100 Negara Eksistensi bagi Mayora

Dikala Pandemi PT Mayora Indah Tbk. tetap gencar berproduksi dengan terus menjaga eksistensi baik itu pasar dalam negeri maupun pasar global


0

Terjadinya pandemi memiliki pengaruh besar bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, dalam laporan CNN Indonesia “Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat  82,85% perusahaan di Indonesia pendapatannya menurun dan sebanyak 14,6% perusahaan menyatakan pendapatannya tetap. Salah satu perusahaan yang terdampak pandemi adalah PT Mayora Indah Tbk. 

Dikutip dari Annual report PT Mayora Indah Tbk. perusahaan (Perseroan) ini didirikan pada tahun 1977 yang berlokasi di Tangerang, dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan penawaran umum perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target pasar; konsumen negara ASEAN. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara-negara di Asia. Saat ini produk perseroan telah tersebar di lima benua di dunia. PT Mayora Indah Tbk adalah salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods  yang telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan. Beberapa penghargaan yang diperoleh PT Mayora Indah Tbk. adalah sebagai berikut : Penghargaan yang diberikan oleh Forbes yaitu Indonesia 50 Best of the best Company tahun 2019 dan 200 Top Performing Listed Com[anies di seluruh Asia Pasifik, Penghargaan dari Warta Ekonomi yaitu Most Admired Companies Award tahun 2019, Penghargaan dari Store Wpp EMEA dan Asia yaitu  Top 50 Most Valuable Indonesia Brand. 

sumber : mayoraindah.co.id
Membicarakan produk-produk Mayora yang sudah terbukti kenikmatan dan kualitasnya, sudah dapat dipastikan masyarakat Indonesia dari anak-anak hingga orang dewasa tidak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi produk-produknya. Selain harganya yang terjangkau produk Mayora dapat dengan mudah ditemukan karena sudah tersebar di swalayan, supermarket, maupun warung terdekat. Berikut produk milik PT Mayora Indah Tbk. : 

Divisi

Brands

Biskuit 

Roma Marie Susu, Roma Marie Susu Gold, Roma Kelapa, Roma Kelapa cream, Roma Sandwich, Roma Malkist, Roma Malkist Abon, Roma Malkist Coklat, Roma Malkist Krim Keju Manis, Roma Malkist Krim Tiramisu, Roma Cream Crackers, Royal Choice, Better, Slai O Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Roma Cookies, Roma Arden.

Kembang gula/candy 

Kopiko, Kopiko Cappuccino, KIS, Tamarin.

Wafer 

Beng Beng, Beng Beng Maxx, Beng Beng Share It, Astor, Roma Wafer Coklat,Roma Zuperrr Keju, Roma Choco Blast,

Coklat 

Choki-Choki, Drink Beng Beng

Kopi 

Torabika Duo, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika 3 in 1, Torabika Moka,Torabika Cappuccino, Torabika Jahe Susu, Torabika Creamy Latte, TorabikaKopi Susu Espreso, Kopiko Brown Coffee, Toracafe Volcano Chocomelt,Toracafe Caramelove, Torabika Milky Latte

Makanan Kesehatan 

Energen Cereal, Energen Oatmilk, Prima Cerea

Sumber : Annual report PT. Mayora Indah Tbk 

sumber :kpopchart.net

“Kopiko Gantinya Ngopi” slogan tersebut sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, yang mana slogan tersebut adalah produk kembang gula “Kopiko” dari Mayora yang baru-baru ini lagi hangat diperbincangkan karena menjadi sponsor dalam drama Korea yang dibintangi oleh aktor ternama Korea yaitu Song Joong Ki. Dikarenakan hal ini, Kopiko semakin dikenal. Terlebih, produk Mayora lainnya seperti Torabika, Beng Beng, Danisa dan tidak juga ketinggalan Kopiko, tidak hanya berhasil diekspor, tapi mampu menjadi pemimpin pasar di berbagai negara. Hal tersebut menunjukkan, ekspor produk makanan olahan dari Mayora tetap mampu bersaing di pasar global. PT Mayora Indah Tbk berhasil melakukan ekspor ke 100 negara di seluruh dunia,  negara dengan tujuan utama ekspor pada Januari−Mei 2020 seperti di Amerika senilai US$ 293,6 juta dengan pangsa pasar terbesar yaitu sebesar (22,11%), selanjutnya diikuti Filipina US$ 161,4 juta (12,15%), Malaysia US$ 101,6  juta (7,65%),  Singapura  US$  74,9  juta  (5,64%) Jepang US$  71,9  juta (5,41%), serta melakukan ekspor ke beberapa negara lainnya yang meliputi Italia, Portugal, Spanyol, Jerman, Australia, Singapura, Taiwan, dan Korea Selatan. Selain melakukan Expor kenegara tersebut, PT Mayora Indah Tbk memiliki kantor di dibeberapa negara sebagai tempat pendsitribusian produknya yang terletak di  China, India, Filipina, Thailand, Vietnam dan Nigeria. Dikutip dari laman Kemenperin, Mayora telah memiliki 29 pabrik, 24 diantaranya tersebar di seluruh Indonesia dan lima pabrik lainnya berada di luar negeri. Kunci utama PT Mayora Indah Tbk bisa menembus pasar global adalah dengan selalu menjaga kualitas produk, harga yang mudah di terima di pasar serta selalu memberikan  inovasi-inovasi baru bagi konsumen.

Walaupun sudah sukses dengan pengembangan bisnisnya, Mayora tak luput dari dampak COVID-19 yang melanda seluruh dunia. PT Mayora Indah Tbk. mencatat penuruan penjualan selama masa pandemi dikarenakan adanya kebijakan lockdown dibeberapa negara sehingga terhambatnya distribusi produk ke negara tujuan. Dikutip dalam laman Katadata “selama pandemi COVID-19 PT Mayora Indah Tbk mencatakan pembukuan pada semester 1 2020, yaitu  penjualan bersih Rp11,08 triliun. Nilai ini turun 8,10% dari periode yang sama tahun lalu Rp12,05 triliun”. Berikut masalah lainnya yang Mayora hadapi selama masa pandemi berlangsung :

  1.  e-commerce menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan sebagai inovasi di bidang digitalisasi. Tidak dapat dipungkiri perkembangan zaman yg pesat seperti sekarang, terlebih dalam sektor industri yang harus mengikuti pasar global dituntut untuk cepat berinovasi dan memperbaharusumber :reserchget.net
    i strategi pemasaran agar tidak tertinggal. Meski demikian, digital marketing ini tak sepenuhnya mulus diterapkan perusahaan makanan dan minuman Fast Moving Consumer Goods (FMCG), seperti PT Mayora Indah Tbk., dikutip dari Katadata.co.id berdasarkan analisanya ada empat kendala yang menyebabkan terjadinya kendala ini dialami oleh Mayora yaitu pertama, mental stage, di mana Mayora masih menggunakan iklan konvesional seperti televisi sedangkan zaman sekarang ini masyarakat lebih memanfaatkan platform media sosial sebagai media promosi. Kedua, attention spend, berhubung segmentasi pasar Mayora adalah anak muda sehingga perhatiannya lebih pendek. Ketiga, time, bila diiklankan lewat televisi waktu pengiklanan bisa diatur jam tertentu yang rating tayangnya bisa dipilih di waktu-waktu orang banyak menonton televisi, berbanding terbalik di media sosial yang di mana waktunya diatur oleh interest penggunanya. Keempat, hyperactive, yang diartikan pengguna media sosial sangat aktif berpindah dari satu media ke media lainnya membuat pesan tidak tersampaikan seperti yang diharapkan.
  2.  Hambatan sosial dan budaya mungkin akan menjadi kendala kedua sekaligus tantangan terberat bagi PT Mayora Indah Tbk yang mana adanya anggapan dari negara luar yang menyatakan bahwa kualitas barang dari Indonesia sangat kurang atau tidak memenuhi standar yang mereka inginkan, karena ada pemikiran ini lah menjadi hambatan untuk pemasaran di negara luar.

sumber : kumparan.com
Meski ada beberapa kendala yang datang akibat adanya pandemi COVID-19 atau yang datang karena persaingan pasar internasional yang dihadapi oleh PT Mayora Indah Tbk. tantangan ini tidak membuat Mayora menyerah begitu saja, Mayora tetap menggencarkan produksinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan melakukan pengiklanan yang memfokuskan pada platform media sosial dengan membuat penjadwalan penayangan pada media sosial tertentu untuk mengantisipasi hyperactive berpindahnya media satu ke lainnya, selanjutnya bisa melakukan inovasi produk untuk menghadapi kondisi ketidakpastian seperti sekarang ini.

Tindakan yang baru – baru ini di lakukan oleh Mayora dengan terpilihnya Kopiko sebagai sponsor drama Korea yang dibintangi Song Joong Ki adalah salah satu langkah yang sangat tepat dilakukan sekaligus untuk membangun image baru tentang kualitas produk Indonesia tidaklah buruk seperti yang disangka. Dengan adanya campaign ini diharapkan untuk mendapatkan respon positif dari konsumen dan juga bisa menambah konsumen baru untuk perusahaan, dengan cara ini juga Mayora bisa melebarkan sayapnya untuk membangun pabrik di Korea Selatan mengingat drama Korea yang di sponsori ini adalah drama Korea yang dinantikan penayangannya di Korea Selatan dan di banyak negara lainnya.

Rencana strategi yang dilakukan Mayora untuk mempertahankan keeksisan produknya di kondisi seperti ini sudah baik, seperti dilansir dalam laman Ekbisbanten.com Mayora melihat konsumen saat ini semakin aware dengan kesehatan, maka materi komunikasi yang dibangun tidak hanya mencakup sisi emosional tetapi lebih condong kepada fungsi sisi fungsionalnya dan juga Mayora memastikan agar brand mereka menjadi omnichannel yang di mana melakukan penjualan multisaluran tanpa batas  bagi  konsumennya.  Untuk  kelancaran  rencana  strategi ini, Mayora bisa mencontoh Nestle sebagai produsen makanan dan minuman yang tidak kalah terkenal berasal dari Swiss, Dibutuhkan strategi serta solusi dikarenakan dengan terbatasnya pergerakan yang di akibatkan adanya pandemi. sulit untuk bisa melakukan perjalanan jauh, apalagi perjalanan lintas negara. Masalah ini membuat Nestlé harus mencari ide-ide kreatif agar 400 lebih pabrik yang berlokasi di berbagai negara bisa tetap bertahan dan beroperasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Upaya yang dijalankan Nestlé untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan akselerasi penggunaan teknologi. Teknologi yang dipilih Nestle adalah Augmented Reality (AR), Nestlé memanfaatkannya untuk memantau kegiatan produksi, penelitian dan pengembagan serta agar bisa tetap terhubung dengan supplier.

sekaligus Nestle memperluas produk dalam suplemen dan perawatan alergi, karena diprediksi saat ini produk seperti vitamin, suplemen dan mineral akan menjadi produk-produk terdepan, dan juga Nestle akan berekspansi dalam produk pengganti daging nabati. Beberapa strategi yang dilakukan Nestle ini bisa dicontoh oleh PT Mayora Indah Tbk. untuk kelancarannya di bidang e-Commerce.

 

sources :

Annual  Report  PT.  Mayora Indah   Tbk. 2019. Laporan   Tahunan PT. Mayora Tbk. https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Inf o_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/04_Annual%20Report//2019/MYOR/MY OR_Annual%20Report%202019.pdf

Alika. Rizky. 2020. Mayora Ekspor Produk Makanan Minuman Rp 1,07 Triliun. https://katadata.co.id/ekarina/berita/5efb0efeadab2/mayora-ekspor-produk-makanan-mi numan- rp-1-07-triliun

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f6e1ce799412/mayora-hadapi-kendala-pemasaran-digital bisnis-makanana

https://www.kompas.com/food/read/2021/02/23/220200275/kopiko-jadi-sponsor-drakor- vicenzo-yang-dibintangi-song-joong-ki

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f6e1ce799412/mayora-hadapi-kendala-pemasaran-digital- bisnis-makanan

https://diplomasiekonomi.kemlu.go.id/index.php/kisahsukses1

insight.kontan.co.id

https://www.indotelko.com/read/1588044574/wingsgroup-covid-19

https://www.sonora.id/read/422570842/heboh-ada-merk-permen-indonesia-kopiko-di-drakor- song-joong-ki-vincenzo?page=all

https://idxchannel.okezone.com/read/2020/09/19/278/2280438/covid-19-bikin-nestle-gerak- cepat-ubah-haluan-bisnis-agar-cuan?page=2

https://mediautama.co/belanja-pandemi-nestle-unilever-dan-procter-gamble-berlomba-untuk- beradaptasi/

https://www.machinevision.global/post/strategi-nestle-tetap-beroperasi-di-tengah-covid

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201007131253-92-555422/bps-82-persen-pendapatan-perusahaan-merosot-di-era-covid-19

https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Inf o_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/04_Annual%20Report//2019/MYOR/MY OR_Annual%20Report%202019.pdf

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f6e1ce799412/mayora-hadapi-kendala-pemasaran-digital bisnis-makanan

Penulis :

The Mighty Shark

Ni Made Arini Noviyanthi

Nita Septa Dilla

Tubagus Razab Darmawan

Artikel ini telah dicek anti plagiarisme via web quetext.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format