisasi secara adil dan setara. Dalam film whiplash, Fletcher memberikan tekanan kepada tim-timnya sehingga membuat timnya depresi dan melakukan bunuh diri. Etika yang diperlihatkan Fletcher memang bukanlah sesuatu hal yang patut di contoh dalam organisasi, dengan menunjukanemosi kepada seseorang di depan anggota tim nya yang lain bukan hanya membuat Neiman merasa bersalah, namun juga merasa dipermalukan. Kami berpendapat hal tersebut dapat di perbaiki dengan melakukan “menarik” anggota tim yang belum melakukan sesuatu hal yang sesuai diharapkan dan melakukan diskusi empat mata sehingga saling sapat menyampaikan masalah apa yang di hadapi dan dicari solusi bersama-sama tanpa harus mempermalukannya di depan anggota tim yang lain.

The Employment Relationship

Faktor ketiga yang membentuk budaya organisasi adalah sifat hubungan kerja yang dibangun perusahaan dengan karyawannya melalui kebijakan dan praktik sumber daya manusia. Dalam film whiplash tidak ada keselarasan antara konduktor dan tim sehingga membuat ketidaknyamanan didalamnya, hal ini sebenarnya dipicu oleh watak keras Fletcher yang membuat anggota tim terkadang lebih memilih untuk tidak berkonflik dengan dia, dan berusaha menjadi defensif. Namun hal berbeda ditunjukan oleh Neiman dengan ambisi yang kuat dia berusaha terus untuk meyakinkan Fletcher bahwa dia mampu untuk menjadi apa yang seperti Fletcher harapkan dan mengorbankan banyak hal untuk itu. Dengan pengorbanan yang dia lakukan tersebut menurut kami membuat hubungan dia dengan Fletcher menjadi unik karena Fletcher menyadari kemampuan, bakat dan ambisi Neiman namun dia tidak memilih jalan yang “orthodox” dia memilih untuk terus menekan Neiman hingga akhir film tersebut. Kami melihat ini sebagai hal yang sangat menarik dimana sangat jarang di temui hal seperti ini di keseharian, saran yang bisa kami berikan kepada Fletcher adalah untuk mencoba pendekatan lain dibanding yang dia lakukan di film tersebut diaman dia bisa lebih menghargai apa yang diupayakan oleh Neiman. Sementara untuk Neiman ada baiknya untuk lebih menjaga kesehatan mentalnya mencoba mencari organisasi lain yang lebih bisa menghargai kemampuannya dengan lebih baik. 

Organizational Structure

Sumber keempat nilai budaya berasal dari struktur organisasi. Nilai dan norma yang membentuk sikap dan perilaku kerja karyawan berasal dari kebijakan karyawan, etika dan perusahaan. Jenis struktur yang berbeda menimbulkan jenis budaya yang berbeda, sehingga untuk menciptakan budaya tertentu, manajer seringkali perlu merancang jenis struktur tertentu. 

Untuk struktur organisasi kami mengambil sudut pandang pada saat organisasi/band tersebut melakukan pertunjukan,yang di gambarkan pada struktur berikut. 


ORGANIZATIONAL CONTROL

Dalam sebuah perusahaan, sebuah controlling dibutuhkan. Hal ini karena controlling merupakan salah satu fungsi penting dalam sebuah manajemen yang harus dilakukan oleh manajer agar tujuan organisasi dapat tercapai. Pengendalian adalah sebuah fungsi dalam manajemen untuk memastikan bahwa kegiatan dalam organisasi dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Fungsi pengendalian atau controlling ini juga memastikan sumber-sumber daya organisasi telah digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasinya. Dalam film whiplash, controlling dilakukan oleh fletcher selaku konduktor. Untuk mencapai tujuan yang dicapai, ia melakukan kerjasama dengan Tim. Dalam menjalankan misinya, fletcher mengontrol langsung timnya.

Terdapat tiga pendekatan controlling yang dikemukakan Jones dan George yaitu yang pertama pada tahap input, fletcher selaku kondukter melakukan pertemuan terhadap tim-timnya untuk latihan musik untuk menyukseskan kompetisi jazz. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi/masalah yang akan muncul di kompetisi tersebut. 

Tahap berikutnya, yaitu tahap konversi, ternyata strategi awal yang dijalankan tidak dapat dengan langsung mencapai tujuan yang diinginkan. Controlling proses tahap konversi ini dilakukan oleh Fletcher secara spesifik bagi Neiman saat awal dia bergabung dimana masih banyak kesalahan yang dilakukan Neiman. Fletcher melakukan strategi berbeda untuk memaksimalkan kemampuan Neiman.

Tahap yang terakhir yaitu output, pada tahap ini manajer menggunakan kontrol umpan balik untuk memberikan informasi tentang reaksi pelanggan terhadap barang dan jasa sehingga tindakan korektif dapat diambil jika diperlukan. Tindakan korektif yang diberikan Fletcher keada timnya sangat terlihat dalam film ini dimana pada saat latihan Fletcher sangat sering melakukan koreksi terhadap permainan dari timnya.


SOLUTION

Film Whiplash memberikan kita gambaran tentang karakter-karakter seseorang berdasarkan tekanan yang mereka hadapi. Dalam sebuah organisasi musik jazz yang dituntut untuk memberikan penampilan prima setia saat ketegasan dan kharisma yang dimiliki Fletcher sudah dapat di tampilkan dengan baik, namun perlu di tingkatkan terutama dalam cara dia memperlakukan anggota tim atau organisasi nya. Karena dengan watak keras yang dia miliki untuk akan sangat sulit untuk mempertahankan anggota tim nya, apalagi anggota tim tersebut memeiliki talenta dan bakat yang luar bisa akan mudah untuk dia mencariorganisasi yang dapat menerimanya dengan lebih baik. Tahapan selanjutnya adalah sebagai pimpinan Fletcher dapat menerapkan Four Step in Organizational Control dia dengan mengukur tujuan organisasi dia dapat mengukur kemamuan tim yang dia pimpin, sehingga konflik yang dia ciptakan dengan Neiman tidak terjadi terus menerus. Fletcher dapat mengkomunikasikann apa tujuan yang dia ingin dan disampaikan kepada timnya sehingga anggota tim pun mengerti apa yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuan Fletcher. Selanjutnya Fletcher juga dapat actual performance dan standards of performance tentu saja hal ini baru dapat dilakukan setelah dia berkomunikasi dengan anggota timnya. Selanjutnya adalah evaluasi, penting untuk Fletcher mengetahui bahwa dengan memberikan evaluasi individu terhadap timnya di depan anggota tim yang lain bukanlah contoh yang baik, berbeda dengan evaluasi tim yang memang harus dilakukan di depan seluruh anggota tim.

Kelompok  Corona Conquerors :

Kusuma Widya Tantri

Hary Sudarsono

Ibnu Suhartanto

Fitria Silviana


Refferensi :

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

https://www.youtube.com/watch?v=8J6JH-R-TN0

https://id.wikipedia.org/wiki/Whiplash_(film)



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format