Pinggir Jalan Tempat Kami Mengadu

Pizza Hut yang kita kenal selama ini melekat erat dengan kemewahan, tetapi strategi dimasa pandemi berbanding terbalik, ada apa?


2
2 points

Fenoma pandemi ini tak henti-henti nya hangat untuk dibicarakan, yang diharapkan untuk berakhir tak kunjung berakhir juga, seperti peribahasa “Si pungguk merindukan bulan”, masyarakat sudah menantikan berakhirnya pandemi yang tak kunjung berakhir. Semua lapisan masyarakat terkena dampaknya, tak tanggung-tanggung dampak itu berimbas ke semua sektor usaha, di kutip dari laman Business Insight, sektor usaha yang paling tinggi terdampak adalah sektor akomodasi dan makan minum sebesar 92,47 persen lebih tinggi dari sektor transportasi dan perdagangan sebesar 90,34 persen. Bila kita bayangkan selama ini makanan dan minuman sangatlah penting untuk dikonsumsi setiap manusia,akan tetapi dari grafik ini membuktikan bahwa bidang usaha ini tetaplah terkena dampaknya, seperti Pizza Hut Indonesia yang berada di bawah naungan PT Sarimelati Kencana Tbk.

                                                                Sumber : businessinsight.com

Pizza Hut Indonesia ini sudah berdiri di Indonesia selama 37 tahun lamanya, perusahaan ini  termasuk dalamperusahaan publik yang bergerak di bidang ritel makanan cepat saji yang berpusat di  Jakarta, meskipun Pizza Hut perusahaan makanan  yang tersohor di bidangnya tak luput juga terkena dampak COVID-19. Dilansir dari Katadata, Pizza Hut mengalami penurunan pendapatan sekitar 25 persen, dan juga laba bersih diprediksikan anjlok lebih dari 75 persen. Mengingat adanya regulasi yang memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM) yang mana hal tersebut membatasi konsumen untuk makan di tempat atau dine in sebanyak maksimal 25 persen dari total pengunjung dan jam operasional kerja pun diatur dalam protokol kesehatan yang mana hanya sampai pukul 21.00.

Untuk menindaklanjuti protokol kesehatan ini,Pizza Hut memberlakukan beberapa kebijakan diantaranya :

  1. Kebijakan take away pemesanan melalui aplikasi dan delivery service baik melalui armada sendiri maupun bekerja sama dengan aplikasi Gojek dan Grab.
  2. Kebijakan pembatasan santap di tempat (dine in).
  3. Kebijakan jam operasional menyesuaikan dengan kebijakan PPKM yang diberlakukan oleh masing-masing pemerintah daerah.
  4. Efisiensi tenaga kerja yaitu dengan mengatur jadwal shift kerja khusunya karyawan outlet restoran.

Kebijakan ini diberlakukan oleh Pizza Hut agar tetap bisa menjalankan kegiatan bisnis tanpa harus memutus hubungan kerja dengan karyawannya. Dikutip dari Kumparan Bisnis, Pizza Hut menyatakan tidak merumahkan karyawannya, tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)dan juga perusahaan mengklaim tidamelakukan pemotongan gaji karyawan sebanyak 50 persen. Bersama dengan diberlakukannya kebijakan ini, Pizza Hut juga menjalankan sebuah strategi bisnis sebagai salah satu upaya untuk optimalisasi penjualan produk dan untuk mengembalikan kondisi penjualan seperti sebelum adanya COVID-19.

                                                             Sumber : idxchannel.com

Strategi bisnis yang di lakukan oleh Pizza Hut dengan cara berjualan di pinggir jalan di tengah pandemi, dikenal dengan nama strategi jemput bola yang mana kita sebagai penyedia jasa atau penjual produk melakukan secara aktif kegiatan pemasaran dengan mendatangi langsung calon pelanggan. Strategi ini selaras dengan cuplikan yang ada di laman Youtube Duo Pengacara, laman tersebut menceritakan bagaimana perusahaan ini mengadu nasibnya di pinggir jalan. Diwawancarai oleh tiga orang youtuber, penjual yang sedang menjajakan dagangannya tersebut adalah seorang asisten manajer bersama rekan lainnya yang sedang bertugas di berbagai titik untuk mencapai target harian. Penjualan dilakukan sejak pukul 12.00 hingga pukul 18.00. Setiap karyawan yang bertugas memegang 20 set produk untuk dijual, tetapi bisa lebih dari 20 set jika sedang ramai, biasanya saat siang menjelang sore. Dari pengakuan narasumber, sejauh ini Pizza Hut yang dijualnya selalu terjual habis. Dibanderol harga Rp100.000 sudah mendapatkan empat pizza dengan berbagai macam varian rasa, yang diantaranya cheesy frank, spicy tuna, creamy tomato, dan barbequePembeli juga dapat membeli terpisah tanpa paket empat pizza ini. 

Ketika sedang melakukan tugasnya untuk berjualan di pinggir jalan, terdapat hal yang boleh dilakukan maupun sebaliknya. Salah satunya apabila ingin beristirahat, karyawan tersebut dilarang untuk duduk dan hanya diperbolehkan menyender pada kendaraan yang dibawa pada saat berjualan. Sedihnya, banyak masyarakat mengira bahwa Pizza Hut ini memberikan pizza gratis, bukan untuk dijual. Dengan demikian, Pizza Hut serta karyawan sangat bergantung dengan hasil akhir dari penjualan di pinggir jalan tersebut. Strategi ini memang terlihat sebagai strategi yang terbaik untuk dijalankan pada kondisi saat ini, serta tidak mengenyampingkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Namun, bila kita cermati lebih dalam lagi, strategi yang dilakukan Pizza Hut ini bertolak belakang dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 105, bahwa para penjual yang memanfaatkan wilayah pinggir jalan baik itu yang menggunakan kendaraan bermotor atau gerobak bisa di indikasi sebagai sebuah pelanggaran, hal ini dilakukan oleh pihak Pizza Hut dikarenakan keterpaksaan faktor finansial. Apabila strategi berjualan di pinggir jalan tidak dilakukan maka tidak dapat mendorong peningkatan penjualan, maka langkah tersebut dilakukan oleh pihak Pizza Hut walaupun dalam etikanya itu melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, perusahaan tersebut berkomitmen akan tetap menjaga standar keamanan makanan (food safety standard).

Pada praktiknya, produk yang dijual sudah tidak dalam keadaan “fresh from the oven” karena produk yang dijual sudah dalam bentuk kemasan. Lalu, berjualan di pinggir jalan juga dapat menimbulkan bahaya lain yang berpotensi untuk mengganggu kelancaran jalan raya, menghalangi pejalan kaki dan dikhawatirkan akan terjadinya lakalantas. Potensi masalah yang mungkin akan dihadapi oleh Pizza Hut berkaitan dengan regulasi yang ada, yaitu larangan berjualan di jalan, yang mana Pizza Hut melakukan itu untuk meningkatkan penjualan dimasa pandemi ini.

Pihak Pizza Hut harus mengambil keputusan dengan melakukan perubahan strategi, dari semua dilema ini Pizza Hut sudah mencanangkan rencana pembuatan food truck yang akan dimulai di Bandung dan sekitarnya. Dilansir dari laman Katadata waralaba Pizza Hut mengubah strategi pemasaran makanannya dengan keliling menggunakan kendaraan makanan (food truck). Sumber dana untuk rencana ini sekitar Rp750 juta yang sumber pendananaan tersebut akan dipenuhi dari internal. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menghindari terjadinya potensi pelanggaran terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti yang telah dilakukan oleh Joko Waluyo yang telah sukses dengan usaha food truck makanan sekunder dengan bermodalkan vw combi keluaran 1980 yang diubahnya menjadi food truck ini telah memperkenalkan suatu bisnis baru indonesia. Pizza Hut bisa mencotoh rumus khusus yang dibuat oleh Joko seperti pemilihan tempat yang strategis, dan juga dengan menambahkan equiment dapur dalam food truck yang akan menghasilkan produk yang sesuai dengan standar, tidak lupa juga untuk mengedepankan keselamatan dengan cara memiliki satu alat pemadam api ringan (APAR) Mungkin dengan mencontoh penerapan joko waluyo diharapkan rencana yang dicanangkan oleh Pizza Hut akan segera terealisasi dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut sehingga bisa mengoptimalkan penjualan seperti sebelum adanya pandemi.

Penulis :

(The Mighty Shark)

Ni Made Arini Noviyanthi

Nita Septa Dilla

Tubagus Razab Darmawan

Artikel ini sudah dilakukan pengecekan antiplagiarism via website grammarly.com

Sources :

https://kumparan.com/kumparanbisnis/meski-terdampak-corona-pizza-hut-di-ri-tak-rumahkan-karyawan-1tUkmgU5MbF/full

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200427121441-17-154662/omzet-tergerus-pizza-hut-berusaha-tak-phk-karyawan

https://www.idxchannel.com/market-news/pizza-hut-turun-ke-jalan-strategi-marketing-di-tengah-psbb

https://id.wikipedia.org/wiki/Pizza_Hut_Indonesia

https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f69fa638f257/misi-ganda-pizza-hut-turun-ke-jalan-saat-pandemi-corona

https://www.jawapos.com/features/29/12/2016/bangkit-dari-bangkrut-joko-waluyo-mengenalkan-food-truck-di-indonesia/

https://www.youtube.com/watch?v=A4oLTq7f_Ts


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
4
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format