3 Idiots

Sebuah kisah persahabatan yang terdapat banyak pesan kehidupan didalamnya.


2
2 points

Belajar atau mencari ilmu adalah kegiatan yang “menyusahkan” bagi kebanyakan orang. Khususnya kegiatan belajar yang dilakukan oleh lembaga formal seperti sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai ke tingkat perguruan tinggi. Banyak dari kita salah memahami arti dari belajar itu sendiri. Kenyataannya belajar harus didasari ketertarikan dan rasa ingin tahu, namun dalam praktiknya belajar adalah perlombaan mencari nilai bagus dan lulus tepat waktu. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada sekolah/perguruan tinggi terbaik. Menjadikan status sosial lebih bernilai dibandingkan kualitas yang dihasilkan, terlepas dari sekolah terbaik tersebut pasti menghasilkan lulusan terbaik pula.

SYNOPSIS

Perjalanan menuntut ilmu ini menjadi sangat menarik disaat sampai pada level perguruan tinggi. Banyak sekali lika liku yang terjadi mulai dari perjuangan mendapatkan nilai bagus sampai kehidupan pribadi yang mempengaruhi proses tersebut. Seperti cerita yang diangkat oleh film 3 Idiots. Film ini sangat jelas menunjukkan dinamika yang terjadi dalam proses belajar di perguruan tinggi.

Film ini menceritakan tentang seorang bernama Ranchhoddas Shamaldas Chanchad bersama dua orang temannya bernama Farhan Qureshi dan Raju Rastogi. Mereka dipertemukan tanpa sengaja karena ditempatkan dalam kamar asrama yang sama. 

Mereka bertiga kuliah di perguruan tinggi bernama Imperial college of engineering atau biasa disingkat ICE. Setiap tahunnya menerima 400,000 lamaran, dan hanya 200 yang diterima. Reputasinya tidak perlu diragukan lagi sebagai Perguruan Tinggi terbaik di India. Predikat tersebut tidak lain hasil dari jerih payah sang rektor bernama Dr. Viru Shastrabhuddi, namun lebih dikenal sebagai “Virus” dikalangan mahasiswa.

Bagi dua temannya, kuliah di ICE merupakan beban dan tekanan yang tiada akhir selama 4 tahun. Namun bagi rancho, bisa kuliah adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Rancho sangat menikmati hari-harinya belajar hal baru dan sangat enjoy mengikuti rangkaian perkuliahan. Dia mempunyai cara berfikir yang unik dan cenderung melawan sistem yang ada di perguruan tinggi ICE. Banyak dosen yang dikritisi cara mengajarnya karena sering menggunakan bahasa yang rumit dan cenderung mengikuti text book. Tidak jarang Rancho diusir dari kelas karena berbeda pendapat dengan pengajar. Karena minat belajarnya sangat tinggi, dia memanfaatkan momen tersebut untuk mengikuti kelas lainnya, bahkan kelas senior sekalipun. 

Berbeda dengan Rancho, kedua temannya memiliki pergolakan batin masing-masing. Mereka kuliah bukan sekedar mencari ilmu saja tapi ada beban yang melekat pada pikiran mereka. Farhan yang harus mengikuti keinginan orang tuanya menjadi seorang insinyur dan Raju yang harus segera bekerja untuk bisa menghidupi keluarganya. Proses belajar yang monoton, tugas yang sangat banyak dan deadline yang sangat sempit menambah daftar “tekanan” yang harus mereka terima. Namun dengan keberadaan rancho disisi mereka, perlahan energi positif yang ada di dalam diri Rancho tertular kepada mereka.

Rancho adalah orang yang sangat peduli dengan temannya, selalu membantu mereka disaat masa-masa sulitnya. Berjuang bersama dan selalu memberikan motivasi agar mereka bisa sukses menyelesaikan kuliah dan mendapatkan impian yang mereka inginkan. Rancho yang sepanjang masa kuliah selalu menjadi yang terbaik, menempati peringkat 1 disepanjang ujian yang diadakan terus selalu memotivasi kedua temannya yang tidak pernah beranjak dari urutan terakhir di angkatannya.

Disepanjang cerita, terjadi banyak sekali konflik antara Rancho dan rector Virus. Virus yang selalu kompetitiff dan tidak senang ada yang melebihi dirinya merasa eksistensinya terancam oleh keberadaan Rancho. Mulai dari kepribadian rancho yang seenaknya, pola pikir mereka yang tidak sejalan sampai pengaruh rancho kepada lingkungan sekitar yang dianggap virus bisa merusak sistem yang selama ini sudah dia bangun selama 32 tahun terakhir.

Konflik juga terjadi antara 3 idiot tersebut dengan seorang kutu buku bernama Chathur Ramalingam. Mereka tidak menyukai cara Chatur dalam belajar dan menggapai tujuannya. Chatur juga selalu ingin menjadi yang terbaik, namun menggunakan cara-cara yang tidak baik. Sampai suatu waktu mereka bertiga mempermalukan chatur di depan umum yang membuatnya berkelakar akan memiliki masa depan yang lebih baik daripada ketiga idiot tersebut.

Film ini juga menyajikan sedikit bumbu percintaan antara rancho dan Pia, anak kedua dari virus. Bukan seperti kisah cinta yang disajikan FTV dimana virus sebagai ayahnya tidak merestui hubungan mereka, tapi film ini lebih menunjukkan perjalan hidup dari masing-masing karakter memperjuangkan impiannya. Ditambah kisah persahabatan antara rancho, Farhan dan raju yang terus bertahan sampai mereka sama-sama mendapatkan kesuksesan.

Alhasil, rancho berhasil menyelesaikan pendidikannya di ICE sebagai lulusan terbaik dan berhasil mengajak kedua temannya mendapatkan impian mereka, Farhan berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer professional dan Raju bisa bekerja diperusahaan bonafit. Namun, ditengah acara wisuda, rancho pergi tanpa berpamitan. Menghilang tanpa jejak dan hilang kontak seketika dengan kedua temannya, dan dengan Pia juga tentunya.

Akhir cerita dikisahkan, setelah beberapa tahun berselang. Chatur yang merasa sudah lebih sukses dari ketiga orang idiot itu meminta pengakuan mereka bahwa kelakar yang dikatakannya dulu sekarang benar-benar menjadi kenyataan. Demi mendapatkan pengakuan tersebut, Chatur mengajak Farhan dan Raju untuk menemukan Rancho. Namun tanpa disangka-sangka, Rancho yang mereka temukan bukanlah rancho yang mereka kenal sebelumnya. Teman yang mereka kenal dulu ternyata bernama Phunsukh Wangdu dan sudah menjadi ilmuwan terkenal yang memiliki 400 hak paten.

INSIGHT

Konflik pertama terjadi saat Virus memberikan pidato kepada semua mahasiswa baru. Dia berkata bahwa hidup adalah pesaingan dimana mahasiswa yang ada disana sudah mengalahkan 400 ribu pelamar lainnya. Pernyataan tersebut membuat Rancho tidak menyukai sistem pendidikan yang diterapkan oleh Virus. Konflik interpersonal ini sudah sangat terasa diawal film karena masing-masing pihak memiliki pandangan dan tujuan yang berbeda. Rancho menilai persaingan yang digadang-gadang oleh virus akan menambah beban bagi setiap mahasiswa yang akan belajar disana. Rancho lebih senang jika mereka memilih jalan untuk berkolaborasi dibanding bersaing satu sama lain.

Diakhir pidato, virus memamerkan sebuah Pena seorang astronot yang digunakan diluar angkasa. Pena tersebut bisa menulis dari berbagai sudut, dalam suhu apapun, tanpa gravitasi dengan lancar. Pena yang ditemukan oleh ilmuwan dengan menghabiskan dana jutaan dollar. Akan dia berikan jika menemukan murid yang sangat hebat melebihi dirinya, dan sampai saat ini sudah 32 tahun dia belum menemukannya.

Statement itu membuat Chathursangat bersemangat untuk mendapatkan pena tersebut. Dia mengukuhkan niat untuk menjadi murid hebat yang dimaksud. Sebuah motivasi ekstrinsik untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungan sekitar dan cenderung membanggakan diri sendiri.

Konflik selanjutnya yang terjadi adalah saat seorang mahasiswa senior bernama Joy Lobo, yang sedang mengerjakan proyek akhir. Dia ingin segera menyelesaikan proyeknya dan menjadi insinyur pertama di desanya. Namun virus menilai proyeknya tidak bisa selesai tepat waktu dan harus menambah semester lagi sampai proyeknya benar-benar sempurna.Karena tidak bisa menahan tekana tersebut akhirnya dia memutuskan meninggalkan dunia. Sebuah konflik intragroup antara mahasiswa dan kampus yang sangat disayangkan bisa terjadi sampai menimbulkan korban jiwa. Seharusnya bisa dilakukan negosiasi integrative bargaining untuk mendapatkan solusi yang terbaik tetapi virus memilih caranya sendiri (distributive negotiation) karena merasa memiliki kekuatan dengan menolak pembelaan lobo dan memutuskan untuk mengakhiri negosiasi dengan keputusan sepihak.

Melihat hal tersebut rancho sangat marah, dan menuduh virus melakukan “pembunuhan” karena memberi tekanan kepada mahasiswa selama masa kuliah (4 tahun). Sistem pendidikan yang ada saat ini tidak baik karena banyak kasus bunuh diri yang terjadi di kalangan mahasiswa. ICE sendiri walaupun menjadi no.1 di India tapi mahasiswanya sangat dikekang oleh aturan, tidak boleh membicarakan sesuatu yang baru, tidak ada penemuan baru.

Perbedaan pendapat tersebut diakhiri dengan tantangan virus kepada rancho untuk menggantikan dosen mekanika mengajar. Menerima tantangan tersebut, dia langsung menuliskan 2 kata di papan tulis FARHANITRATE PRERAJULISATION dan meminta semua kelas mencari tahu apa arti kata tersebut.

Namun ternyata kata tersebut tidak memiliki arti apapun, karena itu adalah nama 2 temannya FARHAN dan RAJU. Dalam kesempatan iturRancho ingin memberi gambaran bahwa belajar itu harus memiliki rasa penasaran dan ketertarikan, berfikir untuk mendapatkan sesuatu yang baru bukan sekedar berlomba mendapatkan nilai bagus. 

Mendengar pernyataan itu virus sangat marah dan melampiaskan kekesalannya kepada 2 teman rancho, Farhan dan Raju dengan mengirimkan surat peringatan kepada orang tua mereka. Status inconsistencies ini menjadi sangat tidak adil untuk kedua teman rancho, virus memanfaatkan kedudukannya sebagai rektor untuk menghukum orang yang tidak bersalah. Hanya karena mereka berteman dengan rancho yang sering sekali membuat virus jengkel.

Kejadian tersebut membuat mereka harus pulang kerumah dan memberi penjelasan kepada orang tua masing-masing. Mereka bertiga mengunjungi rumah farhan dan dulanjutkan kerumah raju. Sepulang dari sana mereka mampir ke acara pernikahan untuk menumpang makan yang ternyata itu adalah acara pernikahan anaknya virus. Disanalah pertama kali rancho bertemu dengan Pia, anak kedua virus. Di acara tersebut rancho membuat masalah dengan tunangannya pia. Sampai akhirnya mereka diusir dari acara tersebut.

Kembali ke kehidupan kampus. Karena prestasinya, chathur terpilih untuk berpidato mewakili mahasiswa di acara hari guru. Dengan harapan membuat virus terpesona, chathur yang tidak pandai menggunakan bahasa hindi murni meminta bantuan pustakawan bernama dubey jee untuk menerjemahkan pidato yang ingin dia sampaikan ke bahasa hindi murni. Karena sisa waktu hanya sebentar dia memutuskan untuk menghafalnya tanpa memahami isi dari naskah tersebut. Karena merasa cara yg chathur lakukan salah, rancho ingin memperlihatkan kepada temannya bahwa menghafal tanpa memahami adalah sesuatu yg tidak baik. Akhhirnya rancho mengatur strategi dengan farhan untuk mengubah isi naskah tersebut dan membuat malu chathur didepan umum. Chathur yang akhirnya menyadari bahwa naskahnya sudah disabotase merasa sangat marah dan membuat ultimatum, menantang 10 tahun kedepan siapa yang lebih sukses dengan caranya masing-masing. Sebuah konflik intragroup yang sangat menarik untuk dijadikan pelajaran, chathur yang merasa usahanya tidak di apresiasi bahkan di sabotase oleh kelompok idiots tanpa sadar menimbulkan kompetisi diantara mereka, walaupun itu hanya dari sisi chathur saja. Dari kudu idiots cenderung mengabaikan tantangan yang chathur berikan.

Suatu ketika rancho tidak sengaja bertemu pia di sebuah mall, pia sangat marah karena rancho sudah mengganti naskah pidato yang menyebabkan ayahnya sakit. Tapi pada saat itu juga rancho membantu pia membuka mata bahwa sebenarnya tunangannya tidak mencintainya. Hanya karena pia anak seorang rektor yang bisa mengangkat reputasinya. 

Disaat bersamaan rancho mendapat telepon bahwa ayahnya raju mengalami kritis dan harus segera dibawa kerumah sakit. Rancho langsung mengajak pia mengendarai scooter kerumah raju. Sesampainya disana keadaan ayahnya sudah sangat memprihatinkan dan harus segera dibawa ke rs. Dengan sigap rancho meninggalkan raju yg sedang mencari ambulance dengan membawa ayahnya menaiki scooter. Disini terjadi kolabirasi yang sangat baik antara rancho dan pia yang bekerja sama menyelamatkan ayahnya raju dengan membawanya kerumah sakit menggunakan scooter. Bayangkan jika rancho tidak memiliki inisiatif tersebut dan menunggu ambulance datang, kemungkinan terburuk ayahnya raju tidak tertolong sangat mungkin terjadi.

Rancho dapat membawa ayahnya raju tepat waktu. Namun raju sangat marah mengetahui ayahnya dibawa kerumah sakit menggunakan scooter, tapi sesaat kemudian dokter yang merawat memuji rancho karena sudah membawa pasien tepat waktu, karena jika telat sedikit pasien bisa tidak tertolong. Mendengar hal itu raju sangat berterima kasih kepada rancho.

Setelah menginap semalaman di rumah sakit mereka bangun dengan tergesa-gesa dan pergi ke kampus dengan segera. Pagi itu mereka harus mengikuti ujian akhir. Walaupun sudah berusaha secepat mungkin untuk sampai tepat waktu namun ujian sudah berjalan 30 menit. Alhasil mereka kekurangan waktu dan mengerjakan soal melebihi waktu yang ditentukan. Walaupun demikian ternyata rancho mendapatkan nilai paling bagus tapi tidak dengan kedua temannya. Mereka menempati 2 urutan terakhir dari semua mahasiswa yang ada.

Sampailah mereka di tahun terakhir kuliah. Akan ada 26 perusahaan besar yang akan mengajukan kontrak kepada calon lulusan ICE bahkan sebelum mereka lulus ujian akhir. Namun raju dan farhan selalu menjadi 2 urutan terakhir disetiap ujian yag diadakan. Ditengah pidato, virus memanggil mereka berdua dan mempermalukan mereka didepan teman-teman seangkatan dengan mengatakan bahwa otak mereka akan bernilai sangat mahal karena tidak pernah dipakai, dan virus menjamin bahwa mereka berdua tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar. Sungguh sebuah demotivasi yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang rektor karena masalah pribadi.

Karena hal tersebut rancho dan 2 temannya merasa patah semangat dan kecewa telah dipermalukan didepan umum. Dan mereka mabuk-mabukan untuk menghilangkan gundah. Farhan dan raju merasa kesal dengan rancho yang selalu mendapatkan peringkat pertama sedangkan mereka peringkat terakhir. Dan rancho mengatakan rahasianya selama ini. Dia mencintai mesin dan mekanika adalah jiwanya. Sedangkan farhan, jiwanya adalah fotografi. Farhan sudah menulis surat untuk andre istvan 5 tahun yang lalu tapi tidak dikirim karena takut pada ayahnya. Farhan ingin pergi ke hungaria untuk belajar dan bekerja bersamanya. Berbeda dengan raju, mekanika adalah jiwanya tapi dia sangat takut akan masa depan. Memakai cincin yang banyak sebagai “jimat” penolong. Akhirnya kedua temannya menantang rancho, jika dia mau menyatakan cinta kepada pia maka farhan akan mengirimkan surat dan rajo akan melepas semua cincinnya. Disini rancho melakukan negosiasi dengan temannya, mengendalikan ketidakpastian dengan memberikan tantangan yang jika tantangan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik maka mereka bertiga bisa menjadi pemenang.

Akhirnya datanglah mereka bertiga kerumah pia dalam keadaan mabuk. Rancho berhasil masuk ke kamar pia dan menyatakan cintanya dan kedua temannya menunggu diluar. Tapi tak lama rektor virus terbangun dan memanggil security untuk mengejar mereka. Sialnya wajah ranco terlihat oleh rektor. Mereka ber3 melarikan diri ke kampus dan bersembunyi di ruang kelas. Sampai keesokan paginya mereka terbangun disaat kelas sudah dimulai. Sang rektor yang melihat wajah rancho ada dirumahnya semalam langsung bergrilya mencari kesemua ruang kelas mengenai keberadaan rancho. Akhirnya didapatinya dia diruang kelas tempatnya bersembunyi dan masih dalam keadaan mabuk. Keadaan tersebut membuat rektor virus sangat marah dan memutuskan untuk mengeluarkan raju dari universitas. Mengetahui kenyataan tersebut raju tidak sanggup melanjutkan hidup dan memutuskan untuk melompat dari ruang rektor. Beruntung rajo masih bisa diselamatkan walaupun harus mengalami koma selama 2 minggu dan 16 ruas tulang patah. Pia yang merawatnya meminta temannya untuk terus berkomunikasi dan menghiburnya, karena walaupun tubuhnya tidak bisa bergerak, tapi mata dan telinganya masih bisa bekerja dengan baik. Dan akhirnya usaha mereka berhasil, raju mulai memperlihatkan perkembangan dan menggerakkan tangannya. Sampai akhirnya dia kembali pulih walaupun masih harus menggunakan kursi roda. Raju termotivasi untuk sembuh karena melihat perjuangan teman-temannya yang tanpa henti menyemangatinya untuk kembali seperti dulu.

Setelah keadaan membaik, kedua idiot harus membayar taruhan yang sudah mereka lakukan. Raju melepaskan cincinnya, tidak takut lagi menghadapi masa depan. Dan farhan berani mengejar mimpinya menjadi fotografer. Tanpa diketahui farhan, rancho mengirimkan surat yang 5 tahun lalu tidak jadi dikirimnya, dan ternyata sang fotographer sangat menyukai hasil karyanya dan ingin mengajak farhan menjadi asistennya untuk melakukan pemotretan di hutan brazil selama 1 tahun.

Raju melakukan wawancara kerja menggantikan Farhan , dan menceritakan secara jujur apa yang terjadi padanya. Dia bercerita bahwa ketakutannya selama ini berefek buruk pada keberhasilan. Melihat kesungguhan dan kejujuran raju, akhirnya dia mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Disini raju melakukan strategi politik dengan membuat dirinya tak tergantikan, memiliki nilai jual yang tidak dimiliki orang kebanyakan, berprinsip dan menerima keadaan dirinya namun terus berusaha menjadi lebih baik.

Farhan akhrnya memutuskan untuk tidak melakukan wawancara kerja, dan memberanikan diri menemui ayahnya bahwa pilihan hidupnya bukannya menjadi insinyur melainkan menjadi fotografer. Melihat kesungguhan Farhan, ayahnya luluh dan mengizinkan fargan untuk menjadi fotografer, bahkan akan membelikan kamera professional yang paling mahal. Dengan menggunakan strategi kompromi dengan ayahnya akhirnya negosisasi yang Farhan lakukan mendapatkan persetujuan. Masing-masing pihak bisa menerima hasil dan bisa dianggap sebagai win-win solution.

Melihat keberhasilan raju dan Farhan, virus merasa kalah dan tidak terima akan keadaan tersebut. Dan berniat menggagalkan keberhasilan mereka dengan membuat soal ujian yang sulit dan akhirnya membuat mereka tidak lulus dan kehilangan kesempatan yang sudah didapat. Pia yag mengetahui hal tersebut tidak setuju atas keputusan ayahnya. Dia memutuskan memberi kunci duplikat kantor ayahnya kepada rancho untuk mencuri soal ujian khusus untuk raju. Karena khawatir raju bunuh diri lagi karena tidak lulus ujian, dengan berat haji rancho menyetujui rencana tersebut dan mencuri soal di kantor rektor. Tapi usaha tersebut ketahuan dan rancho dikeluarkan secara tidak hormat. Dia harus meninggalkan kampus malam itu juga atau besok akan dilaporkan ke polisi.

Pada saat itu seluruh daerah diguyur hujan yang sangat deras, dan rancho tetap meninggalkan kampus hujan2an. Ditengah jalan mereka bertemu mona dan virus sedang menuju ke rs namun terjebak banjir. Karena seluruh daerah banjir, menjadi mustahl mona bisa melahirkan di rs. Akhirnya rancho dkk melakukan operasi dadakan untuk membantu mona melahirkan. Rancho memberikan komando kepada seluruh yg ada di asrama untuk membantu proses persalinan. Virus yang panik, tidak bisa berbuat apa2 untuk membantu kelahiran putrinya. Dengan segala macam keseruan yang terjadi akhirnya rancho berhasil membantu mona melahirkan. Setelah menyelesaikan tugasnya, rancho dengan segera meninggalkan ruangan dan pergi namun virus mengejarnya. Dia sangat berterima kasih kepada rancho dan memintanya kembali ke asrama untuk menyelesaikan ujian esok hari. Bahkan virus memberikan pena kebanggannya kepada rancho. Rancho sangat berhasil menunjukkan kemampuannya didepan virus dengan membantu persalinan mona. Dia bisa dengan sangat sigap memberikan intruksi kepada semua orang untuk berkolaborasi mencapai tujuan.

Setelah menyelesaikan pendidikan di ICE, rancho menghilang tanpa jejak. Ternyata jati diri dia yang sebenarnya adalah anak tukang kebun yang dipanggil chhote. Setelah orang tuanya meninggal dia diajak tinggal dirumah rancho (yang asli) oleh ayahnya. Anak yang sangat tertarik untuk belajar, selalu meminjam baju sekolah rancho untuk menyusup ke sekolah, masuk ke kelas manapun yang disuka. Dan rancho memanfaatkan keadaan ini untuk mengerjakan tugas dan menyelesikan ujiannya. Sampai akhirnya keadaan tersebut diketahui gurunya. Karena orang tua rancho sangat terhormat, guru terebut tidak melaporkan kepada kepala sekolah melainkan langsung memberi tahu ayahnya. Karena kejadian itu ayahnya rancho meminta chhote untuk menyelesaikan sampai akhir apa yg sudah dia mulai. Tetap menjadi ranchodas sampai akhirnya lulus menjadi insinyur. Chhote belajar di ICE atas nama rancho, dan rancho yang asli pergi ke london. Setelah lulus, chhote berjanji tidak akan menemui siapapun dari ICE selama hidupnya dan menyerahkan ijazah ice kepada rancho yang asli. Janji inilah yang menyebabkan rancho (palsu) meninggalkan temannya tanpa berpamitan.

Singkat cerita, tibalah waktu pembuktian yang dinantikan chathur. Chatur yang merasa sudah lebih sukses dari ketiga orang idiot itu meminta pengakuan mereka bahwa tantangan yang dikatakannya dulu sekarang benar-benar menjadi kenyataan. Demi mendapatkan pengakuan tersebut, Chatur mengajak Farhan dan Raju untuk menemukan Rancho. Namun tanpa disangka-sangka, Rancho yang mereka temukan bukanlah rancho yang mereka kenal sebelumnya. Teman yang mereka kenal dulu ternyata bernama Phunsukh Wangdu dan sudah menjadi ilmuwan terkenal yang memiliki 400 hak paten.

https://www.youtube.com/watch?v=K0eDlFX9GMc&ab_channel=moviemaniacsDE


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
1
Confused
Sad Sad
2
Sad
Fun Fun
3
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format