Armageddon

Sabotase kehancuran dunia oleh sekelompok pengebor minyak pilihan NASA


0

Film ini diawali dengan meledaknya pesawat angkasa atlantis karena terkena hujan meteor, yang juga mengenai beberapa daerah di benua amerika dan eropa. Melihat kejadian tersebut, Menteri pertahanan US, General Kimsey (Keith David) meminta badan antariksa NASA mengerahkan tim untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi. Tim yang dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif NASA, Dan Truman (Billy Bob Thornton) menemukan fakta bahwa ada asteroid sebesar Texas mengarah ke bumi dengan kecepatan 22.000mil/jam, dengan kata lain hanya ada waktu tersisa sebanyak 18 hari sebelum asteroid tersebut menghantam bumi dan menjadi akhir dari kehidupan manusia. Dalam rapat terbatas dengan seluruh organisasi yang terkait, Presiden sangat kecewa karena pergerakan asteroid ini tidak bisa ditemukan NASA lebih cepat, namun Truman membela diri dengan menyatakan hanya sebanyak 3% wilayah angkasa yang bisa diawasi NASA dengan fasilitas yang mereka miliki.

Jika asteroid tersebut menghantam perairan, akan mendidihkan jutaan galon air laut dan menimbulkan gelombang setinggi 3 mil, berjalan dengan kecepatan 1000mil/jam yang bisa menenggelamkan California dalam sekejap dan menghancurkan Denver. Jepang dan Australia menghilang. Setengah populasi manusia akan terpanggang oleh panasnya, sisanya akan beku sampai mati oleh musim dingin nuklir. 

 Tim dari NASA mencari berbagai cara untuk bisa menghentikan asteroid tersebut, namun tidak banyak yang bisa dilakukan dalam waktu 18 hari. Akhirnya ilmuwan NASA dari divisi Penelitian bernama Dr Ronald Quincy (Jason Isaacs) memiliki ide untuk meledakkan asteroid tersebut dari intinya, dimana harus ada astronot yang mendaratkan pesawat di atas asteroid tersebut, dan mengebor sampai ke intinya untuk memasukkan hulu ledak nuklir yang bisa membelah asteroid menjadi 2 bagian. Dengan harapan pecahan tersebut akan terhempas menjauhi bumi.

Di lain kesempatan diceritakan sebuah perusahaan minyak “Harry Stamper Oil” yang sudah keliling dunia untuk melakukan pengeboran minyak. Reputasi perusahaan yang dipimpin Harry Stamper (Bruce Willis) ini sudah sangat mendunia, selalu berhasil melakukan pengeboran pada lapisan paling keras sekalipun. Bukan suatu hal yang mengejutkan karena Harry yang merancang sendiri mesin pengebor tersebut.

NASA akhirnya mendatangkan Harry Stamper untuk meminta kesediaannya menyiapkan tim pengebor luar angkasa yang akan diterbangkan ke asteroid tersebut. Permasalahan dimulai ketika Harry melihat mesin buatannya sudah dimodifikasi NASA dan sekumpulan astronot pemula yang akan menjadi operator mesin tersebut. Harry akan membantu NASA dengan syarat, dia bisa membawa timnya sendiri untuk melakukan tugas pengeboran tersebut. Dengan segala macam pertimbangan akhirnya NASA menyetujui syarat yang Harry berikan.

Petualangan dimulai dari persiapan untuk terbang keluar angkasa. Mulai dari tes kesehatan/fisik hingga tes kepribadian/psikologi, yang normalnya membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk mendapat izin terbang keluar angkasa. Lalu melakukan simulasi bawah air yang bertekanan tinggi, berjalan di ruangan hampa udara, terbang dengan pesawat tempur dan mengemudikan armadillo (kendaraan untuk mengebor di asteroid). Namun tidak ada satupun dari tim yang dibawa harry lolos uji kelayakan menjadi astronot, namun NASA dengan persetujuan Truman tetap mengirim tim tersebut dengan pertimbangan mereka yang paling menguasai bidang pengeboran ini.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, NASA mengirimkan 2 pesawat ke asteroid tersebut. Masing-masing pesawat terdiri dari 3 orang tim NASA dan 4 orang Tim Harry (pengebor). Berikut masing-masing kru dari kedua pesawat yang dikirim NASA.

Kru Freedom : 

Pilot : Colonel Willie Sharp (William Fichtner)

Co pilot : Jennifer Watts (Jessica Steen)

Ahli Nuklir : Grubber (Grayson McCouch)

Harry (Bruce Willis)

Chick (Will Patton)

Rockhound (Steve Buscemi)

Max (Ken Hudson Campbell)

Kru Independence : 

Pilot : Colonel Davis (Marshall R. Teague)

Co pilot : Tucker (Marshall R. Teague)

Ahli Nuklir : Halsey (Greg Collins)

 A.J. Frost (Ben Affleck) 

Oscar (Owen Wilson)

Bear (Michael Clarke Duncan)

Noonan (Clark Heathcliff Brolly)

1 hari sebelum keberangkatan, Harry meminta kepada nasa untuk memberi libur kepada timnya agar mereka bisa lebih relaks saat waktu keberangkatan. Namun, disela waktu istirahat tersebut ada asteroid kecil yang jatuh di daerah asia pasifik dan memakan korban jiwa sebanyak 50,000 orang di Shanghai. Hal ini membuat rahasia NASA terbongkar, dan seluruh dunia mengetahui fakta bahwa akan ada asteroid yang akan menghantam bumi. 

1 jam sebelum keberangkatan, akhirnya presiden Amerika atas nama umat manusia mengumumkan kepada dunia apa yang sedang terjadi dan apa yang sudah dipersiapkan. Akan terjadi Armageddon atau akhir dari dunia namun saat ini umat manusia mempunyai kemampuan dan teknologi untuk menghadapi bencana besar tersebut. Sekaligus mengajak seluruh umat manusia di dunia untuk berdoa bersama agar misi yang dilakukan 14 orang terpilih bisa sukses.

Saatnya peluncuran tiba, 2 pesawat berhasil terbang keluar angkasa dengan sempurna. Semua berjalan normal sesuai prediksi sampai mereka mendaratkan pesawat di stasiun luar angkasa Rusia untuk mengisi bahan bakar. Stasiun tersebut dijaga oleh 1 kosmonot rusia bernama Lev andronov (Peter Stormare). Masalah dimulai Ketika ada kebocoran pipa pengisian bahan bakar. Suhu mulai meningkat dan percikan api mulai membesar dan bersiap menghancurkan stasiun ruang angkasa tersebut. Semua kru berlarian kkmbali ke pesawat masing-masing untuk menyelamatkan diri namun tersisa AJ dan Lev yang terjebak diruang control. Lev yang sudah sangat mengenal stasiun tersebut menemukan jalan keluar agar mereka berdua bisa selamat. Sampai akhirnya detik terakhir sebelum stasiun tersebut meledak, A.J dan Lev berhasil menyelamatkan diri dan masuk kedalam pesawat.

 Setelah berhasil lolos menyelamatkan diri dari ledakan stasiun luar angkasa, pesawat bermanuver melewati bulan untuk mendapatkan daya dorong sebesar 11G agar bisa mendapatkan percepatan untuk mendaratkan pesawat di asteroid tersebut.

Ternyata banyak sekali objek luar angkasa yang berterbangan yang bisa menghantam pesawat sewaktu-waktu. Sampai akhirnya pesawat independent tidak bisa menghidari  tabrakan dan menewaska Pilot dan Co-pilot seketika. Namun sebelum benturan terjadi semua kru berhasil melindungi diri didalam ruang kargo dan setelah pesawat jatuh hanya tersisa 3 orang dari kru independence yaitu AJ, lev dan Bear. Mereka berusaha menemukan tim freedom dengan mengendarai armadillo.

Di lain kesempatan, pesawat freedom berhasil mendaratkan pesawat dengan susah  payah. Namun pesawat mendarat ditempat yang tidak seharusnya, melainkan diatas lapisan besi ferit yang keras yang akan menyulitkan proses pengeboran. Setelah melakukan pengeboran selama 2,5 jam, tim hanya mampu mencapai kedalam 57 kaki dan sudah merusak alat bor yang pertama dan menghancurkan 2 mata bor. Selain itu ada masalah komunikasi dengan Houston (tim NASA di bumi), hanya tersisa waktu 7 menit untuk bisa berkomunikasi, dan 5 menit tambahan sampai akhirnya terputus sama sekali. Dalam waktu genting tersebut kolonel Sharp meminta arahan dari Houston apa yang harus dilakukan karena hanya tersisa 4 jam sebelum melewati “zero barrier”. yaitu ambang batas asteroid berhasil diledakkan, sehingga pecahan asteroid akan melewati bumi.

Kolonel Sharp merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan misi tersebut namun Harry tetap optimis dan berusaha untuk melanjutkan sampai selesai, terjadi perbedaan pendapat yang akhirnya menyebabkan perselisihan. Ditengah perselisihan tersebut, Huoston yang masih memiliki sisa waktu 5 menit mengambil alih control dari bumi. Presiden memutuskan untuk meledakkan nuklir dari jarak jauh sebelum kehilangan kontrol sama sekali. Akhirnya protocol tersebut dijalankan dan waktu mundur bom nuklir yang ada di pesawat freedom mulai berjalan. Kembali terjadi perselisihan antara Sharp dan Harry, yang berakhir dengan janji Harry akan menyelesaikan misi untuk menggali sedalam 800 kaki. Dengan cepat Kolonel sharp dan grubber berhasil mematikan waktu mundur pada bom nuklir di sisa 3 detik terakhir, sungguh adegan yang menegangkan. Setelah nuklir berhasil dimatikan, Harry dan tim kembali melanjutkan pengeboran. 

Dibagian lain asteroid, kelompok independence yang tersisa berusaha mencari jalan untuk bisa bergabung dengan tim freedom, mereka harus melalui medan yang curam dan sangat berbahaya. Mereka berusaha melewati tebing dengan cara mengambang melawan gravitasi, namun masalah terjadi disaat mesin pendorong tidak bisa berfungsi, armadillo terlempar menjauh dari daratan dan melayang menuju angksa luar. Lev yang seorang astronot sejati memberanikan diri untuk keluar armadillo dan mencoba memperbaiki mesin pendorong yang bermasalah. Setelah menabrak cukup banyak bebatuan akhirnya mesin pendorong berhasil dinyalakan dan armadillo bisa mendarat dengan baik.

Ditengah perjuangan untuk menembus bebatuan yang sangat keras, Rockhound mengalami dimensia luar angkasa, keadaan yang membuatnya mengacau dan hampir menggagalkan misi bersejarah tersebut. Harry memutuskan untuk mengurung Rockhound sampai kembali tenang. Lalu keadaan menegangkan kembali terjadi disaat terjadi gempa dan pergeseran permukaan asteroid, hal ini terjadi karena proses pengeboran mengenai kantong gas dibawah tanah. Akhirnya terjadi ledakan dan armadillo tim freedom terlempar keluar angkasa membawa serta max yang ada didalamnya. Menggagalkan misi dengan seketika karena mereka sudah tidak bisa menggali lagi disisa waktu yang ada. Ditengah kecemasan akan kegagalan misi tersebut, terlihat dari kejauhan sebuah harapan baru berjalan mendekat. Terlihat tim independence berhasil menemukan jalan untuk kembali berkumpul dengan tim freedom. Masih ada kesempatan untuk menyelamatkan bumi. Tim freedom langsung mengambil alih pengeboran. Disisa waktu 1 jam terakhhir, mereka masih harus menggali sejauh 250 kaki. 

Setelah mencapai kedalaman 770 kaki, kembali terjadi masalah. Alat pengebor menjadi tak terkontrol karena kembali mengenai kantong gas metan. Untuk mengindari ledakan seperti kejadian armadillo 1, mesin pengebor harus segera dimatikan namun ada resiko mata bor akan tersangkut dan mengakibatkan kerusakan serta waktu yang tersisa semakin sedikit. AJ yang menjadi operator pengeboran meminta izin kepada Harry untuk terus melakukan pengeboran walaupun beresiko kehilangan nyawa. Harry mengambil keputusan yang tepat dengan memberi kepercayaan penuh kepada AJ untuk melanjutkan pengeboran, dan akhirnya AJ berhasil mengebor sampai kedalaman 802 kaki.

Namun misi belum selesai sampai mereka berhasil menanamkan nuklir dikedalaman tersebut, dan meninggalkan asteroid dalam 38 menit waktu yang tersisa. Keadaan kembali tegang saat pipa pengeboran tersangkut saat proses pengangkatan. Harus ada anggota tim yang masuk kedalam lubang untuk memotong pipa tersebut. Disaat aj berhasil memotong pipa dan berusaha keluar dari lubang, keadaan di permukaan menjadi tidak stabil, terjadi gempa dan tabrakan batuan luar angkasa dan membuat AJ hampir terlempar keluar angkasa. Beruntung Harry berhasil menyelamatkannya dengan menarik tali pengaman. Tapi berbeda dengan grubber, dia menjadi korban selanjutnya setelah terlempar dan tertusuk batuan asteroid yang tajam. Setelah badai berlalu, saatnya tim memasukkan nuklir kedalam lubang. Namun pemicu jarak jauh yang akan digunakan untuk meledakkan bom tidak bisa berfungsi akibat badai yang terjadi. Artinya harus ada 1 orang yang ditinggal untuk meledakkan boom secara manual. Mereka akhirnya mengundi siapa yg akan tinggal untuk meledakkan bom tersebut. Dari undian tersebut keluarlah nama AJ sebagai orang yang harus tinggal. Harry sebagai ketua tim, mengantarkan AJ keluar menuju lokasi pengeboman. Diluar dugaan, harry melakukan sabotase pipa oksigen milik AJ yang membuatnya tidak bisa bernafas. Hal ini dilakukan harry untuk menggantikan peran AJ sebagai “detonator man”.. harry berpesan agar AJ menjaga dan merawat anaknya karena dia tidak bisa kembali pulang. Setelah sampai di armadillo, harry melakukan komunikasi dengan Houston, untuk memberikan salam perpisahan kepada grace dan teman2 lainnya. (momen paling mengandung bawah di film ini). selanjutnya pesawat freedom hanya memiliki waktu 3 menit sebelum bom diledakkan. Setelah pesawat freedom berhasil menjauh dari jangkauan ledakkan, di asteroid Kembali terjadi badai yang membuat detonator terlepas dari tangan harry. Hanya tersisa waktu 1menit untuk meledakkan bom tersebut, dan akhirnya bisa dieksekusi di 2 detik terakhir. Dan booooomm.. asteroid meledak. Pesawat freedom bisa mendarat di bumi dengan selamat, dan otomatis 7 awak yang tersisa Kembali pulang sebagai pahlawan.

 

Organizational Structure

Dari film Armageddon dapat dilihat struktur organisasi NASA dari misi tersebut adalah struktur divisi berdasarkan spesialisasi (product), dimana setiap spesialisasi memiliki kepala divisi yang bertanggung jawab kepada direktur eksekutif NASA. Masing-masing tim yang terbang ke asteroid yaitu Tim Independence yang dipimpin kolonel Davis dan Tim Freedom yang dipimpin kolonel Sharp harus mengikuti instruksi dari direktur NASA, Dan Truman. Tapi keputusan tertinggi tetap berada ditangan Presiden, dibawah komando Menteri Pertahanan Jenderal Kimsey.

Organizational Culture

Budaya organisasi atau organizational culture adalah seperangkat keyakinan, harapan, nilai, dan norma rofess yang memengaruhi bagaimana anggota organisasi saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya organisasi dibentuk dari empat rofes utama: karakteristik pribadi dan rofessional orang-orang dalam organisasi, etika organisasi, sifat hubungan kerja, dan desain struktur organisasinya. 

1. Struktur organisasi.

Dalam film Armageddon struktur organisasi NASA yang berada dibawah kepemimpinan Dan Truman, membawahi 2 tim ekspedisi, Independence dan Freedom. Tim Indepence dipimpin Kolonel Davis dan Tim Freedom dipimpin Kolonel Sharp. Namun dalam perjalanan kolonel Davis tidak bisa melanjutkan misi karena pesawat independence mengalami kecelakaan. Tim yang tersisa full team adalah tim Freedom.

Didalam kru freedom, terdapat Harry Stamper yang merupakan pemimpin tim pengeboran. Didalam menjalankan misi, sering terjadi perselisihan antara kolonel Sharp dan harry. Walaupun berstatus sebagai anggota tim, Harry Samper adalah ketua tim ahli yang paling memahami mengenai proses pengeboran. Terjadi perselisihan yang hampir menggagalkan misi disaat kolonel sharp harus mengikuti protokoler disaat kedalaman pengeboran tidak sesuai target yang seharusnya. Setelah 2.5 jam melakukan pengeboran hanya mencapai kedalaman 57 kaki, sangat jauh dari target sedalam 800 kaki. Menurut logika sederhana, jika waktu yang dimiliki hanya 8 jam saja berarti disisa waktu yang ada tim pengebor hanya bisa mencapai kedalaman 200-300 kaki saja, sangat jauh dari target. Namun harry yang sudah sangat berpengalaman menilai proses pengeboran adalah sebuah seni yang tidak bisa diukur dengan logika seerhana seperti itu.

Dengan asumsi tim Independence tidak dapat selamat dari kecelakaan, makan harapan umat manusia ada ditangan tim freedom. Harry memilih untuk berjuang sampai batas akhir daripada bersikap pesimistis untuk membatalkan misi disisa waktu yang ada.

2. Etika Organisasi

Etika organisasi adalah sifat dan perilaku yang menunjukkan kesediaan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma yang berlaku dalam suatu organisasi. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana seseorang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai nilai-nilai yang berlaku. 

Beberapa etika organisasi yang menjadi perhatian dalam film Armageddon adalah sebagai berikut :

  • “pencurian” desain mesin pengebor milik Harry yang sudah terpasang di kendaraan armadillo sebagai alat pengebor diluar angkasa. Tenyata mesin pengebor itu tidak dirakit sesuai desain aslinya sehingga membuat harry harus memodifikasi Kembali mesin pengebor yang sudah terpasang di armadillo. Dalam kondisi ini Harry memaklumi keputusan NASA untuk “mencuri” desain miliknya untuk alasan urgensi keberlangsungan hidup umat manusia.
  • Kepanikan Houston (Pusat kordinasi di bumi) disaat komunikasi terputus, Jenderal Kemsey mendapat instruksi dari Presiden untuk mengambil alih misi dan menyalakan detonator nuklir dari jauh. Mereka memutuskan untuk “membunuh” tim yang sedang berjuang diatas sana dan segera meledakkan bom nuklir untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa yang ada di bumi. Padahal keputusan tersebut bukan Langkah yang bijak dan akan sia-sia karena nuklir belum berhasil ditanam dikedalaman yang seharusnya.
  • Dimensia luar angkasa yang dialami Rockhound dimana dia mengacau dan mengancam keselamatan anggota tim dan keberhasilan misi secara keseluruhan. Seharusnya dia bisa lebih mengendalikan diri karena dia termasuk anggota tim yang paling pintar dan menguasai medan tempur.

3. Karakteristik Anggota

Member 

Karakteristik

Dan Truman

Direktur Eksekutif NASA yang menjadi komando untuk misi Armageddon, pemimpin yang memiliki kharisma dan bisa mengontrol emosi dengan baik.

Harry Stamper

Pemimpin tim pengebor yang sangat jenius dan terkenal tidak pernah gagal dalam melakukan pengeboran diberbagai permukaan bumi. Sangat bertanggung jawab akan keselamatan anggota tim. Seorang pemimpin yang sudah mendapatkan loyalitas dari anggota timnya.

A.J Frost

Salah satu anak buah Harry yang menjadi tangan kanannya, sudah dianggap seperti anaknya sendiri dan memiliki potensi seperti Harry. 

Rockhound

Anggota tim yang sangat pintar yang memiliki gelar doctor ganda dari MIT (kimia dan geologi). Tim ahli dalam proses pengeboran yang sangat memahami kondisi geologi dan kandungan kimia

Kolonel Sharp

Pilot utama pada pesawat freedom, yang bertugas memastikan team freedom sampai di asteroid dan mengaktifkan nuklir dan sangat patuh terhadap instruksi.

4. Hubungan Antar Anggota

Dalam pemilihan tim pengebor, Harry mengambil alih dan memilih orang-orang yang sudah sangat kompeten di bidangnya. Walaupun ada penolakan dari Jenderal Kimsey, Direktur Truman memastikan bahwa mereka adalah orang terbaik yang bisa didapatkan saat ini. Keraguan itu beralasan karena latar belakang beberapa nggota tim yang dipilih harry ada yang bermasalah dengan hukum. Selain itu tim harry harus bisa berkolaborasi dengan Tim yang dipilih oleh NASA, perbedaan budaya organisasi sangat mempengaruhi hubungan diantara mereka. Walaupun ada perselisihan, akhirnya mereka dapat berkolaborasi dengan baik dan menyelesaikan misi menyelamatkan dunia dengan sempurna.

Organizational Control

Kontrol organisasi adalah pondasi kedua bagi seorang manager untuk memberikan pengaruh, mengatur aktifitas organisasi dan mengatur anggota tim untuk mencapai tujuan organisasi. System control adalah pembuatan target, memonitor, evaluasi dan memberikan feedback apakah organisasi sudah bertindak efektif dan efisien.

1. Feedforward Control

Kontrol yang dibentuk untuk mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi. Dalam film armagedon, feedforward control berupa keputusan Houston untuk mengaktifkan countdown timer nuklir ketika terancam kehilangan hubungan komunikasi dengan tim freedom

2. Concurrent Control

Kontrol yang dibentuk saat proses sedang berlangsung dimana control ini memberikan feedback bagaimana efektifitas suatu input digunakan. Control ini dilakukan harry saat terjadi gempa dan pergeseran tanah di asteroid, harry meminta max yang menjadi operator pengeboran untuk menghentikan pengeboran karena mata bor mengenai kantong gas didalam tanah. Namun control tersebut tetap tidak bisa menyelamatkan max yang terhempas keluar angkasa karena ledakan yang terjadi.

3. Feedback Control

Kontrol yang dibentuk setelah kejadian atau kegiatan berjalan sehingga menghasilkan informasi tentang reaksi “konsumen” atas hasil dari misi yang dilakukan. Setelah tim freedom Kembali mendarat di bumi setelah menyelamatkan bumi, mereka disamput sebagai pahlawan oleh semua umat manusia.

Organization Change Process

Dalam film Armageddon ada beberapa tahapan perubahan yang perlu dilakukan oleh NASA agar misi bisa berjalan lebih efektif dan tanpa hambatan :

1. Menilai kebutuhan akan perubahan

Masalah yang terjadi adalah masalah yang belum diperhitungkan oleh NASA, berawal dari prediksi yang salah mengenai kondisi lingkungan di asteroid. Setelah tiba di asteroid, para pilot sangat terkejut dengan banyaknya bebatuan yang menghalangi jalur lintasan pesawat. Kesalahan prediksi ini harus dibayar mahal dengan kehilangan 50% kesuksesan misi tersebut. 1 pesawat mengalami tabrakan dan hampir menewaskan seluruh tim.

2. Memutuskan perubahan yang akan dilakukan

Dengan berkumpulnya orang-orang jenius yang ada di dunia, seharusnya NASA bisa mempersiapkan pesawat yang digunakan dengan berbagai macam kondisi dan scenario yang mungkin terjadi. Dengan adanya antisipasi di awal, NASA bisa menyiapkan infrastuktur yang tahan banting disegala medan dan juga menyiapkan penyelamatan dan mekanisme pendaratan darurat untuk menghindari dampak terburuk jika terjadi kecelakaan.

3. Menerapkan perubahan

Dalam melaksanakan perubahan dapat dilakukan secara Top Down, dimana Direktur Eksekutif bisa meminta jajaran terkait untuk menyiapkan segala kebutuha tim astronot diatas sana. Secara spesifik meminta divisi pembuatan pesawat untuk menambahkan mekanisme pendaratan darutan dan prosedural penyelamatan jika terjadi tabrakan/kecelakaan.

4. Mengevaluasi perubahan

Setelah melakukan perubahan tersebut, perlu dilakukan evaluasi atas perbaikan yang dilakukan. Direktur eksekutif bisa meminta divisi terkait untuk melakukan simulasi virtual semua scenario yang sudah dipersiapkan. Nantinya bisa digunakan untuk mengurangi peluang kegagaln misi yang akan dilakukan.

https://www.youtube.com/watch?v=kg_jH47u480&ab_channel=TrailersPlaygroundHD

SUMBER REFERENSI :

  • Film Armageddon (1998)
  • Jones, Gareth R., George, Jennifer M.. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

Penulis :

  1. Agus Basuki
  2. Ahmad Zakie Akmal
  3. Dini Rahmawati
  4. Rohandi

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format