“AMERIKA VS ALIEN” VERSI FILM INDEPENDENCE DAY (1996)

Strategi Amerika dalam menghadapi serangan alien.


2
2 points

Sumber: tribunnewswiki.com
 

Sinopsis

Dua hari sebelum kemerdekaan Negara Amerika serikat, tepatnya pada 2 Juli, tiba-tiba S.E.T.I (Search For Extraterrestrial Intelligence Institute) mendapatkan sinyal aneh dan objek asing dari luar angkasa yang mendekat ke bumi. Hal tersebut dilaporkan kepada Jenderal William Grey hingga Menteri Pertahanan Albert Nimziki, kemudian berita tersebut sampai pada Presiden Thomas J. Whitmore. Terdapat seorang yang ahli dalam IT yang handal bernama David Levinson mendapatkan kabar mengenai sinyal tersebut dari temannya. Davin yang terkejut dengan kabar tersebut mencoba untuk menganalisis dan menerjemahkan sinyal tersebut. Di lain tempat diperlihatkan seorang ayah yang bernama Russell Casse mantan pilot pesawat tempur yang sekarang hanya bekerja sebagai penyiram ladang yang hidup bersama tiga anak.

Di Gedung Putih beberapa petinggi pemerintahan mengadakan rapat untuk membahas masalah tersebut. Menteri pertahanan menyarankan untuk meledakan benda tersebut, namun ditolak oleh Jenderal William dengan alasan jika diledakan, maka puing-puing benda tersebut akan jatuh mengenai bumi. Pada saat mereka masih membahas mengenai penanganan objek tersebut, tiba-tiba dua tentara datang dan langsung memberi informasi jika benda tersebut telah berhenti, namun benda tersebut terpecah dan terbagi menjadi beberapa bagian yang kecil yang sedang menuju ke bumi dalam waktu singkat dan pada akhirnya, Objek tersebut telah memasuki bumi yang menyebabkan kepanikan masal. Objek-objek menuju ke beberapa negara termasuk Washington Disy tepatnya di Gedung Putih. Presiden ingin tetap berada di Gedung Putih untuk membuat warganya tenang dan tidak ingin menimbulkan keributan masal. Kedatangan objek tersebut membuat goncangan seperti terjadi gempa dan hal tersebut dirasakan oleh tentara yang bernama Kapten Steven Hiller serta keluarganya. Kapten Steven merupakan tentara berpangkat tinggi di militer (kapten). Awalnya Kapten Steven mengira goncangan tersebut akibat gempa, namun saat dia keluar rumah terlihat jelas bahwa pesawat luar angkasa tersebut telah berada di atas kota. 

Sumber: dga.org

David akhirnya berhasil menerjemahkan arti dari sinyal tersebut dan ternyata arti dari sinyal tersebut adalah hitungan mundur.  Dia langsung menghubungi mantan istrinya yang saat itu menjabat sebagai asisten Presiden. David menyuruh mantan istrinya dan semua orang yang berada di Gedung Putih untuk segera meninggalkan area tersebut karena para makhluk luar angkasa (alien) akan menyerang bumi. Namun, mantan istrinya tidak mempercayai David, sehingga dia dan ayahnya bersama-sama pergi ke gedung putih untuk memperingatkan Presiden. Saat sampai di Gedung Putih, David dan ayahnya pergi menemui Presiden dan memperingatkan Presiden untuk segera pergi dari area itu dan memperlihatkan hasil temuannya, yaitu hitungan mundur yang menunjukan alien akan menyerang bumi. Setelah mendengarkan penjelasan tersebut, Presiden memerintahkan untuk melakukan evakuasi. Presiden dan anaknya, asisten presiden, David, ayahnya David, menteri pertahanan, dan Jendral william serta beberapa orang, pergi dari Gedung putih dengan pesawat dan mereka semua selamat.

Presiden dan timnya menuju ke markas militer dan disana Kapten Steven bersama dengan rekan-rekan militernya telah bersiap untuk melakukan serangan balasan kepada pesawat alien. Para militer menembaki pesawat ruang angkasa tersebut dengan rudal, namun serangan tersebut tidak mempan karena pesawat alien memiliki pelindung atau perisai yang tidak terlihat. Setelah serangan tersebut, tiba-tiba muncul pesawat kecil alien dalam jumlah yang banyak dan mulai menyerang balik para pilot. Banyak pilot yang gugur sehingga Presiden menarik mundur pasukannya. Disisi lain, Kapten Steven berusaha menghindari dari serangan alien. Pesawat kapten Steven sempat terjatuh, namun dia masih selamat. Begitu pula dengan satu pesawat alien yang terjatuh. Kapten Steven menyerang alien tersebut dan beruntungnya dia dapat menang. Kapten Steve berjalan dengan membawa alien dan tidak sengaja dia bertemu dengan Russell dan keluarga serta para pengungsi lainnya. Russell memberikan tumpangan kepada Kapten Steven dan mereka menuju ke area 51 bersama-sama.

Sumber: jasonsmovieblog.com

Awalnya pesawat kepresidenan akan menuju ke tempat persembunyian khusus presiden. Dalam perjalanan ayahnya David berbicara mengenai area 51 dimana tempat tersebut terdapat penelitiann khusus alien. Awalnya Presiden dan orang-orang yang ada dalam pesawat tidak mempercayainya kecuali Menteri Pertahanan dimana dia menyetujui pernyataan tersebut. Setelah perbincangan tersebut akhirnya pesawat mendarat di Area 51. Mereka semua sangat terkejut dengan penemuan pesawat luar angkasa dan alien. Melihat hal tersebut, Presiden sangat marah kepada Menteri pertahanan karena selama ini dia menyembunyikan fakta mengenai hal tersebut. Presiden, Jendral, dan kelompok David bertemu dengan ilmuan yang bernama Dr. Brackish Oknum. Dr. Brackish menunjukan pesawat ruang angkasa yang jatuh beberapa tahun yang lalu dan memperlihatkan alien yang mereka tangkap. Disana semua orang mendapatkan informasi mengenai pesawat alien dan Presiden mulai melakukan diskusi mengenai cara mengalahkan alien. Dia menyerahkan dan mempercayai tugas mengenai IT kepada David. Di sisi lain, Kapten Steven dan beberapa pengungsi sampai di Area 51 dan memberikan alien yang dia bawa kepada para peneliti dan akhirnya Kapten steven bertemu dengan presiden. Saat para ilmuwan meneliti alien tersebut di lab, namun tiba-tiba makhluk tersebut hidup dan menyerang para peneliti. Saat Presiden dan beberapa pihak mengecek lab, mereka dikejutkan dengan alien yang hidup dan mereka dapat berkomunikasi dengan alien tersebut melalui perantara tubuh Dr. Brackish. Presiden mencoba untuk melakukan negosiasi, namun hal tersebut tidak di respon baik oleh alien. Setelah kejadian tersebut, Presiden memutuskan untuk melakukan penyerangan, akan tetapi gagal. 

Pada tanggal 4 Juli, David masih belum menemukan ide untuk menangani sistem kapal luar angkasa tersebut. Ayahnya memberikan nasihat kepada David dan lucunya nasihat tersebut membuat David mendapatkan ide. David menunjukan temuannya kepada Presiden dan semua orang. Dia menjelaskan bahwa dia akan memberikan virus kepada sistem pesawat luar angkasa tersebut, sehingga bisa mematikan sistem perlindungan pesawat. David juga menunjukan temuannya dengan menerapkan pada kapal luar angkasa yang mereka simpan dan berhasil. Ide tersebut disetujui oleh Presiden, namun Menteri Pertahanan tidak menyetujuinya karena berbagai alasan. Presiden yang mendengar Menteri selalu menolak saran dari David dan tidak setuju untuk mencoba hal yang baru hal, tanpa berpikir panjang Presiden langsung memecat Menteri Pertahanan.

Sumber: filmjunkee.com

Setelah melakukan persiapan Presiden melakukan pidato singkat kepada para militer dan orang-orang yang secara sukarela ikut serta dalam melawan alien. Dia memberikan motivasi dan dukungan kepada semua pihak bahkan Presiden akan ikut serta dalam melawan alien. Presiden Thomas juga mengingatkan bahwa kemungkinan besar akan ada yang gugur. Semua pihak menjadi termotivasi sehingga mereka semua telah bersiap untuk ke medan perang. David dan Kapten Steven pergi ke pesawat induk di luar angkasa dengan menggunakan pesawat kecilnya. Mereka berhasil masuk dan mulai menjalankan misinya yaitu memberikan virus pada sistem pesawat induk. Akhirnya mereka berhasil mengirimkan virus kepada sistem di persawat induk, sehingga perisai pelindung berhasil dimatikan. Saat David dan Steve berhasil memberikan virus, para militer termasuk Presiden mulai menyerang dan berhasil membalas balik dan menembak pesawat luar angkasa tersebut. Saat mereka ingin menyerang pesawat yang besar, semua bom telah terpakai kecuali milik Russell. Russell akhirnya merelakan hidupnya untuk mengalahkan pesawat luar angkasa tersebut dan dia akhirnya pengorbanannya tidak sia-sia. Pesawat luar angkasa tersebut berhasil dilumpuhkan sehingga beberapa pesawat luar angkasa yang berada di beberapa titik mulai meninggalkan bumi. Tepat pada tanggal 4 Juli mereka berhasil mengalahkan alien dan menyingkirkannya serta tepat pada hari kemerdekaan negara Amerika Serikat. Semua pihak bersuka cita dan David serta kapten Steven berhasil kembali ke bumi dan akhirnya semuanya hidup bahagia. 

Sumber: jasonsmovieblog.com

Permasalahan

Permasalahan awal muncul ketika secara tiba-tiba bumi kedatangan makhluk asing dan mulai menyerang menyebabkan banyak manusia yang tidak selamat atas kejadian tersebut. Mereka harus segera membuat strategi dalam waktu singkat agar menghindari serangan kembali dari makhluk luar angkasa tersebut. Beberapa pihak harus bekerjasama seperti Presiden, Menteri, pihak militer, programer atau orang-orang yang ahli dalam bidang persinyalan dan pemrograman, ilmuwan, dan beberapa pihak lainnya. Sehingga secara mendadak terbentuklah sekelompok atau organisasi yang berusaha untuk menyelamatkan bumi. Setiap individu dalam organisasi tersebut beragam sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan guna mencapai tujuan. Komunikasi merupakan kunci utama dalam film ini. Dimana semua pihak yang terlibat memiliki peran dan kontribusinya masing-masing. Apabila komunikasi yang terjalin tidak berjalan dengan baik, maka menyulitkan dan menghambat dalam pengambilan keputusan. Permasalahan kedua adalah adanya konflik dalam organisasi/ tim akibat perbedaan pandangan. Permasalah lain yang mereka hadapi adalah kurangnya informasi dan persiapan dalam menghadapi makhluk luar angkasa, dan perbedaan sumber daya yang mereka miliki tidak cukup seperti SDM dan persentaan.

Analisis dan Pembahasan

I. Managing Organizational Structure and Culture

Meskipun organisasi dibentuk secara mendadak, namun mereka memberikan dampak positif dan memiliki nilai moral, antara lain adanya saling keterbukaan dan mendengarkan saran, pendapat, dan masukan antara pemimpin (Presiden) dengan orang lain. Sehingga proses pencapaian tujuan dapat terlaksana. Dalam buku Contemporary Management (2020), empat faktor yang dapat mempengaruhi struktur organisasi, yaitu: 

Faktor-Faktor Keterangan
Lingkungan organisasi Lingkungan internal organisasi yang ada pada film ini sudah sangat baik. Semua pihak saling mendukung dan  bekerja sama. Baik dari pemimpin (Presiden) maupun timnya memiliki ikatan yang baik sehingga proses sampai eksekusi berjalan dengan lancar meskipun terdapat hambatan.
Strategi
  • Mengumpulkan orang-orang yang ahli pada bidangnya dan orang-orang yang secara sukarela menjadi tentara

  • Menciptakan temuan yang dapat melumpuhkan pesawat luar angkasa

Teknologi Menggunakan program khusus (intranet) dan teknologi canggih dalam meneliti pesawat makhluk luar angkasa dan alien
Sumber Daya Manusia
  • Dikarenakan banyak tentara yang gugur, Presiden merekrut warga sipil yang bersedia secara sukarela berperang melawan para alien.
  • Menunjuk David sebagai orang yang berhubungan dan ahli dalam IT untuk melawan sistem alien dan bersama Kapten Steven sebagai pihak yang bersedia mentransfer virus pada pesawat induk luar angkasa.
  • Presiden ikut serta melawan para alien dan menjadi pilot
  • Jenderal sebagai pihak yang mengontrol, mengawasi, dan mengarahkan para tentara.

Film ini menampilkan banyak karakter di dalamnya, namun hanya beberapa pihak saja yang memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Pembentukan struktur dibawah ini berasal dari pengamatan film dan terbentuk karena ketidaksengajaan akibat situasi yang mendesak. Sehingga disusunlah struktur organisasi sebagai berikut:

Gambar: Struktur organisasi dalam film Independence Day (1996)
Berdasarkan gambar diatas, menurut buku Contemporary Management (2020) struktur organisasi ini termasuk ke dalam jenis Struktur Fungsional, karena setiap pemeran/ karakteristik memiliki tugas masing-masing. Kelebihan dari struktur organisasi ini adalah:

1) saat Presiden memerintahkan seseorang membantu pada bagian tertentu, orang tersebut bisa langsung dapat mempelajari dan mengamati satu sama lain sehingga proses bisa berjalan lebih cepat dan 

2) Dalam melakukan pengawasan dan pemantauan sangat mudah dilakukan oleh Presiden dan tidak membutuhkan waktu yang lama. 

Sumber: Contemporary Management (2020)

Masing-masing karakteristik tiap pemain memberikan dampak positif pada organisasi yang ada, dimana mereka telah berkontribusi untuk  pencegahan pemusnahan umat manusia dari alien serta saling melengkapi dan membantu, kecuali Menteri Pertahanan. Menteri Pertahanan sering tidak menyetujui saran atau masukan dari pihak lain terutama pendapat dari David. Hal tersebut memberi dampak terhambatnya pengambilan keputusan karena Menteri Pertahanan hanya melihat dari sisi pandangannya saja serta tidak terbuka dengan orang lain.

Gambar: Karakteristik Pemain

Secara keseluruhan, tidak ada kekurangan dalam organisasi tersebut karena antar individu saling membantu serta pemimpin (Presiden) terus mengawasi dan ikut bagian dalam segala aktivitas dan permasalahan hanya satu namun tidak memiliki dampak yang signifikan. Pemimpin terus memotivasi dan mendorong timnya agar terus bekerja dan tidak mudah menyerah agar tujuan mereka mengalahkan para alien tercapai. Film ini menunjukan bahwa setiap karakter memiliki pekerjaan masing-masing. Para karakter menunjukan kemampuan dan keterampilan mereka masing-masing, bereksperimen, dan menemukan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan serta menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan kerja tim yang baik. Dalam buku Contemporary Management (2020) pekerjaan tersebut masuk dalam kelompok job enrichment.

II. Promoting Effective Communication

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi maupun individu. Adanya komunikasi yang baik akan memperlancar dan pengambilan keputusan dengan tepat. Dalam menyusun strategi, diperlukannya informasi-informasi yang mendukung dan yang akurat agar tidak salah dalam pelaksanaannya. Berdasarkan buku Contemporary Management (2020) terdapat tiga faktor yang dalam mendapatkan informasi yang akurat, yaitu:

1. Kekayaan informasi. Pada film ini, Presiden tidak gegabah dalam mengambil keputusan dikarenakan Presiden masih perlu mendapatkan informasi-informasi lain. Informasi didapat dari berbagai pihak yang mengetahui situasi yang sedang terjadi. Dalam urusan pensinyalan dan pengkodean, Presiden menyerahkannya kepada david dan berharap David dapat menemukan informasi mengenai sistem atau teknologi alien. Awalnya, David merasa ragu dengan kemampuannya, namun Presiden telah dipercayakannya kepada David. Informasi lainnya didapatkan dari para militer yang terjun langsung ke lapangan dan bertemu dengan pesawat luar angkasa  dan informasi dari beberapa negara mengenai status atau kondisi terkini di masing-masing titik. Selain informasi tersebut, dalam film ini, akhirnya organisasi mendapatkan informasi mengenai tujuan dari alien melalui perantara Dr. Brackish.

2. Pemilihan media komunikasi. Terdapat empat tingkatan media komunikasi, yaitu: yang terendah adalah komunikasi tertulis impersonal dan yang tertinggi komunikasi tatap muka. Dalam film ini, komunikasi yang sering ditujukan adalah komunikasi tatap muka secara langsung, karena hal tersebut mempermudah proses atau tindakan apa yang harus dilakukan. Adanya hubungan timbal balik ini mempermudah proses pencapaian tujuan bersama karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berkomunikasi.Sumber: Contemporary Manajement (2020)

3. Pemilihan media komunikasi. Data-data yang didapatkan berupa sinyal yang ditangkap bumi lalu diteliti dengan menggunakan komputer sehingga kode yang didapatkan dapat diterjemahkan dalam bentuk informasi yang mudah dipahami manusia dan juga menggunakan kertas sebagai bahan yang bisa di coret-coret untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Sehingga data tersebut dapat diperlihatkan oleh pihak yang berkepentingan. Dalam film ini, kode-kode yang mereka dapatkan dianalisis menggunakan sistem komputer dan hasilnya diperlihatkan kepada Presiden dan pihak-pihak lain. Seperti pada saat David berusahaa memecahkan masalah, dia menggunakan media komputer dan papan tulis untuk mendapatkan hasil dan menerangkan hasil temuannya kepada Presiden dan rekan-rekannya. Sehingga berkomunikasi secara langsung atau tatap muka dapat mempercepat pekerjaan dan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat daripada menggunakan media lain. 

Gambar: David menunjukan hasil temuannya
Sumber: theatlantic.com
Dalam jaringan komunikasi berdasarkan buku Contemporary Management (2020) memiliki empat jenis dan yang digunakan dalam film ini merupakan Jaringan All-channel Network. Hal ini terbukti dari pola komunikasi yang memperlihatkan bahwa semua pihak dapat berkomunikasi antara satu anggota dengan anggota lain. Presiden, Menteri Pertahanan, Jenderal, David, Kapten Steven, dan Dr. Brackish saling berinteraksi dan memberikan informasi yang mereka dapatkan sehingga mereka cepat dalam mengambil keputusan. Meskipun Presiden memiliki hirarki tertinggi, semua pihak bebas memberikan pendapat dan masukan. Pada akhirnya hal tersebut membantu Presiden dalam mengambil keputusan.

Sumber: Contemporary Management (2020)
Film Independence Day ini, memperlihatkan bagaimana teknologi sangat membantu mereka dalam menangani masalah yang ada. Meskipun teknologi yang disajikan tidak secanggih zaman sekarang, namun kekuatannya tidak diragukan lagi. Tanpa adanya teknologi kemungkinan besar manusia akan kalah dengan alien. Pertama, David dapat menerjemahkan arti sinyal atau kode dari makhluk luar angkasa tersebut dengan menggunakan teknologi yang dia miliki. Kedua, David berhasil menemukan solusi untuk menyerang balik alien dengan memanfaatkan virus internet yang nantinya akan di transfer pada sistem alien, serta teknologi yang digunakan para ilmuwan untuk meneliti pesawat dan aliennya. Dalam kondisi tersebut, mereka menggunakan jaringan Intranet dimana jaringan tersebut digunakan hanya untuk masalah tertentu. 

Gambar: David berhasil memecahkan kode alien dan mengupload virus ke pesawat induk
Sumber: movies.stackexchange.com

III. Managing Conflict, Politic, and Negotiation

Dalam organisasi sering ada konflik antar individu. Hal tersebut sering terjadi antara Menteri Pertahanan dengan David. Menteri Pertahanan selalu menyangkal atau menolak jika ada masukan atau pendapat dari orang lain terutama pada saat David menyampaikan pendapatan dan sarannya. Dia tidak menyukai hal tersebut seolah-olah dia takut jika posisinya diganti. Setiap kali orang asing terutama david memberikan saran, Menteri Pertahanan selalu menolak masukan tersebut dan mencoba meyakini Presiden jika ide tersebut tidak masuk akal. Dia masih berpikir jika segala pendapat dan saran harus melalui persetujuannya karena posisi jabatannya berada di bawah Presiden. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat diimplementasikan dalam kondisi yang sudah sangat mendesak. 

Konflik tersebut termasuk dalam tipe Interpersonal Conflict, dimana konflik terjadi karena adanya perbedaan pandangan setiap individu. Dalam kasus ini yang sering berkomentar dan hanya menyampaikan pendapatnya saja namun tidak memberikan solusi yang bisa menguntungkan segala pihak adalah Menteri Pertahanan. Apabila terdapat konflik dalam suatu anggota dan tidak dapat ditangani maka akan menimbulkan masalah yang cukup besar hingga gagalnya pencapaian tujuan bersama. Dilain sisi, Menteri Pertahanan tidak menyukai kehadiran David atau bisa dikatakan karena adanya masalah personal.  Sehingga saat Menteri pertahanan menolak saran dari David untuk kesekian kalinya, Presiden tidak mendengarkan masukan dari Menteri Pertahanan tersebut. Dia mendukung saran dari David dan Presiden secara langsung memecat Menteri Pertahanan dikarenakan  tidak dapat memberikan solusi yang tepat dan tidak dapat bekerja sama dengan baik.

Sumber konflik yang terjadi pada film ini berasal dari berbagai aspek. Ada yang dari eksternal dan internal. Sumber berasal dari eksternal yaitu munculnya pesawat alien yang menghancurkan beberapa wilayah di bumi. Sedangkan konflik dari internal dapat dilihat dari  buku Contemporary Management (2020) yang menunjukan beberapa sumber yang dapat menyebabkan terjadinya konflik

Sumber: Contemporary Management (2020)

  1. Adanya perbedaan tujuan. Dalam film ini terdapat konflik dan pertentangan antar Presiden dengan Menteri Pertahanan. Menteri Pertahanan berfokus pada keinginannya untuk menyelamatkan diri dan orang-orang penting saja, namun Presiden menginginkan rakyatnya selamat.

  2. Kewenangan yang tumpang tindih. Terlihat bahwa saat David memberikan saran dan pendapat kepada Presiden, Menteri Pertahanan tidak menyetujuinya karena dia beranggapan jika David hanya orang biasa sedangkan dia memiliki status sebagai Menteri Pertahanan, maka segala masukan dan saran harus melalui persetujuannya. 

  3. Ketergantungan Tugas. Berdasarkan pengamatan film ini, tidak ada konflik yang terjadi akibat adanya ketergantungan tugas, karena setiap orang memiliki tugasnya masing-masing dimana mereka dapat berjalan sendiri-sendiri. Akan tetapi saat mereka sudah menemukan argumen, pendapat atau saran, maka mereka akan menyampaikan hal tersebut secara langsung karena mereka tidak memiliki waktu yang lama. 

  4. Perbedaan evaluasi atau sistem penghargaan. Tujuan yang mereka ingin raih adalah mengalahkan pesawat alien tersebut. Sehingga dari masing-masing tugas dan peran setiap karakteristik, tidak memiliki evaluasi karena mereka dituntut untuk melakukan kerja sama disebabkan keadaan yang sudah sangat mendesak. 

  5. Sumber daya yang terbatas. Dalam proses mencari solusi dalam mengalahkan alien, pastinya membutuhkan banyak sumber daya manusia seperti para militer. Akibat banyak tentara yang gugur dalam melawan alien angkasa tersebut menyebabkan pemerintahan membutuhkan bantuan dari warga sipil untuk ikut serta berperang. Adapun sumber daya lainnya yang semakin sedikit seperti persenjataan, sehingga munculah saran terakhir dari Menteri Pertahanan yaitu menggunakan nuklir. Namun Presiden tidak menginginkannya. Sistem teknologi yang dimiliki manusia tidak secanggih teknologi para alien. 

  6. Status Inconsistencies. Berdasarkan beberapa konflik yang sudah disebutkan, Menteri Pertahanan memberikan dampak negatif dalam organisasi karena setiap ada yang memberikan masukan ataupun saran selalu saja ditolak dan tidak sesuai menurut pandangannya. Hal ini juga terjadi karena Menteri Pertahanan tidak ingin kehilangan kepercayaan dari Presiden. Namun akibat dari tindakannya dan adanya perbedaan pandangan tersebut menyebabkan kondisi atau suasana dalam organisasi tidak nyaman.

Tujuan bersama atau organisasi dapat dicapai jika dapat menangani dan menyelesaikan konflik dengan baik-baik. Maka dari itu diperlukannya strategi yang tepat dalam menghadapi konflik. Pada film ini, mereka menggunakan beberapa strategi untuk menghadapi konflik maupun  mengalahkan alien.

Strategi
Keterangan
Negosiasi
  • Menteri Pertahanan melakukan negosiasi dengan Presiden untuk menyerang pesawat luar angkasa tersebut dengan menggunakan nuklir. Namun, Presiden tidak menyetujuinya

  • Bernegosiasi untuk berdamai dengan alien, namun alien menolak dan mengatakan bahwa ingin berperang dengan manusia. Komunikasi yang dilakukan yaitu bertatap muka langsung dan alien menggunakan mediator tubuh Dr Brackish untuk berkomunikasi dengan manusia.

Strategi yang berfokus pada individu
  • Presiden memberikan motivasi kepada semua orang yang berada pada lokasi tersebut. Sehingga tanpa perlu ditunjuk, banyak warga sipil yang bersedia untuk membantu Presiden dan timnya dalam mengalahkan alien serta beberapa pihak turut ambil bagian dalam membuat strategi yang tepat. 

  • Presiden sebagai pemimpin percaya akan kemampuan timnya untuk mengatasi masalah ini bersama-sama. Dengan memberikan masing-masing individu tugas sesuai dengan kemampuannya mereka. Hal tersebut menandakan bahwa Presiden percaya pada kemampuan mereka dan menyadarkan mereka jika mereka bisa mengatasi dan berani

  • Presiden secara langsung memecat Menteri Pertahanannya karena Menteri tidak menunjukan kredibilitasnya dan tidak memahami serta tidak menghargai pekerjaan yang dihadapi orang lain. Apabila Presiden tidak melakukan tindakan lanjut, maka hal tersebut dapat menghambat pencapaian tujuan bersama. 

Pada film ini, konsep politik organisasi terlihat ketika Presiden berperan sebagai pemimpin memiliki hirarki tertinggi. Segala aktivitas dan tindakan memerlukan persetujuan dari Presiden. Adanya Presiden sebagai pemimpin memberikan pengaruh yang kuat sehingga tidak ada pihak yang tidak menyetujui keputusannya. Presiden Thomas mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak (militer, warga/ masyarakat, dan semua pihak yang terlibat dengannya. Meskipun terlihat negatif, namun politik organisasi dapat memberikan dampak positif dan kekuatan yang sah. Terdapat dua strategi politik organisasi, yaitu Strategi politik untuk meningkatkan kekuasaan dan Strategi politik untuk menjalankan kekuasaan. 

Sumber: Contemporary Management (2020)

1. Meningkatkan Kekuasaan

Controlling Uncertainty

Presiden mengontrol segala aktivitas yang dilakukan oleh timnya dan meyakinkan bahwa mereka tetap bekerja dengan baik dan sungguh, karena mereka tidak memiliki waktu yang banyak

Being Irreplaceable

Presiden memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan individu (David, Kapten Steven, ilmuan, dll) tersebut, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka

Being in central position

Presiden memiliki kedudukan tertinggi dalam organisasi dan misi tersebut. Sehingga Presiden memiliki kendali penuh dalam pengambilan keputusan atas segala aktivitas yang akan diambil 

Generating Resources

Dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan atau keterampilan khusus serta kreatif dalam membuat suatu strategi untuk menghadapi para alien serta keberanian menghadapi kematian dalam melawan para alien. Seperti salah satunya, David yang memiliki kemampuan di bidang IT sehingga Presiden mempekerjakannya untuk membuat suatu solusi.

2. Menjalankan Kekuasaan

Relying on Objective Information
Segala informasi yang didapatkan merupakan informasi menurut fakta dan yang tidak memihak siapapun. Hal tersebut membuat  orang-orang percaya bahwa keputusan yang diambil tidak memihak pada suatu kalangan tertentu, sehingga banyak orang setuju dan mendukung dengan tindakan yang dilakukan Presiden adalah benar. 
Bringing in an outside expert
Segala keputusan telah didiskusikan bersama dengan para ahlinya. Presiden berdiskusi dengan para ilmuwan, pihak militer, dan ahli teknologi atau komputerisasi sehingga keputusan akhir adalah hasil diskusi bersama dengan para ahlinya
Making everyone a winner
Saat semua eksekusi berjalan sesuai rencana, hal tersebut membuktikan bahwa setiap orang yang terlibat adalah orang-orang yang terhormat dan mendapatkan dukungan dari banyak pihak bahkan sangat dibanggakan. 

Solusi

Melalui pengamatan dan analisis pada film ini dapat terlihat bahwa strategi dan komunikasi serta penanganan konflik terla berjalan dengan lancar dan baik, sehingga mereka membuat alien menyerah. Meskipun sempat terdapat konflik antar individu, namun mereka bisa menyelesaikannya dan peran Presiden sangat baik dalam mengontrol organisasinya, seperti pada saat terdapat konflik pada Menteri Pertahanan, dalam kondisi yang mendesak Presiden secara langsung memecat menteri pertahanan karena Menteri tidak dapat memberikan solusi yang bagus untuk semua pihak dan membuat suasana organisasi tidak nyaman. 

Dalam menghadapi konflik, Presiden menggunakan strategi negosiasi dan strategi yang berfokus pada individu. Akan tetapi, dalam situasi yang mendesak tersebut, sebaiknya Presiden juga dapat menggunakan strategi yang bertujuan untuk integrative bargaining. Agar setiap individu dapat memiliki satu pemikiran, maka Presiden perlu memaparkan beberapa hal kepada seluruh anggotanya, seperti:

  1. Menekankan dan menjelaskan tujuan superordinate. Agar tidak terjadi perbedaan pandangan, Presiden perlu menekankan tujuan organisasi dan perlunya ada kesepakatan bersama. 

  2. Apa yang mereka lakukan berfokus pada kepentingan bersama

  3. Membentuk opsi baru yang dapat menguntungkan, sehingga setiap orang termasuk menteri Pertahanan bisa sadar dapat memberikan solusi yang tidak hanya berpusat pada kepentingan kecil namun juga kepentingan besar.

Dalam menjalankan perannya dalam organisasi, Presiden perlu menggunakan kedua strategi politik tersebut agar mendapatkan dukungan dari orang-orangnya. Kondisi yang mendesak menyebabkan banyak di luar kendali baik Presiden dan jajarannya maupun masyarakat. Film ini menunjukan bahwa mereka kekurangan tentara akibat banyak yang gugur saat melawan alien dan mengajak warga sipil yang bersedia ikut serta dalam perang tersebut. Solusi untuk hal tersebut adalah Presiden yang memiliki kekuasaan tertinggi, sebaiknya menjalin hubungan dengan beberapa negara atau menerapkan Building Alliances. Dikarenakan beberapa wilayah mengalami hal serupa dengan kondisi di Amerika serikat, maka perlunya kerjasama antar negara dalam menangani masalah tersebut. Hal ini dapat memberikan dampak positif karena membangun hubungan dan relasi yang baik serta saling menguntungkan antar negara. Sehingga saat Amerika Serikat kekurangan tentara, mereka bisa meminta bantuan kepada negara lain.


Penulis : Agnes Vania Kirana Dewi (20/468688/NEK/00083)


DAFTAR PUSTAKA

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

http://java-film.blogspot.com/2016/06/sinopsis-film-independence-day-1996.html

https://yonulis.com/2020/11/13/chapter-10-managing-organizational-structure-and-culture-chapter-11-organizational-control-and-change/

https://yonulis.com/2020/11/28/promoting-effective-communication-managing-conflict-politic-negotiation-and-using-information-technology-to-increase-performance/


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format