Kingsman The Golden Circle : Agen Rahasia Menggagalkan Rencana Kartel Narkoba

Kingsman dan Statesman yang merupakan agen rahasia independen berusaha menggagalkan Rencana The Golden Circle yang merupaka kartel narkoba terbsesar di dunia.


1
1 point

Sinopsis

Film ini menceritakan bagaimana konflik yang terjadi antara Kingsman beserta Statesman dan The Golden circle yang meracuni masyarakat melalui narkoba. Kingsman yang dikepalai oleh Arthur merupakan sebuah organisasi agen rahasia independen yang beranggotakan Eggsy, Harry Hart (Galahad), Merlin, Roxy. Statesman yang dikepalai oleh Champange juga merupakan organisasi agen rahasia independen yang beranggotakan, Tequila, Whiskey, Gingger Ale, dan banyak lainnya. Sedangkan The Golden Circle yang dikepalai Poppy merupakan organisasi bawah tanah yang menjadi kartel narkoba terbesar di dunia dan beranggotakan Charlie, Angel, dan banyak lagi anggota lainnya. 

                                                                  Gambar 1. Agen Eggsy, salah satu agen Kingsman

Film ini diawali oleh Charlie yang merupakan salah satu pelamar kingsman yang gagal menyerang Eggsy yang sedang bersiap untuk kembali kerumah. Pertarungan sengit pun terjadi diantara keduanya namun akhirnya Eggsy berhasil kabur dari serangan Charlie. Saatberhasil kabur ternyata tangan robot milik Charlie tertinggal di mobil yang dikendarai Eggsy dan karenanya tangan robot tersebut berhasil mencuri data-data yang dimiliki oleh Kingsman, namun Eggsy dan Merlin selaku asistan agen kingsman tidak menyadari bahwa adanya tangan robot milik Charlie yang tertinggal tersebut. Tidak lama kemudian Poppy yang memiliki rencana yang buruk merasa bahwa Kingsman merupakan salah satu yang akan menghalangi langkahnya saat melakukan rencananya. Tidak tanggung tanggung Poppy pun membabi buta untuk menyerang seluruh Basecamp yang dimiliki oleh Kingsman dengan rudal berkekuatan ledakan besar. Serangan tersebut pun tidak terhidari oleh Arthur yang saat itu sedang mengadakan meeting, ia menyadari adanya serangan tersebut saat beberapa anggota dalam meeting tersebut hilang satu persatu. Begitupun dengan roxy, saat ia sedang beristirahat di markas Kingsman turut di musnahkan beserta markas besar Kingsman oleh rudal milik Poppy. Adapun rumah pribady Eggsy juga di bumi hanguskan oleh Poppy yang menewaskan temannya yaitu Brandon beserta anjing miliknya yaitu JB. Beruntuknya pada saat penyerangan tersebut terjadi Eggsy sedang makan malam bersama kekasihnya Pricess Tilde beserta keluarganya. Merlin pun beruntung karena pada saat penyerangan tersebut terjadi ia sedang bepergian keluar. Akhirnya Merlin dan Eggsy pun menyadari bahwa sistem Kingsman telah diretas saat penyerangan Charlie terhadap Eggsy. Hal ini memicu memanasnya konflik yang terjadi antara kedua organisasi ini.

Eggsy dan Merlin pun menggunakan cara terakhir yang dimiliki oleh Kingsman yang bernama “Protokol Kiamat”. Mereka menuju ke sebuah Wine Merchants dan mencari petunjuk yang telah dirancang oleh Kingsman. Merekapun menemukan brankas yang telah lama dimilik Kingsman di toko wine tersebut yang ternyata isi dari brankas tersebut adalah sebotol wine. Akhirnya Charlie dan Eggsy pun bersulang untuk teman mereka yang telah gugur. Setelah hamper menghabiskan wine, Eggsy menyadari adanya petunjuk pada botol wine tersebut. Pada botol tersebut tertulis kota Kentucky, dan Eggsy pun menyadari itu adalah sebuah petunjuk bagi mereka untuk pergi ke kota Kentucky, dan mereka pun memutuskan untuk pergi ke kota tersebut. 

                            Gambar 2. Eggsy menemukan petunjuk pada botol yang diminumnya bersama Merlin

Sesampainya di kota Kentucky mereka mendatangi pabrik Statesman untuk mendapatkan beberapa petunjuk, alhasil mereka dihadang oleh Tequila dan tertangkap olehnya karena masuk ke daerah mereka tanpa izin. Eggsy dan Merlin pun di-introgasi oleh Tequila karena di curigai ingin mencuri sesuatu di Statesman. Tequila tidak mempercayai bahwa mereka merupakan anggota Kingsman dan Tequila-pun mengancam untuk menembak Harry yang merupakan salah satu agen senior Eggsy. Beruntungnya hal tersebut di cegah oleh agen Gingger Ale yang menemukan kesamaan tekhnologi yang digunakan oleh Merlin dan Harry. Tequila dan Gingger Ale merupakan salah satu dari agen rahasia dari organisasi agen rahasia independen yang bernama Statesman yang dikepalai oleh . Eggsy dan Merlin pun terkejut bersyukur karena Harry masih hidup, karena di sekuel film Kingsman sebelumnya ditutup oleh Harry yang tertembak tepat dikepalanya. Namun ternyata Harry yang selamat atas tembakan ternyata mengalami amnesia yang sangat parah. 

Selanjutnya Eggsy pun diperkenalkan kepada Champange (Champ) selaku pemimpin organisasi Statesman. Champ pun memberi sumber daya besar pada Kingsman berupa semua fasilitas yang ada pada Statesman untuknya. Pada misi tersebut Cham menyerahkan agen Whiskey yang dimana merupakan salah satu agen terbaik Statesmen untuk mendampingi Eggsy. Eggsy bersama Whiskey pun mencari petuntuk ke suatu festival music yang berada di Glasto, sesampainya disana Eggsy bertemu dengan mantan kekasih Charlie dan menanamkan pelacak padanya. 

Selanjutnya Poppy meretas siaran langsung televise dunia, Poppy menyampaikan bahwa ia telah menyebarkan virus yang berada pada narkoba miliknya, adapun virus tersebut menjangkit masyarakat yang mengkonsumsi narkoba miliknya. Tanda seseorang yang terjangkit virus tersebut yaitu munculnya ruam biru di seluruh tubuhnya dan dalam jangka waktu dekat orang yang terjangkit virus akan meninggal. Saat itu pula kekacauan terjadi di seluruh penjuru negeri, ia pun menawarkan vaksin yang telah dibuat olehnya namun dengan beberapa syarat yang sangat berat diterima oleh presiden. Adapun syarat yang harus dipenuhi presiden untuk mendapatkan vaksin tersebut yaitu presiden harus melegalkan semua jenis narkoba, menurukan pendapatan penegak hokum, dan lain sebagainya. Presiden pun menolak mentah mentah tawaran Poppy karena itu syarat yang tidak masuk akal baginya. 

                         Gambar 3. Poppy saat menyadap saluran TV untuk melakukan negosiasi dengan presiden

Berbeda pandangan dengan presiden, Statesman dan Kingsman ingin menyelamatkan warga yang terjangkit virus tersebut dan berjuang untuk merebut vaksin yang dimiliki Poppy. Tidak lama kemudian Eggsy dan teman- temannya mendapatkan petunjuk setelah menyadap telefon milik Clara yang menghubungi Charlie karena ia pun terjangkit virus milik The Golden Circle dan meminta vaksin kepada Charlie. Charlie menyuruh Clara untuk dating ke itali untuk memberikan vaksinya. Saat menemukan petunjuk tersebut Eggsy, Whiskey, dan Harry pun bergegas pergi ke Italy untuk merebut vaksinnya. 

Sesampainya disana, Eggsy, Whiskey dan Harry pun mendapatkan vaksin, namun mereka dikejar oleh segerombolan pengikut Charlie. Saat pertempuran hebat tersebut berlangsung, Whiskey menarik tangan Eggsy yang sedang memegang botol vaksin untuk menghindari tembakan musuh yang tidak disadari oleh Eggsy. Akibatnya vaksin tersebut terlempar ke tanah dan pecah. Eggsy pun marah kepada Whiskey karena telah menggagalkan rencana mereka. Harry dengan instingnya menilai bahwa Whiskey tidak sependapat dengan misi mereka untuk merebut vaksin. Lalu dengan sengaja Harry mengambil keputusan untuk menembak kepala Whiskey. Kejadian tersebut membuat keadaan semakin runyam, Eggsy semakin bingung dengan apa yang di pikirkan oleh Harry dan beranggapan bahwa Harry belum sembuh dari penyakitnya. Eggsy pun segera menggunakan gel Alpha kepada Whiskey untuk mengurangi kerusakan yang terjadi karena tembakan tersebut dan membawanya kembali.

Sesampainya di markas, Whiskey pun dirawat dengan menggunakan teknologi canggih milik Statesman. Disisi lain Eggsy mendapat telefon dari kekasihnya, ia pun menyadari bahwa kekasihnya terdampak virus tersebut. Hal itu membuat Eggsy panik dan memaksa Harry dan Merlin untuk bergegas mendapatkan vaksin tersebut kembali. Merekapun mendapatkan petunjuk untuk pergi ke kamboja yang dimana disanalah lokasi Poppy bersembunyi selama ini. Eggsy, Harry dan Merlin pun menuju kamboja dengan fasilitas yang diberikan Statesman kepada mereka. Tidak lama setelah itu Whiskey yang tersadar kembali dan ia bergegas menyusul Eggsy dan kawan-kawan untuk pergi ke kamboja. 

Eggsy, Harry dan Merlin pun sampai di Kamboja dan melihat markas milik The Golden Circle. Mereka melihat beberapa penjaga yang berada di depan gerbang Poppy. Karena terlalu fokus mengintai penjagaan markas Poppy, Eggsy terpijak ranjau milik Poppy. Merlin pun memberikan Spray untuk mematikan pemantik ranjau tersebut untuk sementara waktu, dan langsung mendorong Eggsy. Ternyata Merlin berkorban untuk menggantikan pijakan ranjau yang ter-injak Eggsy yang mengakibatkan dirinya sendiri dalam bencana. Merlin memanggil para penjaga agar para penjaga tersebut mendekatinya, saat penjaga tersebut mendekatinya ia pun melepaskan pijakannya dan membuat ledakan yang mengakibatkan penjaga gerbang dan dirinya mati. Eggsy pun bersedih karena dirinya mengakibatkan Merlin mengorbankan dirinya.

Eggsy dan Harry pun bergegas masuk kedalam markas Poppy, disinilah puncak peperangan terjadi. Eggsy bersama Harry terlihat sangat kompak bekerjasama untuk menyingkirkan orang yang melindungi Poppy. Singkat cerita Charlie berusaha kabur dengan membawa koper remote vaksin yang dimiliki Poppy agar tidak didapatkan oleh Eggsy, dan terjadilah pertarungan kembali antara Eggsy dan Charlie, sedangkan Harry menghadapi dua robot pembunuh milik Poppy. Eggsy pun berhasil mengalahkan Charlie dan berhasil merebut koper tersebut. Mereka pun mendatangi Poppy dan memaksanya untuk memberitahu password untuk melakukan aktivasi penyebaran vaksin. Password pun berhasil didapatkan oleh Eggsy setelah menyuntikan heroin kepada Poppy yang mengakibatkan dirinya overdosis. 

Whiskey pun datang, Eggsy dan Harry pun terkejut olehnya karena menodongkan senjata kepada mereka. Eggsy pun terkejut mengapa Whiskey menodongkan senjata kepadanya, ternyata ia salah selama ini menganggap Whiskey berada di pihaknya ternyata tidak. Whiskey memiliki prinsip yang berbeda dimana ia ingin semua pengguna narkoba di dunia mati dan tidak ada lagi orang yang ingin menggunakan narkoba. Karena itu ia tidak ingin vaksin tersebut dapat di edarkan, dan jika tidak ada lagi pengguna narkoba ia beranggapan harga saham Statesman akan melonjak pesat. Karena perbedaan pandangan tersebut mereka pun bertarun untuk mendapatkan koper tersebut. Alhasil pertarungan tersebut berhasil dimenangkan oleh Eggsy dan Harry, dan mereka pun bergegas untuk meluncurkan vaksin dengan memasukkan password yang didapatkan. Vaksin tersebut pun dikirimkan oleh robot Drone milik Poppy.

Identifikasi Masalah

              Konflik pertama terjadi pada saat Charlie ingin membalaskan dendamnya kepada Eggsy karena kekalahan dan ia merasa kecewa Kingsman lebih memilih Eggsy dibandingkan dirinya. Atas hal tersebut ia menyarankan Poppy untuk membumi hanguskan seluruh markas Kingsman beserta agen yang ada karena dianggap akan menghalangi rencana mereka nantinya. Poppy dan Charlie pun senang saat melihat secara langsung markas Kingsman diratakan. Adapun konflik selanjutnya yang terjadi oleh salah satu agen Statesman karena perbedaan pendapat antara Whiskey dan Eggsy membuat keduanya saling menjatuhkan.

Critical Thinking & Analytical Thinking

Konflik Organisasi

Dalam bukuContamporary Management yang ditulis oleh Gareth R. Jones (JG) pada chapter 17 menyatakan bahwa, manajemen konflik organisasi yaitu perselisihan yang terjadi ketika adanya perbedaan tujuan, kepentingan, serta nilai antar individu/kelompok berbeda yang menimbulkan ketidaksesuaian dan individu/kelompok tersebut mengahalangi menggagalkan usaha satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.

Gambar 1. The Effect of Conflict on Organizational Performance

Pada film Kingsman The Golden Circle konflik yang terjadi yaitu adanya perbedaan tujuan antara organisasi Kingsman dan organisasi The Golden Circle, yang memunculkan ketidak sesuaian antar organisasi dan mengakibatkan The Golden Circle mengambil keputusan untuk membumi hanguskan seluruh markas yang dimiliki Kingsman, konflik tersebut dikarenakan The Golden Circle beranggapan bahwa Kingsman merupakan suatu ancaman besar nantinya bagi rencana mereka. 

Tipe Konflik

Gambar 2. Tipe Konflik

Pada film ini terdapat 3 tipe konflik yang terjadi :

  1. Interpersonal konflik yaitu konflik yang terjadi antar individu organisasi. Dalam film Kingsman The Golden Circle, konflik interpersonal muncul ketika Eggsy tidak mempercayai Harry bahwa Harry menduga bahwa Whiskey memiliki tujuan yang berbeda dengan misi yang dilaksanakan mereka, yang membuat harry mengambil keputusan untuk menembak whiskey.
  2. Intergroup konflik yaitu konflik  yang terjadi antara kelompok/ tim/ departemen. Dalam film ini, intergroup konflik terjadi karena perbedaan tujuan/misi yang dilaksanakan oleh Whiskey selaku agen rahasia terhadap Organisasinya.
  3. Interorganizational konflik yaitu konflik yang muncul antar organisasi. Dalam film ini, terjadi konflik antara organisasi Kingsman dan organisasi The Golden Circle.

Sumber Konflik

Gambar 3. Sumber Konflik

Sumber Konflik pada film Kingsman The Golden Circle terjadi karena adanya perbedaan tujuan dan Time Horizon. Konflik ini awalnya terjadi karena Charlie yang menganggap Kingsman adalah ancaman terbesar bagi organisasi The Golden Circle saat melaksanakan rencananya kelak. Atas dasar tersebut Charlie bersama Poppy membumi hanguskan seluruh markas yang dimiliki Kingsman. Merasa tidak menerima Eggsy dan Merlin pun ingin membalaskan dendam mereka. Adapun konflik yang ditimpulkan oleh Poppy pemimpin organisasi The Golden Circle yang menjadi kartel narkoba terbesar memproduksi virus dengan sengaja pada narkoba yang mereka hasilkan. Alhasil seluruh pengguna narkoba yang menggunakan narkoba miliknya berada diambang kematian.

Strategi Manajemen Konflik

Tidak adanya strategi manajemen konflik yang dapat diambil untuk memfasilitasi strategi manajemen konflik pada film ini. Kingsman dan The Golden Circle memiliki tujuan yang berbeda dan berpendirian teguh pada tujuan mereka masing masing.

Negosiasi

Dalam film Kingsman dan The Golden Circle, tipe negosiasi yang digunakan yaitu Distributive Negotiation. Dimana Poppy bernegosiasi pada presiden untuk mendapatkan persetujuan presiden untuk melegalkan narkoba dan menurunkan gaji penegak hukum. Hal ini dilakukan Poppy untuk menekan presiden agar tidak banyak korban jiwa atas virus yang ia sebabkan dan menawarkan vaksin miliknya sebagai gantinya.

Decision Making, Learning, Creativity 

Dalam bukuContamporary Management yang ditulis oleh Gareth R. Jones (JG) pada chapter 7 menyatakan bahwa pengambilan keputusan merupakan proses manajer merespons seberaba besar peluang serta ancaman yang menhadang mereka dengan menganalisis opsi yang membuat keputusan tentang tujuan organisasi tertentu dan tindakan yang diambil. Adapun 2 jenis keputusan yaitu keputusan yang terprogram dan keputusan yang tidak terprogram. Berikut adalah jenis keputusan yang ada pada film Kingsman The Golden Circle

Kingsman

The Golden Circle

Keputusan yang terprogram (Programmed Decision)

Mengambil alih vaksin yang dimiliki The Golden Circle untuk menyembuhkan pengguna narkoba yang telah terjangkit virus

Menyebarkan virus agar dapat mendesak presiden untuk melegalkan narkoba dan meraih keuntungan.

Keputusan yang tidak terprogram(Non-Programed Decision)

Saat menjalankan misi mengambil Remote drone vaksin milik Poppy, Merlin mengambil keputusan untuk mengorbankan dirinya menggantikan Eggsy yang menginjak ranjau.

Menghancurkan lokasi pembuatan vaksin yang telah diketahui Kingsman.

Penelitian menunjukkan bahwa apabila suatu kondisi terpenuhi, manajer lebih cenderung kreatif. Setiap orang harus diberi kebebasan dan kesempatan untuk menghasilkan ide-ide baru. Kreativitas dihasilkan ketika seseorang memiliki kesempatan bereksperimen, mengambil risiko, dan membuat kesalahan dan akan belajar dari hal tersebut. Dalam film Kingsman The Golden Circle juga terdapat hal-hal kreatif yang dilakukan oleh Eggsy untuk mengembalikan ingatan Harry yang saat itu sedang mengalami amnesia berat. Eggsy melakukan sesuatu yang dianggap Harry sebagai trauma terberatnya, ia membeli seekor anjing yang sangat mirip dengan anjing milik Harry dulu. Adapun kreatifitas lainnya yaitu Statesman berhasil menyempurnakan Gel Alpha, hal ini terbukti saat Whiskey tertembak.

Effective Groups and Team

Kasus yang dialami pada film Kingsman The Golden Circle juga terdapat pada buku JG Chapter 15 yaitu Effective Groups and Teams. Dalam hal ini pemimpin Kingsman bersama pemimpin Statesman melakukan pembentukan kelompok dengan misi dan tujuan yang sama agar dapat mencegah rencana Poppy yang dinilai tidak etis. Adapun kolaborasi yang dilakukan Kingsman bersama Statesman yaitu menggabungkan sumberdaya yang dimiliki keduanya. Agen Eggsy dan Harry bergabung bersama Whiskey untuk agen lapangan, agen Merlin dan agen Gingger Ale membantu untuk memberikan informasi dari jauh dan memonitoring risiko yang terjadi.

Gambar.

Kolaborasi organisasi yang dilakukan Kingsman dan Statesman dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan dalam mencapai misi mereka untuk mendapatkan vaksin milik Poppy. Alhasil karena efektifnya kolaborasi yang dilakukan meningkatkan kinerja para agen dan meningkatkan kekompakan antara satu anggota dan lainnya.

Problem Solving

Charlie yang berhasil menyadap data Kingsman berhasil mendapatkan informasi penting keberadaan markas dan data agen Kingsman lainnya. Keputusan tidak terprogram (Non-programmed decision making) yang di ambil oleh Merlin untuk tidak menghancurkan mobil yang digunakan Eggsy pada saat bertarung dengan Charlie membuat The Golden Circle mendapatkan data markas agen dan markas besar Kingsman yang mengakibatkan sebagian besar anggota Kingsman gugur diledakkan oleh rudal yang di luncurkan oleh Golden Circle. Seharusnya Merlin sebagai monitoring dana agen senior menyadari dan menghindari adanya ancaman penyadapan data agar anggota lainnya.

              Strategy Planning yang dimiliki oleh Kingsman pada saat mereka mendatangi markas milik Poppy yang dimana Eggsy sangat gegabah sehingga membuat dirinya menginjak ranjau. Seketika Merlin pun bergegas untuk menggantikan Eggsy untuk menginjak pemantik ranjau tersebut. Hal ini dinilai kurang baik untuk mengambil keputusan yang kurang matang karena tidak adanya plan yang dimiliki oleh Kingsman saat situasi genting. Hal tersebut membuat Merlin mengorbankan dirinya agar Eggsy dan harry dapat melanjutkan misi. Sebaiknya Kingsman memiliki Strategy Plan dengan beberapa kemungkinan yang terjadi jika ada seseuatu terjadi diluar rencana mereka.

Konflik yang terjadi karena kelalaian Statesman dalam mengevaluasi para agennya membuat Eggsy dan Harry harus berhadapan dengan Whiskey selaku salah satu agen terbaik yang dimiliki Statesman. Statesman dinilai kurang meng-evaluasi visi misi organisasi terhadap para agennya sehingga mengakibatkan agen Whiskey tidak memiliki visi dan misi yang sama dengan Statesman.

Daftar Pustaka

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York. (JG) Chapter 7, Chapter 15, dan Chapter 17.

Ditulis oleh :

Nama :Rizky Luthfi Arrizal

NIM    : 20/468814/NEK/00209

Pra-MBA UGM 77 C D.I. Yogyakarta. 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format