JALAN TERJAL MEMBONGKAR KONSPIRASI PLUTOKRASI DARI FOX RIVER

Cikal Bakal Perjalanan Panjang Sang Legenda Pembobol Jeruji Besi , "Michael Scofield !" (Serial Prison Break)


2
2 points

I. SINOPSIS

Prison Break merupakan serial televisi terbaik dari sekian film yang pernah saya nikmati. Dirilis tanggal 29 Agustus 2005, film ini berhasil meraih hati penonton hingga mencapai 90 episode pada tahun 2017. Saat ini, para fans masih menanti release teranyar yang digadang-gadang akan tampil di layar televisi jaringan Amerika Serikat pada awal musim gugur 2021.

Saya membatasi sinopsis film ini untuk fokus pada sesi pertama saja, yang terdiri dari 22 episode, sebagai berikut : 

Episode 1 : Pilot

Bermaksud menolong kakaknya Lincoln Burrows (Dominic Purcell) dari penjara Fox river. Michael Scofield (Wenworth Miller), seorang insinyur sukses dan mapan sengaja merampok Bank agar dia ditangkap dan berharap dipenjara bersama kakaknya. Rencananya berhasil, ia diadili dan divonis 5 tahun penjara di Fox River. Sesampainya di penjara, Michael yang berkarakter asli  tidak suka basa-basi, harus membujuk John Abruzzi seorang napi ex Boss Mafia. Michael membutuhkan Abruzzi agar  dapat bekerja di PI (Prison Industry), sebuah tempat yang penuh akses, sekaligus lokasi yang dekat dengan kakaknya ditawan. Abruzzi, sebagai penguasa PI diyakini kelak yang paling mampu membantunya menyediakan pesawat setelah lolos dari penjara. Awalnya Abruzzi menolak dengan kasar, namun akhirnya mengamini permintaan Michael setelah mengungkapkan posisi tawarnya yang mengetahui dimana Fibonacci berada (orang yg menjebloskan Abruzzi ke penjara dan dicari oleh  kelompok Mafianya). Kematian tak wajar Uskup yang menolak hukuman mati terhadap Lincoln membuat Veronica (pengacara sekaligus mantan pacar Lincoln) mencium sesuatu yang tidak beres. Michael bertemu kakaknya di PI dan menceritakan rencananya untuk kabur serta memperlihatkan tato dibadannya bergambar blue print penjara Fox River. 

Episode 2 : Allen

Sekrup khusus buatan Allen Schweitzer dan  Pugnac menjadi sangat penting untuk didapatkan, sekrup untuk membongkar kloset dalam sel. T-Bag, (napi gay) merampas sekrup dari Michael, sebagai ekspresi kekesalannya karena Michael menolak menjadi “pacarnya”.  Pugnac berhasil diperoleh berkat bantuan tim C-Note. Pugnac sejenis obat yang mendorong positif diabetes sehingga Michael bisa kontrol rutin ke ruang perawatan napi (infirmary). Ruangan ini adalah lokasi sasaran utama.  Malam itu terjadi perkelahian sengit antar napi kulit hitam dan putih. Pada kesempatan itu Michael berhasil merebut kembali sekrup khusus buatan Allen Schweitzer dari T-bag.

Episode 3 : Cell Test

Untuk membobol tembok dibalik kloset, Michael butuh kerja sama teman 1 selnya, Sucre. Namun Sucre pindah sel karena tidak mau terlibat dalam rencana Michael.  Haywi teman selnya yang baru menderita insomnia membuat Michael tidak nyaman.

Episode 4 : Cute Poison

Ternyata Haywire yang memiliki kemampuan melihat kode dan denah dibalik tato Michael. Lalu Michael mencuri bahan kimia dari gudang penjara, untuk dijadikan senyawa yang bisa merusak logam melalui rumus-rumus kimia yang tersembunyi dalam tato dengan kode “cute poison”. Senyawa itu dibuang ke tempat saluran air di ruang perawatan napi (infirmary) agar kelak mudah dibobol. Michael membenturkan kepalanya sendiri ke pintu penjara, akibatnya Haywire dipindahkan karena dianggap melukai Michael. Sucre kembali lagi satu sel dengan Michael dan mau diajak bekerja sama setelah mengetahui rencana dan strategi yang kuat dari Michael.

Episode 5 : English, Fitz or Percy

Di luar penjara, Veronica dan Nick (rekan pengacara Veronica) yang akhirnya diketahui adalah agen mata-mata, menemukan rekayasa dalam video rekaman pembunuhan Steadman. Ketika mereka pergi,  video tersebut hilang dari apartemen Veronica, pada episode selanjutnya terbongkar bahwa pencuri tersebut adalah Nick sendiri. 

Episode 6 : Riots, Drills and the Devil (Part 1)

Michael membutuhkan waktu untuk membobol tembok lain di dalam jalur pipa. Mengikuti ide Sucre, mereka mematikan AC, sehingga para napi menjadi resah dan terjadi keributan mendorong sipir memutuskan “Lockdown”, dengan demikian ada tambahan waktu untuk membobol. Situasi menjadi tak terkendali, dokter Sara Tancredi (putri Gubernur Tancredi) terperangkap di ruang perawatan bersama beberapa napi yang ingin melukainya. Di sisi lain T-Bag kaget melihat Michael dan Sucre kedapatan berusaha kabur melalui kloset sel. T-Bag spontan menunjukkan sinyal ingin bergabung. 

Episode 7 : Riots, Drills and the Devil (Part 2)

Dokter Sara mulai mengagumi Michael, yang selanjutnya bertumbuh menjadi cinta. Michael berhasil menyelamatkan Sara lewat ventilasi. Di tempat lain Sucre dan Abruzzi berhasil menjebol tembok di saluran pipa. T-Bag khawatir Bob (penjaga penjara yang disandera) akan membocorkan rahasia itu, lalu membunuhnya. Michael, Sucre dan Abruzzi gagal menghalangi T-Bag karena kejadiannya begitu cepat.

Episode 8. The Old Head

Gudang yang selama ini tempat mereka menggali jalan keluar, berubah menjadi ruang istirahat penjaga. Tempat itu hanya bisa dimasuki Westmoreland. Sebagai napi teladan, tentunya dia menolak diajak kerjasama. Namun kekesalannya terhadap Bellick (kapten penjara Fox River) yang dicuragai sebagai pembunuh kucing kesayangannya, membuatnya berubah pikiran untuk menolong Michael dengan membakar ruang istirahat penjaga. Di luar penjara Paul dan Hale diketahui merekayasa kasus pembunuhan yang menjerat oleh LJ. T Bag terus mengancam dan memaksa masuk tim Michael. 

Episode 9 : Tweener

Seorang Napi remaja bernama Seth (pacar T-Bag) berkali-kali minta pertolongan Michael ketika sedang Mandi, namun Michael menghiraukannya. Keesokan paginya, Seth ditemukan gantung diri di depan selnya hingga tewas. Michael segera meyakinkan tim untuk menerima T-Bag (public enemy) ke dalam tim. Ada beberapa napi baru yg masuk Fox River salah satunya pemuda bernama Tweener. T-Bag naksir Tweener dan Michael berusaha melindunginya dari T-Bag. 

Episode 10 : Sleight of Hand

 C-Note (pemimpin kelompok kulit hitam), curiga akan gerak-gerik Michael, akhirnya dia menemukan ada lubang galian di bawah lantai. Dia mengancam tim Michael dan ingin ikut kabur. Negosiasi kembali terjadi, akhirnya C-Note masuk ke dalam tim. 

Episode 11: And Then There Were 7

Dengan keberhasilan tim yang diinisiasi oleh Michael, secara politis telah menempatkan Michael menjadi pemimpin dalam tim, juga menjadi orang yang sangat berpengaruh di dalam penjara. Setelah Falzone ditangkap. Michael dikunjungi istrinya, Nika. Yang sesungguhnya hanya seorang penari Striptease, bagian dari rencananya untuk mendapatkan kartu kredit yang kelak untuk dimodifikasi untuk membuka pintu ruangan data dan barang para napi. Dia butuh Jam, tape recorder & tambang. Westmorelad mengaku bahwa dia adalah DB. Cooper, perampok legendaris yang selama ini menjadi misteri.  Bila berhasil lolos, dia menjanjikan  uang yang dulu dia rampok dan hingga saat ini masih tersembunyi di suatu tempat. Michael setuju, jumlah yang akan kabur menjadi 7 orang. (Michael, Lincoln, Abruzzi, Sucre, T-Bag, C-Note, Westmoreland).

Episode 12 : Odd Man Out

Michael menyadari bahwa tim mereka terlalu banyak, sementara waktu yg tersedia untuk kabur melewati tali hanya 18 menit. Harus ada seseorang yg keluar dari tim itu. Anggota tim setuju untuk mendepak T-Bag. 

Episode 13: End of the Tunnel

Abruzzi mengancam akan membunuh T-Bag jika dia tidak mundur dari timnya. T-Bag yang sudah tak berdaya dan takut dibunuh Abruzzi, pura-pura setuju. Diam-diam T-Bag menyembunyikan silet dan saat Abruzzi lengah dia menyilet leher Abruzzi hingga terluka parah dan segera dilarikan ke rumah sakit. Tim tetap pada rencana untuk kabur malam itu juga tanpa Abruzzi, karena Lincoln akan dieksekusi besok. Lincoln sengaja diracun agar dibawa ke ruang infirmary, yaitu akses terakhir untuk kabur melalui jendelanya. Sialnya saluran udara dari besi yang menghubungkan ruang tersebut ke infirmary room sudah diganti dengan yang baru tanpa sepengetahuan Michael. Alhasil Pelarian gagal.

Episode 14: The Rat

Tiba saatnya proses eksekusi. Lincoln sedang bersiap akan di kursi listrik, sekilas dia melihat ayahnya yang menghilang selama ini, di ruangan saksi. Jam 12 tepat tombol kursi listrik akan ditarik, tiba-tiba telpon berdering. Hakim Kesller minta kepala penjara menunda eksekusi karena ada bukti baru tentang kasus Lincoln. Kuburan Steadman harus digali lagi untuk di otopsi, ada kemungkinan bukan jasad Steadman yag dikubur.

Episode 15: By the Skin and the Teeth

Hakim bercerita bahwa ada seseorang menaruh amplop berisi barang bukti dibawah pintu kantornya. Ternyata orang tersebut adalah ayah Michael dan Lincoln yang selama ini menghilang dan dicari-cari “The Company”.  Hasil otopsi membuktikan bahwa jasad itu adalah jasad Terence Steadman. Lincoln tetap dijadwalkan dieksekusi 2 minggu lagi. Dibantu oleh Manche (narapidana lain) dan Sucre (yang kelak menjadi sahabat terdekat Michael) berencana mengubah jalur pelarian melewati ruangan khusus penderita sakit Jiwa di Fox River. Naas, badannya menekan besi panas sehingga kulitnya terbakar, blue print yg tersembunyi dibalik tatonya hilang karena kulitnya melepuh.

Episode 16: Brother’s Keeper

Pada episode ini menyajikan alur mundur bagaimana dia akan membawa kabur kakaknya dari Fox River dan cerita masing-masing anggota tim masuk penjara. Pada eposide ini mengungkap bahwa Michael sebagai insinyur ternama pernah diminta oleh pemerintah untuk mendesain ulang Penjara River Fox. 

Episode 17: J-Cat

Michael teringat akan Haywire, Napi setengah gila yang pintar menggambar dan pernah membuntuti Michael untuk menggambar tatonya, ketika bersama di dalam sel. Michael butuh Haywire untuk menggambar denah yang hilang. Michael terpaksa pura-pura gila agar bisa dikirim ke ruangan sakit jiwa. .

Episode 18: Bluff

Michael yang pura-pura gila akhirnya berhasil mengembalikan ingatan Haywire. Dia mau menggambar bagian tato Michael yang hilang. Di luar penjara Paul dan Wakil Presiden berencana membunuh Lincoln. Warden Pope, Kepala Penjara merasa heran karena dia dapat surat perintah dari otoritas yg lebih tinggi untuk mengizinkan Lincoln keluar penjara  untuk menengok anaknya LJ. Lincoln keluar penjara dengan pengawalan yang sangat ketat. Tiba-tiba ditengah jalan truk meluncur dengan kencang ke arah mobil penjara.

Episode 19: The Key

Akibat dihantam truk, Lincoln terluka parah. Paul keluar dari mobilnya lalu mencoba membunuh Lincoln. Ayah Lincoln datang menyelamatkan jiwanya. Lincoln dibawa kabur. Pada kesempatan itu ayahnya bercerita bahwa dia dulu kerja untuk perusahaan multinasional “The Company” grup ini sangat kuat dan berpengaruh di dunia politik. Bahkan Wakil Presiden ada dibawah pengaruh mereka. Ayah Lincoln keluar dari The Company dan punya bukti tentang kegiatan busuk The company karena itu mereka memburunya dan menjebak Lincoln agar Ayahnya keluar dari tempat persembunyiannya. Abruzzi ditayangkan telah kembali dari rumah sakit. Lincoln menyerahkan diri ke Bellick, sebagai pengalihan agar ayahnya bisa kabur dari tempat itu. Bedasarkan informasi Tweener yang selalu diintimidasi oleh Bellick, ia berhasil menemukan lubang dibawah karpet yang merupakan jalur pelarian Michael dan tim.

Episode 20: Tonight

Westmoreland memergoki Bellick, terjadi perkelahian yang sengit. Westmoreland terluka, namun berhasil membekuk Bellick dan menyembunyikannya dalam lubang. Situasi menjadi menegangkan. Rencana kabur terpaksa harus dipercepat malam ini sebelum Bellick ditemukan. Lincoln dikirim ke ruang isolasi. Abruzzi segera berkoordinasi dengan kelompoknya di luar agar menyediakan mobil dan pesawat malam ini. C-Note mencuri Peroxide untuk mengubah seragam biru jadi putih agar menyerupai seragam penghuni ruangan sakit jiwa, bermaksud membuat penyamaran mulus ketika akan melewati tempat itu. Michael membujuk Sara agar menolong mereka dengan cara lupa mengunci pintu infirmary. Awalnya Sara menolak, namun akhrnya ia berubah pikiran, lalu membiarkan pintu Infirmary tidak terkunci. Tweener memutuskan ikut kabur dari penjara. 

Episode 21. Go

ketujuh napi memulai misi pelarian dengan mensabotase alarm ruangan sakit jiwa sehingga semua napi sakit jiwa keluar dari ruangan. Michael dan tim berhasil masuk ke ruang infirmary melalui gudang di ruangan sakit jiwa yg tembus ke ruangan tersebut. Jendela ruang infirmary dibobol dengan mengikatkan tali ke lift. Sesaat jendela jebol, mereka mengelayuti kabel satu persatu melintasi penjara menuju ke arah tembok luar. Westmoreland terluka sangat parah dan akhirnya tidak ikut kabur. Sebelum tewas, ia berpesan kepada Michael untuk mengambil uang hasil rampokannya 30 tahun lalu yg tersimpan di Utah, Canada sebanyak $ 5 Juta dan Michael harus menengok anaknya yang sakit kanker dan memberikan sebagian uang tersebut kepada anaknya. Haywire (J-Cat) yang sakit jiwa tiba-tiba muncul dan ikut bergabung. Semua mulai bergiliran melewati kabel yang menghubungkan ruangan mereka berada langsung dinding batas penjara. Sayangnya, saat giliran Michael, alarm berbunyi. Michael bergegas melewati kabel itu. Manche yang sangat gemuk menyusul, tapi kabel putus karena tidak kuat menahan tubuhnya. Michael pun terjatuh, beruntung berhasil diraih tangannya oleh Lincoln. Michael berhasil naik ke tembok tapi Manche gagal, dia tertangkap.

Episode 22: Flight

Pada episode terakhir sesi 1 ini, ditayangkan bahwa Michael bersama tim, kecuali Westmoreland dan Manche, berhasil mencapai tujuannya untuk lolos dari penjara. Sementara Nick (agen bayaran Abruzzi) berbalik menjadi baik dan membantu Veronica dengan memberi tahu bahwa Terence Steadman (Saudara laki-laki wakil presiden) sesungguhnya masih hidup. Veronika pun diberi petunjuk lokasi Terence Steadman berada, yaitu di Blackfoot Montana. Terence Steadman adalah kunci penting untuk membongkar seluruh konspirasi yang diciptakan. Pada Sesi berikutnya membongkar bahwa Caroline beserta The company adalah dalang dari semua masalah yang terjadi. Caroline akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya, setelah Michael dan tim berhasil mengungkapkan kebenaran sesungguhya serta kenyataan bahwa ia adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Presiden AS yang disebabkan oleh racun yang diminum. 

II. PROBLEM IDENTIFICATION

Michael Scofield, mengetahui bahwa kakaknya Lincoln Burrows dipenjara, setelah menggali informasi isu apa yang sebenarnya terjadi, ia menyadari bahwa kakaknya telah dijebak dalam sebuah konspirasi besar yang melibatkan pemerintah dan sebuah organisasi bernama The Company. Lincoln dijebak atas tuduhan pembunuhan terhadap Terrence Steadman, yaitu saudara kandung dari wakil presiden AS, Caroline Reynolds. Sehingga menyeretnya ke penjara dan terancam dijatuhi hukuman mati. Mencurigai bahwa instansi pemerintah telah disusupi oleh orang-orang berkuasa dan jahat, menjadi akar masalah yang mendorong Michael menyusun rencana untuk mencari “keadilan” dengan cara yang berbeda dan berisiko besar terhadap hidupnya. 

Dalam upaya menjalankan rencananya, tentunya Michael harus bekerja sama dengan beberapa rekan narapidana untuk mengeluarkan kakaknya. Namun, dalam proses perjalanannya Michael dihadapkan dengan konflik antar anggota dalam tim  dengan kondisi sebagai berikut : 

Kemampuan Michael sangat diuji dalam mengelola konflik antar anggota tim. Yang paling mengkhawatirkan adalah hubungan antara T-Bag dan C-Note yang sudah meradang sejak lama. Tentunya hal ini berpotensi menjadi penghambat pada eksekusi rencana mereka. 

III. CRITICAL THINKING

Karya sinema ini terinspirasi oleh beberapa kisah nyata tahanan yang lolos dari penjara dengan penjagaan ketat di seluruh dunia. Film ini mengingatkan saya dengan beberapa sejarah pembobolan jerusi besi yang melegenda :

Sumber : Sejarah Kriminal, Detik, Indonesia One 

Mengamati kasus-kasus pelarian di atas, dapat disimpulkan upaya tersebut tidak lepas dari proses perencanaan dan strategi yang disusun matang dengan pekerjaan tim ataupun berkoordinasi dengan pihak lain (dalam kasus pelaku tunggal), yang tentunya melalui upaya negoisasi. 

Bryce Elling Peterson (research associate in the Urban Institute’s Policy Center), dalam jurnalnya menyinggung sebuah penelitian frekuensi kabur dari penjara di Amerika serikat dengan data sebagai berikut : 

Sumber : The Prison Journal 1996, Bryce Elling Peterson 

Porsi frekuensi percobaan kabur dari penjara terencana sebenarnya lebih kecil (40%) dari yang tidak terencana (60%). Namun, percobaan terencana ditafsirkan lebih berhasil  khususnya pada persiapan yang lebih matang dan canggih sebanyak 3-8% dari porsi percobaan terencana. 

Kasubag Publikasi Ditjen PAS Kemenkumham, Syarpani menyatakan : “Kelebihan kapasitas, kekurangan petugas, dan ketiadaan alat canggih menjadi alasan banyaknya kasus narapidana kabur !” Beliau menegaskan, kelebihan kapasitas menjadi gangguan terbesar di lapas Indonesia. 

Sementara hasil penelitian Iowa State University yang dilakukan terhadap narapidana wanita di Amerika Serikat, memberikan petunjuk untuk mendeteksi narapidana yang memiliki kecenderungan untuk kabur dari penjara. Mereka adalah kelompok usia yang lebih muda, menjalani vonis hukuman yang lama dan lebih ditempa oleh berbagai masalah. 

Di Amerika Serikat, kabur dari penjara  bisa terancam hukuman tambahan sampai 10 tahun, tergantung aturan negara bagian. Sementara di Jerman dan Austria melegalkan upaya kabur dari penjara sejak tahun 1880, dengan dasar pemikiran bahwa manusia sejatinya memiliki naluri untuk bebas atau mencari kebebasan. Pemikiran tersebut diadopi oleh negara Belgia dan Meksiko.  “Usaha untuk melarikan diri tidak bisa dianggap kejahatan!” ucap seorang Hakim Agung Meksiko, dikutip dari video “Why Breaking Out of Prison is Legal in Germany?”

Lalu bagaimana di  di Indonesia ? Merujuk pada Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, terpidana yang kabur terkena hukuman disiplin berupa dikurung dalam ruang isolasi. Vonis hukuman yang sebelumnya dijalani dilanjutkan tanpa menghitung masa pelarian. Dasar hukum yang lain pun lebih mengatur terhadap penindakan narapidana yang kabur dengan menilik Pasal 22 ayat (1) dan (2) Permenkumham 33/2015 :

  1. Penindakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf b dilakukan untuk menghentikan, meminimalisir, dan melokalisir Gangguan Keamanan dan Ketertiban.
  2. Penindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan jika terjadi:

a. perkelahian perorangan dan massal;

b. penyerangan terhadap petugas;

c. percobaan pelarian;

d. pelarian;

f. percobaan bunuh diri;

d. bunuh diri;

e. keracunan massal atau wabah penyakit; dan

f. pelanggaran tata tertib lainnya

Hukum yang berlaku di Indonesia tidak ada sanksi tambahan akumulasi terhadap narapidana kabur. Dapat disimpulkan, sistem lembaga pemasyarakatan di Indonesia sangat rentan terhadap upaya melarikan diri dari penjara, dengan mempertimbangkan fasilitas penjara dan aturan hukum yang ada. 

IV. ANALYTICAL THINKING

Film ini sangat padat dengan aspek konflik, strategi manajemen, upaya negosiasi serta strategi politik yang menarik untuk diulas. Hal lain yang tidak kalah menarik adalah upaya Michael menyusun perencanaan dan eksekusi strategi  rekan-rekannya hingga akhirnya berhasil lolos dari penjara River Fox

Setelah memutuskan untuk menolong kakaknya Lincoln, Michael segera menyusun Perencanaan Skenario/Kontingensi (CM-BAB 8). Perencanaan skenario (juga dikenal sebagai perencanaan kontingensi) merupakan perkiraan kondisi masa depan diikuti dengan analisis yang  mampu mengantisipasi tantangan masa secara strategis.

 Selanjutnya dirumuskan strategi untuk mencapainya, dengan teknik praktis Analisis SWOT  (CM-BAB 8) :

Setelah perencanaan dan strategi telah disiapkan dengan matang, Michael memulai eksekusinya. Singkat cerita, begitu dijebloskan ke penjara, konflik sekaligus negosiasi langsung dihadapinya pada saat berusaha meyakinkan Abbruzi (petinggi mafia Italia) untuk mendukung rencananya. Dimana Abbruzi menolak mentah-mentah permintaan di awal yang nampak tidak meyakinkan sekaligus menganiaya Michael seketika. 

Mengacu pada tabel di atas, kondisi yang terjadi antara Michael dan Abbruzi merupakan interpersonal conflict. (CM-BAB 17). Michael tidak menyerah. Ia berusaha Mengatasi konflik tersebut dengan menawarkan Take and Give, sehingga akhirnya menyepakati bahwa Abbruzi  akan diberitahukan oleh Michael keberadaan Fibonacci (orang yg menjebloskan Abruzzi ke penjara dan dicari oleh kelompok Mafia), sementara Michael akan mendapat dukungan dan perlindungan dari Abbruzi untuk menjalankan rencananya, dimana Abbruzi ikut bergabung dalam rencana pelarian tersebut (Strategi KompromiCM-BAB 17). 

Proses terbentuknya tim pelarian yang dimotori oleh Michael, melewati beberapa proses negosiasi. Dimana, sebagian tim yang tergabung pada awalnya tidak diinginkan olehnya. Contohnya T-Bag, sosok public enemy terpaksa diterima oleh Michael, sebagai kompensasi agar T-bag tidak melecehkan Tweener (narapidana baru) yang masih remaja. Sementara di lain waktu, C-Note memaksa bergabung dengan tim. Michael dan tim terpaksa menerima karena ancaman C-note yang akan melaporkan rencana tersebut ke kepala sipir. Proses yang terjadi pada T-bag dan C-Note, dapat diidentifikasikan sebagai jenis Integratif Bargaining (CM-BAB 17), konflik ditangani melalui negosiasi kolaborasi/ kompromi. Masuknya T-bag dan C-Note ke dalam tim, sesungguhnya beresiko masalah bagi tim, dimana kedua orang tersebut adalah pimpinan dari 2 kelompok yang sudah menjadi musuh bebuyutan, yakni kelompok kulit putih VS kelompok kulit hitam. Sesuai pada bagan di atas konflik antara T-bag dan C-Note dalam tim pelarian menjadi Intragroup Conflict, di sisi lain permusuhan antara kelompok kulit putih VS kelompok kulit hitam merupakan Intergroup Conflict. Dalam setiap konflik tim yang kerap terjadi, tim digambarkan saling mengingatkan agar fokus pada tujuan, sehingga tiap anggota terkonsentrasi untuk memikirkan bagaimana mengatasi kendala-kendala pelarian ini Goal-Setting Theory (CM-BAB 17). 

Akhirnya tim inti terbentuk dengan personil 7 orang Michael, Lincoln, Abruzzi, Sucre, T-Bag, C-Note, Westmoreland).

Merujuk pada tabel di atas, kelompok pelarian tersebut dikenal sebagai Informal Grup (CM-BAB 15), yakni kumpulan yang dibentuk untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka sendiri atau memenuhi kebutuhan mereka sendiri, yaitu lolos dari penjara. Seiring dengan waktu Michael menjadi informal leader tim tersebut. 

Kepemimpinan Michael terbentuk dari Expert Power (CM-BAB 14).  yaitu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian khusus/spesifik yang dimiliki Michael. Dalam beberapa babak serial, Michael digambarkan selalu dapat membawa tim mengatasi setiap masalah yang ada serta progress yang baik dari rencana pelarian membuatnya mendapat kekaguman, rasa hormat serta loyalitas dari timnya. Referent Power (CM-BAB 14).  Sehingga menguntungkanya secara politis. Dimana Politik dianggap penting dalam  Organisasi  (CM-BAB 17) :

1. Untuk Mendapatkan dukungan  mengimplementasikan perubahan. 

2. Dapat membantu mengatasi resistensi dan mencapai tujuan.

Mengikuti proses pelarian tim, mereka digambarkan melakukan penyusunan dan pengujian Alternatif Pilihan sebelum melaksanakannya, yakni pada adegan lockdown di episode 6. Juga memutuskan merubah rencana rute pelarian lewat rumah sakit jiwa,  ketika saluran udara dari besi penghubung infirmary room (yang selama ini “ditaburi” michael dengan Cute Poison) sudah diganti dengan yang baru. Mempelajari Umpan Balik (CM-BAB 7). 

V. SARAN / SOLUSI

1. Michael sebagai informal leader kurang memperhatikan kontrol tim dan lingkungan. Menyaksikan episode 7 dan 9, dimana Seth (Narapidana remaja) dan Bob (Sipir) dibunuh oleh T-Bag pada situasi Michael dan tim terlalu fokus pada pelarian. 

Sejatinya Michael dan tim harus memperhatikan Behavior dan Clan Control (CM-BAB 11) dalam proses pelarian, agar dapat meminimalisir penyimpangan yang berdampak fatal. 

2. Tentunya, seorang narapidana tidak boleh melarikan diri sebelum masa tahanan berakhir. Serial ini menginspirasi bahwa tekad bulat melarikan diri, ternyata dapat melahirkan ide-ide kreatif. Sebagai negara hukum, membuktikan kebenaran melalui jalur hukum tetap menjadi pilihan terbaik. Dimana hukum Amerika Serikat maupun Indonesia menghormati azas praduga tak bersalah (Assess Alternative, Legal-CM BAB 7). Bila kita mengikuti serial ini hingga season 2, diceritakan bahwa Michael dan tim berhasil mengungkapkan kebenaran sesungguhya, bahwa Caroline adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Presiden AS yang disebabkan oleh racun yang diminum. The Company telah mengontrol pemerintahan melalui wakil presiden untuk memuluskan kepentingannya (Plutokrasi)

3. Merujuk kesimpulan CRITICAL THINKING, disarankan untuk melakukan review terhadap  Undang-Undang Tentang Pemasyarakatan yang dinilai kurang tegas terhadap penindakan narapidana kabur, dengan mempertimbangkan infrastruktur penjara di Indonesia masih belum baik. Berbeda dengan situasi di Jerman, negara tersebut melegalkan “narapidana kabur”, namun diimbangi peningkatan sistem penjagaan dan fasilitas infrastruktur penjara. (Organizational Control Systems-CM BAB 11)

DAFTAR PUSTAKA

PRISON BREAK UNTIL SESSION 1

  1. Pilihlah Konflik antar karakter dalam serial Prison Break Season 1 :

    1. A. Cinta Dokter Sara ditolak oleh Michael
    2. B. Istri C-Note selingkuh di luar penjara
    3. C. Kelompok T-Bag berseteru dengan Kelompok C-Note
    4. D. Abruzzi berkelahi dengan Westmoreland
    5. E. Sucre berebut sel dengan Michael
    Correct!
    Wrong!

    Great

Created on
  1. Quiz result

    You scored
    Correct!
    Share Your Result

Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
hirasprodigy

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format