Kemanapun Engkau pergi. Masa lalu Akan selalu mengejarmu. Sebuah perspektif Ekonomi dari Film Sadis “The Night Comes For Us”

Menganalisa film super keren joe taslim dan eko uwais dari perspektif bisnis dan manajemen. The night comes for us akan membuat anda terkejut. Ssst..film in NSFW ya


1
1 point

Sinopsis Film The Night Comes for Us

Di awal film ini kita akan diceritakan dengan singkat soal Six Seas sebuah kelompok yang dibentuk oleh TRIAD asia tenggara. Mereka adalah delegasi elite dengan kemampuan bertarung yang super hebat,terdiri atas enam orang misterius yang dibentuk dengan dalih menjaga “keamanan” dan “ketertiban” untuk para Triad, mafia Tiongkok.  Setelahnya kamera langsung diarahkan kepada seorang anak kecil bernama Reina, disebuah pantai menjelang senja,dengan kondisi desa yang hangus terbakar . Kedua orang tua anak itu dibunuh oleh pria bernama Ito,namun Ito menolak untuk membunuh Reina dan memilih untuk menyelamatkannya.

wherever i look.com: Reina di film the night comes for us

Ito kabur dengan anak tersebut ke sebuah rumah milik temannya bernama Shinta,disana ia juga bertemu dengan kawan lama bernama Fatih, Ito meminta bantuan kepada Fatih untuk memberikannya uang agar ia bisa kabur dengan Reina. Namun Fatih menolak dengan alasan Triad akan membunuh mereka, disini Fatih memperkenalkan Wisnu sepupunya,dan seorang teman lama mereka Bobby. Ito sempat bersitegang dengan Bobby karena alasan masa lalu.

Selanjutnya kita diperkenalkan dengan Arian,seorang anggota Six seas lainnya yang sekaligus teman Ito. Arian berada di Tiongkok untuk menjaga keamanan anggota Triad. Disini Arian berkelahi dengan seorang mafia Tiongkok yang hendak melecehkan seorang wanita, Tanpa susah payah Arian menghabisi semua anggota mafia Tiongkok tersebut. Lalu Arian mendapat sebuah panggilan Telepon dari seorang pria bernama Chien Wu yang menyuruhnya untuk balik ke Indonesia dikarenakan adanya pemberontakan di dalam Sixseas yang dilakukan oleh Ito. Arian diperintahkan untuk menangkap Ito dengan imbalan dia bisa menguasai bisnis yang ada di Jakarta. Kembali ke geng Ito. Fatih memberitahukan Ito bahwa yang menyimpan uang milik Ito adalah Yohan, teman lama mereka yang telah berkhianat. Yohan menjual Narkoba dengan dalih toko daging. Ito langsung menjumpai Yohan di toko dagingnya, disana mereka bertarung, Ito kewalahan melawan anak buah Yohan. Tetapi dia berhasil memenangkan pertarungan. Namun bukannya memperoleh uang,Ito malah mendapatkan permasalahan yang lain karena ternyata Yohan melaporkan keberadaan Ito kepada Triad. Disisi lain geng Ito yang berada disebuah apartemen juga diserbu oleh anak buah Triad. Akibat serbuan ini Bobby kehilangan nyawanya,ia dibunuh oleh anggota sixseas wanita bernama Elena dan Wisnu juga mati dibunuh oleh Alma anggota sixseas wanita lainnya, saat Fatih juga hampir dibunuh oleh Alma,tanpa di duga Arian datang menyelamat kan Fatih,di sini Arian ternyata ragu apakah ia memilih kawan-kawannya atau tetap mengabdi kepada Triad. Kemudian Arian membiarkan Fatih dan Reina untuk kabur. Namun sayangnya ditengah misi untuk kabur,mobil mereka di tembak oleh anggota Triad yang menyebabkan Fatih terbunuh. Saat anak buah Triad mencoba menangkap Reina,datang seorang perempuan yang menembaki anak-anak buah Triad,lalu ia pergi.

kungfukingdom.com: The Operator di film the night comes for us

Ito yang tertangkap oleh anak buah Arian berhasil kabur dengan cara meledakkan mobil tahanan,lalu pergi ke Apartemen untuk melihat keadaan kawan-kawannya dan ia menemukan Reina disana,tidak jauh dari baseman. Lalu Ito membawa Reina kesebuah rumah,disana mereka berbicara hangat untuk pertama kalinya. Kemudian scane berpindah ke Arian yang dipanggil menjumpai Chien Wu,ia diminta untuk menjelaskan apa maksud dirinya menyerang Alma. Disini tampak kalau ternyata Arian masih peduli dengan teman-teman lama nya. Di Rumahnya tersebut Ito didatangi oleh perempuan misterius yang menembaki anak-anak buah Triad,mereka sempat bertarung,namun Ito kalah. Saat perempuan tersebut menodong Ito dengan senjata, Reina datang sambil menangis memohon kepada perempuan tersebut untuk tidak menembak Ito. Perempuan tersebut kemudian bertanya apakah dia adalah Ito,Ito kemudian menjelaskan masa lalunya saat masih menjadi anggota six seas selama 3 tahun,ia bercerita kalau ia sudah banyak melakukan pembunuhan dan pembantaian saat ia menjadi anggota six seas. Sampai  suatu saat ia bertemu dengan seorang anak perempuan bernama Reina,ia merasa kalau dengan menyelamatkan Reina,kejahatannya di masa lalu  dapat diampuni dan takdirnya dapat diubah. Selanjutnya kita dibawa Flashback ke kehidupan Ito,Arian dan kawan-kawannya dimasa lalu, di sini kita diperlihatkan pertama sekali mereka berurusan dengan Triad. Berpindah ke masa kini, Arian menelpon Ito dan mengatakan kalau Ito harus bersiap-siap untuk menghadapi serangan. Ito kembali berbicara dengan perempuan misterius,disini perempuan tersebut menjelaskan kalau ia mempunyai sebutan The Operator,ia diutus untuk membunuh anggota-anggota six seas dan seseorang dengan kode Old Tiger,namun karena Ito bukan lagi anggota dari sixseas,ia tidak jadi membunuh Ito,tetapi Ito malah meminta bantuannya untuk melindungi Reina.

Ito pergi ke pelabuhan untuk menjumpai Arian,disini ia diserbu dengan anak-anak buah Arian. Dengan ketangguhannya Ito berhasil menghabisi seluruh anak-anak buah Arian. Disisi  lain The Operator berhadapan dengan duet Elena dan Alma,walaupun menghadapi 2 orang sekaligus,the Operator berhasil memenangkan pertarungan. Tidak sampai disitu The Operator diserbu oleh anak-anak buah Triad lainnya, dan ia berhasil mengalahkan mereka. Scane berpindah lagi kepada Ito,disini ia berhasil bertemu Arian. Mereka berbicara,dan Arian mengatakan kalau ternyata ia sangat ingin menjadi anggota Six Seas dan ia siap membunuh Ito untuk mencapai tujuannya tersebut. Lalu mereka pun bertarung habis-habisan,walaupun di awal pertarungan Ito sempat hampir mengalami kekalahan namun pada akhirnya Ito berhasil mengalahkan Arian,namun ia menolak untuk membunuh Arian. Namun sayangnya karena Arian gagal membunuh Ito, ia dibunuh oleh anak buah Chien Wu. The Operator yang berhasil kabur dengan Reina,pergi ke pelabuhan untuk menjumpai Ito. Saat Reina bertemu dengan Ito,Ito malah menyuruh Reina kabur menggunakan kapal sendirian,ini dikarenakan kalau Reina tidak akan aman jika terus bersama Ito, sambil menangis Reina pergi meninggalkan Ito. Ito yang sendirian kembali didatangi oleh Chien Wu dan anak-anak buahnya. Sambil berteriak Ito melaju mobilnya dan film pun selesai.

theglobeandmail.com: Ito dan Arian di film the night comes for us



Semua Sumber Kekacauan Ini berasal dari Permasalahan Yang Ada dalam Diri Seorang Ito.

Di dalam film diperlihatkan bahwa kawan-kawan Ito menyalahlan Ito atas seluruh permasalahan yang terjadi pada mereka, Ito yang memulai segalanya dengan memutuskan untuk bergabung dengan Six Seas, hal tersebut juga yang membuat Arian merasa kalau Ito adalah panutannya untuk bisa bergabung menjadi anggota Six Seas. Konflik Internal pun yang terjadi setelah Ito memutuskan pergi meninggalkan teman-temannya. Ditambah lagi dengan sikap Bobby yang sewenag-wenang mengambil keputusan untuk berdagang Narkoba,yang menyebabkan Triad mengerjar mereka

Jika dilihat dari sudut pandang manajemen,konflik memang dapat timbul dari dalam diri internal sebuah Organisasi.

Buku Contemporary Management

  • Konflik Interpersonal: konflik antar individu anggota organisasi, terjadi karena perbedaan tujuan atau nilai mereka.  Didalam Film terlihat jika Bobby ingin agar bisnis yang mereka kerjakan dapat berkembang,dengan cara memotong jalur distribusi Narkoba milik Triad,namun cara Bobby ini dianggap berbahaya oleh Ito karena bisa mengancam keselamatan kawan-kawannya
  • Konflik Intragroup: Konflik yang muncul di dalam grup, tim, atau departemen. Walaupun sikap Bobby ini ditentang oleh Ito,namun Arian mengatakan kalau Bobby ada benarnya  juga,Arian berpendapat kalau mereka ingin berkembang, Triad harus berani dikalahkan. Perbedaan,disini lain Fatih tidak memihak kepada siapa-siapa,ia memilih menenangkan Bobby. Sedangkan Anggota team lainnya tampak setuju dengan tindakan yang dibuat oleh Bobby. Terbentuklah 2 kelompok yang memiliki perbedaan pendapat yang dapat memunculkan konflik.

Ada beberapa cara manajemen menangani konflik yang terjadi

  1. kompromi: Sebuah cara mengelola konflik di mana masing-masing pihak prihatin tidak hanya pencapaian tujuannya sendiri, tetapi juga pencapaian tujuan dari pihak lain dan bersedia untuk terlibat dalam memberi dan- mengambil pertukaran dan membuat konsesi.
  2. kolaborasi: Sebuah cara mengelola konflik di mana kedua belah pihak berusaha untuk memuaskan tujuan mereka dengan menghasilkan pendekatan yang memberikan mereka opsi yang lebih baik dan tidak membutuhkan konsesi pada masalah itu apakah penting bagi salah satu pihak.
  3. Akomodasi :Penanganan konflik pendekatan di mana satu pihak, biasanya dengan kekuatan yang lebih lemah, menyerah pada tuntutan orang lain, biasanya pihak yang lebih kuat.
  4. Penghindaran :Sebuah penanganan konflik pendekatan di mana para pihak coba abaikan masalah dan tidak melakukan apa pun untuk menyelesaikan masalah mereka. 
  5. Kompetisi : penanganan konflik pendekatan di mana masing-masing pihak berusaha memaksimalkannya keuntungan mereka sendiri,dan tidak memperdulikan perkataan orang lain.

Bisa dikatakan bahwa Ito sebagai pemimpin sekaligus abang bagi rekan-rekannya memilih untuk menghindari dan kabur dari konflik yang terjadi di dalam team nya,ia malah memilih bergabung dengan Six seas. Berbeda dengan Yohan,ia malah melakukan penghianatan dan memilih melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan Triad,membawa kabur seluruh uang yang dimiliki oleh team. Arian memilih berkompetisi dengan dengan Ito agar dapat menggantikan posisi Ito di dalam Six seas. Sedangkan Fatif dan Bobby memilih berkolaborasi agar dapat bertahan hidup.

Ito Kembali Ke Team dan Bernegosiasi Agar Mau Membantunya.

Saat Ito memilih untuk membawa kabur Reina dan melakukan penghiatan terhadap Triad,rumah yang ia datangi adalah rumah seorang perempuan,kawan lama Ito. Perempaun tersebut sempat marah kepada Ito karena Ito meninggalkannya, Mengatahui keberadaan Ito, Fatih dan Wisnu datang menjumpai Ito untuk melihat kondisinya. Dengan kondisi yang tidak memiliki apa-apa dan dibawah pengejaran Triad,Ito bernegosiasi agar teman-temannya mau membantunya,agar ia mendapatkan uang dan paspor baru,agar dapat kabur dari kejaran Triad.

Negosiasi adalah teknik resolusi konflik yang sangat penting untuk manajer dan anggota organisasi lainnya dalam situasi di mana para pihak konflik memiliki tingkat kekuatan yang kira-kira sama. Selama negosiasi pihak-pihak yang berkonflik mencoba mencari solusi yang dapat diterima oleh mereka sendiri dengan mempertimbangkan berbagai cara alternatif untuk mengalokasikan sumber daya satu sama lain.

Tipe negosiasi yang digunakan oleh kelompok ito adalah Integrative Bergaining, dimana para pihak merasa bahwa mereka mungkin bisa,Meningkatkan sumber daya dengan mencoba menghasilkan solusi kreatif untuk terhadap sebuah konflik. Mereka tidak memandang konflik secara kompetitif sebagai situasi menang-atau-kalah. sebaliknya, mereka melihatnya secara kooperatif, sebagai situasi win-win di mana kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan.

Sedangkan tipe negosiasi yang digunakan didalam kelompok Chien Wu adalah Distributive negotiation, dimana setiap orang/kelompok ingin mendapatkan bagian terbesar dari sumber daya. pihak-pihak melihat tidak perlu berinteraksi satu sama lain di masa depan dan tidak peduli jika hubungan interpersonal mereka rusak atau hancur oleh negosiasi kompetitif. Dalam negosiasi distributif, konflik adalah ditangani oleh kompetisi. Didalam kelompok ini yang ada hanyalah kepentingan pribadi, mereka dibentuk memang untuk menghilangkan permasalahan yang dihadapi oleh Triad. Dengan dijanjikan kekuasaan dan uang.

Orang yang berada dalam konflik mungkin tidak bisa menahan godaan untuk fokus pada kekurangan dan kelemahan pihak lain, dengan demikian mempersonalisasi konflik. Alih-alih menyerang masalah, pihak-pihak yang berkonflik menyerang satu sama lain. fokus pada masalah atau pada sumber konflik dan hindari godaan untuk mendiskreditkan satu sama lain.

BOO!!.Wordpress.com:The Night Comes For Us

Walaupun masih menyimpan rasa marah terhadap  ito,ternyata kawan-kawan Ito masih peduli terhadap masalah yang menimpa Ito. Mereka pun setuju untuk membantu Ito. Untuk memperoleh Uang Ito harus menjumpai Yohan,disini Fatih memberikan informasi kepada Ito tentang keberadaan Yohan. Sedangkan Wisnu yang merupakan sepupu dari Fatih membantu Ito membuatkan Paspor baru.  FOCUSING ON THE PROBLEM, NOT THE PEOPLE.

Politik Yang Diciptakan Chien Wu Untuk Memecah Belah Ito dan Teman-Temannya.

Saat Arian bertanya mengapa Chien Wu memilih dirinya untuk menyelesaikan permasalahan yang dibuat oleh Ito. Chien Wu mengatakan kalau ia sengaja menciptakan kekacauan agar saat para petinggi-petinggi Triad datang ke Indonesia,mereka melihat ada kekacauan yang terjadi sehingga Chien Wu dapat memanfaatkan momen kekacauan terebut. Ia mengetahui kalau Ito dan Arian adalah kawan dekat,maka dari itu ia igin mengadu domba mereka agar mereka saling membunuh. Chien Wu menggunakan strategi politik dengan kekuasaan yang ia miliki Making one self Irreplaceable,mendapatkan kekuatan saat mereka memiliki nilaipengetahuan dan keahlian yang memungkinkan mereka melakukan aktivitas yang tidak dapat ditangani oleh orang lain. Posisinya sebagai kaki tangan langsung para petinggi Triad membuatnya mampu menyusun rencana tersebut.

Seorang Manajer yang terampil secara politik tidak hanya memahami, dan dapat menggunakan strategi untuk meningkat kekuatan mereka; mereka juga menghargai strategi untuk menggunakan kekuatan mereka. Strategi ini umumnya fokus pada bagaimana manajer dapat menggunakan kekuasaan mereka secara tidak mencolok. Saat manajer menggunakan
kekuasaan diam-diam, anggota lain dari suatu organisasi mungkin tidak menyadari bahwa manajer menggunakan kekuatan mereka untuk memengaruhi mereka. mereka percaya bahwa mereka melakukannya adalah untuk kepentingan terbaik mereka, atau karena mereka percaya posisi atau keputusan yang dianjurkan oleh manajer adalah sah atau pantas. Penggunaan kekuasaan yang tidak mencolok mungkin terdengar licik, tetapi manajer biasanya menggunakan strategi ini untuk membawa perubahan dan mencapai tujuan organisasi.

Buku Contemporary Management






Ito dan Chien Wu Sama-Sama Memiliki Mesin Pembunuh Yang Sadis .

Jika kita memperhatikan lebih luas tentang tokoh Ito dan Chien Wu,mereka sama-sama memiliki sebuah kesamaan,yaitu ada orang-orang disekitar mereka yang setia untuk bertarung habis-habisan. Bisa dikatakan kalau kedua sosok ini memiliki sebuah kelebihan yaitu mampu mengarahkan team nya untuk mencapai tujuan mereka. Hal ini bisa kita kaitkan dengan sebuah teori dalam manajemen yaitu, mencapaai efektifitas team dan group.

Group Leadership

Kepemimpinan yang efektik adalah unsur utama dalam kelompok, tim, dan organisasi. Terkadang manajer mengambil peran kepemimpinan dalam kelompok dan tim, seperti halnya di banyak komando kelompok dan tim manajemen puncak. Atau seorang manajer dapat menunjuk seorang anggota grup yang ada bukan manajer untuk menjadi pemimpin atau ketua kelompok,seperti Chien Wu yang ditunjuk oleh para petinggi Triad untuk menjadi pengendali bisnis mereka. Dalam kasus lain, anggota kelompok atau tim dapat memilih pemimpin mereka sendiri seperti Ito yang dianggap pemimpin karena sudah menjadi abang bagi kawan-kawannya, atau pemimpin mungkin muncul secara alami saat anggota kelompok bekerja sama untuk mencapai tujuan kelompok.

Jika dapat dipetakan kira-kira beginilah Struktur kelompok yang di pimpin oleh Ito dan Chien Wu.

Kelompok Ito dan Chien Wu dalam film The Night Comes For Us


Ito memimpin Bobby dan Fatih,yang sekaligus Wisnu yang merupakan sepupu dari Fatih. Mereka dibawah kepemimpinan Ito yang dianggap mereka merupakan sebuah sosok yang harus mereka lindungi. Chien Wu membawahi Elana dan Alma yang tergabung dalam kelompok yang bernama Lotus. Arian dan Yohan merupakan orang yang bekerja untuk Chien Wu karena dijanjikan mendapatkan kekuasaan. Semua tim memerlukan sosok pemimpin.

Norma Grup Yang Dianut

Semua pemimpin perlu mengontrol perilaku anggotanya untuk memastikan bahwa grup berkinerja pada tingkat tinggi dan memenuhi tujuannya. Menetapkan peran untuk setiap anggota grup adalah salah satu cara untuk mengontrol perilaku kelompok. Cara penting lain di mana kelompok mempengaruhi perilaku anggota adalah melalui pengembangan dan penegakan norma kelompok. Norma kelompok adalah pedoman atau aturan bersama untuk yang diikuti sebagian besar anggota kelompok. Manajer harus mendorong anggota kelompok untuk mengembangkan norma yang berkontribusi pada kelompok kinerja dan pencapaian tujuan kelompok.

Norma yang dianut oleh Ito dan teman-temannya adalah jangan pernah meninggalkan teman bagaimana pun kondisinya,bertindaklah hati-hati dan jangan sampai teman celaka karena perbuatan pribadi. Sangat kental konsep kekeluargaan dalam kelompok Ito,sifat kekeluargaan inilah yang membuat mereka mau menerima Ito meskipun Ito pernah meninggalkan mereka dan memilih bergabung dengan Six seas. Sikap Ito yang seperti menjadi abang bagi teman-temannya melahirkan sebuah norma yang dianut oleh kelompoknya,yaitu norma kekeluargaan.

Berbeda dengan kelompok Chien Wu. Sejak awal mereka bekerja memang karena ingin memperoleh keuntungan pribadi. Chien Wu sendiri murupakan kaki tangan para petinggi Triad yang mempunya harta dan kekuasaan, Six seas dan Lotus memang diciptakan untuk melindungi para petinggi-petinggi Triad ini. Didalam kelompok Chien Wu menganut norma,yang lemah akan digantikan dan dimusnahkan,tidak ada teman dalam kelompok ini,yang ada hanyalah rekan bisnis dan rekan bekerja.

Memotivasi Anggota Grup Untuk Mencapai Tujuan Organisasi

Ketika pekerjaan itu sulit, membosankan, atau membutuhkan komitmen dan energi tingkat tinggi, manajer tidak bisa berasumsi anggota kelompok akan selalu termotivasi untuk bekerja menuju pencapaian tujuan organisasi. Manajer dapat memotivasi anggota kelompok dan tim untuk mencapai tujuan organisasi dengan memastikan anggotanya sendiri mendapat manfaat ketika kelompok atau tim tersebut bekerja dengan giat. Misalnya, jika anggota tim kerja yang dikelola tahu bahwa mereka akan menerima bonus, mereka akan termotivasi untuk tampil di level tinggi.

Walaupun kawan-kawan Ito membantunya atas dasar pertemanan dimasa lalu,tapi mereka juga mempunya dendam dengan Triad,karena Triad yang membuat mereka terpecah belah. Sehingga permasalahan yang menimpa Ito bisa dianggap sebagai sekaligus ajang mereka untuk membalaskan dendam. Ito tidak menjanjikan kepada mereka berupa barang-barang mewah,namun mereka melihat Ito sebagai pemimpin mereka dimasa lalu sekaligus Ito sudah dianggap abang oleh mereka,sisi kharismatik yang dimiliki Ito inilah yang membuat mereka rela bertarung deminya. Sosok Reina yang masih kecil dan polos juga membuat teman-teman Ito merasa perlu untuk melindunginya.

Berbeda dengan kelompok yang di pimpin oleh Chien Wu, mereka bertarung karena Chien Wu menjanjikan kekuasaan dan uang kepada mereka. Arian misalnya, ia dijanjikan akan diberikan akses kekuasaan di pelabuhan jika ia berhasil membunuh Ito.

Perbedaan Kebutuhan Ito dan Arian

Jika penulis bisa membedah,apa yang mendasari perbuatan dari para karakter di film ini, dan penulis akan menghubungkannya dengan sebuah teori dalam motivasi dan performa. Kira-kira seperti ini.

Di dalam teori terdapat teori motivasi, Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan psikologis yang menentukan arah perilaku seseorang dalam suatu organisasi, tingkat seseorang berusaha, dan tingkat ketekunan seseorang dalam menghadapi rintangan. Motivasi sangat penting bagi manajemen karena menjelaskan mengapa orang berperilaku seperti itu didalam organisasi. Motivasi dapat berasal dari sumber intrinsik atau ekstrinsik, Interinsik jika seseorang termotivasi karena ada kebutuhan pribadi yang igin dipenuhi dan ekterinsik adalah ketika seseorang termotivasi karena keinginan adanya kebutuhan pengakuan dari lingkungan sosial. Ito dan Arian melakukan perbutannya bisa dikatakan karena motivasi intrinsik,seperti Ito yang menyelamatkan Reina karena merasa adanya kebutuhan sentimentil dan Arian yang ingin membunuh Ito karena ingin mendapatkan kekuasaan.

Buku Contemporary Management

Dengan bergabungnya Ito dan Arian ke dalam organisasi Triad,maka mereka harus mengerahkan seluruh kemampuan bertarung yang dimiliki agar,bahkan harus mempertaruhkan nyawa mereka demi melindungi para petinggi Triad jika dibutuhkan. Dengan imbal hasil mereka akan memperoleh kekuatan,uang dan kekuasaan,tetapi dengan syarat mereka harus mengabdi dan patuh dengan semua perintah dari Organisai yaitu Triad.

Buku Contemporary Management

Kebutuhan yang ingin dimiliki oleh Arian,dalam teori ini termasuk yang levelnya paling tinggi yaitu Self-actualization needs. Demi bisa mencapai kebutuhan ini,ia rela mengabaikan pertemanan nya dengan Ito di masa lalu demi bisa mendapatkan kekuasaan, dan demi keinginannya untuk dapat bergabung menjadi anggota Six Seas,ia rela membunuh Ito agar dapat menggantikannya. Sedangkan Ito lebih ke arah Belongingness needs, kekejamannya dalam membantai desa-desa dan membunuh banyak orang, membuatnya menyesal dan merasa bersalah,sehingga saat ia melihat sosok Reina, ia merasakan kedamaian dan cinta yang membuatnya ingin meninggalkan masa lalunya yang kelam. Chien Wu sebagai orang yang cerdik, memanfaatkan kebutuhan Arian ini untuk mendapatkan performa terbaik Arian untuk mencapai kebutuhan Triad.

Solusi dan Nasihat Yang Dapat Penulis Berikan Pada Karakter Di Film The Night Comes For Us

Mari kita berandai jika penulis diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam film, dan bisa langsung berkomunikasi dengan sosok Ito,Arian,Chien Wu dan yang lainnya yang ada di film ini. Maka sebagai Ekonom kira-kira solusinya akan seperti ini.

Manajemen Konflik,Negosiasi dan Politik

Permasalahan

 Solusi

Fokus pada permasalahan dan meningkatkan kepedulian terhadap sumber masalah.Terkadang perbedaan kepribadian dalam bentrok dalam suatu organisasi. Dalam situasi ini, manajer juga bisa membantu menyelesaikan konflik secara fungsional dengan meningkatkan kesadaran anggota organisasi tentang sumber permasalahan mereka. Di dalam film ditunjukkan jika sikap keras kepala yang dimiliki Bobby yang menyebabkan permasalahan mereka dengan Triad terjadi. Bobby memutuskan secara sepihak untuk berdagang Narkoba dengan Triad,yang membuat Ito marah.

Ito sebagai pemimpin kelompok sebaiknya jangan langsung meluapkan kemarahannya dengan Bobby, Ito harus langsung mengumpulkan semua anggotanya dan meberikan pencerahan kepada mereka tentang mengapa mereka tidak boleh melakukan perdagangan dengan kelompok Triad. Agar setiap orang yang ada di kelompok menyadari akan permasalahan yang dapat timbul atas perbuatan mereka tersebut.

Saat terjadi bentrok antara Bobby dengan Ito, karena tau bahwa Triad akan mengejar mereka karena perbuatan Bobby. Ito malah memilih bergabung dengan Triad.

Creating New Options For Joint Gain and Focusing On What Is Fair

Sebaiknya Ito tidak memilih bergabung dengan Triad yang dimana itu hanya akan memperkeruh keadaan. Lebih baik mereka tetap melakukan negosiasi perdangangan dengan Triad agar bisnis mereka berkembang,tetapi dengan strategi mereka tetap dalam sebuah kelompok. Hal tesebut lebih adil bagi kelompok Ito ketimbang ia pergi meninggalkan mereka.

Strategi politik yang dibuat oleh Chien Wu tertalu gegabah dan hanya akan menimbulkan permasalahan baru,serta kematian anggota-anggota terbaiknya.

Building Alliances. Dari pada Chien Wu langsung memburu dan membunuh Ito dan kelompoknya,lebih baik itu melakukan pendekatan persuasif, memanggil Ito untuk berbicara empat mata,dan menanyakan secara langsung apa keinginan Ito. Jika Ito ingin kabur maka biarkan, tetapi dengan syarat ia harus memberitahukan kalau ia dan Reina harus menghilang selamanya. 

Effective Groups and Teams

Chien Wu sebagai seorang pemimpin,tidak mampu membuat Arian lebih setia kepada kelompoknya yang terbaru dari pada teman lamanya. Hal ini membuat Arian masih menyerang anggota kelompoknya sendiri demi membantu kawan-kawan lamanya. Saat Arian masih diiringi kebimbangan.

Motivating Group Members to Achieve Organizational Goals.

Chien Wu seharusnya tau,jika ia menyuruh Arian untuk membunuh Ito pasti akan menimbulkan permasalahan internal pada diri Arian. Hal utama yang sebaiknya dilakukan oleh Chien Wu adalah menyadarkan Arian bahwa ia sekarang merupakan anggota Triad, Arian harus bisa membuktikan kesetiannya kepada Triad dengan mempertemukan Ito dan Arian di awal-awal dan lihat bagaimana reaksi dari Arian. Tidak cukup hanya menjanjikan kekuasaan saja,karena hubungan antara Arian dan Ito pada masa lalu sudah teralu personal.

 

Motivation and Performance

Di dalam kelompok Ito yang dimasa lalu, terdapat perbedaan kepentingan pada setiap anggotanya. Misalkan Bobby yang tujuan utamanya adalah bisnis, Yohan juga demikian,bahkan ia rela mengkhianati teman-temannya demi uang dan kekuasaan. Sedangkan Fatih,Ito dan Arian lebih kepada kebersamaan dan kelesamatan kelompok. 

Goal-setting theory.

Dari awal kelompok dibentuk Ito harus memberitahukan kepada teman-temannya apa tujuan akhir yang ingin dicapai oleh kelompok dan apa langkah-langkah untuk mencapainya. Sehingga setiap anggota kelompok tidak berbuat sesuka nya walaupun tujuannya untuk kepentingan kelompok, ia harus memberihukan kepada kelompoknya bahwa perbuatan pribadi mereka akan berdampak pada seluruh anggota kelompok.

Referensi

Jones, G. R., & George, J. M. (2020). Contemporary Management (17th ed.). McGraw-Hill Education. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 LWI 21 20 19


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format