Strategi PT. Sido Muncul bertahan di Pasar Internasional pada Masa Pandemi

Cara Berinovasi dan Melihat Peluang Pasar saat Pandemi


0

Bisnis Ekonomi Internasional

Perkembangan dunia bisnis sekarang ini sangatlah pesat. Perusahaan dapat mengekspor barang ke Negara lain dengan mudah, begitu pula dengan impor, sangat mudah kita mendapatkan barang dari negara lain, hal seperti ini disebut dengan bisnis internasional. Menurut Ferrel, Hirt, dan Ferrel (2016) menyebutkan dalam bukunya bahwa, “Internasional business refers to the buying, selling, and trading of goods and services”. Menunjukan bahwa pembelian, penjualan, serta perdagangan barang dan jasa yang melintasi negara adalah bisnis internasional. Mereka juga mengatakan bahwa hambatan politik yang menurun dan pembaharuan teknologi semakin memungkinkan perusahaan untuk menjual produk nya ke luar negeri. Bisnis internasional juga pasti memiliki peraturan, karena tidak semata-mata suatu produk dapat memasuki pasar dari suatu negara. Hal tersebut dipengaruhi oleh, politik suatu negara, lalu dipengaruhi juga oleh tarif yang suatu negara kenakan, kuota dari produk yang bisa diterima, dan ada juga embargo atau memutuskan perdagangan dari suatu negara karena masalah politik tertentu. Ditambah lagi sedang terjadi nya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, akan menjadi lebih sulit untuk suatu produk masuk ke pasar negara lain. 

Bisnis ekonomi internasional perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu seperti perkembangan ekonomi negara yang dituju, infrastruktur, dan biaya yang dikenakan (Ferrel, Hirt, Ferrel. 2016). Perlu diketahui negara yang dituju adalah negara maju atau berkembang, hal tersebut bisa dilihat pula dari infrastruktur nya yaitu fasilitas fisik yang mendukung kegiatan ekonomi nya seperti jalan, highways, gedung, bandara dll. Suatu negara juga pasti menerapkan biaya yang dikenakan pada suatu produk, biaya tersebut pastinya juga berbeda-beda bagi setiap negara.

PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk

Salah satu perusahaan di Indonesia yang menjalankan bisnis Internasional adalah PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian jamu dan farmasi yang resmi berdiri sejak tahun 1975. Dalam pengoperasiannya PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memiliki 4 perusahaan entitas anak yaitu PT. Muncul Mekar, PT. Semarang Herbal Indoplant, PT. Berlico Mulia Farma dan PT. Muncul Nigeria Limited. Selain itu, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk juga memiliki satu kantor cabang yang berada di Filipina.

Sumber: Annual Report PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk 2019

Produk-produk yang diproduksi oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yaitu:

  1. Produk Herbal: Tolak Angin, Tolak Linu, Jamu Komplit, Sari Kuli Manggis dan Sari Kunyit
  2. Produk Food and Beverage : KukuBima Ener-G, Susu Jahe, Kopi Jahe serta berbagai minuman kesehatan lainnya.
  3. Produk Farmasi: Anacetine Sirup, Inflasone dan Licodexon.

Saat ini PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah melakukan ekspor produknya ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Australia, Korea Selatan, Nigeria, Aljazair, Hong Kong, Amerika Serikat, Arab Saudi, Mongolia dan Rusia. Hal ini  membuktikan bahwa produk yang dihasilkan oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk sudah terakui kulaitasnya baik di dalam ataupun di luar negeri. 

Kegiatan ekspor ini dimulai sejak tahun 2000, bermula saat PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk mendapat pesanan produk dari luar negeri melalui aktivitas handcarry dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi keluar negeri dan wisatawan asing yang pernah berkunjung ke Indonesia. Jadi, dalam perdagangan internasional PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk awalnya menggunakan ekspor tidak langsung atau indirect export lalu berkembang menjadi ekspor langsung atau direct export, dan sekarang PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk sedang merencanakan untuk melakukan joint venture dengan beberapa negara seperti Singapura, Jepang, Taiwan dan Jerman. Rencana ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penetrasi produk di kancah Internasional.

Dalam melakukan bisnis Internasional pasti ada beberapa hambatan yang dialami oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Hal ini mengharuskan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk untuk melakukan adaptasi terhadap negara tujuan ekspor. Salah satu hambatannya adalah belum adanya regulasi tehadap produk jamu atau obat herbal pada mayoritas negara tujuan ekspor yang menjadikan susahnya produk PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk masuk ke negara tersebut. Dalam masalah ini, menjadikan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memperkenalkan produknya bukan sebagai jamu atau obat herbal, melainkan sebagai food supplement. Adaptasi lain yang dilakukan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk adalah masalah packaging yang mana mengikuti bahasa dan peraturan yang terdapat di negara tujuan ekspor.

Pada awal tahun 2020, bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19 PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memutuskan untuk memangkas target penjualan perusahaan. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil analisis dampak dan risiko bisnis akibat pandemi Covid-19, yang mana beberapa negara tujuan ekspor menerapkan lockdown. Memangkas target penjualan menghasilkan penurunan pertumbuhan penjualan pada beberapa produk PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Dilansir dari Kontan.co.id bahwa secara umum segmen herbal dan suplemen mencatatkan penurunan pertumbuhan penjualan sebesar -2%. Direktur Utama PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk David Hidayat juga mengakui bahwa pihak nya mengalami kendala seperti tidak bisa melakukan pengiriman barang keluar negeri selama periode semester pertama tahun 2020. Selain karena semua border negara tertutup, negara-negara tujuan ekspor juga mengalami pelemahan distribusi dan penjualan. 

Dalam menghadapi pandemi ini PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk muncul dengan beberapa inovasi demi menjaga keberlangsungan perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk adalah adaptasi produk, yaitu dengan diluncurkannya produk baru berupa kapsul herbal JSH yang mengandung alkali 11+ yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena virus. Selain itu, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk pada kuartal II tahun 2020 lebih memfokuskan produksi ke produk yang diminati pasar seperti C-1000 dan Tolak Angin cair. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan penjualan perusahaan.

Best Practice

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah melakukan beberap strategi dalam mengoptimalkan pertumbuhan penjualan di masa pandemi ini. Alangkah baiknya apabila PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk bekerja sama dengan beberapa stasiun TV dan film internasional dengan cara menjadi sponsor. Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan brand suatu produk dan penjualan produk tersebut di berbagai negara. Karena, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini banyak masyarakat yang menghabiskan waktu dirumah, maka media televisi dan platform digital seperti Netflix dan YouTube memiliki peluang yang baik untuk memperkenalkan produk dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Hal ini telah dibuktikan oleh PT. Mayora Indah Tbk yang menjadikan salah satu produknya yaitu permen Kopiko sebagai sponsor di drama Korea terbaru tang berjudul Vicenzo. Munculnya salah satu produk PT. Mayora Indah Tbk di drama Korea Vicenzo ini terbukti telah meningkatkan harga saham PT. Mayora Indah Tbk.

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/

Nama anggota :

1. Selma Ferena

2. Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan

Referensi

Ferrell, O.C, Hint, G.A & Ferell Linda. 2020. Business Foundations – A Changing World. 12th Edition, New York: McGraw-Hill

https://amp.kontan.co.id/news/ada-pandemi-corona-sido-muncul-sido-pangkas-target-penjualan-tahun-ini

https://industri.kontan.co.id/news/ini-faktor-pendorong-kinerja-sido-muncul-sido-di-semester-i-2020

https://investor.id/market-and-corporate/kinerja-sido-muncul-sesuai-ekspektasi-saat-pandemi

https://market.bisnis.com/read/20200817/192/1280140/penjualan-ekspor-menurun-sido-muncul-sido-mulai-garap-pasar-arab-saudi

https://portallebak.pikiran-rakyat.com/bisnis/pr-291481786/saham-myor-melejit-permen-kopiko-muncul-di-drama-korea-vicenzo-yang-dibintangi-song-joong-ki?page=2

https://www.idxchannel.com/economics/kopiko-semakin-go-internasional-usai-sponsori-drakor-song-joong-ki

https://www.sidomuncul.co.id/id/home.html

Laporan Tahunan/ Annual Report PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Tahun 2019 diakses tanggal 24 Februari 2021, pukul 17.31.

Rusli dan Andadari. Internasionalisasi Perusahaan Jamu (Studi Kasus pada PT. Sido Muncul Tbk).


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format