CLASS OF ’83 : SISTEM YANG BURUK MENGUBAH SEGALANYA..!

Turun jabatan ke pekerjaan akademi, seorang polisi top melatih lima siswa nekat untuk menjadi pembunuh sebagai rencana balas dendamnya.


1
1 point

Class of 83 Review: Bobby Deol's Cop Drama is a Watchable one for the Genre Aficionados(Rating: **1/2)

Class of ’83 adalah film Bollywood yang bergenre criminal dan thriller pada tahun 2020 di india yang diproduksi oleh Red Chillies Entertainment dan disutradarai oleh Atul Sabharwal untuk Netflix. Film ini didasarkan pada buku “The Class of 83” dan bercerita tentang seorang pahlawan polisi yang dipaksa untuk ditempatkan sebagai dekan akademi polisi. Classof ’83 adalah kolaborasi ketiga Netflix dengan Red Chillies Entertainment, setelah serial asli Bard of Blood dan Betaal.

“Turun jabatan ke pekerjaan akademi, seorang polisi top melatih lima siswa nekat untuk menjadi pembunuh sebagai rencana balas dendamnya melawan polisi korup, politisi dan dunia bawah atau mafia” -Netflix

Ketika seorang polisi dikirim pergi sebagai Dekan akademi pelatihan Polisi, ia memutuskan untuk kembali pada sistem yang korup dengan melatih lima taruna untuk melakukan apa yang tidak bisa dia selesaikan. Tapi rencananya mungkin tidak seperti yang dia bayangkan.

Classof ’83, yang didasarkan pada buku yang ditulis oleh jurnalis kejahatan terkemuka Hussain Zaidi, berlatar belakang Bombay pada 1980-an bercerita tentang seorang polisi Polisi Mumbai yang berkomitmen, Vijay Singh (Bobby Deol) yang mengalami kerugian profesional dan pribadi secara bersamaan.Ketika pencariannya untuk menangkap seorang penguasa geng dunia bawah yang ditakuti menjadi kacau, ia terdegradasi ke jabatan Seorang Dekan di akademi pelatihan Polisi di Nashik. Pada saat yang sama, ia harus berdamai dengan kematian mendadak istrinya. Di akademi, masa lalunya masih menghantuinya dan dia menyadari bahwa meskipun dia mengikuti hukum dengan tekun, dia tidak bisa bermain cukup pintar untuk melindungi dirinya dari mangsa yang jatuh ke perhubungan korup antara politisi dan dunia bawah. Berbekal dengan tekad baru, ia memilih lima taruna dari akademi dan memutuskan untuk melatih mereka dengan terampil dengan wawasan dan tips orang dalam.

Class of 83 Review: A thin slice of history that is content with its limitedness!

Meskipun kelima pemuda ini – Pramod Shukla (Bhupendra Jadawat), Aslam Khan (Sameer Paranjape), Wisnu Varde (Hitesh Bhojraj), Janardan Surve (Prithvik Pratap) dan Lakshman Jadhav (Ninad Mahajani) – adalah siswa berkinerja terbawah dalam batch mereka, mereka berendam dalam pengetahuan praktis yang diberikan kepada mereka oleh Vijay Singh. Mereka bergabung dengan kepolisian Mumbai, dibutuhkan beberapa tahun sebelum rencana Singh dapat mulai terbentuk. Namun, pada saat itu masing-masing polisi bumbui sendiri dengan gagasan mereka sendiri tentang hukum, ketertiban dan korupsi. Dan selain itu, lanskap kejahatan Mumbai dan dunia bawah telah berubah.

Managing Conflict, Politics, And Negotiation

Perselisihan yang muncul ketika tujuan, kepentingan, atau nilai dari individu atau kelompok yang berbeda tidak sesuai dan individu / kelompok tersebut menghalangi atau menghalangi upaya satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam suatu organisasi konflik dibutuhkan dalam titik optimum seperti pada gambar diatas. Pada titik optimum inilah maka tercipta pengambilan keputusan yang efektif dan performa yang tinggi. Namun ketika konflik terlalu rendah maupun tinggi juga berefek pada kinerja yang memburuk. Jones and George (2019) membagi beberapa tipe konflik dalam organisasi. Tipe-tipe tersebut antara lain yaitu, interpersonal conflict, intragroup conflict, intergroup conflict, dan interorganizational conflict. Interpersonal Conflict merupakan konflik antara individu dalam sebuah organisasi. Intragroup Conflict merupakan konflik yang melibatkan tim, grup, atau departemen dalam sebuah organisasi. Contohnya adanya perbedaan pendapat di dalam grup tentang bagaimana cara menggunakan anggaran tim atau departemen tersebut. Intergroup Conflict merupakan konflik yang terjadi antara tim / departemen / grup. Seperti, misalnya Departemen Pemasaran membuat program untuk meningkatkan Revenue dengan menggunakan Biaya yang cukup banyak, namun ditentang oleh Departemen Keuangan yang menekankan efisiensi. Interorganizational Conflictmerupakan konflik yang timbul dengan organisasi lain yang berada di luar. Seperti contoh, perusahaan memiliki konflik dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Berdasarkan teori di atas, dalam film class of ’83, tipe konflik yang terjadi yaitu interpersonal conflict dan interorganizational conflict. Interpersonal conflict, dimana konflik ini terjadi ketika departemen kepolisian tidak sesuai dengan system yang baik atau sesuai dengan visi dan misi departemen kepolisian, dan membuat polisi menjadi polisi yang korup dan berkerja sama dengan politisi dan mafia. Sehingga ada polisi yang taat, tekun dan melawan mafia-mafia tersebut namun tidak di dukung oleh atasannya, dan juga gagal menjalani operasi tersebut dan dalam waktu bersamaan ia kehilangan keluarga dan timnya. Interorganizational conflict, dimana konflik ini melibatkan departemen kepolisian, politisi, dan mafia. Berbagai proses perjalanan yang dilalui oleh Vijay Singh yang melawan para mafia, politisi dan polisi yang korup yang awalnya gagal bersama timnya namun berhasil melawan melalui para 5 taruna yang di didik oleh Vijay Singh.

Ada beberapa sumber penyebab konflik yang dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Menurut Jones and George dalam buku Contemporary Management  chapter 17 sumber konflik menjadi beberapa bagian seperti teori diatas, yaitu Incompatible Goals and Time Horizons merupakan kelompok yang berbeda memiliki tujuan dan waktu yang berbeda, Overlapping Authority merupakan konflik yang terjadi ketika dua atau lebih manajer mengklaim otoritas dalam aktivitas dan tugas yang sama, Task Interdependencies merupakan satu anggota dalam sebuah kelompok atau sebuah kelompok gagal menyelesaikan sebuah tugas yang mana anggota lain atau kelompok bergantung, menyebabkan pekerja atau kelompok menunggu dan tertinggal, Incompatible Evaluation or Reward Systems merupakan sebuah grup dihargai atas pencapaian sebuah tujuan, tapi ketergantungan kelompok lain dihargai atas pencapaian tujuan yang berkonflik dengan kelompok pertama, Scarce Resources merupakan para manajer dapat masuk ke konflik melalui alokasi sumber ketakutan, dan Status Inconsistencies merupakan beberapa individu dan kelompok mempunyai status organisasi yang lebih tinggi daripada lainnya, menyebabkan konflik dengan kelompok berstatus lebih rendah. 

Berdasarkan penjelasan diatas, sumber konflik pada film class of 83 terjadi karena Incompatible Goals and Time Horizons dan Task Interdependencies. Konflik ini terjadi karena system yang ada di departemen kepolisian tidak sesuai dengan visi dan misi, sehingga vijay singh ingin melakukan perbaikan dalam departemennya dan melawan polisi yang korup, politisi, dan mafia namun rencana yang dibuatnya tidak sesuai atau tidak terselesaikan dan mengorbankan keluarganya dan timnya. Namun vijay singh tidak menyerah dan membalaskan dendamnya oleh karena itu dia memilih 5 (lima) taruna untuk dididik untuk melawan polisi yang korup, politisi, dan mafia.

Strategi manajemen konflik yang digunakan di film class of ’83 yaitu strategi kompromi dan strategi kolaborasi. Semenjak rencana vijay singh yang gagal, vijay menyusun ulang strateginya dengan mendidik 5 taruna untuk membalaskan dendamnya dan melatih mereka dalam loyalitas kepada vijay singh dan juga menghadapi mafia untuk memusnahakannya. Stretegi tersebut dapat dilaksanakan dengan cara anggota dalam tim saling berkeja sama dan memenuhi tanggung jawab masing-masing sesuai dengan perintah vijay singh.

Negosiasi adalah bagian dari teknik resolusi konflik yang penting untuk menghadapi konflik yang mana pihak-pihak yang berkonflik memiliki tingkat kekuasaan/posisi yang setara. Adapun jenis negosiasi dapat terbagi menjadi dua, yaitu Distributive Negotiation dan Integrative Bargaining. Tim tersebut menggunakan Integrative Bargaining merupakan negosiasi kerja sama di mana para pihak yang berkonflik bekerja sama mencapai resolusi yang baik untuk mereka berdua. Vijay singh dan 5 taruna berkerja sama untuk membuat system departemen kepolisian membaik dan membuat para politisi dan mafia musnah.

Strategi politik yang digunakan vijay singh untuk melatih 5 taruna dalam operasi misi memusnahkan para mafia, vijay menggunakan strategi menjadi pusat perhatian dan mengambil alih control dan penugasan terhadap masing-masing anggotanya.

Leadership 

Menurut Gareth Jones and Jennifer George dalam bukunya, Leadership adalah kunci utama dari kesuksesan manajerial disebuah organisasi atau proses dimana seseorang dapat mempengaruhi orang lain dengan cara menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan aktivitas orang lain untuk membantu mencapai tujuan kelompok atau organisasi. Dalam sifat kepemimpinan perlu diperhatikan mengenai gaya kepemimpinan dan mampu dalam mengelola tugas-tugas kepemimpinan, didalam film ini diperlihatkan gaya kepemimpinan dari Vijay Singh yang akan melakukan misi untuk melawan mafia bersama tim yang dibuatnya. Vijay Singh adalah seorang dekan akademi kepolisian dan juga melatih di kelas taruna. Tipe kepemimpinan Vijay Singh yaitu Expert Powerkekuasaan yang dimiliki oleh vijay singh yaitu pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang khusus. Gaya kepemimpinan vijay singh yaitu Trait Model, model ini berfokus pada karakter yang dibutuhkan untuk mengetahui efektifitas kepemimpnan. Peneliti dalam Trait Model berargumen bahwa pemimpin yang effektif harus memiliki karakater tertentu yang bisa membedakan mereka dengan pemimpin yang tidak effektif. Kecerdasan yang dilakukan vijay singh yaitu pada saat vijay singh ditanya keberadaanya oleh pemimpinnya pada saat terjadi pembunuhan kepada bos mafia, dia memberikan bukti bahwa pada saat itu dia menelpon pemimpinnya melalui GPO. Pengetahuan dan Keahlian pada saat vijay singh membuat rencana baru untuk membalaskan dendamnya dan melatih para taruna dalam membunuh mafia. Dominasi, vijay singh adalah pemimpin yang sangat pintar dan handal dalam keahliannya. Dia sangat dihormati dan dikenal dingin oleh para muridnya. Integritas dan kejujuran, vijay singh memberikan arahan kepada tarunanya dalam kejujuran untuk melakukan misi dan harus bertanggung jawab sesuai tugasny.

Effectiveness Group and Teams

Sebuah grup terdiri dari dua orang atau lebih yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu atau memenuhi kebutuhan tertentu. Sedangkan tim adalah grup yang anggotanya bekerjasama secara intensif satu sama lain untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu bersama. Grup dan tim dapat berkontribusi pada efektivitas organisasi dengan meningkatkan kinerja, meningkatkan daya tanggap terhadap pelanggan, meningkatkan inovasi dan menjadi sumber motivasi bagi anggotanya. Menurut Jones dan George (2020) membaginya ke dalam tipe kelompok dan tim di bawah ini: 

Tipe kelompok yang ada di film class of ’83 menggunakan model formal group yaitu command groups dimana vijay singh membentuk kelompok yg terdiri dari 5 taruna untuk mencapai tujuan vijay singh dalam membrantas group mafia dengan cara penyamaran yang dilakukannya. Sehingga vijay singh sebagai komando pada tim harus mengawasi para taruna dari jauh dan melatihnya sebagai seorang mafia dan memberikan tanggung jawab yang besar.

Tugas kelompok merupakan ukuran yang tepat dari group berkinerja tinggi dipengaruhi oleh jenis tugas yang harus dilakukan group. Karakteristik penting dari tugas kelompok yang mempengaruhi kinerja disebut Task Interdependence. Task Independence adalah hubungan tugas yang saling bergantung antara salah satu anggota terhadap anggota lain nya untuk mencapai hasil atau performa yang menjadi tujuan dari suatu team dibentuk.

Task Interdependence dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Pooled Task Interdependence, Sequential Task Interdependence dan Reciprocal Task Interdependence. Tim yang dibuat vijay singh menggunakan Reciprocal Task Interdependence yaitu terjadi ketika pekerjaan yang dilakukan oleh setiap anggota grup sepenuhnya bergantung pada pekerjaan yang dilakukan oleh anggota grup lainnya, anggota kelompok harus berbagi informasi juga berinteraksi secara intens satu sama lain, dan mengkoordinasikan upaya mereka agar kelompok dapat mencapai tujuannya.

Solution

Sumber konflik pada film class of 83 terjadi karena Incompatible Goals and Time Horizons dan Task Interdependencies dikarenakan departemen kepolisian tidak sesuai dengan system yang baik atau sesuai dengan visi dan misi departemen kepolisian, dan membuat polisi menjadi polisi yang korup dan berkerja sama dengan politisi dan mafia. Sehingga vijay singh adalah polisi yang taat, tekun dan melawan mafia-mafia tersebut namun tidak di dukung oleh atasannya, dan juga gagal menjalani operasi tersebut dan dalam waktu bersamaan ia kehilangan keluarga dan timnya. Berdasarkan apa yang telah dipelajari, strategi untuk menangani konflik telah menjadi sumber konflik, banyak cara untuk melakukan perbaikan system misalnya dengan cara perbaikan SOP dan memberikan insentif yang cukup supaya tidak ada yang korup lagi di departemennya.

Ditulis oleh:

Nama : Kusuma Widya Tantri

Kelas   : Pra MBA UGM EMBA 41 C 

NIM     :41P20083

Daftar Pustaka

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education.

https://www.youtube.com/watch?v=wlVAQMB7TDY

https://www.mid-day.com/articles/class-of-83-movie-review-loved-the-frills-missed-the-feels/22946322

Class Of '83 Review: A not so gripping crime-drama (indiatimes.com)



Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format