SEARCH : WWW – PERFORMA, KINERJA, DAN PARADIGMA TIGA WANITA KARIR

Unicon dan Barro merupakan dua perusahaan web portal ternama di Korea. Namun, Barro berhasil menjadi Market Leader dan menjatuhkan Unicon dengan strategi yang elegan


1
1 share, 1 point

Sinopsis :

Search:WWW – merupakan drama series yang menceritakan persaingan dua perusahaan web portal yang besar di Korea, yaitu Unicon dan Barro. Bae Ta-mi (Im Soo-jung) dan Song Ga-Gyeong (Jeon Hye-jin) merupakan Direktur Utama dari Unicon dan Barro dipimpin oleh Min Hong-Joo (Kwon Hae-Hyo) yang didampingi oleh Cha Hyeon (Lee Da-Hee) sebagai salah satu direktur nya. Kedua perusahaan ini saling bersaing ketat dalam menyediakan fitur pencarian kata yang biasa dipakai oleh masyarakat di Korea. Problematika diawali dengan adanya pemalsuan pencarian kata kunci yang dilakukan oleh Unicon pada saat pemilihan presiden. Song Ga-Gyeong yang saat itu memutuskan untuk memalsukan kata kunci dan mengorbankan Bae Ta-Mi untuk hadir di sidang saat itu sebagai saksi yang membuat Bae Ta-Mi akhirnya mendapatkan sanksi disiplin yaitu dikeluarkan secara tidak adil dari Unicon karena ia mengumumkan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Anggota Majelis Partai Hanguk Baru, Joo Seung Tae. Bae Ta-Mi, sosok pemimpin yang sangat kompetitif dan berintegritas, memilih untuk bergabung bersama Barro dan ingin ‘membalas dendamnya’ dengan membuat Barro menjadi web portal pertama di Korea dan mengalahkan Unicon. Bermodalkan penarikan dua staff Unicon, yang notabenenya bukan seorang yang professional, ia memulai kehidupan baru nya di Barro dari awal dan menyusun strategi ‘menyerang’ Unicon. 

Setiap orang mengawali dan mengakhiri hari nya dengan melakukan pencarian kata pada web portal. Eksistensi web portal menjadi kian penting seirama dengan kebutuhan masyarakat pada tiap era. Perusahaan web portal yang saat itu terkenal adalah Unicon dan Barro, dimana Unicon selama 10 tahun terus menjadi market leader penyedia jasa web portal di Korea. Kejatuhan Unicon sebagai pemimpin pangsa pasar diawali dengan banyak konflik. Namun, dalam setiap konfliknya, dapat kita lihat strategi manajemen konflik yang dipilih.

JENIS KONFLIK DAN STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK

INTERPERSONAL CONFLICT 

                Konflik interpersonal merupakan konflik antar anggota individu pada sebuah organisasi, yang terjadi karena perbedaan tujuan dan nilai dalam bekerja. Konflik ini dapat dilihat saat Bae Ta-Mi dan Song Ga-Gyeong memiliki visi dan misi yang berbeda dalam membangun Unicon. Bae Ta-Mi terkenal menjadi pemimpin yang berintegritas dan Song Ga-Gyeong yang bekerja dengan bayang-bayang sang mertua, yaitu Ketua KU Group, Jang Hee-Eun. Konflik ini terjadi ketika Bae Ta-Mi mengetahui ada kata kunci yang dipalsukan untuk kepentingan KU Group. Meskipun Bae Ta-Mi sudah menentang adanya penghapusan kata kunci, atas dasar perintah mertuanya, Song Ga-Gyeong tetap menghapus semua kata kunci yang berhubungan dengan salah satu calon presiden. Hal ini membuat Bae Ta-Mi diseret ke meja persidangan sebagai saksi. Manajemen strategi yang dilakukan Bae Ta-Mi saat itu adalah avoidance karena Bae Ta-Mi tahu bahwa dirinya adalah bukan pelaku dari pemalsuan tersebut dan ia tetap mau menjaga integritasnya sebagai direktur. Meskipun demikian, strategi yang dipilih Bae Ta-Mi menimbulkan masalah baru. 

INTRAGROUP CONFLICT

                Konflik intragroup merupakan konflik yang dialami didalam grup atau tim kerja di satu perusahaan yang sama. Konflik intergroup banyak ditemui pada film ini, contohnya ketika di dalam tim gugus fungsi, ide Bae Ta-Mi untuk membuat promosi iklan komparatif layanan Barro sebagai penyedia kata kunci terlengkap dengan menggunakan citra Unicon. Hal ini mendapatkan pertentangan dan persetujuan dari anggota di dalam tim. Cha Hyeon menentang ide dari Bae Ta-Mi namun beberapa timnya yang lain setuju dengan adanya ide Bae Ta-Mi yang dapat menarik banyak perhatian penggunanya. Startegi manajemen konflik yang dipilih yaitu collaboration dimana Bae Ta-Mi membuat banyak perhitungan dan penjelasan dampak yang diakibatkan dari iklan komparatif yang dibuatnya. Ia menjelaskan, meskipun Barro harus dituntut atas pencemaran nama baik, keuntungan yang diperoleh dari iklan komparatif itu masih lebih banyak dari biaya ganti rugi yang harus dibayarkan. Hal ini menarik simpati dari member Tim TF dan akhirnya menyetujui pembuatan iklan komparatif yang harus diselesaikan dalam waktu singkat.

INTERGROUP CONFLICT

Konflik intergroup merupakan konflik yang dialami antar grup atau tim kerja di satu perusahaan yang sama. Konflik intergroup dapat dilihat pada film ini saat Barro ingin melakukan terobosan dengan mengubah tampilan utama pada web portal mereka, salah satunya dengan menghapus fitur yang dianggap layanan dengan pengguna dan keuntungan yang sedikit. Fitur buku, game,dan My Homepage. Tentunya dari ketiga departemen ini mencekal adanya ide penghapusan layanan untuk penyederhanaan laman utama. Pertentangan demi pertentangan terjadi antara departemen tersebut dengan gugus fungsi, yang saat itu dipimpin oleh Bae Ta-Mi. Manajemen strategy yang dilakukan oleh Bae Ta-Mi adalah compromise dimana ia menyatakan secara persuasif bahwa dengan adanya perubahan ini, dapat menghasilkan banyak keuntungan yang tentunya tidak merugikan Barro. Ia melakukan penjelasan langkah yang harus dilakukan atas ketiga layanan tersebut; ada yang harus dihapuskan (fitur My Homepage) dan ada juga yang dialihkan menjadi satu layanan dengan fitur lainnya (fitur buku dan game).

(Suasana Konflik Rencana Penghapusan Fitur pada Web Portal)

INTERORGANIZATIONAL CONFLICT

                Konflik interorganizational adalah konfilik yang timbul antar perusahaan yang berbeda. Kisah ini menceritakan Han Min-Kyu, yang diduga sebagai selingkuhan Song Ga-Gyeong, diberitakan bunuh diri akibat namanya menjadi 1st trending topic di web portal. Namanya dapat mencuat sebagai kata yang paling banyak dicari karena pekerjaan sampingannya di Bar tersebar ke media sosial. Han Min-Kyu memohon kepada Song Ga-Gyeong agar dapat menghapus kata kunci nama nya namun ia ditolak. Media berita menginformasikan bahwa Han Min-Kyu mencoba bunuh diri setelah mendapatkan sponsor dari salah satu direktur web portal. Karena ambiguitas dari berita yang tersebar, nama Bae Ta-Mi harus dikorbankan. Hal ini mengakibatkan Min Hong-Joo memilih untuk mengundurkan diri dari Barro karena merasa bertanggung jawab atas apa yang terjadi oleh Bae Ta-Mi. Strategi manajemen konflik yang dipilih Min Hong-Joo inilah yang membawa Barro semakin termotivasi untuk mengalahkan Unicon.

POLITICAL STRATEGIES TO INCREASE ORGANIZATIONAL POWER

                Strategi politis adalah strategi yang disusun oleh manajer untuk dapat meningkatkan kekuatannya dan menggunakan kekuatannya itu untuk mempengaruhi dan mendapatkan dukungan dari orang banyak sehingga ancaman dari pesaing dapat diatasi. Dalam kisah ini, kita dapat melihat bahwa terdapat strategi politis yang dilakukan oleh Barro saat melawan Unicon.

Controlling Uncertainty 

                Barro menyusun strategi untuk mendapatkan kepercayaan penggunanya terhadap kata kunci waktu nyata yang sempat menjadi keraguan terbesar akibat pemalsuan yang dilakukan oleh Unicon. Ketidakpastian ini dijawab oleh Barro melalui komitmen dan konsistensi penyampaian peringkat kata kunci waktu nyata. Barro mendeklarasikan bahwa integritas dijunjung tinggi dalam menyampaikan data ke pelanggan.

Being Irreplaceable

Bae Ta-Mi muncul sebagai sosok yang tidak dapat digantikan. Melalui ‘tangan dinginnya’ dan ambisi kemenangannya, ia membuat banyak inovasi produk di Barro sehingga Barro bisa menjadi market leader. Ide-ide nya yang out of the box menjadi salah satu sumber kemenangan meskipun mendapat banyak penolakan dari rekan kerjanya. Contohnya ketika Bae Ta-Mi harus berani mengambil langkah mendeklarasikan ‘penolakan atas permintaan akses pengguna oleh pemerintah’ di halaman utama Barro. Meskipun pemerintah mendesak sedemikian rupa, ia tetap berpegang teguh terhadap asas kemanusiaan yang harus dijaganya. Hal ini membuat Bae Ta-Mi menjadi orang yang dipandang penting dan mendapatkan power yang besar.

Being in Central Position

                Bae Ta-Mi ditunjuk sebagai pemimpin TF yang dimana ia mengontrol banyak aktivitas krusial dan menginisiasi banyak inovasi baru. Bae Ta-Mi mampu menempatkan dirinya atas seluruh aktivitas yang dilakukan Barro. Dengan mengandalkan ilmu dan keahliannya selama bekerja di Unicon, ia mampu memanfaatkan kekuatan Unicon menjadi ancaman bagi Unicon itu sendiri. 

Generating Resources

                Untuk mengalahkan Unicon, Bae Ta-Mi memilih Ellie dan Joseph dari Unicon untuk bergabung bersamanya di Barro. Ia melatih dan Ellie dan Joseph sehingga menjadi seorang professional. Bae Ta-Mi juga menggunakan kemampuannya menyusun metode pemasaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengguna. Ia memanfaatkan resource yang ada di Barro, dengan menciptakan banyak terobosan baru. Pemanfaatan teknologi pun dapat terlihat disini ketika Cha Hyeon mengusulkan adanya pembuatan emoji cara memakan makanan khas yang sempat menjadi tenar.

Building Alliances 

                Barro membangun aliansi kepada Asosiasi Web Portal untuk dapat memberikan perlindungan terhadap aktivitas yang dilakukan Barro. Hal ini meningkatkan kekuatan Barro dalam menjalankan setiap kegiatan baru yang dilakukannya. 

NEGOTIATION

                Negosiasi merupakan salah satu cara penyelesaian sengketa bisnis yang sudah lama dikenal dan banyak digunakan oleh berbagai pihak dalam menyelesaikan permasalahan ataupun sengketa di antara mereka. Negosiasi merupakan suatu hal yang pokok dan terpenting dalam bisnis untuk melalkukan rencana pengembangan dengan mitra bisnis. Negosiasi bisnis berbeda dengan jenis negosiasi lainnya. Dalam suatu negosiasi bisnis, setiap pihak yang terlibat berusaha untuk menemukan suatu win-win solution.

                Dalam kisah ini, negosiasi banyak terlihat dalam setiap permasalahan yang terjadi. Contohnya ketika pemerintah meminta perusahaan web portal memberikan akses kepada informasi penggunanya dengan menetapkan harga listrik perusahaan web portal menjadi harga industry dimana dapat menghemat sampai 7 juta dollar. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak sebanding. Barro melakukan integrative bargaining. Integrative bargaining adalah metode negosiasi yang kooperatif dimana setiap pihak yang terlibat didalam konflik bekerja bersama untuk mencapai solusi yang baik untuk kedua belah pihak. Barro melakukan negosiasi agar Unicon juga turut menolak tawaran dari permintaan pemerintah. 

                Barro dan Unicon pun melakukan debat terbuka yang di mediasi oleh Asosiasi Web Portal untuk menemukan jalan tengah dari permasalahan yang sedang dihadapi. 

FOUR TASK OF MANAGEMENT

                Dalam menghadapi konflik yang terjadi, peran dan fungsi manajer sangat dibutuhkan. Seperti yang kita ketahui bahwa setidaknya ada 4 tugas manajer dalam memimpin timnya.

(Four Task of Management)

Planning 

                Dalam tahapan ini, manajer diharapkan mampu menetapkan visi dan misi serta tujuan dari organisasi. Dalam kisah ini, Bae Ta-Mi sebagai pemimpin TF mampu menetapkan visi dan misi bahwa mereka harus mengalahkan Unicon dalam waktu 6 bulan. Ia mengarahkan timnya kepada tindakan-tindakan ekstrem yang akhirnya mampu membawa mereka menjadi market leader. Ia menyusun banyak strategi yang mampu membawa mereka mencapai tujuan mereka.

Organizing

                Dalam fungsi ini, manajers diharapkan dapat mengatur dan mendefinisikan kewenangan dan tugas dari setiap anggota organisasi. Ellie dan Alex lebih banyak mengatur strategi pemasaran yang akan dilakukan Barro. Jennie lebih banyak dibebankan kepada sekuritas data dan validitas data yang ditampilkan pada web portal. Joseph lebih banyak dilibatkan kepada urusan internal Barro dan dilibatkan juga dalam penyusunan strategi pemasaran. Cha Hyeon lebih banyak dilibatkan bersama dengan Bae Ta-Mi pada penyusunan langkah strategis dan yang berhubungan dengan pihak eksternal.

Leading

                Fungsi leading yaitu peran manajer yang mampu memberikan motivasi, mengoordinasi, dan menguatkan timnya untuk dapat mencapai tujuan bersama. Bae Ta-Mi melakukan fungsi leading dengan caranya tersendiri. Contohnya saja ketika Alex merasa ia tidak lagi dianggap dan ia ingin memilih bergabung dengan Unicon, Bae Ta-Mi mengajaknya untuk berbicara face-to-face dan mengetahui alasan dibalik keputusannya selalu mengutamakan ide Ellie dan mengizinkan Ellie lebih banyak belajar bersama dia. Cara nya seperti itu ternyata menajdi motivasi Alex yang akhirnya memutuskan untuk bertahan di Barro.

Controlling

             Dalam fungsi ini, peran manajer diminta dapat melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap setiap perkembangan yang dilakukan oleh anggota tim. Bae Ta-Mi melakukan fungsi ini dengan mengadakan rapat rutin untuk membahas langkah strategis apa yang sudah dilakukan dan sudah sejauh mana perkembangan yang telah dilakukan anggota tim. Selain itu, hasil evaluasi peringkat pangsa pasar menjadi tools Bae Ta-Mi dalam mengevaluasi kinerja tim nya. 

POWER : THE KEY OF LEADERSHIP

    Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing. Tidak semua gaya kepemimpinan dapat diterima oleh anggota kelompok. Tantangan pemimpin adalah bagaimana kepemimpinan yang dijalani dapat memberikan perubahan terhadap perilaku anggota kelompok sehingga dapat bekerja dengan cara yang tepat. Dalam hal ini terdapat 5 jenis dari power of leadership.

(Source of Managerial Power)

Kekuatan manajerial seorang pemimpin dapat diperoleh dari beberapa jenis kekuatan yang dapat diperoleh dari internal tim.

Legitimate Power 

        Legitimate power adalah kewenangan manajer yang dimiliki secara struktur organisasi. Gaya kepemimpinan tiap orang dapat mempengaruhi bagaimana manajer melatih kekuasaan legitimasinya secara struktur. Bae Ta-Mi mendapatkan legitimate power ketika ia dipercaya oleh Min Hong-Joo sebagai pemimpin tim task force. Posisi tersebut memberikan kewenangan Bae Ta-Mi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang akan dijalankan timnya dengan gaya kepemimpinannya yang ‘dingin’, tegas, dan berintegritas. 

Reward Power 

Reward power adalah kemampuan manajer untuk memberikan penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh anggota tim. Ketika Barro berhasil menjadi market leader, Min Hong-Joo memberikan penghargaan berupa dua hari istirahat kepada seluruh timnya yang sudah bekerja keras. Selain itu juga, ia menyusun agenda makan dan karaoke bersama sebagai wujud kebersamaan atas pencapaian yang telah diraih. Perilaku Min Hong-Joo menunjukan bahwa sebagai pemimpin yang efektif, menggunakan penghargaan sebagai wujud apresiasi atas kerja keras dan pencapaian yang sudah diperoleh anggota tim, bukan untuk sarana melemahkan dan mengontrol perilaku anggotanya.

Coercive Power

              Coercive power adalah kemampuan manajer untuk menghukum anggota yang lain. Dalam kisah ini, Song Ga-Gyeong berhasil menghukum ketua KU Group atas tindakan pemaksaan pemalsuan kata kunci waktu nyata yang ia terima. Hukuman ini berdampak kepada inisiatifnya dalam melepaskan jabatannya sebagai CEO Unicon. 

Expert Power 

              Expert power adalah kekuatan yang diperoleh dari pengembangan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman tiap anggotanya. Bae Ta-Mi membiarkan Ellie banyak belajar dari Alex. Ia melakukan development kepada Ellie secara skill, knowledge, dan experience dengan memasukan ide nya untuk menambahkan iklan/aksi donasi pada laman utama. Bae Ta-Mi pun terus memberikan banyak ruang untuk Ellie mengembangkan kemampuannya, terkhusus pada bagian pemasaran. Hal ini lah yang menjadi kekuatan Bae Ta-Mi untuk terus melangkah maju.

Referent Power 

                Referent power adalah kekuatan yang datang dari anggota kelompok berupa loyalitas, rasa hormat dan rasa kagum. Dalam kisah ini, Bae Ta-Mi merasakan dukungan yang sangat besar ketika namanya harus berada menjadi peringkat pertama pencarian kata kunci waktu nyata akibat sesuatu yang tidak dia lakukan. Sebagai bentuk atensi dari anggota timnya, Jennie melacak siapa yang membuat namanya menjadi sorotan utama dan Cha Hyeon membantunya dalam menangkap pelaku. Hal ini tentunya menjadi kekuatan Bae Ta-Mi untuk dapat mengutarakan kebenaran.

ALTERNATIF SOLUSI :

      Dalam beberapa konflik yang bisa terlihat dari kisah ini, tidak semua dapat terselesaikan dengan baik, bahkan ada beberapa konflik yang diselesaikan dengan cara kurang tepat sehingga menimbulkan masalah baru. Adapun alternative solusi yang bisa diberikan yaitu :

  1. Pada saat Min Hong-Joo memilih untuk melepaskan jabatannya sebagai CEO Barro, ia mengakui bahwa ia memilih untuk tidak dapat melindungi hak aman yang seharusnya diperoleh Bae Ta-Mi. Pada kondisi tersebut, Min Hong-Joo memiliki pilihan untuk melakukan negosiasi kepada Song Ga-Gyeong. Negosiasi ini bisa berupa ancaman pengecekan lebih lanjut apabila Song Ga-Gyeong tidak lekas mengumumkan pemalsuan berita yang telah dilakukannya. Min Hong-Joo dapat mencari bukti yang bisa diperolehnya dari Jennie.
  2. Tim TF menghadapi kondisi dimana ada tiga departemen yang harus mengalami penghapusan pada web portal, salah satunya adalah My Homepage. My Homepage adalah aplikasi yang dibuat Barro yang menghasilkan 15 juta pengguna dan dinobatkan sebagai sosial media pertama di Korea. Alih-alih ingin menghapus My Homepage, fitur ini dapat digunakan sebagai media promosi kecanggihan kata kunci. Fitur-fitur games¸emoji, dan webtoon yang akan digunakan Barro, bisa diaplikasikan pada My Homepage. 
  3. Menambahkan fitur pada web portal seperti meeting scheduler dan aplikasi meeting room bisa menambahkan antusias pengguna dalam mengakses web portal. Selain itu, menambahkan job vacancy didalamnya bisa meningkatkan antusias pengguna umur 20-an dalam mengaskses web portal tersebut.

Referensi :

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management. Eleventh Edition. US: McGraw-Hill Education.

Kurniawan, Aris. 2020. Pengertian Negosiasi Bisnis – Karakteristik, Teknik, Proses, Strategi, Kesalahan. Diakes pada 19 Desember 2020. https://www.gurupendidikan.co.id/teknik-negosiasi-bisnis/ 

Disusun oleh :

Grecia Ulina – EMBA B 41C – UGM Jakarta

TRAILER - SEARCH:WWW 

Perjalanan kejayaan Barro, sebagai market leader baru di industri web portal. 

  1. 1 Apa awal mula kejatuhan Unicon?

    1. Memalsukan kata kunci pencarian
    2. Memalsukan tanda tangan pemimpin
    Correct!
    Wrong!
  2. 2 Konflik yang terjaid antara Bae Ta-Mi dengan Song Ga-Gyeong karena pemalsuan yang dilakukan oleh Song Ga-Gyeong adalah contoh jenis konflik

    1. Intrapersonal Conflict
    2. Interpersonal Conflict
    Correct!
    Wrong!

Created on
  1. Quiz result

    You scored
    Correct!
    Share Your Result

Like it? Share with your friends!

1
1 share, 1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format