Mulan, gadis desa yang menjadi Legenda

the girl became a soldier. the soldier became a Leader. and the Leader became a Legend~Hua Zhou. yuk kita bedah kisah Epik dan konflik di film ini


1
1 point

Salah satu film legendaris yang di remake ulang oleh Disney patut diapresiasi meskipun sedikit berbeda dengan versi animasi nya, ada beberapa karakter yang tak dimunculkan oleh Disney. Film yang juga sempat di boikot oleh beberapa negara, apakah ini strategi promosi? entahlah. bahkan film Mulan ini juga akan di dubbing oleh artis Indonesia nanti nya. penasaran untuk melihat aksi Mulan dengan bahasa Indonesia. kita tunggu saja. film yang bisa di tonton bareng sama keluarga ini baik ditonton dikala musim hujan seperti sekarang di kala senja dan segelas kopi.

Sinopsis

Film Mulan merupakan film live action yang diadaptasi dari film animasi Disney yang berjudul sama pada tahun 1998 lalu. Cerita Mulan sendiri berasal dari cerita rakyat di Tiongkok pada abad kelima pada dinasti Wei yaitu “the Ballad of Mulan”.

Para aktor yang berperan di film Mulan adalah aktor terkenal di industry film dunia. Pemeran utama diperankan oleh Yifei Liu sebagai Hua Mulan, aktor legendaris Tiongkok juga mengambil bagian dalam film Mulan yaitu Jet Li sebagai kaisar Wei dan Donnie Yen sebagai Commander Tung. Para tokoh antagonis diperankan oleh Gong Li berperan sebagai Xian Lang, Jason Scott sebagai Bori Khan. Dan disutradarai oleh Niki Caro.

A picture containing text, sky, person, outdoor Description automatically generated

                                                                             Sumber : Mulan poster

Cerita berawal dari ancaman pemberontakan dan aksi balas dendam oleh Bori Khan pimpinan dari bangsa Rauran di dataran utara yang dibantu oleh penyihir Xian Lang terhadap kekaisaran Tiongkok pada abad kelima. Akibat dari ancaman tersebut akhirnya kekaisaran Tiongkok mengeluarkan titah kerajaan terhadap rakyat Tiongkok yang mengharuskan setiap keluarga mengirimkan satu anak lelaki untuk mengikuti wajib militer. Dikeluarga Hua Zhou (ayah Mulan) tidak terdapat anak lelaki yang bisa mengikuti wajib militer tersebut, hingga pada akhirnya Mulan menggantikan ayahnya yang sudah tua dan sakit dengan membawa kabur perlengkapan perang milik ayahnya dan menyamar sebagi seorang lelaki di camp/barak pelatihan. Mulan pun berhasil bergabung menjadi prajurit kekaisaran Tiongkok dan mengikuti Latihan perang sebagai seorang lelaki dan setiap prajurit harus menanamkan 3 pilar kesatria yaitu setia, berani dan jujur. Namun, penyamaran tersebut tidak berjalan mulus, banyak rintangan yang harus dihadapi oleh Mulan. Dan pada akhirnya sampailah waktu dimana Mulan dan prajurit lainnya benar-benar berperang dimedan pertempuran menghadapi pemberontakan bangsa Rauran dan menyelamatkan kekaisaran Tiongkok yang memunculkan pilar ke-empat yaitu pengabdian kepada keluarga.

Konflik dan Negosiasi

menurut pengertian nya konflik terjadi Ketika ada nya perbedaan mengenai tujuan, kepentingan atau nilai antar individu atau organisasi yang menyebabkan individu atau organisasi tersebut berusaha untuk menghalangi dan menggagalkan usaha untuk mencapai tujuan mereka satu sama lain, Sedangkan negosisasi adalah suatu resolusi dalam diplomasi untuk mencapai tujuan dan kepentingan individu atau kelompok. Dalam film Mulan dapat diurai konflik yang terjadi terhadap:

Hua Mulan Vs Xian Lang

Mulan lahir sebagai seorang anak prajurit yang setia terhadap kerajaan, Mulan pun berlatih bela diri sedari kecil oleh ayah nya. Uniknya Mulan memang memiliki Chi (tenaga dalam) layaknya seorang kesatria dan itu memang sudah disadari oleh ayahnya sejak Mulan kecil. Chi yang hanya dimiliki oleh orang-orang terpilih. Ayahnya pun memerintahkan Mulan untuk menyembunyikan Chi nya tersebut. Mulan hidup di masa dimana tidak ada emansipasi wanita, wanita memegang teguh kehormatan keluarga sebagai seorang istri yang menjaga kehormatan keluarga dengan menjadi wanita yang mengabdi dan berbakti kepada suami. Hal-hal yang berbau maskulin dan hanya dilakukan oleh lelaki menjadi tabu dilakukan oleh wanita dan dianggap merendahkan kehormatan diri dan keluarganya.

Ketika telah menjadi Prajurit dari kekaisaran Tiongkok, Mulan dihadapkan dengan tiga pilar kesatria kerajaan yaitu setia, berani dan jujur. Dipilar kejujuran menimbulkan konflik sendiri di diri Mulan dimana ia telah menyamar sebagai prajurit lelaki dimana jika tidak jujur akan diasingkan dan merendahkan kehormatan keluarga.

Sedangkan Xian Lang adalah penyihir yang membantu Bori Khan membalaskan dendam nya, Sama seperti Mulan, terasingkan oleh bangsa nya dimana wanita tidak boleh melakukan apa yang dilakukan oleh lelaki dan mempunyai misi nya sendiri dimana dia akan menciptakan kesamaan gender terhadap lelaki yang menjadi alasan kenapa Xian Lang membantu Bori Khan karena bila berhasil membantu membalaskan dendam nya, Bori Khan menjanjikan kebebasan terhadap bangsa Xian Lang. Harapan tersebut ditawarkan kepada Mulan untuk bergabung bersamanya untuk mewujudkan emansipasi tersebut. Meskipun pada akhirnya tawaran tersebut ditolak oleh Mulan.

                                                   

                                                                       Sumber : Mulan Movie

Meskipun memiliki tujuan yang sama tapi cara mereka melakukan nya dengan cara yang berbeda inilah yang menjadi strategi manajemen konflik yang dilakukan oleh Mulan dan Xian Lang yang pada akhirnya mereka lakukan adalah kompromi dan kolaborasi. Menurut pengertian nya kompromi terjadi apabila kedua belah pihak berfokus kepada tujuan akhir mereka, dengan mengalihkan tujuan pribadi yang pada akhirnya menimbulkan kolaborasi dimana tiap pihak menerima atau memberikan tenaga dan pemikiran nya untuk tujuan Bersama yaitu emansipasi wanita. Upaya yang dilakukan oleh kedua pihak tersebut termasuk dalam tipe negosiasi integrative Bargaining.

Kekaisaran Tiongkok Vs Bangsa Rauran

Awal terjadi nya konflik antar kedua organisasi tersebut Ketika perperangan yang terjadi sebelumnya antara kekaisaran Tiongkok terhadap bangsa Rauran yang menyebabkan kematian pemimpin bangsa Rauran (ayah dari Bori Khan) sehingga memicu untuk terjadinya balas dendam dari Bori Khan atas kematian ayahnya sehingga terbentuklah interorganizational Conflict dimana Bori Khan memimpin pasukan dan beraliansi dengan bangsa lain untuk memperebutkan semua wilayah dari kekaisaran Tiongkok.

Di film dijelaskan bahwa strategi manajemen konflik antar organisasi tersebut adalah melakukan Akomodasi dimana Ketika ada pihak yang lebih kuat untuk mencapai tujuan nya, dan berharap pihak yang lemah akan menyerah. Dan ini dilakukan oleh kelompok Bori Khan untuk menekan kejatuhan kekaisaran Tiongkok dengan menaklukan satu per satu benteng dari kekaisaran Tiongkok, dan menyebabkan terjadinya tipe negosiasi Distributive Negotiation yang artinya konflik dilakukan dengan persaingan untuk memperebutkan kekuasaan.

Politik Organisasi

Menurut pengertian nya, politik organisasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakan kekuasaan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan ataupun untuk mengatasi perlawanan (oposisi). Untuk mencapai tujuan politik organisasi diperlukan strategi untuk mencapai nya.

Dari film Mulan tersebut adalah strategi politik yang dilakukan oleh Bori Khan untuk meningkatkan kekuasaan nya adalah

  • Controlling Uncertainty (mengontrol ketidakpastian), saat Bori Khan mengontrol ketidakpastian dan keraguan prajuritnya atas kemenangan demi kemenangan setiap penaklukan benteng kekaisaran Tiongkok.
  • Being Irreplaceable (tidak tergantikan), diperlihatkan Ketika setiap penyerangan yang dilakukan oleh bangsa Rauran selalu dipimpin oleh Bori Khan.
  • Being in Central position (berada di posisi sentral), posisi kepemimpinan Bori Khan dalam mengambil keputusan dan memanfaatkan situasi perang.
  • Generating resources (menghasilkan sumber daya) dijelaskan bagaimana penyihir Xian Lang direkrut oleh Bori Khan untuk membantunya melakukan pemberontakan terhadap kekaisaran Tiongkok, dan dengan bantuan penyihir Xian Lang inipula Bori Khan mampu menaklukan benteng kerajaan Tiongkok.
  • Building alliance (membangun aliansi) difilm diperlihatkan bagaimana Bori Khan membangun dan mengembangkan hubungan saling menguntungkan kepada kelompok lain untuk membantunya melakukan propaganda terhadap kekaisaran Tiongkok.Graphical user interface, text, application, chat or text message  Description automatically generated

                                                Infografis Increases a manager’s power in an organizatiom

Leadership

Menurut Gareth Jones and Jennifer George dalam buku nya Contemporary Management. 2020 Leadership atau kepemimpinan adalah proses dimana seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain dengan memeberikan semangat, motivasi dan mengarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang membantu tercapainya tujuan kelompok atau organisasi. Didalam film diperlihatkan aksi kepemimpinan dari commander Tung yang berhasil menggagalkan penyerangan bangsa Rauran.

Commander Tung adalah seorang komandan perang yang juga teman seperjuangan dari ayahnya Mulan Ketika berperang di waktu lampau. Komandan Tung jugalah yang menjadi pemimpin barak pelatihan dimana Mulan berlatih menjadi seorang Prajurit. Tipe kepemimpinan commander Tung sebagai seorang komunikator yang mengarahkan dan memerintahkan pasukan nya untuk mengahalau pasukan bangsa Rauran dan berperang di luar benteng kekaisaran Tiongkok.

Kunci keberhasilan Commander Tung dalam mengahalau pasukan Rauran dapat dijabarkan

  • Legitimate Power, bagaimana commander Tung memanfaatkan otoritas nya sebagai seorang jendral perang yang disegani dan dihormati oleh pasukan nya.
  • Reward Power, Ketika melihat Mulan (penyamaran sebagai lelaki) yang memiliki Chi yang besar dan memberikan tawaran untuk menjodohkan Mulan kepada anak perempuan nya.
  • Coercive Power, difilm diperlihatkan bagaimana commander Tung memberikan hukuman ke salah satu pasukan nya Ketika tidak jujur dalam pelatihan yang membuat salah satu prajuritnya diasingkan. Begitu juga terhadap Mulan yang telah jujur mengakui jika dirinya seorang perempuan, meskipun bertalenta tetapi commander Tung tetap mengusir dan mengasingkan nya.
  • Expert Power, tak heran jika commander Tung telah banyak memiliki pengalaman berperang bahkan pada era ayahnya Mulan, Tung juga telah melewati perperang tersebut.
  • Referent Power, kharisma commander Tung di dalam pasukan nya telah menciptakan rasa hormat, kekaguman dan loyalitas terhadap pasukan yang dipimpin nya

                                                                       Infografis the key to Leadership

Gaya kepemimpinan commander Tung yang sebagai seorangTransformational Leadership, kepemimpinan yang mengarahkan bawahannya akan pentingnya pekerjaan mereka bagi organisasi diatas dari kepentingan pribadi. Gaya kepemimpinan tersebut dalam prilaku dan karakter commander Tung sebagai berikut :

  • Credible. Mempunyai sifat konsisten dan komitmen terhadap apa yang di ucapkan dengan apa yang dilakukan
  • Creation Opportunity. Menciptakan peluang kepada orang lain, Ketika commander tung menerima saran Mulan untuk segera ke Kerajaan sentral Tiongkok dan memberikan kesempatan Mulan memimpin mereka ke kerajaan untuk melindungi kaisar Wei.
  • Carrying. Menunjukan kepedulian nya terhadap bawahan yang menciptakan rasa di akui menjadi bagian dalam kelompok pasukan nya.
  • Communication. Mempunyai ketrampilan berkomunikasi yang baik terhadap orang lain.

Effective Group and Teams

Menuju akhir film di ceritakan bahwa Mulan diusir dan diasingkan oleh pasukan nya, dan bertemu dengan Xian Lang yang memberitahu tentang pengalihan perang yang mereka lakukan sebelumnya, tujuan utama nya adalah ke kerajaan sentral Tiongkok, sehingga Mulan pun bergegas Kembali ke Camp untuk memberitahukan info tersebut. Dan Mulan pun menyarankan kepada Comander Tung untuk membentuk Group kecil untuk bisa secepat mungkin sampai di kerajaan. Dengan begituTask Force Group ini dibentuk bertujuan untuk melindungi kaisar Wei.

When employed correctly, four ounces can move a thousand pounds ~ Hua Mulan

Group Dynamics

Ketika group kecil dibentuk memiliki kecenderungan anatara lain (1). Mampu berinteraksi lebih banyak dan lebih mudah untuk mengkoordinasikan (2). Lebih termotivasi, puas dan berkomitmen (3). Lebih mudah untuk berbagi informasi (4). Lebih kompak dalammemberikan kontribusi untuk hasil yang maksimal yang menjadi tujuan group.

Task Independence

Task Independence adalah hubungan tugas yang saling bergantung antara salah satu anggota terhadap anggota lain nya untuk mencapai hasil atau performa yang menjadi tujuan dari suatu team dibentuk.

Chart, bubble chart  Description automatically generated

                                                    Infografis Pooled Task Independence

Dinamika group kecil ini pun untuk mencapai tujuan nya melakukan tipe task independence berupa Pooled Task Independence (ketergantungan mengumpul), dimana pembagian tugas dan kontribusi antar anggota kelompok terpisah dan setiap anggota team mampu mengerjakan tugas mereka secara independen. Terlihat Ketika mereka membagi tugas nya, commander Tung berperang dan menjaga gerbang kerajaan, sedangkan yang lain menahan bangsaRauran didekat kediaman kaisar dan Mulan ke tempat kaisar Wei berada,

Saran dan Solusi

Film Mulan memperlihatkan bagaimana Different Goal and time horizons (perbedaaan tujuan dan cakrawala waktu) menjadi konflik antara kekaisaran Tiongkok terhadap bangsa Rauran adalah ekspansi kerajaan Tiongkok yang menyebabkan terjadi nya perang, yang menyebabkan salah satu pihak menginginkan balas dendam. Bagaimanapun perperangan tidak menyelesaikan masalah atau mungkin menyebabkan masalah baru muncul. Berdasarkan apa yang telah dipelajari oleh penulis, strategi untuk menangani konflik tersebut dengan mengubah apa yang telah menjadi sumber konflik yaitu dengan menghindari perperangan, banyak cara untuk melakukan ekspansi kekuasaan misalnya dengan melakukan merger yang menggabungkan antara kerajaan Tiongkok dan bangsa Rauran, atau bisa juga dengan melakukan konsolidasi (peleburan) sehingga tercipta kerajaan baru. Jika Seandainya merger dan konsolidasi tidak dilakukan, kekaisaran Tiongkok juga harus menjalankan strategi politik untuk menjalankan kekuasaan yaitu (1). Relying on objective (memanfaatkan informasi tujuan) (2). Bringing in an outside expert (menghadirkan pakar Luar) (3). Controlling the Agenda (control terhadap aktivitas) (4). Making everyone a winner (menjadikan semua orang pemenang). Disepanjang film penulis tidak melihat apapun yang dilakukan oleh kaisar Wei terhadap strategi politik tersebut. Dengan bias kognitif ilusi kendali tentang kekuatan dan kekuasaan nya di masa lampau malah membuat kerajaan tertekan hingga tersisa kerajaan sentral.

                         Text  Description automatically generated

                                                      Infografis helps managers use their power effectively

Hua Mulan dalam memperjuangkan kesetaraan menjadi daya Tarik tersendiri dalam film ini. Hingga akhirnya dibantu oleh Xian Lang dalam menyelamatkan kaisar Wei yang di sandera oleh Bori Khan. Mulan membuktikan bahwa dia bisa dipercaya oleh bangsa nya dan memimpin kelompok kecil tersebut untuk menolong kaisar Wei. Bagaimana jika mereka tidak berkompromi dan berkolaborasi? Mungkin Mulan harus menghindari (Avoidance) terhandap konflik yang mereka hadapi, Mulan Fokus terhadap tujuan yang ingin dilakukan nya. Dan saat itulah Mulan harus menggunakan strategi manajemen konflik yang berfokus terhadap individu, salah satu nya dengan meningkatkan Diversity Awareness dan skill yang dimiliki nya untuk digunakan untuk melawan Xian Lang dan Bori Khan. 

Apa pesan yang ingin disampaikan dari film Mulan?. Didalam kehidupan 3 pilar itu memang harus dipegang teguh pada masa sekarang. kesetiaan, keberanian dan keJujuran. Karena selama di film ini Mulan sangat menonjolkan dan menjujung tinggi emansipasi wanita, akan tetapi tidak melupakan kodrat dari wanita itu sendiri, sehingga memunculkan satu pilar lagi bagi wanita yaitu pengabdian terhadap keluarga. Dengan ke-empat pilar ini wanita diharapkan untuk bisa menjaga kehormatan diri dan kehormatan keluarga.

Penulis : Redy Sepriyadi

Referensi :

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

Sumber Foto pada Infografis Google Image

https://yonulis.com/2020/11/28/promoting-effective-communication-managing-conflict-politic-negotiation-and-using-information-technology-to-increase-performance/

https://yonulis.com/2020/11/22/belajar-business-and-management-yuk-contemporary-management-chapter-13-15/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
RedySepriyadi

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format