CV Dwi Boga Utama : Melemah Bukan Berarti Menyerah

Melihat peluang disetiap kondisi sebagai upaya keberlangsungan bisnis


2
2 points

Setiap negara memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, mulai dari bentuk negara, sistem pemerintahan, sosial, budaya, begitu pula sistem ekonomi suatu negara dan negara lainnya tidaklah sama. Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang menggambarkan bagaimana masyarakat mendistribusikan sumber dayanya untuk menghasilkan barang dan jasa. Adapun masalah pokok dalam ekonomi dimana permintaan yang tidak terbatas terhadap barang dan jasa, dalam perkembangannya sistem ekonomi terbentuk menjadi beberapa bagian yaitu sistem ekonomi liberal, kapitalis, sosialis, komunis serta campuran. Hal ini di karenakan perbedaan budaya serta pandangan politik di setiap negara, dengan adanya sistem ekonomi ini membuat arahan yang jelas untuk suatu negara mengelola sumber daya yang dimilikinya. (Business Foundation, Q.C Ferrel, Geoffrey A. hirt, Linda Ferrel : hal 8)

Sistem Ekonomi Liberalis

Sistem ekonomi liberalis sendiri memiliki arti kebebasan bagi seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan pemerintah salah satunya Amerika Serikat.Di negara ini setiap individu dapat membuat atau mengoperasikan bisnisnya, sehingga akan mudah mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri, hal ini sangat berpengaruh bagi kebebasan konsumen karena banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan kemudahan berbisnis yang ada, membuat Amerika Serikat sangat terbuka dengan negara-negara lain yang ingin melakukan kerjasama. sehingga menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar.

Sistem Ekonomi Komunis

Sistem ekonomi komunis biasa disebut juga sistem ekonomi terpusat, yang mana pemerintah memegang peran penting pada kegiatan perekonomian dan seluruh pedagangan baik itu di sektor barang ataupun jasa dikendalikan dan dioperasikan oleh pemerintah. Republik Rakyat Tiongkok adalah salah satu negara menganut sistem ekonomi tersebut, dengan begitu masyarakat. Republik Rakyat Tiongkok memiliki pilihan yang terbatas terhadap kebutuhan barang serta jasa.

Amerika Serikat

RRT

System economic

Liberalis

Komunis

Business ownership

Semua sumber produksi adalah milik masyarakat

Terpusat atau dikuasai pemerintah

Competition

Dibentuk oleh pasar dan peraturan pemerintah

Pemerintah mengontrol kompetisi serta ekonomi

Profit

Keuntungan dikelola perusahaan setelah mereka membayar pajak

Keuntungan dikelola pemerintah

Product availability and price

Terdapat banyak pilihan barang dan jasa bagi konsumen serta, harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran

Terbatasnya produk barang dan jasa, harga ditentukan oleh perinta pusat

Employment options

Pilihan karir yang tidak terbatas

Pemilihan karir terbatas

Sumber : Business Foundation, Q.C Ferrel, Geoffrey A. hirt, Linda Ferrel : hal 9

Dapat dilihat dari tabel di atas bahwa Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok menganut sistem ekonomi yang bertolak belakang.

CV Dwi Boga Utama VS COVID-19

Awal tahun 2021, pandemi COVID-19 belum berakhir. Banyak sektor yang terkena dampaknya, salah satunya UMKM. Dikutip dari laman Antara News (Rabu, 1/07/2020) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyajikan survei melalui Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) yang menunjukkan 94 persen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan penjualan akibat COVID-19. Penurunan terbesar dialami UMKM yang memiliki toko fisik yang mengharuskan pembeli untuk membeli secara langsung.

Persentase Menurunnya UMKM di Indonesia

sumber : antaranews.com 

Salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi COVID-19 adalah CV Dwi Boga Utama yang berpusat di jalan Buana Raya, Padangsambian, no. 89 Denpasar, Bali. Perusahaan ini didirikan oleh I Ketut Sumerta pada tahun 2000. CV Dwi Boga Utama adalah perusahaan terbesar di Bali yang menaungi distribusi daging dan olahan daging seperti sosis, daging isian, burger dan bakso. Sebelum terjadinya pandemi, CV Dwi Boga Utama merupakan distributor yang memasok produknya ke berbagai hotel di Bali, yaitu hotel The Mulia Bali, The Nest Nusa Dua, Bali Sanur Bungalow dan masih banyak hotel lainnya.

Hotel-hotel Konsumen CV Dwi Boga Utama

sumber : dwibogautama.com

Sektor lainnya yang terkena dampak COVID-19 adalah sektor pariwisata. Dilansir dari laman Lokadata (28/05/2020) disampaikan oleh Trisno, menurunnya kinerja industri pariwisata berpengaruh terhadap ekonomi Bali. Sektor pariwisata selama ini berkontribusi 54-58 persen terhadap perekonomian daerah ini. Terjadinya tingkat penurunan pariwisata yang berdampak pada meredupnya sewaan hunian kamar hotel memberikan pukulan telak bagi CV Dwi Boga Utama, dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menyebabkan akses pulang pergi menuju Bali ditutup, mengakibatkan berkurangnya wisatawan baik itu domestik ataupun mancanegara yang berkunjung dan menyewa hotel di Bali, sehingga sepinya pengunjung membuat hotel-hotel menghentikan permintaan produk kepada CV Dwi Boga Utama, mengingat penghasilan terbesar berasal dari permintaan hotel, restaurant dan café.

Penurunan Tingkat Penghunian Kamar Hotel

sumber : lokadata.com

CV Dwi Boga Utama melakukan produksi skala besar untuk setiap produk yang dihasilkan, meliputi jenis daging ayam, sapi, domba dan babi hingga makanan olahan daging yang dijadikan sebagai frozen food. Frozen food dapat dijadikan pilihan karena praktis untuk dikonsumsi, memiliki umur simpan yang lama dan banyak pilihan menunya. Banyaknya variasi yang ditawarkan membuat harganya pun beraneka ragam, sesuai dengan tingkat dan jenis daging itu sendiri. Kualitas daging yang diolah menggunakan teknologi terbaru dengan memperhatikan standar internasional sehingga membuat CV Dwi Boga Utama mampu bersaing di pasar global.

sumber : dwibogautama.com

Peluang Bisnis CV Dwi Boga Utama

Makanan merupakan komponen penting untuk keberlangsungan hidup setiap manusia, terlebih di era pandemi ini, kita diupayakan dapat menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan secara teratur. Dalam kondisi tidak menentu seperti saat ini, membuat masyarakat menjadi panic buying, karena memiliki rasa takut yang berlebihan akan kehabisan bahan pokok makanan hingga masyarakat membeli dan memborong bahan makanan mentah dalam kuantitas yang banyak secara tidak wajar. Bahan makanan tersebut akhirnya menumpuk, padahal masa simpannya hanya sebentar saja. Melihat fenomena ini, menjadi peluang bisnis bagi CV Dwi Boga Utama, karena produk daging olahan yang ditawarkan praktis, memiliki masa simpan yang lama dan beragamini merupakan solusi agar tidak terjadi hal yang serupa.

Grafik Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi Daging

sumber : tempo.com

Dari grafik di atas, dapat kita lihat terbukanya peluang yang besar untuk mengekspor daging olahan dari Indonesia ke negara pengimpor daging olahan terbesar, salah satunya adalah Amerika Serikat. Dikutip dari laman Warta Ekspor, negara-negara yang paling banyak membutuhkan daging olahan impor adalah Amerika Serikat, Jepang, Hong Kong, Federasi Rusia, Italia, Vietnam, Jerman, Perancis, Inggris dan Belanda. Total nilai impor dunia untuk komoditi daging olahan adalah 54,28 miliar dollar Amerika, jika dilihat dari angka yang tertera, dapat menjadi peluang yang menggiurkan untuk ikut berpatisipasi mengkespor olahan dagingke negara-negara tersebut khusunya negara Amerika Serikat yang mana Amerika Serikat termasuk dalam urutan pertama negara dengan konsumsi daging paling tinggi di dunia sebanyak 219 kg per kapita per tahun. Dengan demikian, Amerika Serikat merupakan pilihan yang tepat bagi CV Dwi Boga Utama untuk mengekspor produk-produknya, agar mempermudah konsumen memperoleh atau mengenali produk tersebut. CV Dwi Boga Utama tidak hanya menjual produknya ke hotel, restautrant dan café melainkan bisa mendistribusikannya langsung ke tangan konsumen melalui penjualan di supermarket dan mini market yang ada di sana.

Hambatan yang memungkinkan akan dihadapi oleh CV Dwi Boga Utama dalam pengeksporan daging olahan ke Amerika dititik beratkan pada regulasi yang ketat terhadap keamanan pangan produk olahan daging dari Indonesia, tetapi kita dapat mencontoh keberhasilan PT Malindo Food Delight di masa pandemi ini, yang mana perusahaan tersebut telah mengekspor sebanyak enam ton daging olahan unggas dari Indonesia ke Jepang. Keberhasilan ini dilakukan salah satunya dengan cara memiliki sertifikasi veterinary health certificate terhadap unggas yang akan diolah, sertifikat ini digunakan sebagai jaminan keamanan pangan dari Indonesia ke Jepang.

Dapat disimpulkan, CV Dwi Boga Utama bisa mengikuti jejak PT Malindo Food Delight dengan melakukan sertifikasi terhadap produk yang akan didistribusikan, terlebih negara Amerika Serikatadalah negara yang memiliki akses mudah untuk berbisnis, hal ini dapat mempermudah produk-produk CV Dwi Boga Utama untuk memasuki pasar yang ada di Amerika Serikat.

Sources :

Ferrel, linda : hirt, Geoffrey A : ferrel O.C. 12th business Foundation : 8-9

https://lokadata.id/artikel/pariwisata-di-tengah-pandemi-kontroversial-namun-dibutuhkan-daerah

https://www.antaranews.com/infografik/1584914/survei-lipi-penjualan-umkm-turun-akibat-covid-19

https://covid19.who.int/region/searo/country/id

https://data.tempo.co/data/681/negara-yang-paling-banyak-mengkonsumsi-daging

https://parstoday.com/id/news/indonesia-i75811indonesia_mengincar_posisi_40_kemudahan_berbisnis 

https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-fungsi-dan-macam-macam-sistem-ekonomi/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4345829/ekspor-produk-ayam-olahan-ke-jepang-jadi-bukti-peternakan-indonesia-diakui-dunia

http://www.djpen.kemendag.go.id/publicationwartaekspor

https://dwibogautama.com/consumers/

Penulis :

Ni Made Arini Noviyanthi

Nita Septa Dilla

Tubagus Razab Darmawan

Artikel ini telah dicek plagiarism via website : quetext.com


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format