Antara Negeri Tirai Bambu dan Negeri Kincir Angin, Manakah yang Lebih Berpotensi sebagai Prospek Pasar Furnitur Indonesia?

Penurunan produksi CV. Sunteak Alliance Akibat Pandemi


0

Sistem Ekonomi Belanda

Salah satu negara maju di dunia adalah Belanda atau Netherland dengan ibukota Amsterdam. Hal ini terlihat dari PDB perkapita Belanda yang menempati urutan ke 13 di dunia. Belanda atau Netherland adalah salah satu negara yang menganut sistem ekonomi Kapitalis. Sistem Ekonomi Kapitalis adalah sistem ekonomi yang dalam pelaksanaannya semua modal usaha bersumber pada modal pribadi perusahaan, tanpa ada bantuan atau kebijakan dari pemerintah. Hal ini menjadikan pasar dalam negara ini sebagai pasar bebas, yang mana persaingan pasar sangatlah ketat dan harga ditentukan oleh pasar itu sendiri. Maka dari itu, untuk bersaing dalam pasar ini dibutuhkan inovasi tinggi untuk menciptakan difersiasi produk agar perusahaan tetap dapat bersaing dan bertahan. 

Sistem Ekonomi Cina

Cina merupakan negara dengan sistem ekonomi nya menganut sistem ekonomi sosialis yang berpusat pada pemerintah nya. Cina sudah beberapa kali melakukan reformasi ekonomi. Kebijakan ekonomi di Cina pada awalnya sangat tertutup, tidak terbuka untuk pasar baru dan diatur oleh negara. Pemerintah selalu ikut andil dalam pertimbangan-pertimbangan yang ada, pertimbangan tersebut tidak didasarkan dari kebutuhan pasar. Namun pada saat ini Cina sudah mulai terbuka dengan pasar baru semenjak terjadinya reformasi ekonomi pada tahun 1978. Cina bahkan merespon era globalisasi dengan adanya kebijakan Cyber Economy. Cina mendapatkan urutan kedua sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan nominal PDB menurut International Monetary Fund sejumlah US$9,469 triliun.

Semenjak Cina terkena pandemi Covid-19 pada tahun 2019 lalu, itu sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nya. Tidak hanya Cina, semua negara di dunia juga merasakan dampak yang sama dari pandemi tersebut. Pada tahun 2020 lalu, Cina sedang berusaha untuk menaikan kembali perekonomian negara nya dengan cara mengoptimalkan pemasukan negara dengan mulai melacak beberapa warga negara nya yang tinggal di luar negeri untuk dipungut pajak. Cina mengenakan pajak hingga 45%, merevisi aturan pajak untuk mulai mengumpulkan uang dari warganya di seluruh dunia. Dengan dampak pandemi sebelumnya, yang menyebabkan ekonomi seluruh dunia terpengaruh, International Monetary Fund memprediksi bahwa ekonomi Cina akan tumbuh 1,9% pada tahun 2020, namun ternyata ekonomi Cina mampu tumbuh lebih baik hingga 2,3%. 

Sistem Ekonomi Belanda VS Cina

Cina

Belanda

Business Ownership

Pemerintah mengatur industri, sedangkan rakyat dapat memiliki usaha kecil

Setiap Individu bebas melakukan usaha atau bisnis

Competition

Persaingan antar rakyat yang memiliki usaha

Persaingan sangat ketat karena banyaknya pelaku bisnis

Profit

Keuntungan dikelola pemerintah untuk sektor industri

Keuntungan dikelola oleh pelaku bisnis 

Product Availibility and Price

Berdasarkan permintaan 

Berdasarkan pasar

Employment Option

Pilihan pekerjaan tersedia 

Banyak pilihan pekerjaan

Pertumbuhan Industri Furnitur di Indonesia

Indonesia merupakan negara ekportir kayu nomor satu di dunia, tetapi menjadi negara di urutan ke-17 dalam hal eksportir furnitur. Hal ini membuktikan bahwa kualitas kayu Indonesia sangat baik dan Indonesia memiliki potensi besar untuk menembus pasar industri furnitur secara internasional. Industri furnitur merupakan sebuah industri yang bergerak dibidang pembuatan perabotan rumah. Produk dari industri ini dapat berupa meja, kursi, sofa, lemari dan sebagainya. Bahan baku pembuatan furnitur pada umumnya terbuat dari kayu, namun ada juga yang terbuat dari logam, plastik, rotan. Menurut Kementerian Perindustrian (2011), produksi furnitur yang berbahan dasar kayu dapat mencapai 80% dari total seluruh produksi, sedangkan untuk bahan baku rotan dan bambo sebanyak 11%, logam sebanyak 8%, dan plastik hanya 2%.

Perkembangan industri furnitur di Indonesia sendiri terbilang cukup baik, karena produsen-produsen dari industri tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dari setiap produk nya tergantung dari asal daerah masing-masing.Salah satu furnitur yang terkenal baik di Indonesia adalah furnitur yang berasal dari kota Jepara, Jawa Tengah. Furnitur dari Kota Jepara ini memiliki kualitas yang unggul dari segi bahan baku dan juga seni. Furnitur dari Kota Jepara terkenal memiliki ukiran yang khas dan juga indah, sehingga diakui dapat bersaing di ranah Internasional. 

Bulan Maret 2020, kasus Covid-19 pertama masuk ke Indonesia. Semenjak itu, secara perlahan terjadi penurunan omset pada mayoritas perusahaan Indonesia termasuk perusahaan di bidang furnitur. Berikut data pertumbuhan Industri Furnitur di Indonesia pada tahun 2010-2020:

Sumber: dataindustri.com

Pada pandemi saat ini, Industri furnitur dalam keadaan yang mengkhawatirkan karena tidak adanya pesanan yang masuk. Pada awal pandemi masuk ke Indonesia tahun 2020 lalu, sekitar 120 ribu tenaga kerja telah dirumahkan. Indonesia termasuk salah satu produsen furniture yang mendominasi dengan Negara Asia Pasifik lainnya seperti Cina, Malaysia, Thailand, dan India. Asia Pasifik dalam produsen furniture berkontribusi mencapai 55%, Amerika 26%, Eropa 14%, dan 5% di kawasan lain (Salim, 2017).

Salah satu UMKM Industri Furnitur Jepara yang terkena dampak dari pandemi ini adalah CV Sunteak Alliance. Walaupun terjadi penurunan penjualan namun CV. Sunteak Alliance tidak menyerah begitu saja, CV. Sunteak Alliance melihat potensi ekspor industri Furnitur yang besar, sehingga memulai untuk pengadaan ekspor terutama di pasar Eropa yang pasarnya tinggi. Saat ini CV. Sunteak Alliance Sudah memulai ekspor di beberapa negara seperti Swiss dan Jerman. Hal ini membuktikan bahwa CV. Sunteak Alliance memiliki kualitas produk yang baik sehingga dapat bersaing di pasar global.

CV.Sunteak Alliance

            CV.Sunteak Alliance adalah UMKM produsen dan eksportir Furnitur Jepara yang didirikan di Malang, Jawa Timur pada tahun 1998. Pada tahun 2006 CV.Sunteak Alliance pindah operasi di Jepara. Hal ini dikarenakan di Jepara lebih efektif dalam biaya produksi dan barang mentah di Jepara juga terdapat banyak pengrajin. CV.Sunteak Alliance memproduksi barang dengan kualitas yang baik, yaitu dengan berbahan jati kombinasi stainless, battyline, besi dan alumunium. 

Sumber: sunteakoutdoorliving

Peluang Ekspor CV.Sunteak Alliance

Menetapkan tujuan pasar untuk megembangkan suatu usaha menjadi hal yang penting. Keberhasilan dapat dicapai apabila produk bisa memasuki pasar negara lain dan dapat bersaing di negara tersebutCina dan Belanda, manakah yang lebih berpotensi sebagai tujuan ekspor CV. Sunteak Alliance? Cina adalah salah satu negara sosialis yang dalam perekonomiannya mengutamakan produk domestik. Selain itu, Cina juga menjadi eksportir nomor satu dalam industri furnitur. Memasuki pasar Cina bukanlah hal yang mudah bagi Indonesia dan berpotensi sangat kecil kerena ketatnya persaingan pasar. Sekertatis Jendral HIMKI mengatakan nilai pasar mebel di Cina mencapai US$225 miliar per tahun, sementara itu nilai ekspor mebel nasional sekitar US$2 miliar. Dengan nilai pasar yang begitu besar, untuk masuk ke pasar Cina tidaklah mudah, Cina juga menjadi produsen besar dunia.

Bagaimana dengan Belanda? Belanda menjadi salah satu negara importir furnitur terbesar dari Indonesia. Selain itu, menurut Indonesia.go.id permintaan furnitur di Belanda meningkat selama pandemi Covid-19 ini. Hal ini terjadi karena pandemi ini membentuk kebiasaan baru masyarakat untuk lebih banyak di rumah, sehingga permintaan pasar terkait home decor sangat meningkat. Pemerintah Indonesia juga telah menjalin Kerjasama dengan Belanda. Hal ini dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding atau MoU antara Kementrian Perdagangan dan Centre for Promotion of Import from Developing Countries untuk menunjang ekspor produk home decoration atau dekorasi rumah dari Indonesia ke Belanda. Maka dari itu, Belanda lebih berpotensi dan memiliki peluang yang besar untuk menjadi negara tujuan Ekspor Industri Furnitur Indonesia.

CV. Sunteak Alliance menawarkan harga yang sangat kompetitif yang dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Daya tahan dan keunikan yang digabungkan menghasilkan furnitur dengan ciri khas yang indah. Pada masa pandemi seperti ini, CV. Sunteak Alliance yang sudah memulai ekspor produk nya ke negara-negara Eropa seperti yang disebutkan diatas, memiliki peluang yang besar untuk memasuki atau mengekspor produk nya ke Negara Belanda. Apabila hal tersebut bisa dilakukan, maka CV. Sunteak Alliance dapat meningkatkan penjualan produknya.

           

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Nama anggota : 

  1. Selma Ferena
  2. Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan

Referensi

Ferrell, O.C, Hint, G.A & Ferell Linda. 2020. Business Foundations – A Changing World. 12th Edition, New York: McGraw-Hill

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/mengenal-macam-macam-sistem-ekonomi/

https://amp.kompas.com/money/read/2019/04/09/204551726/indonesia-pengekspor-kayu-nomor-satu-dunia-tetapi

https://economy.okezone.com/amp/2014/08/31/320/1032201/10-perusahaan-furnitur-indonesia-mejeng-di-swiss

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4454083/china-pangkas-pajak-besar-besaran-demi-genjot-ekonomi

https://guruppkn.com/negara-yang-menganut-ideologi-kapitalisme/amp

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_ekonomi_Tiongkok_(1949%E2%80%93sekarang)

https://id.wikipedia.org/wiki/Tiongkok

https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/industri-mebel-bising-kembali

https://internasional.kontan.co.id/news/china-mulai-tarik-pajak-dari-warganya-yang-punya-penghasilan-di-luar-negeri#:~:text=China%20mengenakan%20pajak%20hingga%2045,dari%20warganya%20di%20seluruh%20dunia.

https://katadata.co.id/amp/yuliawati/berita/5e9a5601d7805/asosiasi-klaim-ekspor-mebel-melejit-berkat-permintaan-dari-eropa

https://kemenperin.go.id/

https://m.bisnis.com/amp/read/20190408/257/909172/china-jadi-pasar-mebel-terbesar-dunia

https://m.bisnis.com/amp/read/20200324/12/1217636/dampak-pandemi-corona-phk-mulai-melanda-industri-furnitur

https://m.liputan6.com/bisnis/read/2098661/produk-furnitur-ri-kian-laku-di-jerman

https://m.liputan6.com/bisnis/read/4086551/pemerintah-genjot-ekspor-produk-dekorasi-rumah-ke-eropa

https://newssetup.kontan.co.id/news/kalahkan-prediksi-ekonomi-china-tumbuh-23-tahun-lalu

https://www.dataindustri.com/produk/tren-data-pertumbuhan-industri-furnitur-di-indonesia/

https://www.kompasiana.com/amp/fannyrizqi99/6012166d8ede481be44cd672/akibat-pandemi-performa-industri-furniture-alami-penurunan

Salim Z. Ph.D. dan Munadi. E. 2017. Info Komoditi Furnitur. Jakarta. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format