Etika Shopee saat Pandemi dalam Kacamata Islam

Menteri Koperasi dan UKM memanggil pihak Shopee terkait beredarnya tagar #SellerAsingBunuhUMKM di Twitter


0

Semenjak Pandemi Covid-19 muncul sekitar tahun 2019 akhir, semua kegiatan di dunia baik kegiatan individu maupun kelompok, kegiatan pemerintahan hingga kegiatan bisnis perekonomian lesu. Setiap negara tak terkecuali Indonesia membuat kebijakan untuk mengurangi dampak pandemi yang mana kebijakan tersebut berimbas pada semua sektor di masyarakat, khususnya sektor perekonomian yang menopang kehidupan masyarakat. 

Sumber: Tempo
Dilansir dari laman Kompas.com, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa selama pandemi hingga kuartal II tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat negatif 5,32 persen. Hal ini ternyata berdampak serius pada usaha UMKM di Indonesia. Usaha UMKM banyak melakukan pengurangan karyawan besar-besaran hingga gulung tikar. Akan tetapi, sebagai penyumbang PDB terbesar Indonesia, UMKM diberikan insentif oleh pemerintah untuk meningkatkan kembali kinerja seperti pemberian bantuan dana usaha dan pelatihan untuk berbisnis secara online menggunakan media sosial dan e-marketplace. Walaupun demikian, hal itu ternyata tidak meningkatkan usaha UMKM secara signifikan. Platform e-marketplace terbesar di Indonesia yang mana mayoritas penggunanya adalah UMKM yakni Shopee, menimbulkan masalah yang mana Menteri Koperasi dan UKM memanggil pihak Shopee terkait beredarnya tagar #SellerAsingBunuhUMKM di Twitter.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kasus ini berkaitan dengan Etika jual beli di perusaahaan yang terjadi di Shopee dimana ada salah satu penjual asingnya yang bernama Mr Hu yang menjual berbagai produk rumah tangga dengan harga yang murah. Hal ini di anggap akan menjatuhkan peluang UMKM untuk bangkit kembali. Dalam surat Al Baqarah ayat 188 dijelaskan bahwa

QS. Al Baqarah ayat 188:

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.”

Tindakan yang dilakukan oleh Mr. Hu ini memiliki kecenderungan untuk memonopoli pasar. Monopoli pasar dan mematikan usaha pihak lain khususnya lokal tentu menjadi tantangan bagi penggiat UMKM di Indonesia. Kebijakan pemerintah Tiongkok yang memberikan potongan pajak yang besar apabila dapat menjual barang dengan jumlah banyak ke luar negeri diduga membuat barang barang yang dijual Mr. Hu menjadi jauh lebih murah dari harga pasar lokal. Salah satu larangan disebutkan pada surat An-Nisaa': 29 sebagai berikut:

QS. An Nisaa’: 29:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ
 “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil” 

Bagi seorang muslim juga dijelaskan dalam hadist seperti berikut:

لاَ يَحِلُّ مَالُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بِطِيْبِ نَفْسٍ مِنْهُ
“Tidak halal mengambil harta seorang muslim kecuali dengan kerelaan dirinya.” (HR. Abu Daud dan Daruquthni, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 7662)

Menindaklanjuti kasus ini, Menteri Koperasi dan UKM memanggil pihak Shopee karena dianggap memfasilitasi seller asing dan menjatuhkan UMKM Indonesia yang terpuruk selama masa pandemi Covid-19.

Kemudian, dalam Surah An Nahl ayat 90 dijelaskan

۞ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”

Allah memerintahkan para hamba-Nya untuk berlaku adil dalam setiap perkataan dan perbuatan. Allah menyuruh mereka untuk selalu berusaha menuju yang lebih baik dalam setiap usaha dan mengutamakan yang terbaik dari lainnya. Allah memerintahkan mereka untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh para kerabat sebagai cara untuk memperkokoh ikatan kasih sayang antar keluarga. Allah melarang mereka berbuat dosa, lebih-lebih dosa yang amat buruk dan segala perbuatan yang tidak dibenarkan oleh syariat dan akal sehat. Allah melarang mereka menyakiti orang lain. Dengan perintah dan larangan itu, Allah bermaksud membimbing kalian menuju kemaslahatan dalam setiap aspek kehidupan, agar kalian selalu ingat karunia-Nya dan menaati firman-firman-Nya.

Sebagaimana materi mengenai etika bisnis yang disampaikan, bahwa etika berkaitan dengan prinsip moral dan standar yang menentukan apakah suatu bisnis tersebut dapat diterima atau tidak (baik atau buruk, benar atau salah, adil atau tidak).

Kasus Mr. Hu ini jelas melanggar etika bisnis karena menjatuhkan UMKM asli Indonesia melalui produknya yang dijual dengan harga murah. Hal ini juga bertentangan dengan agama islam, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat al-quran dan hadist bahwa islam melarang bisnis yang dijalankan dengan tidak sehat. Maksudnya adalah dengan mendominasi pasar yang mana hal ini ditunjukkan melalui harga produk yang sangat murah dibandingkan dari harga produk UMKM dalam negeri.

Ancaman yang terjadi ini hingga menuntut pemerintah untuk mengganti peraturannya mengenai bea impor yang awalnya sebesar 75 USD menjadi 3 USD. Hal tersebut pemerintah lakukan untuk melindungi produk dalam negeri agar tetap bisa bertahan. Di sisi lain, pihak Shopee yang diindikasikan membantu seller asing untuk menjual produknya di market place mereka, mengklaim bahwa 97% pasar Shopee masih dikuasai UMKM lokal.

Untuk mengatasi dilema etis yang dialami Shopee dan mungkin beberapa market place lain terkait kasus Mr. Hu, kami menyimpulkan terdapat beberapa cara untuk meminimalkan hal tersebut:

Pertama, pihak Shopee melakukan kerja sama dengan pemerintah atau pembuat kebijakan untuk mengutamakan UMKM daripada pengusaha dari luar. Namun, bukan berarti juga tidak memperbolehkan pengusaha luar masuk untuk menjual barangnya di sini. Pemerintah dan Shopee dapat membuat aturan yang adil bagi semua pihak, sebagaimana dalam Surah An Nahl ayat 90 bahwa Allah menyuruh kita untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan.

Kedua, pihak UMKM juga jangan terlalu bergantung pada pembuat kebijakan. Mereka bisa terus mengevaluasi hasil penjualan dan kualitas produk mereka sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas sehingga tidak kalah saing di pasaran.

Pada akhirnya, etika bisnis bukan sekadar hanya tentang benar dan salah. Etika bisnis mengajarkan bahwa keputusan bisnis yang dibuat tidak dapat menyenangkan semua pihak, terutama dalam masa pandemi seperti ini. Namun, semua pihak terkait dapat berusaha semaksimal mungkin untuk tidak saling “memakan” harta orang lain pun berlaku adil dan melakukan kebajikan kepada semua pihak.

Penulis

Fais Eka Nur Septianto
Chyntia Monica
Aulia Kusuma F.
Farid Fakhri F.
Khansa Amiranti
Nugeri Dwiantoro

Referensi

https://money.kompas.com/read/2021/02/18/123004026/menkop-teten-panggil-shopee-terkait-seller-asal-china-mr-hu-yang-jual-produk 

https://pengusahamuslim.com/3232-hukum-mengambil-dan-1720.html

https://nasional.kompas.com/read/2020/10/13/16590021/wapres-pertumbuhan-ekonomi-pada-masa-pandemi-covid-19-masih-sulit?page=all

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5385893/viral-mr-hu-shopee-ungkap-dominasi-penjualan-lokal–umkm-capai-97


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format