Jerry Maguire: Agensi Atlet Olahraga yang Bersifat Personal


1
1 point

1. SINOPSIS

Gerald “Jerry” Maguire adalah pria berusia 35 tahun yang bekerja sebagai agen atlet di Sports Management International (SMI). SMI merupakan salah satu agensi atlet yang tersukses kala itu, memiliki lebih dari 1600 klien atlet, dan Jerry sendiri memiliki klien sebanyak 72 atlet. Namun, ia merasa tidak puas dengan cara SMI memperlakukan klien-kliennya, dimana ia merasa terdapat ketidakjujuran di SMI dan hubungan yang tidak personal dengan atlet-atletnya yang disebabkan oleh terlalu banyaknya jumlah klien atlet yang tergabung di SMI. Ia kemudian menuliskan suatu pernyataan yang kemudian ia bagi kepada seluruh rekan kerjanya, yang berisi bahwa ia merasa bahwa ia menginginkan ikatan yang bersifat pribadi dengan atletnya, dan bahwa ia ingin bekerja dengan klien yang lebih sedikit untuk mencapai hal itu. Akan tetapi, SMI justru mengirimkan juniornya sendiri, Bob Sugar, untuk memecatnya.

Setelah dipecat, Jerry dan Bob berlomba-lomba menghubungi klien Jerry untuk tetap berada di bawah pihak masing-masing. Bob berhasil membujuk beberapa klien-klien Jerry dengan teknik komunikasi yang baik, sedangkan Jerry kesulitan untuk membujuk satu klien pun. Puncaknya adalah ketika Jerry menghubungi salah satu kliennya Rod Tidwell, pemain berposisi wide receiver di tim Arizona Cardinals untuk membujuknya, namun Rod, yang sedang merasa kesal dan tidak puas karena kontraknya yang kurang, memperpanjang pembicaraan dengan Jerry untuk memastikan bahwa Jerry adalah agen yang cocok untuk Rod. Ketika percakapan itu telah selesai, Bob Sugar telah berhasil membujuk sisa klien Jerry, sehingga ia hanya memiliki satu klien saja, yaitu Rod.

Jerry pun meninggalkan gedung sambil mencoba untuk membujuk rekan-rekan kerjanya untuk bergabung di agensi atlet miliknya. Hanya satu orang yang ikut dengannya, yaitu Dorothy Boyd, seorang janda berusia 26 tahun. Jerry kemudian menghubungi keluarga Cushman di rumahnya untuk tetap menjadi kliennya, yang mana mereka mulanya setuju, namun kemudian memutuskan untuk kembali ke SMI satu hari sebelum draft night

Jerry kemudian berdebat dengan tungangannya Avery karena Avery merasa Jerry telah gagal. Kemudian Jerry beralih ke Dorothy dan anaknya Ray, dan memulai hubungan dengannya. Dorothy mendapatkan tawaran pekerjaan di San Diego, tetapi Jerry menahannya dengan memutuskan untuk menikahinya. Setelah menikah, Jerry memfokuskan dirinya kepada Rod, satu-satunya kliennya, untuk mendapatkan kontrak yang dia inginkan. Namun, keduanya saling bertengkar, dimana Rod merasa bahwa Jerry tidak cukup berusaha untuk mendapatkan kontraknya dan Jerry merasa Rod tidak bermain cukup baik untuk mendapatkan kontrak tersebut. Sementara itu, pernikahan Jerry dan Dorothy juga memburuk, dan mereka pun berpisah.

Dalam pertandingan antara Dallas Cowboys dan Arizona Cardinals, Rod bermain cukup baik, yang mana kemudian performanya ini berhasil mengamankan kemenangan bagi Cardinals, namun ia terjatuh dan pingsan setelah ia mencetak touchdown. Namun, ia kembali sadar dan merayakan kemenangannya tersebut. Setelah pertandingan, Jerry dan Rod menyambut satu sama lain di ruang ganti, menyadari bahwa hubungan antara klien dan agen mereka telah menjadi sangat personal, persis dengan pernyataan yang pernah ditulis oleh Jerry sebelumnya. Jerry kembali ke rumah Dorothy, dimana ia kembali menyatakan bahwa ia mencintai Dorothy, dan mereka kembali bersama. 

Rod kemudian muncul sebagai bintang tamu di salah satu acara TV, dimana ia diberi tahu bahwa Jerry telah berhasil mendapatkannya kontrak besar yang ia inginkan. Rod kemudian mengucapkan terimakasihnya ke seluruh rekan dan kerabatnya, dan terakhir ke Jerry. Jerry setelah itu bercakap dengan atlet lainnya yang mana mereka menghargai hasil kerja Jerry yang tetap tegun dengan pernyataannya, dan berkemungkinan untuk mendaftar di agensinya sebagai klien.

Film diakhiri dengan adegan dimana Ray, anak Dorothy, melempar bola baseball yang jatuh di dekatnya, yang mana hal ini mengagetkan Jerry. Jerry kemudian bergurau tetang salah satu peluang karir Ray di masa depan sebagai atlet baseball.

2. ISU PERMASALAHAN

Akar dari permasalahan yang awalnya dialami oleh Jerry dalam film ini adalah gagalnya ia mendapatkan dan membujuk klien lamanya di SMI, sehingga hanya ada tersisa satu klien di agensinya, yaitu Rod Tidwell. Selain itu, ia juga gagal menarik atlet-atlet baru untuk bergabung dengan agensinya. Karena terpuruknya ia ketika gagal, Jerry pun mengalami kesulitan dalam kehidupan pribadinya

3. CREATING COMPETITIVE ADVANTAGE

Competitive Advantage: Menganalisis kasus ini dari sisi keunggulan kompetitif, agensi Jerry sebenarnya memiliki satu keunggulan yang mampu membuat mereka bersaing dengan agensi lain apabila disandingkan di pasar, yaitu misi Jerry yang ini menjalin hubungan dengan klien-klien atletnya secara personal atau pribadi. Hubungan personal ini menjadi nilai tambah (value added) bagi klien-kliennya yang ingin mencari agen yang lebih terpercaya dan lebih mengerti tentang kepribadian atlet-atlet tersebut, sehingga agen tersebut dapat mendaratkan kontrak-kontrak yang lebih sesuai dan cocok dengan kebutuhan para klien atlet tersebut.

Competitor Analysis: Apabila kita melihat kasus ini dari segi kompetitor, satu nama yang muncul secara dominan di film ini adalah SMI, yaitu salah satu agensi atlet terbesar di Amerika dengan lebih dari 1600 klien dan juga agen-agennya yang handal dan profesional. Kekuatan mereka ada di letak profesionalitas dan kecepatan mereka dalam mendapatkan kontrak yang cocok dengan klien-klien atlet mereka. Namun mereka memiliki kelemahan dimana hubungan agen kepada klien atletnya hanya sekedar hubungan partner bisnis dan bertindak semata-mata berdasarkan profit. Hal ini tampak jelas di awal film dimana Jerry merasakan bahwa SMI “menelantarkan” permasalahan atlet-atlet mereka yang tidak berorientasikan profit.

Competitive Marketing Strategy: Jerry Maguire dapat mengembangkan strategi yang mampu membuat agensinya dapat bersaing dengan cara memasarkan agensinya yang mengutamakan hubungan personalnya untuk menarik klien-klien yang sudah menyelami bidang olahraganya dalam kurun waktu yang lumayan lama. Klien-klien ini biasanya mencari agen yang lebih mengetahui mereka secara personal agar dapat mendatangkan kontrak yang sesuai secara jangka panjang. Hindari klien-klien pendatang baru dalam bidangnya seperti Frank Cushman yang bahkan belum diterima di tim manapun karena klien baru akan memprioritaskan kecepatan dan profit jangka pendek dan biasanya memiliki tujuan mengkokohkan posisinya di bidang olahraga masing-masing ketimbang melikir kontrak jangka panjang.

Treacy dan Wieserma mengembangkan teori dimana perusahaan dapat mengambil posisi unggul dengan tiga strategi:

Operational Excellence: Perusahaan harus memberikan value lebih dengan cara mengungguli kompetitor dari sergi harga dengan mengurangi kos dan juga membentuk prosedur operasi yang lebih efektif. Agensi Jerry Maguire berpotensi memiliki keunggulan ini dibandingkan dengan SMI, karena misi Jerry adalah “fewer clients, less cost” yang berarti mengampu lebih sedikit klien sehingga berpengaruh terhadap lebih rendahnya kos operasional yang dikeluarkan. Dengan ini, agensi Jerry dapat memasang harga

Customer Intimacy: Kemampuan perusahaan memberikan value lebih dengan cara memberikan produk yang cocok dengan segmentasi preferensinya. Agensi Jerry Maguire tentu sudah melakukan ini dengan sifat agensinya yang memiliki sedikit saja klien namun hubungan antara agen dan klien tersebut lebih personal. Sifat agensi seperti ini umumnya lebih dipreferensikan oleh atlet-atlet veteran yang sudah bertahun-tahun mendalami bidangnya, karena atlet profesional memiliki tujuan memiliki relasi yang baik dengan agen dan juga timnya secara jangka panjang. Dengan sifat agensi yang lebih intim, mereka dapat dengan lebih mudah mendapatkan kontrak yang cocok dan aman bagi karir mereka dalam olahraga dan juga karir mereka setelah pensiun.

Product Leadership: Perusahaan memberikan value yang lebih dengan cara memberikan produk yang lebih unggul dan lebih mutakhir. Agensi Jerry Maguire dapat menyusuri prinsip ini dengan cara terus memberikan jasa agensi terhadap kliennya dengan bersifat personal dan dekat tersebut, karena sudah banyak agensi yang memberikan hubungan yang lepas dan murni bisnis. Sifat agensi Jerry Maguire dapat dikatakan lebih mutakhir dan fleksibel dibandingkan dengan pesaingnya.

4. ENGAGING CONSUMERS AND COMMUNICATING CUSTOMER VALUE

Dalam film ini, dapat diketahui bahwa salah satu permasalahan yang timbul di agensi Jerry Maguire adalah gagalnya ia dalam menarik klien-klien lamanya dan juga gagalnya ia menarik atlet-atlet baru. Hal ini jelas disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan interaksi Jerry dengan klien-klien lamanya dan juga dengan potensi klien-klien baru lainnya. Selain itu, sebagai agensi baru, Jerry juga belum mampu melakukan promosi besar-besaran untuk memperkenalkan agensinya kepada calon klien yang lain. Dalam hal meraih keunggulan kompetitif, salah satu cara lain yang dapat digunakan adalah dengan melakukan pendekatan langsung kepada konsumen dengan cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka. Ini bisa dilakukan dengan cara mempromosikan agensi Jerry dengan beberapa cara-cara berikut:

Advertising: Pengiklanan, yang berarti membayar suatu media tertentu untuk mengenalkan agensinya. Dalam konteks ini, hal yang dapat dilakukan Jerry soal pengiklanan mungkin terbatas, karena atlet memang bukan ranah konsumen yang luas dan tak terbatas. Oleh karena itu, opsi ini kurang disarankan.

Personal Selling: Interaksi secara personal oleh tenaga sales perusahaan dengan tujuan untuk mendekati konsumen dan membentuk hubungan relasi. Metode ini sangat cocok digunakan Jerry apabila ia ingin mencari klien baru, karena metode ini sangat cocok dengan visi dan misi perusahaannya. Dengan koneksinya yang luas dengan mantan klien-klien lamanya, Jerry dapat melakukan pendekatan secara langsung kepada calon-calon klien baru dan membujuk mereka secara perlahan dan pasti.

Public Relations: Membentuk reputasi dan hubungan positif perusahaan dengan mendapatkan publikasi yang menguntungkan, membentuk imej perusahaan yang baik, dan menangani rumor dan cerita-cerita buruk lain. Setelah kemenangan Rod Tidwell dan keberhasilan Jerry mendapatkan kontrak yang cocok untuk Rod, agensi Jerry tentu akan mendapat sedikit imej positif dari massa. Dengan adanya gambaran positif tersebut, agensi Jerry akan mampu mendatangkan calon klien-klien baru dengan sendirinya.

5. DIGITAL MARKETING

Satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika membicarakan tentang metode marketing, terutama metode digital yang sangat tergantung kepada kemajuan teknologi, adalah bahwa setting cerita di film tersebut adalah di tahun 1996, yang berarti opsi media untuk mempromosikan agensinya secara digital pun masih terbatas. Namun, hal ini tidak berarti opsi yang ada tersebut tidak efektif. Pada tahun 1996, internet sudah mulai luas digunakan, walaupun tidak semua orang memiliki akses praktis akan teknologi internet tersebut kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, digital marketing melalui internet harus dilakukan secara hati-hati dan penuh kalkulasi, untuk memaksimalkan efekftivitas dan efisiensi marketing tersebut.

Salah satu cara yang dapat Jerry gunakan untuk melakukan proses digital marketing adalah dengan menggunakan e-mail yang dikirim pribadi ke calon-calon klien atau direct-mail marketing. Segmentasi klien agensi Jerry Maguire adalah atlet, jadi dapat diasumsikan bahwa setidaknya 60% dari mereka memiliki akses ke internet atau media komunikasi jarak jauh lainnya, sehingga metode ini dapat dipertimbangkan. Mengapa menggunakan direct-mail marketing? Dengan menggunakan metode ini, pesan iklan yang disampaikan ke calon klien tersebut akan bersifat lebih personal, yang mana hal ini selaras dengan visi dan misi agensi Jerry. Selain itu, hasil dari metode ini mudah diukur dan dianalisis, karena metode ini cukup straightforward dan simpel, yang mana hasilnya adalah balasan e-mail dari masing-masing klien yang dikirim e-mail, apakah mereka menerima tawaran tersebut atau tidak. Alasan ketiga adalah metode ini, walaupun menghabiskan lebih banyak waktu daripada menggunakan iklan di koran atau di media lainnya, hasilnya akan lebih efektif dibandingkan dengan iklan koran atau media lainnya. 

6. SOLUSI

Setelah menganalisis akar dari isu permasalahan yang dialami oleh agensi Jerry Maguire, dapat disimpulkan bahwa isu permasalahan terbesar yang menyebabkan agensi Jerry Maguire sulit mendatangkan klien adalah kurangnya interaksi dan komunikasi Jerry Maguire dengan calon klien. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, yang paling jelas salah satunya adalah kurangnya tenaga kerja untuk melakukan hal tersebut, dan juga kurangnya biaya dan sumber daya lain untuk melakukan tindakan apapun. Mempertimbangkan hal tersebut dan juga meempertimbangkan analisis dari ketiga materi yang telah dipaparkan sebelumnya, ada beberapa hal yang agensi Jerry Maguire dapat lakukan untuk mengambil keunggulan kompetitif dan menarik klien, beberapa diantaranya:

  • Melakukan digital marketing direct-mail marketing dengan cara mengirimkan e-mail langsung kepada calon klien
  • Mempromosikan kualitas jasa agensinya melalui kesuksesan dan kepuasan Rod Tidwell sebagai testimoni
  • Menargetkan segmen atlet veteran yang sudah bermain dalam bidangnya sejak lama dan lebih tertarik untuk mencari kontrak jangka panjang dibandingkan dengan kontrak yang cepat
  • Menambah interaksi dengan calon klien dengan merekrut satu orang tambahan yang dapat menangani urusan marketing dan juga menjadi agen kedua dalam agensinya
  • Terus menjaga hubungan yang personal dengan klien, terutama dengan Rod Tidwell sebagai klien utama, untuk menjaga keunikan agensi tersebut yang akan menjadi identitas tersendiri

Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format