John Wick : Konsekuensi Mengganggu Mantan Pembunuh Bayaran

John wick telah pensiun dari pekerjaan dan menjadi seorang yang legenda dan dia dituntut kembali ke kehidupan lamanya untuk menuntut keadilan


1
1 point

Sinopsis

Cerita dimulai dengan John wick yang terluka mengendarai mobil dengan menabrak pembatas jalan dan turun dari mobil dan menonton video istrinya yang telah meninggal. John wick adalah mantan pembunuh bayaran yang melegenda dan pensiun dari pekerjaannya demi istrinya, akan tetapi istrinya meninggal dunia dikarenakan sakit. Istri John wick sebelum meninggal dunia telah mengirimkan anjing peliharaan kepada john wick yang dikirimkan oleh jasa pengirim setelah istrinya meninggal. Anjing ini sangat penurut dan selalu menemani aktivitas jhon dirumah serta selalu membangunkan jhon setiap pagi dan selalu makan makanan yang sama setiap harinya. Ketika john sedang berkendara di luar dan mengisi bensin jhon bertemu dengan seseorang yang yang menawar mobil kesayangan john untuk di beli kan tetapi jhon bilang bahwa ini tidak dijual. Orang tersebut lalu berbicara dengan bahasa rusia bahwa untuk mengejek jhon akan tetapi jhon yang mengerti bahasa rusia juga membalas nya dengan kata-kata keras sampai dengan pengawal orang tersebut melerai dan membiarkan jhon pergi.

Gambar 1. John mengangkat anjing peninggalan istrinya

Ketika John sedang tidur di rumahnya tiba-tiba anjingnya menggonggong dan pergi keluar, ketika Jhon mengikutinya keluar Jhon dipukul dengan keras dan barang-barang rumahnya dihancurkan oleh sekelompok orang dan ternyata adalah orang yang menawar mobil Jhon. Orang tersebut menghancurkan barang-barang dan membunuh anjing kesayangan John yang dimana adalah titipan atau harta terakhir dari istrinya yang sangat ia sayangi. Anjing Jhon dibunuh didepan matanya sendiri dan sekelompok orang tersebut mengambil kunci mobil dan pergi bersama mobil kesayangan Jhon. John telah sadar kembali dan pergi ketempat yang ia tahu mobil itu akan dibawa kemana, yaitu tempat teman Jhon. Dari teman John, John tau siapa dan dimana orang tersebut berada. Jhon yang telah pensiun di pekerjaannya dituntut untuk kembali dan membalaskan dendamnya bagi orang yang telah mengganggu kehidupannya.

Iosif adalah orang yang datang mengganggu dan mengambil mobil kesayangan John dan ternyata dia adalah anak dari Viggo bos mafia besar yang pernah bekerjasama dengan Jhon. Viggo yang tau anaknya akan mendapat masalah besar karena menggangu John ia memanggil Iosef dan memukulnya. Viggo mengatakan dia tidak masalah dengan kelakuan anaknya tetapi dia bermasalah dengan siapa ia melakukannya. Viggo menjelaskan bahwa John wick adalah orang yang memiliki fokus yang tinggi, motivasi yang tinggi dan dedikasi yang tinggi dan mampu mengerjakan tugas yang semua orang tidak bisa mengerjakan tugas tersebut dan Jhon juga pernah membunuh tiga orang dengan sebuah pensil. Mengetahui anaknya bakal didatangi oleh john untuk membalas dendam Viggo memilih untuk menyerang rumah John duluan. Jhon yang dirumah yang sudah bersiap untuk mengejar Iosef tau bahwa rumahnya akan diserang oleh tentara bayaran. Jhon yang sudah siap dan memiliki kemampuan yang handal dapat menghabisi semua tentara bayaran yang dikirim dengan mudah. John berfikir bahwa rumahnya sudah tidak aman lagi jhon memilih pergi ke hotel untuk mencari kamar. Hotel ini adalah hotel continental yang memiliki aturan utama untuk para semua pembunuh bahwa tidak boleh melakukan pekerjaan pembunuhan di hotel tersebut karena dinilai dengan tempat yang netral.

Jhon yang datang ke hotel bertemu dengan perkins yang sesama pembunuh di lobi hotel. Setelah beristirahat john wick bersiap dan berangkat mencari informasi dimana Iosef berada untuk membalaskan dendamnya. Jhon yang tau dimana teman Iosef pergi, jhon menghampirinya dan membunuh semua para pengawalnya dan menghajar teman Iosef agar mengatakan dimana Iosef berada. Setelah Jhon tau keberadaan Iosef John pergi dan menuju ke sana akan tetapi ternyata Iosef yang sedang berpesta tau bahwa akan ada Jhon datang tapi tetap tenang karena dilindungi oleh banyak pengawalnya. Jhon yang datang dan menyelinap datang membunuh satu persatu para pengawal Iosef, Iosef yang takut lalu melarikan diri. Jhon yang masil melawan para pengawal kesusahan untuk melumpuhkan kepala pengawal dan sempat di jatuhkan dari lantai dua. Jhon yang kewalahan pun pergi karena Iosef juga sudah kabur dari tempat itu. Jhon yang Terluka pulang ke hotel dan mendapatkan perawatan dari media hotel yang biasa menangani para pembunuh bayaran yang terluka. Setelah selesai Jhon beristirahat dikamarnya. Dari seberang gedung hotel ternyata ada sahabat Jhon yang telah bersiap dengan snipernya untuk membidik tepat di kepala Jhon. Ketika marcus sang sniper membidik Jhon dia melihat ada orang lain masuk kedalam kamar Jhon dan marcus menembak sisi bantal Jhon untuk memberitahu bahwa ada yang datang berarti marcus membantu Jhon agar tau ada yang datang kepadanya. Ternyata yang datang adalah Parkins yang dibayar dua kali lipat untuk membunuh John di hotel continental yang tidak boleh ada pekerjaan pembunuhan disana. Jhon pun dapat melumpuhkan perkins dan memberikannya ke tetangga kamar supaya di sekap. 

Gambar 2. John yang menghabisi semua pengawal Iosef

Jhon yang tidak kehabisan ide pun datang ke tempat penyimpanan harta milik Viggo yang berada di bawah gereja. Setelah datang dan menemukan tempat penyimpanan tersebut Jhon membakar semua yang ada di dalam tempat penyimpanan tersebut. Pembakaran tempat penyimpanan harta tersebut agar untuk memancing Viggo keluar dan menanyakan keberadaan persembunyian Iosef berada dimana. Dan benar saja Viggo datang dengan pengawalnya dan Jhon mulai membabi buta membunuh semua pengawal Viggo akan tetapi Viggo yang dilindungi oleh para pengawal sempat untuk melarikan diri, akan tetapi tetap terkejar oleh Jhon dan Viggopun memberitahu kan tempat persembunyian Iosef anak Nya. Jhon pun langsung menuju tempat persembunyiian dan membunuh para seniper yang telah siap dan para pengawal didekat Iosef lalu akhirnya Jhon dapat membalaskan dendemnya dengan membnuh Iosef. 

Viggo yang mendapatkan informasi dari perkins bahwa sahabat Jhon yaitu marcus telah membantu Jhon, anak buah viggo datang dan membunuh marcus. Viggo yang telah membunuh marcus mengucapkan selamat karena telah membunuh anak nya dan memberikabar bahawa dia telah membunuh sahabat nya. Jhon yang marah dan mendapat informasi keberadaan Viggo pun langsung mengejar. Jhon yang mengejar Viggo Pun dapat melumpuhkan mobil pengawal Viggo dan mobil Viggo. Dan akhir cerita Viggo pun juga terbunuh oleh John wick. 

Manajemen Konlik

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Pada film ini konflik yang terjadi adalah karena Iosef anak dari Viggo yg adalah seorang bos mafia besar yang menganggu kehidupan Jhonwick mantan seorang pembunuh bayaran yang melegenda dengan mencuri mobil kesayangan john dan membunuh anjing pelihaaran john yang diberikan oleh istri kesayangannya. John yang memiliki fokus, motivasi dan dedikasi yang tinggi datang kembali kekehidupan lamanya untuk membalaskan dendam kepada orang yang telah menganggu hidupnya.

Tipe konflik yang terjadi adalah interpersonal konflik, karena yang berkonflik adalah antar hubungan orang dengan orang sehingga bukan konflik orang dengan suatu kubu atau organisasi karena yang bermasalah adalah Iosef dengan John wick. Sehingga kubu dari Viggo sebagai bapaknya membantu Iosef untuk menyelesaikan masalah.walaupun begitu yang menjadi konlik utamanya adalah john wick dengan Iosef yang telah mengagnggu kehidupan pribadinya yang menyebabkan terjadinya pembalasan dendam oleh john wick. Strategi manajemen konflik yang terjadi pada film ini adalah dengan melakukan kompromi kepada pembuat masalah karena tiap pihak akan menerima atau memberi solusi dari konflik yang sedang terjadi. John memiliki strategi konfik yang terjadi pada dirinya dengan membalaskan dendam yang terjadi karena dia telah di ganggu oleh Iosef. Cara ini kedua pihak berusaha untuk menemukan solusi paling baik bagi keduanya yang dapat menyelesaikan konflik mereka yang pertama dengan meningkatkan kesadaran terhadap sumber konflik bahwasanya Iosef salah dan harus menerima konsekuensinya.  

NEGOSIASI

Negosiasi adalah bagian dari teknik resolusi konflik yang penting untuk menghadapi konflik yang mana pihak-pihak yang berkonflik memiliki tingkat kekuasaan/posisi yang setara. Mediator : negasiator pihak ketiga yang berperan dalam memfasilitasi proses negosiasiyang efektif diantara dua pihak berselisih. Pada cerita ini john tidak bisa donegosiasi karena nyawa di balas nya, sehingga sebelum membalas Iosef barang siapa yang menghalanginya John maka juga akan dihabisi sampai dengan Iosef mati di balas oleh john. Ayah Iosef yakni Viggo berusaha menjadi mediator atau negosiator masalah yang terjadi pada Iosek anaknya dengan John, akan tetapi John sendiri tidak menanggapi negosiasi yang diajukan oleh Viggo ayah Iosef sehingga akhir nya Viggo ikut campu permasalahan ini dengan mengirimpasukan pembunuh sebelum John melakukan aksinya.

Tipe negosiasi yang terjadi adalah Integrative Bargaining yakni kedua pihak merasa apabila mereka bisa meningkatkan porsi bagian atas sumber daya dengan cara memunculkan solusi yang kreatif untuk penyelesaikan konflik. Sehingga antar pihak saling bersaing untuk membunuh duluan agar tidak diganggu lagi dan juga untuk membalaskan dendam

Politik Organisasi

Politik organisasi merupakan kegiatan manager yang terlibat untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakan kekuasaan secara efecktif untuk mencapai tujuan atau mengatasi perlawanan atau oposisi. Strategi politik merupakan taktik khusus yang digunakan untuk meingkatkan kekuatan dan menggunakannya secara efektif untuk mempengaruhi dan mendapatkan dukungan orang lain sambil mengatasi perlawanan.

Dalam film ini viggo memiliki politik organisasi yang baik dan dia melakukan Generating Resources yakni dengan Mempekerjakan orang yang terampil untuk melakukan tugas dari viggo untuk membunuh john dengan menggunakan sahabat nya yang dituntut loyalitasnya oleh viggo dan seorang pembunuh bayaran yang ada di hotel yang sama dengan john dan mau untuk melaggar aturan dari hotel continental untu tidak membunuh di tempat netral. Selain itu viggo juga menggunakan strategi Building Alliances atau membangun Aliansi yakni dengan Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain di dalam dan di luar organisasi seperti kerjasama dengan pihak lain untuk menganggu dan membantu melumpuhkan john dengan mengajak pembunuh lain untuk bergabung dan mengajak sahat john untuk bergabung jika tidak mereka juga akan terkena masalah dengan Viggo

PERENCANAAN DAN STRATEGI

Perencanaan adalah proses yang digunakan manajer untuk mengidentifikasi dan memilih tujuan dan tindakan yang tepat bagi organisasi.  Pada cerita ini john yang sangat terlatih dan biasamelakukan tugasnya dengan baik dan bisa menyelesaikan tugas-tugas yang tak mungkin diselesaikan pun memiliki perencanaan dan strategi yang baik untuk melakukan tugas nya kali ini. 

Pada perencanaanya john yang terlatih sudah mengerti langkah-langkah yang dia harus persiapkan dan lakukan untuk melakukan tugasnya tersebut. Seperti pada teori perenanaan john orang yang memiliki fokus yang tinggi, motivasi yang tinggi dan dedikasi yang tinggi membuat perencaannya dengan rapi. Mulai dari penentuan tujuan dari apa yang akan dilakukan oleh john, strategi apa yang baik dipilih untuk melakukan tugas tersebut, dan pemilihan pengimpletasian dari rencana tersebut.

MOTIVATION AND PERFORMANCE

Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan psikologis yang menentukan arah perilaku seseorang dalam suatu organisasi, tingkat usaha seseorang, dan tingkat ketekunan seseorang dalam menghadapi rintangan. Motivasi dapat berasal dari sumber intrinsik atau ekstrinsik. Dalam cerita john wick ini motivasi dari dia melakukan hal ini adalah karena motivasi ekstrinsik yang timbul dari luar dirinya dan dia termotivasi harus melakukannya. Motivasinya adalah karena Iosef yang merusak mobil dan membunuh anjing nya sangat menggau hidup john sehingga john ingin membalaskan dendamnya karena apa yang telah dilakukan oleh Iosef kepadanya. 

Pada teori harapan menyatakan bahwa motivasi yang tinggi dihasilkan ketika pekerja percaya bahwa kerja keras akan menghasilkan kinerja tinggi dan mengarah pada pencapaian manfaat yang diinginkan. Teori harapan berfokus pada tiga hal : masukan, kinerja, dan manfaat. Teori harapan mengidentifikasi tiga faktor utama yang menentukan  motivasi seseorang: harapan, perantaraan, dan valensi.  John pada cerita ini digambarkan sangat memiliki motivasi yang tinggi dan dedikasi yang tinggi.  John memiliki effort yang tinggi untuk melakukan semua tugas tugasnya. Dengan effort yang tinggi ini sehingga menghasilkan kinerja yang tinggi juga pada saat melakukan tugas – tugasnya. Dengan kinerja yang tinggi juga menghasilkan outcome yang tinggi dan sesuai dengan yang diinginkan. 

Need Theories Dasar teori kebutuhan adalah bahwa orang termotivasi untuk memperoleh  manfaat di tempat kerja yang akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam cerita ini john dapat digambarkan pada teori maslow adalah pada tingkatan Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization), yaitu kebutuhan atau keinginan seseorang untuk memenuhi ambisi pribadinya. Kebutuhan ini  merupakan kebutuhan tertinggi menurut Maslow. Dimana john memiliki ambisi yang besar pada dirinya sehingga ketika melakukan tugas- tugas nya dapat dikerjakan dengan baik. Ambisi ini ada dan sangat besar yang terddapat dalam diri john karena merasa sangat di ganggu dan di sakiti dengan mengambil semua kesayangan milik john yang dimana john sebelum nya tidak memiliki hubungan apapun dengan Iosef akan tetapi Iosef berani sekali menganggu john dan merenggut semuanya dari john.

Equity Theory mengemukakan bahwa orang akan merasa puas atau tidak puas, tergantung pada ada atau tidaknya keadilan dalam suatu situasi, khususnya situasi kerja.  Dalam situasi yang dihapi oleh john adalah siatuasi ketidakadilan Inequity karena john merasa tidak adil, kenapa orang dapat menganggu kehidupan nya sehingga john ingin melakukan keseimbangan ketika keadilan tidak terjadi dengan cara membalaskan dendam nya kepada Iosef yang melakukan ketidak adilan kepadanya.

Goal Setting Theory berfokus dalam hal memotivasi pekerja untuk memberikan masukan  terhadap pekerjaan dan organisasi mereka. John memiliki goal yang jelas karena ketidakadilan yang terjadi pada dirinya yaitu hal buruk yang dilakukan oleh Iosef john memiliki Goal yaitu membalaskan dendamnya terhadap Iosef. Sehingga john memiliki motivasi yang kuat sekali dari goal tersebut, dengan motivasi yang kuat ini menghasilkan john yang melakukan tugas nya dengan tanpa rasa takut sama sekali sehingga sampai tidak ada yang bisa menghalangi keinginan john untuk mendapatkan goal itu. Semua orang yang menghalangi untuk mendapatkan goal yang diinginkan john maka akan berhadapan langsung dengan john yang tak punya rasa ampun terhadap musuh-musuhnya. 

https://www.youtube.com/watch?v=rGbX3Ib4Jvw

Oleh : Ibrahim Aufa

REFERENSI :

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Ibrahim

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format