Bisnis Manis Sarang Burung Walet : Tirai Bambu VS Paman Sam?


0

Sistem Perekonomian

Sistem perekonomian menjelaskan bagaimana suatu masyarakat mendistribusikan sumber dayanya untuk menghasilkan barang dan jasa. Dalam ekonomi juga terdapat permasalahan dalam hal pemenuhan permintaan tak terbatas atas barang dan jasa dibandingkan dengan sumber daya yang terbatas.

Setiap sistem perekonomian harus mampu menangani tiga masalah penting yaitu:

  1. Barang dan Jasa yang tersedia dan kemampuan masing-masing dalam memenuhi kepuasan konsumen
  2. Bagimana barang dan jasa diproduksi, diproduksi oleh siapa dan dengan bagaimana sumber daya tersebut menghasilkan barang dan jasa
  3. Bagimana mendistribusikan barang dan jasa tersebut kepada konsumen

Ferrel (2020)membandingkan sistem ekonomi komunisme, sosialisme dan kapitalisme dalam tabel sebagai berikut:

Ketarangan

Komunisme

Sosialisme

Kapitalisme

Kepemilikan Bisnis

Sebagian besar bisnis dimiliki dan dikelola pemerintah

Industri dasar dikuasasi pemerintah dan Individu memiliki usaha kecil.

Semua bisnis dimiliki dan dikelola individu

Persaingan

Diatur pemerintah

Terbatas untuk industry dasar, mendorong usaha kecil

Didorong kekuatan pasar dan peraturan pemerintah.

Keuntungan

Diserahkan ke pemerintah 

Diserahkan ke pemerintah sedangkan keuntungan yang dihasilan usaha kecil dinvestasikan kembali.

Individu bebas memiliki dan menggunakan keuntungan yang dihasilkan

Ketersedian Produk dan Harga

Konsumen memiliki pilihan terbatas atas barang dan jasa dan harga yang tinggi

Konsumen memiliki beberapa pilihan atas barang dan jasa, harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan

Konsumen memiliki banyak pilihan atas barang dan jasa serta harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan

Pilihan atas Pekerjaan

Pilihan terbatas, sebagaian besar adalah bekerja untuk pemerintah dan pertanian

Lebih banyak pilihan dan bekerja untuk pemerintahan

Pilihan tidak terbatas atas pekerjaan.

Republik Rakyat Tiongkok

Pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamasikan berdirinya negara Republik Rakyat Tiongkok dan mendirikan sebuah negara komunis setelah melalui perang saudara yang panjang melawan pasukan Nasionalis Tiongkok. Desember 1957, Mao mendeklarasikan program andalan pembangunan ekonomi yang disebut “The Great Leap Forward” atau “Lompatan Jauh Ke Depan.” Tujuan dari program ini adalah untuk mendirikan industri Cina yang maju dan mengimbangi kekuatan ekonomi negara kapitalis. 

Tahun 1978 Deng Xiaoping melakukan reformasi dalam pemerintahan dan ekonomi dan mempopulerkan konsep "sosialisme dengan ciri khas Cina". Cina mendeklarasikan diri sebagai negara dengan sistem ekonomi kapitalis, tetapi tidak kapitalis secara politik, karena masih mempertahankan sosialisme sebagai ideologi negara.

Ding, Xiaoqin. 2009 menyebutkan bahwa Republik Rakyat Tiongkok menggunakan sistem Ekonomi pasar sosialis yaitu sistem ekonomi dan model pembangunan ekonomi didasarkan pada dominasi kepemilikan publik dan perusahaan milik negara dalam ekonomi pasar.

  • Kepemilikan Bisnis

Sistem ekonomi di Republik Rakyat Tiongkok disusun dari state-owned enterprise (SOEs), domestic private business dan foreign private business. Pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan milik negara menyumbang sekitar 40% dari PDB Republik Rakyat Tiongkok sebesar US $ 15,42 triliun pada tahun 2020, dengan bisnis swasta domestik dan asing serta investasi menyumbang 60% sisanya.

Hingga akhir Juni 2020, saham FDI di Republik Rakyat Tiongkok mencapai US $ 2,947 triliun, dan outgoing FDI stock Republik Rakyat Tiongkok mencapai US $ 2,128 triliun. Total aset keuangan asing yang dimiliki Tiongkok mencapai US $ 7,860 triliun, dan kewajiban keuangan luar negerinya US $ 5,716 triliun, menjadikan Tiongkok sebagai negara kreditor terbesar kedua setelah Jepang di dunia.(1). Dari data diatas dapat disampaikan bahwa kepemilikan bisnis di Republik Rakyat Tiongkok dimiliki oleh negara dan swasta baik domestic maupun modal asing.

  • Persaingan 

Efektif 1 Januari 2021. penerapan aturan untuk Foreign Investment Law Republik Rakyat Tiongkok telah diterbitkan,  mencerminkan komitmen Republik Rakyat Tiongkok dalam kebijakan keterbukaannya, optimalisasi lingkungan bisnis dan menerima investasi asing.

Republik Rakyat Tiongkok akan terus merampingkan administrasi dan desentralisasi, mendelegasikan kekuasaan dan memperkuat regulasi, dan mengoptimalkan reformasi layanan. Membangun Sistem Berorientasi Pasar yang Lebih Baik dan Mekanisme Faktor, menekankan penghapusan semua jenis hambatan prinsip netralitas persaingan, memperlakukan perusahaan dalam negeri, perusahaan asing dan entitas pasar lainnya yang sama dalam hal pembiayaan dan akses pasar (2)

  • Keuntungan 

Republik Rakyat Tiongkok menerapkan income tax terhadap perusahaan sebesar 25% dan perusahaan dapat mengembangkan perusahaan dari keuntungan yang di peroleh. Hal ini dapat dilihat dari minat Investor luar negeri juga dalam menginvestasikan modalnya ke Republik Rakyat Tiongkok dilihat dari data berikut.

Foreign Direct Investment (FDI) di Republik Rakyat Tiongkok meningkat sebesar $86.7 Milliar pada Des 2020, dibandingkan dengan peningkatan sebesar $58.1 Milliar pada kuartal sebelumnya. FDI Republik Rakyat Tiongkok: Data tersebut mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 105,2 USD bn pada Des 2013 dan rekor terendah sebesar 6,6 USD bn pada Mar 2000 (sumber : Ceic Data)

  • Ketersedian Produk dan Harga

Pemerintah RRT dalam undang-undang yang diberlakukan dapat mengatur harga untuk komoditas dan layanan tertentu seperti komoditas penting bagi kehidupan masyarakat, langka dan berhubungan dengan layanan public (3). Sehingga terdapat kontrol dan regulasi yang dilakukan pemerintah untuk menjaga harga produk-produk tersebut.Secara trend menunjukkan nilai CPI cenderung di angka 1 sd 3% dimana hal ini menunjukkan peran pemerintah menjaga harga pasar.

  • Pilihan atas Pekerjaan

Sektor jasa di RRT terus tumbuh karena industri-industri ini memberikan produksi yang lebih bernilai tambah. Industri jasa juga membutuhkan pekerja yang berpendidikan tinggi dan terspesialisasi – seperti pengacara, akuntan, dokter, dan peneliti yang memiliki gaji lebih tinggi daripada kebanyakan pekerja.

Amerika Serikat

Ferrel (2020) Sistem ekonomi Amerika Serikat merupakan ekonomi campuran berdasar pada konsep kapitalisme. Amerika Serikat adalah salah satu negara terkaya di dunia yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi. Sekitar 60% cadangan mata uang global diinvestasikan dalam dollar AS, sementara 24% diinvestasikan dalam Euro. Bursa Efek New York adalah bursa efek terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Investasi asing langsung di Amerika Serikat tercatat sebesar $2,4 triliun. Investasi Amerika Serikat di negara lain berjumlah $3,3 triliun.[28] Pasar tenaga kerja juga menarik imigran dari seluruh dunia.

  • Kepemilikan Bisnis

Ferrel (2020) Dalam sistem ekonomikapitalis kegiatan ekonomi berdasarkan free enterprise/free market . Free enterprise/free market mengacu pada ekonomi di mana pasar menentukan harga, produk, dan layanan daripada pemerintah. Bisnis dan layanan bebas dari kendali pemerintah. Alternatifnya, usaha bebas dapat merujuk pada sistem ideologis atau hukum di mana kegiatan komersial terutama diatur melalui tindakan pribadi.

Bentuk bisnis yang paling umum adalah perseorangan, kemitraan, korporasi, dan korporasi S. Perseroan Terbatas (LLC) adalah struktur bisnis yang diizinkan oleh undang-undang negara bagian. Pertimbangan hukum dan pajak masuk ke dalam pemilihan struktur bisnis (5)

  • Persaingan

Dalam free enterprise system terdapat 4 (empat) tipe lingkungan persaingan yaitu pure competition, monopolistic competition, oligopoly dan monopoly .

Sistem ekonomi di Amerika Serikat adalah contoh terbaik model kapitalisme yang dimodifikasi karena selaian individu diberikan kebebasan dalam mengelola bisnis tetapi juga pemerintah mengatur bisnis untuk menjaga kompetisi dan melindungi konsumen, pekerja, dan lingkungan bisnis.

  • Keuntungan 

Keuntungan atas aktivitas bisnis dalam perusahaan dapat digunakan kembali oleh perusahaan terkait untuk mengembangkan usahanya.

Penanaman Modal Asing (FDI) Amerika Serikat meningkat sebesar $72.6 Milliar pada Sep 2020, dibandingkan dengan peningkatan sebesar $726 Juta pada triwulan sebelumnya. Data tersebut mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $244,5 Milliar pada Maret 2015 dan rekor terendah -$ 69,8 Milliar pada Maret 2014.

  • Ketersedian Produk dan Harga

Produk dapat diakses dengan mudah oleh konsumen dan harga ditentukan oleh supply dan demand. Pemerintah memberikan kebabasan terhdap pasar dengan tetap memperhitungkan dampak inflasi dimana jika dilihat dari tahun 2013 trend CPI dibawah 3%.           

 Dari data import consumer goods juga dapat dilihat bahwa trend meningkat setiap tahun kecuali untuk tahun 2020   sehubungan dengan pandemic COVID 19

  • Pilihan atas Pekerjaan

   Dengan adanya kebebasan dalam menjalankan bisnis di Amerika Serikat maka peluang pekerjaan juga tersedia.      Indeed (2017) melakukan proyeksi pertumbuhan jenis pekerjaan dimana rata-rata meningkat 5% untuk setiap jenis    pekerjaan.

Bisnis Manis Sarang Burung Walet : Tirai Bambu VS Paman Sam?
  • Apa Itu Sarang Burung Walet

Tirto

Sarang burung walet atau Edible Bird’s Nest, adalah produk bahan baku pangan yang melegenda dan diyakini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan organ tubuh dan kulit sejak ribuan tahun yang lalu di Cina.  

Meski masih sedikit artikel penelitian tentang manfaat sarang burung walet, namun beberapa penelitian telah berhasil membuktikan manfaatnya. 

Burung walet umumnya tinggal di dalam gua pada dataran rendah yang jauh dari pemukiman warga. Berbeda dengan jenis burung lain, air liur nya memiliki karakteristik lengket sehingga dapat direkatkan ke permukaan gua, lalu mengeras dan digunakan sebagai sarang untuk bertahan hidup agar tidak jatuh.

Letaknya yang menempel pada gua gelap, membuat pengambilan rumah walet ini menjadi sulit.  Itu sebabnya kini pengembang biakan walet banyak disiasati dengan mengadakan peternakan dalam rumah atau ruko.

Empat lumbung produksi sarang burung walet terbesar di Indonesia menurut urutan nya adalah; Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Batam.  Namun seiring dengan dibuatnya peternakan modern dan berkurangnya lahan seperti hutan dan gua di pulau Jawa, maka pengembangan bergerak ke Kalimantan dan Sulawesi. Dua jenis sarang burung walet yang dihasilkan negeri ini adalah walet sarang putih dan hitam.

Kedua varian tersebut memiliki kandungan nutrisi tinggi, dengan kadar protein sebagai mineral terbanyak, diikuti karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor dan besi.  Tinggi nya gizi dalam sarang walet, menjadikan minuman ini baik untuk saluran pernafasan, kecantikan, obesitas dan meningkatkan konsentrasi

Karena langka, sulit diambil dan sangat menyehatkan, komoditas ini pun memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

  • Kinerja Sarang Burung Walet

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan di tahun 2020, Indonesia merupakan negara penghasil sarang burung walet terbesar di dunia bahkan mengekspor 38,57% kebutuhan global.  Komoditas ini pun menyumbang 0,5% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.  Namun masih belum menandingi ekspor seperti batu bara dan minyak sawit.

5 besar eksportir Sarang Burung Walet dunia:

  1. Indonesia 38,57%
  2. Singapura 28%
  3. Republik Rakyat Tiongkok 9,15 %
  4. Hong Kong 4,69%
  5. Malaysia 4,64%

     Realisasi ekspor sarang burung walet dari Indonesia adalah sebagai berikut:

 

Sedari dulu penjualan sarang burung walet memang lebih aktif ke luar negeri dibandingkan dalam negeri.  Hal ini dikarenakan daya beli pasar dalam negeri rendah dan masyarakat Indonesia belum memiliki keyakinan akan khasiat dari sarang walet, tidak seperti Republik Rakyat Tiongkok yang telah mengkonsumsi secara turun temurun.Kebutuhan sarang burung dalam negeri hanya sekitar 5% dari jumlah produksi setiap bulan, atau 50 ton dari 1.000 ton per bulan nya.

Republik Rakyat Tiongkok adalah pengguna dan pengimpor terbesar sarang burung walet di dunia. Republik Rakyat Tiongkok rutin memasang kuota 150 ton per tahun untuk import sarang burung walet  dari Indonesia ke negara nya.  

Republik Rakyat Tiongkok menjadi target ekspor sarang burung walet andalan bagi Indonesia.  Selain tersedia pasar yang besar, Republik Rakyat Tiongkok menetapkan harga jual lebih tinggi dibandingkan negara lain, yakni rata rata 20 juta per kilogram.Hanya saja untuk masuk pasar Republik Rakyat Tiongkok, persyaratan nya pun paling berat dibandingkan negara lain.

Amerika pada Maret 2020 pertama kalinya mencatat transaksi import sarang walet dari Indonesia.  Hal ini terjadi karena berkembang tren konsumsi makanan dan penggunaan obat serta makanan berbahan organik di Amerika.  Peluang ini pun berhasil ditangkap Indonesia saat mengenalkan produk ternak dan pertanian di ajang Natural Products Expo East (NPEE), Baltimore, AS di September 2019.

Hal menarik lain tentang sarang burung walet adalah, komoditas ini tidak terpengaruh oleh terjangan pandemic covid 19.  Pengiriman sarang burung walet ke Republik Rakyat Tiongkok dan pasar globaldari Indonesia setiap tahun nya mengalami peningkatan, berikut adalah data dari Badan Pusat Statistik

Tahun

Republik Rakyat Tiongkok

Global

2015

18 ton

761 ton

2016

23 ton

992 ton

2017

56 ton

1287 ton

2018

70 ton

1291 ton

2019

130 ton

1258 ton

·Tantangan dan Strategi 

Meski pasar Republik Rakyat Tiongkok selalu menanti import walet, Indonesia sebagai negara penghasil walet terbesar di dunia belum mampu mengirim dengan kuota yang dibutuhkan Republik Rakyat Tiongkok. Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi mengatakan sebetulnya Indonesia memiliki potensi nilai ekspor sarang burung walet hingga 500 Triliun dalam setahun.   Ironisnya devisa negara banyak menguap karena pengusaha sarang burung walet Indonesia lebih gemar menjual dengan cara black market ketimbang resmi.

Terdata hanya ada 23 perusahaan Indonesia yang lolos peraturan ekspor sarang burung walet ke Republik Rakyat Tiongkok atau mengirim dengan cara resmi. Dari angka tersebut, 4-5 kali lipat, memilih melalui jalur penyelundupan atau lewat Hongkong, Vietnam, Singapura dan Malaysia.  Ini dikarenakan peraturan negara selain Republik Rakyat Tiongkok lebih longgar.

Peraturan ekspor ke Republik Rakyat Tiongkok mengharuskan beberapa aspek dibawah ini:

  1. Sertifikat CNCA (Badan Sertifikasi dan Administrasi Akreditasi Republik Rakyat Tiongkok)
  2. Dokumen Ketelusuran
  3. Kandungan Nitrit < 330 ppm
  4. Melalui pemanasan 70 derajat celcius selama 3,5 detik

Jika lolos prosedur, penjualan legal ke Republik Rakyat Tiongkok sebetulnya bisa menghasilkan setidak nya 20 juta/ kg, namun karena banyak yang memilih jalan singkat, maka walet hanya dihargai rata rata 600 rb/ kg.  Pola tersebut tentu mengurangi potensi devisa negara.

Terdapat 2 Perusahaan yang memiliki proses pengembangan sarang burung wallet yang baik yaitu PT Tongheng Investment Indonesia dan PT Ori Ginalset Indonesia, Deli Serdang, Sumut. Kedua nya menjalankan mekanisme proses produksi sarang burung walet dari hulu ke hilir dengan teliti

Hal yang dilakukan untuk menghasilkan produk unggulan sarang burung walet adalah sebagai berikut:

  1. Penentuan lokasi budidaya sarang burung walet; Sumatera dan Kalimantan memiliki potensi terbesar
  2. Pemilihan jenis sarang burung walet yang diminati pasar
  3. Pengolahan yang berkualitas
  4. Pengemasan dalam bentuk siap konsumsi. Hanya menjual setelah dikemas karena harganya jauh lebih mahal daripada mentahan yang kurang menguntungkan
  5. Ikut standard Badan Karantina Pertanian yang menggunakan system Hazard Analysis Critical Control Point, HACCP seperti yang diminati Republik Rakyat Tiongkok.HACCP adalah analisis bahaya dan pengendalian titik kritis saat memproduksi sarang burung walet.
  6. Teregistrasi otoritas karantina pertanian Republik Rakyat Tiongkok, GACC (General Administration of Customs of The People’s Republic of Republik Rakyat Tiongkok)
  7. Penelusuran jelas; dari mulai rumah walet, pengolahan di pabrik, hingga dijual ke konsumen.

  • Saran

Dari pembahasan diatas dapat disampaiakn terobosan yang dapat dilakukan untk peningkatan ekspor sarang burung wallet diantaranya

  1. Adanya dukungan dari pemerintaha dimana Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Walet Indonesia (PPBSI), menginginkan pemerintah melalui kementerian perdagangan melarang pengiriman dalam bentuk bahan mentah.  
  2. Pemerintah konsisten memberikan pelatihan terkait kualitas produk untuk memenuhi prosedur permintaan Republik Rakyat Tiongkok.Klinik ekspor saat ini sudah dilakukan atas gagasan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dengan slogan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor.
  3. Kedutaan Besar Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok dan KADIN hubungan Republik Rakyat Tiongkok rutin memfasilitasi kegiatan business match khusus sarang burung walet, sehingga terjadi kerja sama yang baik antara penjual dan pembeli walet Indonesia Republik Rakyat Tiongkok.Sebuah keuntungan, business match sekarang dapat menggunakan teknologi sehingga biaya akan lebih murah dibandingkan pertemuan langsung yang memerlukan traveling antar negara.
  4. Memberikan insentif untuk pembelian perangkat teknologi yang diperlukan untuk pengemasan walet standard Republik Rakyat Tiongkok, sehingga dapat mengoptimalkan devisa negara.

  • Ikhtisar:

Alam Indonesia dianugerahi keberadaan burung walet dalam jumlah banyak yang mampu menghasilkan minuman bernutrisi tinggi kelas mewah.  Jumlah nya pun terbanyak di dunia. 

Sinergitas antara pengusaha sebagai penyedia walet dan pemerintah sebagai fasilitator untuk memenuhi permintaan para importir sangat diperlukan untuk memberikan kualitas sesuai permintaan pasar global.

Sumber:

  1. Ferrel 2020 Business Foundation – A Changing World 12th Edition
  2. Tjan, Sie Tek (25 September 2020). "SAFE releases Republik Rakyat Tiongkok's net International Investment Position (NIIP) as of the end of June 2020". www.safe.gov.cn. Retrieved 19 October 2020.
  3. Doing Business in Republik Rakyat Tiongkok (Delloitte)
  4. http://english.mofcom.gov.cn/article/policyrelease/Businessregulations/201303/20130300046121.shtml
  5. https://www.Republik Rakyat Tiongkok-briefing.com/news/leading-trends-in-Republik Rakyat Tiongkoks-services-sector-after-covid-disruption/
  6. https://www.irs.gov/businesses/small-businesses-self-employed/business-structures#:~:text=The%20most%20common%20forms%20of,into%20selecting%20a%20business%20structure
  7. https://www.hiringlab.org/2017/10/24/bls-october-new-job-growth-projections/
  1. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-sarang-burung-walet/#gref
  2. https://www.alodokter.com/potensi-sarang-burung-walet-dalam-mengatasi-3-penyakit-ini
  3. http://lipi.go.id/berita/24-penyakit-karena-burung-walet/2732
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6112221/
  5. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210118124101-4-216795/cerita-harta-karun-terpendam-indonesia-sekilo-rp-140-juta/2
  6. https://money.kompas.com/read/2021/01/22/122029226/tren-ekspor-sarang-burung-walet-meningkat-indonesia-diuntungkan?
  7. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180303/99/745469/ini-deretan-daerah-potensial-penghasil-sarang-walet
  8. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210115184819-4-216429/harta-karun-ri-selama-ini-banyak-dikirim-ke-Republik Rakyat Tiongkok-hong-kong

Maximus Team:

  • Femi Famela Fauzi
  • Zulham Anggia Nasution

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format