Machine Gun Preacher(2011) : Ketika Pemimpin yang Hebat Terlahir dari Keterpurukan Terdalam


0

Machine Gun Preacher adalah film drama aksi biografi tahun 2011 [3] tentang Sam Childers, seorang mantan pengendara sepeda geng yang menjadi pengkhotbah dan pembela anak yatim piatu Sudan Selatan. Film ini didasarkan pada buku Childers 'Another Man's War. Itu ditulis oleh Jason Keller, disutradarai oleh Marc Forster, dan dibintangi oleh Gerard Butler, Michelle Monaghan dan Michael Shannon.

Film ini bercerita tentang Childers dan upayanya menyelamatkan anak-anak Sudan Selatan bekerja sama dengan Tentara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA) melawan kekejaman Lord's Resistance Army (LRA). Cerita ini berawal dari konfllik yang terjadi di Sudan Utara. Di Sudan Selatan LRA menyerang sebuah desa dan memaksa seorang anak laki-laki untuk menyerang seorang wanita.

Sam Childers (Gerard Butler) adalah pengendara sepeda motor pengguna narkoba dari Pennsylvania. Dia kembali ke rutinitasnya berpesta dan menggunakan obat-obatan seperti heroin dengan teman sesama biker Donnie (Michael Shannon). Suatu malam saat berselisih dengan Donnie, dia hampir membunuh seorang gelandangan. Dia terguncang oleh pengalaman itu, dan hari berikutnya mengizinkan istrinya membujuk dia untuk pergi ke gereja bersamanya, di mana dia akhirnya dibaptis.

Sam segera mendapatkan pekerjaan tetap sebagai pekerja konstruksi dan kemudian memulai perusahaan konstruksinya sendiri. Ia menjual motor kesayangannya untuk memulai usahanya. Setelah beberapa waktu Usaha Konstruksi yang dijalani oleh Sam berjalan dengan lancar sehingga dapat membuat keluarganya dapat kehidupan yang layak, keluarganya mendapatkan rumah baru untuk menjalani kehidupan yang baru, Sam lebih sering meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan gereja. Sam menyelamatkan temannya yang masih menggunakan benda terlarang tersebut, dan mengajaknya ke gereja juga mengizinkan tinggal dirumahnya. Lalu Sam Di tawarkan untuk mengikuti kegiatan kemanusiaan di utara dalam perjalanan misionaris ke Uganda untuk membangun rumah bagi pengungsi.

Dia meminta salah satu tentara SPLA yang mengawasi mereka untuk membawanya dalam perjalanan ke utara, ke Sudan. Prajurit itu memperingatkannya bahwa itu adalah zona perang, tetapi atas desakan Sam, mereka pergi. Mereka tiba di tenda medis di Sudan. Saat tentara itu pergi untuk berbicara dengan beberapa orang, Sam diikat oleh seorang dokter wanita untuk membantu mengangkat seorang wanita Sudan tanpa bibir ke meja pemeriksaan. Malam itu ketika mereka berbaring di tempat tidur mereka di posko bantuan, mereka mendengar suara-suara di luar, dan ketika mereka melihat keluar, Sam dan tentara itu melihat sejumlah besar anak-anak Sudan berkerumun untuk tidur di luar gedung.

Tentara Dink menjelaskan bahwa orang tua mereka menyuruh mereka tidur di sini karena lebih aman daripada tinggal di desa mereka sendiri. Sam membangunkan anak-anak dan mendapatkan sebanyak yang dia bisa untuk tidur di kamar mereka untuk malam itu. Keesokan harinya Sam dan tentara itu mengikuti anak-anak itu kembali ke desa mereka , dan Sam melihat LRA telah membakarnya dan membunuh orang tua mereka. Salah satu anak mengejar anjingnya dan dibunuh oleh ranjau darat yang tersembunyi. Sam menangis melihat anak yang meninggal itu. Pengalaman itu membuat trauma dan mengubah Sam. Setelah pulang, Sam memiliki "visi dari Tuhan" dan memutuskan untuk membangun panti asuhan untuk anak-anak di Sudan Selatan, serta sebuah gereja di lingkungannya sendiri yang akan "terbuka untuk semua" tanpa menghakimi. Setelah selesai dia mulai berkhotbah di gerejanya dan membantu teman lamanya Donnie sadar dan menemukan Tuhan juga. Dia segera kembali ke Afrika dan meskipun ditentang secara vokal, dia membangun panti asuhan. Suatu malam setelah dibangun, LRA menyerang dan membakarnya hingga rata dengan tanah. Sam kemudian menelepon ke rumah, memberi tahu istrinya apa yang telah terjadi dan bahwa dia menyerah. Dia mengingatkannya bahwa anak yatim piatu telah melalui yang lebih buruk tetapi mereka tidak menyerah, dan bahwa dia tidak boleh menyerah dan menyuruhnya untuk membangun kembali panti asuhan.

Setelah panti asuhan dibangun kembali, Sam dan teman-temannya dari SPLA diserang di jalan oleh LRA. Setelah berhasil mengejar sejumlah kecil penyerang, mereka menggeledah daerah tersebut dan menemukan sekelompok besar anak-anak Sudan bersembunyi di selokan tidak jauh dari jalan. Karena mereka tidak dapat membawa semua anak dalam satu perjalanan, Sam memilih untuk membawa anak-anak yang membutuhkan perhatian medis bersama dengan beberapa orang lainnya pada perjalanan pertama mereka kembali ke panti asuhan. Namun, setelah kembali ke tempat itu secepat yang dia bisa, dia menemukan bahwa LRA membunuh dan membakar orang-orang yang dia tinggalkan. Hal ini menyebabkan Childers memimpin penggerebekan bersenjata untuk menyelamatkan anak-anak dari LRA. 

Sam pulang ke AS dengan perasaan tidak puas dan jengkel karena kurangnya uang untuk proyek tersebut. Dia juga merasa terputus dari komunitasnya; ia muak dengan penampilan berlebihan dan "masalah" kecil dari keluarga dan teman-temannya, serta sikap apatis mereka terhadap anak-anak Sudan. Sam bahkan sampai mengabaikan keluarganya dan memukuli seorang pengendara sepeda motor di sebuah bar karena membuat komentar rasis tentang anak-anak. Sementara itu, temannya Donnie mematahkan ketenangannya dan akhirnya meninggal karena overdosis. Ini mendorong Sam lebih jauh ke dalam sikap negatif dan putus asa. Dia menjual bisnisnya dan naik pesawat ke Sudan. Iman dan misinya direvitalisasi ketika seorang anak yatim piatu menceritakan kisah pribadinya kepada Sam. Anak laki-laki itu mengatakan kepadanya bahwa jika dia membiarkan kebencian membusuk di dalam hatinya, perjuangannya melawan ketidakadilan akan gagal. Sam juga menghidupkan kembali keterikatan emosionalnya dengan keluarganya melalui telepon. Keesokan harinya dia terlibat dengan kamp secara aktif. Kemudian dia keluar dengan SPLA dan menyelamatkan karavan yang penuh dengan anak-anak yang diculik oleh LRA. Kredit akhir termasuk foto hitam putih Sam Childers yang asli, istri, putrinya, dan panti asuhannya di Sudan. Gambar-gambar tersebut diikuti oleh video klip hitam putih rumah pendek Sam berbicara tentang karyanya.

Dari film diatas banyak pelajaran yang kita dapatkan salah satunya mengenai motivasi dan bagaimana bersikap menjadi pemimpin. 

Motivation and Performance 

The Nature Of Motivation 

Pada dasarnya motivasi dapat didefinisakn sebagai force psikologis yang menentukan arah perilaku seseorang dalam suatu organisasi, tingkat kegigihan atau usaha sesorang dalam menghadapi rintangan. Sam memberikan kita semua gambaran mengenai bagaimana memotivasi diri kita sendiri, motivasi tidak hanya dari dalam diri tetapi dari pihak-pihak eksternal atau lingkungan kita. Ia memotivasi dirinya untuk bangkit dari keterpurukan, didukung dengan lingkunganyang memiliki dorongan yang positif untuk mendukung Sam.

Gambar 1.1 Expectancy Instrumentality And Valence

Teori harapan 

Teori harapan yang di rumuskan oleh victor H pada 1960an. Teori harapan adalah salah satu teori kerja yang paling popular memotivasi karena berfokus pada ketiga bagan persamaan motivasi. Input kerja dan hasil , terori  harapan mengidentifikasi tiga factor utama itu, expectancy, instrumentality, and valence. 

1. Expectancy

Harapan yang di miliki oleh Sam sangat tinggi sehingga ia sangat bersemangat dalam melakukan panggilan jiwanya. Harapan adalah persepsi seseorang tentang sejauh mana usaha (sebuah masukan) menghasilkan tingkat kinerja tertentu. Tingkat harapan seseorang menentukan apakah dia percaya bahwa upaya tingkat tinggi menghasilkan kinerja tingkat tinggi. Orang-orang termotivasi untuk mengerahkan banyak upaya pada pekerjaan mereka hanya jika mereka berpikir bahwa upaya mereka akan membuahkan hasil yang tinggi, jika mereka memiliki harapan tinggi. Sam memiliki harapan untuk membebaskan anak-anak Sudan dalam kondisi konflik dan menghapuskan konfil di sudan. Ia merasa memiliki kemampuan dan kesempatan untuk melakukan hal tersebut, maka terbentuklah harapan yang menjadi dasar semangatnya.

2. Instrumentality

Proses tentang persepsi sejauh mana kinerja pada tingkat tertentu menghasilkan pencapaian kita lihat bagaimana Sam berusaha sekuat tenaga untuk bangkit ,berawal dari seorang pemabuk dan pemakai narkoba, lalu ia berusaha menjadi seorang pengusaha kontraktor yang bermula sebagai pegawai kontraktor dan akhirnya berhasil menjadi pemilik kontraktor yang sukses bernama “Childers”. Hal tersebut tidak mudah dilakukan oleh Sam, ia harus bekerja keras menjadi seorang buruh harian disalah satu perusahaan kontraktor dan ia juga harus menjual semua kekayaan untuk menjadi modal usahanya. Ia merasa ragu saat menjual motor kesayangan terlihat ia sedikit ragu apakah akan berhasil dengan usahanya. Saat semuanya terbukti berhasil ia membeli rumah dan menyediakan fasilitas untuk keluarganya hal tersebut merupakan penghargan untuk dirinya sendir yaitu membahagiakan keluarganya

3. Valence

Bagi sebagian orang bayaran adalah hasil terpenting dari pekerjaan. Untuk orang lain, perasaan pencapaian atau menikmati pekerjaan seseorang lebih penting daripada membayar, mengacu pada bagaimana setiap hasil yang tersedia dari pekerjaan atau organisasi bagi seseorang. Pencapaain ini merupakan outcomes, dimana pencapaian yang dicapai merupakan hasil dari effort dan kinerja yang sudah dilakukan. Membuat gereja dan rumah panti asuhan dan dapat digunakan juga berguna oleh banyak anak-anak disudan merupakan bayaran tertinggi bagi Sam, ia tidak pernah mencari keuntungan dalam kegiatan sosialnya tersebut, bahkan ia membiayai sendiri semua kebutuhan dan biaya untuk membangun fasilitas yang di butuhkan oleh anak-anak di sudan.

Tidak dipungkiri motivasi yang dimiliki oleh Sam adalah motivasi dari dalam dirinya sendiri dan dari orang sekelilingnya. namun ada hal-hal yang tidak pada tempatnya, seperti output yang dihasilkan ketika usaha dan kinerja menghasilkan sebuah output yang baik untuk tujuannya. Ia memiliki masalah rumah tangga yang hampir saja membuat keluarganya berantakan hal tersebut menggambarkan bahwa adanya ketidaksinambungan atau cara yang dilakukan saat mencapai tujuannya. Ia terlalu memaksakan kemampuannya sehingga harus mengorbankan keluarganya, Ia menelantarkan keluaarganya dan tetap berjuang di Sudan. motivasi yang terlalu besar tida berasal dari lingkungan internal melainkan eksternal. 

Power : The Key to Leadership 

Tidak melihat bagaimana gaya kepemimpinan seseorang, komponen kunci dari kepemimpinan yang efektif ditemukan pada kekuasaan yang dimiliki untuk mempengaruhi perilaku orang lain dan membuat mereka bertindak dengan cara tertentu. ada beberapa jenis kekuatan yang legitimate, reward, coercive, expert dan referent power.

Gambar 2. Sources Of Managerial Power

1. Legitimate

wewenang yang dimiliki seseorang pemimpin berdasarkan atau posisinya dalam hierarki organisasi. gaya kepemimpinan pribadi seringkali mempengaruhi bagaimana seorang pemimpin mejalankan tugasnya. karakter Sam menjadi pemimpin yang sah di panti asuhan yang ia buat di Sudan, saat Ia memimpin ia mempercayai tugasnya kepada beberapa orang yang dia percaya yaitu tentara Dink dan Suster Yona, Tentara Dink bertugas menjadi tangan kanan Sam untuk menjaga keamanan panti asuhan dan membantu ia mendapatkan dukungan kepada masyarakat Sudan, suster Yona bertugas sebagai pegurus anak-anak dan bertugas untuk mengurusi segala kebutuhan anak-anak di sudan. Ia memberikan wewenang kepada Dink dan Yona untuk mengurusi panti ketika Sam harus kembali ke pensylvania. 

2. Reward Power

kemampuan seorang pemimpin untuk memberi penghargaan, penghargaan dapat berupa bentuk seperti kenaikan gaji dan tunjangan, ada pula penghargaan dalam bentuk sosial seperti ucapan selaman, tepuk tangan dan pujian. reward power tidak dilakukan oleh Sam karena semua anggota Sam tidak melihat keuntungan yang mereka dapat, melainkan seberapa besar keamanan yang diberikan oleh sam untuk anak-anak di Sudan. mereka merasa Sam cukup memiliki kekuatan dikarenakan tujuan dan tekad dalam memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anak Sudan.

3. Coercive Power

kemampuan seorang pemimpin untuk memberikan hukuman kepada anggotanya. dapat berupa teguran dan pengurangan gaji. pada kasus Sam, kekuatan kepemimpinan yang dimiliki oleh Sam tidak ada coercive power. bahkan Sam tidak jarang menyalahi dirinya sendiri ketika ia gagal dalam melakukan tugasnya atau pada saat ia tidak berhasil menyelamatkan semua anak-anak yang ia temukan saat malam hari dan harus ditinggal kan ditengah kegelapan. saat ia kembali kelokasi tersebut, semua anak-anak itu sudah meninggal dibakar oleh LRA, hal itu merupakan kesalahannya mengapa ia tidak tinggal untuk menjaga anak-anak tersebut. 

pada kasus Sam seharusnya sam memberikan hukuman jika anggotanya ada yang lalai karena hal tersebut dapat membuat anggotanya tidak merasa harus berbuat sesuai jalurnya karena Sam tidak akan marah atau menghukum anggotanya, bahkan jika tidak ada tindakan disiplin yang dilakukan sam, akan ada anggota yang membelot atau dengan mudahnya menjadi mata-mata lawan.

4. Expert Power

Sam memiliki pengetahuan yang luas, ia mengetahui bagaimana cara membangun sebuah panti asuhan, ia juga mengetahui cara bagaimana mengakuisisi dan membeli lahan di daerah konflik, ia melakukan negosiasi agar dapat membeli lahan tersebut, karena lahan tersebut cukup dekat dengan berbagai titik konflik disudan. Ia juga tahu bagaimana cara mengatur pantinya dan memenuhi segala kebutuhan pantinya, terutama mencari pendanaan agar pantinya tetap berjalan, ia jugapandai dalam penggunaan senjata api karena hal itu yang diperlukan ketika ia bertemu dengan LRA. pengetahuan yang luas yang dimiliki oleh seorang pemimpin dapat menjadi salah satu kekuatan utama. 

5. Referent Power 

Kekuatan Sam menjadi pemimpin yaitu karena ia dihormati oleh masyarakat Sudan, sampai-sampai ketua kelompok warga sudan datang kepanti untuk mengucapkan terima kasih dan mengunjungi pensylvania untuk membantu Sam mencari dana untuk membangun panti. tidak hanya dipanti, di pusat pengobatan di sudan, Sam sangat terkenal dan sangat dihormati bahkan dijuluki sebagai angle. walaupun ketika sam sedang terpuruk dan emosi yang tinggi semua anggotanya tetap mengahrgainya dan menghormatinya. 

Gambar 3. Types of Conflict in Organizations

Tipe-tipe konflik dalam organisasi

1. interpersonal conflict

2. intragroup conflict

3. Intergroup Conflict

4. Interorganizational Conflict

 

Gambar 3. Help managers Use Their power effectively

Konflik yang dimiliki oleh Sam adalah konflik antara Sudan dan LRA organisasi diluar organisasinya, konflik ini masuk dalam jenis Interorganizational Conflict. untuk menguasai LRA, ia harus memperkuat pertahannya dan melakukan kegiatan diplomatis untuk membebaskan anak-anak sudan ditengah konflik, karena yang menjadi permasalahanya adalah Sam melakukannya sendiri, ia mencari pendanaan sendiri dengan meyakinkan koleanya yang ada di Sudan untuk membantu atau menyumbang untuk kegiatan sosialnya, dia juga sampai menjual perusahaanya untuk menghidupi anak-anak diSudan.  Sam menggunakan 5 startegi untuk meningkatkan kekuatannya. 

Relying on objective information

Tentara Dink merupakan tentara yang kuat, dan di jadikan sumber infomasi untuk mengetahu social budaya di Sudan. Keterbatasan Bahasa yang dimiliki Sam menjadi salah satu kelemahan, oelh karena itu Dink selalu berjaga Bersama Sam. Dan dink juga yang mengetahui medan di Sudan. Informasi keberadaan anak-anak juga dilakukan oleh screening yang dilakukan oleh anggota Sam.

Solusi

Untuk mengetahui gerak-gerik musuh seharusnya Sam, mengirimkan mata-mata ke LRA atau mencari tahu titik lokasi LRA agar dapat menyerang lebih dahulu. 

Bringing in an outside expert

Setelah beberapa lama, Dink memanggil temannya yang bekerja dibidang konstruksi untuk membantu dalam pendanaan. Dan mencari tahu mengenai pembelian senjata api dan senajta api yang cocok untuk medan konflik yang dihadapi oleh Sam. 

Solusi

Seharusnya Sam melakukan konsultasi dengan pemerintah Pensylvania untuk membantunya dalam menangani konflik di Sudan. Bukan hanya meminta bantuan kepada lingkungannya saja. Karena konflik yang dihadapi sangat besar, melibatkan sebuah ornaisasi yang besar. Dan yang menadi permasalahanya ada kekuasaan wilayah.

Controlling the agenda

Untuk mempermudah Sam dalam mengorganisir panti, Dink membantu Sam untuk melakukan Screening dan mengatur agenda penjagaan yang dilakukan di panti, Yona juga membantu sam dalam mengontorl segala sumber daya yang dimiliki panti, juga mengurusi anak-anak panti karena mereka hanya mendengar Yona.

Solusi

Mencari orang setempat untuk mengontrol situasi di panti merupakan langkah yang tepat, selain itu Sam juga harus memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencri jalan keluar agar konflik seger berakhir.

Making everyone a winner

Sam melibatkan semua anggotanya untuk berperan penting dalam pengurusan panti, pada konteks ini pemenuhan fasilitas yang mereka terima merupakan penghargaan dan apresiasi oleh Sam kepada anggotanya yang sudah membantu mengurusi anak-anak dii panti.

Solusi

Pada kasus Sam seharusnya Sama merejrut orang sebanyak-banyaknya untuk menajdi anggotanya dan meyakinkan menangkap LRA untuk diyakinkan agar tidak melakukan konflik lagi.

Penulis:

Dini Rahmawati

Referensi:

R Jones, Gareth, Jennifer M. George. 2019. Comtemporary Management, 11th Edition.NewYork : McGraw Hill Education. 

https://www.imdb.com/title/tt1586752/characters/nm0124930


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format