Perspektif Islam terhadap kepemimpinan seorang CEO pada Buffet, Inc (Undercover Boss Season 5 Eps 04)

Seorang CEO terjun langsung pada operasional perusahaan, apakah CEO telah mengerti kondisi dan nasib tenaga kerja bawah? Bagaimanakah menurut Islam?


0

Undercover Boss adalah sebuah film serial televisi realitas Amerika yang disutradarai oleh Stephen Lambert. Pada setiap episodenya, film  ini menceritakan seorang eksekutif yang menyamar sebagai karyawan entry level untuk melihat kinerja bisnis secara real di lapangan. Dia mengganti penampilan mulai dari gaya rambut, pakaian, hingga aksesoris yang digunakan untuk mendapatkan penyamaran yang sempurna. Hal ini dilakukan untuk melakukan pengamatan dan menemukan berbagai permasalahan di lapangan.

Sumber : Youtube Undercover Boss US

Serial Undercover Boss Season 5 episode 5 menayangkan seorang CEO Muda bernama Anthony Wedo dari sebuah perusahaan bernama Buffet Inc yang turun langsung ke berbagai lini bisnis di perusahaannya dengan menyamar sebagai karyawan biasa untuk melihat bagaimana perkembangan keadaan bisnis di lapangan apakah sesuai dengan apa yang dilaporkan diatas kertas. Untuk mendukung kesuksesan penelusuran tersebut, ia menyusun strategi sedemikian rupa agar tidak dikenali oleh siapapun kecuali mereka yang berhubungan dekat seperti keluarga dan kerabat.

Setelah melakukan pengamatan yang panjang melalui penyamaran yang sempurna, Ia mendapati berbagai penemuan yang mengecewakan hingga ia menganggap bahwa dirinya telah gagal dalam memimpin perusahaan.

(Trailer Undercover Boss)

(Undercover Boss Season 5 Eps 04)

Lalu, bagaimana sudut pandang Islam dalam melihat fenomena di film ini? Bagaimana pula Islam memandang kepemimpinan yang dicontohkan dalam film tersebut? Dalam artikel kali ini, kami akan mengupasnya secara terperinci.

Masalah dalam Buffet, Inc pada Undercover Boss

Karyawan bernama Skye, tidak memberikan training kepada karyawan baru dengan dalih ia merasakan hal yang sama saat pertama kali bekerja. Diperparah dengan manajer yang sebenarnya mengetahui masalah ini tetapi tidak bisa melakukan apa-apa dikarenakan wewenang berada pada manajer di atasnya lagi. 

Masalah kedua adalah kasir yang bekerja lebih dari jam kerja yang diharuskan perusahaan karena kekurangan orang. Selain itu, untuk melakukan interaksi kepada konsumen sebagai pelayan juga sulit untuk dilakukan.

Masalah pribadi karyawan juga timbul. Diantaranya adalah ada karyawan yang mempunyai masalah finansial untuk membiayai anak dan suaminya. Serta ada karyawan yang berhenti sekolah karena harus merawat ibunya yang sakit. Hal ini jika tidak ditangani dapat menjadi masalah bagi perusahaan.

Bagaimana kepemimpinan CEO Buffet, Inc?

Anthony Wedo merupakan CEO buffet yang menyamar menjadi kontestan reality show sebagai manajer Ryan’s Buffet di Danau Charles Louisiana dengan prinsip yang dia ingin ubah yaitu budaya manajemen dan menyebar senyum yang ingin ia tanamkan kepada seluruh karyawan ke pelanggan. Pada saat di salah satu cabang restaurantnya,ternyata budaya ramah dan saling menyapa telah diterapkan oleh Ernest (manager Ryan’s Buffet) dengan kebiasaannya menanyakan kabar konsumen dan feedback konsumen dari pelayanannya,namun kebiasaan budaya ini hanya diterapkan di bagian depan perusahaan tetapi di bagian operasional perusahaan khususnya dapur budaya ramah dan saling menghargai ini tidak diterapkan sehingga Anthony memiliki misi untuk mengubah perilaku dan sikap Skye yang bekerja sebagai pencuci piring (Dishwasher) agar sikap buruknya ini tidak akan mempengaruhi karyawan lainnya.

Selanjutnya Anthony Wedo menyamar menjadi kasir di Fresno California dan bertemu dengan Michelle. Anthony ingin kasir yang profesional menunjukkan senyumannya kepada pelanggan dengan melihat tingkat keramahan kasir di Fresno California dan ternyata hal itu melampaui ekspektasi Anthony karena Michelle ramah dan sabar dalam melayani konsumen pada saat melakukan pemesanan makanan.Oleh karena itu Anthony berusaha untuk memahami masalah keluarga yang dihadapi Michelle yang membuat kasir ini menjadi seseorang yang sabar serta tulus kepada pelanggan.

Kemudian Anthony menyamar menjadi kontestan Chef dan memahami sikap perilaku Grill Cook di Country Buffet yaitu Joey yang memiliki karakter untuk selalu disiplin dan tolong menolong.Terakhir Anthony menyamar menjadi Server Alexandria dengan misi kepemimpinannya yang ingin memahami konsep dan melakukan pengujian kepemimpinan di Restorannya.Belajar dari karyawannya yang bernama Whitney yang memberitahukan kunci utama menjadi pemimpin toko yaitu mendekatkan diri kepada konsumen dan menanyakan kebutuhan konsumen di meja makan.



Dapat dipahami bahwa Anthony Wedo melakukan gaya kepemimpinan transformasional yang berupaya untuk melakukan perubahan. Anthony Wedo menunjukkan bahwa ia ingin membangun kebudayaan ramah,saling menyapa dan selalu memberikan senyuman kepada pelanggannya.Tidak hanya itu Anthony berusaha memperbaiki dari kesalahan Skye dengan cara memberikannya kesempatan kedua untuk berubah menjadi diri yang lebih baik lagi.Anthony Wedo juga membiayai kuliah Michelle agar karyawannya melanjutkan sekolahnya dan menjadi tulang punggung keluarga yang bertanggung jawab.Pemimpin perusahaan ini juga memberikan hadiah rumah dan melunasi hutang Whitney dengan mempertimbangkan kelayakan Whitney sebagai Server yang bertanggung jawab dan performa kinerja Whitney yang meningkat di jabatannya sebagai server restoran Ryan’s walaupun ia seorang istri dan juga ibu dari kedua anaknya yang sebenarnya keluarga Whitney memiliki permasalahan keuangan yang sangat sulit. Reward yang diberikan Anthony kepada karyawannya sebagai motivasi yang menjadi dorongan untuk menghasilkan output kinerja yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan dan membantu perusahaan Buffert Inc mencapai tujuan perusahaan dalam melakukan pengembangan budaya kerja yang lebih efisien.


Bagaimana kepemimpinan Buffet, Inc berdasarkan perspektif spiritual leadership?

Dalam upaya lebih memahami dan menganalisis fenomena dan pendekatan yang dilakukan oleh Anthony Wedo pada perusahaannya untuk memperbaiki organisasi, model kepemimpinan spiritual sebagai kepemimpinan islami dapat diterapkan. Kepemimpinan spiritual merupakan konsep / tools yang cocok karena dapat menciptakan value  kepemimpinan yang berdampak pada inner-self seseorang sehingga terdapat value yang tercipta pada suatu individu maupun organisasi. Kepemimpinan spiritual juga dapat menjembatani pertemuan nilai spiritualitas antara leader dan follower dimana nilai-nilai yang ingin diterapkan seperti kerja ikhlas, fokus, sabar & khusyu dalam menjalankan perannya di suatu organisasi.

Anthony menyamar menjadi berbagai posisi di anak perusahaannya untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan dan apa yang sebenarnya dapat diperbaiki untuk meningkatkan performa perusahaan. Dapat diketahui bahwa permasalahan yang dapat diidentifikasi adalah budaya organisasi yang tidak diserap dan diterapkan oleh beberapa anggota/karyawan. Hal tersebutlah yang membuat hubungan antar anggota pun hanya sebatas transaksional dan tidak adanya sense of belongingnes yang dapat mendorong karyawan untuk bekerja ikhlas dan maksimal. Berdasarkan model kepemimpinan di atas, maka langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu pemimpin dapat menerapkan prinsip Inner Life/Mindfulness (SLM) pada setiap aspek organisasi. Pemimpin dapat menentukan visi yang menjadi spiritual leadership berdasarkan ihsan & falah melalui tujuan dan perjalanan organisasi, memproyeksikan masa depan yang cerah dan goals yang tinggi sehingga dapat mendorong keyakinan pengikutnya dan menetapkan standar keunggulan organisasi. Hal tersebut telah dilakukan Anthony pada episode tersebut, sebagai CEO & President Buffet Inc. ia sangat berusaha masuk dalam setiap sendi perusahaannya untuk menyuarakan visi dan misi perusahaan. Dan yang tak kalah penting yaitu proyeksi masa depan bisnis yang jauh lebih cerah apabila ia dapat memperbaiki penerapan culture  perusahaan hingga ke aspek terdepan. 

Visi dan Misi tersebut nantinya dapat membangkitkan sense of belongingness setiap aspek organisasi dan mengaktivasi unsur membership dan true calling para bagiannya. Hal ini tentunya juga dipacu dengan hope faith yang direpresentasi oleh Iman dan Islam kemudian Altruistic love atau Rahmah. Altruistic Love dapat menghadirkan rasa keutuhan, harmoni dan kesejahteraan. Hal tersebut dicerminkan pada saat Anthony melakukan pendekatan yang lebih personal terhadap setiap karyawannya, dimana hal ini dapat meningkatkan empati, karyawan merasa dipedulikan oleh pemimpin dan rasa penerimaan. Ketika seluruh aspek baik Inner Life Mindfulness dan Spiritual Well Being telah dilakukan, maka setiap aspek dalam organisasi memiliki ketekunan dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan memiliki makna yang lebih dan dapat membuat perbedaan.

Dalam film ini dijelaskan bahwa setiap individu memiliki model kepemimpinan masing-masing. Seperti Ernest, manager Ryan’s Buffet, yang memiliki model kepemimpinan yang ramah. Tak hanya tokoh yang memiliki otoritas, seorang kasir bernama Michelle juga memiliki model kepemimpinannya sendiri. Contoh lain adalah Whitney seorang server dengan model kepemimpinan disiplin dan selalu menerapkan prinsip tolong menolong.

Hal ini menjelaskan bahwa sikap kepemimpinan tidak hanya dimiliki oleh seseorang dengan jabatan atau posisi tertentu. Seperti yang dibahas dalam jurnal ‘Progressive Islam and Women’s Religious Leadership : Analysing the Emergence of New Models of Shared Authority yang ditulis oleh Lisa Worthington’ yang membahas tentang shared authority yang diterapkan oleh kelompok muslim progresif El-Tawhid Juma Circle (ETJC). Dengan shared authority, kelompok muslim progresif ini memungkinkan setiap anggotanya untuk berbagi tugas agama seperti melakukan azan, menyampaikan khotbah, atau memimpin sholat tanpa memandang usia, kelas, ras, gender, orientasi seksual, maupun dis/abilitas seseorang dengan dasar bahwa setiap orang memiliki semacam karunia dari Tuhan yang dapat dibagikan kepada orang lain (everybody has some kind of gift to share) dan bahwa kepemimpinan tidak boleh berada di tangan satu orang saja melainkan harus terbuka untuk semua orang. Berbeda dengan tiga model kepemimpinan yang dicetuskan oleh Weber yaitu model tradisional yang berdasarkan pada struktur sosial secara turun temurun, model legal-rasional didasarkan pada aturan dan praktik hukum, dan model karismatik. 

Secara teori yang didasarkan pada jurnal tersebut, konsep kepemimpinan dengan model baru yaitu shared authority sangat sesuai dengan film Undercover Boss dengan beragam individu yang memiliki kepiawaian tertentu yang akan sangat baik apabila dapat dibagikan kepada karyawan lain. Tinggal bagaimana orang-orang tersebut diberikan wadah untuk berbagi.

Dalam Islam sendiri hal ini bukan merubah nilai-nilai Islam yang sudah ada sejak lama, melainkan justru 'kembali ke visi dan nilai-nilai asli Nabi Muhammad' yang mendorong kearah keadilan dan kesetaraan sosial seperti yang dijelaskan oleh Syed Farid Alatas.

Lalu, bagaimana permasalahan tersebut dapat diatasi?

  1. Sudut pandang agama islam

Menurut kaidah keislaman, tenaga kerja yang bekerja harus dihargai dan diperlakukan dengan baik. Dalam perspektif islam terdapat empat prinsip ketenagakerjaan yang harus dipenuhi oleh perusahaan/pihak yang mempekerjakan manusia.


Prinsip kemerdekaan manusia

Ajaran Islam secara tegas mendeklarasikan anti perbudakan maupun hal-hal yang mengarah pada perbudakan untuk membangun tata kehidupan masyarakat yang toleran dan berkeadilan. Islam tidak memperbolehkan sistem perbudakan dengan alasan apa pun, termasuk memperlakukan tenaga kerja secara tidak manusiawi. 

Prinsip kemuliaan derajat manusia

Dalam Islam, setiap manusia adalah mulia dan terhormat, apapun jenis profesinya, status yang disandang, serta harta yang dimilikinya. Tenaga kerja yang bekerja dengan gigih untuk kesejahteraan hidupnya dihargai di dalam islam. Allah menegaskan dalam QS. Al-Jumu’ah: 10, yang artinya, “Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kalian di muka bumi, dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kalian beruntung.” Ayat ini diperkuat hadis yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi: “Tidaklah seorang di antara kamu makan suatu makanan lebih baik daripada memakan dari hasil keringatnya sendiri.”

Prinsip keadilan dan anti diskriminasi

Setiap manusia adalah mulia dan terhormat, dan sudah selayaknya setiap tenaga kerja diperlakukan secara adil dan tanpa diskriminasi, bahkan meskipun beragama non Islam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memiliki budak dan pembantu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memperlakukan para budak dan pembantunya dengan adil dan penuh penghormatan. Beliau pernah mempunyai pembantu seorang Yahudi yang melayani keperluan beliau, namun beliau tidak pernah memaksakan agama kepadanya. Isteri beliau, Aisyah Radhiyallahu anha, juga memiliki pembantu yang bernama Barirah yang diperlakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan isterinya dengan lemah lembut dan tanpa kekerasan.


Prinsip kelayakan upah kerja

Prinsip pemberian upah mencakup dua hal, adil dan mencukupi. Prinsip tersebut terangkum dalam sebuah hadis Nabi yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi, “Berikanlah gaji kepada pekerja sebelum kering keringatnya, dan beritahukan ketentuan gajinya, terhadap apa yang dikerjakan.”


Secara garis besar, keempat prinsip telah merangkum keseluruhan solusi dari masalah ketenagakerjaan yang ada dalam masalah Undercover Boss Buffer, Inc. Dengan pemenuhan keempat prinsip tersebut, tenaga kerja yang bekerja pada restoran milik Buffet, Inc merasa nyaman dan bisa bekerja dengan kebahagiaan jasmani rohani.

  1. Sudut pandang hukum

Tidak hanya dari segi kaidah islami, dari segi hukum ketenagakerjaan dilindungi hak serta kewajiban yang sesuai dengan kemampuannya oleh Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pada undang-undang tersebut telah mencakup seluruh hal-hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, termasuk sistem pengupahan, izin cuti hamil dan haid, beban kerja yang sesuai, dan hal-hal lain yang telah dirincikan.

Dengan penyelesaian dari segi kaidah islam dan aturan perundangan yang berlaku, sistem tenaga kerja, khususnya pegawai dengan jabatan rendah menjadi lebih dihargai dan meminimalkan permasalahan terkait ketenagakerjaan.

Ditulis Oleh:

Christian Dwi Budiman

Dinda Mayangsari

Dea Cindy Wijayanti

M Hasan Fajri

Mahestya Tasya R A

Rahmat Hidayat

Sumber:

Egel and Fry (2017) Spiritual leadership as a model for Islamic leadership

Worthington (2016) Progressive Islam and women’s religious leadership

https://pengusahamuslim.com/3577-tenaga-kerja-dan-upah-dalam-1823.html/20

https://www.kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf

https://www.youtube.com/watch?v=t85bS5p_1ME

https://www.youtube.com/watch?v=Dkt-Tdvj2o4

https://www.modalrakyat.id/blog/5-jenis-gaya-kepemimpinan-dan-mana-yang-terbaik




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
RAHMATHIDAYAT

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format