CATCH ME IF YOU CAN!!!

"KEEP PUSHING THAT LIE, KEEP PUSHING TILL YOU MAKE IT TRUE"


2
2 points

         Ilustrasi : https://wallpapercave.com

SINPOSIS CATCH ME IF YOU CAN

Film Catch Me If You Can merupakan film kriminal biografi Amerika pada tahun 2002. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Steven Spielberg dan Walter F. Parkes. Naskah film ini sendiri ditulis oleh Jeff Nathanson berdasarkan buku Catch Me If You Can karya Frank Abagnale dan Stan Redding. Film ini dibintangi oleh Leonardo Dicaprio dan Tom Hanks.

Kisah ini berlatar di tahun 1963, di satu sudut kota New York, yaitu tepatnya di Kota New Rochelle. Seorang remaja bernama Frank William Abagnale Jr tinggal bersama kedua orang tuanya, yaitu ayahnya yang bernama Frank Abagnale Sr dan ibunya bernama Paula yang berdarah Prancis.

Ayahnya mengalami masalah dengan Dinas Pajak ( IRS ) terkait penggelapan pajak, sehingga Chase Manhattan bank melakukan penolakan terhadap permohonan pengajuan pinjaman dari Frank W. Abagnale Sr. Karenanya mereka mengalami kesulitan dan mulai menjual segala harta yang dimilikinya. Kondisi perekonomian mereka berubah menjadi terpuruk dan sang ibunda tidak mampu hidup melarat, sehingga tergoda dan selingkuh dengan Jack Barnes ketua klub dari Rotary International yang juga merupakan teman dari Frank W. Abagnale Sr. Hal ini berujung kepada keputusan perceraian kedua orang tuanya. Hal ini membuat Frank William Abagnale Jr terpukul dan memutuskan kabur dari rumah dan pergi menginap di hotel. Namun di hotel pilihan awalnya, dia diusir karena dianggap melakukan penipuan dengan membayar menggunakan cek kosong. Dan Ketika merenung, dia mencoba merubah berbagai informasi krusial yang berada pada lembaran ceknya, dan mencoba mencairkannya secara acak di beberapa bank dan berhasil. Karena kemampuannya membaca sifat manusai yang suka dipuji, ia berlatih mengelabui petugas yang hendak memeriksa keabsahan cek. Hal ini dia pelajarai dari sang ayah. Dari sinilah dia mulai mencoba melakukan trik-trik tersebut, walaupun tidak sedikit juga dia mengalami penolakan.

                                   Ilustrasi : https://wallpapercave.com

Di tengah perjalanannya dia bertemu para pilot dan pramugari yang sedang bertugas dan menginap di salah satu hotel. Dia memutuskan untuk memasuki dunia maskapai, khususnya profesi pilot dan dimulai dengan Perusahaan Pan America Airways dan menyamar menjadi juru artikel untuk koran sekolah dari SMU Murrow dengan tujuan menggali informasi. Dia mempelajari segala hal mendetail tentang dunia penerbangan khususnya terkait bidang kerja Pilot di Pan American Airways. Dia pun mengabari ayahnya, bahwa dia sudah menjadi Pilot di Pan America Airways. Akhirnya Frank mulai melakukan penipuan dengan bermodalkan kepercayaan diri. Frank meniru seorang pilot maskapai penerbangan dan memanipulasi Pan Am dengan memalsukan cek gaji dan berhasil mencuri lebih dari $ 2.8 juta.

Penipuan dari Frank ini telah terendus oleh FBI. Carl Hanratty, seorang agen spesialis penipuan bank dari FBI. Dia mulai mempelajari teknik Frank dan melacaknya. Akhirnya tanpa disengaja, Frank dan Carl bertemu di Hotel Tropicana. Dan Ketika bertemu di kamar 201, Frank menyamar dan meyakinkan Carl bahwa dirinya adalah Barry Allen, seorang Dinas Rahasia AS yang sedang mengejar Frank juga. Setelah Frank berhasil pergi, Carl terlambat menyadari bahwa dirinya telah ditipu. Frank dijuluki penjahat udara “James Bond nya Udara”. Pada hari Natal, Frank menghubungi Carl yang masih bekerja di kantornya, dan meminta maaf atas apa yang terjadi di LA. Carl menolak permintaan maafnya dan memberitahu Frank bahwa ia akan segera ditangkap. Dan Carl menyadari bahwa Frank menelpon karena dia tidak memiliki siapa pun untuk diajak berbicara. Frank menutup telepon dan Carl tetap menyelidikinya. Keesokaan harinya masih dalam proses penyelidikan, Frank singgah di coffee shop dan mendapatkan informasi dari seorang pelayan disitu, mengenai informasi nama Barry Alen diambil dari buku komik “Flash” dan menunjukan identitas Frank yang masih remaja.

Setelah petualangannya menjadi pilot, dia lalu berubah haluan profesi menjadi dokter dan pengacara. Dia pun memerankan Dr. Frank Conners. Mengaku lulusan Harvard dengan lulusan terbaik dengan pengalaman terakhir bekerja di rumah sakit Anak California Selatan. Dia pun melamar salah satu rumah sakit , dimana posisi yang kosong hanyalah sebagai dokter pengawas UGD, yang mengawasi 6 dokter magang dan 20 suster perawat. Dia jatuh cinta dengan Brenda, salah satu perawat lugu yang bekerja di rumah sakit tersebut. Karena dia ingin hubungan yang lebih serius, lalu Frank mendatangi kedua orang tua Brenda untuk meminta restu. Lalu ia meminta izin ayahnya untuk menikahi Brenda, lalu Ketika berbicara empat mata, Frank mengakui kebenaran akan dirinya, dan meminta masukan agar dirinya dapat mengikuti ujian pengacara New Orleans di Lousiana State Bar Exam. Ketika lulus ujian pengacara dia bekerja pada Philip Rigby untuk hukum korporat. Pada malam Natal, Frank menghubungi Carl untuk berhenti mengejarnya, karena dia akan berhenti, bertunangan dan memulai hidup baru, namun Carl tidak menggubrisnya. Carl melacak Frank ke pesta pertunangannya dengan Brenda. Namun Frank berhasil menyelinap keluar jendela kamar Brenda beberapa menit sebelum Carl masuk. Sebelum pergi, Frank berjanji kepada Brenda untuk kawin lari dan bertemu di Bandara Miami dua hari kemudian. Setelah selang dua hari, Frank melihat Brenda datang sesuai waktu dan tempat yang dijanjikan, namun di saat yang bersamaan dia juga melihat agen-agen FBI yang melakukan penyamaran dan sedang bersiap melakukan penyergapan. Menyadari pertemuannya telah sesuai instruksi dan arahan FBI, Frank mengatur siasat dengan mengadakan magang bagi 8 calon pramugari Pan Am agar mampu menutupi geraknya di Bandara untuk melarikan diri ke Eropa.

Waktu berlalu, tujuh bulan kemudian, Carl menunjukkan bukti-bukti kepada pimpinannya bahwa Frank telah mencetak sendiri cek seluruh Eropa Barat dan meminta izin untuk mengejarnya ke Eropa. Ketika atasannya menolak Frank membawa cek tersebut kepada para professional pencetak cek yang menginformasikan bahwa cek tersebut bisanya diterbitkan di Perancis. Akhirnya Carl pergi ke tanah kelahiran ibunya di Montrichard, Prancis. Sumber ini didapat dari hasil wawancara terdahulu dengan ibunya. Kemudian Carl menemukan Frank, dan memberitahu Frank bahwa polisi Prancis akan menangkap dan membunuhnya apabila dia tidak keluar dengan Carl. Awalnya Frank menganggap Carl berbohong, namun ketika Carl diminta bersumpah atas nama putrinya, Frank percaya. Ketika keluar, Carl dan Frank disambut oleh polisi Prancis, lalu Frank dibawa dan carl berjanji akan membawa Frank Kembali ke Amerika Serikat.

                                     Ilustrasi : https://www.hollywood.com

Setelah proses ekstradisi yang panjang, akhirnya Carl berhasil membawa pulang Frank ke Amerika Serikat. Dalam perjalanan pulang di pesawat, Frank meminta izin kepada Carl untuk menghubungi ayahnya terlebih dahulu begitu sampai di bandara. Namun Carl akhirnya menceritakan bahwa ayahnya telah meninggal, akibat kecelakaan jatuh dari tangga di stasiun. Mengalami duka yang begitu dalam, Frank melarikan diri melalui toilet pesawat, dan langsung menuju rumah ibunya. Disana dia melihat ibunya, kekasih gelap ibunya yang saat ini telah menjadi suaminya, dan adik tirinya. Di saat yang bersamaan polisi datang dan Frank menyerahkan diri dan divonis 12 tahun penjara di penjara berpenjagaan maksimum di Atlanta. Seiring jalannya waktu, Carl sering mengunjungi Frank. Satu saat, Carl bercerita akan tugasnya saat ini di dalam menangkap penjahat yang licin, Frank ingin melihat bukti check palsunya dan menunjukan keterkaitan pelakunya. Karena kepiawaiannya, Carl meyakinkan FBI untuk menarik Frank sebagai agen pemerintah federal di dalam menghabiskan hukumannya yang bekerja untuk Unit Kejahatan Keuangan FBI di bawah kepemimpinan Carl. Setelah bekerja di FBI, dia merindukan saat-saat pengejaran dengan carl, bahkan mencoba berperan sebaga pilot maskapai lagi. Namun hal ini diketahui oleh Carl, dan menegaskan kepada Frank resiko yang kan dia tanggung apabila melakukan pelarian. Dan meyakinkan Frank bahwa terkadang mudah hidup dalam kebohongan. Akhirnya Carl memberinya ruang dan meyakinkan bahwa Frank akan kembali pada hari berikutnya, karena tidak ada satupun FBI yang mengejarnya. Pada hari senin berikutnya, Carl khawatir karena Frank belum menunjukan tanda-tanda kehadirannya di kantor. Namun selang berapa waktu, Frank datang terlambat dan menyusul Carl ke ruang rapat di dalam membahas kasus mereka selanjutnya.

Diakhiri cerita bahwa Frank William Abagnale Jr telah menikah selama 26 tahun, memiliki tiga orang anak dan hidup tenang di Midwest. Sejak dibebaskan dari penjara tahun 1974, Frank telah membantu FBI memecahkan kasus-kasus pemalsuan cek dan dianggap dia sebagai aparat paling pintar dalam masalah penggelapan dan pemalsuan cek. Frank juga telah menciptakan cek yang aman yang digunakan oleh banyak bank  dan perusahaan di daftar 500 Fortune. Atas jasa-jasanya, perusahaan-perusahaan itu membayar jutaan dolar pertahun. Frank dan Carl masih bersahabat hingga sekarang ini.

  • PROBLEM IDENTIFICATION

Frank William Abagnale Jr. mengalami perubahan pada hidupnya di saat ayahnya mengalami permasalahan dengan Dinas Pajak ( IRS ) terkait penggelapan dana pajak. Lalu pengajuan permohonan pinjaman ayahnya pun ditolak di Chase Manhattan Bank karena permasalahan pajak itu, sehingga ayahnya harus menjual seluruh asset yang dimilikinya, dan memaksa mereka pindah ke lingkungan baru yang lebih kecil. Sebelum jatuhnya bisnis sang ayah, keluarga mereka merupakan keluarga yang harmonis dan berada pada status sosial kalangan atas. Seiring berjalannya waktu, sang ibunda tidak mampu bertahan hidup dalam kemelaratan, sehingga selingkuh dengan teman ayahnya Jack Barnes, Presiden Klub Rotary International. Perselingkuhan ini sudah diketahui oleh Frank Jr jauh sebelum kasus perceraian kedua orang tuanya memanas. Hal ini akhirnya memicu perceraian, yang menghancurkan kehidupan keluarga Frank Abagnale Jr. Ketika Frank harus memilih antara kedua orang tuanya, dia pun melarikan diri dari rumahnya tanpa membawa sepeserpun uang. Yang ada hanya satu buku cek, yang ternyata merupakan cek kosong. Disinilah awal mula Frank Abagnale Jr mulai melakukan pemalsuan cek dan manipulasi peran, untuk mempermudah pencapaian tujuannya.

                                            Ilustrasi : https://www.inspiringimages.org

Frank Jr begitu sayang dan hormat terhadap ayahnya, dan dia mau memberikan yang terbaik kepada ayahnya agar ibundanya mau kembali kepada ayahnya. Setiap hal yang di lakukan selalu mengikuti cara ayahnya bersikap. Motto hidup ayahnya, cara ayahnya menarik perhatian orang, ada beberapa ilmu dan kebiasaan ayahnya yang diterapkan oleh Frank Jr.

Berbagai manipulasi peran dan pemalsuan terhadap berbagai coding cek, membuat dia harus terus berbohong untuk menutupi kebohongan yang lainnya. Hidup dari satu kebohongan menuju kebohongan yang lainnya. Ketika Frank semakin lihai di dalam melakukan manipulasi, tingkat kerugian yang bersifat material semakin besar. Dan ini mejadi perhatian dari salah satu Agen FBI yang mendapat tugas untuk mengusut, melacak, bahkan menangkap Frank Abagnale Jr. Agen FBI ini membawahi Unit Kejahatan Keuangan, yang salah satunya mengejar target terkait penggelapan dana keuangan perbankan.

  • CRITICAL THINKING

    NO

    TOKOH KARAKTER UTAMA

    PERAN

    KARAKTER POSITIF

    KARAKTER NEGATIF

    1

    Frank Abagnale Jr

    Manipulasi Peran

    Cerdas, Kreatif,, Inovatif, Percaya diri, Komunikatif, Good Influencer, sayang dengan ayahnya, bersahabat.

    Manipulatif

    2

    Frank Abagnale Sr

    Ayahnya Frank Jr

    Pekerja keras, setia, sayang dengan keluarga, gigih

    Melakukan penggelapan pajak

    3

    Paula Abagnale

    Ibunda Frank Jr

    Ibu yang penyayang

    Tidak setia serta materialistis

    4

    Carl Hanratty

    Agen FBI

    Pekerja keras, jujur, Tangguh, tidak mudah menyerah, berwibawa.

    Terlalu serius, sulit bergurau. Mudah percaya.

    5

    Earl Amdursky

    Agen FBI 1

    Pekerja keras, jujur

    5

    Tom Fox

    Agen FBI 2

    Pekerja keras, jujur

    6

    Witkins

    Agen FBI 3

    Pekerja keras, jujur

    7

    Brenda Strong

    Calon Tunangan Frank Jr.

    Polos, lugu, baik hati, religius.

    Rapuh

    8

    Roger Strong

    Ayah Brenda

    Pintar, mapan, religius, setia.

    Ambisius

    9

    Carol Strong

    Ibunda Brenda

    Religius, penyanyang, setia.

    10

    Jack Barnes

    Ketua Klub Rotary International

    Mapan, sukses, komunikatif

    Tidak setia kawan, musuh dalam selimut.

    Selama perjalanan hidupnya, didalam mempertahankan kebohongan satu dengan kebohongan lainnya, Frank Abagnale Jr, melakukan manipulasi peran demi pencapaian tujuannya. Hal ini selalu berhasil dan sukses dengan tingkat kepercayan dirinya yang tinggi, ketenangan yang dimilikinya dan melakukan pengamatan terlebih dahulu, didukung dengan tingkat kecerdasan yang di atas rata-rata.

  • ANALYTICAL THINKING

DECISION MAKING, LEARNING, CREATIVITY, AND ENTREPRENEURSHIP

6 ( Enam ) Langkah di Dalam Pengambilan Keputusan ( Step in The Decision-Making Process ), yaitu: 

MOTIVATION AND PERFORMANCE 

The Nature of Motivation

Frank Abagnale Jr. mengalami perubahan dalam hidupnya di saat ayahnya mengalami permasalahan dengan Dinas Pajak ( IRS ) terkait penggelapan dana pajak. Lalu pengajuan permohonan pinjaman ayahnyanya pun ditolak di Chase Manhattan Bank, sehingga ayahnya harus menjual seluruh asset yang dimilikinya, dan memaksa mereka pindah ke lingkungan baru yang lebih kecil. Seiring berjalannya waktu, sang ibunda tidak mampu bertahan hidup dalam kemelaratan, sehingga selingkuh dengan teman ayahnya Jack Barnes, Presiden Klub Rotary International. Hal ini memicu perceraian, yang akhirnya menghancurkan kehidupan keluarga Frank Abagnale Jr. Disinilah awal mula Frank Abagnale Jr mulai melakukan pemalsuan cek dan manipulasi peran, untuk mempermudah pencapaian tujuannya.

Motivasi sebagai kekuatan priskologis seseorang, tingkat usaha seseorang, dan tingkat ketekunan seseorang dalam menghadapi rintangan. Motivasi yang mendorong Frank Abagnale Jr lebih cenderung  berasal dari sumber ekstrinsik, sehingga perilaku yang lebih menonjol adalah perilaku ekstrinsik, dimana Frank melakukan hal tersebut untuk dapat memperoleh materi, mapun penghargaan sosial. Hal ini dikarenakan dia melihat bahwa ayahnya yang ditinggalkan oleh ibunya ketika kondisi perekeonomian keluarga memburuk. Dan dia berencana membalikan Kembali keadaan seperti semula dan membantu ayahnya bangkit. 

Social Learning Theories

Dalam pemaparannya Film Catch Me If You Can, kisah dari Frank Abagnale Jr, yang akan diangkat adalah mengenai Teori Pembelajaran Sosial ( Social Learning Theories ). 

Teori pembelajaran sosial ( Social Learning Theories ) menjelaskan bahwa motivasi berasal tidak hanya dari pengalaman langsung, penghargaan, dan hukuman, tetapi juga dari pikiran dan keyakinan seseorang. Teori pembelajaran sosial memberikan pemahaman tentang motivasi dengan menjelaskan tiga hal berikut : 

1. Vicarious Learning : Terjadi ketika seseorang termotivasi untuk melakukan suatu perilaku dengan melihat orang lain (model) melakukan perilaku tersebut dan diperkuat secara positif untuk melakukannya. 

Berbagai usaha dengan merubah kode-kode krusial cek dilakukan oleh Frank Jr, mencoba peruntungan dengan mencairkan cek palsunya dari satu bank ke bank lainnya. Ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil. Di tengah perjalanannya dia bertemu para pilot dan pramugari yang sedang bertugas dan menginap di salah satu hotel. Ketika dia melihat tingginya penghotmatan orang-orang disekitarnya terhadap profesi tersebut, maka dia memutuskan untuk memasuki dunia maskapai khususnya di profesi pilot dan dimulai dengan Perusahaan Pan Amerika Airways dan menyamar menjadi juru artikel untuk koran sekolah dari SMU Murrow. Dia mempelajari segala hal mendetail tentang dunia penerbangan khususnya terkait bidang kerja Pilot di Pan Amerika Airways.

Dalam hal ini para pembelajar harus memenuhi kondisi berikut:

==> Pembelajar secara akurat memahami perilaku model

Manipulasi Peran Saat Menjadi Co Pilot dan Pilot

Frank Jr mencoba menyelami bidang profesi Pilot dan menggali informasi dengan memainkan peran sebagai juru artikel sebagai Frank Black untuk koran sekolah.

Manipulasi Peran Saat Menjadi Dokter

Frank Jr mencoba menyelami bidang profesi dokter sebagai Frank Conners dan menggali informasi dari pihak internal terlemah, yang mana saat itu dia menggali dari perawat Brenda yang masih terhitung baru disitu.

Manipulasi Peran Saat Menjadi Pengacara

Ketika berkenalan dengan keluarga Brenda, ayah Brenda merupakan seorang pengacara, dan dia mengaku sebelum menjadi dokter, dia pernah memiliki pengalaman lulus ujian pengacara di California dan praktek hukum 1 tahun.

==> Pembelajar mengamati model yang melakukan perilaku

Manipulasi Peran Saat Menjadi Co Pilot dan Pilot

Saat melakukan penyamaran menjadi juru artikel sekolah, Frank menanyakan hal-hal detail tentang dunia maskapai, dan mulai mengerucut mengajukan pertanyaan mengenai dunia penerbangan, khususnya yang berkaitan dengan profesi pilot.

Manipulasi Peran Saat Menjadi Dokter

Frank Jr masuk sebagai pengawas dokter magang dan perawat-pearwat baru. Sebagai bahan referensinya, Frank Jr menonton film-flm yang berkaitan erat dengan dunia kedokteran.

Manipulasi Peran Saat Menjadi Pengacara

Saat berperan sebagai dokter, dan dia berkunjung ke orang tuanya Brenda, dia memperhatikan gerak-gerik ayahnya Brenda, dan meyakinkan bahwa dia memiliki pengalaman di bidang hukum, lalu meminta masukan agar dirinya dapat mengikuti ujian pengacara New Orleans di Lousiana State Bar Exam

==> Pembelajar mengingat perilaku tersebut

Baik sebagai pilot, dokter, ataupun pengacara, Frank Jr selalu mencoba mengamati dan meniru perilaku dari masing-masing peran yang sedang dijalankannya. Dia merupakan observer handal.

==> Pembelajar memiliki keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan perilaku tersebut

Frank Jr memiliki kemampuan di dalam meyakinkan pihak lain serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dia selalu tenang dan dapat mengatasi situasi dan kondisi yang serba tidak dapat diprediksi tersebut. Di samping itu, Frank Jr juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata, sehingga kemampuan dia di dalam menyerap pola tingkah perilaku profesi yang sedang dimainkannya begitu terasa nyata.

==> Pembelajar melihat atau mengetahui bahwa model tersebut diperkuat secara positif untuk melakukan perilaku tersebut.

Dorongan motivasi untuk merubah keadaan hidupnya dan agar dipandang status sosialnya, memaksa dia terus memanipulasi keadaan dengan hidup dalam dunia penuh kebohongan.

2. Self Reinforcement : Merupakan bentuk penguatan diri hasil atau penghargaan yang diinginkan yang diberikan kepada diri mereka sendiri untuk kinerja yang baik, seperti perasaan puas saat pencapaiannya sesuai.

Frank Jr melakukan berbagai manipulasi peran dan pemalsuan cek dan dokumen legal. Awalnya dia mau membantu sang ayah untuk membalikkan keadaan seperti semula dan menarik kembali hati ibunya untuk kembali kepada sang ayah. Selain itu juga dia mencoba membuktikan diri untuk merubah hidupnya dan meningkatkan status sosialnya. Seiring jalannya waktu, dia mulai menimbun kekayaan dan membeli apa yang membuat dia dipandang sebagai orang sukses. Baik mobil, property ataupun perubahan pola gaya hidup. Hal ini dia lakukan sebagai pembuktian diri dan mencari kepuasan hati, bahwa dia mampu membalikan keadaan lebih baik. Kerja kerasnya di dalam melakukan manipulasi peran dan meyakinkan orang-orang di sekitarnya, membuat dia harus hidup dalam kebohongan. Segala pencapaian yang dia terima, dia menganggap bahwa itu hasil kerja keras dia.

3. Self-Efficacy : Efikasi diri ini merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk melakukan suatu perilaku sukses. Semakin besar efiaksi diri, semakin besar motivasi dan kinerja.

Frank Jr selalu memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga segala pola tingkah lakunya dianggap alami dan mampu meyakinkan orang-orang di sekitarnya. Dia selalu menganggap dirinya mampu menghadapi segala situasi apapun dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan ketenangan luar biasa, walaupun sudah pada kondisi terdesak, dia mampu dengan cepat mencari solusinya. Hal ini terlihat saat Agen FBI Carl Hanratty memergokinya di salah satu kamar hotelnya, dan dia dengan cepat mengubah perannya menjadi agen pemerintah yang sama-sama bertugas mengejar Frank Jr. Kekonsistenannya ini mengawal dia menuju tingkat kesuksesan.

MANAGING CONFLICT, POLITICS, AND NEGOTIATION

Dampak Konflik Terhadap Kinerja Organisasi

                    Sumber: Contemporary Management ( 2020 )

Dari ilustrasi di atas terlihat hubungan antara tingkat konflik dan tingkat kinerja dari suatu organisasi. Pencapaian kinerja yang optimal bukan karena tingkat konflik yang rendah ataupun bahkan tinggi. Terdapat satu titik optimum tingkat konflik untuk mendapatkan kinerja yang optimum. 

Optimum Level of Conflict Leads To Effective Decision Making and High Performance “.

Konflik itu sendiri sebaiknya tidak dihilangkan secara keseluruhan, tetapi dikelola dan dipertahankan pada posisi moderat dan tingkat fungsional untuk merubahnya menjadi keuntungan bagi suatu organisasi.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengenali Tipe Konflik, Sumber Konflik, dan menerapkan strategi yang efektif dengan konflik yang terjadi.

  • Tipe- Tipe Konflik  ( Types of Conflict )

                                                  Sumber: Contemporary Management ( 2020 )

Pada Film “Catch Me If You Can” tipe konflik yang terjadi, terdiri dari :

  1. Interpersonal Conflict, dimana konflik ini terjadi awalnya ketika memburuknya perekonomian keluarganya, sehingga ibunya melakukan perselingkuhan, dan akhirnya terjadinya perceraian, Perpisahan orang tuanya ini menjadi titik awal perubahan kehidupan seorang Frank Abagnale Jr.
  2. Interorganizational Conflict, dimana konflik ini terjadi karena melibatkan agen FBI, Maskapai Penerbangan, Bank, Rumah Sakit, Firma Hukum. Berbagai proses perjalanan Frank yang memalsukan cek dan berbagai dokumenlegal dan awalnya berperan sebagai pilot dalam satu maskapai, dilanjutkan sebagai dokter lalu pengacara. Hal ini memberikan banyak kerugian kepada pihak-pihak terkait. Hal ini menjadi perhatian bagi Carl Hanratty selaku agen FBI yang membawahi kejahatan bidang keuangan dan penggelapan bank untuk mengejarnya dan menangkapnya.
  • Sumber Konflik ( Sources of Conflict )

                                                  Sumber: Contemporary Management ( 2020 )

Pada Film “Catch Me If You Can” sumber konflik yang terjadi, terdiri dari :

1. Perbedaan Tujuan dan Cakrawala Waktu ( Incompatible Goals and Time Horizons )

Dalam hal ini Frank Jr mencoba melakukan tindakan-tindakan manipulatif di dalam mempengaruhi orang-orang di sekitarnya dan juga tugas-tugas yang dilakukannya dalam pencapaian tujuannya. 

2. Tumpang tindih Kewenangan ( Overlaping Authority )

Frank Jr selalu mengamati celah bidang yang akan dia masuki. Hal ini untuk meminimalisir resiko ancaman terbongkarnya penyamaran. Biasanya pemetaan kerja yang samar, menguntungkan bagi Frank Jr. Karena lemahnya tingkat pengawasan.

3. Tugas Yang Saling Mempengaruhi ( Task Interdependencies )

Beban terberat yang dia hadapi adalah saat akan melakukan penyamaran di maskapai penerbangan. Karena dia harus menyelesaikan tugasnya sebagai juru artikel sekolah 

terlebih dahulu, agar mendapat informasi yang sempurna terkait seluk beluk maskapai penerbangan dan dunia perpilotan. Setelah semua informasi terangkum secara sempurna, Frank Jr dapat mengeksekusi penyamarannya dengan sempurna.

4. Perbedaan Sistem Evaluasi atau Sistem Apresiasi ( Incompatible Evaluation or Rewards System )

Adanya perbedaan tantangan di setiap perusahaan yang Frank Jr masuki, tantangan terbesar adalah ketika dia memasuki Pan American, namun hal ini tetap dijalani Frank Jr, karena sistem gaji maskapai yang besar dan mudah dilakukan pengelapan melalu cek yang dibuat Frank Jr.

5. Kelangkaan Sumber Daya ( Scarce Resources )

Kelangkaan Sumber Daya, baik SDM maupun material menimbulkan konflik.

6. Ketidakkonsistenan ( Status Inconsistencies )

Frank Jr memilih menyamar menjadi pilot salah satunya adalah perhatian dan tingkat penghormatan yang tinggi yang ditujukan orang-orang disekitarnya terhadap profesi pilot. Kemudahan akses yang didapat membuat Frank Jr mengambil keputusan untuk memilih pilot sebagai salah satu peran manipulatifnya.

NEGOSIASI

Negosiasi adalah bagian dari teknik resolusi konflik yang penting untuk menghadapi konflik yang mana pihak-pihak yang berkonflik memiliki tingkat kekuasaan/posisi yang setara.

Arbiter : negosiator pihak ketiga yang dapat memaksakan apa yang diyakininya adalah solusi adil untuk perselisihan, dan pihak yang berselisih wajib mematuhi hal itu.

Karena kepiawaiannya, Carl Hanratty meyakinkan FBI untuk menarik Frank Jr sebagai agen pemerintah federal di dalam menghabiskan hukumannya yang bekerja untuk Unit Kejahatan Keuangan FBI di bawah kepemimpinan Carl Hanratty. Frank tidak memiliki pilihan, apabila tidak ingin mendekam lama di penjara, maka dia harus mau menerima tawaran dari Carl Hanratty untuk bekerjasama di dalam menangani kasus-kasus keuangan yang menjadi target operasi FBI.

TIPE NEGOSIASI

Integrative Bargaining: Kedua pihak merasa apabila mereka bisa meningkatkan porsi bagian atas sumber daya dengan cara memunculkan solusi yang kreatif untuk penyelesaikan konflik. Pada kondisi ini, konflik bukanlah kompetisi dan konflik ditangani melalui kolaborasi atau kompromi.

Pada kondisi ini, baik Frank Abagnale Jr maupun Carl Hanratty sama-sama memiliki kepentingan, dan solusi paling menguntungkan adalah dimana mereka dapat melakukan kolaborasi. Ketika mereka fokus kepada permasalahan yang terjadi, yaitu modus operandi dari kasus penggelapan dan pemalsuan cek yang sedang ditangani FBI. Kondisi distributive justice membuat mereka berdua mencapai kepentingan bersama mengenai solusi terbaik.

Dari sisi Frank Jr è Dia mendapatkan pembebasan bersyarat dari pemerintah, selama mau bergabung menjadi agen federal untuk menghabiskan hukumannya dengan bekerja untuk Unit Kejahatan Keuangan FBI. Dia tidak harus mendekam di dalam penjara, tapi dapat bekerjasama dengan FBI di dalam memanfaatkan kemampuan untuk mendeteksi cek-cek palsu dan mengidentifikasi pelaku penggelapan dana ataupun cek.

Dari sisi Carl Hanratty è Dengan memberikan pembebasan bersyarat kepada Frank Jr, maka divisinya mendapatkan tambahan sumberdaya manusia yang potensial untuk dapat membantu menangani kasus-kasus FBI yang menjadi target operasi mereka. Kemampuan menganalisa Frank Jr terhadap pola pemalsuan atau penipuan cek menjadi nilai tambah bagi kedua belah pihak.

POLITIK ORGANISASI

Politik Organisasi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakan kekuasaan secara efektif untuk mencapai tujuan atau mengatasi perlawanan atau oposisi.

Strategi politik merupakan taktik khusus yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakannya secara efektif untuk mempengaruhi dan mendapatkan dukungan orang lain sambil mengatasi perlawanan.

Strategi Politik Untuk Meningkatkan Kekuatan (Political Strategies for Increasing Power)

                                              Sumber: Contemporary Management ( 2020 )

  • Controlling Uncertainty (Mengontrol Ketidakpastian)

Berbagai kebohongan yang dilakukan Frank Jr tentu memaksa dia menghadapi situasi yang tidak akan pernah bisa diprediksi dan penuh dengan ketidakpastian. Salah satu cara meminimalisir hal itu adalah dengan melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk melihat peluang dan ancaman yang ada.

  • Being Irreplaceable (Tidak Tergantikan) 

Frank Jr memiliki pengetahuan atau keterampilan khusus yang berharga. Dia mampu melakukan manipulasi peran dan pemalsuan cek serta dokumen legal yang sempurna. Hal ini membuat dia memiliki nilai jual untuk Agen FBI agar dapat memanfaatkann ketrampilannya.

  • Being in a Central Position (Berada di Posisi Sentral)

Frank Jr memiliki kemampuan melihat celah dari perusahaan yang dia hadapi. Dia mampu melakukan pengambilan keputusan atas aktivitas dan sumber daya penting perusahaan yang digelutinya.

  • Generating Resources (Menghasilkan Sumber Daya) 

Frank Jr dapat dengan mudah menemukan celah-celah yang dapat memberikan dia peluang untuk masuk ke perusahaan. Terdapat beberapa titik lemah dari masing-masing bidang yang dia masuki dan dia pintar membaca situasi untuk memanfaatkannya menjadi sumber daya yang dia butuhkan..

  • Building Alliances (Membangun Aliansi) : 

Di dalam proses penyamaran tentu Frank Jr harus mampu mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain di dalam dan di luar perusahaan yang akan dia masuki.

Strategi Politik Untuk Pekasanaan Wewenang (Political Strategies for Exercising Power)

                                          Sumber: Contemporary Management ( 2020 )

  • Relying on Objective Information (Mengandalkan Informasi Tujuan) 

Didalam melaksanakan operasinya, Frank Jr selalu menggali informasi dari pihak internal dalam proses pengamatan 

  • Bringing in an Outside Expert (Menghadirkan Pakar Luar) 

Dalam pengamatannya, Frank Jr selalu melibatkan pendapat pakar untuk memberikan masukan yang kredibel dan akurat.

  • Controlling the Agenda (Mengontrol Agenda)

Dalam melakukan rencananya, Frank Jr selalu membuat detail terhadap segala hal untuk mempermudah proses eksekusi

  • Making Everyone a Winner (Menjadikan Setiap Orang Pemenang) 

Memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan dukungannya mendapatkan keuntungan pribadi dari memberikan dukungan itu.


PROBLEM SOLVING


Best Practise

Karena kepiawaiannya, Carl Hanratty meyakinkan FBI untuk menarik Frank Jr sebagai agen pemerintah federal di dalam menghabiskan hukumannya yang bekerja untuk Unit Kejahatan Keuangan FBI di bawah kepemimpinan Carl Hanratty. Frank tidak memiliki pilihan, apabila tidak ingin medekam lama di penjara, maka dia harus mau menerima tawaran dari Carl Hanratty untuk bekerjasama di dalam menangani kasus-kasus keuangan yang menjadi target operasi FBI.

Diakhiri cerita bahwa Frank William Abagnale Jr telah menikah selama 26 tahun, memiliki tiga orang anak dan hidup tenang di Midwest. Sejak dibebaskan dari penjara tahun 1974, Frank telah membantu FBI memecahkan kasus-kasus pemalsuan cek dan dianggap dia sebagai aparat paling pintar dalam masalah penggelapan dan pemalsuan cek. Frank juga telah menciptakan cek yang aman yang digunakan oleh banyak bank  dan perusahaan   di daftar 500 Fortune. Atas jasa-jasanya, perusahaan-perusahaan itu membayar jutaan dolar pertahun. Frank dan Carl masih bersahabat hingga sekarang ini.


Solusi dan Saran

Penerapan Transaction Processing System dapat diterapkan, karena ini erat kaitannya dengan transaksi level frontliner, sistem ini digunakan untuk menangani transaksi-transaksi yang bersifat rutin dan banyak terjadi. Sehingga peningkatan kualitas pembacaan cek melalui coding reader dapat lebih dipersempit spesifikasi identifikasinya, hal ini tentu dapat meminimalisir resiko lolosnya cek-cek palsu. Sama halnya dalam identifikasi uang palsu melalui sistem sinar uv, maka pengenalan cek dapat diidentifikasi dari coding cek yang terdapat pada lembaran cek dan juga memperhatikan ketentuan syarat fisik dari cek tersebut. Melakukan updating system antara pengecekan fisik secara manual dan penginputan coding yang terintegrasi dalam satu sistem.

Hal ini dapat dilakukan karena dengan transaksi yang bersifat rutin, sehigga dapat diprogram dalam software, sehingga dapat berjalan dengan cepat dan efektif.


HERTHA YAURINA ( 20/468805/NEK/00200 )


DAFTAR PUSTAKA


Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

https://yonulis.com/2020/11/05/chapter-7-decision-making-learning-creativity-and-entrepreneurship-chapter-8-the-manager-as-a-planner-and-strategist/

https://yonulis.com/2020/11/22/belajar-business-and-management-yuk-contemporary-management-chapter-13-15/

https://yonulis.com/2020/11/28/promoting-effective-communication-managing-conflict-politic-negotiation-and-using-information-technology-to-increase-performance/






Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Hertha

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format