The Negotiation (2018) : Plot Twist Kejahatan Mafia Dibalik Kasus Penyanderaan

Kejahatan kecil yang terjadi biasanya merupakan kedok dari kejahatan besar yang bergerilya dibaliknya.


3
3 points

SINOPSIS SINGKAT

Seni berkomunikasi dan bernegoisasi ternyata bisa digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah melawan penjahat yang mencoba mengacaukan kehidupan banyak orang. Strategi bermain dengan kata-kata, pikiran dan waktu adalah beberapa kuncinya. Semuanya bisa disaksikan dalam film The Negotiation, sebuah cerita yang penuh dengan strategi-strategi mendebarkan. The Negotiation merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Jong-suk Lee. Film ini diperankan di antaranya oleh Hyun-bin, Son Ye-jin, dan Kim Sang-ho. Film ini menceritakan tentang Min Tae-gu (Hyun-bin), seorang pria kejam yang juga bekerja sebagai penyeludup senjata untuk sebuah organisasi international yang berbasis di Korea dan warga negara Inggris, ia menculik beberapa warga Korea dari Bangkok, termasuk reporter Sumok.

Bertempur menggunakan pikiran tidak kalah melelahkannya dibandingkan dengan bertempur menggunakan senjata. Namun, itulah yang menjadi kesukaan dari Min Tae-gu (Hyun-bin). Salah satu orang yang kejam sekaligus bekerja sebagai penyelundup senjata untuk sebuah organisasi internasional. Min Tae-gu menjalankan aksinya menculik dan menyandera dua warga Korea di Bangkok. Cukup jauh dari Korea, Min Tae-gu menjalankan aksinya sembari menyandera beberapa warga Korea. Namun, aksi heroiknya berhasil diketahui oleh pihak kepolisian Seoul. Berbagai penawaran dibuat oleh pihak kepolisian dibuat untuk melepaskan sandera. Namun, sebagai penjahat kelas kakap, Min Tae-gu justru malah “bersenang-senang” dan membuat nyawa sandera semakin terancam. Pihak Badan Kepolisian Metropolitan Seoul pun akhirnya berencana melibatkan seorang ahli negoisasi dari pihak kepolisian. Dari sekian banyak pilihan, Ha Chae-yoon (Son Ye-jin) jadi yang terpilih untuk berkomunikasi dengan Min Tae-gu. Ha Chae-yoon sendiri dikenal sebagai seorang negoisator ulung. Ia mampu memainkan strategi untuk melawan kriminal dan pada saat yang tepat menghancurkan para penjahat. Film The Negotiation menghadirkan perang urat syaraf kata-kata diantara pihak kepolisian yang diwakili oleh Ha Chae-yoon dengan Min Tae-gu. Ha Chae-yoon hanya memiliki waktu selama 12 jam untuk menyelamatkan para sandera dari Min Tae-gu. 

Diawali dengan kejadian penyanderaan di Seoul, Ha Chae-yoon pun datang ke tempat kejadian di tengah hari liburnya. Chae-yoon pun mencoba masuk ke dalam rumah dan bernegosiasi dengan dua penyandera agar mereka mau melepaskan salah satu sanderaannya. Sayangnya, hal tersebut gagal karena tim polisi SWAT menembak langsung salah satu penjahat, yang akhirnya berujung dengan dua sandera yang juga mati dibunuh oleh para penjahat. Setelah kejadian tersebut, 10 hari setelahnya Ha Chae-yoon harus berhadapan dengan Min Tae-gu, seorang penjahat kelas kakap yang menyandera dua warga Korea, yang salah satunya merupakan bos Chae-yoon sendiri. 10 hari setelah kejadian traumatis tersebut, Ha-Chae-Yoon kali ini diberikan tugas kembali untuk melakukan negosiasi dengan penjahat yang menyandera salah satu anggota polisi dan agen mata-mata tersebut. Adalah Min Tae-gu(Hyunbin), seorang penjual senjata ilegal mancanegara yang menyandera para tahanan tersebut, yang kemudian meminta Ha Chae-Yoon sebagai lawan negosiasinya untuk membebaskan para sandera ini. Suasana semakin kompleks, kala sedikit demi sedikit alasan Min Tae-gu melakukan penyanderaan terungkap. Ternyata, ada masalah yang lebih rumit dari sekedar penyanderaan ini. Ada motif terselubung dari Min Tae-gu yang ingin mengungkap kebenaran yang diyakininya.

Ketika bernegosiasi dengan konfrensi video Taegu, Chaeyoun terkejut mengetahui Jung diculik oleh Taegu juga. Chaeyoun di beritahu bahwa sandera ditahan di pulau di Selat Malaka, dimana operation gabungan militer-polisi pun dikirim, dengan tujuan membabaskan mereka. Taegu menuntut bertemu Yong Dong-hoon, bos dari Lee. Ketika berbicara dengan Dong Hoon, Taegu menuntut mengetahui apakah Lee salah satu reporternya sendiri ataukah bukan, memaksa Dong Hoon menjawab bahwa Lee sama sekali bukan reporter. Taegu marah mengeksekusi Jung yang mengakibatkan keputusasaan Chaeyoun. Marah, Chaeyoun menuntut mengetahui kebenaran mengenai Lee. Dia diberitahu bahwa Lee seorang agent NIS, yang dikirim mematai geng Taegu. Sementara, Taegu bernegosiasi dengan NIS, namun saat mereka menjadi tidak sabar, dia menjelaskan bahwa usai menyandera seluruh keluarga juga. Gagal bernegosiasi dengan Taegu, Chaeyoun kembali bernegosiasi dengan dia. Taegu memerintahkan Chaeyoun membawa mantan bosnya yaitu Koo Gwang-su ketua dari Nine Electronics, perusahaan kontraktor senjata untuk berbicara dengan dia. Chaeyoun diberi tahu Taegu dan Koo mempunyai sejarah di masa lalu, pasangan ini pernah bekerja sama, namun mereka berantakan usai Koo mengkhianati Taegu ke NIS. Ketika dia berbiara kepada Koo, Taegu ingin mengetahui mengapa dia membunuh wanita bernama Yu Hyunju. Koo menjawab dia tidak tahu apapun yang dia bicarakan, yang mana Taegu menjelaskan kepada Chaeyoun bahwa Hyunju wanita yang terbunuh dalam kasus Yangjae. Dia lebih lanjut menjelaskan dia memperkenalkan Hyunju ke Koo sebagai sekretaris untuk bisnis dia dan juga untuk membantunya di dalam money laundry dan perdagangan senjata selundupan. Dia memutar rekaman kesepakatan dari Koo yang mendakwa Koo, Komandan angkatan udara bernama Son Jungtae, Wakil Kepala NIS park Inkyu, dan Kepala Keamanan nasional yaitu Hwang Juik. Taegu memerintahkan Hwang bernegosiasi dengan dia dalam satu jam. Gong diturunkan menjadi salah satu kroni Hwang dan berbohong terhadap Chaeyoun bahwa dia ada di kantor kepresidenan.

Sementara, usai penyelidikan yang menyeluruh, Ahn menjelaskan kepada Chaeyoun bahwa Jung berhubungan dengan Park, dia menerima suap dari Park guna membunuh Hyunju. Tim Chaeyoun menunda negosiasi untuk waktu lebih lama. Selain itu mereka terkejut mengetahui Taegu melakukan live streaming negosiasi mereka di YouTube, sehingga meningkatkan situasi menjadi krisis nasional. Taegu menembak kaki Lee, menuntut bertemu Hwang, mengancam konsekuensi mengerikan jika dia tidak hadir. Ahn mengunjungi TKP Yangjae, mendapati melalui foto-foto lama bahwa Hyunju sebenarnya yaitu saudara perempuan Taegu. Dia segera memberikan informasi tersebut terhadap Chaeyoun yang memohon kepada Taegu membebaskan para sandera sebagai imbalan membuka kembali kasus Hyunju. Ketika mereka berbicara, operation militer dijalankan, walaupun Chaeyoun memprotes. Taegu tampaknya meledakkan bom bunuh diri yang membunuhnya dan juga para sandera. Ketika polisi dan militer akan menutup kasus, Chaeyoun mendapati melalui rekaman video negosiasi bahwa Taegu ternyata masih hidup, dan selama ini bernegosiasi dari Korea. Ahn menempatkan tempat persembunyian dari Taegu dan menyelamatkan para sandera, Chaeyoun menuntut Gong mengenai keberadaan Hwang.

Berdasarkan informasi dari Gong, dia bergegas menuju suite hotel Hwang dan ketika tiba disana beberapa saat usai Taegu tiba. Taegu yang telah mengikat dirinya pada rompi bom, menembak mati Koo dan juga mengancam akan membunuh semua orang yang hadir. Dia menjelaskan kepada Chaeyoun bahwa dia yang telah membunuh Hyunju. Chaeyoun memohon agar Taegu mundur, berjanji mendapati keadilan untuk Hyunju dan menghukum Hwang. Taegu melihat kemiripan dengan saudara perempuannya pada diri Chaeyoun, diam-diam meminta maaf terhadap Chaeyoun pada semua yang dia lakukan padanya. Hwang, bersama dengan Park dan Son, berdiskusi mengenai membuat alibi guna kabur dari tuntutan pidana, saat Chaeyoun berjalan di hadapan mereka, mengumumkan mereka ditahan dan membuat ketiganya terkejut. Chaeyoun yang terbukti memperoleh salah satu pen drive Taegoo melalui Ahn, berisi semua informasi mengenai Hwang dan juga rekan-rekan konspiratornya. Son, Hwang dan Park dibawa ke pengadilan untuk diadili, berdasarkan bukti dari drive Taegoo. Film ini diakhiri dengan Chaeyoun membacakan sumpah kejujuran di pengadilan untuk menjadi saksi atas kasus kriminalitas tersebut.

  

IDENTIFIKASI MASALAH DARI KONFLIK

Organization Conflict – merupakah suatu perselisihan yang muncul bilamana terdapat upaya untuk menggagalkan suatu tujuan, kepentingan, nilai individu atau kelompok kepada sekelompok pemangku kepentingan tertentu dan hal ini merupakan kejadian yang akan terus menerus terjadi dalam berorganisasi karena sering terjadinya ketidaksamaan dari berbagai pihak terhadap tujuan, kepentingan dan hal lainnya. Konflik itu sendiri merupakan suatu kekuatan yang perlu pengelolaan dari pada bila harus dihilangkan. Seorang manajer alangkah baiknya bila tidak menghilangkan konflik namun lebih baik bila tetap menjaga suatu konflik pada tingkat moderat dan fungsional agar tidak terjebak dalam perangkap pengetahuan atau pengalaman bias yang mana konflik tersebut haruslah membawa perubahan yang menguntungkan bagi organisasi. Pada kasus Film The Negotiation terdapat 2 jenis identifikasi tipe konflik yang dihadapi oleh Polisi Chae Yoon, berdasarkan pada teori Jones, George :

  • Interpersonal Konflik – konflik antara masing masing individu anggota organisasi yang bersumber dari adanya perbedaan tujuan antara masing masing anggota. Hal ini tergambarkan pada tujuan utama dari Min Tae Gu melakukan penyanderaan adalah untuk membalas dendam kepada para para pejabat petinggi keamanan Korea yang telah membunuh adik kandungnya dalam kasus penyanderaan di awal kisah film berlangsung. 
  • Intra Group konflik – konflik yang muncul didalam satu grup atau departemen yang memiliki perbedaan tujuan. Konflik ini tergambarkan pada usaha Min Tae Gu dalam mengungkapkan kasus money laundry yang merupakan kasus utama dibalik kasus penyelundupan senjata tajam yang dikepalai oleh Kepala Keamanan Korea Hwang Juik beserta dengan Koo Gwang Su dan beberapa partner nya yang juga merupakan mantan rekan bisnis Min Tae Gu.

Pada Film The Negotiation ini, penulis menganalisa bahwa konflik penyanderaan yang dilakukan oleh penjahat Min Tae Gu memiliki beberapa sumber konflik yaitu :

  • Different goals and time horizon – Hal ini tergambarkan dari tujuan utama Tae Gu melakukan penyanderaan adalah dipicu oleh kasus pembunuhan Yoo Hyun Joo yang telah terjadi sebelumnya. 
  • Overlapping authority – Min Tae Gu dan Hwang Juik sama-sama memiliki kepentingan pribadi dalam menyelamatkan diri masing-masing. Min Tae Gu ingin membalaskan dendam kematian adiknya (Yoo Hyun Joo), sementara Hwang Juik ingin menyelamatkan dirinya dari dugaan kasus pencucian uang skala besar. 
  • Status inconsistencies – Kasus pencucian uang yang dilakukan oleh para pejabat di Korea tersebut tidak terungkap dikarenakan banyak pihak yang menutupi dan menerima suap dari para pejabat yang lebih dihormati.  
  • Scarce Resources – Min Tae Gu membutuhkan dana untuk tetap menjalankan bisnis penjualan senjata tajamnya, sehingga ia ingin Koo Gwang Su untuk membuka kembali bank account nya yang sudah ditutup. 

CRITICAL THINKING

1. Managing Conflict

Strategi yang diambil oleh Min Tae Gu termasuk ke dalam strategi Akomodatif dimana salah satu pihak diminta untuk menyerah pada tujuannya atau pihak lain. Hal ini sangat terlihat saat proses penyanderaan dimana Min Tae Gu berusaha untuk mengungkapkan kasus lebih besar dibalik kasus penyelundupan senjata. Tae Gu ingin pihak kepolisian menyerah untuk tidak mengejarnya dan membuka kembali profile kasus Yoo Hyun Ju yang sudah terbunuh secara tragis oleh para penyandera yang dibayar oleh Koo Gwang Su. Min Tae Gu menggunakan strategi penyanderaan ini untuk dapat membuktikan bahwa ada kasus lebih besar yang akan terungkap jika polisi tidak terfokus pada tujuan sekedar untuk menangkap dan mengeksekusi mati dirinya.  

2. Negotiation

Langkah negosiasi yang dipimpin oleh polisi Chae Yoon berdasarkan pada film the negotiation, sudah sangatlah baik yaitu Integrative Bargaining atas permasalahan interpersonal dan intragroup konflik. Walaupun Chae Yoon tidak mengetahui secara detail tentang background kasus ini pada awalnya, namun ia tetap berusaha untuk berperilaku jujur dalam proses negosiasi agar tercapainya suatu kondisi kesepakatan win-win solution antara dirinya dengan Min Tage Gu. Chae Yoon selalu berfokus pada negosiasi untuk penyelamatan sandera yang ditawan oleh Tae Gu, dibandingkan mengikuti sikap ego para atasannya yang sangat gegabah dalam mengambil keputusan. Chae Yoon selalu berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan Tae Gu secara jujur, meskipun pada akhirnya ia mengetahui bahwa dirinya dikelabuhi oleh rekan-rekan kerjanya sendiri secara tidak hormat. 

Proses komunikasi yang baik – Dalam melakukan Negoisiasi yang efektif, dibutuhkan komunikasi yang baik. Adapun proses komunikasi yang seharusnya menurut buku Contemporary Management mengenai promoting effective cmmunication adalah sebagai berikut :

Gambar 1. Proses Komunikasi
(Sumber : Buku Contemporary Management Chapter 15)

Pada Film The Negotiation,  Min Tae Gu berhasil mengarahkan proses negosiasi dengan komunikasi yang baik dan kooperatif terhadap pihak polisi. Walau pada akhirnya Polisi Jung harus dieksekusi mati dalam penyanderaan, Min Tae Gu sebelumnya sudah memberikan beberapa warning kepada Chae Yoon untuk dapat berbicara secara jujur memberikan informasi yang benar kepadanya.

3. Political Strategies

Cara Tae Gu memainkan emosi penonton dengan secara bertahap mengungkapkan kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, sangatlah memukau. Strategi yang digunakan oleh Min  Tae Gu adalah  being in a central position. Dimana hal ini digambarkan dengan perannya yang mengungkap berbagai misteri dibalik kasus pembunuhan Yoo Hyun Joo. Dimulai dari mengungkapkan identitasi Lee Sang Mok yang ternyata bukanlah seorang reporter surat kabar harian, melainkan sseorang mata-mata BIN yang ditugaskan untuk mengawasi pergerakan Min Tae Gu sebagai bandar penyelundupan senjata tajam internasional. Kemudian diikuti dengan terungkapnya atasan Chae Yoon (Jung) sebagai seorang yang berhianat dengan menerima suap dalam kasus penyanderaan Yoo Hyun Joo. Diakhiri dengan fakta bahwa terjadi kasus money laundry besar-besaran yang sudah dilakukan oleh Hwang Juik beserta dengan para pejabat tinggi negara lainnya. Sedangkan Polisi Chae Yoon sebagai seorang negosiator lebih memilih strategi relying on objective information yaitu memberikan informasi yang objektif untuk membuat pihak lain merasa bahwa tindakannya sudah benar. Seharusnya Chae Yoon dapat memainkan peran lebih dalam untuk meyakinkan Tae Gu bahwa pihak kepolisian akan bekerja sama dalam mengungkap semua misteri kejahatan tersebut.

ANALYTICAL THINKING

Dalam film the negotiation proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Polisi Chae Yoon merupakan jenis pengambilan keputusan tidak terprogram, dimana sebagai tanggapan terhadap peluang dan ancaman yang tidak biasa ataupun baru yaitu kasus penyanderaan seorang anggota BIN, seorang polisi dan sebuah keluarga sipil yang berwarga negara korea. Hal ini terjadi ketika tidak ada aturan pembuatan keputusan yang tersedia, maka dari itu Chae Yoon sebagai seorang negosiator dalam kasus ini dapat menerapkan suatu keputusan darurat karena situasinya tidak terduga. Kesalahan pengambilan keputusan Chae Yoon yang menyebabkan Min Tae Gu sebagai saksi potensial tewas dieksekusi sebenarnya bisa dihindari jika saja ia menerapkan langkah di bawah ini. 

Langkah Proses Pengambilan Keputusan – berdasarkan dari penelitian March and Simon, mereka mengembangkan model langkah proses pengambilan keputusan dari suatu masalah yang dihadapi manajer dengan menggunakan 6 langkah sebagai berikut :

Gambar 2. Enam Langkah Dalam Pengambilan Keputusan
(Sumber : Buku Contemporary Management Chapter 7)

1. Mengenal atau Mengindentifikasi Kebutuhan pada Keputusan 

Langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan adalah mengenal kebutuhan pada keputusan tersebut. Dalam hal ini Polisis Chae Yoon menyadari bahwa keputusannya untuk menerima tawaran sebagai seorang negosiator dalam kasus penyanderaan ini menuntut dirinya untuk dapat bernegosiasai dengan baik pada Min Tae Gu dan mempelajari background kasusnya terdahulu. 

2. Membuat Alternatif Pilihan

Setelah mengenal kebutuhan pada keputusan, seorang manager harus dapat menyajikan pilihan alternatif yang dapat dilakukan sebagai respon terhadap peluang atau ancaman yang ada. 

Alternatif Pilihan 1 : Membiarkan Min Tae Gu di eksekusi di tempat dengan konsekuensi para sandera  dan warga sipil mati terbunuh. 

Alternatif Pilihan 2 : Mengikuti kemauan Min Tae Gu untuk mendatangkan setiap orang penting yang ia minta kehadirannya pada proses negosiasi.

Alternatif Pilihan 3 : Mengajak berdiskusi hingga Min Tae Gu mau untuk melepaskan seluruh sandera dengan jaminan seluruh catatan kriminalitasnya akan dihapuskan, dan dijadikan saksi utama dalam kasus pencucian uang. 

3. Menguji Alternatif Pilihan

Ketika alternatif solusi telah ditentukan, mereka harus melakukan evaluasi keuntungan dan kerugian atas masing-masing alternatif. Hal terpenting adalah menentukan peluang dan ancaman dengan tepat dan selanjutnya menetapkan ukuran yang dapat mempengaruhi pemilihan alternatif tersebut. Secara etika, legal, dan praktis ketiga alternatif pilihan terseut merupakan yang tidak bertentangan dengan hukum dalam negeri maupun internasional atau peraturan-peraturan pemerintah, tidak merugikan pemangku kepentingan perusahaan terkait maupun pihak lain, serta organisasi kepolisian Seoul telah memiliki kapasitas dan sumber daya untuk melaksanakan alternatif yang ada tersebut. 

4. Memilih Alternatif Pilihan 

Alternatif pilihan yang seharusnya dilakukan adalah yang ketiga. Dengan mengajak berdiskusi hingga Min Tae Gu mau untuk melepaskan seluruh sandera dengan jaminan seluruh catatan kriminalitasnya akan dihapuskan, dan dijadikan saksi utama dalam kasus pencucian uang, hal ini tentunya akan memudahkan pihak kepolisian dalam mengungkap kejahatan korupsi yang lebih besar lagi dari para pejabat negara Korea tersebut. 

5. Melaksanakan Alternatif Pilihan

Chae Yoon sudah berusaha dengan baik untuk dapat bernegosiasi dan membujuk Min Tae Gu bekerja sama dengan kepolisian. Pada akhirnya para sandera sipil dan Lee Sang Mok berhasil selamat dan dilepaskan oleh Min Tae Gu. Hal ini karena target utama Tae Gu bukanlah para sandera, namun membalaskan dendamnya pada para pejabat yang terlibat dalam pembunuhan adiknya (Yoo Hyun Joo). 

6.  Mempelajari Umpan Balik

Sebagai tahap akhir, Chae Yoon dituntut untuk menganalisa dan mempelajari pengalaman sukses maupun gagal sehingga dapat melakukan perbaikan di masa yang akan datang. Apa yang harus diperbaiki untuk mendapatkan tujuan dari alternatif yang diharapkan. Jika masih belum berjalan dengan baik maka mereka bisa menerapkan 6 langkah dalam pembuatan keputusan lagi. Walaupun pada akhirnya  Min Tae Gu harus meregang nyawa, Chae Yoon tetap berhasil mengungkap kejahatan Hwang Juik dan kerabatnya dan mengadili mereka secara hukum yang berlaku di Korea. 

  

ALTERNATIF SOLUSI

Mengacu pada solusi utama yang disediakan sutradara bahwa Min Tae Gu akhirnya tewas terbunuh oleh penembak jitu dari pasukan khusus anti teroris Korea, sebenarnya penulis ingin mengkritisi aksi heroik Min Tae Gu yang sebenarnya tidak lah ekstrim hingga ingin meledakkan dirinya bersama para petinggi-petinggi pemerintahan di Korea tersebut. Sesungguhnya jika Min Tae Gu bisa diajak kerjasama untuk dengan Chae Yoon dan tidak bertindak gegabah dengan menodongkan senjata api ke Kepala Keamanan Nasional Hwang Juik, maka ia dapat menjadi saksi utama yang berperan penting dalam pemecahan kasus pencucian uang para petinggi keamaan nasional Korea tersebut. Selain daripada itu, tindakan perlu adanya perubahan dalam mencapai suatu proses organisasi yang baik pada Badan Kepolisian Nasional Korea agar tidak gegabah dalam mengambil setiap keputusan dalam bernegosiasi dengan para teroris yang menyandera beberapa tawanan dan juga warga sipil. 

Organizational Change Process

Gambar 3. Langkah proses perubahan organisasi
(Sumber : Buku Contemporary Management Chapter 11 )

1. Assessing The Need for Change

Sesuai dengan identifikasi yang telah dilakukan diatas, inti permasalahan terletak pada budaya organisasi terutama pada factor etika organisasi serta karakteristik dari anggota, serta cara pemimpin mengambil strategi dalam pemecahan konflik tersebut. Dalam tahap ini pada kasus film The Negotiation adalah pihak kepolisian Korea harus dapat mengetahui serta mengidentifikasi permasalahan bahwa adanya ketidakberesan dalam organisasi yang anggotanya banyak menerima suap dari kepentingan para pejabat-pejabat tinggi negara. 

2. Deciding on The Change to Make

Setelah permasalahan dapat teridentifikasi, selanjutnya perusahaan harus dapat menentukan langkah atau strategi perubahan berdasarkan permasalahan tersebut. Permasalahan pada badan kepolisian metropolitan Seoul terletak pada etika dan karakteristik dari para anggotanya yang tidaklah sesuai dengan norma-norma hukum yang berlaku. Maka perlu dilakukan investigasi terkait perubahan organisasi seperti apa yang paling tepat dalam memperbaiki kecacatan organisasi pada Kepolisian Seoul tesebut. 

3. Implementing The Change

Implementasi perubahan pada strutur organisasi kepolisian / keamanan di Korea bisa dilakukan secara Top-Down. Dimana akar permasalahan utama terdapat pada para pejabat pemangku jabatan tertinggi dalam koordinasi keamaan Korea yang melakukan tindakan money laundry. Para pejabat tersebut harus lah dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku di negara korea. Hal ini bisa berupa hukuman eksekusi mati,  diasingkan di suatu tempat terisolasi, ataupun juga dimiskinkan hingga beberapa generasi keturunan. 

4. Evaluating The Change

Pada tahapan evaluasi akhir ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar kesuksesan upaya perubahan dalam meningkatkan kinerja organisasi. Tahap evaluasi ini dapat dilihat dari keberhasilan lanjutan dari kepolisian seoul dalam menangani kasus korupsi dan money laundry apakah dapat berlangsung secara efektif dan efisien tanpa adanya keterlibatan lagi dari orang dalam yang disuap demi kepentingan pribadi para pemangku jabatan tertinggi di pemerintahan Korea. Jika belum terdapat pengembangan yang signifikan maka harus ditelaah lebih dalam lagi apa yang menjadi penyebab tidak berjalannya perubahan tersebut sesuai rencana, dan membuat langkah strategi alternatif sebagai tindakan untuk meminimalisir kegagalan strategi sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA 

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management. Eleventh Edition. US: McGraw-Hill Education.

Kincir.com. 2018.  (Review) The Negotiation : Kejutan yang Menyenangkan. Diakses Pada 19 Desember 2020. Dari https://www.kincir.com/movie/cinema/review-the-negotiation

Disusun Oleh :

Yohana Olivia Yulistha

Universitas Gadjah Mada (EMBA B 41C)

THE NEGOTIATION MOVIE - TRAILER (2018)

  1. 1 Siapa nama penjahat dan polisi yang bernegosiasi pada film The Negotiation?

    1. Min Tae Gu - Ha Chae Yoon
    2. Lee Sang Wook - Ha Chae Yoon
    3. Min Tae Gu - Yoo Hyun Joo
    4. Hwang Juik - Yoo Hyun Joo
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih telah membaca hingga selesai 🙂

  2. 2 Metode negosiasi apa yang digunakan dalam film The Negotiation?

    1. Distributive Negotiation
    2. Distributive Bargaining
    3. Integrative Bargaining
    4. Integrative Negotiation
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih telah membaca hingga selesai 🙂

  3. 3 Teori konflik organisasi apa yang digunakan dalam film The Negotiation?

    1. Intragroup & Intergroup Konflik
    2. Interpersonal & Intragroup Konflik
    3. Interorganisasional & Interpersonal Konflik
    4. Interorganisasional & Intergroup Konflik
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih telah membaca hingga selesai 🙂

Created on
  1. Quiz result

    You scored
    Correct!
    Share Your Result

Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
2
Fun
Genius Genius
4
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
2
OMG
Win Win
1
Win

One Comment

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format