Personal File Project : Kebangkrutan dan Kebangkitan Next Innovation

Bagaimana Hyuga Toru menyelamatkan perusahaan dan sahabatnya?


2
2 points

Sinopsis

Next Innovation merupakan start up IT software yang bergerak dalam pasar gim telepon seluler. Perusahaan ini didirikan oleh Hyuga Toru, seorang jenius IT yang tidak menyelesaikan pendidikan SMU, bersama seorang temannya bernama Asahina Kosuke. Bermula dari sebuah kamar kecil, Next Innovation telah berkembang menjadi start up dengan nilai kapitalisasi pasar senilai 300 milyar dolar. Next Innovation dipimpin oleh Hyuga Toru sebagai Chief Executive Officer (CEO), Asahina Kosuke sebagai Chief Operation Officer (COO), dan Yamagami Yoshiyuki sebagai Chief Financial Officer (CFO).

Next Innovation pada awal berdirinya
sumber : https://mydramalist.com/photos/96KEP

Hyuga ditinggalkan oleh ibunya semasa kecil, hal ini membuatnya selalu mencari tahu di mana ibunya berada. Namun pencarian Hyuga tidak pernah membuahkan hasil sehingga membuat Hyuga ingin mengembangkan sebuah software yang merekam semua data seseorang semenjak lahir hingga mati. Mereka berencana menemui Wakil Sekretaris Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, Fujikawa Masako, yang menjadi kunci agar proyek personal file bisa lolos menjadi proyek nasional.

Hyuga hadir dalam sebuah pesta kebun yang dihadiri oleh banyak orang-orang penting bersama Asahina dan Sawaki. Penjelasan dan argumentasi Sawaki berhasil membuat Fujikawa tertarik dengan proyek personal file sehingga dia mengundang Next Innovation dalam pertemuan lain untuk membicarakan lebih lanjut tentang personal file. Dalam beberapa pertemuan lanjutan antara Next Innovation dengan Fujikawa, Sawaki berhasil meyakinkan Fujikawa untuk menjadikan personal file sebagai proyek nasional. 

Next Innovation telah memulai proyek personal file dengan 3 orang team leader yang dtunjuk sebagai programmer  personal file, yaitu Yasuoka Michiya, Ogawa Satoshi, dan Hosoki Riichi. Hyuga kecewa dengan interface yang dibuat ketiganya karena tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah dia sampaikan dalam pertemuan sebelumnya, dan mengambil alih penyusunan interface personal file. Setelah Hyuga selesai merancang interface personal file, ia menunjukkannnya kepada ketiga programmer tersebut dan mengeluarkan ketiganya dari tim personal file. Personal file yang telah selesai itu diujicobakan kepada Natsuinamun dia kesulitan mengoperasikan personal file yang dibuat dengan interface high-end. Hal ini membuat Hyuga menyadari bahwa teknologi personal file yang dia gunakan harus sesuai dengan kemampuan penggunanya. Setelah menyederhanakan interfacenya, Natsui dapat dengan mudah memahami cara operasi personal file tersebut. Natsui kemudian direkrut sebagai karyawan kontrak untuk 2 bulan dan bergabung dalam tim personal file. Hyuga juga memanggil Yasuoka, Ogawa, dan Hosoki untuk bergabung lagi dengan tim personal file dan tak lagi mengambil semua pekerjaan yang ada, namun mendistribusikan kepada mereka.

Natsui Makoto mencoba personal file
sumber : https://mydramalist.com/photos/aEQDb
Pada kesempatan yang berbeda, Hyuga dan Asahina diundang JI-Tech terkait kerjasama personal file. Hyuga menolak kontrak tersebut karena Next Innovation harus bekerja di balik layar. Sesampainya di Next Innovation, Asahina menyampaikan kekecewaan atas keputusan yang diambil Hyuga. Menurut Asahina, Next Innovation yang sekedar start up membutuhkan nama JI-Tech agar bisa menjadi perusahaan nomor satu. Hal ini membuat Hyuga kecewa pada Asahina, sementara Asahina marah dan makin tidak ingin disebut sebagai orang nomor dua setelah Hyuga. Setelah kejadian tersebut Ashina bertemu dengan Akihiro Tohno, salah satu pegawai Next Innovation di awal berdirinya, dan keduanya membuat rencana untuk menyingkirkan Hyuga dari Next Innovation.

Setelah usai melakukan uji fungsi dan mendapatkan kembali timnya, Hyuga mempresentasikan personal file di hadapan team leader Next Innovation dan jajaran Board of Directors (BoD). Proyek ini ditentang oleh BoD karena investasi yang dibutuhkan sangat besar, salah satunya pengadaan server di India. Di sisi lain Next Innovation dihadapkan pada kompetitor yang kuat, JI-Tech. Agar mendapat persetujuan BoD dan mampu bersaing dengan JI-Tech, Hyuga memutuskan untuk melakukan proyek eksperimental personal file. Next Innovation bekerja sama dengan Aoyama Makoto, seorang petani tomat yang dulunya merupakan seniman dan desainer terkenal alat tulis. Sebelum proyek eksperimental ini berjalan, tanpa sengaja Hyuga bertemu dengan Akihiro. Akihiro setuju berinvestasi di Next Innovation dengan mendanai pembelian server untuk personal file

Setelah kembali dari desa Aoyama, Hyuga memperoleh kabar bahwa Akihiro tidak dapat dihubungi. Perusahaan tempatnya bekerja menyatakan bahwa mereka tidak pernah mendengar rencana investasi pembelian server untuk personal file Next innovation. Akibatnya, Next Innovation kehilangan sumber pendanaan untuk server. Asahina memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan membicarakan kembali kerja sama dengan JI-Tech. Hyuga menolak ide tersebut dan mengusulkan untuk menjual 5% saham Next Innovation miliknya sehingga mereka mendapatkan 130 miliar untuk membeli server. Setelah mendiskusikan untung-rugi keputusan tersebut, keputusan tersebut diambil. Diskusi pemecahan masalah akibat kehilangan investor untuk mendanai server personal file
sumber : https://mydramalist.com/photos/Gl3rQ

Setelah Next Innovation mendapatkan server untuk personal file dari hasil penjualan saham Hyuga, terjadi kebocoran data 5 jt penduduk yang tidak bisa dikendalikan dan tidak bisa dilacak. Akibatnya, harga saham Next Innovation terjun bebas. Para pemegang saham marah besar karena nilai saham yang mereka miliki kini menjadi sangat kecil. Untuk mempertanggungjawabkan insiden tersebut, Hyuga mendiskusikan pembayaran kompensasi 10 dolar per orang sebagai bentuk permohonan maaf sekaligus untuk mengembalikan kepercayaan dan citra Next Innovation. Karena kondisi keuangan Next Innovation tidak memungkinkan untuk membayar kompensasi tersebut, Hyuga memberikan alternatif solusi dengan cara menjadikan seluruh sisa saham yang dimilikinya sebagai jaminan  untuk meminjam uang untuk software interface personal file

Setelah mengumumkan kebijakan kompensasi melalui media massa, Hyuga mengadakan rapat luar biasa dengan para BoD untuk mengusulkan personal file sebagai proyek resmi Next Innovation yang dapat menjadi titik balik Next Innovation. Usulan tersebut disepakati oleh BoD. Namun di luar dugaan Hyuga, terdapat agenda lain dalam rapat tersebut yaitu penurunan Hyuga dari posisinya sebagai CEO karena insiden kebocoran data yang menyebabkan Next Innovation berada di ambang kebangkrutan. Rapat berakhir dengan keputusan Hyuga dicopot dari jabatannya sebagai CEO Next Innovation. Next Innovation menggelar konferensi pers mengumumkan pengunduran diri Hyuga sebagai CEO Next Innovation dan pernyataan bahwa dia akan keluar dari Next Innovation dan  mendirikan perusahaan sendiri. Hyuga meninggalkan Next Innovation tanpa sepeser uang, penyerahan hak personal file karena merupakan properti Next Innovation, juga kenyataan bahwa Asahina saat ini memiliki lebih dari 40% saham Next Innovation. 

Setelah Asahina menjadi CEO Next Innovation, Asahina berhasil membangun kembali moral karyawannya yang sempat menurun karena Hyuga meninggalkan Next Innovation. Asahina juga merevisi kontrak programmer yang terlibat dalam personal file dengan menaikkan gaji mereka. Alasannya, mereka bertanggung jawab atas proyek berskala nasional. Di bawah kepemimpinan Asahina, Next Innovation mengembangkan personal file project dengan berkolaborasi bersama JI-Tech. Dalam pertemuan dengan Fujikawa, dia menyatakan bahwa personal file yang baru tidak sebaik personel file yang dikembangkan Next Innovation di bawah kepemimpinan Hyuga. 

Sementara itu Hyuga mendirikan perusahaannya, Wonder Wall, bersama Natsui Makoto. Pada awal pendiriannya, perusahaan tersebut kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, hingga pada saat Fujikawa menemui Natsui dan memberikan kesempatan pada Hyuga untuk meningkatkan performa personal file yang dikembangkan Next Innovation bersama JI-Tech. Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan sub kontrak dari JI-Tech, sehingga nama Wonder Wall tidak akan pernah terdengar. Interface buatannya tersebut akhirnya diadopsi. Setelah proyek tersebut diterima, ketiga orang yang menjadi tim personal file project sebelumnya bergabung dengan Wonder Wall untuk menyelesaikan personal fileWonder Wall dengan personel lengkap
sumber : https://mydramalist.com/photos/9mvZQ

Tak lama kemudian, media massa memberitakan penangkapan Asahina dengan dugaan membocorkan 5jt data penduduk dalam insiden personal file. Hal ini dilaporkan oleh Akihiro yang sebelumnya membuat kesepakatan dengan Asahina. Dia ingin melihat kehancuran Hyuga dan Asahina karena rasa iri dengan keberhasilan keduanya. Yamagami menemui Hyuga dan memintanya kembali ke Next Innovation untuk mengembalikan Next Innovation yang berada di ambang akuisisi. Hyuga pun akhirnya kembali ke Next Innovation tak hanya untuk membangun kembai Next Innovation, tetapi juga sebagai tempat kembali Asahina. 

Konferensi pers pertama yang dilakukan Hyuga setelah menjabat kembali sebagai CEO Next Innovation menyatakan bahwa dia akan fokus pada upaya-upaya agar Next Innovation bisa selamat. Dalam pertemuan Next Innovation dengan JI-Tech, Hyuga membicarakan kembali tentang personal file. Hyuga meminta agar kerja sama tersebut dilanjutkan. Next Innovation bersedia berkolaborasi dengan JI-Tech tanpa meminta kredit untuk nama Next Innovation, menyerahkan hak paten dan keuntungan personal file untuk JI-Tech, namun meminta JI-Tech menurunkan biaya kompensasi yang akan digunakan untuk meminjam dana dari JI-Tech untuk pengembangan personal file. Hyuga menjelaskan bagaimana JI-Tech akan mendapatkan keuntungan dari implementasi personal file dalam bentuk kontrak sedikitnya untuk 100 tahun. JI-Tech setuju dengan syarat Next Innovation membuat proyek eksperimen dan harus sudah siap dalam 2 minggu.  Jika Next Innovation berhasil, maka dana sebesar 50 miliar dolar akan dipinjamkan untuk mengembangkan personal file. Wonder Wall yang mendengar bahwa personal file dikerjakan lagi kemudian turut membantu Next Innovation dalam proyek ini karena mereka masih merasa bagian dari tim personal file. Pada akhirnya Next Innovation berhasil memperoleh kontrak senilai 50 miliar dolar untuk pengembangan personal file. Dengan uang tersebut Next Innovation selamat dari kebangkrutan.

Next Innovation berhasil mendapatkan kontrak dari JI-Tech dan mempertahankan eksistensinya
sumber : https://mydramalist.com/photos/90Q57

Permasalahan

Masalah yang muncul dari serial ini bermula dari ketidakpuasan Asahina dengan Hyuga sehingga menimbulkan konflik yang memicu Asahina berniat mengeluarkan Hyuga dari Next Innovation. Hal ini diketahui oleh Yamagami, namun karena Yamagami juga merasa tidak suka dengan keputusan yang diambil Hyuga tentang personal file, maka Yamagami tidak berusaha memperbaiki hubungan kedua pendiri Next Innovation tersebut. Akibatnya, Next Innovation mengalami krisis.

Hal lain yang menjadi masalah dalam serial Rich Man Poor Woman adalah gaya kepemimpinan Hyuga. Hyuga merupakan manajer yang temperamental dan memiliki kecenderungan memamerkan kekuasaan dan kecerdasannya. Pada saat programmer personal file tidak mampu menunjukkan interface yang diinginkan, Hyuga tidak memberi kesempatan kepada mereka untuk memperbaiki interface tersebut. Di sisi lain, Hyuga menempatkan kepercayaan kepada Asahina di atas proses pengambilan keputusan bisnis yang pada akhirnya membuat Hyuga tersingkir dari Next Innovation, dan juga mengakibatkan Next Innovation berada di ambang kebangkrutan. 

Analisis Implementasi Teori Bisnis dan Manajemen dalam Serial Rich Man Poor Woman 

Manager as Planner and Strategist

Film ini menceritakan tentang jatuh bangun Next Innovation dalam menyukseskan personal file sebagai proyek nasional rekam data penduduk Jepang yang nantinya akan sangat membantu penduduk Jepang berurusan dengan berbagai permasalahan administrasi pemerintahan termasuk diantaranya perpajakan dan pensiun. Hyuga memutuskan bahwa Next Innovation harus berhasil memenangkan tender personal file sehingga Hyuga menyusun rencana agar tujuan mereka berhasil. Menurut Jones dan George, planning merupakan kegiatan yang dilakukan seorang manajer untuk mengidentifikasikan dan memilih tujuan yang tepat dan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, terdapat tiga tahapan dalam perencanaan yaitu : 1) menentukan bisnis organisasi dan menetapkan tujuan, 2) menganalisa situasi terkini dan menyusun strategi, serta 3) mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan dan tanggung jawab untuk mencapai strategi. 

Gambar 1. Tahapan Perencanaan
 Sumber : Buku Contemporary Management

Pada tahap pertama, Hyuga telah menetapkan bahwa Next Innovation akan memperluas bisnisnya dari yang semula dikenal sebagai start up pembuat gim telepon seluler menjadi perusahaan yang bergerak lebih advanced. Di tahap perencanaan kedua, Hyuga memutuskan bahwa personal file akan menjadi proyek pertama mereka setelah Hyuga menyadari bahwa proses bisnis yang saat ini ada tidak efektif dan efisien. Pada tahap implementasi strategi, Hyuga melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • melobi Fujikawa agar menjadikan personal file sebagai proyek nasional
  • membentuk tim yang akan mengembangkan personal file
  • mencari investor untuk mendanai server yang akan digunakan untuk personal file
  • melakukan uji implementasi 

Dalam tahap perencanaan tersebut, Hyuga menerapkan single-use plan untuk mengeksekusi proyek personal file. Berdasarkan penjelasan Jones dan George, single-use plan merupakan jenis perencanaan yang diterapkan pada proses pengambilan keputusan tidak terprogram yang terjadi pada situasi khusus. Jenis perencanaan lain menurut Jones dan George adalah standing plans, yaitu rencana yang dibuat pada kondisi dimana keputusan terprogram terjadi.  

Managing Conflict, Politics, and Negotiation

Konflik dalam sebuah organisasi menurut Jones dan George diartikan sebagai perselisihan yang terjadi karena individu atau kelompok dalam sebuah organisasi memiliki tujuan, kepentingan, dan nilai yang tidak selaras kemudian mereka menghalangi usaha individu atau kelompok lain untuk mencapai tujuannya. Konflik yang terjadi dalam organisasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari sehingga harus dikendalikan agar kinerja organisasi tidak terpengaruh. Konflik dalam organisasi oleh Jones dan George dibedakan menjadi empat jenis, yaitu : 1) konflik antar individu, 2) konflik dalam kelompok, 3) konflik antar kelompok, dan 4) konflik antar organisasi. 

Tipe dan Sumber Konflik

Konflik yang terjadi dalam serial Rich Man Poor Woman merupakan konflik antar individu yang terjadi antara Hyuga dan Asahina. Konflik tersebut muncul dari perbedaan cara pandang tentang personal file. Hyuga mementingkan kemudahan pengalaman pengguna personal file sebagai definisi kecanggihan teknologi yang dimiliki Next Innovation. Hyuga juga lebih mementingkan kebermanfaatan personal file sebagai sistem yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat daripada sistem yang hanya mengejar posisi terbaik. Sementara Asahina memperhatikan kecanggihan teknologi yang digunakan dalam interface personal file  mewakili citra Next Innovation sebagai perusahaan yang memiliki teknologi high-end. Dia juga memandang personal file merupakan stepping stone Next Innovation untuk menjadi perusahaan IT terbaik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sumber konflik antar individu antara Hyuga dan Asahina berasal dari perbedaan tujuan dan waktu.

Pendekatan Mengelola Konflik

Terdapat beberapa cara yang dapat diambil untuk mengelola konflik dalam organisasi. Jones dan George menyebutkan 4 pendekatan untuk mengelola konflik sebagai berikut :

  • functional conflict resolution : pengelolaan konflik dengan cara kompromi atau kolaborasi antara pihak yang terlibat konflik
  • accomodation : cara mengelola konflik di mana salah satu pihak cenderung menerima karena berada di posisi yang lebih lemah
  • avoidance : terjadi bila pihak-pihak yang terlibat mengabaikan konflik yang terjadi dan tidak melalukan tindakan apapun untuk menyelesaikan konflik
  • competition : terjadi jika masing-masing pihak mencoba mengambil keuntungan dan tidak mempedulikan posisi pihak lain dan solusi yang memungkinkan kedua belah pihak mencapai tujuannya.

Dalam serial ini, pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi konflik adalah menggunakan kompetisi. Asahina tidak ingin lagi disebut sebagai orang terbaik kedua setelah Hyuga, sehingga ia merencanakan untuk menyingkirkan Hyuga dari Next Innovation. Hal ini dilakukan dengan cara mulai dari sabotase investasi server, membocorkan data, hingga menguasai saham Next Innovation. 

Strategi Politik Mendapatkan dan Memelihara Kekuasaan

Setelah Asahina berhasil mengambil alih posisi CEO Next Innovation, Asahina menerapkan strategi politik untuk mendapatkan dan memelihara kekuasaan. Menurut Jones dan George, terdapat lima strategi untuk meningkatkan kekuasaan manajer dalam sebuah organisasi, yaitu : 1) controlling uncertainty, 2) being irreplacable, 3) being in central position, 4) generating resources, dan 5) building alliances. Strategi yang dipilih Asahina dijelaskan pada tabel berikut :

Strategi Politik Mendapatkan dan Memelihara Kekuasaan

 Uraian

Berada di posisi kunci

Asahina menjabat sebagai CEO Next Innovation

Menghasilkan sumber daya

Asahina menyadari bahwa programmer merupakan input paling penting bagi suksesnya personal file, sehingga Asahina menaikkan gaji programmer yang terlibat dalam pengembangan personal file agar kinerja mereka meningkat.

Membangun mitra

Asahina berkolaborasi dengan JI-Tech dalam proyek personal file

Organizational Control and Change

Kontrol dalam sebuah organisasi sangat diperlukan untuk membangun keunggulan kompetitif. Melalui kegiatan kontrol ini seorang manajer dapat memantau efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan organisasi. Jones dan George mengemukakan empat langkah dalam kontrol organisasi, yaitu :

  • Menentukan standar kinerja, tujuan, atau target yang nantinya akan dievaluasi
  • Mengukur kinerja sebenarnya
  • Membandingkan kinerja sebenarnya dengan standar kinerja yang dipilih
  • Mengevaluasi hasil dan menginisiasi tindakan korektif jika standar yang ditetapkan tidak tercapai

Keempat langkah tersebut diterapkan Hyuga pada saat proyek personal file mulai dikerjakan. Hyuga mengadakan pertemuan dengan sejumlah orang yang direkrut menjadi programmer personal file untuk menjelaskan tentang spesifikasi teknis personal file yang diperlukan. Spesifikasi teknis tersebut menjadi standar kinerja yang akan dievaluasi. Kinerja sebenarnya programmer dilihat dalam bentuk interface yang dibangun mereka, yang kemudian dibandingkan dengan spesifikasi teknis yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. Hasil evaluasi yang diperoleh adalah ketidaksesuaian antara kinerja dengan standar kinerja. Tindakan korektif yang dilakukan Hyuga dilakukan dalam bentuk mengambil alih pekerjaan tersebut untuk mengembangkan interface yang dinginkan Hyuga.

Agar kinerja karyawan dapat mencapai tujuan organisasi, maka perlu ditetapkan sistem kontrol. Menurut Jones dan George, sistem  kontrol terbagi menjadi 3 jenis sebagaimana pada gambar di bawah ini.

Gambar 2. Type of Control
Siumber : Buku Contemporary Management

Dalam serial ini, sistem kontrol yang digunakan adalah behavior control. Hal ini ditandai dengan supervisi langsung yang dilakukan oleh Hyuga selama proyek personal file dilaksanakan. 

Solusi

Konflik antar individu yang terjadi antara Hyuga dan Asahina dapat diselesaikan dengan cara negosiasi. Yamagami yang telah mengetahui adanya konflik tersebut dapat berperan sebagai mediator di antara keduanya. Dalam hal ini, integrative bargaining dapat dilakukan. Jones dan George mendefinisikan integrative bargaining sebagai negosiasi yang kooperatif di antara kedua belah pihak yang berkonflik untuk mencapai resolusi yang baik bagi keduanya. Hyuga dan Asahina dapat mendiskusikan kembali tujuan perusahaan dan strategi apa yang akan diambil. 

Permasalahan terkait kontrol dapat dilakukan dengan memperbaiki tahap evaluasi dan tindakan korektif. Apabila kinerja karyawan Hyuga tidak memenuhi standar kinerja atau target yang telah ditetapkan, maka Hyuga harus memberikan masukan agar ke depannya kejadian serupa tidak berulang. Dalam kasus kegagalan programmer personal file memenuhi standar kinerja, Hyuga dapat mendemonstrasikan pada programmer tersebut tentang implementasi dari standar kinerja yang dimaksud. Hyuga juga dapat memberikan masukan pada saat melakukan supervisi langsung kepada karyawannya apabila menemukan hasil kerja yang kurang memuaskan. 

Dalam pengambilan keputusan pada saat terjadi perubahan lingkungan bisnis, dalam serial ini pada saat Next Innovation kehilangan investor dan terjadinya insiden kebocoran data, Hyuga seharusnya menganalisis situasi dengan menggunakan analisis SWOT sebelum membuat rencana dan implementasi strategi. Karena Next Innovation masih merupakan perusahaan start up, maka mencari perusahaan yang mau berinvestasi besar tidak memungkinkan. Untuk itu, Hyuga dapat mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan IT dalam proyek personal file dengan tetap berbagi hak paten dan royalti sehingga biaya operasional personal file dapat ditanggung bersama. Hyuga juga dapat meningkatkan pendapatan Next Innovation melalui penjualan gim telepon seluler yang merupakan core bisnisnya dengan membuat gim baru dan mengurangi harga jual gim-gim sebelumnya. 


Daftar Pustaka

Jones, G. R., dan George, J. M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition. New York: McGraw-Hill

Thumbnails : https://mydramalist.com/photos/MgvAr


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
DiniSekar

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format