The Strongest Deliveryman

Bagaimana cara The Strongest Delivery dan Restoran Hanyan bertahan di tengah sengitnya persaingan pemasaran ini?


1
1 point

Sinopsis :

Drama Korea “The Strongest Delivery Man” ini menceritakan kisah orang-orang yang ingin bertahan hidup dengan bekerja sebagai pengantar makanan Jajangmyeon. Drama ini memiliki peran utama yaitu Choi Kang Soo dan Lee Dan A. Choi Kang Soo memiliki misi untuk menemukan ibunya dengan cara bekerja dari tempat satu ke tempat lainnya selama dua bulan. Saat dia bekerja restoran 88 Noodles ternyata dia bertemu dengan Lee Dan A. Kang Soo merupakan pengantar makanan yang berpengalaman. Kang Soo bertemu dengan Ji Yoon yang merupakan anak dari CEO Perusahaan Jeonga yang sedang kelaparan di pinggir jalan, kemudian Kang Soo menawarkan Ji Yoon untuk tinggal di kamarnya. Selain itu, Lee Dan A bertemu dengan  Jin Kyu yang sedang mencoba untuk bunuh diri karena diusir ayahnya. Setelah menyelamatkan Jin Kyu, Lee Dan A sakit dan pekerjaannya harus digantikan oleh Jin Kyu sebagai bentuk pertanggung jawaban. Jin Kyu ditunjuk oleh CEO Jeonga untuk menjadi kepala manajer Jeonga di Jalan Hanyan. Dia ditugaskan untuk mengalahkan restoran Hanyan. Melihat hal tesebut Kang Soo mencoba untuk mewujudkan mimpinya untuk mendirikan perusahan jasa antar dengan nama “The Strongest Delivery” sebagai upaya untuk mengalahkan Perusahaan Jeonga.

Namun tidak lama kemudian Jin Kyu mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh bawahannya yang ternyata menggunakan rencana pemasaran Jin Kyu. 

Jin Kyu akhirnya bergabung pada perusahaan Kang Soo dan membocorkan strategi pemasarannya. Jin Kyu memberikan saran kepada Kang soo untuk membujuk restoran kecil di sekitar Jalan Hanyan untuk menawarkan harga yang sama dengan Jeonga selama 6 bulan, karena hal tersebut akan membuat Jeonga menjadi bangkrut. Kang Soo pun menerima saran tersebut dan terus melakukan bisnisnya. The Strongest Delivery mampu menjadi juara saat berperang dengan dua restoran besar sebagai cara untuk bisa melakukan jasa pengataran makanan. Akhirnya The Strongest Delivery pun menang dan berhasil mengalahkan Jeonga dengan menggunakan strategi pendekatan emosional. 

Joenga tidak terima dengan kegagalannya tersebut, akhirnya dia mencoba untuk mendirikan bisnis antar makanan dengan dalih untuk menghancurkan bisnis The Strongest Delivery. Mereka melakukan strategi bisnis yang tidak etis dengan cara membujuk karyawan salah satu restoran di Jalan Hanyan dengan memberikan ikan yang busuk, maka ketika terjadi penyelidikan restoran tersebut dianggap menggunakan ikan yang busuk dan kerjasama The Strongest Delivery dengan perusahaan tersebut dibatalkan. Kang Soo sempat menyerah akan bisnis yang dijalani dan memilih untuk berhenti. Namun Jin Kyu memberikan strategi untuk menawarkan jasa antar semua barang tidak hanya makanan. Akhirnya, strategi tersebut dapat mengembalikan citra The Strongest Delivery di mata publik yang akhirnya membuat The Strongest Delivery berjaya Kembali dan Joenga gulung tikar. 

Mengidentifikasi pesaing

The Strongest Delivery dan Restoran di Jalan Hanyan memiliki beberapa pesaing. Restoran Jeonga merupakan pesaing terdekar. Bahkan dalam lingkup yang lebih luas, pesaing dapat mencakup semua perusahaan penghasil produk yang memberikan layanan yang sama di daerah Seoul. Restoran Jalan Hanyan menghadapi persaingan juga dari setiap penjual makanan yang menyediakan menu dan produk yang sama yang lebih mudah untuk diakses bagi pelanggan. Karena bagi sebagian pelanggan mereka hanya benar-benar menginginkan “pemuas lapar” yang dapat dipenuhi tanpa harus mengonsumsi Jajangmyeon. 

The Strongest Delivery memiliki pesaing terdekat yaitu jasa antar jemput makanan Restoran Jeonga, jasa pesan antar restoran daerah Seoul. Namun dalam lingkup yang luas, pesaing The Strongest Delivery meliputi semua perusahaan yang berdiri pada sektor layanan di daerah Seoul seperti layanan antar paket kilat.

Pesaing utama The Strongest Delivery dan Restoran Jalan Hanyan adalah Restoran Jeonga. Lalu saatnya manajemen pemasaran menganalisis tujuan dan strategi dari Jeonga.

Menentukan tujuan pesaing

Restoran Jeonga memiliki tujuan untuk mengejar kepemimpinan biaya rendah, sehingga mereka meningkatkan proses penjualan dengan sumber daya yang lebih murah namun tetap berkualitas. Jeonga memiliki keinginan untuk bisa berbaur pada semua segmen, mereka menemukan segmen baru yaitu sarapan untuk pegawai. Jeonga memiliki tujuan untuk mengalahkan semua Restoran Hanyan salah satu caranya yaitu dengan menawarkan jasa antar untuk menandingi The Strongest Delivery.

Mengidentifikasi strategi pesaing

Restoran Jeonga dan Restoran Hanyan serta The Strongest Delivery adalah kelompok perusahaan di industri yang sama yang menggunakan strategi hampir atau bahkan sama. Ketika Restoran Hanyan menggunakan pendekatan emosional, Jeonga mengikuti strategi tersebut meskipun dalam penerapannya tidak sebaik Restoran Hanyan. Ketika Restoran Jalan Hanyan memberikan penawaran untuk pelayanan 24 jam, Jeonga memberikan pelayanan untuk sarapan. Sehingga, konsumen tidak melihat perbedaan yang signifikan diantara keduanya mungkin mereka hanya akan merasakan perbedaan dalam beberapa aspek saja. 

Menilai kekuatan dan kelemahan pesaing

Kelemahan yang dimiliki Restoran maupun jasa antar milik Jeonga pendekatan emosional yang rendah dibandingkan dengan Restoran Hanyan maupun The Strongest Delivery. Mereka juga selalu mengandalkan harga yang murah dengan mengesampingkan laba pada beberapa bulan dengan tujuan untuk menyaingi harga pesaingnya sehingga laba yang dihasilkan akan berkurang. Arus kas dan laba yang dihasilkan tidak cukup untuk menutupi kegiatan operasionalnya. 

Kelebihannya dibandingkan Restoran maupun jasa antar milik Jeonga adalah lokasi restoran yang strategis dan cabang yang berada di beberapa daerah memudahkan pelanggan untuk berkunjung ke tempat ini, restoran yang mewah. 

Memperkirakan reaksi pesaing 

Ketika perusahaan pesaing Jeonga seperti Restoran Hanyan maupun The Strongest Delivery melakukan pembaruan strategi pemasaran, Jeonga akan melakukan hal yang sama. Misalnya ketika perusahaan pesaing menurunkan harga maka Jeonga juga akan menurunkan harga sama atau bahkan dibawah yang ditawarkan perusahaan pesaing. Karena perusahaan mereka memiliki filosofi untuk menjadi perusahaan kuliner terbaik di Seoul. Mereka juga menerapkan budaya internal untuk selalu mengedepankan laba atas segala aktivitasnya. Sehingga hal tersebut mendorong Jeonga beserta karyawan-karyawan nya untuk melakukan segala hal untuk menggagalkan dan mengalahkan restoran maupun perusahaan yang berusaha untuk menyaingi nya. 

Porter’s generic strategies :

Cost Leadership

Perusahaan The Strongest Delivery menggunakan strategi penetapan harga yang sama bahkan hingga lebih rendah untuk restoran di sekitar Jalan Hanyan untuk meningkatkan pangsa pasar. Restoran di sekitar Jalan Hanyan memberikan harga yang rendah dengan cara mengurangi biaya yang selama ini membengkak. Dengan bantuan The Strongest Delivery, restoran tersebut berhasil mendapatkan sumber bahan mentah dari desa yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, The Strongest Delivery juga membantu restoran untuk mencarikan pinjaman kepada bank yang menawarkan bunga lebih kecil dibandingkan bank sebelumnya. Sehingga hal ini dapat memangkas biaya yang perlu dikeluarkan. Hal ini didapatkan karena meskipun Jeonga menawarkan harga yang murah tetapi mereka tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lebih dari 6 bulan karena mereka bekerja sama dengan bank yang menawarkan bunga yang tinggi serta pasokan bahan mentah yang lebih mahal dibandingkan restoran di Jalan Hanyan. Restoran ini dibantu untuk bisa bertahan melawan Jeonga dengan tujuan agar mereka berkenan untuk bekerja sama dengan The Strongest Delivery sehingga setiap kali pelanggan ingin membeli makanan dari restoran-restoran tersebut mereka juga dapat memesan melalui aplikasi The Strongest Delivery.

The Strongest Delivery merupakan perusahaan jasa antar terbaik di Seoul. Mereka menawarkan harga yang murah dengan tidak memungut biaya tambahan kepada restoran atau toko yang terkait. Mereka memproduksi aplikasi dengan biaya yang murah karena mengandalkan orang terdekat yang mampu membantu mereka. Selain itu, mereka mendirikan kantor di Restoran Leivy tanpa dikenakan biaya sewa. Mereka juga memperkerjakan karyawan yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman menjadi pegawai atar jemput sehingga The Strongest Delivery tidak memerlukan biaya tambahan untuk menyediakan fasilitas motor. Sehingga harga yang ditawarkan bisa menjadi lebih murah.

Differentiation Strategy

Restoran Hanyan memiliki differentiation yaitu pendekatan emosional yang mana mereka menyambut dan memperlakukan konsumen seperti keluarganya. Hal ini akan mendorong konsumen untuk menciptakan citra restoran di benak mereka. Selain itu, mereka juga menggunanakan fitur distribusi yang dapat diakses oleh siapapun tanpa dikenakan biaya pajak pada makanan, pelanggan hanya perlu membayar biaya kirim nya. Dengan bahan baku yang di dapatkan segar langsung dari desa, Restoran Hanyan memiliki cita rasa yang unik.

Differentiation yang ditawarkan oleh The Strongest Delivery terhadap jasa pengantar makanan Restoran Jeonga yaitu pendekatan emosional, saat mengantarkan makanan mereka menganggap pelanggan mereka adalah teman mereka sendiri, mereka membantu konsumen saat mereka sedang kesusahan. Selain itu, mereka juga menawarkan jasa foto bersama anjing yang mereka bawa saat mengantarkan makanan. Mereka juga menawarkan pengunduhan aplikasi gratis yang bisa diakses oleh siapa saja, mereka juga bisa membayar tagihan melalui kartu kredit. Mereka mengembangkan bisnis nya dengan menambahkan penawaran jasa antar selain makanan. Pelanggan juga bisa menggunakan jasa mereka untuk mengantarkan barang apapun ke tempat tujuan.

Cost Focus

Strategi biaya rendah restoran di Jalan Hanyan yang terfokus untuk mengendalikan biaya produksi dan pemasaran yang berat dari pesaingnya yaitu Restoran Jeonga. Strategi ini digunakan untuk mengurangi beban keuangan yang dibebankan oleh Restoran Jalan Hanyan terhadap profitabilitas perusahaan secara keseluruhan dan membantu Restoran Jalan Hanyan mengembangkan citra merek di mata konsumen. Restoran Jalan Hanyan terfokuskan untuk konsumen dengan segmen ekonomi menengah kebawah sehingga harga yang murah sangat tepat diterapkan.

Strategi biaya rendah The Strongest Delivery terfokus untuk menawarkan harga jasa antar yang paling murah. Mereka meningkatkan profitabilitas dengan mengurangi beban perusahaan secara keseluruhan yang memanfaatkan rekan Kang Soo untuk membantu untuk memperlancar operasional perusahaan. The Strongest Delivery terfokuskan untuk konsumen dengan segmen ekonomi menengah kebawah sehingga harga yang murah sangat tepat diterapkan.

Differentiation Focus

Selanjutnya, strategi diferensiasi terfokus digunakan untuk memberikan penekanan pada peningkatan dan perubahan kualitas, bahan, rasa dan cara distribusi produk. Strategi yang digunakan Restoran Jalan Hanyan yaitu menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang miring dengan model pengiriman yang berbeda dengan yang lain. Mereka berfokus pada pendekatan emosional bagi pelanggan agar citra restoran mereka dapat selalu di ingat konsumen.

Strategi diferensiasi terfokus yang digunakan The Strongest Delivery yaitu terfokuskan pada fitur-fitur pengiriman barang yang berbeda dari jasa pengiriman lainnya. Mereka mementingan kualitas sesuai dengan biaya yang ditetapkan. Pendekatan emosional difokuskan untuk memudahkan konsumen mengingat kualitas pengiriman dari The Strongest Delivery dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang mengirim barang atau makanan tanpa melibatkan pendekatan emosional karena mereka mengerjakan hal tersebut hanya sebagai cara untuk pemenuhan tanggung jawab.

Menyeimbangkan Orientasi Pelanggan dan Orientasi Persaingan

The Strongest Delivery dan Restoran Jalan Hanyan merupakan perusahaan yang berpusat pada pasar. Mereka selalu memfokuskan diri pada pengembangan pelanggan dalam merancang strategi dan mengamati perubahan kebutuhan pelanggan serta selalu mengamati pergerakan Jeonga sebagai evaluasi atau bahkan penciptaan strategi baru. Hal ini yang membuat mereka memiliki nilai unggul di mata konsumen karena mereka dapat menciptakan inovasi baru untuk pelanggan melebihi kemampuan perusahaan pesaing. 

Berbeda dengan Jeonga yang merupakan perusahaan yang berpusat pada pesaing, artinya sebagian besar waktunya hanya mereka gunakan untuk melacak Gerakan dang pangsa pasar pesaing seperti The Strongest Delivery dan Restoran Jalan Hanyan. 

Rantai Pasokan dan Jaringan Penghantar Nilai

Rantai pasokan ini terdiri dari mitra aliran atas dan aliran bawah. Pada Restoran Jalan Hanyan, aliran atas sebagai pemasok bahan mentah adalah petani dari desa yang menawarkan harga yang murah, penyedia atau pihak yang meminjamkan aliran dana merupakan bank yang mereka kenal, sedangkan aliran atas yaitu The Strongest Delivery yang bertugas sebagai distributor produk mereka. 

Sedangkan pada The Strongest Delivery, mitra aliran atas mereka merupakan kerabat yang memiliki ahli di bidangnya, seperti Noona teman Kang Soo yang membantu untuk mendesain aplikasi dan bank sebagai penyedia keuangan The Strongest Delivery yang merupakan teman dari Kang Soo yang bernama Na Han-Tae.

Jumlah Tingkat Saluran Restoran Hanyan

Perilaku Saluran (Channel behavior & organization)

Masing-masing anggota saluran akan bergantung pada anggota yang lain. Misalnya, The Strongest Delivery akan bergantung pada Restoran Hanyan yang berperan sebagai pemenuh kebutuhan konsumen akan makanan. Pada gilirannya, Restoran Hanyan yang bergantung pada The Strongest Delivery untuk menarik konsumen, membujuknya untuk membeli produknya, mengantarkan produk hingga tangan konsumen dan menyelesaikan segala aktivitas penjualan yang merupakan perannya dalam rantai saluran tersebut.  

Namun, saluran dari The Strongest Delivery akan lebih luas dibandingkan dengan Restoran Hanyan, karena mereka juga menjalin kerjasama dengan berbagai laundry, toko bunga, dan restoran di daerah Seoul dengan peran yang sama.

Sistem Pemasaran Vertikal

Bagi Restoran Hanyan hubungan nya dengan The Strongest Delivery berada pada contractual vertical marketing system yang mana beberapa restoran dan The Strongest Delivery merupakan beberapa perusahaan independen yang bergabung bersama melalui kontrak untuk memperoleh dampak ekonomis atau penjualan yang lebih besar dari pada yang mereka dapatkan sendirian hal ini biasa disebut VMS Kontraktual. Karena dengan bantuan The Strongest Delivery maka Restoran Jalan Hanyan dapat meraih pelanggan yang lebih banyak.

Sistem Pemasaran Horizontal

Berbeda dengan Restoran Hanyan, bagi The Strongest Delivery merupakan bagian dari multichannel distribution system yang mana dalam satu perusahaan mereka membuat dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau lebih banyak pelanggan lagi. Mereka menawarkan layanan antar makanan, laundry ataupun bunga. 

Keputusan Desain Saluran 

  • Menganalisis kebutuhan konsumen

Bagi Restoran Hanyan, konsumen akan lebih suka untuk memesan makanan melalui telepon dan diantar ke tempat mereka tanpa harus berkunjung langsung ke restoran. Mereka juga lebih suka terhadap menu yang terspesialisasi seperti bubur, Jajangmyeon, restoran cina dan lain sebagainya. Tapi tidak jarang beberapa konsumen menginginkan untuk makan ditempat dengan alasan tempat tersebut bersih dan berasa seperti di rumah. Sehingga restoran harus menjaga kebersihan restoran dan menekankan pada pendekatan emosional. Dengan demikian, kerjasama nya yang dilakukan dengan The Strongest Delivery sangat tepat dilakukan.

Sedangkan bagi The Strongest Delivery, pelanggan akan lebih senang mendapatkan pelayanan yang cepat, praktis, berkualitas namun dengan harga yang minim. Pelanggan juga akan lebih senang melakukan transaksi melalui telepon dan online yang memberikan penawaran dengan variasi yang lebih luas. Dengan demikian, The Strongest Delivery sebaiknya melakukan perluasan penawaran dan tidak hanya menawarkan pengiriman makanan, laundry maupun bunga saja namun lebih luas lagi seperti pengiriman berbagai barang , pemasangan, perbaikan, jasa kebersihan maupun jasa titip belanja.

  • Menganalisis Tujuan Perusahaan

Restoran Hanyan yang menghasilkan produk akhir makanan dan bersifat mudah busuk memerlukan lebih banyak pemasaran langsung untuk menghindari penundaan dan terlalu banyak penanganan.

Sedangkan The Strongest Delivery yang merupakan perusahaan jasa maka akan memerlukan lebih banyak inovasi penawaran yang menarik untuk menghindari pelanggan beralih terhadap kompetitor atau memilih untuk melakukan pembelian secara langsung tanpa bantuan jasa mereka dengan alasan harga dan kualitasnya tidak seimbang.

  • Jenis Perantara

Restoran Hanyan awalnya menjualkan produknya langsung kepada konsumen akhir tanpa melalui perantara, namun untuk menyaingi pesaingnya mereka menggunakan jasa The Strongest Delivery untuk memperluas segmen pasarnya.

Bagi The Strongest Delivery, perantara terbaik mereka adalah restoran maupun perusahaan yang berkenan untuk menggunakan jasanya, namun untuk memperluas pasarnya mereka menggunakan aplikasi milik mereka untuk memasarkan jasa mereka.

Keputusan Manajemen Channel 

The Strongest Delivery harus meyakinkan Restoran Hanyan dan beberapa perusahaan lainnya untuk menggunakan jasa nya. Mereka harus memiliki sesuatu yang berbeda sebagai keunggulan mereka dibandingkan dengan perantara lain nya, sehingga hal ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk menunjuk The Strongest Delivery sebagai patner untuk distributor.

Mengelola dan Memotivasi Anggota Saluran 

Di dalam film tersebut terlihat bahwa Restoran Hanyan selalu memberikan perhatian bagi The Strongest Delivery dengan cara memberikan makan siang bagi kurir mereka secara bergilir. Mereka selalu memotivasi kurir dan memberinya semangat sebelum mereka mengantarkan makanan sebagai betuk perhatiannya.

Sedangkan The Strongest Delivery akan selalu membantu anggota salurannya seperti restoran maupun perusahaan yang sedang mengalami kesusahan, mereka selalu memotivasi perusahaan-perusahaan tersebut agar tidak pantang menyerah dan memberikannya solusi atas permasalahan yang dihadapi tersebut.

Evaluasi Anggota Saluran 

Restoran Hanyan selalu melakukan evaluasi anggota saluran mengenai kuota penjualan, tingkat persediaan rata-rata, waktu pengiriman pelanggan, dan layanan kepada pelanggan.

Begitu pula dengan The Strongest Delivery akan selalu mengevaluasi tingkat pendapatan ketika melakukan kerjasama dengan perusahaan atau restoran tertentu.

Memilih Saluran dan Media Komunikasi

The Strongest Delivery maupun Restoran Hanyan memilih menggunakan Word-of-mouth influence, yang mana pelanggan akan terpengaruhdari mulut ke mulut dampak dari kata-kata pribadi dan rekomendasi teman, keluarga, rekan, dan konsumen tepercaya lainnya terhadap perilaku pembelian.

Buyer-Readiness Stages

Restoran Hanyan telah mencapai tahapconvictionyang mana konsumen menganggap bahwa Restoran Hanyan adalah yang terbaik. Mereka memberikan penawaran dan kualitas terbaik diantara yang lain, sehingga perlu ditetapkannya dengan menawarkan harga promosi khusus kepada berupa diskon di dalam toko untuk pelanggan yang datang berkelompok.

The Strongest Delivery telah mencapai tahappreferenceyang mana pelanggan lebih memilih menggunakan jasa mereka dibandingkan dengan jasa kompetitor.

Pemasaran Langsung dan Digital 

Restoran Hanyan berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui telepon untuk membangun hubungan merek individu dan layanan kepada pelanggan. Sedangkan, The Strongest Delivery berinteraksi langsung melalui aplikasi selulernya untuk membantu mereka menemukan dan membeli hampir semua hal secara online.

Keuntungan Melakukan Pemasaran Langsung dan Digital bagi Pelanggan dan Penjual

Pemasaran langsung oleh Restoran Hanyan memberikan keuntungan untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai segmen karena kemudahan aksesnya. Karena pelanggan hanya cukup memesan melalui telepon selain itu Restoran Hanyan juga berbiaya rendah, efisien, dan cepat untuk menjangkau pasar mereka.

Bagi The Strongest Delivery keuntungan yang didapatkan mereka yaitu fleksibilitas yang lebih besar. Mereka membiarkan pemasar membuat penyesuaian berkelanjutan pada harga dan program atau untuk menciptakan keterlibatan dan penawaran langsung, tepat waktu, dan pribadi. Selain itu, hal ini juga menguntungkan bagi pelanggan karena mereka dimudahkan dalam hal akses dan juga penawaran yang dapat berinteraksi dengan mereka melalui telepon maupun aplikasi seluler yang akan menghasilkan tepat konfigurasi informasi, produk, atau layanan yang mereka inginkan dan kemudian memesannya di tempat.Terakhir, bagi konsumen yang menginginkannya, pemasaran digital melalui online dan seluler memberikan rasa keterikatan merek dan komunitas tempat untuk berbagi informasi dan pengalaman merek dengan penggemar merek lain.

AIDA Model

Get Attention

Restoran Hanyan dan The Strongest Delivery melakukan kampanye dengan membagikan poster kepada target konsumen.

Hold Interest

Restoran Hanyan dan The Strongest Delivery memberikan poin “Kekeluargaan” dan juga bagi The Strongest Delivery memberikan tambahan poin “Cepat” dalam setiap posternya. Sehingga pelanggan akan mulai memperhatikan poin konsisten tersebut dan jadi tertarik saat sudah memahinya.

Arouse Desire

Restoran Hanyan melakukan kampanye bahwa makanan yang ditawarkan merupakan produk yang tidak memakai bahan pengawet dan menggunakan bahan yang segar. Sedangkan pada The Strongest Delivery mereka menggunakan kampanye pengantaran cepat sehingga akan meningkatkan keinginan pelanggan untuk menggunakan jasanya.

Obtain Action

Restoran Hanyan dan The Strongest Delivery melakukan tindakan sesuai dengan kampanye yang diberikan agar kesan pertama pelanggan sesuai dengan yang ditawarkan dan tidak merasa kecewa.

Saran :

Restoran Hanyan

Sebaiknya Restoran Hanyan menciptakan website resmi nya sendiri dengan tujuan mempermudah pelanggan untuk mencari informasi terkait. Selain itu, Restoran Hanyan sebaiknya juga memberikan penawaran untuk reservasi, pemesanan makanan untuk pengambilan dalam waktu tertentu (misal : pemesanan pukul 08.00 dan pengambilan pukul 11.00), pemesanan dalam jumlah banyak, melakukan promosi mingguan dengan syarat pelanggan harus mengunggah foto/video makanan media sosial Restoran Hanyan ke laman pribadi mereka dengan tujuan untuk memperluas pasar dan menarik lebih banyak pelanggan.

The Strongest Delivery

Sebaiknya The Strongest Delivery meningkatkan promosi melalui iklan internet, menggunakan media sosial karena dalam alur cerita tersebut tahun 2017 seharusnya The Strongest Delivery sudah bisa menggunakan peluang media sosial untuk melakukan promosi. Seharusnya Kang Soo sebagai pemilik perusahaan memberikan kebijakan insentif bagi karyawannya sebagai apresiasi jika bisa mendapatkan poin lebih dari yang ditetapkan dan hukuman bagi yang melakukan kesalahan. The Strongest Delivery juga bisa memperluas kerjasamanya tidak hanya dengan restoran, laundry dan toko bunga melainkan dengan bank untuk kemudahan pembayaran karena diketahui pelanggan The Strongest Delivery seringkali melakukan pembayaran non-tunai melalui alat pembayaran debet, akan lebih mudah bagi pelanggan jika menggunakan uang elektronik melalui aplikasi tersebut yang dibayar melaluitop up. Selanjutnya The Strongest Delivery juga bisa melakukan layanan tambahan seperti, antar jemput barang / orang; pembayaran dan pembelian pulsa, token listrik; belanja ke mall; tiket bioskop; kebersihan. Penambahan layanan ini juga akan berdampak pada penambahan saluran jaringan. Jaringan langsung yaitu melalui aplikasi The Strongest Delivery, sosial media dan komunitas, iklan dan testimoni dari pelanggan. Jaringan tidak langsung yaitu melalui kurir dan mitra kerjasama. Selain itu, The Strongest Delivery juga bisa memberikan potongan atau cashback bagi pelanggan yang sudah menggunakan jasanya sebanyak 10x dan berlaku kelipatan gunanya untuk menarik pelanggan agar lebih tertarik dan setia dalam menggunakan layanan mereka. Lebih komunikatif kepada pelanggan dengan memberikan fasilitas untuk memberikan kritik saran dan testimoni yang dapat digunakan juga sebagai media untuk mempromosikan layanan The Strongest Delivery.

UJIAN AKHIR SEMESTER PEMASARAN

NAMA : TIARA ADINDA PUTRI

NIM : 19/438730/EK/22263


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format