The Old Guard: Pengalaman yang Memberikan Kekuatan dan Penghormatan

“Tiada yang lebih menyedihkan dari hidup selamanya sambil melihat orang-orang yang disayangi menua dan meninggal satu per satu.”


1
1 point

Sinopsis:
Pernah membayangkan menjadi seorang prajurit bayaran? Melewati satu demi satu medan tempur dan mengalahkan musuh? Mungkin untuk kita yang sudah biasa hidup dalam suasana damai, menjadi prajurit bayaran adalah suatu pekerjaan yang tidak dapat kita bayangkan. Namun bagaimana jika pekerjaan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak bisa mati / immortal? Hal inilah yang ditawarkan dalam Film The Old Guard, sebuah film adaptasi dari novel grafis terkenal karya Greg Lucka dan Leandro Fernandez.


Film ini dimulai dengan berkumpulnya 4 orang sahabat yang juga merupakan prajurit bayaran yang terdiri dari Andromache of Schytia / Andy (diperankan oleh Charlize Theron), Sebastian Le Livre / Booker (diperankan oleh Matthias Schoenaerts), Yusuf Al-Kaysani / Joe (diperankan oleh Marwan Kenzari) dan Nicolo di Genova / Nicky (diperankan oleh Luca Marinelli). Mereka baru bertemu kembali setelah pekerjaan terakhir sebagai prajurit bayaran setahun yang lalu dan keempatnya merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan immortal / tidak bisa mati serta telah hidup beratus-ratus hingga ribuan tahun lamanya. Pertemuan mereka didasari dengan adanya permintaan dari Copley (diperankan oleh Chiwetel Ejiofor), seorang mantan agen CIA yang sebelumnya juga pernah bekerjasama dengan mereka untuk melakukan suatu misi penyelamatan atas beberapa pelajar sebuah sekolah yang diserang dan diculik oleh teroris.

Keempatnya kemudian berangkat untuk melaksanakan misi tersebut dan penonton pun disuguhkan dengan keahlian mereka sebagai seorang prajurit bayaran yang mumpuni serta  handal berbekal puluhan bahkan ratusan tahun medan tempur yang telah mereka lalui. Namun ternyata misi tersebut merupakan jebakan untuk memperoleh informasi / bukti terkait kemampuan immortal mereka. Dari CCTV terlihat bagaimana mereka terkepung, ditembaki ratusan peluru tapi mereka langsung bisa sembuh dan membunuh habis penyerangnya. Orang yang menjebak mereka tak lain dan tak bukan adalah Copley yang meminta mereka untuk melakukan misi ini.

Sementara itu di Afghanistan, penonton disuguhkan cerita mengenai seorang karakter baru bernama Nile Freeman (diperankan oleh Kiki Layne), seorang marinir muda Amerika Serikat yang sedang bertugas menyisir desa-desa yang ada di sana untuk menemukan seorang teroris yang sedang dicari. Ketika sedang melakukan misinya tersebut, ia diserang oleh seorang teroris yang menyebabkan luka tergorok di bagian lehernya namun berhasil sembuh tanpa bekas luka sedikitpun. Tanpa Nile sadari dia telah menjadi bagian dari anggota immortal dan pada saat terbangun, dia berbagi mimpi dengan anggota immortal lainnya yang akhirnya tersadar akan keberadaan Nile. Andy dan tim yang awalnya berencana memburu Copley, namun karena kejadian berbagi mimpi itu akhirnya memutuskan untuk mencari Nile.

Diwaktu dan tempat yang berbeda Copley menunjukkan video penjebakan pada tim immortal kepada CEO perusahaan farmasi Steven Merrick (diperankan oleh Harry Melling) yang tertarik untuk menangkap mereka dan menjadikannya sebagai bahan penelitian hidup abadi. Disisi lain, Andy berhasil menemui Nile dan membawanya ke Perancis untuk bertemu dengan teman-teman immortal nya yang lain tepat sebelum ia dikirim ke Jerman untuk dijadikan bahan penelitian dari pasukan Amerika Serikat.


Di Perancis, Nile dan penonton diberikan beberapa informasi mengenai para anggota immortal. Bahwa bagaimana Andy adalah yang tertua dari anggota immortal, Booker sebagai anggota termuda bergabung dengan tim pada tahun 1812 ketika berperang melawan Napoleon dan Nicky serta Joe yang bergabung dengan tim pada waktu perang salib. Namun kemampuan mereka untuk tidak bisa mati tidak sepenuhnya abadi; kemampuan mereka untuk menyembuhkan diri bisa suatu saat berhenti, tanpa adanya peringatan sebelumnya seperti yang terjadi pada mantan rekan mereka Lykon.

Ditengah-tengah peristirahatan mereka di Perancis, tim immortal sekali lagi disergap oleh orang-orang suruhan Steven Merrick. Joe dan Nicky berhasil ditangkap sementara Booker yang terluka dibiarkan begitu saja. Setelah Booker beregenerasi, Andy kemudian mulai membunuh penyerang mereka tetapi ia kemudian menyadari bahwa dia telah kehilangan kemampuannya untuk hidup abadi karena lukanya sudah tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Andy pun menutupi perihal lukanya yang sudah tidak dapat sembuh dengan sendirinya dari rekan-rekan dan pergi untuk membeli obat-obatan. Ketika ia selesai mengobati dirinya sendiri ia pun teringat akan rekannya Lykon dan merasa bahwa waktunya sudah semakin dekat.

Keesokan harinya Booker membawa kabar yang menggembirakan bagi tim immortal, ia berhasil menemukan lokasi yang diduga merupakan tempat persembunyian dari Copley. Kemudian tanpa menunda, Andy dan Booker langsung menuju ke lokasi tersebut dan bersiap untuk melakukan penyerangan; sementara Nile berpisah dengan tim immortal untuk kembali bersama keluarganya. Ditengah perjalanan Nile berhenti sejenak untuk memeriksa perlengkapan senjata yang diberikan oleh Andy hanya untuk menyadari bahwa pistol yang dipegangnya tidak berisi peluru. Nile pun menyadari bahwa Andy telah dijebak oleh Booker dan berusaha kembali untuk membantunya.

Disisi lain, Andy berhasil bertemu dengan Copley diikuti oleh Booker di belakangnya. Ketika Andy menanyakan kepada Copley terkait lokasi dari kedua rekannya, tiba-tiba ia ditembak dari belakang oleh Booker yang kemudian langsung meringkusnya. Akhirnya penonton dijelaskan mengenai latar bekalang mengapa Copley memburu tim immortal dan juga alasan Booker mengkhianati Andy. Booker dan Copley pun akhirnya mengetahui bahwa Andy sudah tidak memiliki kemampuan keabadian karena luka tembak sebelumnya tidak kunjung sembuh. Ditengah usaha mereka untuk mengobati Andy, tiba-tiba Steven Merrick masuk bersama dengan tim pemburunya untuk menangkap Andy dan juga Brooke. Dengan hilangnya kemampuan hidup abadi Andy, Steven Merrick pun dapat dengan mudah membawa Andy dan Brooke ke fasilitas penelitiannya untuk diteliti bersama dengan rekan immortal yang telah ditangkap sebelumnya.


Nile akhirnya sampai di rumah Copley, namun semua sudah terlambat karena Andy dan Brooke juga telah dibawa ke fasilitas Steven Merrick. Setelah perdebatan panjang, Copley pun setuju untuk membantu Nile menemukan tim immortal. Ia diantar ke fasilitas penelitian milik Steven Merrick dan bersiap untuk melakukan misi penyelamatan. Di dalam fasilitas tersebut Nile mulai membuat kekacauan dengan membunuh satu demi satu penjaga yang disewa oleh Steven Merrick, hingga akhirnya ia berhasil menemukan tempat para immortal di teliti. Setelah membebaskan teman-temannya, mereka pun berusaha untuk mencari dan membunuh Steven Merrick agar mereka tidak lagi diburu. Penonton pun kembali disuguhkan aksi laga film Hollywood dan berkat kemampuan mereka untuk tidak bisa mati, tentu saja melawan para penjaga-penjaga tersebut merupakan hal yang mudah. Akhirnya mereka berhasil menemukan Steven Merrick dan membunuhnya.

Beberapa waktu kemudian terlihat para tim immortal sedang berbincang-bincang di sebuah Bar, namun tidak semua anggota terlihat ada di ruangan itu. Salah satu anggota tim yaitu Brooke berada di luar menunggu keempat rekannya berdiskusi akan suatu hal. Ternyata mereka sedang mendiskusikan mengenai hukuman apa yang harus diberikan kepada Brooke atas kesalahannya mengkhianati Andy dan hukumannya adalah Brooke harus menjalani kehidupannya selama 100 tahun kedepan sendirian tanpa ditemani oleh rekan-rekan immortalnya.


Setelahnya adegan beralih ke rumah Copley dimana mereka membahas rencana kedepan untuk tim immortal yaitu tim immortal akan tetap bertugas sebagai tentara bayaran untuk membantu orang-orang yang kesulitan sementara Copley akan membantu mereka untuk menemukan pekerjaan yang cocok dan menghilangkan jejak digital apapun yang ada mengenai para immortal.

Concepts Discussion
Part 1 – Chapter 17 “Managing Conflict, Politics and Negotiation”
Subsection Types of Conflict
Pada film The Old Guard tersajikan beberapa tipe dari konflik yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

Types of Conflict Theory
Movie Part
Interpersonal Conflict: Konflik yang terjadi antara individu-individu anggota organisasi karena perbedaan tujuan atau nilai
Dalam film ini konflik terjadi ketika Andy sebagai ketua tim kurang menyetujui keputusan Booker untuk mengambil pekerjaan dari Copley. Ketidak setujuan ini terjadi karena Andy memiliki nilai atau prinsip untuk tidak mengambil pekerjaan dari orang yang sama sebanyak dua kali karena hal ini akan mengancam identitas mereka sebagai orang immortal. Namun Booker meyakini bahwa Copley memiliki latar belakang yang baik dan meyakinkan Andy bahwa pekerjaan ini layak untuk dilakukan. Sesuatu yang harus mereka sesali kemudian.
Intragroup Conflict: Konflik yang terjadi di dalam sebuah tim ketika sebuah tim terpecah menjadi beberapa kubu yang memiliki pendapat masing-masing
Dalam film ini konflik terjadi ketika tim immortal mengetahui akan keberadaan Nile Freeman. Andy dan Booker sebetulnya ingin untuk tetap menjalankan tujuan awal mereka yaitu menemukan Copley, namun Joe dan Nicky berpendapat bahwa mereka harus menemukan Nile dan mengajaknya bergabung dengan tim. Setelah perdebatan panjang, akhirnya Andy sebagai ketua tim memutuskan untuk memecah timnya dimana ia pergi mencari Nile; sementara anggota tim lainnya pergi ke Perancis sembari melacak keberadaan Copley.
Intergroup Conflict: Konflik yang terjadi antar tim, grup atau departmen yang berbeda karena perbedaan pandangan maupun tujuan
Dalam film ini konflik terjadi antara tim immortal dengan tim yang dikepalai oleh Steven Merrick. Dimana tim immortal ingin menemui Copley yang bekerjasama dengan Steven Merrick untuk menghilangkan barang bukti atas keberadaan mereka, namun tim Steven Merrick justru ingin menjadikan mereka sebagai bahan penelitian untuk menemukan rahasia keabadian. Sesuatu yang akhirnya menyebabkan peperangan diantara kedua kubu terutama setelah Steven Merrick dan timnya berhasil menculik Joe dan Nicky di Perancis.

Subsection Sources of Conflict
Pada film The Old Guard tersajikan beberapa sumber dari konflik yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

Sources of Conflict Theory
Movie Part
Different Goals and Time Horizons: Konflik yang terjadi akibat dari adanya perbedaan tujuan dari suatu grup, tim atau department di dalam perusahaan serta perbedaan pandangan akan waktu.
Adanya perbedaan tujuan antara tim immortal dengan tim Steven Merrick, dimana tim immortal ingin menyelamatkan Joe dan Nicky yang diculik secepatnya sebelum dapat dijadikan sebagai bahan penelitian, sementara tim Steven Merrick ingin meneliti Joe dan Nicky secepatnya untuk mendapatkan informasi mengenai hidup abadi dan membuat obat dari informasi tersebut agar memperoleh keuntungan.
Overlapping Authority: Konflik yang terjadi ketika terdapat tumpang tindih otoritas yaitu apabila ada 2 manager atau lebih yang saling mengklaim otoritas dalam aktivitas dan tugas yang sama.
Terlihat ketika bagaimana sebenarnya Andy tidak menyetujui ide Brooke untuk mengambil pekerjaan yang ditawarkan oleh Copley di awal film. Namun Brooke telah membuat keputusan tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan Andy.
Task Interdependencies: Tugas yang saling mempengaruhi dapat menjadi sumber konflik berikutnya dimana apabila suatu pekerjaan tidak selesai maka pekerjaan selanjutnya tidak dapat dijalankan.
Hal ini terjadi ketika Andy menugaskan timnya untuk melacak keberadaan Copley sembari Andy mencari Nile. Hingga mereka berkumpul kembali di Perancis pun Copley masih belum dapat ditemukan sehingga tim immortal kesulitan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Subsection Conflict Management Strategies
Pada film The Old Guard tersajikan beberapa strategi mengelola konflik yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

Conflict Management Strategies Theory
Movie Part
Competition: Cara mengelola konflik dimana masing-masing pihak berusaha untuk memaksimalkan keuntungannya sendiri dan tidak perduli untuk memahami posisi dari pihak lain.
Ketika Steven Merrick berencana untuk menjadikan para immortal sebagai subjek penelitian untuk profit tentunya, maka para immortal pun melawan dengan menghabisi para anak buahnya. Sehingga terjadi kompetisi antara pemburu dengan yang diburu untuk sesegera mungkin mendapatkan atau mengalahkan lawannya.
Accomodations: Cara mengelola konflik dimana pihak yang lebih lemah akhirnya menyerah dengan permintaan dari pihak lainnya.
Ketika Brooke melakukan kesalahan dengan mengkhianati Andy, maka di akhir film dapat dilihat bahwa para immortal memilih untuk mengasingkan Brooke selama 100 tahun dan Brooke sebagai pihak yang lebih lemah pun mau tidak mau harus menerima kesepakatan tersebut.
Compromise: Cara mengelola konflik dimana masing-masing pihak saling perduli dan mendukung mengenai pencapaian dari tujuan masing-masing pihak
Terlihat ketika tim immortal kembali ke rumah Copley pada akhir film dan mereka bersepakat untuk saling mendukung tujuan masing-masing pihak dengan cara tim immortal akan tetap membantu dunia dengan bekerja sebagai tentara bayaran untuk membatu masyarakat, sementara Copley membantu mereka dengan mencarikan informasi pekerjaan yang cocok dan menghapus segala informasi apapun yang tersiar mengenai keberadaan tim immortal.

Solusi yang saya tawarkan: Strategi lainnya yang sebenarnya dapat dilakukan oleh tim immortal dan tim Steven Merrick adalah melakukan kolaborasi / collaboration: yaitu sebuah strategi menangani konflik dengan cara mencoba untuk memahami tujuan satu dengan yang lainnya tanpa membuat konsesi apapun dan mencoba menyelesaikan perbedaan mereka. Dimana sebenarnya tim immortal meyakini bahwa keberadaan mereka di dunia ini adalah untuk melakukan suatu hal yang baik, oleh sebab itu mereka sering kali melalui berbagai peperangan untuk mendukung tim yang baik untuk mencapai kemenangan, sementara tim Steven Merrick ingin meneliti seluruh tim immortal untuk menemukan rahasia dari hidup abadi yang nantinya akan digunakan untuk kemaslahatan orang banyak meskipun dengan tujuan uang dibelakangnya. Seharusnya keduanya dapat berkolaborasi dengan saling mendukung untuk dapat menemukan obat keabadian namun dengan cara yang baik dan bukan untuk tujuan profit / keuntungan (seperti yang dilakukan tim Steven Merrick pada film).

Subsection Negotiation
Pada film The Old Guard pola negosiasi yang terjadi adalah Distributive Negotiation. Bahwa antara tim immortal dengan tim Steven Merrick keduanya menyadari bahwa masing-masing tim harus memperoleh bagian terbesar dari sumber daya yang ada (yaitu kehidupan dari para immortal). Dimana Steven Merrick ingin menjadikan mereka sebagai kelinci percobaan seumur hidup, sementara tim immortal tentu ingin tetap memiliki kehidupannya secara 100%. Keduanya melihat bahwa secara visi mereka tidak memiliki kesamaan sama sekali dan merasa tidak perlu berinteraksi satu dengan yang lainnya di masa depan.Pada pola negosiasi ini, konflik diselesaikan secara kompetisi / competition.

Subsection Political Strategies
Pada film The Old Guard beberapa pola strategi politik yang digunakan tersaji sebagai berikut:

Political Strategies Theory
Movie Part
Making oneself irreplaceable: Kekuatan yang dimiliki ketika seorang pemimpin memiliki pengetahuan dan keahlian dibidang tertentu yang dimana orang lain tidak dapat lakukan.
Hal ini ditunjukkan oleh Andy di hampir seluruh film. Bahwa ia sebagai ketua tim dan merupakan immortal terlama memiliki kemampuan, kepintaran dan kebijaksanaan yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekannya.
Being in Central Position: seorang pemimpin bertanggung jawab untuk kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan tujuan organisasi dan sumber keunggulan kompetitif dan sering berada pada posisi sentral dalam jaringan komunikasi penting dalam suatu organisasi.
Hal ini pun ditunjukkan oleh Andy sejak awal film, bagaimana ia ikut bernegosiasi dengan pemberi kerja (Copley) lalu bagaimana ia selalu menjadi pembuat keputusan / decision making dalam tim dan selalu melangkah duluan (bertanggung jawab) dalam segala aktivitas yang dilakukan tim.

Solusi yang saya tawarkan: Strategi politik lainnya yang sebenarnya dapat dilakukan oleh Andy sebagai pemimpin adalah controlling uncertainty: yaitu sebuah strategi politik dimana pemimpin seharusnya mampu melakukan kontrol dan mengurangi ketidakpastian. Hal ini belum dapat dilakukan Andy, dimana pada awal film kita mengetahui bahwa Andy merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang diterima dari Copley, namun ia tidak dapat mengontrol dan mengurangi ketidakpastian yang ada sehingga akhirnya timnya pun terjebak.

Part 2 – Chapter 14 “Leadership”
Subsection Leadership Style
Pada film The Old Guard, Andy sebagai pemimpin memiliki gaya kepemimpinan sebagai Servant Leadership dimana dia memiliki dorongan untuk terus membantu umat manusia (work for the benefit of others) dari hal-hal buruk yang ada (seperti terorisme, peperangan). Ia juga membagikan kewenangannya kepada timnya, hal ini terlihat pada waktu mereka berdiskusi umtuk memutuskan hukuman pada Brooke. Meskipun Brooke merupakan seseorang yang sempat mengkhianatinya secara langsung, namun ia tidak serta merta memberikan hukuman begitu saja, namun juga menanyakan terlebih dahulu kepada rekan-rekannya. Disamping itu ia juga selalu memperhatikan kebutuhan akan rekan-rekannya.

Subsection Source of Managerial Power
Andy menjabat sebagai pemimpin di tim immortal / memiliki kewenangan di tim tersebut terutama karena ia memiliki:
Expert Power: dimana sebagai immortal yangtelah hidup paling lama ia telah berada di banyak peperangan sebelumnya, sehingga ia memiliki pengetahuan yang khusus, skill dan kemampaun yang dibutuhkan dalam memimpin sebuah prajurit bayaran.
Referent Power: Karena ia merupakan immortal yang paling senior ia juga mendapatkan respek, kekaguman dan kesetiaan dari rekan-rekannya.

Part 3 – Chapter 1 “Managers and Managing”
Four Task of Management
Aktivitas ini terlihat ketika tim immortal mengetahui bahwa mereka telah dijebak oleh Copley dan Andy sebagai pemimpin tim mulai melakukan four task of management yaitu:

Planning: Dia menentukan tujuan dari tim yaitu untuk menemukan Copley dengan mencari segala informasi yang ada mengenai orang tersebut dan membagikan tugas kepada timnya.
Organizing: Andy mengatur timnya dengan menentukan bahwa Brooke bertugas untuk menggali informasi, sementara kedua rekan lainnya bersiap untuk melakukan penyerangan dan ia sendiri pergi untuk mencari keberadaan Nile. Planning ini menjadi lebih mudah bagi Andy karena mereka telah bekerjasama dilebih ratusan pertempuran sebelumnya sehingga sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim.
Leading: Ia memberikan motivasi kepada rekan-rekannya, melakukan koordinasi antar tim dan memberikan semangat kepada rekan-rekannya untuk dapat mencapai tujuan dari tim yaitu menemukan Copley.
Controlling: Ia selalu memonitor kinerja dari rekan-rekannya dan melakukan evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan. Ia tidak segan untuk memberikan arahan dan masukan bagi rekan-rekannya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi tim.

Sumber Referensi:

  • Film The Old Guard, Directed by Gina Prince – Bythewood yang ditonton dari Media Streaming Netflix.
  • Jones, Gareth R., George, Jennifer M.. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.

Penulis: Tommy Sastra Irawan – EMBA B 41 C – 41P20092

Ditulis untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Business and Management


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
tommysastra

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format