Es Batu Sultan VS Es Batu Konvensional, dari Kacamata Islam

Artikel berikut membahas mengenai pandangan Islam terhadap profit maximization antara es batu biasa dengan Glace Luxury Ice.


0
  1. 1 Penjelasan Produk Umum

    Es batu merupakan salah satu barang yang paling dicari ketika cuaca sedang gerah-gerahnya. Terutama di Indonesia yang termasuk dalam negara beriklim tropis yang didominasi dengan musim kemarau dan hujan. Pada saat musim kemarau cuaca cenderung sangat panas dan membuat tubuh gerah berkeringat. Oleh karena itu, sebagian besar orang mengonsumsi es batu untuk menyejukkan badan. Biasanya es batu dicampurkan kedalam minuman untuk memberikan sensasi dingin dan menyejukkan. Minuman tersebut dapat menjadi obat penghilang rasa gerah dan panas pada tubuh seseorang walaupun hanya bersifat sementara.

    Proses pembuatan es batu sangat mudah dan praktis. Es batu terbuat dari air matang yang dibekukan menggunakan freezer atau lemari es kemudian dibentuk menggunakan cetakan atau dipahat. Es batu dibedakan beberapa jenis berdasarkan bentuk dan kegunaannya:

    1. Es Kristal

    Es batu ini berbentuk silinder dan terdapat rongga di tengahnya. Es kristal sering kita jumpai di pedagang kaki lima dan biasanya digunakan untuk jus, teh, jeruk, minuman racik/sachet dan lain-lain.

    1. Es Balok

    balok

    Es batu ini berbentuk balok dan biasanya untuk kebutuhan es batu di restaurant yang cenderung membutuhkan pasokan es batu yang sangat banyak. Satu balok dapat digunakan kurang lebih 50 gelas minuman dingin. 

    1. Es Salju/Es Serut

    mesin-es-salju-3002

    Es batu ini merupakan hasil penghalusan dari es balok dengan menggunakan alat serut sehingga memiliki tekstur dan bentuk yang sangat lembut dan bersih seperti salju.  Es salju biasanya digunakan pada Es Campur, Es Buah, Es Teler, dan lain-lain.

    1. Flake Ice

    flake ice

    Es batu ini hampir sama dengan es salju namun memiliki tekstur dan bentuk yang sedikit lebih kasar. Flake Ice ini biasa digunakan untuk proses pendinginan ikan, tatakan sashimi, frozen food, dan lain-lain. 

    1. Es Bola

    es bola

    Es batu ini merupakan inovasi es batu terbaru diproduksi menggunakan Ice Ball Maker dengan dua pilihan bentuk yaitu es bulat polos dan es bulat bola. Es bola ini biasa digunakan pada Whisky, Rum, Cognac, Vodka, Tequila, Cocktail Klasik, dan lain-lain.

  2. 2 Penjelasan Produk Mahal


    Perusahaan Glace Luxury di California, Amerika Serikat memproduksi es batu dengan harga Rp4,9 juta yang berisi 50 kotak es batu. Es batu ini dinyatakan mempunyai kualitas yang jauh lebih tinggi dibanding es biasa. Sebab, air yang dipakai sebagai bahan bakunya pun istimewa. Air tersebut sudah dimurnikan sehingga bebas dari kandungan karsinogen dan polutan dan es batu tersebut mempunyai kemasan yang sangat eksklusif dan mampu menjaga kemurnian es batu. Menurut produsen pembuatnya, Glace Luxury Ice Co, es batu buatan mereka dibuat dengan menggunakan sistem pendinginan maksimum. Es batu mewah itu juga hambar yang memungkinkan konsumen untuk menggunakannya di segala jenis minuman tanpa khawatir merubah rasanya.

    Terdapat dua jenis es batu yang dijual, yaitu G-Cubed yang berbentuk kotak biasa namun dipahat, ada pula jenis Mariko Sphere berbentuk bulat yang paling efisien untuk mendinginkan minuman. Es batu ini juga memiliki ketahanan lebih lama dibanding es batu biasa. Butuh sekitar 40 menit bagi es batu ini untuk bisa mencair. Konsumen dari es batu ini adalah hotel dan restoran seperti Pebble Beach Resort di California dan Disneyland di Anaheim.

  3. 3 Pricing Strategy

    Di dalam pemasaran terdapat banyak cara/kebijakan yang bisa diambil perusahaan untuk menetapkan harga jual produk/jasa yang mereka hasilkan. Beberapa perusahaan mungkin menetapkan harga dengan lebih mempertimbangkan pasar (Market-Based Pricing), ada juga perusahaan yang lebih mempertimbangkan biaya produksi yang mereka keluarkan (Cost-Based Pricing), sementara ada juga beberapa perusahaan yang mempertimbangkan nilai yang dirasakan konsumen dari suatu produk atau layanan yang mereka (Value-Based Pricing). Perusahaan Glace Luxury Ice Co ini menggunakan pendekatan Value-Based Pricing dalam menetapkan  harga es batu yang mereka jual. Di dalam pendekatannya Glace Luxury Ice Co menanamkan persepsi  bahwa es batu yang mereka jual merupakan es batu premium dengan kualitas terbaik sehingga para konsumen tidak perlu lagi takut akan es batu tersebut dan harga yang mereka tawarkan merupakan harga yang setimpal(worth it) dengan nilai yang didapatkan oleh konsumennya.

  4. 4 Landasan Hukum Jual Beli

    Al-Qur’an dan Al-Sunnah telah membahas ketentuan mengenai perbuatan manusia baik itu perbuatan yang memiliki hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun hubungan dengan Allah. Tidak terkecuali membahas mengenai harta dan jual beli didalamnya. 

    Pada dasarnya, kegiatan jual beli diperbolehkan dalam islam, kecuali terdapat dalil yang melarang. Manusia melakukan kegiatan jual beli kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder maupun kebutuhan tersier. Tujuan dari berdagang atau tijarah yang dilakukan manusia adalah untuk mencari keuntungan. 

    Q.S Fatir ayat 29 

    اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ 

    “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,”

    Harta bisa menjadi pisau bermata dua, karta harta mampu menyelamatkan namun juga bisa mencelakakan pemiliknya baik itu di dunia maupun di akhirat.

    QS. Al-Baqarah Ayat 275

    وَمَنْ عَادَ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

    “Orang yang mengambil riba, maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya”

    Dalam Islam, manusia diperbolehkan melakukan inovasi sistem dan teknik dalam perdagangan selama tidak melanggar prinsip dan syariat yang telah ditentukan. Prinsipnya dalam perdagangan antara lain harus terbebas dari (1) Maysir/judi, (2) Aniaya/zulum/tidak adil & merugikan, (3) Gharar/penipuan (4) Haram, (5) Riba/bunga, (6) Iktinaz/Ihtikar dan (7) Bathil/tidak benar. 

    QS. An-Nisa’ Ayat 29

    يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ   

    “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang tidak benar, kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu.”

    Larangan berdagang dalam cara batil telah dijelaskan pada surat An-Nisa’ Ayat 29. Cara bathil salah satunya adalah zulum yang berarti merugikan dan tidak adil terhadap salah satu pihak. Dalam perdagangan harus dilandasi Taradhi  atau saling rela tanpa unsur penipuan.

  5. 5 Pendapat

    Berdasarkan klaim dari perusahaan Glace Luxury yang mengatakan tentang keunggulan - keunggulan produk es batu mereka seperti kualitas bahan baku, proses pembuatan yang eksklusif, serta inovasi yang mereka hadirkan dalam bentuk produk es batu  G-Cubed dan Mariko Sphere membuat nama merek Glace Luxury memiliki nilai intangible asset yang tinggi. Intangible asset lain yang dimiliki oleh perusahaan Glace Luxury adalah cara mereka dalam menjalankan perusahaan yang membutuhkan inovasi bidang pemasaran dan manajemen produksi, hal ini dikarenakan cuaca memiliki pengaruh dalam penjualan, misalkan apabila suhu sedang panas maka penjualan akan otomatis naik dan apabila suhu sedang rendah/dingin maka penjualan akan menurun. Inovasi dalam pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan mapping target penjualan es batu seperti pabrik penghasil makanan beku, pabrik minuman, restoran, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, manajemen produksi juga dibutuhkan untuk menghadapi beberapa tantangan salah satunya adalah cuaca dimana ketika cuaca dingin maka manajemen produksi harus membuat inovasi supaya operasional tetap berjalan.

    Pangsa pasar yang dikejar oleh es batu Glace Luxury menunjukkan bahwasanya konsep pasar sebagian terpaku dengan kondisi geografis. Perusahaan es batu selalu menjual produk di dataran yang rendah dikarenakan permintaan pasarnya tinggi dan juga banyak konsumen yang membutuhkan es batu untuk kebutuhan rumah tangga maupun usaha perorangan. Tidak hanya itu, perusahaan es batu memandang geografis sebagai pertimbangan dalam menyusun biaya operasional. Perusahaan es batu biasanya mendekati tenaga kerja untuk mendapatkan karyawan sekitar yang banyak dan meminimumkan biaya transportasi karyawan serta memaksimalkan jaringan vendor untuk dijadikan tujuan supply es batu. Selain pangsa pasar dan tenaga kerja, perusahaan es batu memanfaatkan letak geografis untuk mendapatkan sumber air yang layak untuk memproduksi sehingga dapat menekan biaya operasional menjadi rendah dan juga supaya produk es batu yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi dan mutunya terjamin.

    Walaupun secara umum harga pasar (harga yang terbentuk dari harga kesetimbangan antara harga supply dan harga demand) yang berlaku untuk produk es batu tidak setinggi harga es batu produk Glace Luxury, akan tetapi dengan keunggulan - keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut mampu membuat produk ini memiliki pangsa pasarnya tersendiri yaitu hotel dan restoran.

    Terkait dengan fairness atau keadilan atas harga yang tinggi dari produk es batu tersebut tidak lain karena proses yang dilalui oleh es batu buatan perusahaan Glace Luxury mengalami proses yang jauh lebih panjang dari es batu yang beredar di pasaran, yang mana penambahan setiap proses tentu saja menambahkan faktor cost dalam perhitungan harga pokok penjualan produk mereka. Selain itu, berangkat dari jejak historis kualitas produk Glace Luxury tentu saja meningkatkan rasa aman bagi para penggunanya, dimana rasa aman dan jaminan atas kesehatan bagi para konsumen merupakan faktor paling utama terutama terkait produk daily consume. Sehingga harga mahal yang ditawarkan oleh Glace Luxury tidak semata dianggap sebagai upaya penipuan terhadap konsumen, akan tetapi harga tersebut adalah harga atas jaminan kualitas produk mereka yang bernilai premium. 

  6. 6 Kesimpulan

    Bahwa praktik jual beli es batu produk Glace Luxury termasuk jual beli yang sah menurut hukum Islam karena telah memenuhi syarat dan rukun jual beli. Dalam praktek jual beli produk ini melibatkan dua pihak yaitu penjual dan pembeli. Dalam jual beli tersebut kedua belah pihak menggunakan kebiasaan dalam menyatakan kesepakatan dalam jual beli es batu yang biasa disebut dengan akad antara penjual dan pembeli. Selain itu, apabila dipandang dari segi objek, es batu merupakan objek jual beli yang diperbolehkan menurut hukum Islam karena es batu telah memenuhi syarat - syarat sebagai ma’qud alaih (objek jual beli) antara lain, bahwa es batu merupakan objek yang suci, objek yang mempunyai manfaat, objek yang dapat diserahkan secara langsung kepada pembeli, memiliki hak milik pabrik, dan objek yang sudah jelas zat, sifat, dan ukurannya.

Referensi

Penulis

  • Alfina Fara D.
  • Fathan Muhammad
  • Ummu Inayah M.
  • Indra Bagus K.
  • Roro Ayu Kusumadevi
  • Wina Pratita

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Indrabagusk

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format