PELUANG BISNIS SUPER STRATEGIS, EKSPOR BAHAN KIMIA ALKOHOL DI TENGAH PANDEMI COVID 19 MENJADI INDUSTRI BESAR

Fakta di dunia kasus corona kian hari semakin bertambah, hal itu pula lah yang mendorong supply and demand alkohol yang tidak surut peminat.


0

PELUANG BISNIS SUPER STRATEGIS, EKSPOR BAHAN KIMIA ALKOHOL DI TENGAH PANDEMI COVID 19 MENJADI INDUSTRI BESAR

Coronavirus disease2019 atau COVID 19 adalah penyakit menular yang ditularkan oleh jenis virus baru yaitucorona virusyang pertama kali dilaporkan di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini Virus corona diketahui dapat menular melalui droplet yang menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Oleh karena itu,World Health organition(WHO) menyerukan langkah prefentif dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak atauphysical distancing.(WHO International). Pada pelaksanaanya, terdapat beberapa negara yang menerapkanpembatasan sosial berskala besar hinggalockdown.

“Total kasus konfirmasi COVID-19 global per tanggal 08 Februari 2021 telah mencapai angka105,805,951 kasus dengan jumlah kasus kematian 2,312,278(CFR 2,2%) yang telah tersebar ke 222 Negara Terjangkit dan 184 Negara Transmisi lokal” (Kemenkes 2021). Dilansir dari detikhealth.com, per Januari 2021 Amerika merupakan Negara dengan kasus corona tertinggi di dunia, yaitu dengan total kasus terkonfirmasi positif 23.143.197 dengan total kematian mencapai 385.249 kasus dan jumlah angka sembuh mencapai 13.680.461 kasus. Dalam pelaksanaan pengendalian virus corona, pembatasan sosial berdampak pada sangat melemahnya sektor perekonomian pada berbagai negara di dunia.

Berikut 5 negara di dunia dengan kasus terkonfirmasi positif virus corona terbanyak per 10 Februari 2021:

Negara

Positif

Meninggal

Sembuh

Amerika Serikat

27.789.872

479.382

17.614.073

India

10.858.300

155.280

10.559.604

Brasil

9.602.034

233.588

8.523.462

Russia

3.998.216

77.598

3.493.886

Inggris

3.972.148

113.850

1.983.650

Sumber: Kompas.com. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021

Sedangkan di Asia khususnya di Asia Tenggara kasus corona mengalami peningkatan pada berbagai negara yang berdampak burukpada sektor perekonomian seperti pada table berikut:

Negara

PDB Q2 YoY

Malaysia

-17

Filipina

-16

Thailand

-12

Singapura

-13

Indonesia

-5

Vietnam

0

Sumber: CNBC Indonesia Diakses pada tanggal 10 Februari 2021

Seperti yang terlihat pada tabel di atas, Negara Malaysia mengalami dampak ekonomi terparah di Asia Tenggara per Agustus 2020, hal tersebut merupakan dampak dari kebijakanlock downsangat ketatyang dilakukan oleh pemerintah Malaysia untuk menahan laju peningkatan angka positif corona. Dampak lain yang terjadi setelahlock downberakhir adalah, perbaikan perekonomian di Malaysia yang dinilai cukup lambat. Berbeda halnya dengan Amerika Serikat, yang tidak menerapkanlock downsecara ketat. Pada saat awal pandemi perekonomian Amerika sempat hancur akibat tingginya kasus terkonfirmasi positif virus corona corona, namun Pemerintah Amerika Serikat kini dinilai perlahan berhasil memulihkan ekonomi dengan meningkatkan sektorreal estatedan menekan angka pengangguran yang turun ke bawah 5% pada salah satu Negara bagian di Amerika Serikat yaitu Nebraska. Pemulihan kembali jam kerja karyawan di wilayah Rhode Island dan beberapa kebijakan pelonggaransocial distancingjuga dilakukandi berbagai Negara bagian Amerika Serikat demi menaikan sektor ekonomi. Serta bantuan suntikan stimulus oleh Bank Sentral yang terbukti dapatmeningkatkan kembali perekonomian Di Amerika Serikat. (CNNIndonesia.com)

Pada dasarnya penetapan kebijakan pengendalian pandemi berbeda-beda disetiap negara. Salah satunya, adalah perbedaan Amerika Serikat dengan Malaysia dalam pembatasan sosial, dimana telah diketahui bahwa Amerika Serikat telah berhasil menghidupkan ekonominya kembali. Selain perbedaan cara pengendalian pandemi, Malaysia dan Amerika Serikat menerapkan sistem ekonomi yang berbeda, Malaysia menerapkan sistem ekonomi campuran sedangkan Amerika Serikat menggunakan system ekonomi pasar bebas. Sistem ekonomi campuran yang diterapkan di Malaysia ini membuat tatanan ekonomi di Malaysia mendapatkan intervensi atau kontrol secara tidak langsung oleh pemerintah. Sedangkan di Amerika Serikat adanya campur tangan dari Pemerintah terasa seperti murni hanya untuk melindungi pegiat usaha pasar terutama UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Mennegah).

Berikut beberapa perbedaan sistem ekonomi yang diterapkan oleh Malaysia dan Amerika :

Country

Malaysia

Amerika Serikat

Business ownership

Kepemilikan usaha secara bebas dapat dimiliki oleh setiap individu, dengan mengikuti aturan dan batasan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sole Proprietorship,  perusahaan dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang.

Partnership, perusahaan adalah kerjasama antara dua atau lebih pemilik usaha.

Corporation, badan usaha ini adalah yang paling kompleks dari ketiga bentuk jenis kepemilikan usaha.

Competition

Kompetisi ekonomi dimainkan oleh pasar dengan beberapa intervesi aturan dari pemerintah.

Melalui peraturan pemerintah, Amerika menerbitkan kebijakan Antitrust yang benar-benar digunakan untuk melindungi bisnis yang lebih kecil dari ancaman adanya monopoli di negara tersebut. Sehingga perusahaan mampu lebih berkompetisi pada pasar yang ada.

Profits

Pemerintah Malaysia menerapkan aturan pajak bagi setiap pelaku bisnis, apabila pelaku bisnis tersebut telah memenuhi kewajiban pajak mereka, maka keuntungan (profit) berhak dimiliki oleh pelaku bisnis itu sendiri.

Pajak perusahaan memiliki presentase yang lebih rendah dibandingkan dengan pekerja. Serta pengusaha dapat meraup keuntungan sendiri, yang kemudian penghasilan bersihnya baru dikenakan pajak berdasarkan ketentuan pemerintah pusat serta Negara bagian masing-masing.

Produk Avability and Price

Harga produk ditentukan oleh jumlah ketersediaan produk yang disesuakain dengan permintaan pasar.

Meskipun Harga di Amerika lebih tinggi dibandingkan di Indonesia, tetapi tingkat Inflasi lebih jauh lebih rendah. Hal ini dikarenakan konsistennya kebijakan yang diambil pemerintah Amerika Serikat untuk melindungi pasarnya, seperti Federal Reserve yang terus memangkas suku bunga hingga ketiga kalinya ditengah tingginya resikoekonomi terhadap perang dagang.

Employment Option

Potensi karir terbuka atau tidak terbatas bagi masyarakat dengan adanya sistem pasar terbuka yang dijalankan oleh Malaysia

Amerika Serikat dinilai negara yang sangat baik menanggulangi pengangguran karena sangat luasnya dan bermacam-macam sektor industri yang ada, pemulihan setelah pandemi sudah mampu mengurangi pengangguran hingga 13%. Hanya saja biaya atau upah karyawan jauh lebih tinggi.

Sumber: diolah data.

Peluang Ekspor Bahan Kimia Alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi COVID-19 ini mempengaruhi tatanan ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Baru-baru ini berbagai negara membuat bermacam-macam kebijakan untuk menormalakan kembali laju ekonomi di masing-masing negara. Seperti yang dihimpun dari inews.id, Pemerintah Malaysia resmi memperpanjang MPO atau pembatasan sosial berskala besar sampai tanggal 31 Maret 2021. Perpanjangan massa MPO ini diberlakukan menyusul lonjakan kasus corona di bebagai wilayah di Negara Malaysia. Selain pemulihan ekonomi, pemulihan kesehatan merupakan salah satu sektor yang diutamakan perbaikannya oleh pemerintah. Hal ini tentu berdampak pada kebijakan ekonomi tatanan baru yang diterapkan oleh pemerintah Malaysia.

Sama halnya dengan Indonesia, dampak virus corona dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya dampak yang terasa adalah perubahan gaya hidup seperti pola hidup bersih misalnya mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menggunakanhand sanitizer,serta menjaga jarak dengan orang lain. Di awal massa pandemi, terjadi sempat terjadipanic buyingyang menyebabkan kelangkaan suatu produk seperti alat medis contohnya masker dan bahan medis yaitu alkohol 70%. Seperti yang kita ketahui alkohol 70% digunakan dalam pembuatanhand sanitierdan dalam berbagai sterilisasi medis di Rumah Sakit. Akibatpanic buyingtersebut stock alcohol di Indonesia mengalami kelangkaan. Sehingga terjadi lonjakan harga produk yang sangat tajam.

Seiring dengan pengendalian kasus corona di Indonesia produsen-produsen alkohol mulai dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Bahkan produksi alkohol ini dinyatakan berlebih sehingga dapat memenuhi kebutuhan ekspor negara lain. Indonesia diketahui menjadi salah satu negara eksportir bahan kimia di ASEAN.

Sumber: setnas-asean.id yang diakses pada tanggal 11 Februari 2021

Berdasarkan data yang diperoleh dari Sekertariat Nasional Asean Indonesia, Malaysia menjadi salah satu negara yang cukup kompeten untuk menjadi negara tujuan ekspor Alkohol. Dilansir dari situs berita Andolu Agency, Malaysia kini masih kesulitan ekonomi akibat karantina wilayah baru. Diketahui bahwa pemerintah Malaysia melakukanlockdownketat di berbagai wilayah namun tatanan kehidupan baru tetap dijalankan pada wilayah dengan aktivitas ekonomi tinggi di Malaysia sebagai salah satu upaya memperbaiki ekonomi negara. Beberapa jenis sektor retail di Malaysia kembali dibuka termasuk restoran. Namun tetap dalam pelaksanaanya harus mentaati protokol kesehatan. Momentum ini dapat dimanfatkan oleh produsen bahan kimia alkohol di Indonesia untuk mengekspor produknya. Dengan adanyanew normalmaka sanitasi dan pemenuhan protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat. Salah satunya adalah dengan pemenuhan kebutuhan sterilisasi yang menggunakan bahan kimia alkohol. Alkohol 70% merupakan salah satu cairanfast movingdi fasilitas-fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik. Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu eksportir bahan kimia di Asia Tenggara. Geliat produksi alkohol di dalam negeri harus terus ditingkatkan dalam upaya pemenuhan kebutuhan di Indonesia dan sebagai bentuk pemanfaatan peluang bisnis yang tidak tergerus oleh adanya pandemic. Maka ekspor bahan kimia berupa alkohol ke Negara Malaysia dinilai lebih mudah dan profit dibandingkan dengan Amerika, mengingat aturan ketat tentang pengiriman bahan kimia cair yang dilakukan melalui jalur laut. Selain itu, faktor hubungan bilateral dan budaya Indoneisa-Malaysia yang hampir sama dari Indonesia dan Malaysia juga akan mempermudah pelaksanaan bisnis ekspor ini.

Best Practice

Sistem ekonomi suatu Negara secara tidak langsung memengaruhi ketercapaian tujuan bisnis bahan kimia alkohol di negara tujuan ekspor. Beberapa perusahaan bahan kimia di Indonesia berupaya menghasilkan bahan kimia turunan alkohol sepertiisopropylalcoholsebagai langkah menyusul kelangkaan alkohol di masa awal pandemi. Kemampuan perusahaan kimia asal Indonesia dalam bersaing dengan produk luar tidak perlu dipertanyakan lagi. Industri kimia Indonesia merupakan salah satu industri kimia unggulan di ASEAN. Fakta di dunia kasus corona kian hari semakin bertambah, hal itu pula lah yang mendorongsupply and demandalkohol yang tidak surut peminat. Oleh karena itu pemanfaatan momentum ini akan mendorong naiknya bisnis di sektor ekspor yang dapat dimaksimalkan oleh Indonesia. Selain itu, apabila dalam kurun waktu dekat covid19 terkendali peluang bisnis bahan kimia alkohol ini tetap terbuka lebar. Pasalnya, alkohol banyak digunakan sebagaisolventdi berbagai macam industri seperti misalnya industri farmasi, industri pangan, industri kosmetik dsb. Pemanfaatan pasar ekspor di kala pandemi ini akan semakin membuktikan eksistensi serta kualitas produk bahan kimia alkohol asal Indonesia di kawasan ASEAN yang mampu bersaing dengan bahan kimia alkohol asal negara lain, dan kedepannya produk bahan kimia alcohol ini dapat dijadikan sebagai salah satu produk ekspor unggulan Indonesia.

Telah di cek menggunakan website https://www.duplichecker.com/

Author Kelompok AllBossesClub:

  1. Camelia Dewi F
  2. Muhammad Rafa S

Referensi

CNBC Indonesia. 2020. Intip Rapor Ekonomi Negara-Negara ASEAN Melawan Corona.https://www.cnbcindonesia.com/market/20200815130843-17-180052/intip-rapor-ekonomi-ndiakses pada tanggal 10 Februari 2021

Detik Health. 2020. Jumlah Kasus Corona di Dunia, Tertinggi dari 10 Negara Ini.https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5237541/ini-10-negara-dengan-kasus-corona-tertinggi-di-dunia-indonesia-termasukegara-negara-asean-melawan-coronadiakses pada tanggal 10 Februari 2021

WHOINTERNATIONAL. Pertanyaan dan JAwaban terkait Coronavirus.https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-publicdiakses tanggal 10 Februari 2021

KEMENKES. 2021. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (Covid-19) 08 Februari 2021https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-08-februari-2021diakses tanggal 10 Februari 2021.

Sekertariat Nasional Asean Indonesia.2017. Nilai perdagangan Malaysia Terhadap Indonesiasetnas-asean.id.http://setnas-asean.id/potensi-dan-peluang-bisnis/read/malaysiadiakses tanggal 11 Februari 2021

aa.com.tr (Andolu Agency). 2021. Infeksi Covid-19 di Malaysia dekati 255 ribu kasus.https://www.aa.com.tr/id/dunia/infeksi-covid-19-di-malaysia-dekati-255-ribu-kasus/diakses tanggal 11 Februari 2021.

2020 Index of Economic Freedom Malaysia.https://www.heritage.org/index/country/malaysiadiakses pada tanggal 11 Februari 2021

CNN Indonesia. 2020. Alasan Ekonomi AS Cepat Pulih dari Pandemi.https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/alasan-ekonomi-as-cepat-pulih-dari-pandemi-coronadiakses pada tanggal 10 Februari 2021

Inews.id. 2021. Malaysia Perpanjang PSBB Covid-19 hingga 31 Maret 2021.https://www-inews-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.inews.id/amp/multimedia/infografis/malaysia-perpanjang-psbb-sampai-31-maret-2021-karena-kasus-covid-19-melonjakdiakses pada tanggal 11 Februari 2021

Id.wikipedia.org. (2017) Jenis Badan Usaha.https://id.wikipedia.org/wiki/Jenis_badan_usaha. diakses pada tanggal 11 Februari 2021.

Ekonomi.bisnis.com. (2013). Kamus Ekonomi: Apa arti Antitrust.https://ekonomi.bisnis.com/read/20130820/9/157641/kamus-ekonomi-apa-arti-antitrust. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.

Id.wikipedia.org. (2019). Perpajakan di Amerika Serikat.https://id.wikipedia.org/wiki/Perpajakan_di_Amerika_Serikat. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.

Liputan6.com. (2013). Rahasia Kenapa Amerika Selalu Merajai Ekonomi Dunia.https://www.liputan6.com/bisnis/read/620148/rahasia-kenapa-amerika-selalu-merajai-ekonomi-dunia. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.

CNBCIndonesia.com. (2019). Ekonomi AS: Inflasi Rendah, Pasar Tenaga Kerja Kuat.https://www.cnbcindonesia.com/market/20191011072328-17-106111/ekonomi-as-inflasi-rendah-pasar-tenaga-kerja-kuat. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.

Kompas.com. (2020). 7 Sektor Usaha di Amerika yang Paling Banyak Serap Pekerja.https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/08/123000765/7-sektor-usaha-di-amerika-yang-paling-banyak-serap-pekerja?page=all. Diakses pada tanggal 11 Februari 2020.

Kompas.com. (2020).Update Corona Global: 10 Negara dengan Kasus Terbanyak.https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/10/080500965/update-corona-global-10-negara-dengan-kasus-terbanyak-kata-who-soal-asal?page=all. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format