Catch Me If You Can: Membedah Sisi Religius dari Penipu Ulung.


0

Kisah ini merupakan kisah nyata kejar kejaran antara penipu ulung dan agen FBI profesional layaknya tom and Jerry. Difilmkan dengan apik dalam film  berjudul Catch Me If You Can karya dari sutradara legendaris Steven Spielberg. Film yang dirilis di tahun 2002 ini hingga kini masih menarik minat banyak orang karena ceritanya yang seru dan bikin geregetan. 

Menceritakan Frank Abagnale Jr. (Leonardo Dicaprio) seorang pemuda yang berada didalam keluarga bahagia. Namun, keluarga tersebut mendapatkan masalah karena ayah dari Frank Jr mengalami masalah penggelapan pajak sehingga harus menjual seluruh aset yang dimiliki dan jatuh miskin. Masalah ini menyebabkan perpecahan keluarga sehingga menyebabkan Frank Jr kabur dari rumah. 

Setelah kabur Frank kabur dengan membawa cek yang diberikan oleh ayahnya sejumlah 50 buah untuk bertahan hidup. Frank kemudian menyadari bahwa dia tidak bisa terus bertahan hidup dengan memanfaatkan cek tersebut, ia harus memutar otak. Bagaimana caranya untuk hidup dengan baik dengan keahlian yang dimilikinya?

Akhirnya karena tuntutan hidup– terutama perut– Frank mencoba untuk memalsukan cek. Frank mempelajari prosedur keaslian cek dengan mengelabui dan menggoda pegawai bank. Setelahnya, Frank melanjutkan aksinya untuk menyamar sebagai pilot, ia mempelajari apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang pilot sebagai wartawan sekolah dan juga mendapatkan seragam pilot, dan akhirnya ia diterima sebagai Co pilot di PAN Amerika dan berhasil mencairkan cek sebesar $ 2,8 juta. 

Namun aksi penipuan tersebut terendus oleh FBI dan menugaskan Carl Hanratty (Tom Hanks) untuk menyelidiki kasus dan menangkap Frank. Frank dengan Cerdiknya berhasil mengelabui Hanratty dan terus menerus berhasil kabur. Sayangnya, aksinya kini telah diketahui masyarakat lewat berbagai media.

Frank akhirnya memutuskan untuk melakukan penipuan lain. Kali ini dia berusaha menjadi seorang dokter. Ia memalsukan ijazah dan diterima di rumah sakit sebagai pengawas UGD. Frank bertemu dengan Brenda Strong (Amy Adams) dan berbohong bahwa dia adalah lulusan dari Harvard untuk memberi kesan baik padanya. Kebetulan, ayah brenda juga lulusan Harvard. Singkat cerita Frank dan Brenda memutuskan untuk menikah. 

Identitas Frank akhirnya terkuak oleh Brenda. Brenda akhirnya bekerja sama dengan FBI untuk menangkap Frank di bandara Internasional Miami. Berkali-kali gagal, akhirnya Hanratty berhasil menangkap Frank dengan menelusuri latar belakang keluarganya. Frank dijatuhi Hukuman 12 tahun penjara dan diekstradisi ke Amerika. Uniknya,  setelah menjalani hukumannya selama 12 tahun, Frank bekerja sama dengan FBI untuk menghadapi kasus penipuan cek sebagai ahli analisis pemalsuan cek. Selain itu, Frank Akhirnya membuka perusahaan bergerak sebagai perusahaan keamanan dokumen.

Credit

Dari satu kebohongan ke kebohongan lainnya

Bermula dari permasalahan internal di keluarganya dimana sang Ayah jatuh miskin dan sang Ibu selingkuh akibat tidak mampu bertahan hidup dalam kesengsaraan. Frank Jr memutuskan untuk tidak mencampuri urusan kedua orang tuanya dan memilih kabur dari rumah dengan berbekal sebuah buku cek yang ternyata merupakan cek kosong. Agar dapat bertahan hidup kedepannya, Frank Jr mencoba memalsukan cek yang ia miliki dengan cara mengelabui petugas bank yang akan memeriksa keaslian cek sebelum dicairkan. Keberhasilan dalam aksi pertamanya membuat Frank Jr menjadi terbiasa memiliki perilaku menyimpang yang lain seperti manipulasi peran untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan finansialnya. 

Frank Jr berhasil memalsukan identitas dan menyamar sebagai pilot suatu maskapai penerbangan agar dapat menghasilkan lebih banyak uang sehingga ia dapat mengganti uang ayahnya. Setiap tindakan yang dilakukan ayahnya mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga cara menarik perhatian seseorang. Ia ingin memberikan yang terbaik kepada ayahnya agar sang ibu mau kembali bersama ayahnya seperti sedia kala. Tidak merasa cukup dengan penyamaran yang sebelumnya, Frank kembali berulah menyamar sebagai dokter dengan membuat ijazah palsu yang menyatakan bahwa ia merupakan lulusan universitas ternama. Hal tersebut ia lakukan agar penyamarannya kali ini juga berhasil dan identitasnya tidak terbongkar oleh agen FBI.

Tanpa disadari Frank Jr hidup dari satu kebohongan menuju kebohongan lainnya, ia tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya saat itu. Frank Jr berusaha mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dari perbuatan yang buruk dan merugikan banyak pihak untuk memenuhi kepentingan pribadinya. Berbagai aksi pemalsuan cek dan manipulasi peran yang ia lakukan di beberapa profesi pekerjaan menimbulkan masalah baru yaitu semakin besarnya tingkat kerugian yang bersifat materil. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi salah satu agen FBI yang membawahi Unit Kejahatan Keuangan dan bertugas mengusut, melacak, bahkan pada akhirnya berhasil menangkap Frank Jr.

Identitas pilot palsu dari Frank Abegnele Jr. yang saat itu memakai nama Frank Taylor.

Mencoba membedah sisi religius dari film ini

Religius merupakan kedalaman seseorang dalam meyakini suatu agama disertai dengan tingkat pengetahuan terhadap agama. Hal tersebut diwujudkan dengan mengamalkan nilai-nilai agama dan juga mematuhi semua aturan-aturannya. Dalam islam seseorang yang memiliki religius yang tinggi maka ia meyakini dan percaya ke pada Allah sehingga orang tersebut juga akan taqwa kepada Allah. Taqwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Adapun perintah untuk bertaqwa sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-quran berikut ini: 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْٓا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“ Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu beruntung.” (QS. Al-Maidah Ayat 35)


Dari ayat diatas kita dapat melihat bahwa taqwa itu merupakan sebuah benteng bagi orang muslim untuk melindungi dirinya dari kemungkaran Allah. Sehingga, bagi setiap orang muslim yang taat melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, pasti akan mendapatkan ganjaran kebaikan, begitupun sebaliknya.

Dalam jurnal berjudul The Interconnection Between Islamic Religiosity and Deviancy Among Australian Muslim Youth: A Partial Mediation Role of Life Satisfaction (Hisyam, dkk 2016), disebutkan bahwa Seorang Muslim yang taat yang melakukan perilaku menyimpang dapat beresiko kehilangan rasa hormat dan dukungan dari umat beragama lainnya. Sehingga, kecenderungannya untuk menyimpang berkurang dalam hal biaya sosial tersebut.


Seorang Muslim yang taat yang melakukan perilaku menyimpang dapat beresiko kehilangan rasa hormat dan dukungan dari umat beragama lainnya. Sehingga, kecenderungannya untuk menyimpang berkurang dalam hal biaya sosial tersebut."


Dalam film ini, Frank Abagnale Jr. tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya merupakan seseorang yang religious. Terlepas dari sebuah adegan dimana dia menaruh cek palsu dalam sebuah Bible, tidak lagi ditunjukkan perilaku yang menunjukkan hubungan sisi keagamaan. Sehingga, kesimpulan dari jurnal Hisyam dkk (2016) dapat dibenarkan. Walaupun tidak berarti semua orang yang tidak taat beragama memiliki perlakuan selicik Frank, namun ketaqwaan pada agama membuat seseorang lebih takut untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan norma (melakukan penyimpangan).

Namun, tidak juga menutup kemungkinan bahwa umat yang beragama dapat “menghindari” semua kekalutan dunia. Seperti yang telah disampaikan dalam HR Bukhari:

لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ مِثْلَ وَادٍ مَالاً لأَحَبَّ أَنَّ لَهُ إِلَيْهِ مِثْلَهُ ، وَلاَ يَمْلأُ عَيْنَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ

“Seandainya manusia memiliki lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan harta yang banyak semisal itu pula. Mata manusia barulah penuh jika diisi dengan tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6437)

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Dengan akal yang diberikan kepada kita, maka kita dapat melakukan berbagai macam cara untuk mencapai kepuasan kita. Kepuasan ini akan terus menerus bertambah dan mungkin dapat menjadi ambisi tidak sehat pada akhirnya. Karenanya, ketaqwaan dalam beragama penting dipegang oleh setiap umat agar kita memiliki pegangan dan batasan dalam kehidupan. 

Frank dalam masa-masa penipuannya

Lalu bagaimana cara kita menghindarkan diri dari perlakuan tidak terpuji seperti yang Frank lakukan?

Menghindari Perbuatan Tipu Daya

Di film diceritakan, Frank memalsukan cek dan mencairkannya dengan menghalalkan berbagai cara agar tujuannya tercapai. Perilaku yang dilakukan oleh Frank merupakan salah satu tindakan penipuan. Penipuan merupakan salah satu hal yang dibenci oleh Rasulullah, seperti yang Ia katakan dalam hadis  "Barangsiapa yang menipu kami maka ia tidak termasuk golongan kami," sabda Rasulullah SAW, yang dikutip dari buku Majelis Bulan Ramadhan karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin. Betapa Rasulullah SAW membenci orang-orang yang menipu hingga dirinya tidak akan memasukan  ‘penipu’ pada golongannya. Oleh karena itu kita harus menjauhi perbuatan tipu daya yang merugikan banyak pihak agar selalu berkah di jalan Allah SWT. Tipu daya atau menipu merupakan hal yang menjauhkan kita dari sifat amanah dan dapat menghilangkan kepercayaan orang lain kepada kita. Setiap penghasilan yang didapatkan dari perbuatan menipu adalah haram hukumnya. Melakukan perbuatan penipuan tidak akan meninggikan derajat manusia melainkan akan menjauhkan dari rahmat dan ridho Allah SWT.

Selalu Merasa Cukup atau bersifat Qanaah

Manusia memang tidak pernah merasa puas, Frank yang digambarkan sebagai orang yang tidak merasa cukup dengan cek yang ia miliki membuat dirinya melakukan praktik ilegal agar dapat mendapatkan uang. Allah mencintai orang-orang yang selalu merasa cukup atau memiliki sifat Qanaah. Merasa cukup akan membuat kita terhindar dari perbuatan tamak yang dibenci oleh Allah SWT. Ibnu Bathtal berkata dalam hadist shahih riwayat Bukhari, ”Yang dimaksud kaya bukanlah dengan banyaknya perbendaharaan harta. Karena betapa banyak orang yang telah dianugerahi oleh Allah harta malah masih merasa tidak cukup (alias: fakir). Ia ingin terus menambah dan menambah. Ia pun tidak ambil peduli dari manakah harta tersebut datang. Inilah orang yang fakir terhadap harta (tidak merasa cukup dengan harta). Sikapnya demikian karena niatan jelek dan kerakusannya untuk terus mengumpulkan harta. Padahal hakikat kaya adalah kaya hati, yaitu seseorang yang merasa cukup dengan yang sedikit yang Allah beri. Ia pun tidak begitu rakus untuk terus menambah.”

Selalu berserah diri atau tawakal kepada Allah SWT

Seperti diceritakan sebelumnya, tokoh utama, Frank Abagnale Jr., merasa perlu melakukan apapun agar ia dapat bertahan hidup. Ia tidak dapat bertahan hidup dari cek yang diberikan ayahnya. Ini membuatnya harus melakukan hal ilegal untuk mendapatkan uang dan privilese secara instan. Padahal, ia bisa saja melakukan pekerjaan lain yang hasilnya tidak seberapa, namun halal. Allah menyayangi orang-orang yang berserah kepada-Nya. Apabila orang tersebut berserah diri, maka rintangan apapun akan ia hadapi dengan tawakal dan penuh pikiran positif. Seperti tertuturkan dalam Al-Quran surat Lukman ayat 22:

۞ وَمَنْ يُّسْلِمْ وَجْهَهٗٓ اِلَى اللّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰىۗ وَاِلَى اللّٰهِ عَاقِبَةُ الْاُمُوْرِ

Dan barangsiapa berserah diri kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul (tali) yang kokoh. Hanya kepada Allah kesudahan segala urusan.

Kesempatan kedua untuk bertaubat dari kebatilan akan selalu ada

Frank Abagnale Jr. merupakan penipu dan kriminal kelas kakap, sebelum pada akhirnya ia ditangkap dan diadili oleh pengadilan federal Amerika Serikat. Setelah menjalani hukumannya, uniknya, ia membantu Amerika Serikat dengan menjadi agen FBI selama  sekitar 30 tahun. Ini membuktikan bahwa Frank diberikan kesempatan kedua, dengan bertaubat dari perilaku yang batil. Allah selalu memberikan kesempatan bagi siapapun untuk kembali ke jalan-Nya yang benar hingga matahari terbit dari barat. Seperti hadis riwayat Muslim, Dari Abu Musa ‘Abdillah bin Qais al-Asyri RA, dari Nabu Muhammad SAW, beliau bersabda:

“Sesungguhnya Allah SWT membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat pelaku kejahatan pada siang hari. Dan Dia membentangkan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat pelaku kejahatan pada malam hari sampai matahari terbit dari tempat terbenamnya.”



Kini, Frank dalam dunia nyata memutuskan untuk meninggalkan dunia penipuan dan memutuskan untuk menjadi konsultan keamanan untuk membantu mengenali penipuan yang terjadi. 

Sumber:

Abu-Rayya, Hisham & Almoty, Shayma & White, Fiona & Abu-Rayya, Maram. (2016). The Interconnection Between Islamic Religiosity and Deviancy Among Australian Muslim Youth: A Partial Mediation Role of Life Satisfaction. The International Journal for the Psychology of Religion. 26. 10.1080/10508619.2016.1157720. 

Huber, Stefan & Huber, Odilo. (2012). The Centrality of Religiosity Scale (CRS). Religions. 3. 10.3390/rel3030710. 

https://rumaysho.com/766-manusia-tidak-pernah-merasa-puas-dengan-harta.html

Penulis:

Farras Aulia Faizah

Milenia Mudillah

Aditra Ananto Purnawan

Al Viima

Saud Mustafa Hussien Abdul Mohsen

Shafira Jessenia Jasmine


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
1
Win
shafirajesse

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format