Perbandingan Sistem Ekonomi Jepang vs Rusia, Serta Potensi Ekspor Trisula Textile Industries Ke Jepang


1
1 point

Jepang

Rusia

Business Ownership

Jepang menganut sistem ekonomi kapitalisme dan dalam indeks kemudahan berbisnis, Jepang menempati peringkat ke-12 juga termasuk salah satu negara maju dengan birokrasi paling baik dalam mengurus izin. Keiretsu adalah grup usaha yang beranggotakan perusahaan yang saling memiliki kerja sama bisnis dan kepemilikan saham.

Negara Jepang masih memiliki, mengoperasikan serta meregulasi industri besar, tetapi warga juga diberikan pilihan kebebasan dan dilindungi oleh Pemerintah jika ingin mendirikan sebuah usaha.

Di Jepang, Negara melalui BUMN nya bertindak layaknya orang tua bagi perusahaan-perusahaan lokal. Mereka menjadi semacam jembatan bagi perusahaan lokal untuk melaju ke dunia internasional.

Negara Jepang mempunyai aturan khusus mengenai kepemilikan bisnis yang berlaku. Bagi mereka yang sudah memiliki perusahaan mapan di luar negeri dan ingin mengembangkan bisnisnya ke Jepang, ada 3 jenis operasi yang dapat Anda pilih untuk memasukkan bisnis Anda yaitu Anda dapat mendirikan Kantor Perwakilan, Kantor Cabang, atau Perusahaan Anak. Di Jepang, Kantor Perwakilan tidak diizinkan untuk bertindak dalam aktivitas penjualan.

Bagi mereka yang ingin memulai bisnis baru di Jepang, Anda perlu mendirikan perusahaan dan mendapatkan VISA khusus. Sejak penggunaan jenis Visa baru yang disebut "Start-Up Visa" tersedia di beberapa wilayah Jepang, sedikit lebih mudah bagi pengusaha non-Jepang untuk datang ke Jepang dan memulai bisnis mereka sendiri.

Tipe Kepemilikan bisnis yang ada di negara Jepang:

Jenis struktur bisnis yang digunakan di Jepang:

1. Korporasi (Kabushiki Gaisha)

Kabushiki Gaisha atau disingkat K.K dan diterjemahkan sebagai Perusahaan Saham, merupakan perusahaan yang sahamnya dapat diperdagangkan secara publik di pasar terbuka. Ini adalah bentuk struktur bisnis yang paling terkenal dan umum digunakan oleh perusahaan Jepang dan dipandang lebih dapat dipercaya daripada struktur bisnis lain dalam masyarakat Jepang.

2. LLC (Goudou Gaisha)

LLC adalah pengganti dari struktur bisnis sebelumnya yang dikenal sebagai Yugen Gaisha. Tanggung jawabnya terbatas dan biaya pendaftaran lebih masuk akal daripada korporasi (K.K). Saham perusahaan tidak diperdagangkan secara publik di pasar terbuka. LLC masih merupakan bentuk baru dari struktur bisnis Jepang dan belum terlalu terkenal di masyarakat, oleh karena itu banyak orang cenderung mendirikan perusahaannya sebagai korporasi (K.K).

3. Kemitraan Umum (Goumei Gaisha)

Kemitraan umum, yang dalam bahasa Jepang dikenal sebagai Godo kaisha, serupa dengan perseroan terbatas di A.S. atau GmbH di Jerman. Kemitraan umum di Jepang adalah badan hukum yang mampu menjalankan semua aktivitas bisnis normal dan memiliki struktur yang lebih fleksibel daripada perusahaan saham gabungan. Konsultan formasi perusahaan kami di Jepang dapat membantu anda membuka perusahaan semacam itu di Jepang.

4. Kemitraan Terbatas (Goushi Gaisha)

Kemitraan terbatas dibentuk oleh dua jenis anggota: dengan kewajiban tidak terbatas, disebut mitra umum atau dengan kewajiban hanya sebatas kontribusi mereka ke modal kemitraan yang disebut mitra diam. Seperti dalam kasus kemitraan umum, aset anggota tidak dilindungi jika terjadi likuidasi.

Investor dapat memilih untuk membentuk kemitraan tanggung jawab terbatas. seperti namanya, ini memungkinkan untuk kewajiban terbatas yang sama (hingga jumlah modal yang diinvestasikan) seperti dalam kasus perusahaan terbatas, tetapi dengan manfaat kemitraan.

Sistem ekonomi Negara Rusia seperti menganut sistem ekonomi campuran dengan dua sistem yang diterapkan, ketika pemimpin saat itu dari Vladimir Ilyich Ulyanov Lenin yang menganut sistem ekonomi sosialis dan pemimpin dari Vladimir Putin yang mengubah sistem ekonomi menjadi kapitalis. Saat ini Negara Rusia tetap mempertahankan sistem komunisnya dan berkembangnya sistem kapitalis.

Sehingga perekonomian berdasarkan kepemilikan negara pada seluruh bidang seperti pertanian, industri manufaktur, dan lain-lain. Sistem perekonomian sangat dikontrol oleh negara, seperti investasi, sumber daya alam, kepemilikan bisnis, stabilitas ekonomi, tingkat pengangguran yang rendah, dan kesempatan kerja yang tinggi.

Perekonomian disusun secara terpusat, lalu dilaksanakan oleh Gosplandan diorganisasikan dalamrencana lima tahun.

Beberapa layanan dasar untuk masyarakat didanai oleh pemerintah, misalnya layanan pendidikandan kesehatan. Di sektor industri, industri alat berat dan pertahanan diberikan prioritas lebih tinggi daripada barang kebutuhan rumah tangga.

Ada sejumlah struktur hukum berbeda yang dapat dipilih untuk bisnis Rusia. Anda harus menentukan mana yang akan Anda pilih sebelum melanjutkan dengan sebagian besar langkah di bagian di atas. Rincian lengkap tentang struktur bisnis legal dan fiturnya tersedia dalam KUH Perdata dan hukum perusahaan Federasi Rusia – Hukum Federal 14-FZ (Perseroan Terbatas) dan Hukum Federal 208-FZ (Perusahaan Saham Gabungan). Beberapa jenis utama perusahaan Rusia adalah:

1. Perseroan Terbatas (OOO)

Ini adalah jenis bisnis paling umum di Rusia. Sebuah OOO dapat memiliki maksimal 50 pemegang saham yang masing-masing harus menyumbang minimal R10.000 (50% dibayarkan saat pendaftaran). Para pemegang saham secara bersama-sama bertanggung jawab atas hutang perusahaan hingga jumlah modal yang terdaftar.

Struktur kepengurusan terdiri dari 1) rapat umum (badan tertinggi yang bertemu minimal setahun sekali) dan 2) direksi (mengawasi kegiatan bisnis umum). Dalam beberapa kasus, komite eksekutif juga dapat dibentuk.

Setiap individu Rusia atau asing (atau perusahaan) dapat menjadi pendiri atau pemegang saham dari sejumlah OOO Rusia, meskipun untuk menjadi anggota dewan atau direktur Anda harus memiliki visa dan / atau izin tinggal yang diperlukan untuk tinggal di negara tersebut jika Anda adalah orang asing. OOO adalah badan hukum Rusia yang dapat melakukan segala bentuk aktivitas yang tidak dilarang oleh Federasi Rusia. Mereka akan membutuhkan lisensi untuk melakukan semua jenis aktivitas berlisensi.

2. Perusahaan saham gabungan

Ini dapat berupa terbuka (OAO) atau tertutup (ZAO). ZAO adalah perusahaan swasta Rusia dan sangat mirip dengan OOO (entitas bisnis di rusia). OAO adalah perusahaan publik. Perbedaan utamanya adalah bahwa OAO dapat memiliki lebih dari 50 pemegang saham, saham dapat dialihkan secara bebas ke publik (bukan hanya antar pemegang saham), dan kontribusi modal minimum yang diminta adalah R100.000.

OOO (dalam bahasa Rusia "Obchtchestvo s Ogranitschennoy Otvetstvennostuy") adalah perusahaan dengan kewajiban terbatas, yang modal sewanya dibagi menjadi saham. Ini adalah bentuk badan hukum komersial yang didirikan di Rusia yang memperoleh kapasitas hukumnya melalui pendaftaran dengan otoritas negara masing-masing.

Struktur manajemen dan kewajiban pemegang saham dari kedua jenis perusahaan saham gabungan serupa dengan OOO. 

Kemitraan seringkali lebih cocok untuk bisnis kecil di Rusia. Ada dua jenis kemitraan dalam bisnis Rusia:

3. Kemitraan umum– di mana dua atau lebih individu (atau perusahaan) memiliki hak dan kewajiban yang sama berdasarkan perjanjian kemitraan. Berbeda dengan perseroan terbatas dan perusahaan saham gabungan, aset pribadi dapat digunakan untuk menutupi hutang dengan kemitraan umum. Pengelolaan dibagi antara mitra dan modal bisnis dirinci dalam perjanjian kemitraan.

4. Kemitraan terbatas– di mana kemitraan memiliki dua jenis mitra. Mitra umum yang bertanggung jawab penuh atas hutang dan keuntungan, membuat keputusan utama dan dapat menutupi biaya dengan aset pribadi; dan mitra terbatas yang hanya bertanggung jawab atas kontribusinya pada modal bisnis.

5. Kepemilikan tunggal– ini untuk individu yang memulai bisnis Rusia sendiri.

Competition

Pemerintah mengatur investasi terutama untuk industri utama Jepang, tetapi tetap memprioritaskan kepentingan negara, salah satunya membatasi investasi asing untuk 12 industri utama Jepang.

Rusia pasca reformasi mengalami perubahan dalam bidang ekonomi, budaya, dan politik. Rusia tetap mempertahankan ciri khas negara komunisnya tetapi sudah mulai mengadopsi sistem ekonomi pasar dengan pengontrolan pemerintah.

Profits

Bentuk usaha perseorangan maupun korporasi berhak menentukan nilai keuntungan dari usaha mereka, dengan tetap dibebankan pajak sesuai peraturan yang berlaku.

Bentuk usaha perseorangan maupun korporasi berhak menentukan nilai keuntungan dari usaha mereka, dengan tetap dibebankan pajak sesuai peraturan yang berlaku.

Bisnis profit di Rusia diatur dan diserahkan kepada negara dan nantinya akan digunakan untuk mendukung ekonomi & sosial negara.

Product avaibility & price

Pihak kementrian ekonomi, perdagangan, dan industri Jepang, Kenzo Mizutan imenjelaskan bahwa struktur dasar industri distribusi di Jepang mengenal tiga lapisan saja. Mulai dari produsen lalu ke industri jasa perantara dan langsung ke ritel sebagai pihak yang berkontak langsung dengan produsen. Ia juga mengatakan bahwa ritel modern di Jepang memang sangat banyak. Tetapi pemerintah Jepang memberikan regulasi agar ritel modern ini tidak melibas ritel tradisional yang sudah ada.

Harga produk sangat bervariasi, ditentukan dari kualitas produk. Dan dengan budget terbatas, kita juga dapat membeli produk yang inexpensive di beberapa toko.

Ketersediaan produk mengacu pada lembaga negara Rusia menjadi barometer bagi importir dan eksportir pelaku industri makanan serta minuman yang masuk pasar Rusia, selain menjadi ajang pelaku bisnis untuk bertukar pengalaman. Selain itu ajang ini bisa digunakan untuk melihat animo pasar serta menemukan mitra dagang dan jaringan business-to-business.

Barang kebutuhan rumah tangga di luar kota-kota besar terkadang mengalami kelangkaan, yang ada pun bermutu rendah dan tidak banyak pilihan. Dengan sistem ekonomi terpusat, pelanggan hampir tidak berpengaruh dalam proses produksi sehingga perubahan permintaan terhadap barang oleh konsumen yang pendapatannya lebih tinggi masih bisa diatur oleh Lembaga bea cukai negara tersebut.

Employment options

Pilihan karir banyak, kesempatan yang sama besar pada sektor swasta maupun sektor dalam usaha pemerintah. Tetapi terdapat dukungan dari pemerintah jika warga ingin mendapatkan pinjaman usaha

Employment rate di Jepang pada bulan Desember 2020 adalah 60.30 %.

Persentase pengangguran di Jepang pada Desember 2020 adalah 2.90%.

Pilihan karir banyak, terdapat kesempatan yang sama besar pada sektor swasta maupun sektor dalam usaha pemerintah.

Employment rate di Rusia adalah 63.03% dari 2013 sampai 2020.

Persantase pengangguran di Rusiapada 2019 adalah 4.59%, mengalami penurunan sebesar0.26% pada tahun 2018.

Secara ringkas perbandingan sistem ekonomi dari kedua negara tersebut bisa disimpulkan dalam gambar berikut :

PT. Trisula Textile Industries Tbk.

Sejak 1970an industri tekstil pernah berjaya di eranya berkisar 1970 – 1980 an saat era zaman presiden Soeharto. Tahun itu bisa dikatakan tahunnya emas dan meningkatnya produksi garmen dan tekstil ke beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya. Bahkan pada pertenganan 70-an, para pengusaha tekstil yang terjun pada pembuatan serat sintetik mulai gerilya melakukan ekspor.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan garmen adalah PT Trisula Textile Industries Tbk yang berdiri sejak tahun 1968. Perusahaan ini merupakan salah satu pilar usaha grup Trisula Corporation yang mempunyai kode saham yaitu BELL di bursa saham terbuka.


PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil dan perdagangan. PT Trisula Textile Industries Tbk menghasilkan produk textile berupa kain atau suiting fabrics untuk keperluan celana, jas, pakaian formal dan seragam, yang terbuat dari 100% bahan modern polyster fiber dengan kualitas terbaik, Bellini dan Caterina.


Perseroan ini resmi melantai di bursa saham (IPO) pada tanggal 3 Oktober 2017. Perusahaan ini memiliki visi“Menjadi pemimpin utama perusahaan textile di Indonesia dalam penyediaan seragam dan fashion.”


Secara garis beras, terdapat beberapa jenis produk yang diproduksi oleh BELL. Yaitu kain, seragam, dan produk ritel. Perusahaan ini juga sudah memperoleh beberapa sertifikikasi ISO:9001, SNI Award, dan memperoleh 2 rekor MURI yaitu “Pemrakarsa pembuatan jas terbesar”, “Pemrakarsa dan penyelenggara pembuatan seragam pemerintah kota (Bandung) dengan ukuran terbesar”, dan beberapa penghargaan lainnya.

Struktur Kepemilikan Modal

Kinerja Perusahaan 4 tahun terakhir (Audited)

Data Income Statement

Trend Penerimaan Laba 4 tahun terakhir (Audited)

Kondisi perusahaan di tengah pandemic Covid-19

Pandemik COVID 19 saat ini melumpuhkan dan berdampak kepada beberapa industri salah satunya adalah tekstil dan garmen. Salah satu dampak terbsesarnya adalah pembatasan kegiatan masyarakat jangka besar yang mengakibatkan laju ekonomi mengalami kelesuan khususnya aktivitas ekonomi sejak maret 2019 tahun lalu.


Dampak yang menakjubkan adalah tingginya Terhambatnya aktivitas perekonomian secara otomatis membuat pelaku usaha melakukan efisiensi untuk menekan kerugian, Akibatnya, banyak pekerja yang dirumahkan atau bahkan diberhentikan (PHK). Hal ini direspon kurang baik dari beberapa laporan dan penelitian yang menyimpulkan minusnya pertumbuhan ekonomi di beberapa sektor.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus ini menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen. Sebelumnya, pada kuartal I 2020, BPS melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 2,97 persen, turun jauh dari pertumbuhan sebesar 5,02 persen pada periode yang sama 2019 lalu. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia.

Krisis ini terus berlanjut Krisis yang menekan performa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia ternyata jauh lebih buruk dari perkiraan. Tidak hanya kesulitan merambah pangsa pasar ekspor yang lebih luas, produk tekstil lokal nyatanya harus menghadapi penurunan serapan di pasar domestik karena kalah bersaing dengan produk impor. Peneliti Indotex sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Serat dan Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengatakan kinerja perdagangan TPT Indonesia sejatinya meningkat dalam kurun 2008-2019 dengan rata-rata pertumbuhan 2,5 persen setiap tahunnya. Nilai ekspor TPT disebutnya sempat menyentuh nilai US=$13 miliar pada 2018 meski turun pada 2019 menjadi US$12 miliar. Meski ekspor tumbuh, pada saat yang sama impor TPT juga mengalami kenaikan dengan rata-rata pertumbuhan yang 3 kali lebih tinggi dari peningkatan ekspor. Sepanjang 2008-2019, rata-rata kenaikan impor mencapai 8,9 persen.


Permasalahan yang terjadi pada industri tekstil yaitu :


  • Devisa bersih selisih ekspor dan impor TPT terus tergerus setiap tahun.

Hal ini menjadi dampak yang serius karena impor terus menerus dibarengin dengan permintaan lebih tinggi dibanding penyediaan (Supply). Sebuah perusahaan yang melakukan impor akan memerlukan jumlah devisa yang lebih besar untuk membayar transaksi tersebut.Sehingga ketersediaan devisa akan memegang peranan penting di dalam kegiatan impor, mengingat bahwa suatu suatu negara akan melakukan impor karena produksi dalam negeri tidak mampu mencukupi kebutuhan sendiri atau bahkan negara sendiri tidak mampu memproduksi. Dengan terhambatnya kegiatan impor maka akan ikut terhambatnya kegiatan di dalam negara.


  • Kalah Saing dengan produk Impor.

Penyebabnya adalah karena zaman semakin terus berkembang di era globalisasi ini masyarakat cenderung berbelanja barang-barang luar negeri hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yaitu: mereka cenderung mengikuti gaya hidup modern atau mengikut perkembangan zaman, harga yang ditawarkan lebih murah, barang yang dihasilkan lebih menarik.


  • Kesulitan mendapatkan bahan baku

Masalah ketersedian bahan baku untuk tekstil sebenarnya telah diatur Permendag No 64/M-DAG/PER/8/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 85 Tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil. Hal ini menjadi sebuah Langkah yang harus diperbaiki karena cenderung adanya permintaan dan penyediaan.


Dikutip dari portal berita online wartaekonomi.co.id, BELL, Pada tahun 2020 perseroan memperkirakan pendapatan dan laba bersih akan terperosok sekitar 30% dibandingkan tahun lalu.

Alhasil, sepanjang tahun ini pendapatan perseroan kira-kira hanya akan sebesarRp692,89 miliar dari Rp714,32 miliar di 2019. Sedangkan laba bersih akan menjadi senilai Rp14,92 miliar dari Rp21,32 miliar di tahun sebelumnya.


DATA KEUANGAN

Periode

Penghasilan

Keuntungan Bersih

Q3 - 2020

132.252M

-1.885M

Q2 - 2020

143.281M

-2.694M

Q1 - 2020

157.718M

2.995M

Q4 - 2019

263.462M

2.053M

Q3 - 2019

189.153M

7.289M

Q2 - 2019

153.075M

4.961M

Berpikir Analisis

Dalam menghadapi permasalahan akibat pandemic covid-19, PT Trisula Textile Industries Tbk menerapkan manajemen yang baik untuk setiap stakeholder agar tetap menghasilkan profit yang diharapkan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan berbagai strategi salah satunya yaitu dengan meningkatkan pemasaran online dan inovasi produk seperti kain sehat, jaket sehat, alat pelindung diri (APD) yang berupa masker non-medis dan baju hazmat yang dibuat menggunakan bahan kain woven polyester yang sudah tersertifikasi Standard 100 dari OEKO-TEX dilengkapi dengan antimicrobial berlabel “silverplus protection” yang sudah tersertifikasi Bluesign Approved dan OEKO-TEX, serta water repellent dengan label “bionic finish eco” yang sudah tersertifikasi Bluesign Approved.Strategi lainnya yang dilakukan perseroan adalah dengan melakukan peremajaan mesin dan memperluas pasar ekspor masker non-medis dan baju hazmat ke negara Inggris dan Singapura seiring dengan perolehan izin edar dari Kemenkes lantaran produk tersebut telah memenuhi persyaratan dengan material APD yang terbuat dari kain yang tahan air dan cepat menyerap dan hanya digunakan sekali pakai. 

Trisula Textile Industries Tbk memutuskan untuk melakukan ekspansi produk ke Jepang dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain :

Karena sistem ekonomi di Jepang menganut sistem ekonomi kapitalis, dan dalam indeks kemudahan berbisnis, Jepang menempati peringkat ke-12 dan termasuk salah satu negara maju dengan birokrasi paling sederhana.

Tingginya trend ekspor pakaian jadi ke Jepang. Jepang merupakan tujuan ekspor ke 2 terbesar dari Indonesia.Alasanberikutnyaadalahdikarenakan saat ini Jepang telah menjadi pusat fashion dunia selainItalia dan Perancis,yang saat ini diminati oleh kawula muda.

(sumber data : Data Statistik dari BPS)





(sumber data : Data Statistik dari BPS)

Jepang merupakan negara mitra dagang utama yang strategis bagi Indonesia sendiri serta menduduki peringkat pertama sebagai tujuan ekspor nonmigas. Dan juga Jepang merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Jepang diketahui sebagai negara dengan inovasi dan kreativitas yangtinggi. Alasan lain dikarenakan jepang adalah negara yang sangat stylish. Orang Jepang dapat berpakaian dengan penampilan minimalis, namun tanpa mengesampingkan faktor utilitarian (utilitarian itu maksudnya desain yang lebih mengutamakan fungsi dibanding penampilan).

Mungkin kita sering mendengar budaya bekerja orang Jepang yang sangat giat. Mungkin juga ini menjadi salah satu alasan style berpakaian formal mereka tidak main-main. Kalau di Indonesia, umumnya orang merasa tidak nyaman menggunakan blazer atau kemeja lengan panjang polos diluar aktivitas formal, orang Jepang sudah terbiasa pakaian tersebut untuk berbagai aktivitas yang lebih kasual seperti hangout atau eating out

Alasan lain mengapa Jepang menjadi negara tujuan ekspor produk PT. Trisula Textile Industries  Tbk adalah karena konsumsi produk fashion di Jepang yang baik,  terlebih Jepang merupakan negara 4 musim, sehingga cara berpakaian tergantung musim. Perseroan juga terkenal akan  produk jaket sehat yang terbuat dari kain sehat, dan produk jaket sehat ini akan menarik perhatian masyarakat Jepang.

Untuk produk ritel. Dan untuk produk APD yang terdiri dari masker non-medis dan baju hazmat, karena pandemi covid-19 belum berakhir dari dunia, termasuk dari Jepang. Sehingga Jepang juga sangat membutuhkan produk APD yang berkualitas tinggi untuk para tenaga kesehatannya.


BEST PRACTICE

  • Kolaborasi pemasaran produk dengan Influencer seperti raffi ahmad dan Baim Wong yang memiliki nilai lebih untuk meningkatkan gairah belanja produk lokal dengan slogan 100% Indonesia. Hal ini menurut saya cenderung meningkatkan nilai lokal yang baik karena saat ini eranya media sosial dan kehadiran para Influencer yang memiliki nilai naik mampu meningkatkan kepercayaan para followers influencer untuk membeli produk lokal. Hal tersebut penting dilakukan karena ada 2 brand milik PT Trisula Textile Industries Tbk yang telah dikenal dan dipakai luas oleh masyarakat indonesia, yaitu JOBB dan Jack Nicklaus.
  • Merubah strategi marketing dengan lebih mengutamakan digital marketing melalui media sosial yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat, sepertimelalui instagram ads, facebook ads, google ads, maupun tiktok ads.
  • Serta juga lebih mengintensifkan pemasaran kepada calon konsumen dari korporasi (seperti pembuatan seragam), dikarenakan potensi pendapatan dari korporasi masih sangat besar.
  • Membatasi bahan baku yang dari impor kemudian bahan baku lokal ditingkatkan dan membatasi produksi sementara untuk meningkatkan devisa ekspor. Menurut saya, memang penjualan akan turun karena bahan baku yang digunakan adalah buatan lokal tetapi memberikan kesempatan kepada bahan baku buatan lokal untuk menyakini para pembeli agar diberikan edukasi untuk industry menggunakan bahan baku lokal agar meningkatkan devisa ekspor untuk sementara waktu.
  • Meminta Vaksin COVID 19 dari pemerintah RI kepada manajemen dan staff untuk bisa memulihkan ekonomi yang sedang lesu. Iya ini penting untuk kebangkitan pemulihan ekonomi dan banyak para pekerja yang masih berstatus OTG butuh penanganan dari tim Satgas COVID 19 agar memberikan vaksin untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Hal ini saya harap bisa setelah vaksin Covid bisa meningkatnya imun tubuh sehingga para pekerja industri tekstil bisa meningkatkan produktivitas untuk selalu bekerja memenuhi target produksi.
  • memberikan pembebasan tarif bea masuk atas bahan baku/penolong,skema insentif,dan tingkat suku bunga rendah guna mendorong produksi industri pakaian jadi nasional dan mengistimewakan produk lokal agar produk dalam negeri lebih percaya diri dan yakin.
  • Mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produk.Terutama untuk produk yang akan diekspor,  terutama ekspor ke Jepang. Masyarat Jepang sangat peduli akan kualitas produk.
  • Melakukan branding produk yang tepat di dalam dan di luar negeri terutama untuk tujuan ekspor produk. Hal ini ditujukan agar produk-produk dapat dikenal dan dapat diidentifikasi. Terutama untuk produk Jaket Sehat, dan APD berkualitas tinggi, sehingga para konsumen akan condong ke merk produk yang mereka kenali.
  • Membuat program promosi secara berkala. Misalnya promo bundling atau promo special 1.1,,.., 12.12 pada marketplace seperti atau pada situs/aplikasi penjualan resmi produk.


Sumber:

Ferrell, Linda, & Hirt. (2020). Business Foundations: A Changing World (12th ed). New York: Mc-Graw Hill Education.

https://id.wikipedia.org/wiki/Jepang

https://swa.co.id/swa/trends/management/di-jepang-bumn-itu-layaknya-orang-tua

https://en.wikipedia.org/wiki/Economy_of_the_Soviet_Union

Hanson, Philip (2003).The Rise and Fall of the Soviet Economy(Routledge). pp. 1–8.

https://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Soviet#Ekonomi

https://internasional.kontan.co.id/news/jepang-akan-membatasi-kepemilikan-asing-di-12-sektor-industri

https://harrisfadilah.wordpress.com/2019/07/07/negara-komunis-militer-dengan-sistem-perekonomian-pasar/#:~:text=Analisis%20%3A%20Sistem%20ekonomi%20Negara%20Rusia,megubah%20sistem%20ekonomi%20menjadi%20kapitalis

https://id.tradingeconomics.com/japan/loans-to-private-sector

https://tradingeconomics.com/japan/unemployment-rate

https://tradingeconomics.com/russia/employment-rate

https://www.macrotrends.net/countries/RUS/russia/unemployment-rate'>Russia Unemployment Rate 1991-2021

https://www.idnfinancials.com/id/bell/pt-trisula-textile-industries-tbk#company-overview

https://trisulatextile.com/portofolio/

https://www.realestate-tokyo.com/living-in-tokyo/immigration-government/how-to-start-business-in-japan/

https://investor.id/market-and-corporate/ekspansif-trisula-international-perluas-pasar-eskpor

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200826/257/1283367/ternyata-industri-tekstil-punya-masalah-kronis-apa-saja

https://www.tagar.id/ini-solusi-menekan-impor-bahan-baku-meninggi

https://indonesiainside.id/ekonomi/2019/10/31/industri-tekstil-pernah-berjaya-di-era-soeharto-kenapa-sekarang-jeblok

https://bisnis.tempo.co/read/835543/produk-tekstil-ri-berpotensi-besar-di-pasar-jepang/full&view=ok

https://cdestores.com/style-berpakaian-orang-jepang/

https://www.idnfinancials.com/id/bell/pt-trisula-textile-industries-tbk

https://trisulatextile.com


KELOMPOK 8 – BRAVEHEARTED


SEPTIAN ARIF NUGROHO - 42P20078

YOSI AMELIA PUTRI - 42P20082

MAHATIR M TAMHER - 42P20071


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
SeptianArif

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format