Erin Brockovich – She brought a small-town to its feet and a huge company to its knees


0

Sinopsis

Film Erin Brockovich (diperankan oleh Julia Roberts) merupakan film berdasarkan kisah nyata dari seseorang yang bernama Erin Brockovich. Film ini bercerita tentang kisah seorang single parent yang sudah bercerai sebanyak 2 kali memiliki 3 orang anak (berumur 8 tahun, 6 tahun dan 9 bulan) dan pengangguran, beberapa kali mencari pekerjaan namun belum diterima. 

Suatu ketika sewaktu pulang sehabis mencari kerja, dia mengalami kecelakaan mobil yang bukan merupakan kesalahan dia namun kesalahan pengemudi yang seorang dokter. Erin pergi ke kantor pengacara Masry dan Vititoe menemui pengacara Ed Masry untuk membantunya melakukan tuntutan di pengadilan namun Erin gagal memenuhi tuntutannya di pengadilan. Karena kecelakaan tersebut dan kegagalan di pengadilan, biaya hidup Erin semakin berat karena harus pergi berobat dan kembali mencari lowongan pekerjaan. Keesokan harinya, Ed Masry melihat Erin dikantornya dan tampak sedang bekerja. Erin memberitahu ke Ed Masry bahwa dia membutuhkan pekerjaan dan melalui perdebatan-perdebatan akhirnya Erin diizinkan bekerja di kantornya.

Suatu hari, bermula dari tugasnya memeriksa dokumen penolakan penawaran penjualan rumah Donna dan Peter Jensen (suami istri dan warga di Hinkley, California) dengan harga $ 66.500 ke Pacific Gas and Electric Company (PG & E), Erin terkejut terdapat catatan medis di berkas dokumen tersebut dan diketahui Donna terkena tumor dan Peter terkena kanker hodgkin. Erin meminta izin Ed Masry untuk menyelidiki kasus ini dan Erin pergi mengunjungi Donna untuk mencari informasi lebih lanjut. Donna menginginkan PG & E membeli rumahnya dengan harga yang lebih mahal karena Donna dan Peter sedang sakit dan juga menginformasikan jika PG & E membantu membayar semua pengobatan dia dan suaminya saat dia tinggal di Hinkley karena kromium namun diinformasikan dari PG & E jika yang digunakan oleh mereka adalah kromium aman. Erin kemudian mempelajari lebih lanjut mengenai kromium dengan menanyakan ke Dr Frankel dari University of California, Los Angeles dan diperoleh penjelasan mengenai kromium ada kromium tiga yang aman dan kromium 6 yaitu kromium helsavalen yang merupakan zat berbahaya apabila terkena paparan berulang bisa menyebabkan sakit kepala kronis hingga pernapasan sesak, gagal hati, gagal jantung, kegagalan reproduksi, tulang atau kerusakan organ dan semua jenis kanker sehingga dapat menyebabkan kematian. Selain itu, diperoleh informasi kromium helsavalen digunakan sebagai pencegah karat biasanya benda itu di tanam melalui aliran air untuk mencegah korosi dan diinformasikan jika setiap daerah memiliki catatan mengenai kualitas air dan Erin dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai hal ini. Erin kemudian mengecek data kualitas air tanah ke Lahontan Regional Water Board dan menemukan bukti bahwa air tanah telah terkontaminasi kromium helsavalen yang merupakan zat berbahaya.

Demi melakukan penyelidikan ini, Erin selama seminggu tidak berada di kantor dan setelah kembali ke kantor, Ed Masry memecatnya karena mengira Erin pergi bersenang-senang. Beberapa waktu setelahnya, Ed Masry datang ke rumah Erin menyampaikan pesan dari Dr Frankel dari UCLA yang menginformasikan batas kromium helsavalen adalah 0,5 dan Erin menginformasikan di daerah Hinkley sebesar 0,58 yang dapat menjadi penyebab Donna terkena tumor. Erin menceritakan ke Ed Masry jika pihak PG & E pernah mengadakan seminar ke 200 warga Hinkley dan mengatakan tentang kromium yang digunakan pihak PG & E adalah kromium 3 dan baiknya kromium itu. Ed Masry meminta Erin untuk kembali bekerja untuknya dan Erin meminta kenaikan gaji dan tunjangan, Ed Masry menyetujui hal ini. Erin kembali mengunjungi Donna untuk menceritakan mengenai kromium helsavalen yang digunakan pihak PG & E dan Donna tidak mempercayai karena dokternya berkata hal berbeda namun Erin mengatakan jika dokter tersebut dibayar oleh pihak PG & E. Ed Masry mengirimkan dokumen ke pihak PG & E dan seketika orang PG & E ingin menemuinya. PG & E ingin menaikkan harga rumah Donna menjadi $ 250.000 dan Ed Masry memberitahu mengenai bukti kromium heslavalen yang digunakan oleh PG & E namun pihak PG & E masih menyangkal hal ini. Ed Masry menolak tawaran $ 250.000 tersebut.

Ed Masry dan Erin pergi menemui Donna dan warga lainnya agar menuntut PG & E mengenai sengketa tanah. Ed Masry meminta fee kepada mereka sebesar 40%. Setelah itu, Erin rajin mengunjungi warga sekitar dan mendapati seluruh warga yang dikunjungi memiliki penyakit seperti kanker gastrointensial dan penyakit kanker lainnya. Erin meminta agar Ed Masry juga mengugat tentang kasus kromium dan tidak hanya mengenai sengketa tanah, awalnya Ed Masry tidak setuju karena melawan PG & E sebuah perusahaan besar dengan  dana $ 28 Milliar namun pada akhirnya setuju apabila Erin mempunyai bukti kuat. PG & E menghadapi gugatan di Pengadilan Hukum Barstow wilayah San Bernardino dari Hinkley mengenai pencemaran air tanah di daerahnya dan seminar dari pihak PG & E yang mengatakan bahwa kromium yang digunakan tidak berbahaya dan akan diadili. Pihak PG & E datang ke kantor Ed Masry dan melakukan negosiasi untuk penyelesaian kepada 400 pengugat dengan total $ 20 juta dan Erin menolak nominal ini. Ed Masry berpartner dengan Kurt Potter dan Theresa untuk memperkuat posisi dan membantu finansial perusahaan. Erin tidak sepenuhnya setuju karena tidak yakin Kurt dan Theresa memiliki tujuan yang sama. Warga Hinkley mulai resah dengan belum adanya perkembangan dari proses arbitrasi dan wawancara yang dilakukan Theresa.

Ed Masry mengumpulkan warga untuk mengikuti arbitrasi mengikat dengan kemungkinan memperoleh $ 50 s/d $ 400 juta dan Ed Masry menjelaskan apabila proses dipengadilan bisa sampai 10 tahun, sekitar ± 150 orang belum menyetujui hal ini. Erin kembali ke Hinkley dan membujuk sisa penggugat untuk menandatangani surat persetujuan arbitrasi. Ketika Erin berada di sana, ada seorang pria bernama Charles Embry menghampiri Erin dan memberitahu bahwa dia dan sepupunya adalah karyawan PG & E, tetapi sepupunya umur 41 tahun baru-baru ini meninggal karena kanker ginjal. Charles bekerja di bagian kompresor dan dia diperintahkan untuk menghancurkan semua dokumen di PG & E seperti hasil uji sumur, dll yang membuktikan bahwa kantor pusat perusahaan mengetahui bahwa air itu terkontaminasi dengan kromium heksavalen dan menyarankan operasi Hinkley untuk menjaga rahasia ini, Chales tidak menghancurkan dokumennya dan memberikan seluruh dokumen tersebut ke Erin. Hasil pengadilan yaitu PG & E harus membayar $ 333 juta untuk dibayarkan ke pengugat dengan $ 5 juta diantaranya diberikan kepada keluarga Donna. Sebagai hasilnya, Ed Masry memberikan pembayaran bonus sebesar $ 2 juta kepada Erin. Penyelesaian yang diberikan kepada pengugat dalam kasus Hinkley vs PG & E adalah gugatan terbesar yang berlangsung dalam sejarah Amerika. Setelah gugatan ini, PG & E mengklaim mereka tidak lagi menggunakan kromium heksavalen dalam setiap pabrik kompresor mereka dan semua kolam mereka dilapisi untuk mencegah air tanah tercemar. Masry dan Vititoe menjadi firma hukum yang ternama dan Ed Masry menjadi pengacara yang terkenal.

Problem Identification

Permasalahan utama yang terjadi yaitu Pacific Gas and Electric Company (PG & E) menggunakan kromium helsavalen yang merupakan zat berbahaya yang dapat mengakibatkan kanker dan penyakit lainnya pada kompresor air tanah di daerah Hinkley dan menipu warga Hinkley bahwa kromium yang digunakan adalah kromium aman yang memiliki hal-hal baik. Bermula dari hal ini dan saat diketahui oleh Erin Brockovich membuat Erin mengumpulkan bukti-bukti dengan dibantu warga Hinkley dan akhirnya mendapatkan dukungan dari Ed Masry untuk mengajukan gugatan pada PG & E.

Critical Thinking

Pacific Gas and Electric Company (PG & E) sebagai perusahaan besar tidak seharusnya menggunakan kromium heksavalen yang dapat menyebabkan beragam macam penyakit dan menipu warga Hinkley dengan mengadakan seminar bahwa kromium yang digunakan merupakan kromium aman karena tidak sesuai dengan etika bisnis dan menjalankan social responsibility perusahaan. Berdasarkan Wikipedia, kromium heksavalen merupakan logam yang sangat berbahaya, bersifat toksik dan tidak mudah terurai di lingkungan yang biasanya digunakan untuk mencegah korosi baja dan pengawet kayu untuk melindungi kayu dari pelapukan jamur dan rayap serta apabila masuk kedalam tubuh dan memasuki sel darah, dapat menghancurkan ginjal, liver dan penyakit berbahaya lainnya.

Analytical Thinking

Managing Conflict, Politic and Negotiation 

Tipe konflik

  • Interpersonal conflict : konflik antara individu karena perbedaan tujuan dan nilai.
  • Intragroup conflict : konflik dengan grup, tim dan departemen.
  • Intergroup conflict : konflik antara dua atau lebih tim, kelompok atau departemen.
  • Interorganizational conflict :  konflik yang muncul dengan organisasi lain yang berada diluar.

Dari tipe konflik diatas, konflik yang ada yaitu :

Tipe Konflik

Kejadian

Interpersonal conflict.

Konflik ketika Ed Masry tidak setuju dengan Erin untuk juga mengugat PG & E diluar sengketa tanah yaitu mengenai penggunaan kromium helsavalen. 

Interorganizational conflict.

Konflik antara Erin dan Ed Masry dengan pihak PG & E yaitu perdebatan mengenai penggunaan kromium.

Sumber Konflik

  • Different goals and time horizons : kelompok yang berbeda memiliki tujuan dan waktu yang berbeda.
  • Overlapping authority : dua atau lebih manajer mengklaim otoritas dalam aktivitas dan tugas yang sama.
  • Task interdependencies : satu anggota dalam sebuah kelompok atau kelompok gagal menyelesaikan tugas dimana anggota lain/ kelompok saling bergantung sehingga menyebabkan kelompok menunggu dan tertinggal.
  • Different evaluation or reward systems : sebuah kelompok diberi penghargaan untuk mencapai suatu tujuan, tetapi kelompok lain yang terkait dengan tujuan tersebut bisa diberikan penghargaan yang tidak sama dengan kelompok pertama.
  • Scarce resources : kelangkaan sumber daya menjadi salah satu konflik.
  • Status inconsistencies : beberapa individu dan kelompok memiliki status organisasi yang lebih tinggi daripada yang lain sehingga dapat menyebabkan konflik dengan kelompok berstatus lebih rendah.

Dari sumber konflik diatas, sumber konflik yang ada yaitu :

Sumber Konflik

Penjelasan

Different goals and time horizons.

Ed Masry memikirkan mengenai masalah finansial perusahaan untuk mengusut kasus ini dan peluang menang yang kecil karena berhadapan dengan perusahaan besar sedangkan Erin memikirkan keadilan dan kehidupan layak bagi warga Hinkley.

Status inconsistencies.

Erin harus meminta persetujuan dari Ed Masry untuk juga mengugat mengenai penggunaaan kromium helsavalen di pengadilan karena status jabatan Ed Masry yang lebih tinggi dari Erin.

Strategi Manajemen Konflik

  • Compromise : masing-masing pihak khawatir tentang tidak hanya pencapaian tujuan mereka tetapi juga pencapaian tujuan pihak lain dan bersedia untuk terlibat dalam pertukaran memberi dan menerima untuk solusi yang masuk akal.
  • Collaboration : kedua belah pihak mencoba untuk memenuhi tujuan mereka dengan melakukan pendekatan yang membuat mereka berdua lebih baik dan tidak memerlukan konsesi pada masalah yang penting bagi salah satu pihak. 
  • Accomodation : pendekatan penanganan konflik yang tidak efektif dimana satu pihak dengan kekuatan yang lebih lemah menyerah pada tuntutan pihak lain yang lebih kuat.
  • Avoidance : pendekatan penanganan konflik yang tidak efektif dimana para pihak mencoba untuk mengabaikan masalah dan tidak melakukan apapun untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Competition : pendekatan penanganan konflik yang tidak efektif dimana masing-masing pihak mencoba untuk memaksimalkan keuntungannnya sendiri dan hanya memiliki sedikit minat dalam memahami posisi pihak lain.

Dari strategi manajemen konflik diatas, strategi yang ada yaitu :

Strategi Manajemen Konflik

Penjelasan

Competition.

Pihak PG & E merupakan perusahaan besar sedangkan kantor pengacara Masry dan Vititoe adalah kantor pengacara kecil sehingga PG & E tidak menyangka Ed Masry dan Erin bisa mengumpulkan bukti penggunaan kromium helsavalen oleh pihak PG & E dan berani menggugatnya di pengadilan.  Awalnya pihak Ed Masry dan Erin mencoba untuk melakukan kompromi dengan pihak PG & E namun pihak PG & E menyangkal penggunaan zat berbahaya tersebut sehingga kompromi tidak terjadi.

Negosiasi

  • Distributive negotiation : negosiasi yang bermusuhan dimana para pihak yang berkonflik bersaing untuk memenangkan sumber daya paling banyak dengan resiko sedikit mungkin, mereka mengambil sikap kompetitif, mereka tidak perlu melihat interaksi di masa depan dan mereka tidak peduli apabila hubungan antarpribadi rusak karena negosiasi kompetitif mereka.
  • Integrative bargaining : negosiasi kerjasama antara pihak yang berkonflik untuk mencapai solusi yang baik bagi kedua belah pihak, konflik sebagai situasi win-win antara kedua belah pihak dan tawar menawar melalui kolaborasi atau kompromi.

Dari negosiasi diatas, yang terjadi antara perusahaan PG & E dengan Erin dan Ed Masry adalah distributive negotiation terlihat dari strategi manajemen konflik yang bersifat kompetitif, orientasi pada menang atau kalah dimana pihak-pihak mencoba untuk mengklaim bagian maksimum untuk pihak mereka sendiri dan tidak ada rasa saling percaya dan kerjasama antara kedua belah pihak. Karena tidak menemukan solusi kedua belah pihak, maka Erin dan Ed Masry membawa gugatan mengenai kromium helsavalen ke pengadilan dengan hasil pihak PG & E dinyatakan akan diadili mengenai kasus ini. Untuk mempercepat proses dan menghemat biaya, Ed Masry menyarankan untuk melakukan arbitrasi yaitu penyelesaian sengketa diluar pengadilan dengan jurinya adalah pihak ketiga yang independen, hasilnya juga bersifat mengikat dan final. Sidang dalam arbitrasi bersifat privasi.

Strategi-Strategi Politik

  • Strategi politik untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuatan

Strategi

Keterangan

Mengendalikan ketidakpastian.

Ed Masry mengurangi ketidakpastian waktu keputusan pengadilan dengan menggunakan pihak ketiga yaitu arbitrator. 

Membuat diri sendiri tak tergantikan.

Erin mengembangkan pengetahuannya dengan belajar dari ahlinya, mencari tahu air di Hinkley dengan pergi langsung ke lapangan.

Berada di posisi tengah.

Ed Masry memiliki kendali pengambilan keputusan atas aktivitas dan sumber daya penting perusahaan.

Menghasilkan sumber daya.

Ed Masry dan Erin berhasil membuat warga Hinkley untuk ikut mengugat pihak PG & E.

Membangun aliansi.

Berpartner dengan Kurt Potter dan Theresa untuk memperkuat posisi dan membantu finansial perusahaan karena lawannya adalah perusahaan besar.

  • Strategi politik untuk mengembangkan kekuatan

Strategi

Keterangan

Mengandalkan informasi objektif.

Erin memberikan informasi yang objektif dan bukti-bukti kuat yaitu dokumen kualitas air yang terkontaminasi untuk membuat Ed Masry yakin bahwa hal itu benar. 

Membawa ahli luar.

Erin bertanya kepada ahlinya yaitu Dr Frankel dari University of California mengenai kromium helsavalen.

Mengendalikan agenda.

Erin mendokumentasikan dengan rapi dan mengingat hal yang dialami pengugat.

Menjadikan semua orang pemenang.

Kemenangan gugatan warga Hinkley atas PG & E dan membuat PG & E membayar $ 333 juta.

Motivation and Performance

Sifat Motivasi

Sifat Motivasi

Keterangan

Termotivasi secara intrinsik : perilaku yang dilakukan demi dirinya sendiri dan sumber motivasi dari dirinya sendiri.

Erin Brockovich termotivasi secara intrinsik demi mendapatkan pekerjaan dimana dia seorang single parent yang memiliki 3 orang anak  dan tidak memiliki latarbelakang pendidikan yang tinggi.

Termotivasi secara ekstrinsik :  perilaku yang dilakukan untuk memperoleh imbalan materi atau sosial atau untuk menghindari hukuman.

Erin Brockovich termotivasi secara ekstrinsik untuk menghasilkan uang demi 3 orang anaknya.

Termotivasi secara prososial : perilaku yang dilakukan untuk memberi manfaat atau membantu orang lain.

Erin Brockovich termotivasi secara prososial disaat terdapat kasus PG & E dan melihat warga Hinkley yang memiliki penyakit akibat zat berbahaya sehingga ingin menuntut keadilan dan kompensasi untuk warga Hinkley karena dasar sosial untuk membantu warga Hinkley.

Expectancy Theory

Teori ini mengatakan bahwa motivasi akan tinggi ketika karyawan percaya bahwa usaha yang tinggi membawa pada kinerja yang tinggi dan kinerja yang tinggi akan menghasilkan pencapaian hasil yang diinginkan.

Faktor

Keterangan

Expectancy.

Erin memberikan usaha yang tinggi dengan bekerja dengan rajin dengan keluar kantor untuk mencari informasi dengan melakukan pendekatan personal ke warga Hinkley, menemui Dr Frankel dari University of California, pergi ke Lahontan Regional Water Board untuk mengecek dokumen kualitas air dan melakukan pengecekan ke lapangan sampai menemukan ada hewan meninggal akibat air Hinkley. Karena hal ini, sempat terjadi kesalahpahaman Ed Masry yang mengira Erin tidak berada dikantor selama seminggu karena pergi bersenang-senang.

Instrumentality.

Karena usaha yang tinggi dari Erin, Erin dan Ed Masry dapat memenangkan gugatan dengan perusahaan besar yaitu PG & E.

Valence.

Erin mendapatkan bonus $ 2 juta dari Ed Masry atas kasus yang dimenangkan tersebut.

Managing Organizational Structure and Culture

Model Karakteristik Pekerjaan

Model karakteristik pekerjaan JR Hackman dan GR Oldham adalah model desain pekerjaan yang berpengaruh yang menjelaskan secara rinci bagaimana manajer dapat membuat pekerjaan lebih menarik dan memotivasi.

Karakteristik

Keterangan

Skill variety : sejauh mana suatu pekerjaan mengharuskan seorang karyawan menggunakan berbagai keterampilan, kemampuan, atau pengetahuan yang berbeda. 

Meskipun Erin seorang amatiran, tapi ketika Erin meminta untuk menyelidiki kasus sengketa tanah PG & E yang juga terdapat catatan medis lebih lanjut, Ed Masry memperbolehkan hal tersebut.

Task identity : sejauh mana suatu pekerjaan mengharuskan seorang pekerja melakukan semua tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dari awal hingga akhir.

Erin mencari informasi dan mengumpulkan bukti dari awal hingga akhir.

Task significance : sejauh mana seorang pekerja merasa pekerjaannya berpengaruh terhadap orang-orang di dalam organisasi, seperti rekan kerja, atau pada orang-orang di luar organisasi, seperti pelanggan. 

Hasil pekerjaan Erin berpengaruh pada Ed Masry dimana firma hukum Ed Masry menjadi pengacara yang terkenal dan firma hukumnya juga menjadi dikenal. Selain itu, berpengaruh kepada pelanggannya yaitu warga Hinkley yang mendapatkan kompensasi sejumlah uang.

Autonomy : sejauh mana pekerjaan memberi karyawan kebebasan dan kebijaksanaan yang dibutuhkan untuk menjadwalkan tugas yang berbeda dan memutuskan bagaimana melaksanakannya.

Ed Masry memberikan kebebasan bagaimana Erin mengerjakan pekerjaannya dan bagaimana melaksananya.

Feedback : sejauh mana benar-benar melakukan pekerjaan memberikan informasi yang jelas dan langsung kepada pekerja tentang seberapa baik dia telah melakukan pekerjaan itu.

Ed Masry memberikan pujian pada Erin yang mengerjakan tugasnya dengan baik dan memberikan bonus yang lebih besar dari yang dijanjikan diawal.

Budaya Organisasi 

Budaya organisasi adalah sekumpulan nilai, norma, dan standar perilaku yang mempengaruhi bagaimana individu dan kelompok berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.

Budaya Organisasi

Keterangan

Karakter anggota organisasi.

  • Erin Brokovich adalah single parent dan tidak memiliki latar pendidikan yang tinggi atau seorang amatiran namun pekerja keras dan cepat belajar.
  • Ed Masry adalah seorang pengacara yang banyak melakukan pertimbangan-pertimbangan rasional dalam mengambil keputusan dan memikirkan hal jangka panjang.

Hubungan anggota tim.

Hubungan Erin dan Ed Masry awalnya tidak cukup baik dimana Ed Masry sebenarnya tidak mau Erin bekerja di kantor pengacaranya dan sempat memecat Erin karena kesalahpahaman. Namun setelah mengerjakan kasus PG & E bersama-sama, hubungan anggota tim menjadi baik meskipun terdapat perselisihan pendapat tentang gugatan kasus kromium PG & E namun bisa diatasi dan menemukan kesepakatan.

Struktur organisasi.

Ed Masry sebagai pemimpin Erin dalam tim ini. 

Etika organisasi.

  • Ed Masry memiliki perilaku sopan dalam bertindak dan berinteraksi dengan pihak luar maupun karyawannya. Ed Masry sebagai pemimpin ikut mendampingi Erin ketika bertemu PG & E yang melakukan negosiasi sengketa tanah dan membantu mencarikan solusi yang cepat agar warga Hinkley tidak perlu menunggu waktu lama untuk kompensasi PG & E.
  • Erin memiliki cara berpakaian dan berbicara kurang sopan terhadap karyawan lainnya atau Ed Masry.

Problem Solving

Perusahaan PG & E adalah perusahaan dengan dana $ 28 miliar tidak semestinya menggunakan zat berbahaya dalam menjalankan bisnisnya dan menipu warga Hinkley dimana awalnya berusaha baik dengan memberikan pengobatan gratis pada warga Hinkley. Selain itu, PG & E sangat percaya diri dan tidak menyangka bahwa Erin dan Ed Masry dapat mengumpulkan bukti dan menggugatnya ke pengadilan karena hanya kantor pengacara kecil dengan keterbatasan finansial, seharusnya ketika PG & E mengetahui bahwa Erin mengetahui mengenai penggunaan kromium heksavalen, pihak PG & E seharusnya mendatangi warga Hinkley dan Erin serta Ed Masry secara baik-baik untuk melakukan negosiasi integrative bargaining agar win-win dengan strategi manajemen konflik compromise atau collaboration dan memberikan kompensasi yang sesuai serta memperbaiki penggunaan kromium helsavalen. Namun hal sebaliknya terjadi, dimana pihak PG & E merasa sombong karena merupakan perusahaan besar dan memandang rendah kantor pengacara Ed Masry. Seharusnya PG & E memikirkan mengenai apabila Erin dan Ed Masry dapat mengumpulkan bukti dan mengugat di pengadilan serta terbukti bersalah, nama baik perusahaan besar seperti PG & E akan tercemar dan kepercayaan masyarakat akan perusahaan tersebut akan hilang.

Disusun Oleh:

Yuli Mariana – 41P20095

EMBA B 41C

Sumber :

  • Jones, G.R, dan George, J.M (2020). Contemporary Management. 11th edition, McGraw-Hill, New York.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Erin_Brockovich_(film)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kromium


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Yuli Mariana

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format