Perbandingan Sistem Perekonomian Arab Saudi dan Britania Raya, dan Peluang Bisnis Sinarmas untuk Melebarkan Sayap di Arab Saudi


0
Sistem Ekonomi Campuran Arab Saudi

Pada 25 April 2016, Pangeran Mohammad bin Salman memperkenalkan Visi 2030 Arab Saudi dengan tujuan utama untuk menggeser perekonomian yang berbasis minyak menjadi non minyak. Visi baru ini mulai dicanangkan berkaitan dengan cadangan minyak bumi yang mulai menyusut, sehingga pemerintah Arab Saudi harus mencari alternatif lain sebagai sumber pendapatan, serta mengembangkan sektor layanan umum bagi warga negaranya, seperti fasilitas kesehatan, infrastruktur, pendidikan, dan pariwisata.

Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah Arab Saudi dengan Visi baru tersebut diantaranya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor non-minyak, meningkatkan kontribusi sektor swasta dalam PDB, dan meningkatkan investasi langsung asing di Arab Saudi. Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah mendirikan lembaga SAGIA (Saudi Arabian General Investment Authority) untuk memfasilitasi urusan perijinan dan legalitas kegiatan investasi di Arab Saudi.

Gambar 1: Indeks Daya Saing Arab Saudi

Dikutip dari tradingeconomics.com, indeks daya saing Arab Saudi meningkat pesat sejak pemerintah gencar meningkatkan kontribusi sektor swasta dan investor asing. Di tahun 2016, indeks daya saing hanya tercatat pada angka 5,07 dan meningkat ke angka 65,91 di tahun 2017 setelah visi 2030 mulai dilaksanakan. 

Sistem Ekonomi Kapitalis Britania Raya

Sistem perekonomian inggris atau britania raya memiliki sistem ekonomi pasar campuran, yaitu memiliki prinsip pasar bebas (liberal) yang tetap menitikberatkan pada infrastruktur dan kesejahteraan sosial.

Ekonomi britania raya adalah salah satu yang terbesar dan terdiversifikasi di dunia. Pada tahun 1999, GDP britania raya berada di peringkat ke-6 di dunia. Saat memiliki ini GDP per kapita sebesar US$ 39,229, yang berada di peringkat 21 dunia. Jika digabungkan dengan investasi asing, ekonomi britania adalah terbesar keempat di dunia dan kedua di eropa. London, ibukota Inggris, bersama dengan New York menjadi pusat perekonomian dunia. Dengan begitu, britania raya adalah salah satu pusat perdagangan di dunia. Britania Raya juga memiliki beberapa perusahaan terbesar di dunia, yaitu perusahaan minyak BP-Amoco (bernilai US$166 milyar), British Telecommunications (US$92.58 milyar), perusahaan telekomunikasi Vodafone Airtouch (US$91.68 milyar), HSBC (US$ 69.56 milyar) dan perusahaan farmasi Glaxo Wellcome (US$61.53 milyar). Selain memiliki beberapa perusahaan terbesar di Dunia, Britania Raya memiliki sumber daya alam yang beragam termasuk minyak, gas, batubara, timah, limestone, bijih besi, garam, tanah liat, kapur tulis, gypsum, timbal, dan silika.

Gambar 2: GDP Britania Raya (1997 – 2017)

Untuk memperjelas perbandingan sistem perekonomian kedua negara tersebut, berikut komparasi sistem perekonomian Arab Saudi dan Inggris jika dilihat dari beberapa faktor:

Gambar 3: Sebaran Pekerja di Britania Raya

SINARMAS LAND

Didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1938, Sinarmas memulai bisnisnya di bidang Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Food, Jasa Keuangan, Developer dan Real Estate, Infrastruktur.

Sejarah berdirinya Sinarmas Land terjadi pada akhir tahun 1980 dengan adanya permintaan rumah yang terjangkau dengan fasilitas yang lengkap. Sinarmas Land sudah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di bidang properti.

Sinarmas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham BSDE).

(Chart BSDE 1 Tahun – sumber Investing.com)

Visi dari Sinarmas Land Limited adalah menjadi pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara, dipercaya oleh pelanggan, karyawan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Dan nilai perusahaan yang diterapkan adalah integrity, commitment, innovation, positive attitude, loyalty, dan continuous improvement. 

Sinarmas Land Limited memiliki proyek terbesar yaitu pembangunan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, yang awalnya dimiliki oleh Ciputra dan pembangunannya dimulai pada tahun 1984. Pada tahun 2003 – 2004, Bumi Serpong Damai diakuisisi oleh Grup Sinarmas, dan berubah nama menjadi BSD City. Semenjak diakuisisi oleh Sinarmas, bermunculan kluster – kluster perumahan baru seperti De Latinos, The Icon, Sevilla, sampai Foresta. Kawasan BSD semakin berkembang dengan pesat setelah Jakarta Ring Road (Tol JORR) dapat dilalui melalui jalur BSD – Serpong – Pondok Indah sehingga harga rumah yang terdapat di BSD meningkat sampai 2 kali lipat.

Profil Sinarmas Land

Untuk mencapai visinya, Sinarmas Land Limited telah melebarkan sayap dengan membangun proyek-proyek di luar negeri, seperti di Malaysia (resort), Cina (apartemen), serta Inggris dan Australia (gedung perkantoran). Dan untuk pengembangan selanjutnya, sistem perekonomian yang ada di Arab Saudi memberikan peluang bisnis yang baik untuk Sinarmas Land.

Penurunan pendapatan pada laporan September 2020 dialami oleh PT Bumi Serpong Damai (BSDE) yang dimiliki oleh Sinarmas Land Limited. Laporan keuangan yang dicatat oleh Bursa Efek Indonesia menyebutkan bahwa pendapatan BSDE mencapai Rp4,28 triliun. Nilai tersebut jika dibandingkan dengan september 2019 mengalami penurunan dari sebelumnya Rp5.23 triliun. Laba bersih yang didapatkan BSDE pada 2020 adalah sebesar Rp 469.55 miliar, turun drastis 79,67% bila dibandingkan dengan kuartal III tahun 2019 yang sebesar Rp2.31 triliun.

Sehubungan dengan adanya kerugian yang dialami oleh perusahaan pada masa pandemi covid-19, meskipun Sinarmas Land telah mengembangkan usaha di luar negeri seperti Malaysia, Cina, Inggris, dan Australia, Sinarmas Land juga dapat mengembangkan usahanya di Arab Saudi. sebagai informasi, Indonesia sebagai salah satu penyumbang terbesar Jamaah Haji dan Umroh dan memiliki hubungan yang sangat baik dengan arab saudi serta didukung pengalaman yang begitu banyak, alangkah baiknya Sinarmas Land berinvestasi di Arab Saudi untuk memperbaiki kondisi keuangannya.

Pada masa pandemi, Sinarmas Land masih mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, yaitu :

Saran / Solusi 

Sesuai dengan visi 2030 yang ingin dicapai Arab Saudi, yaitu peningkatan investasi asing, Sinarmas Land mempunyai kesempatan yang besar untuk bekerja sama membangun proyek infrastruktur di Arab Saudi. Pembangunan infrastruktur tersebut dapat mengakomodasi jemaah haji dan umroh dari seluruh dunia, khususnya Indonesia. Selain itu, Sinarmas Land juga dapat membangun superblock, yang terdiri dari pusat perbelanjaan, tempat tinggal, perkantoran, dan pusat bisnis.

Dengan proyek infrastruktur yang meliputi apartemen / hotel / mess, sinarmas land dapat memberikan penawaran yang menguntungkan bagi travel agent, misalkan memberikan diskon penginapan untuk para jamaah haji dan umroh sehingga terciptanya bisnis yang saling menguntungkan antara sinarmas land, travel agent, dan pemerintah Arab Saudi.

 Referensi:

Ferrell, Linda, & Hirt. (2020). Business Foundations: A Changing World (12th ed). New York: Mc-Graw Hill Education.

Arab Saudi - Indeks Daya Saing (tradingeconomics.com)

https://www.cia.gov/the-world-factbook/countries/saudi-arabia/#economy

Visi Saudi 2030 - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Visi 2030 dan Keterbukaan Arab Saudi - Medcom.id

100% Business Ownership in Saudi Arabia – Setting up a Company in KSA (thinkbpo.me)

Arab Saudi Larang Pekerja Asing Geluti 12 Profesi Ini - Bisnis Liputan6.com

pwc-legal-update-foreign-ownership-in-ksa-july-2016.pdf

Reformasi Radikal Arab Saudi 'Visi 2030' dan COVID-19 (matamatapolitik.com)

Ruslang*, Samsul, Mujetaba Mustafa, Komitmen Perusahaan Menjadi Muzakki, Al-Azhar Journal of Islamic Economics Volume 2, Januari 2020

https://www.globaltenders.com/economy-united-kingdom.htm

https://www.nationsencyclopedia.com/economies/Europe/United-Kingdom-OVERVIEW-OF-ECONOMY.html

https://www.investopedia.com/articles/investing/042915/how-uk-makes-money.asp

https://www.statista.com/statistics/677095/employees-by-sector-uk/

https://www.gov.uk/government/organisations/competition-and-markets-authority/about

https://www.heritage.org/index/country/unitedkingdom

https://sinarmasland.com/about-us/history-bumi-serpong-damai

https://nasional.kompas.com/read/2010/03/01/15252169/serpong.dulu.hutan.karet.kini.kawasan.emas.properti?page=all#:~:text=Kawasan%20Serpong%20mulai%20berkembang%20ketika,izin%20lokasi%20hingga%206.000%20hektar

https://www.cermati.com/artikel/mengintip-sejarah-sinarmas-kerajaan-bisnis-milik-konglomerat-eka-tjipta-widjaja#:~:text=Tepat%20pada%20tahun%201968%2C%20Sinar,Oil%20Limited%20di%20Sulawesi%20Utara.&text=Kemudian%20pabrik%20tersebut%20berubah%20nama%20menjadi%20pabrik%20kertas%20Sinar%20Mas.

https://market.bisnis.com/read/20201102/192/1312397/laba-raksasa-properti-grup-sinar-mas-anjlok-79-persen-tinggal-rp4695-miliar

https://sinarmasland.com/news/sinar-mas-land-raih-gold-winner-di-ajang-penghargaan-bergengsi-fiabci-indonesia-rei-excellence-awards-2020

https://pressrelease.kontan.co.id/release/sinar-mas-land-raih-penghargaan-tingkat-regional-di-asia-property-awards-2020?page=all

https://www.investing.com/charts/live-charts

https://www.presentationgo.com/

Penulis:

SEMBA 42C - Tiger Commandos

Mentari Maharani

Mohammad Adi Prasantyo

Amaryadi




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
mentari

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format