ARGO (2012) Ketika nyawa manusia menjadi taruhan

Sinopsis Film Argo diawali dengan narasi tentang peristiwa yang terjadi di Iran pada Januari 1978, yang dimana merupakan hari penting bagi bangsa Iran


2
2 points

Trailer film Argo (2012)

Argo, yang tayang pada tahun 2012 merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang sejarah Revolusi Iran pada tahun 1977-1979. Pada film ini, Ben Affleck yang berperan sebagai peran utama “Tony Mendez” juga menjadi sutradara dan director film bersama dengan George Clooney dan Grant Heslov. Film ini berkisah tentang perjuangan dan usaha seorang exfils untuk membawa pulang 6 orang Amerika yang terperangkap di negara Iran akibat adanya revolusi.

Film Argo diawali dengan narasi tentang peristiwa yang terjadi di Iran pada Januari 1978, yang dimana merupakan hari penting bagi bangsa Iran, saat jutaan masyarakat Iran untuk pertama kalinya serentak melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut turunnya Syah Mohammad Reza Pahlavi dari tahta tertinggi kerajaan Iran. Aksi massa yang mulai terjadi dari awal 1977 dan berakhir pada tahun 1979 itu pun mendapat hasil. Desember 1979 menjadi puncak saat Iran resmi beralih dari monarki yang dipimpin Syah Mohammad Reza Pahlevi menjadi Republik Islam dalam tampuk kepemimpinan Ayatollah Imam Khomeini.Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Revolusi Iran, revolusi dunia terbesar ketiga setelah Revolusi Perancis dan Revolusi Bolshevik.

Revolusi besar yang terjadi di Iran ini dipicu oleh kepemimpinan Syah Mohammad Reza Pahlavi yang brutal, korup dan boros. Ke-bijakan-kebijakan ekonomi pemerintah yangdinilai terlalu ambisius menyebabkan inflasi tinggi, kelangkaan, dan perekonomian yang ti-dak efisien. Kebijakan Syah Mohammad Reza Pahlavi disebut-sebut sebagai westernisasi dan merupakan hasil permainan dan kedekatannya dengan barat (Amerika Serikat).Secara terang-terangan Syah Pahlevi berkampanye untuk membaratkan Iran. Hal itu membuat masyarakat Iran yang hampir ke-seluruhannya masih memegang kukuh tradisi Syi’ah menjadi marah. Sementara, pada tahun 1953 Amerika memiliki catatan hitam sejarah saat Amerika ikut mendalangi kudeta Perdana Menteri Iran, Mohammad Mossadegh.

Mossadegh, yang terpilih melalui pemilu pada tahun 1950 sebagai Perdana Mentri pertama Iran banyak menasionalisasi kilang-kilang minyak milik Amerika dan Inggris. Hal itu membuat Amerika merasa terhalangi dan kemudian melancarkan rekayasa penggulingan dengan 8000 demonstran bayaran sehingga ke-kuasaan tertinggi kembali kepada Raja Iran,Syah Mohammad Reza Pahlevi. Syah Mohammad Reza Pahlevi sangat patuh kepada Amerika. Puncak dari kepatuhannya dibuktikan dari kesediaannya menandatangani Perjanjian “Capitulation” yang berisi pemberian kekebalan hukum kepada seluruh warga Amerika di Iran atas segala perbuatannya dan menyerahkan sepenuhnya kepada Amerika bila ada warga Amerika yang melakukan pelanggaran hukum. 

Imam Khomeini menentang keras perjanjian ini kemudian diasingkan. Namun dari tanah pengasingan,Imam Khomeini mengobarkan bendera revolusi yang disambut baik oleh masyarakat Iran yang telah sakit hati. Dari sini kemudian Revolusi Iran mulai bergulir. Syah Mohammad Reza Pahlevi terjengkang dari istananya pada 11 Februari 1979 dan melarikan diri ke Amerika. Amerika yang saat itu dipimpin oleh Presiden Jimmy Carter kemudian melakukan tindakan kontra-revolusi dengan operasi intelejen dan membiayai gerakan-gerakan kontra-revolusi. Akan tetapi, oleh kemarahan rakyat Iran yang memuncak dan merupakan klimaks dari rasa sakit hatinya selama kepemimpinan Syah Mohammed Reza Pahlevi dan luka lama dari peristiwa kudeta terhadap Mossadegh membuat tindakan Amerika ini menuai kegagalan, terutama ketika mahasiswa dan masyarakat Iran yang bergerak menduduki Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Teheran pada 4 November 1979.

Penyanderaan itu dilakukan untuk menuntut Amerika mengembalikan Syah Mohammad Reza Pahlevi yang mencari perlindungan ke Amerika saat terguling dari tahtanya dengan dalih pengobatan. Mahasiswa dan masyarakat meminta Amerika mengekstradisi Reza Pahlavi untuk diadili di Iran.Dalam peristiwa itu, sedikitnya 53 diplomat Amerika oleh kelompok pro revolusi disandera selama 444 hari di dalam Gedung Kedubes AS di Teheran. Para sandera yang terdiri dari para diplomat AS, dibebaskan pada 20 Januari 1981, setelah perjanjian Algiers di Aljazair ditandatangani.

            

Adapun isu/akar permasalahan dalam film tersebut adalah tersanderanya 50 orang dari kedutaan Amerika oleh masyarakat Iran dan terperangkapnya 6 orang kedutaan Amerika di Kedutaan Kanada di Kota Teheran,Iran. Pemerintah Amerika berpikir keras untuk Menyusun rencana penyelamatan terhadap para sandera dan juga 6 orang yang terperangkap. Akan tetapi, untuk para sandera penyelematan sulit untuk dilakukan tanpa bantuan militer. Sehingga rencana awal adalah pemerintah Amerika akan mengorbankan 6 orang yang terperangkap tersebut untuk dieksekusi sehingga pemerintah Amerika memiliki alasan kuat untuk mengirimkan tenaga militer ke Iran. Rencana ini ditolak oleh Tony Mendez dan dia mengajukan beberapa rencana lain untuk menyelamatkan 6 orang yang terperangkap tersebut. 

Dalam proses penyelamatan 6 orang yang tertangkap tersebut terdapat berbagai konflik, hal-hal politik dan juga negosiasi yang dilakukan.

Adapun tipe-tipe konflik pada organisasi pada umumnya adalah sebagai berikut :

Gambar 1 Tipe-tipe Konflik dalam suatu Organisasi

  1. Interpersonal Conflict

Merupakan konflik yang terjadi antar individu dalam suatu organisasi

  1. Intragroup Conflict

Merupakan konflik yang dimana melibatkan grup,departemen dan tim dalam organisasi 

  1. Intergroup Conflict

Merupakan konflik yang terjadi antara grup,departemen dan tim dalam organisasi

  1. Interorganizational Conflict, 

Merupakan konflik yang timbul dengan antara suatu organisasi dengan organisasi lain. 

Pada film Argo ini, konflik yang terjadi adalah interpersonal conflict, dimana berbedanya pendapat dan tujuan antara Pemerintah Amerika dan Tony Mendez. Pemerintah Amerika menginginkan agar 6 orang yang terperangkap dikorbankan agar Amerika dapat menalukkan Iran dengan mengirim tenaga militer sedangkan Tony Mendez ingin menyelamatkan 6 orang yang terperangkap tersebut.

Selain itu, terjadi juga konflik antara ke 6 orang yang terperangkap tersebut Ketika mereka akan melakukan penyamaran sebagai kru film untuk bisa menaiki pesawat keluar dari Iran. 1 orang dari 6 orang tersebut tidak setuju dan tidak percaya dengan rencana Tony Mendez karena akibatnya apabila ketahuan mereka semua akan dieksekusi oleh pihak masyarakat Iran sebagai mata-mata.

Berikutnya adalah sumber dari konflik tersebut :

Gambar 2. Sumber-sumber konflik dalam suatu organisasi

Dari konflik-konflik yang telah disebutkan sebelumnya, sumber konflik yang paling dominan terjadi adalah tidak samanya tujuan dari pihak-pihak di dalam organisasi. 

Berdasar konflik yang terjadi dan sumber konflik yang telah disebutkan dapat ditentukan strategi manajemen konflik yang tepat untuk menyelesaikan konflik tersebut. Adapun strategi manajemen konflik yang dilakukan adalah compromise dan collaboration.

Dalam eksekusi proses penyelamatan 6 orang yang tertangkap tersebut Pemerintah Amerika dan Tony Mendez akhirnya bekerja sama untuk mengelabui pihak Iran agar 6 orang yang terperangkap tersebut dapat lewat dari proses pengecekan imigrasi dan naik ke pesawat dengan selamat.

Gambar 3. Ke-6 orang diperiksa pihak Imigrasi ketika di dalam Bandara

Selain konflik, dalam proses eksekusi rencana penyamaran oleh Tony Mendez juga dilakukan proses negosiasi ketika dibuatnya Film Samaran dengan judul “Argo” yang bertema sains dan luar angkasa. Proses negosiasi yang terjadi antara pihak produser dengan pemberi modal berjalan dengan alot dikarenakan pada awalnya pemberi modal sudah menanam modal pada film lain yang skalanya lebih besar. Negosiasi ini tergolong dalam bentuk integrative negotiation dimana pihak pemberi modal dan produser film sama-sama mencari jalan tengah yang menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution)

Gambar 4. Tony dan kedua rekannya bersulang ketika negosiasi pembuatan film berhasil

Dalam berjalannya semua eksekusi perencanaan oleh Tony Mendez, unsur politik juga termasuk terlibat di dalamnya.

Gambar 5. Strategi Politik

Strategi konflik yang diterapkan tidak lepas dari strategi politik yang terjadi antara pemerintah Amerika dan Tony Mendez. Pemerintah Amerika mengandalkan informasi yang mereka miliki dan tenaga-tenaga ahli serta tujuan-tujuan tertentu yang mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan termasuk pengorbanan 6 orang yang terperangkap terhadap masyarakat Iran.

Selanjutnya dibahas tentang pengambilan keputusan yang terjadi di dalam Film Argo ini.

Berikut model klasik pengambilan keputusan yang pada umumnya dilakukan 

Gambar 6. Proses dalam pengambilan keputusan

Dalam film ini,proses pengambilan keputusan yang paling dominan terlihat adalah ketika Pemerintah Amerika memutuskan untuk mengorbankan ke 6 orang yang terperangkap untuk dieksekusi oleh Iran secara sepihak tanpa memberitahukan Tony Mendez terlebih dahulu. Sehingga Ketika Tony mendengar keputusan ini dia langsung memutuskan untuk segera membawa ke 6 orang tersebut pergi dari Iran secepatnya. 

Terakhir, dari Film ini juga dapat dilihat kontribusi dari semua pihak yang terlibat mulai dari pihak Spy Agency, produser film, kedutaan Kanada,penjaga rumah, dan ke 6 orang yang terperangkap dengan Tony Mendez dari awal pembuatan rencana hingga eksekusinya.

Gambar 7. Kontribusi Grup dan Tim yang mempengaruhi keefektifan organisasi

Semua pihak yang terlibat tersebut harus memiliki tujuan dan motivasi yang sama dan saling bersinergi satu sama lain agar rencana dapat berjalan dengan baik dan lancar. Apabila ada salah satu pihak yang melanggar ketentuan atau melakukan Tindakan di luar rencana maka kepentingan atau tujuan kelompok tidak akan tercapai. Dengan adanya kerjasama yang baik dan efektif antara semua pihak yang terlibat dalam perencanaan tentunya akan tercapai tujuan organisasi tersebut. Setiap orang juga dapat menutupi kekurangan orang lain apabila dalam organisasi tersebut terdapat orang yang melakukan kesalahan dan tidak dapat memperbaikinya. Terkadang juga dalam Kerjasama tim, individu dapat melakukan inovasi yang membantu tercapainya tujuan organisasi. Dalam Film Argo, hal ini terlihat ketika ke 6 orang tersebut diperiksa pada bagian akhir imigrasi yaitu pengecekan paspor dan surat tugas. Petugas Imigrasi awalnya tidak mempercayai penyamaran ke 6 orang tersebut sebagai kru film, akan tetapi salah seorang dari mereka dapat berbicara dengan bahasa Persia untuk menjelaskan detail dari film yang mereka ambil.

Adapun beberapa alternatif solusi lain yang dapat dilakukan pada film Argo ini adalah sebagai berikut :

  • Pemerintah Amerika dapat mengembalikan Reza Pahlavi melalui ekstradisi ke Iran sesuai tuntutan mereka di awal karena hal ini juga akan menjaga stabilitas politik Amerika di dunia. Akan tetapi, karena Amerika sebelumnya telah banyak dibantu oleh Reza Pahlavi maka mereka tidak dapat melakukan hal tersebut. Apabila Reza Pahlavi dikembalikan maka tidak akan terjadi penyanderaan terhadap 50 orang Kedutaan Amerika di Iran dan terperangkapnya 6 orang kedutaan
  • Ketika sudah terjadi pemberontakan dan penyanderaan terhadap orang kedutaan, Pemerintah Amerika dapat mengorbankan ke-6 orang yang terperangkap untuk dieksekusi oleh Iran sehingga Pemerintah Amerika memiliki alasan untuk mengirimkan tenaga militer untuk menyerang Iran dan mengembalikan kondisi Iran seperti sebelumya dimana Amerika memiliki kendali terhadap Iran. Tentunya hal ini akan dikecam oleh banyak pihak akan tetapi untuk kepentingan politik dan juga stabilitas antara dua negara keputusan ini dinilai menyelesaikan masalah (konflik)

Penulis :

Edward Simon Situmorang (41P20075)

Referensi : 

Jones, G.R., dan George, J.M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition, McGraw-Hill, New York.


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format