FILM MILLY DAN MAMET

(Lika-Liku membangun Rumah Tangga dan Bisnis)


1
1 point

FILM MILLY DAN MAMET

(Lika-Liku membangun Rumah Tangga dan Bisnis)

SINOPSIS

Cerita ini bermula dari reuni SMA, nostalgia mengenai masa masa SMA yang indah sekaligus kocak. Dalam cerita ini mempertemukan Mamet (Dennis Adhiswara) dan geng Cinta (Dian Sastrowardoyo), Milly (Sissy Prescillia), Karmen (Adinia Wirasti), dan Maura (Titi Kamal). Saat itu, Mamet melihat Milly sedang bersedih karena Rama (pacar Milly) tidak bisa menemani sampai acara reuni selesai dan malah meminta Milly pulang untuk naik taksi, hal tersebut karena sibuknya Rama dengan pekerjaannya. Lantas Mamet datang menghampiri dan menghibur Milly serta menawarkan untuk pulang bersama. Nah disini lah Mamet dan Milly saling mengenal satu sama lain hingga keduanya saling jatuh cinta kemudian menikah dan dikaruniai seorang anak laki laki yang sangat lucu bernama Sakti. 

Description: C:UsersadminDownloadsbcnk4mei5o2zz9asgw00.png

Sumber : screenshoot trailer adegan pada film Milly dan Mamet

Semenjak menikah dengan Milly, Mamet bekerja di pabrik konveksi milik papa Milly. Sebenarnya menjadi pekerja kantoran bukanlah fashion dari Mamet, yang menjadi cita citanya adalah menjadi chef dan membuka restaurant. Namun apa boleh buat, demi membahagiakan Milly dan untuk menjaga hubungan kepada papa Milly agar tetap baik maka Mamet rela bekerja sebagai kepala pabrik. 

Di suatu hari, datang lah Alexanra, sahabat Mamet sewaktu kuliah dan biasa dipanggil dengan nama Alex. Dulu mereka pernah bercita cita untuk membuka restaurant dengan menu yang enak dan sehat dengan harga yang miring. Mamet pun dilanda dilema antara tetap mempertahankan bekerja di pabrik yang sering membuatnya frustasi karena hal apapun harus melalui approval dari papa Milly atau memilih mengejar hal yang dicita-citakannya sejak kuliah. Pada akhirnya Mamet memilih untuk keluar dari pabrik dan melanjutkan membangun cita citanya membuka restaurant bersama Alex. Rencana ini berjalan dengan lancar karena bantuan investasi dari James, pacar Alex. Dan yang menggantikan Mamet sebagai kepala pabrik adalah Milly.

Awalnya usaha restaurant yang Mamet dan Alex bangun berjalan lancar dan sukses. Namun seiring berjalannya waktu, rumah tangga Milly dan Mamet dilanda huru hara karena kesibukan masing masing dan Mamet merasa Sakti menjadi tidak terurus semenjak Milly bekerja. Dan pada saat itu Milly juga berfikir dan mempunyai feeling bahwa James, selaku investor dari restaurant yang Mamet dan Alex buka melakukan money laundy. Dan benar saja, memang James dan keluarganya melakukan money laundry dan akhirnya Mamet berhenti dari restaurant karena menurutnya apapun yang dilakukan harus berlandaskan asas kejujuran. Kemudian Mamet dan Milly membuka catering rumahan dengan konsep yang enak dan sehat dengan harga miring. Dengan bantuan promosi oleh mama Itje (selebgram foods review) usaha cateringnya berkembang dengan sukses. 

Dilema yang dihadapi oleh para aktor dalam film Milly dan Mamet

  • Masalah yang dihadapi oleh Mamet yakni harus bekerja dengan hal yang tidak ia sukai yakni menjadi kepala pabrik konveksi milik papa Milly. Dimana semua keputusan yang diambil Mamet harus melalui persetujuan dari papa Milly. Hingga pada suatu hari Mamet dilema karena saat itu vendor kehabisan stok kain yang biasa dipakai dan pilihannya adalah mengambil kain dari vendor lain atau membatalkan pesanan costumer. Disini Mamet mengambil keputusan sendiri yakni mengganti vendor lain yang memiliki kualitas bahan hampir sama. Lalu dihari yang berbeda papa Milly datang dan mengecek pabrik dan marah besar karena Mamet malah mengambil kain dari vendor lain. Dikatakan oleh papa Milly bahwa lebih baik pabrik rugi karena meng-cancel pesanan dari pada memilih vendor yang tidak jelas kualitasnya. Dimana malah akan menyebabkan kerugian diwaktu berikutnya karena pabrik menurunkan kualitasnya. 

             Sumber : screenshoot trailer adegan pada film Milly dan Mamet 

  • Milly dan Mamet terlalu sibuk bekerja hingga Sakti menjadi kurang ter-urus. Konflik ini di awali karena Mamet semakin sibuk saat menjalankan bisnis kulinernya. Di lain hal Milly juga menjadi super sibuk karena mengurusi pabrik. Hingga Mamet merasa bahwa Milly telah mengabaikan untuk mengurus Sakti. 
  • Dana investor yang diberikan James ternyata adalah money laundry. Awalnya Milly mencari tahu tentang investor restaurant Mamet dan Alex. Berdasarkan hasil pencariaanya ada kemungkinan besar bahwa dana investor adalah money laundry. Yang berati dana tersebut adalah illegal. Milly pun memberitahu kepada Mamet tentang kemungkinan itu, namun Mamet ingin bersikeras untuk mempertahankan restaurant yang sudah mulai berkembang dengan pesat itu. Kemudian ia mengonfirmasi kepada Alex tentang kecurigaan Milly dan benar ternyata bahwa James dan keluarganya melakukan laundy money. Sengaja Alex tidak memberi tahu kepada Mamet terkait hal ini, karena jika Alex memberi tahu Mamet dari awal sudah pasti Mamet tidak akan mau untuk diajak bekerja sama. Akhirnya Mamet memutuskan untuk keluar dari kerja sama antara ia, Alex dan James.

Analisis Dengan Konsep Creating Competitive Advantage

Analisis Persaingan

            Di dalam film ini dijelaskan ketika Mamet akan membuka restaurant dengan Alex yang akan diinvestori oleh  James, di lingkungan atau wilayah tersebut sudah terdapat restaurant dengan konsep yang sama. Jelas hal tersebut kemungkinan akan berdampak tidak baik untuk restaurant baru jika Mamet dan Alex tidak mengelola bisnis tersebut dengan sangat baik. Strategi yang mereka terapkan yakni :

  • Makanan enak
  • Pelayanan yang baik
  • Tidak melakukan promo secara jor-jor an (besar-besaran) kebanyakan dilakukan melalui sosial media seperti instagram. 

Dengan menerapkan strategi bisnis di atas, diharapkan restaurant Chef Mamet dapat bersaing dengan restaurant di sekitarnya. 

Strategi Bersaing  Porter’s Generic Strategies

  • Overall cost leadership strategy

Overall cost leadership strategy adalah cara sebuah perusahaan mencapai biaya produksi dan distribusi terendah dan memungkinkannya menurunkan harga dan mendapatkan pangsa pasar. Dalam film ini mengedepankan makanan yang enak dan sehat dengan harga yang miring. Nah disinilah letak persaingan anatara restaurant Chef Mamet dengan restaurant yang lainnya. Yakni unggul dalam harga yang lebih murah dan rasa yang lebih mantap dari pesaing. Bagaimana bisa makanan dari restaurant Chef Mamet ini bisa murah? Hal ini disebabkan oleh bahan bahan yang digunakan sebagian besar adalah sayuran. Sayuran ini diolah dan dikreasikan seolah olah makanan tersebut bukan terbuat dari sayur. Sebagai contoh nya adalah makanan yang terlihat dan terasa seperti nuget daging padahal aslinya terbuat dari jamur. Nah hal ini lah yang menyebabkan restaurant Chef Mamet bisa mencapai biaya yang low cost dengan rasa yang sangat mantap.

  • Differentiation strategy

Differentiation strategy adalah upaya perusahaan untuk berkonsentrasi pada pembuatan lini produk dan program pemasaran yang sangat terdiferensiasi sehingga tampil sebagai pemimpin kelas industri. Differensiasi yang dilakukan oleh restaurant Chef Mamet adalah mengolah sayuran menjadi makanan yang bisa disukai oleh banyak orang, bahkan orang yang awalnya tidak menyukai sayur akan jatuh cinta dengan olahan dari restaurant Chef Mamet ini. Pun makanan olahan sayur tersebut bisa didapatkan dengan harga yang miring atau lebih murah dari restaurant yang lain.

  • Focus strategy

Focus strategy adalah perusahaan lebih memfokuskan upayanya untuk melayani beberapa segmen pasar dengan baik daripada mengejar seluruh pasar. Disini restaurant Chef Mamet memfokuskan untuk kepada pelanggan yang ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Ini bermula dari ayah Mamet dulunya terkena diabetes hingga meninggal dunia, dari hal inilah Mamet bertekad untuk bisa mengolah dan membuat makanan yang enak tapi sehat. 

  • Middle of the road

Maksud dari Middle of the road disini adalah perusahaan harus memiliki strategi yang jelas untuk mencapai kinerja yang unggul. Middle of the road yang dilakukan oleh Mamet dan Alex yakni dengan menghadirkan makanan Enak dan sehat dengan HARGA MIRING. 

Menyeimbangkan Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Persaingan.

            Untuk menyeimbangkan perusahaan perlu terus-menerus melakukan penyesuaian strategi dengan perubahan dalam lingkungan persaingan yakni dengan menggunakan beberapa metode pemusatan yakni : 

Competitor-centered company (perusahaan yang berpusat pada pesaing)

Yang dilakukan olehrestaurant Chef Mamet untuk mengungguli pesaingnya adalah dengan melakukan inovasi produk yakni dengan mengubah aneka olahan sayur menjadi makanan yang enak dan bukan lagi terasa sayur. Sehingga makanan chef Mamet ini banyak digemari oleh semua kalangan yang membuat restaurant nya sangat banyak pengunjung dan juga laris.

Customer-centered company (perusahaan yang berpusat pada pelanggan)

Restaurant Chef Mamet juga berfokus pada perancangan strategi untuk pengembangan pelanggan. Hal yang lakukan yakni dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk para konsumen agar mereka tidak merasa dikecewakan dan akan merasa sangat puas untuk menikmati hidangan di restaurant Chef Mamet. Pun saat terjadi kelalaian dari pihak restaurant, yang dilakukan oleh pihat restaurant adalah mengganti dengan makanan yang baru dan memberikan voucher makanan. Tentu saja ini akan meningkatkan awareness dari pelanggan bahwa ketika restaurant melakukan kesalahan yang tidak sengaja pun akan diberi kan pertanggung jawaban sehingga akan menimbulkan presepsi dalam benak konsumen bahwa restaurant Chef Mamet selain mantap dalam segi taste juga benar benar baik dalam segi pelayanan. 

Market-centered company (perusahaan yang berpusat pada pasar)

Restaurant Chef Mamet sangat berfokus pada perkembangan pesaing dan pelanggan dalam merancang strategi. Hal ini dibuktikan promosi aktif dilakukan di media sosial Instagram. Dengan melakukan promosi aktif akan semakin banyak orang tahu tentang keberadaan restaurant Chef Mamet yang menawarkan menu enak dan sehat dengan harga miring. 

ENGAGING CONSUMERS AND COMMUNICATING CUSTOMER VALUE: INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION STRATEGY

Dalam menjalankan suatu bisnis perusahaan umumnya melakukan strategi The Promotional Mix atau yang lebih sering kita dengan bauran promosi. Bauran promosi adalah perpaduan khusus dari alat promosi yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan. Untuk itu, ada beberapa cara untuk melakukan bauran promosi yakni dengan advertising, sales promotion, personal selling, public relations, dan direct and digital marketing. Dalam film Milly dan Mamet juga menyoroti tentang bauran promosi  saat Mamet bekerja sama bersama Alex membangun restaurant Chef Mamet  dan ketika Mamet memutuskan untuk keluar dari kerja sama antara ia dan Alex yakni di restaurant Chef Mamet. Kemudian memilih untuk membangun catering rumahan dengan konsep yang sama dengan sebelumnya yakni makanan enak dan sehat dengan harga miring. 

  • Advertising

Iklan adalah segala bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau layanan oleh sponsor yang teridentifikasi. Dalam film ini dItjeritakan bahwa peng-iklanan produk atau menu menu makanan secara online yakni dengan menggunakan instagram. Promosi dibuat semenarik mungkin dan juga berencana untuk memberikan tips tips hidup sehat disetiap caption feed instagramnya. 

  • Sales Promotion

Promosi penjualan mencakup tentang kupon, kontes, penawaran diskon, dan premi yang menarik perhatian konsumen dan menawaran insentif yang kuat untuk membeli dan bertahan sebagai pelanggan. Contoh yang dilakukan oleh pihak retsurant ketika mendapati complain dari pelanggan karena pesanan tidak sesuai yang dipesan maka dari pihak restoran menggantinga dengan makanan yang sama ditambah dengan pemberian kupon voucher.

  • Personal Selling

Penjualan pribadi adalah interaksi pribadi oleh tenaga penjualan perusahaan untuk tujuan melibatkan pelanggan, melakukan penjualan, dan membangun hubungan pelanggan. Penjualan produk di restaurant Chef Mamet yakni diawali dengan launching mengundang orang orang terdekat dan orang orang disekitar lokasi. Hal ini penting untuk membangun hubungan pelanggan, karena membangun kepercayaan dari orang orang terdekat  adalah hal yang menjadi dasar dan pondasi dari sebuah usaha.

             Sumber : screenshoot trailer adegan pada film Milly dan Mamet 

  • Public Relations

Public relations adalah bentuk promosi yang sangat dipercaya yang mencakup berita,

fitur, sponsor, dan acara. Dalam film ini, public relations diperlihatkan dari endorse mama Itje pada catering rumahan milik Milly dan Mamet. Endorse ini dilakukan melalui instagram pribadi mama Itje yang memiliki folowers hampir 2 juta. Dan jelas ini mampu mendongkrak penjualan makanan dari catering Milly dan Mamet. 

  • Direct and Digital Marketing

Pemasaran langsung dan digital adalah alat promosi langsung, disesuaikan, dan interaktif yang mencakup surat langsung, katalog, pemasaran telepon, online, seluler, dan media sosial. Dalam film ini pemasaran dilakukan melalui online marketing. Melaui instagram dan Go-Food.

STEPS IN DEVELOPING EFFECTIVE MARKETING COMMUNICATION

Untuk mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif kepada para pelanggan catering rumahan Milly dan Mamet menggunakan langkah-langkah atau model AIDA sebagai berikut :

Sumber :  https://www.business-to-you.com/aida-model/

• Get Attention 

Pada tahap attention ini adalah langkah utama untuk menciptakan brand awereness dibenak konsumen. Penerapan attention oleh catering rumahan Milly dan Mamet yakni makanan sehat terbuat dari sayur sayuran namun memiliki cita rasa yang  mantap dan berbeda dari yang lain.

• Hold Interest 

Tahap interest adalah tahap yang berguna untuk mempertahankan minat para konsumen terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Dalam film ini tahap interest nya adalah dalam segi harga yang miring. Seperti yang kita tahu bahwa  jarang sekali restaurant/catering yang menyediakan makanan enak dan sehat dengan harga yang miring. Inilah yang menjadi daya tarik dari catering ini.

• Arouse Desire 

Tahap arouse desire adalah tahap bagaimana kita membuat para konsumen merasa butuh dan memiliki minat untuk membeli  produk yang kita tawarkan. Penawaran yang dilakukan oleh restaurant yakni dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Jika terdapat kesalahan maka dari pihak restaurant akan memberikan ganti makanan ditambah dengan kupon voucher. 

• Obtain Action 

Setelah melalui 3 tahap di atas (attention, interest dan desire), pada tahap action ini konsumen diharapkan mengarah kepada pembelian produk.  Penerapan tahap action dalam catering Milly dan Mamet ini adalah konsumen dapat memesan melalui whatsapp atau secara langsung datang ke rumah Mamet kemudian pesanan catering tersebut diantarkan dengan mobil box milik catering Milly dan Mamet dan dapat juga melalui Go-jek.

DIGITAL, ONLINE, SOCIAL MEDIA, AND MOBILE MARKETING

Dalam film Milly dan Mamet strategi pemasaran yang digunakan adalah direct and digital dan online marketing. 

Direct And Digital Marketing

Pemasaran langsung dan digital melibatkan keterlibatan langsung dengan konsumen individu dan komunitas pelanggan yang ditargetkan dengan cermat untuk mendapatkan tanggapan langsung dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng. Para konsumen catering Milly dan Mamet dapat memesan catering secra langsung yakni dengan datang ke rumah chef Mamet atau secara online order melalui chat whatsapp. Dengan menggunakan pemasaran langsung dan digital akan banyak manfaat yang didapat sebagai contoh kefleksibilitasan, alternative berbiaya rendah, efisien, cepat dan  baik untuk membangun hubungan pelanggan.

Online Marketing

Pemasaran online adalah pemasaran melalui Internet menggunakan situs Web perusahaan, iklan dan promosi online, email, video online, dan blog. Pemsaran online yang dilakukan oleh catering Milly dan Mamet adalah viral marketing yakni melalui endorse oleh mama Itje. Mama Itje adalah seorang reviewer makanan yang memiliki jutaan folowers, makanan apapun yang diendorse oleh Mama Itje akan kelihatan sangat nikmat dan mantap. 

Sumber : screenshoot trailer adegan pada film Milly dan Mamet

Solusi dan Saran

Di akhir film disampaikan bahwa Mamet akhirnya membuka catering rumahan yang berdapurkan dirumahnya. Ia berhasil mewujudkan apa yang menjadi cita cita nya yakni membuat makanan yang enak dan sehat dengan harga miring. 

Dari analisis yang telah dipaparkan sebelumnya ada beberapa solusi yang bisa digunakan oleh Milly dan Mamet agar usaha bisnis catering mereka dapat dipasarkan dan diperkenalkan kepada masyarakat secara luas lagi, yakni sebagai berikut :

  • Promosi dan Iklan

Di akhir film tidak disampaikan tentang media online promosi dari catering Milly dan Mamet, ada baiknya untuk membuat sosial media seperti  instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya. Kemudian lakukan interaksi aktif melalui media sosial tersebut dan selalu aktif meng-upload produk catering beserta list harganya. Hal ini akan menarik dan meningkatkan brand awareness para masyarakat.

  • Tempat atau dapur khusus untuk masak dan pengemasan produk

Membangun tempat yag digunakan khusus untuk memasak dan mengemasi makanan catering. Bukan tanpa alasan, karena dapat dilihat dari film bahwa dapur yang berada dirumah Milly dan Mamet tidak cukup luas untuk melakukan aktivitas catering apalagi jika pesanan catering dalam jumlah yang banyak. Baiknya menggunakan tempat atau dapur yang berbeda agar dapat lebih leluasa dalam beraktivitas. 

  • Membuka cabang

Untuk lebih memperluas jangkauan pemasaran catering Milly dan Mamet dapat melakukan perluasaan dengan cara membuka cabang. Dengan cara mulanya Chef Mamet men-training para koki koki yang akan dipekerjakan di cabang cabang agar mereka dapat membuat makanan yang memilki rasa yang sama dengan buatan chef Mamet.

  • Diskon dan bonus

Untuk lebih menarik perhatian para konsummen, catering Milly dan Mamet dapat menerapkan sistem diskon dan bonus. Contohnya : konsumen membeli catering nasi box lebih dari 400 box maka akan diberikan potongan sebesar 5% dari total pembayaran dan masih mendapat bonus + 10 nasi box gratis.

Disusun oleh :

Riski Ani Wahyu W

Referensi 

https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01304656/sinopsis-milly-dan-mamet-potret-keluarga-muda-masa-kini

https://youtu.be/zDbWeQP7N6w


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format