Aquaman: Perang Saudara Memperebutkan Tahta Kerajaan Atlantis

Arthur (Aquaman) adalah seorang anak hasil buah cinta antara Queen Atlanna seorang putri kerajaan Atlantis dan Thomas Curry seorang manusia penjaga mercusuar.


0

Sinopsis Singkat Aquaman (2018)

Pada bulan Desember tahun 2018 DC merilis film super hero terbaru nya yang di adopsi dari karakter DC Comics, yaitu Aquaman. Film ini di sutradarai oleh James Wan, dan di bintangi oleh Jason Momoa (Arthur), Amber Herd (Mera), Patrick Wilson (King Orm), Nicole Kidman (Queen Atlanna), dan Willem Dafoe (Vulko).

Film ini berlatar pada tahun 1985 di Maine, seorang penjaga mercusuar yaitu Thomas Curry yang di perankan oleh Temuera Morrison menyelamatkan Atlanna yang ternyata merupakan seorang ratu kerajaan Atlantis. Atlanna kabur dari kerajaan Atlantis karena tidak ingin dipaksa menikah dengan anggota keluarganya. Singkat cerita mereka berdua saling mencintai satu sama lain dan akhirnya mempunya seorang putra bernama Arthur Curry yang diperankan oleh Jason Momoa. 

Gambar 1. Jason Momoa sebagai Arthur Curry (Aquaman)

Suatu hari tiba-tiba datang pasukan kerajaan Atlantis yang mencari dan memaksa Atlanna untuk Kembali ke kerajaan Atlantis. Atlanna pun memutuskan untuk Kembali ke kerajaan Atlantis dan meninggalkan Thomas Curry dan anak nya Arthur Curry. Arthur yang tinggal Bersama ayahnya itu tumbuh dewasa menjadi seorang dikenal dengan julukan “Aquaman” (manusia yang memiliki kekuatan super di air). Kekuatan super yang dimiliki Arthur antara lain dia bisa bernafas di laut, berenang dengan cepat, dan mahir berkomunikasi dengan makhluk-makhluk yang hidup di dasar laut. Semua kekuatan tersebut sebenarnya adalah kekuatan alami yang dimiliki oleh makhluk-makhluk pada kerajaan bawah laut, tapi Arthur Curry terus melatihnya dengan di temani oleh utusan sang Ibu yaitu Vulko. Arthur sebetulnya adalah pewaris utama tahta kerajaan Atlantis.

Kemampuan super Arthur kerap kali dimanfaatkan nya untuk membantu orang-orang yang terancam bahaya dilautan seperti ketika dia menyelamatkan awak kapal selam yang di serang oleh kelompok perompak bersenjata. Arthur akhirnya bisa mengalahkan perompak tersebut dan berhasil membunuh pemimpinnya, namun kejadian itu malah menimbulkan masalah baru yaitu sang anak dari pemimpik perompak tersebut dendam pada Arthur dan akhirnya dia bekerja sama dengan penguasa kerajaan Atlantis King Orm untuk mengalahkan Arthur sang Aquaman.

Gambar 2. Patrick Wilson sebagai King Orm

Singkat cerita terjadi bencana alam ketika Arthur dan Ayah nya baru saja keluar dari Bar minuman. Bencana itu menyebabkan sampah-sampah ada di dasaran laut meluap ke atas permukaan. Pada moment ini Arthur bertemu dengan makhluk dasar laut lain yaitu Mera yang diperankan oleh Amber Herd. Mera bercerita bahwa bencana alam ini adalah ulah dari King Orm yang ternyata merupakan adik tiri dari Arthur (hasil pernikahan antara Ibu Arthur (Queen Atlanna) dan Pangeran Kerajaan Bawah Laut). Mera berpesan agar Arthur bisa merebut tahta kerajaan yang sekarang di pegang oleh adik tirinya itu. Jika tahta kerajaan terus di pegang oleh King Orm maka dunia tidak akan seimbang. Pada awalnya Arthur menolak untuk merebut tahta kerajaan tersebut karena dia lebih senang hidup sebagai orang biasa dan tinggal di permukaan laut bukan di dasar laut. Namun akhirnya Arthur pun menerima tawaran Mera untuk mencoba merebut tahta kerajaan Atlantis karena ke khawatirannya akan ketidak seimbangan dunia bawah laut dan dunia permukaan laut.

Gambar 3. Amber Herd sebagai Mera

Dengan penuh percaya diri dan kecerobohan, pada pertemuan pertama nya dengan adik tiri nya Arthur pun langsung menantang King Orm untuk berduel 1 lawan 1 berkonsep ring of fire dengan sebuah kesepakatan. Kesepakatan tersebut adalah jika King Orm menang maka Arthur tidak boleh mengambil tahta kerajaan dan harus pergi selamanya dari kerajaan Atlantis dan jika Arthur menang maka tahta kerjaan Atlantis akan langsung diambil alih oleh Arthur.

Gambar 4. Arthur vs King Orm dalam arena Ring of Fire

Dalam pertarungan tersebut Arthur kalah telak dan trisula yang dia gunakan untuk bertarung dengan adik tirinya itu hancur terbelah menjadi dua dan Arhur pun di bawa kabur oleh Mera keluar kerajaan Atlantis. Mera mengajak Arthur untuk mencari trisula emas dan berencana untuk kembali lagi ke kerajaan Atlantis untuk menantang ulang bertarung King Orm.

Di perjalananya mencari trisula emas Arthur mengalami banyak masalah, mulai dari tersesat saat perjalanan, di hadang oleh kelompok musuh di suatu tempat di Italia, menghadapi bangsa trench yang di duga menewaskan Ibu kandungnya, hingga menantang penjaga trisula emas sampai akhirnya Arthur berhasil mendapatkan trisula emas tersebut. Di scene lainnya, ketika Arthur sedang berusaha mencari trisula emas ternyata King Orm juga sudah mulai mengajak koalisi bangsa-bangsa lain yang hidup di bawah laut. Mulai dari mengajak kerajaan yang di kuasi oleh orang tua dari Mera, memaksa kaum manusia ikan untuk berkoalisi dengan membunuh pimpinan mereka hingga puncaknya yaitu menantang bangsa yang mirip dengan kepiting untuk mengambil alih paksa pasukan yang bangsa kepiting itu miliki. Tujuan dari koalisi paksaan yang dilakukan oleh King Orm ini tidak lain adalah untuk menyerang kaum manusia di permukaan laut yang King Orm duga telah menghancurkan ekosistem dibawah laut.

Ditengah-tengah perang saudara yang sedang berlangsung antara koalisi kerajaan King Orm dengan bangsa kepiting akhirnya Arthur yang dijuluki Aquaman itu pun datang dengan sebuah trisula emas ditangannya lengkap dengan baju emas yang sudah dia kenakan untuk membantu merelai semua kekacauan tersebut. Arthur datang dengan segala bantuan dari ikan-ikan dasar laut dan kaum the trench yang kaum bawah laut takuti. Ternyata Arthur yang di lengkapi dengan trisula emas mampu mengendalikan semua makhluk hidup bawah laut termasuk the trench. 

Di akhir pertumpahan darah antar saudara sesama makhluk bawah laut itu Arthur menantang King Orm untuk bertarung di permukaan laut. Pertarungan itu disaksikan oleh semua perwakilan pemimpin masing-masing kerajaan bawah laut, pertarungan ini pun menjadi penentu siapa selanjutnya yang akan menjadi raja bawah laut, King Orm atau Pangeran Arthur. Pertarungan tersebut akhirnya di menangkan oleh Pangeran Arthur dan Arthur di nobatkan sebagai penerus tahta kerajaan Atlantis. Setelah pertarungan tersebut berakhir Ibu Arthur dan King Orm yang sudah dinyatakan mati di eksekusi oleh kaum the trench akhirnya muncul untuk melerai segala kerusuhan yang terjadi di kerajaan Atlantis. Begitulah sinopsis singkat dari fil Aquaman (2018).

Critical Thinking and Analytical Thinking

Menurut analisis saya, konflik yang timbul pada film Aquaman itu sesuai dengan apa yang sudah dipelajari pada kuliah Business and Management, lebih tepatnya pada literatir chapter 17 mengenai “Management Conflict, Politic, and Negotiation”, antara lain:

1. Tipe konflik yang ada di film Aquaman

Gambar 5. Konsep Types of Conflict 

Menurut buku Jones, G.R., dan George, J.M. (JG) yang berjudul Contemporary Management. 11th Edition Chapter 17 mengenai “Management Conflict, Politic, and Negotiation” bahwa tipe konflik itu di bagi 4 yaitu Interpersonal Conflict, Intragroup Conflict, Intergroup Conflict, dan Interorganizational Conflict. Konflik yang muncul pada Aquaman ini sesuai dengan konsep Interpersonal Conflict dan Intergroup Conflict.

Interpersonal Conflict

Interpersonal Conflict yang muncul adalah karena adanya perbedaan pendapat antara King Orm yang ingin berselisih dengan manusia permukaan laut dan Arthur yang menginginkan adanya kedamaian antara makhluk bawah laut dan makhluk permukaan laut. Perbedaan tujuan dan nilai inilah yang membuat kedua nya berselisih faham sampai-sampai terjadi perang saudara antara keduanya untuk memperebutkan tahta kerajaan bawah laut.

Intergroup Conflict

Intergroup Conflict yang muncul adalah karena adanya perbedaan tujuan antar kerajaan-kerajaan bawah laut sampai akhirnya King Orm yang merupakan salah satu raja dari kerjaan bawah laut yaitu kerajaan Atlantis memaksa kerajaan-kerajaan lainnya untuk satu faham dengan dia untuk menyerang makhluk permukaan laut yang sampai akhirnya terjadilah perang saudara antar kerajaan-kerajaan bawah laut tersebut.

2. Sumber konflik yang ada di film Aquaman

Gambar 6. Konsep Sources of Conflict

Menurut buku JG Chapter 17, sumber konflik dibagi menjadi 6 bagian yaitu Different Goals and Time Horizons, Overlapping Authority, Tas Interdependencies, Different Evaluation or Reward Systems, Scarce Resources, dan Status Inconsistencies. Dan menurut analisis saya sumber konflik yang ada pada film Aquaman adalah Different Goals dan Overlapping Authority.

Different Goals 

Different Goals yang muncul adalah karena adanya perbedaan tujuan antar kerajaan-kerajaan yang ada di kehidupan bawah laut. Kerajaan Atlantis yang di pimpin oleh King Orm menginginkan perang antara makhluk bawah laut dan makhluk permukaan laut sampai-sampai dia sempat mengirimkan sinyal perang dengan mengembalikan semua sampah-sampah bawah laut ke permuakaan laut, sedangkan kerajaan lainnya tidak menginginkan apa yang di inginkan oleh King Orm. Kemudian terjadilah pemaksaan koalisi yang di lakukan oleh King Orm pada kerajaan-kerajaan bawah laut lainnya antara lain dengan melakukan pembunuhan pada salah satu raja kerajaan lain sampai menyerang markas kerajaan kepiting untuk merebut armada perang mereka.

Overlapping Authority

Overlapping Authority yang muncul adalah karena adanya 2 karakter yang di takdirkan menjadi penerus tahta kerajaan Atlantis. 2 karakter tersebut adalah King Orm yang merupakan putra dari raja sebelumnya dan Queen Atlanna, dan Arthur Curry yang merupakan putra dari buah cinta antara manusia permukaan laut (Thomas Curry) dan Queen Atlanna. Kedua karakter ini memiliki perbedaan pendapat, King Orm ingin berperang dengan manusia permukaan laut sedangkan Arthur yang ingin adanya kedamaian antara makhluk bawah laut dengna manusia permuakaan laut. Perbedaan antara 2 pemegang tahta kerajaan ini menimbulkan pertarung Ring of Fire untuk menentukan siapakan yang lebih pantas memimpin kerajaan Atlantis.

3. Strategi management konflik yang digunakan di film Aquaman dan solusi lainnya

Gambar 7. Konsep Conflict Management Strategies

Strategi management konflik sendiri terbagi menjadi 6 bagian yaitu Functional Conflict Resolution, Compromise, Collaboration, Accommodation, Avoidance, dan Competition. Strategi management konflik yang memang muncul di film Aquaman adalah Avoidance dan Competition. 

Avoidance 

Avoidance / penolakan terjadi ketika King Orm berkeras kepala untuk tetap berperang dengan manusia permuakaan laut dan tetap memaksa seluruh kerajaan yang ada di dasar laut untuk berkoalisi dengan nya menghadapi perang dengan manusia-manusia permukaan laut.

Competition

Competition ini terjadi antara King Orm dan Arthur dan memiliki perbedaan pendapat dan pandangan terhap makhluk dan kehidupan di permuakaan laut. Bukannya melakukan kolaborasi antar kedua pewaris kerajaan ini untuk menemukan solusi terbaik agar makhluk bawah laut dan manusia permuakaan bisa hidup berdampingan, tetapi kedua pewaris ini memilih tetap untuk berkopetisi merebutkan tahta tertinggi kerajaan agar tujuan dari masing-masing pewaris tahta ini bisa di jalankan.

Solusi strategi lain yang mungkin bisa di terapkan pada film Aquaman ini adalah strategi management konflik “Collaboration”. Menurut penulis strategi management konflik “Collaboration” adalah strategi yang tepat. Lebih baik King Orm dan Arthur yang memang dibesarkan di dua kondisi alam yang berbeda ini berkolaborasi untuk menemukan solusi agar makhluk bawah laut dan manusia permukaan laut bisa hidup berdampingkan dan bisa memberikan manfaat yang baik dari masing-masing kelompok makhluk bawah laut dan manusia permukaan laut ini. 

4. Jenis negosiasi

Jenis negosiasi yang di pakai di film Aquaman adalah Distributive Negotiation. Distributive Negoation adalah negoasi yang tepat yang memang di pakai di film Aquaman karena baik King Orm dan Arthur memutuskan tidak ingin bekerja sama dan tetap berpegang teguh pada tujuan masing-masing meskipun itu menimbulkan perang saudara antar keduanya.

5. Strategi-strategi politik yang digunakan di film Aquaman dan solusi lainnya

Gambar 8. Konsep Political Strategies for Exercising Power

Menurut buku JG Chapter 17 bahwa political strategies itu dibagi menjadi 4 yaitu Replying on Objective Information, Bringing in an Outside Expert, Controlling the Agenda, dan Making Everyone a Winner. Menurut penulis, dalam film Aquaman konsep Political Strategies ini tidak di terapkan namun penulis memiliki solusi untuk menerapkan konsep ini dalam film Aquaman. Konsep yang paling mungkin bisa dipakai pada film Aquaman adalah strategi politik “Bringing in an Outside Expert”. Konsep “Bringing in an Outside Expert” adalah konsep yang paling mungkin dipakai pada film Aquaman karena konsep ini menawarkan para pemegang tahta bawah laut yang memang dibesarkan di dua dunia yang berbeda yaitu Arthur dan King Orm untuk bertemu dengan masing-masing expert yang ada di masing-masing dunia nya. Arthur bisa membawa expert dari dunia permukaan laut untuk berbincang dengan para makhluk yang di bawah laut dan King Orm bisa membawa expert dari dunia bawah laut unutk berbincang dengan manusia-manusia yang ada di permuakaan laut. Tujuan dari mempertemukan antar kedua expert dengan masing-masing kelompok adalah untuk mencari solusi terbaik agar dunia bawah laut dan dunia permukaan laut bisa hidup dengan damai dan saling berkolaborasi untuk kebaikan keduanya.

Selain solusi-solusi pada konsep yang ada di buku JG chapter 17, solusi konsep yang ada di buku JG chapter 16 mengenai “Promoting Effective Communication” dan chapter 15 mengenai “Effective Groups and Teams” pun bisa di terapkan untuk film Aquaman.

Chapter 16 “Promoting Effective Communication

Sebagai seorang manager atau pemimpin bahkan seorang raja sekalipun harus memiliki skill sebagai penerima masukan dari para bawahan mereka.

Gambar 9. Konsep Communication Skills for Managers as Receiver

Seperti yang dijelaskan pada buku JG chapter 16 bahwa seorang manager atau pemimpin bahkan seorang raja sekalipun harus memiliki skill untuk mendengarkan aspirasi-aspirasi dari team dan bawahan mereka. Skill tersebut antara lain Pay Attention, Be a Good Listener, dan Be Empathetic. 

Pada film Aquaman seorang raja nya yaitu King Orm sama sekali tidak memiliki skill untuk mendengarkan aspirasi dari para team, bawahan, bahkan dari sekretarisnya sendiri. Hal inilah yang menjadikan King Orm mempunyai sikap keras kepala yang tetap ingin berperang dengan manusia permukaan laut dan memaksa mengajak kerajaan bawah laut lainnya untuk berkoalisi dengannya. Konsep pay attention, be a good listener, dan be empathetic adalah konsep yang paling tepat untuk menjadi solusi untuk King Orm karena apabila King Orm adalah seorang raja yang memiliki konsep pay attention, be a good listener, dan be empathetic sejak awal maka tidak akan mungkin terjadi perang saudara antara King Orm dan Arthur, dan perang saudara antara kerajaan-kerajaan yang ada di dunia bawah laut melainkan para kerajaan akan tetap hidup damai bahkan antara pemerintahan bawah laut dan pemerintahan permukaan bisa saja berkolaborasi untuk kebaikan antar kedua dunia yang berbeda tersebut.

Chapter 15 “Effective Groups and Teams”

Karena kurangnya kerja sama antara penduduk dunia bawah laut dan rajanya yaitu King Orm sampai-sampai timbulnya sikap otoriter dan keserakahan King Orm yang ingin menguasai sepenuhnya kerajaan bawah laut untuk menyerang dunia permukaan laut maka penulis memberikan solusi untuk film Aquaman memakai salah satu konsep yang ada pada buku JG Chapter 15 yaitu konsep “Groups and Teams Contribution to Organizational Effectiveness”.

Gambar 10. Konsep Groups and Teams Contribution to Organizational Effectiveness

Konsep Groups and Teams Contribution to Organizational Effectiveness adalah solusi konsep yang paling mungkin di pakai pada film Aquaman. Karena dalam film Aquaman sama sekali tidak di perlihatkan adanya kerjasama antara raja antar para pengikutnya yang pada akhirnya tidak pernah adanya kesepakatan bersama dan goals yang sama antar raja dan pengikutnya. Apabila konsep ini diterapkan maka King Orm selaku raja di kerajaan Atlantis dan para pengikutnya bisa saling berkolaborasi hingga ada nya peningkatan tanggung jawab dan peningkatan motivasi para pengikut King Orm. Pada film Aquaman King Orm hanya berbuat seenaknya tanpa adanya komunikasi yang baik dan saling ber kontribusi yang baik antara Raja dan para pengikutnya sehingga terjadilah perang saudara antara kerajaan.

Daftar Pustaka

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York. (JG) Chapter 15, Chapter 16, dan Chapter 17.

Penulis

Mohammad Hari Adipurna

NIM: 20/468969/NEK/00364

Kelas Pra-MBA UGM 77C Yogyakarta


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
hariadipurna

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format