Pencapaian Tujuan berawal dari Team yang Solid

Teori manajemen kepemimpinan dari Agen Ethan Hunt sangat mempengaruhi tim IMF untuk menggagalkan peluncuran rudal nuklir oleh Hendriks untuk Amerika.


1
1 point

Sinopsis

Film keempat dari Mission Impossible ini masih menceritakan Ethan Hunt (Tom Cruise) sebagai agen mata-mata dengan skill di atas rata-rata. Cerita diawali dengan aksi kejar-kejaran antara agen Hanaway (Josh Holloway) dan orang-orang berbaju hitam yang berujung kematian karena dibunuh oleh pembunuh bayaran yaitu Sabine Moreau.

Sabine Moreau adalah seorang assassin profesional Perancis yang selalu membayar dirinya sendiri dengan berlian. Dia bertanggung jawab atas berbagai kejahatan seperti pembunuhan berantai dan pembunuh bayaran. Tersirat bahwa Moreau telah bekerja dengan teroris Rusia Kurt Hendricks di masa lalu karena dia disewa olehnya untuk mencuri file yang berisi kode peluncuran nuklir Rusia untuk rudal nuklir yang akan digunakan Hendricks untuk menghancurkan kapal selam Angkatan Laut Rusia, mengarahkannya ke San Francisco, untuk memicu konflik nuklir antara Rusia dan Amerika. Untuk tujuan ini, Sabine pergi ke Budapest, Hungaria, tempat penyimpanan file dan membunuh agen Hanaway.

Beralih ke pencobaan pembobolan sebuah penjara Rusia untuk membebaskan Ethan, dia di penjara karena didakwa membunuh sekelompok orang yang diceritakan sebagai pelaku pembunuhan istri tercinta yaitu Julia. Ternyata Ethan diberikan misi untuk menerobos Kremlin, salah satu gedung pemerintahan Rusia demi mendapatkan sebuah informasi yang bersangkutan dengan Cobalt, salah satu kriminal kelas kakap Rusia yang berhubungan dengan kematian agen Hanaway. Ethan tidak sendiri, dia dibantu oleh dua agen Impossible Missions Force (IMF). Jane Carter (Paula Patton) yang merupakan kekasih dari agen Hanaway dan Benji Dunn (Simon Pegg), teman lamanya yang baru dipromosikan menjadi agen lapangan.

Ternyata rencana tidak berjalan semulus perkiraan. Di tengah misi, seseorang menyiarkan melintasi frekuensi IMF, memperingatkan Rusia tentang tim Ethan. Meskipun Ethan, Benji, dan Jane melarikan diri, sebuah bom menghancurkan Kremlin, dan agen Rusia Anatoly Sidorov menuduh Ethan sebagai dalang serangan tersebut. Pemerintah Rusia menilainya sebagai an undeclared act of war.

Setelah Kremlin meledak dan Amerika diduga terlibat dengan peledakan tersebut. Ethan dan timnya dituduh melakukan hal itu dan IMF dibubarkan namun presiden Amerika Serikat memerintahkan pembentukan operasi gelap bernama “Ghost Protocol” dengan Ethan dan tim tergabung di dalamnya yang bergerak untuk melacak Cobalt. Dari informasi yang didapat Ethan, Cobalt diketahui bernama asli Kurt Hendricks (Michael Nyqvist).

Ethan mendapat rekan kerja baru bernama William Brandt (Jeremy Renner), seorang analis misterius. Kini ada empat orang agen IMF yang mengidentifikasi Cobalt sebagai Kurt Hendricks, ahli strategi nuklir Rusia kelahiran Swedia yang percaya bahwa yang lemah harus mati agar yang kuat dapat bertahan hidup, jadi dia berencana untuk memulai perang nuklir untuk memulai tahap selanjutnya dari evolusi manusia. Hendricks mengebom Kremlin dan memperoleh perangkat kendali peluncuran nuklir Rusia, dan sekarang membutuhkan kodenya dari kurir Budapest untuk meluncurkan rudal nuklir di Amerika.

Misi Ethan makin berat karena timnya harus memburu Hendricks di mumbai yang akan mengirim perintah online untuk meluncurkan misil ke Amerika, yang otomatis memicu perang dunia. Dimulailah petualangan mereka berempat bahu membahu untuk melacak Hendricks.

Pertukaran antara Moreau dan tangan kanan Hendricks, Marius Wistrom, akan berlangsung di Burj Khalifa di Dubai. Di sana, anggota tim Ethan secara terpisah meyakinkan Moreau dan Wistrom bahwa mereka telah melakukan pertukaran satu sama lain. Namun, Moreau mengidentifikasi Brandt sebagai agen. Sementara Ethan mengejar Wistrom hanya untuk menyadari bahwa tentara bayaran sebenarnya adalah Hendricks yang menyamar, melarikan diri dengan kode Jane menahan Moreau. 

Moreau mencoba membunuh Benji yang tidak berpengalaman, dan Jane melemparkannya ke luar jendela dari gedung tertinggi Burj Khalifa. Brandt menuduh Jane mengkompromikan misi untuk balas dendam terhadap Moreau, tetapi Ethan menuduh Brandt merahasiakan mereka, karena dia telah menunjukkan keterampilan bertarung yang tidak biasa dari seorang analis. Saat Ethan mencari informasi lebih lanjut dari Bogdan, Brandt mengakui dia ditugaskan sebagai petugas keamanan untuk Hunt dan istrinya Julia saat bertugas. Julia dibunuh oleh regu pembunuh Serbia, mendorong Ethan untuk mengejar dan membunuh mereka sebelum dia ditangkap oleh Rusia dan dikirim ke penjara.

Bogdan dan sepupu pedagang senjata memberi tahu Ethan bahwa Hendricks akan berada di Mumbai, India. Hendricks memfasilitasi penjualan satelit militer Soviet yang sudah tidak berfungsi kepada pengusaha telekomunikasi India Brij Nath, yang dapat digunakan untuk mengirimkan perintah untuk menembakkan rudal. Saat Brandt dan Benji menyusup ke ruang server untuk membuat satelit offline, Jane meminta Nath untuk mengungkapkan kode penggantian satelit. Tetapi Hendricks telah mengantisipasi rencana Ethan dan membuat server Nath offline sebelum mengirim sinyal dari menara penyiaran televisi ke kapal selam nuklir Rusia di Pasifik. Kapal selam itu terbakar di San Francisco, California. 

Ethan mencoba mengejar Hendricks dan perangkat peluncurannya sementara anggota tim lainnya berusaha menghidupkan stasiun penyiaran kembali online. Hunt dan Hendricks memperebutkan perangkat kontrol peluncuran sebelum Hendricks melompat ke kematiannya untuk memastikan peluncurannya. Benji membunuh Wistrom, memungkinkan Brandt memulihkan daya ke stasiun dan memungkinkan Ethan untuk menonaktifkan misil, sementara Hendricks yang sekarat menyaksikan kegagalan rencananya. Dia dihadapkan oleh Sidorov, yang melihat Ethan telah menghentikan misil, membuktikan bahwa IMF tidak bersalah dalam pemboman Kremlin.

Tim berkumpul kembali beberapa minggu kemudian di Seattle. Ethan memperkenalkan tim kepada mantan rekannya Luther Stickell, dan kemudian memberikan mereka tugas baru. Benji dan Jane menerima, tetapi Brandt menolak untuk menerima misi tersebut. Ethan begitu mengungkapkan bahwa kematian Julia dipentaskan, karena dia tahu dia tidak bisa melindunginya dan menggunakan kematiannya sebagai alasan untuk menyusup ke penjara Rusia dan mendekati Bogdan, sumber IMF di Hendricks. Dibebaskan dari kesalahannya, Brandt menerima misinya sementara Ethan mengawasi Julia dari jauh mengetahui bahwa mereka akan bersama lagi saat mereka aman. Mereka berbagi senyuman sebelum dia melanjutkan misi berikutnya.

Ethan Hunt

(Tom Cruse)

Benji Dunn

(Simon Pegg)

Jane Carter

(Paula Patton)

William Brandt

(Jeremy Renner)

Kurt Hendricks

(Michael Nyqvist)

Sabine Moreau

(Léa Seydoux)

Anatoly Sidorov

(Vladimir Mashkov)

Hanaway 

(Josh Holloway)

Akar Permasalahan

Permasalahan muncul ketika Agen Honoway tidak berhasil menyelamatkan kode rahasia dan berujung memaksa IMF untuk mempekerjakan kembali Agen Ethan yang sedang di penjara. Setelah Agen Ethan bertemu dengan Agen Benji, Agen Jane dan Agen Brandt mereka mendapat tugas yakni “Ghost Protocol” dari Presiden Amerika untuk mengungkap kejahatan yang mengadu-dombakan Amerika dan Rusia. Inti dari permasalahan ini adalah tim IMF yang di pimpin oleh Agent Ethan Hunt harus bisa menggagalkan misi peluncuran rudal nuklir di Amerika yang di dalangi oleh Kurt Hendricks. Meskipun dengan adanya konflik di dalam tim antara Agen Ethan dengan Agen Brandt, akan kah mereka tetap bekerja dengan profesional?

Analisis dan Pembahasan

Adapun teori-teori yang diangkat adalah tentang managing organizazional structure and culture, leadership, promoting effective communication dan managing conflict sebagai berikut:

Managing Organizational Structure and Culture 

Budaya organisasi dapat mempengaruhi cara kerja tim. Bagaimana struktur organisasi dirancang juga memengaruhi perilaku tim dan seberapa baik organisasi beroperasi, jadi dalam lingkungan global yang berubah dengan cepat, penting bagi manajer untuk mengidentifikasi cara terbaik untuk mengatur orang dan sumber daya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Pada film Mission Impossible Ghost Protocol ini menceritakan sebuah tim dari Impossible Mission Force (IMF) yakni agen-agen rahasia dari Amerika. Para agen IMF yakni Agen Ethan, Agen Jane, Agen Benji dan Agen Brandt mereka bekerjasama dengan profesional, saling percaya dan mendengarkan saran, pendapat, dan masukan antara pemimpin tim. Menurut Jones and George (2020) dalam buku Contemporary Management nya terdapat empat faktor yang dapat mempengaruhi struktur organisasi, yaitu:  

Faktor-faktor

Keterangan

Lingkungan Organisasi

Film ini memiliki lingkungan internal organisasi yang baik terlihat dengan kerjasama tim yang kompak.Tim IMF yang di ketuai oleh Agen Ethan dan tiga rekan timnya sudah memiliki ikatan yang baik sehingga proses sampai eksekusi berjalan dengan lancar meskipun terdapat hambatan.

Strategi

Strategi dalam film ini adalah strategi diferensiasi untuk meningkatkan nilai dari kerjasama tim yang baik dalam struktur yang fleksibel dengan budaya organisai yang baik, inovatif, berani mengebrak keputusan, dan terarah. Strategi dalam film ini yaitu:

  • Mengumpulkan sumber daya tim yang ahli pada bidangnya 
  • Memberikan tugas masing-masing ketika dilapangan
  • Bekerja secara professional
  • Bahu membahu dalam bekerja menjalankan misi
  • Saling percaya antar agen

Teknologi

  • Menggunakan kecanggihan internet dengan kode –kode rahasia
  • 3D printer alat yang dapat meniru wajah dengan detail atau nambah seperti aslinya
  • Mobil listrik yaitu BMW Hybrid i8
  • Intelligents contact lens yakni scanner berbentuk contact lens 
  • Self-destruction test message yakni pesan yang sudah di baca atau tersampaikan, maka alat pesan tersebut akan hancur
  • Chip peretas
  • Laser pemotong kaca
  • Holographik projection screen
  • Levitating body suit yakni pakaian untuk membuat tubuh melayang
  • Sticky gloves yaitu teknologi perekat sarung tangan yang bisa menempel
  • Aerial balloon camera

Sumber Daya Manusia

  • Agen Ethan Cruse adalah agen lapangan senior untuk Impossible Mission Force, sebuah agen operasi rahasia dan spionase rahasia yang menangani misi internasional yang berbahaya dan sangat sensitif yang telah dianggap “tidak mungkin”.
  • Agen Benji adalah teknisi yang berubah menjadi agen lapangan dari Impossible Mission Force dan salah satu rekan tim utama Ethan Hunt.
  • Agen Jane adalah seorang agen dari Pasukan Impossible Mission Force untuk membalas dendam pada pembunuh bayaran Prancis Sabine Moreau karena membunuh kekasihnya, Trevor Hanaway.
  • Agen Brandt adalah anggota Pasukan Impossible Mission Force yang diturunkan pangkatnya menjadi analis setelah misi yang gagal sebelum menjadi lagi agen lapangan setelah misi baru dengan Ethan Hunt dan timnya.

Film ini juga menampilkan banyak karakter di dalamnya, namun hanya beberapa pihak saja yang memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Pembentukan struktur dibawah ini berasal dari pengamatan film dan terbentuk karena ketidaksengajaan akibat situasi yang mendesak. Sehingga disusunlah struktur organisasi sebagai berikut: 

Berdasarkan gambar diatas, menurut Jones and George (2020) struktur organisasi ini termasuk ke dalam jenis Struktur Fungsional. Struktur fungsional adalah struktur organisasi yang terdiri dari semua departemen yang dibutuhkan organisasi untuk menghasilkan barang atau jasanya. Karena setiap karakteristik pemeran agen IMF memiliki tugas masing-masing. Kelebihan dari struktur organisasi ini adalah:

  1. ketika para agen IMF melakukan pekerjaan serupa dikelompokkan bersama, mereka dapat belajar dari mengamati satu sama lain dan dengan demikian menjadi lebih terspesialisasi dan dapat bekerja pada tingkat yang lebih tinggi.
  2. ketika para agen IMF yang melakukan pekerjaan serupa dikelompokkan bersama, lebih mudah bagi manajer untuk memantau dan mengevaluasi kinerja mereka.
  3. manajer menghargai struktur fungsional karena memungkinkan para agen IMF membuat sekumpulan fungsi yang mereka butuhkan untuk memindai dan memantau lingkungan kompetitif dan memperoleh informasi tentang bagaimana hal itu berubah.

Masing-masing karakteristik tiap pemain memberikan dampak positif pada tim IMF dimana mereka telah berkontribusi untuk  pencegahan pemusnahan umat manusia dari peluncuran nuklir di Amerika yang di dalagi oleh Kurt Hendricks serta saling melengkapi dan membantu untuk menjaga keberlangsungan umat manusia. Hal tersebutlah yang memberikan dampak untuk menjalankan misi ini. Berikut ini merupakan karakteristik yang di miliki oleh setiap anggota tim IMF:

No

Nama

Karakteristik

1

Agen Ethan Hunt

Peak Human ConditionAhli Mata-mataAhli Seni Bela DiriAkal Tingkat TinggiAhli TaktikAhli MenyamarStealth / Infiltration / Escape artistMultilingualismeMaster of DisguisePengemudi, AhliPenguasaan senjataMembaca BibirPanjat tebingToleransi Tinggi Terhadap Rasa SakitKemauan yang Kuat.

2

Agen Benji

Dia adalah peretas yang baik dan pejuang yang baik.

3

Agen Jane Carter

Jane Carter adalah seorang penembak jitu dan petarung tangan kosong, menunjukkan atribut ini di Budapest dan Dubai.

4

Agen Brandt

Brandt sangat terampil dalam pertarungan tangan kosong dan seni bela diri. Dia mengalahkan antek Moreau dengan mudah, dan keterampilannya tampaknya sama atau lebih besar dari Ethan Hunt karena dia dua kali mampu melucuti senjatanya. Dia juga melawan Marius Wistrom, dan satu-satunya alasan dia tidak memukulinya di sana dan kemudian adalah karena dia sibuk mencoba melucuti senjata bom melalui panel listrik secara bersamaan.

Jika dilihat dari informasi diatas, tidak ada kekurangan tim tersebut karena antar individu saling membantu serta ikut bagian dalam segala aktivitas dan permasalahan hanya satu namun tidak memiliki dampak yang signifikan. Pemimpin terus memotivasi dan mendorong timnya agar terus bekerja dan tidak mudah menyerah agar tujuan mereka mengalahkan para alien tercapai. Film ini menunjukan bahwa setiap karakter memiliki pekerjaan masing-masing. Para karakter menunjukan kemampuan dan keterampilan mereka masing-masing, bereksperimen, dan menemukan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan serta menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan kerja tim yang baik.

Leadership

DIlihat dari segi kepemimpinan Agen Ethan Hunt sebagai pemimpin di dalam tim IMF yang beranggotakan Agen Jane, Agen Benji, dan Agen Brandt. Agen Ethan dalam setiap aksinya selalu menunjukkan emosi dan suasana hati pemimpin terkait menyelesaikan misinya. Tingkat kecerdasan emosional pemimpin memegang peran yang cukup penting dalam efektivitas kepemimpinan. Kecerdasan emosional memungkinkan Agen Ethan untuk mengembangkan identitas yang signifikan bagi tim IMF dan menanamkan tingkat kerja sama dan kepercayaan yang tinggi di seluruh agen yang lain dengan tetap menjaga fleksibilitas yang diperlukan untuk merespon perubahan. Kecerdasan emosional memegang peranan sangat penting dalam bagaimana pemimpin memahami dan mengambil sikap terhadap anak buahnya, khususnya pada saat mendorong agen lain agar menjadi kreatif. Agen Ethan yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi cenderung memahami suasana proses kreatif, mampu mendorong dan membangkitkan kemampuan kreatif anak buahnya, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan yang memungkinkan tumbuhnya kreatifitas dalam organisasi. Maka dari itu Agen Ethan memiliki Emotional Intelligence and Leadership pada tim nya.

Promoting Effective Communication 

Communication Networks atau Jaringan komunikasi adalah yang sangat diandalkan pada setiap misi dengan hubungan antar agen dengan agen lainnya untuk berkomunikasi pada suatu misi dan tim. Jenis jaringan komunikasi pada suatu organisasi ditentukan pada sifat tugas dari organisasi itu sendiri dan sejauh mana anggota organisasi perlu berkomunikasi untuk mencapai tujuan. 

Adapun jenis jaringan komunikasi yang digunakan oleh tim Agen Ethan yakni menurut Jones & George (2020) yaitu menggunakan pola jaringan komunikasi semua saluran (all-channel) yang melibatkan semua anggota dapat berkomunikasi, sehingga antara satu anggota dengan anggota lainnya mendapat feedback yang cepat. Semua jaringan komunikasi antar tingkatan jenjang hirarkinya tidak dibatasi dan setiap agen bebas melakukan interaksi dengan berbagai pihak/pimpinan atau sebaliknya.

Pada film mission impossible ghost protocol setiap agen bisa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dengan alat bantu telinga seperti headset yang tidak terlihat.

Pada setiap misinya agen Benji juga menguasai bidang teknologi informasi dan komunikasi yaitu memahami betul segala aspek yang menggunakan internet. Karena dengan internet sistem jaringan komputer akan memudahkan tim untuk mendapatkan setiap data dan pengambilan keputusan untuk menjalankan misinya. 

Managing Conflict, Politic, and Negotiation 

Konflik organisasi adalah perselisihan yang muncul ketika tujuan, kepentingan, atau nilai antar tim berbeda dan menimbulkan ketidaksesuaian pada tim tersebut. Dalam tim IMF Ghost Protocol, konflik terjadi antara Kurt Hendricks ahli strategi nuklir Rusia sangat berambisi yang lemah harus mati agar yang kuat dapat bertahan hidup, jadi dia berencana untuk memulai perang nuklir untuk memulai tahap selanjutnya dari evolusi manusia. Maka dari itu Hendricks mengebom Kremlin dan memperoleh perangkat kendali peluncuran nuklir Rusia, dan sekarang membutuhkan kodenya dari kurir Budapest untuk meluncurkan rudal nuklir di Amerika. Hal ini membuat IMF geram karena IMF sempat kehilangan agen terbaiknya yaitu agen Hanaway. Meskipun misi untuk mempertahankan kode gagal, IMF masih bersikukuh untuk menyelesaikan misi ini dengan merekrut kembali agen ethan hunt yang sangat berkompeten di lapangan. Hal ini tergolong pada tipe konflik yaitu Interorganizational Conflict.

Interorganizational Conflict adanlah konflik yang muncul antar organisasi pada tim Hedricks dan tim IMF. Konflik antar organisasi hanya dapat diselesaikan dalam beberapa situasi. Namun, karena beragam budaya, struktur dan kebijakan yang ada di berbagai organisasi, konflik antar-organisasi tetap tidak terselesaikan sebagian besar waktu. Maka dari itu IMF mengambil tindakan dengan mencanangkan Ghost Protocol dari Presiden Amerika, karena Amerika dituduh melakukan penyerangan kepada negara Rusia. 

Sumber konflik yang terjadi pada film mission impossible ghost protocol ini berasal dari berbagai aspek. Ada yang dari eksternal dan internal. Sumber berasal dari eksternal yaitu terancamnya negara Amerika karena Hendricks sudah sangat matang dalam mengambil keputusan untuk meluncurkan nuklir dari Rusia ke Amerika. Sedangkan konflik dari internal tidak terlalu signifikan diantara agen Ethan dengan agen Brandt. Mereka menjalankan misi dengan profesional walupun ada masalah pribadi yang belum terselesaikan.

Sumber konflik pada film mission impossible ghost protocol adalah:

  1. Adanya perbedaan tujuan. Dalam film ini terdapat konflik dan pertentangan antar Hendricks dengan IMF karena Hendricks ingin melihat Amerika hancur dengan mengaktifkan peluncuran nuklir dari Rusia.

  2. Kewenangan yang tumpang tindih. Terlihat pada kegagalan agen Ethan yang gagal melarikan diri dari sebuah bom yang menghancurkan Kremlin, dan hal ini mengakibatkan agen Rusia Anatoly Sidorov menuduh Ethan sebagai dalang serangan tersebut. Pemerintah Rusia menilainya sebagai an undeclared act of war.

  3. Ketergantungan Tugas. Pada setiap tugas misi yang di laksanakan oleh tim lapangan yaitu agen Ethan sangat ketergantungan dalam menerima misi dari IMF. Karena tim akan melaksanakan apabila tugas dengan jelas dan penting.

  4. Sistem penghargaan. Sistem penghargaan bagi tim IMF yang terlah menyelesaikan adalah tidak hanya berupa uang tetapi apapun keingan dari setiap agen akan dipenuhi termasuk keinginan agen Ethan untuk memalsukan kematian istrinya yaitu Julia.

  5. Sumber daya yang terbatas. Walaupun teknologi-teknologi dan sumber daya sudah maksimal tidak menutup kemungkinan untuk misi dilapangan biasa terjadi kesalahan-kesalahan kecil dan itu membuar para agen untuk berpokor secara operasional dan langsung eksekusi.

  6. Status Inconsistencies. Pada tim IMF kali ini konsisten untuk menjalankan misi karena hidup dan mati negara tercinta mereka yaitu Amerika sedang di pertaruhkan

Tujuan bersama atau organisasi dapat dicapai jika dapat menangani dan menyelesaikan konflik dengan baik walaupun melawan kejahatan dengan cara kekerasan disini yang paling efektif. Maka dari itu diperlukannya strategi yang tepat dalam menghadapi konflik. Pada film ini, ada beberapa strategi yang diguanakan untuk menghadapi konflik mengagalkan misi peluncuran rudal nuklir oleh Hedricks untuk Amerika.

Strategi yang berfokus pada Individu

1. Meningkatkan Kesadaran terhadap Sumber Konflik dalam hal ini tim IMF harus lebih waspada terhadap lawan yang bisa menyadap dan mengadu-dombakan 

2. Meningkatkan Kesadaran Keberagaman dan Kemampuan pada setiap tim IMF memiliki kemampuan yang ahli dibidangnya dan hal ini dapat membantu tim untuk mencapai tujuannya.

3. Rotasi Pekerjaan atau Tugas Sementara tergantung pada setelah misi selesai, di awal akan ditawarkan terlebih dahulu untuk mau mengikuti misi IMF kembali atau tidak.

4. Menggunakan Pemindahan Tetap atau Pemecatan apabila Dibutuhkan

Strategi yang berfous pada Keseluruhan Organisasi

1. Mengubah Struktur atau Budaya Organisasi

Konflik dapat menjadi sinyal untuk kebutuhan adanya perubahan struktur/budaya organisasi. Terutama pada organisasi yang tumbuh, struktur fungsional yang efektif ketika organisasi masih kecil dapat tidak lagi efektif seiring organisasi yang semakin besar. Selain itu, budaya organisasi yang menekankan persaingan individu juga dapat menyebabkan konflik dalam organisasi.

2. Mengubah Sumber Konflik

Ketika konflik terjadi akibat sumber-sumber seperti kewenangan yang tumpang tindih, perbedaan evaluasi dan sistem penghargaan, ataupun status inconsistencies, strategi pengubahan sumber konfliknya dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik. Agen Ethan memperjelas jalur perintah, menugaskan kembali terkait tugas dan kewajiban untuk menghentikan konflik.

Solusi

Melalui pengamatan dan analisis pada film ini dapat disimpulkan dari manajemen organisasi akan menimbukan kepemimpinan yang bisa di contoh pada film ini. Hal ini pula di dukung dengan komunikasi antar agen dari semua saluran yang membuat tim IMF kuat dalam menyelesaikan misinya. Meskipun konflik yang tidak mudah untuk diselesaikan akan melahirkan strategi-strategi yang sangat membantu dalam menyelesaikan misi. 

Daftar Pustaka

Jones & George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education
https://missionimpossible.fandom.com/wiki/Mission:_Impossible_–_Ghost_Protocol


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Destipatonah

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format