Ekspansi Internasional PT Kalbe Farma saat Pandemi Covid-19, Tiongkok atau Myanmar?


0

Dilansir dari Buku Ajar Perekonomian Indonesia (2018) karya Sattar, sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antara manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan. Sistem ekonomi terdiri atas unsur-unsur manusia sebagai subyek, barang-barang ekonomi sebagai obyek, dan seperangkat kelembagaan yang bertugas mengatur dan menjalin hubungan dalam kegiatan ekonomi. Sistem ekonomi yang ada pada setiap negara berbeda-beda. Disesuaikan dengan kebijakan dan tujuan masing-masing negara.

Sistem ekonomi memberikan gambaran bagaimana kelompok sosial tertentu (dalam hal ini negara) mendistribusikan sumber daya untuk produksi barang dan jasa 1.  Untuk itu pelaku bisnis perlu memahami sistem ekonomi negara di mana usaha tersebut akan berjalan.  Hal ini penting karena sistem ekonomi tertentu mungkin menjadi penghambat suatu usaha dapat berkembang.

Dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi (2010) karya Jimmy Hasoloan, dijelaskan tiga jenis sistem ekonomi yang berlaku saat ini, yaitu: 

  1. Sistem ekonomi pasar (liberal), merupakan sistem ekonomi yang berlandaskan pada kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi, seperti konsumsi dan produksi. Sistem ekonomi ini menentukan keseimbangan dengan cara mengandalkan kemampuan pada sistem harga, yaitu tarik menarik antara permintaan dan penawaran. Ciri-ciri sistem ekonomi pasar adalah hak milik pribadi, kebebasan berusaha dan kebebasan memilih, motif kepentingan diri sendiri, persaingan bebas, harga ditentukan oleh mekanisme pasar, dan peran pemerintah terbatas. 
  2. Sistem ekonomi komando (sosialis), merupakan sistem ekonomi dimana pemerintah membuat semua kebijakan menyangkut produksi, distribusi, dan konsumsi. Dalam sistem ini, kontrol pemerintah sangat tinggi, yaitu mengatur semua aspek kegiatan ekonomi. Ciri-ciri sistem ekonomi komando adalah hak individu tidak diakui, harga ditentukan oleh pemerintah, dan peran pemerintah sangat dominan. 
  3. Sistem ekonomi campuran, merupakan gabungan antara sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando. Dalam sistem ekonomi ini, kebebasan dan hak individu atau perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui. Tetapi pemerintah juga ikut campur dalam perekonomian sebagai stabilisator ekonomi dengan memberlakukan berbagai kebijakan. Selain sebagai stabilisator, peran pemerintah dalam sistem ini juga untuk mencegah terjadinya konsentrasi yang terlalu besar di tangan satu orang atau kelompok swasta serta untuk membantu golongan ekonomi lemah 2.

Dalam tulisan ini, kita akan membandingkan sistem ekonomi dua negara yaitu Tiongkok dan Myanmar dari beberapa aspek seperti business ownerships, profit, competition product availability & price, dan employment option. Tiongkok dan Myanmar adalah dua negara di Asia yang sama-sama memiliki sistem ekonomi kapitalis atau liberalis, walaupun dalam sejarahnya, kedua negara ini memiliki sistem ekonomi sosialisme.  Reformasi ekonomi Tiongkok dimulai pada masa kepemimpinan Deng Xiaoping sejak tahun 1978 3 dan reformasi ekonomi Myanmar dimulai tahun 2011 pada masa Presiden Then Sein 4.  Sehingga terlihat bahwa sistem ekonomi suatu negara juga dapat dipengaruhi oleh situasi politik di negara tersebut.  Meskipun kedua negara memiliki sistem ekonomi kapitalis / liberalis, terdapat beberapa perbedaan.

Parameter

Tiongkok

Myanmar

Business ownerships

Selama pemerintahan pemerintah Nasionalis (1912–1949), hak komunal dan adat memberikan kepemilikan tanah kepada tuan tanah, bangsawan, lembaga keagamaan, dan masyarakat desa. Sementara itu, negara membuat rancangan undang-undang properti yang didasarkan pada tradisi hukum sipil Jerman dan Jepang. Di bawah pemerintahan Nasionalis, sektor swasta memiliki sebagian besar hutan. Setelah mereka memperoleh kekuasaan, Partai Komunis China (PKC) secara bertahap berupaya menghapus kepemilikan pribadi. Kepemilikan hutan hak terus ada sampai kolektivisasi pedesaan. 11.

Pemerintah menguasai minyak dan gas bumi melalui Myanmar Oil and Gas Enterprise, operator tunggal yang mengelola industri minyak dan gas bumi di Myanmar 5.

Militer Myanmar melalui Myanmar Economic Holdings Limited (MEHL)6 dan Myanmar Economic Corporation (MEC) 7 menguasai berbagai sektor industri termasuk perbankan, asuransi, pariwisata, perumahan, transportasi, pertambangan dan pengolahan logam.

Selain itu, pemerintah Myanmar juga memiliki Myanmar Pharmaceutical Industry Enterprise (MPIE) dengan produksi dan distribusi 200 jenis obat-obatan esensial di Myanmar dan menguasai 3-10% pangsa pasar. 8

Competition 

Kompetisi berlangsung dengan persaingan bebas tetapi tetap diawasi oleh negara.

Kompetisi dikuasai oleh perusahaan milik militer Myanmar yang memonopoli di berbagai sektor industri.  

Sebagian besar perusahaan asing yang melakukan Foreign Direct Investment (FDI)  di Myanmar bekerja sama dengan Myanmar Economic Holdings Limited 5

Profit

Perusahaan dan individu wajib membayar pajak penghasilan kepada negara. Besarnya pajak penghasilan tersebut ditetapkan oleh negara yang besarnya progresif dari 3% hingga 45%.12

Perusahaan dan individu wajib membayar pajak penghasilan.  Namun, MEHL dikecualikan dari pajak komersil dan pajak keuntungan. 5

Product availability & price

Banyak sekali produk dan jasa yang dihasilkan di negara Tiongkok mulai dari produk barang dan jasa berskala kecil yang dihasilkan dari rumah penduduk sampai dengan produk dan barang yang dihasilkan dari pabrik berkapasitas besar, yang membuat produk/jasa dijual dengan harga yang kompetitif.

Ketersediaan dan harga produk / jasa dipengaruhi oleh supply dan demand.  Namun karena sebagian besar sektor industri dimonopoli oleh perusahaan konglomerasi militer Myanmar, maka secara tidak langsung mereka mengontrol harga dan ketersediaan produk.

Employment option

Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 milyar orang, maka negara Tiongkok sangat berlimpah dengan sumber daya manusia yang bekerja di berbagai sektor baik pertanian, perdagangan, industri perumahan maupun manufaktur.

Tersedia lapangan pekerjaan di berbagai sektor industri.  Tenaga kerja paling banyak bekerja di sektor pertanian, perhutanan dan perikanan, disusul sektor perdagangan besar dan ritel.9

Country Risk Rating10

B (fairly High)

D (very High)

Country Risk Assessment Map

                     https://lh4.googleusercontent.com/2wqzIUOzWr3vaNrIZ0FbkdHAPpKjkohAn1Xh60nH5WSjrOxz75v-jvmkTo0TwQacTX2BuuzK555ru7AvGRGGH9tcuHviglMGF0lVLbccAjK3HDDIju2QdkjIKYCxUKvmQJYPWwK0

Sumber foto :https://www.coface.com/News-Publications/Publications/Country-risk-assessment-map-september-2020#at_pco=smlre-1.0&at_si=6043a635f2eab628&at_ab=per-2&at_pos=1&at_tot=3 

Pandemi Covid -19 telah berdampak global, tidak hanya menyerang Tiongkok tetapi juga menyerang negara-negara lainnya tidak terkecuali Indonesia. Indonesia mengkonfirmasi kasus pertama infeksi virus corona penyebab Covid-19 pada awal Maret 2020. Hampir seluruh sektor terdampak, tak hanya kesehatan sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona. Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian13. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyatakan bahwa dampak penyebaran pandemi global Covid-19 tidak hanya dari sisi kesehatan, melainkan berdampak pada persoalan ekonomi sosial serta stabilitas keuangan. Hal ini disampaikan Sri Mulyani saat menjadi narasumber forum diskusi online Indonesia Moving Forward dengan tema Macro Outlook dan Peluang Kebangkitan Ekonomi Pasca pandemi Covid-19. 

Salah satu dampak pandemi Covid-19 terutama di perekonomian Indonesia adalah kelangkaan dan terhambatnya pasokan Bahan Baku Obat (BBO)  ke dalam negeri. Indonesia diprediksi akan kesulitan mendapatkan baku obat karena mayoritas bahan baku segala jenis obat yang diproduksi di Indonesia didapatkan melalui impor dari negara lain. Sementara, negara-negara pengekspor bahan baku obat sedang mengalami dampak buruk akibat virus corona.

Pukulan dampak pandemi Covid-19 berupa juga dirasakan oleh perusahaan produsen farmasi seperti PT Kalbe Farna Tbk yang berdiri sejak tahun 1966. Kalbe telah tumbuh dan bertransformasi menjadi penyedia solusi kesehatan terintegrasi melalui 4 kelompok divisi usahanya: Divisi Obat Resep (kontribusi 23%), Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 17%), Divisi Nutrisi (kontribusi 30%), serta Divisi Distribusi and Logistik (kontribusi 30%). Keempat divisi usaha ini mengelola portofolio obat resep dan obat bebas yang komprehensif, produk-produk minuman energi dan nutrisi, serta usaha distribusi yang menjangkau lebih dari satu juta outlet di seluruh kepulauan Indonesia. Kalbe Farma juga merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp79,2 triliun dan nilai penjualan Rp20,2 triliun di akhir 2017 14.

Produk – Produk Kalbe Farma

                         https://lh5.googleusercontent.com/SQJjrT3HbrM6Oy4AmWdTefBV6BIq8rgX3egMXXp7Y-0fu4JViVawLkIVSYYXI1SJT0x56wp6dzYzBhVSaUWh26afdUcAfAamp205mQKTjKDBbFO1nIql0_5_x4rCtLQzFtfqPYPX

Sumber foto: https://www.kalbe.co.id/product-and-services

Dalam rangka meningkatkan profit dan tingkat pertumbuhan Perusahaan sebagai akibat dampak pandemi Covid-19 di dalam tulisan ini kami akan membahas skenario yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu skenario yang dapat diterapkan adalah melakukan ekspansi bisnis ke negara dengan sistem dan kondisi ekonomi yang tepat. Berikut hasil analisis dan evaluasi kami terhadap kondisi sistem ekonomi negara Tiongkok & Myanmar untuk menarik investor asing: 

Tiongkok

Myanmar

Pros:

  • Kompetisi berlangsung dengan persaingan bebas tetapi tetap diawasi oleh negara, artinya perusahaan asing diijinkan untuk berinvestasi secara bebas.
  • Tarif pajak penghasilan (Corporate Income Tax) cukup rendah progresif dari 3% hingga 45%.
  • Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 milyar orang merupakan target pangsa pasar yang sangat menarik dan menguntungkan.
  • Memperpendek rantai pasokan BBO karena 90% bahan baku berasal dari Tiongkok.
  • Memperoleh predikat terbaik di dunia internasional sebagai tujuan utama bagi investasi asing
  • Memiliki tenaga kerja yang murah dengan keterampilan yang relatif baik.
  • Kondisi makro ekonomi meningkat dan pemerintahannya stabil
  • Sistem hukum yang kuat dan konsisten

Cons :

  • Isu pencemaran lingkungan
  • Meningkatnya ketegangan keamanan di area perbatasan dengan India dan negara ASEAN

Pros :

  • Salah satu anggota ASEAN, lokasi lebih dekat dengan Indonesia
  • Biaya tenaga kerja relatif rendah

Cons :

  • Tidak ada kebebasan untuk investor karena kompetisi dikuasai oleh perusahaan milik militer Myanmar yang memonopoli di berbagai sektor industri.
  • Harga dan ketersediaan produk dikontrol oleh konglomerasi militer Myanmar 
  • Adanya kebijakan proteksionisme atau menciptakan barrier yang bersifat non- tariff dari Pemerintah setempat produk-produk impor. Hal ini untuk melindungi pemain lokal mereka. 
  • Saat ini kondisi sosial politik tidak stabil, keamanan tidak kondusif
  • Tingkat korupsi yang masif dan lingkungan bisnis yang tidak mendukung
  • Kurangnya infrastruktur yang menunjang

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi diatas, maka kami memilih negara Tiongkok sebagai negara yang layakuntuk melakukan ekspansi produk dan pasar Perusahaan. Adanya pengaruh militer dalam menggerakan perekonomian di Myanmar merupakan salah satu alasan kami tidak memilih negara tersebut sebagai tujuan ekspansi.   Saat ini juga tengah terjadi kudeta militer di Myanmar yang mengakibatkan ketidakpastian ekonomi dan dapat berisiko bagi investor asing.

Dengan kondisi dan sistem ekonomi Tiongkok yang cukup kondusif diharapkan produk-produk yang ditawarkan Perusahaan dapat disambut dan terserap baik oleh pasar sehingga dapat meningkatkan profit dan pertumbuhan Perusahaan. Meskipun Tiongkok merupakan negara yang terbuka untuk investor asing, namun masih ada hal yang perlu diwaspadai, yaitu terkait risiko stabilitas keamanan terutama di area perbatasan. Upaya mitigasi yang dapat dilakukan adalah berkoordinasi secara “G to G” agar Pemerintah Tiongkok dapat mengedepankan diplomasi yang mengarah ke perdamaian.


Nama Kelompok: Lords of Business

1. Ferdinand Luther

2. Yunarto Tri Wibowo

3. Ayoe Bientang Anggarie


Referensi:

1 Business Foundations A Changing World 12th Edition, OC Ferrel, Geoffrey A. Hirt dan Linda Ferrel 

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/20/180544069/sistem-ekonomi-definisi-dan-jenisnya, diakses 6 Maret 2021, 12.03 PM

3https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_ekonomi_Tiongkok_(1949%E2%80%93sekarang) diakses 3 Maret 2021 , 5 PM

4https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Economy_of_Myanmar&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search diakses 3 Maret 2021 , 5 PM

5https://en.wikipedia.org/wiki/Myanma_Oil_and_Gas_Enterprise,diakses 6 Maret 2021, 1.11 AM

6https://en.wikipedia.org/wiki/Myanma_Economic_Holdings_Limited, diakses 6 Maret 2021, 1.33 AM

7https://en.wikipedia.org/wiki/Myanmar_Economic_Corporation, diakses 6 Maret 2021, 1.34 AM

8https://en.wikipedia.org/wiki/Myanma_Pharmaceutical_Industry_Enterprise , diakses 6 Maret 2021, 1.50 AM

9 COVID-19 Impact on Employment and Labour Market in Myanmar – July 2020, International Labour Organization

10 https://www.coface.com/cofaweb/comparer/266-751-841

11https://translate.google.com/translateu=https://en.wikipedia.org/wiki/Chinese_property_law&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search diakses 6 Maret 2021, 12.19 PM

12https://translate.google.com/translateu=https://en.wikipedia.org/wiki/Income_tax_in_China&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search diakses 6 Maret 2021, 18.40 PM

13 https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all.

14https://www.kalbe.co.id/id/tentang-kami



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format