Jangan Ganti Channelmu !! sebuah Dorama Stasiun TV

Stay Tuned (2019) merupakan Dorama yang diadaptasi dari serial Manga berjudul "Channel wa Sonomama!" yang diartikan “”jangan ganti channel” (program Televisi)


1
1 point

Sinopsis

Stay Tuned (2019) merupakan Dorama yang diadaptasi dari serial Manga berjudul “Channel wa Sonomama!” yang diartikan “”jangan ganti channel”  (program Televisi) diciptakan oleh  Noriko Sasaki yang dirilis sejak tahun 2008 – 2013. Serial ini dibuat untuk memperingati hari jadi HTB (Hokkaido Television Broadcasting) ke 50 tahun.  Dorama ini berkisah tentang Hanako Yukimaru,  seorang  pegawai baru berumur 22 tahun yang bekerja di sebuah stasiun TV lokal di Sapporo Jepang bernama HHTV “Hokkaido Star TV”. Yukimaru seorang reporter berita newbie yang selalu berusaha keras di pekerjaanya tapi kebodohannya membuat dia sering terlibat dalam masalah, dia  pantang menyerah hingga menyatukan teman-temannya dari berbagai departemen berbeda untuk menghadapi semua permasalahan yang terjadi di pekerjaannya.

Hanako Yukimaru meskipun tokoh fiktif namun tempat dia bekerja yaitu  HHTV merupakan perusahaan asli di Hokkaido. Latar cerita dari serial ini adalah terpusat pada cara kerja sebuah stasiun TV berita, mulai dari penentuan tema dan program. proses pencarian berita, pembuatan naskah berita, desain, penyusunan jadwal, pembacaan berita oleh pembawa  berita  dan penjualan slot iklan kepada sponsor iklan yang kesemuanya merupakan suatu rangkaian proses yang saling berhubungan.

Gambar 1 : Poster “Stay Tuned” 

Sumber : https://i.mydramalist.com/

Pada awal cerita, teman satu departemen Yukimaru bernama Hajime Yamane menyangsikan bagaimana seorang yang lugu dan bodoh seperti Yukimaru bisa diterima seperti salah menulis berita, terlambat dan ceroboh. Namun Toraya Ogura, direktur informasi  dari HHTV meyakinkan Hajime bahwa di HHTV terdapat program untuk menerima karyawannya yang tampaknya bodoh agar perusahaan menjadi lebih kreatif karena Yukimaru diyakini akan memberikan perspektif diluar kotak. Selain itu ketulusan Yukimaru akan membantu teman-temannya sehingga dapat mencapai goal dari perusahaan.

Proses pembuatan berita dijelaskan di episode pertama dimana Yukimaru sebagai reporter melakukan liputan bersama kameramen, lalu Yukimaru akan membuat naskah berita  dan diajukan kepada Chief Editor untuk di review, lalu bersamaan footage atau potongan video di lakukan editing bersama tim produksi dan departemen visual art untuk membuat animasi dan desain. Setelah semua selesai naskah berita akan diberikan kepada pembawa berita. 

Episode satu ini juga menceritakan Kanako Mayahita yang merupakan pembawa berita yang akan debut menjadi pembawa berita, diistilahkan hatsu news. Kanako Mayahita sempat mengalami tidak percaya diri namun berhasil mengalahkan itu dengan dukungan teman-temannya. Sebagai pembawa berita, Kanako bertanggung jawab untuk melakukan review terhadap informasi yang akan dibawakan meskipun berita tersebut bukan mereka yang buat, jika terdapat kesalahan yang diakibatkan oleh ketidak akuratan, penonton dirumah akan menyalahkan si pembawa berita meskipun bukan dia yang membuat. 

Episode  kedua menceritakan Hayato Kitagami yang bekerja di departemen organisasi yang mengelola program televisi, analisa rating dan penentuan program mana yang akan dilanjutkan atau tidak. Hayato akan membuat sebuah timetable setiap program tv, dimana Hayato akan membuat sebuah perencanaan durasi suatu program TV, juga membuat rencana apabila program acara melebihi durasi yang ditentukan. Episode ini juga menceritakan Yosuke Furuya seorang pembawa acara ramalan cuaca yang membawakan berita ramalan cuaca dengan cara unik sesuai saran Yukimaru. 

Pada episode ketiga berkisah tentang konflik antara departemen dalam HHTV yaitu Tetsutaro Hattori dari departemen penjualan  dengan Hajime Yamane dari departemen berita. Hattori kesal karena kehilangan sponsor utama akibat pemberitaan yang dilakukan oleh departemen berita sehingga Hattori perlu mencari sponsor pengganti sedangkan Hajime bersikeras bahwa pemberitaan haruslah netral dan mengutamakan kepentingan pemirsa.  Akhirnya Hattori menemukan sponsor pengganti yaitu Sapporo Rubber yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sepatu bot karet jenis khusus yang disebut Scallop Spike/. Pada Episode ini juga memperkenalkan tugas Seiichi Tachibana dari departemen Master Controller di Departemen Teknologi yang bertugas di ruangan khusus yang memonitor teknis penyiaran tv, memantau kesiapan siaran live, memonitor kesiapan audio dan mengkoordinasikan antar bagian berita dan lapangan. 

Sekilas Industri Pertelevisian 

Pendapatan dari perusahan stasiun TV adalah penjualan slot iklan dimana perusahan tertarik untuk menjadi pengiklan apabila rating dari suatu program TV tinggi begitu juga sebaliknya. Di dalam Industri televisi Indonesia, mengacu pada rating oleh Nielsen. Perusahaan multinasional itu mengukur rating dengan memasang alat khusus bernama people meter pada setiap televisi di 2.273 rumah tangga. Panel itu tersebar di 11 kota besar di Indonesia.  Rating tersebut merupakan sebuah ukuran kesuksesan sebuah program TV. Meski kerap banyak mendapat kritikan, namun rating en tersebut saat ini menjadi satu-satunya rujukan data kuantitatif keberhasilan sebuah program merebut penonton televisi.

Dalam Serial Stay Tuned (2019) selain mengisahkan konflik antar tokoh, antar departemen dan kompetitor juga memberikan gambaran bahwa industri televisi menghadapi tantangan dimana selera penonton berubah sehingga dilema apakah HHTV melanjutkan kekhasannya menjadi sebuah stasiun TV Berita atau mulai bergeser ke stasiun TV yang menampilkan Dorama atau Opera Sabun karena lebih murah dan rating nya lebih tinggi. 

Di Indonesia sendiri pangsa pasar pertelevisian nasional masih dikuasai oleh MNC Group dimana terdapat 4 stasiun televisi di bawah bendera PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)  berkontribusi terhadap 50,7% primetime industri televisi nasional. RCTI menguasai pasar hampir 33,5%. Di Indonesia sendiri, Industri TV menghadap tekanan akibat datangnya penyedia layanan streaming seperti Youtube, Netflix. Meskipun data dari  Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) per November 2020 mengungkapkan, saat ini televisi masih menjadi media periklanan utama di Indonesia namun pangsa pasar periklanan Indonesia dalam media TV pada 2020 alami penurunan menjadi 62,5% dari tahun 2015 yang sebesar 66,2%.

Sumber : https://tirto.id/petang-menjelang-industri-tv-konvensional-bEYH

Sesuai dengan pengertian strategi yang disebutkan Porter bahwa strategi adalah alat yang sangat penting  untuk mencapai keunggulan bersaing. Keunggulan  yang dimaksud Porter adalah sesuatu hal yang tidak dimiliki oleh pesaing yang dapat mempertahankan eksistensi perusahaan dalam jangka panjang. Michael E. Porter (1980) membuat kerangka untuk memahami lima kekuatan persaingan pokok dalam suatu industri. Lima kekuatan tersebut di antaranya yaitu: Rivalry among Competing Firms, Potential New Entrants, Substitute Products, Bargaining Power Of Suppliers, Bargaining Power Of Buyers.

Berikut merupakan Analisis strategi terkait dengan Lingkungan Eksternal HHTV yang digambarkan dalam serial Stay Tuned (2019) sebagai berikut :

Rivalry among Competing Firms

Industri pertelevisian HHTV cukup ketat dimana Higuma TV, kompetitor dari HHTV, ditampilkan sangat ingin menjadi nomor satu dan selalu berusaha mengalahkan HHTV.

Secara Industri, Televisi menghadapi ancaman penurunan pangsa pasar dari Televisi berbayar. 

Potential New Entrant

Dengan kondisi Industri pertelevisian yang semakin tergerus, kehadiran pendatang baru  sangat minim karena perizinan cukup rumit serta modal yang dibutuhkan tinggi sehingga ancaman pendatang baru tidaklah besar. 

Substitute Product 

Kehadiran media online seperti Netflix, Facebook jelas mengancam pangsa pasar iklan stasiun Televisi

4.

Bargaining Power Of Suppliers

Kekuatan pihak produksi atau pihak ketiga yang mensupply secara garis besar cukup lemah

HHTV lebih memilih membuat program acara sendiri dan tidak tergantung terhadap supplier atau rumah produksi tertentu. 

Hal tersebut digambarkan ketika Direktur HHTV Ayumu Saito memiliki banyak alternatif dorama yang bisa ditampilkan. 

5. 

Bargaining Power of Buyer 

Kekuatan tawar dari pengiklan sangat kuat karena jumlah pengiklan yang memiliki target audience yang massa seperti televisi lebih sedikit. Sehingga persaingan untuk mendapatkan Anchor Client cukup ketat. 

Di HHTV episode ketiga digambarkan sulitnya Taisei Shima mendapatkan sponsor. 

SWOT Analysis HHTV 

1. Strength

HHTV memiliki karyawan yang berpengalaman, pekerja keras dan kreatif dalam mencari solusi seperti yang digambarkan sepanjang di cerita Stay Tune (2020). Selain itu HHTV telah berdiri lama selama 20 tahun sehingga reputasi HHTV di mata masyarakat lokal Sapporo cukup kuat. 

2. Weakness 

Karena fokus HHTV sebagai stasiun tv berita maka biaya produksi juga lebih tinggi karena memerlukan biaya untuk liputan ke lapangan dibandingkan dengan stasiun TV yang hanya menampilkan konten serial drama atau membeli konten dari pihak ketiga.  

3.Opportunity

Pengembangan ke Konten Digital, di tengah meningkatnya pengguna internet. Dengan reputasi dan pengalaman membuat berita, HHTV dapat masuk ke dalam konten berita digital. 

4. Threat 

Ditengah pertumbuhan pengguna internet dan generasi muda yang lebih memahami penggunaan internet mengancam bisnis televisi. Selain itu kehadiran portal online atau sosial media yang dapat menggantikan televisi dalam hal penyampaian berita. Aplikasi Youtube yang lebih bebas dibanding dengan Industri Televisi yang memiliki Komisi Penyiaran Indonesia sehingga fleksibilitas nya cukup terbatas. 

Formulasi Strategi HHTV dengan mempertimbangkan faktor diatas untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor dan ancaman 

1. Level Korporasi

Pada level Korporasi, dengan mempertimbangkan kondisi persaingan stasiun tv yang cukup ketat maka HHTV dapat mulai masuk ke dalam strategi diversifikasi yaitu  peluang bisnis baru yaitu pengembangan portal berita online. Sehingga HHTV dapat menangkap peluang audience baru yang kini mulai pindah ke media online untuk memperoleh berita 

2. Level Bisnis

Strategi terbaik adalah dengan berkonsentrasi pada keunggulan dari HHTV  sendiri  seperti yang dikatakan Direktur Ogura kepada Hajime  pada Episode ke 4 yaitu tidak hanya menyajikan berita yang mengandung 5W (What, Who, When, Where, Why) tapi juga L yaitu Love sehingga dapat menyajikan berita yang menyentuh hati pelanggan. Sehingga strategi terbaik menurut penulis adalah Differentiation Strategy dimana HHTV perlu memiliki keunggulan komparatif dibanding kompetitor sehingga target market tertentu dapat dipertahankan,

3. Level Fungsional

Pada rencana level fungsional menampilkan goal dari para manajer setiap departemen untuk mencapai goal pada level bisnis. Seperti memastikan peringkat rating program TV di angka 8%seperti yang digambarkan di episode ke 4 untuk mencapai target rating tersebut setiap departemen bersinergi untuk membuat sebuah tayangan yang menarik. 

Pada Episode ke 4 sempat digambarkan bahwa untuk mencapai peningkatan rating, HHTV membuat seluruh program yang terkait dengan Ramen mulai dari restoran ramen terbaik, proses pembuatan ramen di Departemen Informasi yang dipimpin oleh Direktur Ogura dan Acara reality Show yang bertema Ramen sehingga HHTV dapat menaikan rating TV.    

HHTV juga dapat mempertahankan kualitas pemberitaan dengan  melakukan pemberitaan yang relevan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitar kota hokkaido. 

Organizational Structure

Dari Stay Tuned (2020) ini kita dapat menyimpulkan bahwa stasiun HHTV memiliki struktur organisasi fungsional sebuah struktur organisasi dimana terdiri dari departemen fungsional yang dibutuhkan untuk organisasi tersebut  (Jones dan George, 2018). 

Fungsi dari masing-masing  departemen  dapat dijelaskan sebagai berikut : 

1. Berita 

Terdiri dari Jurnalis Reporter, Editor, dan Produksi, Jurnalis atau reporter bertugas mencari berita yang akan diajukan kepada Chief Editor untuk di review. Dalam meliput Berita jurnalis reporter melakukan interview di lokasi ditemani oleh bagian produksi yaitu kameramen. Yukimaru bekerja di departemen ini  bersama Hajime Yamane.
Reporter akan membawa berita lalu akan diajukan kepada pemimpin redaksi untuk di review, direvisi apabila diperlukan. Lalu setelah di lolos oleh redaktur maka akan masuk ke bagian produksi, disitu reporter bekerja sama dengan bagian produksi untuk  melakukan pembuatan video. Bagian produksi bertanggung jawab menghasilkan berita dengan visual yang baik dan akurat. 

Pembawa Berita termasuk dalam departemen ini dan bertugas membacakan berita, selain membacakan berita yang diperoleh dari reporter, pembawa berita juga terlibat dalam pembuatan berita merangkap sebagai jurnalis sehingga terlibat aktif dalam membuat naskah berita. Tokoh yang bekerja  adalah karakter utama Maki Hanae. 

2. Teknologi termasuk didalamnya sub departemen Master Control  

Departemen ini berkutat dengan masalah teknis Stasiun TV, di seria ini dijelaskan bahwa terdapat sub departemen bernama Master Control atau disebut ruang kendali utama siaran televisi yang secara umum,  Para personil bertanggung jawab dalam hal kelancaran jalannya program tayang serta menjaga kualitas penayangan gambar maupun audio, baik pada acara yang recorded maupun live. Tokoh yang bekerja disini adalah Seiichi.

3. Marketing / Pemasaran

Bertugas untuk mencari klien atau sponsor selain itu juga memberikan konsultasi kepada pengiklan bagaimana mencapai target audience, Tokoh: Tetsutaro Fukube 

4. Organisasi 

Departemen ini bertugas untuk melakukan analisis strategis terhadap suatu program acara lalu juga menilai rating acara untuk mengambil keputusan apakah suatu program diteruskan, di hentikan atau dirubah. Departemen ini juga bertanggung jawab membuat time table suatu program tv, durasi suatu acara, slot iklan dan membuat backup plan apabila suatu tayangan langsung melebihi waktu yang ditentukan Tokoh : Hayato Kitagami

5. Informasi 

Departemen informasi bertugas membuat video berisi informasi bernama Kirakira information, bedanya dengan departemen berita adalah di departemen informasi lebih ke pembuatan konten-konten terkait gaya hidup. 

Organizational Culture / Budaya Organisasi

Budaya organisasi pada dasarnya adalah berbagai seperangkat keyakinan, harapan, nilai-nilai dan norma bersama yang memengaruhi bagaimana anggota organisasi saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi (Jones dan George, 2018). Budaya organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya struktur organisasi, etika organisasi, karakteristik anggota organisasi, dan hubungan antar anggota tersebut. 

1. Struktur Organisasi

Struktur organisasi perusahaan HHTV di bagi per departemen yang fungsinya saling mensupport untuk menghasilkan sebuah produk acara atau tayangan yang menarik pemirsa dan akhirnya menarik sponsor untuk beriklan 

2 .Etika Organisasi

Pengertian etika organisasi yaitu sifat dan perilaku yang menunjukkan kesediaan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma yang berlaku dalam suatu organisasi. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana seseorang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai nilai-nilai yang berlaku. 

Jika kita amati dari serial ini ada beberapa etika organisasi yang menjadi kritik yaitu : 

  1. Akurasi Berita adalah yang utama sehingga kesalahan berita dapat membuat pemirsa tidak mempercayai lagi HHTV 

  2. Kolaborasi antar departemen sangat di perlukan, seperti yang terjadi episode ke empat dimana departemen berita bekerja sama dengan marketing untuk membuat sebuah liputan tentang sepatu bot Scallop Spike

3. Karakteristik Anggota

Karakteristik anggota (karyawan) perusahaan HHTV adalah kerja keras, kreatif, dan bisa bekerja dalam tekanan. Kerja keras adalah tampaknya beberapa scene yang menunjukkan mereka bekerja hingga larut malam  untuk menyelesaikan pekerjaannya. Kreatif dalam hal membuat ide-ide baru untuk membuat pemirsa tetap menarik seperti yang dilakukan oleh  Yosuke Furuya dalam membacakan ramalan cuaca, karena dalam setiap penampilannya dia selalu menggunakan gimmick berupa kostum yang sesuai dengan cuacanya. 

4.Hubungan Antar Anggota

Hubungan antar anggota cukup baik, meskipun terdapat beberapa konflik seperti perbedaan pendapat antara departemen berita dan marketing dalam hal melihat suatu isu namun pada akhirnya mereka tetap bekerja sama. Yukimaru juga ditampilkan sebagai wanita periang yang mampu menyatukan seluruh rekan-rekannya dalam episode yang berbeda.

Managing Conflict, Politics, and Negotiation

Suatu kelompok atau grup terdiri dari beberapa orang yang memiliki gagasan atau perspektif yang berbeda-beda. Perspektif dapat menimbulkan konflik dalam kelompok dan menjadi penyebab perbedaan visi dan misi kelompok. Dalam suatu organisasi seperti HHTV, akan ada konflik organisasi yang muncul  ketika tujuan, minat, atau nilai dari individu atau kelompok yang berbeda dan individu atau kelompok. 

KONFLIK ORGANISASI

Konflik organisasi adalah perbedaan yang muncul ketika tujuan, kepentingan, atau nilai antar individu/kelompok berbeda yang menimbulkan ketidaksesuaian, dan individu/kelompok tersebut menghalangi/menggagalkan usaha satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka. 

Jones and George (2020) membagi beberapa tipe konflik dalam organisasi. Tipe-tipe tersebut antara lain yaitu, interpersonal conflict, intragroup conflict, intergroup conflict, dan interorganizational conflict. Interpersonal conflict merupakan konflik antar individu karena perbedaan tujuan atau nilai dalam kelompok. Intragroup conflict merupakan konflik dalam kelompok, tim, atau departemen. Intergroup conflict yaitu conflict diantara dua atau lebih tim, grup atau departemen. Interorganizational conflict yaitu konflik yang muncul antar organisasi.

Konflik yang terjadi pada serial ini adalah Intragroup Conflict, Konflik ini di gambarkan cukup jelas pada episode ketiga dimana, departemen marketing yang dipimpin oleh Hattori  kehilangan salah satu sponsor utama yaitu supermarket Marumaru akibat pemberitaan dari departemen berita HHTV terkait penemuan jarum jahit dalam roti yang kebetulan dijual di Supermarket Marumaru.  Menurut departemen berita, cerita tersebut layak untuk dijadikan berita demi melindungi masyarakat  namun akibat pemberitaan tersebut department marketing mendapatkan komplain dari Supermarket Marumaru akibat menampilkan toko Marumaru, padahal mereka juga hanyalah korban dari supplier roti akhirnya mereka memutuskan untuk tidak lagi menjadi pengiklan di HHTV. Hattori kecewa kepada Yamane akibat pemberitaan di Marumaru store sehingga kehilangan sumber pendapatan iklan, meskipun Yamane membantah karena misi dari HHTV adalah untuk memberikan berita yang dapat melindungi masyarakat sehingga tidak mungkin hanya melindungi sponsor.  

Sumber Konflik

Konflik dalam organisasi muncul dari berbagai sumber. Menurut Jones dan George (2020), sumber konflik dalam organisasi dapat berasal dari (1)perbedaan tujuan dan horizon waktu, (2)kewenangan yang tumpang tindih, (3)ketergantungan tugas, (4)perbedaan evaluasi dan sistem penghargaan, (5)sumber daya yang terbatas, serta (6)inkonsistensi status.

Sumber konflik di HHTV yang pertama adalah Different Goal and Time Horizon

Goal dari Marketing adalah mendapatkan pendapatan, sedangkan goal dari news department adalah memberikan berita terbaik dan akurat. News departemen memiliki time horizon yang lebih pendek karena berkutat dengan berita-berita terkini yang aktual sedangkan marketing lebih Panjang karena mereka juga perlu memiliki hubungan jangka panjangan dengan pengiklan. Sehingga timbulah konflik antara dua divisi tersebut. Sumber konflik kedua adalah Different evaluation of reward system berikut ringkasannya “ 

No

 Sumber Konflik

Organisasi 

Marketing 

Berita 

1

  • Different Goal 

  • Time Horizon

Menghasilkan acara TV yang memiliki rating yang bagus sehingga layak dijual 

  • Mendapatkan pendapatan dari Sponsor ,

 

  • Marketing memiliki time horizon lebih Menengah Panjang karena mereka juga perlu menjaga hubungan dengan sponsor 

 

Memberikan berita terbaik dan akurat.

Sehingga timbulah konflik antara dua divisi tersebut.

 

Departemen berita memiliki time horizon yang lebih pendek karena berkutat dengan berita-berita terkini yang aktual

 2. 

Different evaluation or rewads ystem

Dievalusi menggunakan rating penonton

Dari banyaknya pengiklan yang menjadi sponsor 

Keakuratan suatu berita

 Conflict Management Strategies

Untuk mencapai tujuan organisasi, seorang manajer harus mampu menyelesaikan konflik. Terdapat beberapa strategi manajemen untuk menangani konflik, antara lain: 

Kompromi (Compromise) adalah cara menangani konflik dimana tiap pihak tidak memperhatikan tujuannya sendiri-sendiri dan memahami bahwa pihak lain memiliki tujuan yang berbeda sehingga perlu diakomodasi goal pihak lain tersebut.

Kolaborasi (Collaboration) adalah cara menangani konflik dengan bekerja sama atau bersinergi tanpa perlu mengorbankan tujuan masing-masing sehingga memberikan nilai tambah pada keduanya

Pada Episode 4 akibat rating program dikalahkan oleh Higuma TV, salah satu direktur untuk menyarankan untuk mengganti program TV berita, kirakira information, olahraga  dengan program tv dorama yang dengan mudah dibeli dari rumah produksi.  Untuk itu Presiden memberikan tantangan kepada masing-masing kelapa departemen agar mencapai target audience yang ditetapkan. 

Untuk itu Yamane membuat ide agar departemen berita, Kira-kira information, olahraga membuat sebuah liputan dengan tema yang sama yaitu ramen namun dari perspektif yang berbeda. Bagian Olahraga akan meliput ramen favorit olahragawan, bagian berita akan membuat cerita tentang ramen terbaik di Sapporo, sedangkan Kira-kira information akan membuat sebuah liputan tentang cara pembuatan ramen.  

Ide ini terlaksana dengan kolaborasi antar program selain itu juga setiap departemen melakukan kompromi dengan cara  bahwa masing-masing menyadari bahwa mereka memiliki tujuan yang sama yaitu m

Kenaikan rating audience. Akhirnya ide Yamane ini berhasil membuat rating audience seluruh program HHTV mengalahkan pesaingnya Higuma TV. 

Terdapat dua jenis negosiasi yaitu distributive negotiation dan integrative bargaining,

Distributive Negotiation: Bahwa Negosiasi hanya ada menang kalah atau sumber daya yang ada harus dibagi. Tiap pihak menyadari bahwa dia harus menyerahkan sesuatu tetapi apabila dia mendapatkan bagian terbesar dari sumber daya itu.

Integrative Bargaining: kedua pihak merasa apabila mereka bisa meningkatkan porsi bagian atas sumber daya dengan cara memunculkan solusi yang kreatif untuk menyelesaikan konflik. Pada kondisi ini, konflik ditangani terbaik melalui kolaborasi atau kompromi.

Dalam serial ini jenis negosiasi yang terjadi adalah integrative bargaining ketika  Yukimaru sedang mewawancarai seorang buronan korupsi di persembunyiannya, pihak berita ingin menampilkan berita tersebut secara langsung namun pihak produksi menolak akibat telah dijadwalkan penayangan film, namun pada akhirnya semua pihak setuju karena misi dari HHTV adalah memberikan konten terbaik kepada pemirsa dengan memberikan berita langsung wawancara buronan korupsi. 

STRATEGI POLITIK

Politik Organisasi merupakan kegiatan managers yang terlibat untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakan kekuasaan secara efektif untuk mencapai tujuan atau mengatasi perlawanan atau oposisi. Strategi politik merupakan taktik khusus yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan menggunakannya secara efektif untuk mempengaruhi dan mendapatkan dukungan orang lain sambil mengatasi perlawanan.

Dalam film  strategi politik yang digunakan Direktur Ogura adalah dengan melakukan aliansi dengan departemen lain untuk mempertahankan posisinya mengingat posisinya terancam akibat audience rating kalah dibanding kompetitor yaitu Higuma TV. 

 

Strategi Politik 

Analisis Penulis 

Building Alliance 

Strategi ini disarankan dilakukan untuk Direktur Ogura agara program Berita tidak digantikan dengan produk Offair dengan cara melakukan aliansi dengan tim dari departemen lain. Dengan adanya aliansi, Direktur Ogura dapat dengan mudah mencapai goal untuk meningkatkan rating apabila departemen lain mau diajak kerjasama. 

 

Relying on Objective Information 

Dalam setiap rapat direktur, rating HHTV selalu kalah dibandingkan dengan rating kompetitor  secara rata-rata 30 hari namun ada hari-hari tertentu yang HHTV lebih unggul terutama adalah program berita langsung 

 Agar program TV tidak diganti maka Direktur Ogura bersama departemen lain merubah strategi mereka untuk mengemas program berita, olahraga, Kira-kira information bahkan cuaca dengan satu tema yang sama yaitu Ramen. 

Oleh :

Steve Daniar Angga  (EMBA B 41C)

41P20090 

Daftar Pustaka :

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York : McGraw-Hill Education.

https://yonulis.com/2020/11/28/promoting-effective-communication-managing-conflict-politic-negotiation-and-using-information-technology-to-increase-performance/

https://www.imdb.com/title/tt10088086/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Stevedanggara

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format