The Hummingbird Project : Persaingan dalam milidetik

Dengan taruhan setinggi ini, setiap milidetik berarti...!


0

Sinopsis

The Hummingbird Project bercerita tentang 2 orang sepupu bernama Vincent zaleski (Jesse Eisenberg) dan Anton zaleski (Alexander Skarsgård ) yang bekerja pada sebuah perusahaan bernama Torres and Thatcher Corp, perusahaan yang bergerak dalam bidang HFT (High Frequency Trading) yaitu trading di mana kemenangan diukur dalam milidetik, Vincent sendiri bekerja sebagai seorang trader dalam perusahaan tersebut dan Anton adalah seorang programmer perusahaan. Vincent yang kala itu masih bekerja di bawah bosnya Eva Torres (Salma Hayek) memutuskan untuk menemui seorang pengusaha kaya bernama Bryan Taylor untuk berinvestasi dalam kabel optic/optic fiber yang akan ia buat dari bursa elektronik Kansas ke New York Stock Exchange untuk menjalankan pesanan dalam operasi perdagangan frekuensi tinggi baru (HFT) dan Taylor pun menyetujui nya. Setelah itu kedua sepupu inipun memutuskan untuk keluar dan mengerjakan proyek mereka itu yaitu The Hummingbird Project yang terinspirasi dari kepakan sayap burung kolibri (hummingbird) yang sangat cepat dimana hanya butuh 16 milidetik dalam setiap kepakan sayapnya. Setelah mendengar hal tersebut Eva pun menjadi marah, ia bersikeras bahwa kode apa pun yang dibuat Anton untuk perusahaannya adalah miliknya, dan bahkan pikiran di kepalanya mungkin merupakan hak miliknya.

Kedua sepupu ini pun segera mengerjakan proyek mereka dengan cara membangun terowongan kabel serat optik, Vincent pun menyewa seorang pengawas yang bernama Mark Vega untuk mengawasi proyek tersebut. Anton saat ini sedang bekerja keras untuk mencoba memangkas 1 milidetik dari waktu yang diperlukan dari bursa elektronik Kansas ke New York Stock Exchange saat ini waktu tercepat adalah 17 milidetik dimana target dari proyek mereka adalah mecapai 16 milidetik.

Berbagai rintangan berat pun dialami oleh kedua sepupu ini. Mulai dari mantan bos mereka yang kejam dan licik, lalu terhentinya proyek karena perebutan kuasa tanah, lalu mata bor yang rusak hingga Vincent yang didiagnosa terkena kanker. Bahkan Anton sempat dipenjara karena perbuatan Eva yang memfitnahnya atas penipuan pasar saham dengan menggunakan properti curian berupa software yang ia tulis untuk perusahaannya. Anton pun berupaya membalas dendam dengan melepaskan BUG yang sudah ia tanam di perusahaan Eva, menyebabkan perlambatan 20 milidetik dalam perdagangan sehingga membuat Eva merugi hingga jutaan dollar yang membuatnya terpaksa mencabut tuduhannya atas Anton. Seiring berjalannya waktu kedua sepupu ini pun mulai kehabisan uang dan proyek yang tidak kunjung kelar, terlebih Vincent harus menjalani kemoterapi karena kanker yang diidapnya. Mark akhirnya menyelesaikan proyek tersebut, dan melalui panggilan video, dia menunjukkan Vincent bahwa mereka sebenarnya dapat melakukan lebih baik daripada tujuan awal mereka. Kecepatannya, sekarang, 15,73 milidetik. Tetapi ini memiliki arti penting terutama bagi Vincent. Itu tidak memiliki aplikasi kehidupan nyata lagi, karena Eva telah menguasai pasar.

Sebelum film selesai Anton mengungkapkan ide berikutnya untuk HFT yang melibatkan pengiriman pesan neutrino, dan itu dapat memotong waktu dari Kansas City ke NYC hingga hanya 9 milidetik. Film pun ditutup dengan Vincent merenungkan bagaimana dia akan memproses keberadaan 16 milidetik, dan Anton menjawab dengan mengatakan bahwa kehidupan Vincent akan tetap terasa selama seorang pria yang telah hidup selama 100 tahun.

Isu Permasalahan

Isu permasalah dimulai saat kedua sepupu Vincent dan Anton mencoba untuk membangun perusahaannya sendiri dan keluar dari pekerjaan lamanya yang membuat bos lama mereka Eva marah dan membuat konflik diantara mereka, Eva lalu mencoba menjatuhkan mereka berdua dengan berbagai cara kotor dan persaingan yang tidak sehat. Isu lain juga dialami oleh kedua sepupu tersebut selama menjalani proyek mereka seperti perebutan hak tanah, mesin bor rusak, penyakit kanker yang diderita Vincent hingga Anton yang dipenjara karena fitnah dari Eva mantan bos mereka. Tekanan dari investor dan menipisnya keungan mereka juga kerap menjadi isu yang menghantui mereka disepanjang film ini.

  • Product Life Cycle 

Seperti yang kita tahu Hummingbird projet adalah sebuah produk 16 milisecond Optic Fiber yang sedang dibuat oleh kedua sepupu Vincent dan Anton, karena hal tersebutlah yang membuat produk ini masih berada dalam tahap Product Develoment dimana produk tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum dikenalkan kepublik serta sama sekali belum dipasarkan, hal tersebut dikarenakan produk tersebut masih dalam proses pembuatan dan belum menjadi sebuah produk alias raw. Dari pernyataan tersebut pula menunjukkan bahwa cash flow kedua sepupu tersebut masih berada di titik negatif dimana mereka belum mendapatkan surplus/omzet karena harus mengeluarkan uang untuk pengembangan produk tersebut.Untuk perusahaan Eva Torres sendiri yaitu Torres and Thatcher Corp sudah berada di tahap Growth dimana perusahaannya berkembang pesat dan bahkan diklaim oleh Eva sendiri sebagai yang tercepat, hal ini juga didukung dengan munculnya ancaman pesaing baru yaitu kedua sepupu zaleski. Begitu pula dengan omzet pemasukan yang mencapai jutaan dollar dalam salah satu scene sebelum akhirnya merugi setelah kecepatan internet mereka dimanipulai oleh Anton, hal tersebut menunjukkan kalau cash flow dari perusahaan Eva sudah mencapai titik positif yang menandakan perusahannya sedang berada di tahap Growth.

  • Channel Behaviour

Setelah menonton film ini dan memperhatikan dengan seksama, penulis bisa mengetahui dan menganalisa metode apa yang dianut oleh kedua sepupu tersebut dan metode itu adalah Vertical Marketing System terdiri dari producer, wholesalers, dan retailers yang bertindak sebagai sistem terpadu. Salah satu anggota saluran memiliki yang lain, memiliki kontrak dengan mereka, atau menggunakan begitu banyak kekuasaan sehingga mereka semua harus bekerja sama. Dalam kasus ini kedua sepupu bertindak sebagai ketiga elemen tersebut yaitu producer, wholesalers, dan retailers yang menjual produknya kepada investor bernama Bryan Taylor dengan ketentuan jika produknya sudah selesai dibuat akan langsung diberikan kepada perusahaan milik Taylor. Disini juga bisa diketahui bahwa mereka menggunakan Business marketing channel #1 dimana producer langsung menjual produknya kepada business customer tanpa adanya perantara dari pihak ketiga seperti distributor atau manufacturer.Sama hal nya dengan Zaleski cousin’s, Torres and Thatcher Corp yang dipimpin oleh Eva Torres juga menganut sistem yang sama dengan mereka yaitu Vertical Marketing System dimana mereka berada dalam satu kesatuan producer, wholesaler, dan retailers yang menawarkan jasa trading mereka kepada para klien, dalam salah satu scene Torres and Thatcher Corp juga pernah menjadi konsumen dimana mereka berencana membeli optic fiber dari Harrisburg dan Allentown dengan menggunakan Business marketing channel #1 yaitu langsung membeli ke producer tanpa adanya perantara.

  • Channel Design Decision

Seperti yang ada di dalam film, Zaleski cousins’s menggunakan sistem direct channel dimana mereka sebagai producer secara langsung menawarkan produk mereka kepada calon konsumen dan investor. Sistem ini mereka terapkan saat di scene awal dimana mereka langsung menjual produk mereka ke perusahaan Taylor secara langsung tanpa adanya perantara seperti wholesalers ataupun retailers. Sama halnya dengan Zaleski cousin’s, Torres and Thatcher Corp juga menggunakan direct channel dimana mereka menawarkan langsung jasa layanan trading mereka kepada calon investor tanpa adanya perantara lain.

  • Competitor Analysis

Identifying Competitor

Seperti yang ada di dalam film kedua tokoh protagonis dan antagonis yaitu Zaleski cousins’s dan Eva torres keduanya sama-sama memiliki perusahaan yang bergerak dibidang yang sama, yaitu HFT dengan begitu kedua perusahaan sama-sama mengidentifikasi keduanya sebagai pesaing utama karena sama-sama bergerak dibidang yang serupa.

Assessing Competitor

Dalam hal menilai pesaing, keduanya sama-sama serius akan hal tersebut dimana mereka saling menentukan apa tujuan para pesaing, lalu apa strateginya, dan apa kekuatan dan kelemahannya hingga menentukan apa reaksi pesaing.

Untuk tujuan kita semua tahu bahwa kedua perusahaan memiliki tujuan yang sama untuk perusahaannya, yaitu menjadi yang tercepat dalam HFT agar bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya. Dimana Zaleski Cousin’s memiliki tujuan untuk bisa meraih kecepatan minimal 16 milidetik sedangkan Torres and Thatcher Corp bertujuan untuk bisa melebihi pesaingnya tersebut yakni di angka 14 milidetik.

Keduanya pun tidak luput akan persaingan tersebut dan mencoba untuk mengerahkan strateginya masing-masing agar dapat mencapai tujuan mereka masing-masing dimana Zaleski cousin’s memiliki strategi dengan membuat fiber optic tunnel dari bursa elektronik Kansas ke New York Stock Exchange dan sedangkan Torres and Thatcher Corp membangun antena Microwave Pulse dari bursa elektronik Kansas ke New York Stock Exchange.

Masing-masing dari mereka tentu saja memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing dimana Zaleski cousin’s memiliki keuatan di Anton sang programmer, akan tetapi itu juga menjadi kelemahan mereka karena ia satu-satunya programmer yang ada. Masalah keuangan juga menjadi salah satu kelemahan bagi mereka. Sedangkan untuk Torres and Thatcher Corp mereka memiliki keuangan yang berlebih sebagai kekuatan mereka, hal ini dikarenakan mereka adalah perusahaan besar. Tidak luput dari itu mereka juga mempunyai kelemahan dimana programmer di perusahaan mereka tidak sehebat Anton, hal tersebut dibuktikan saat Anton menaruh BUG di server mereka tidak ada satupun orang disana yang menyadarinya.

Dalam melancarkan strateginya masing-masing mereka sudah memperkirakana reaksi apa yang akan terjadi satu sama lain, dalam salah satu scene terlihat saat Eva mengetahui bahwa Zaleski cousin’s membuat fiber optic tunnel ia pun begitu geram dan langsung memarahi programmernya sembari menyuruhnya untuk segera merampungkan proyek antena Microwave Pulse. Dan begitu pula sebaliknya, saat proyek Eva selesai lebih dulu dan terbukti lebih cepat dari punya Zaleski cousin’s yaitu 11 milidetik, Vincent pun langsung marah dan berniat merobohkan salah satu antenanya dengan gergaji mesin yang akhirnya gagal karena ia harus pingsan yang disebabkan oleh kankernya.

Selecting Competitors to Attack and Avoid

Dalam hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah jelas bahwa kedua perusahaan tersebut saling menyerang satu sama lain dari pada saling menghindari satu sama lain yang disebabkan oleh dendam akan satu sama lain.Karena hal tersebutlah mereka tidak lagi mencari saingan yang lemah atau kuat, mereka hanya menyerang satu sama lain dimana Torres and Thatcher Corp menyerang Valeski cousin’s yang lebih lemah dari mereka yang padahal masih banyak yang lebih lemah lagi dari mereka dan Valeski cousin’s yang menyerang Torres and Thatcher Corp yang lebih kuat dari mereka yang dimana mereka bisa saja menghindarinya atau mencari lawan yang sepadan.

Mereka terlalu terlelap pada masalah personal mereka hingga saling menyerang satu sama lain tanpa adanya lagi Good or Bad Competitors, karena yang ada hanyalah Bad competitors dimana mereka saling menjatuhkan satu sama lain dengan bebagai cara seperti misalnya Eva yang memfitnah Anton hingga masuk penjara atau sebaliknya Anton yang menaruh BUG di server Eva, keduanya sama-sama memakai cara kotor untuk saling menjatuhkan yang mebuat keduanya sama-sama menjadi Bad competitor.

Alih-alih saling menghindar dan mejauhi konflik mereka justru berada dalam pasar persaingan yang sama. Keduanya berada di samudra yang sama yaitu Red Ocean, padahal setelah Zaleski cousin’s keluar dari Torres and Thatcher Corp, keduanya bisa saja merintis model baru dan membuat Blue Oceannya mereka sendiri, akan tetapi mereka justru melompat kedalam samudera merah yang dimana disana sudah ada hiu besar (Torres and Thatcher Corp) yang menunggu mereka.

  • Competitive Strategies

Dalam membangun strategi bersaing, keduanya menggunakan strategi yang sama, yaitu menggunakan Porter’s generic strategies yang terdiri dari Overall cost, Leadership, dan Focus.

Overall Cost Leadership

Dalam menekan biaya produksi/pembangunan keduanya menggunakan strategi yang sama. Hal ini dibuktikan saat Zaleski Cousin’s mulai menekan angka pengeluaran untuk proyek nya dengan cara memutar otak yaitu dengan menggunakan 4 bor kecil yang digunakan secara bersamaan agar pekerjaan dapat diselesaikan 4x lebih cepat dengan hanya setengah budget daripada menggunakan 1 bor besar yang lebih mahal dan lambat. Hal yang sama juga dilakukan oleh Eva dimana ia menekan pengeluaran dengan cara menyewa seorang mahasiswa untuk bekerja dengannya dengan gaji yang lebih murah dibanding seorang programmer profesional.

Differentiation

Keduanya sama-sama berupaya untuk menciptakan lini produk dengan tingkat diferensiasi yang tinggi agar bisa menjadi produk yang memimpin di pasarnya, Zaleski cousin’s dengan fiber optic tunnel nya dan Torres and Thatcher Corp dengan antena Microwave Pulse nya keduanya sama-sama menciptakan produk untuk bersaing siapa yang tercepat, karena hanya yang tercepatlah yang bisa menguasai pasar.

Focus

Keduanya sudah jelas berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan terbaik pada segmen tertentu yaitu HFT, kedunya sama-sama berusahan menjadi yang tercepat dalam pasar agar menjadi yang terbaik dan bisa menguasai pasar.

  • Balancing Customer and Competitor Orientations

Jika melihat dengan apa yang terjadi di film pasti jawabannya sudah jelas bahwa kedua perusahaan tersebut menganut sistem Competitor-Centered Company dimana keduanya lebih berfokus terhadap gerak-gerik dan tindakan kompetitor. Dimana dalam salah satu scene dibuktikan Eva sampai mengirim mata-mata untuk menguntit Zaleski cousin’s untuk mengetahui strategi dan gerak gerik mereka. Sedangkan untuk Zaleski cousin’s memantau gerak gerik Eva dari tindakannya kepada mereka yang selalu mencoba mengacaukan mereka.

  • Saran/Solusi

Solusi terbaik untuk Zaleski cousin’s adalah dengan menghindari saingan yang kuat dari mereka yaitu Torres and Thatcher Corp dengan cara menerapkan Blue Ocean Strategy yaitu membuat pasar baru untuk mereka sendiri, seperti yang kita tahu Anton adalah seorang programer yang sangat handal sedangkan Vincent adalah seorang trader yang mempunyai skill hebat dibanding mantan rekannya dulu. Mereka bisa saja membuat sebuah program aplikasi baru atau menjadi konsultan untuk pemerintah, dengan skill coding yang dimiliki Anton dan skill negosiasi yang dimiliki Vincent mereka pasti bisa lebih sukses dari sebelumnya.

Sekian artikel ini saya akhiri, bila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terima Kasih

  • Refrensi

https://www.imdb.com/title/tt6866224/plotsummary
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Hummingbird_Project#Plot
https://www.thecinemaholic.com/the-hummingbird-project-ending-explained/



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format