UNDERCOVER BOSS S08 E07 – Taco Bueno Número Uno

Penyamaran CEO Taco Bueno untuk mengetahui apa yang terjadi di gerai Taco Bueno, simak selanjutnya !!!


0

Serial realitas berasal Amerika, UNDERCOVER BOSS diproduksi oleh Studio Lambert di Amerika serta di Inggris memberikan banyak insight bagi CEO sebuah perusahaan. Di setiap episodenya telah menggambarkan seseorang yang memiliki posisi tertinggi pada perusahaan dan memutuskan untuk menyamar sebagai pegawai sementara di entry-level untuk bisa mengetahui apa saja keluh kesah mereka serta masalah apa yang telah dihadapi tanpa diketahui oleh top manajemen perusahaan.

tvseriesfinale.com 

Pada serial Undercover Boss pada season 8 episode 7 menampilkan “Taco Bueno”. Berawal dari penyamaran Michael Roper, Presiden dan CEO Taco Bueno yang memiliki rantai pasok yang high quality Tex-Mex. Taco Bueno berdiri pada tahun 1967 dengan lebih dari 178 gerai dan 3500 pekerja secara keseluruhan. Michael Roper, dengan adanya Undercover Boss, ia ingin mengetahui apa yang terjadi di lapangan dan apa keluh dan kesah para pegawainya selama ini. Penyamaran pertama di Owasso, OK. CEO melakukan pekerjaan yang biasa dikerjakan pegawainya seperti membersihkan meja, toilet, kaca pintu, dll sebelum gerai dibuka. Setelah itu, CEO ditantang untuk menyiapkan taco kurang dari 2 menit namun karena CEO panik, ia menjatuhkan taco yang hendak diberikan ke pelanggan. Alhasil ia gagal.

Minggu kedua penyamaran, tetap di gerai Owasso, OK dan ditantang oleh Tommy untuk bisa menjadi pelayan di drive-thru. Kecepatan dalam berbicara, mengoperasikan pesanan di layar, dan energi sangat dibutuhkan. Michael mencoba menjadi pelayan drive-thru namun awalnya gagal karena berbicara terlalu lambat dan sangat loyo. Pada akhirnya pelanggan banyak yang protes akibat terlalu lama dalam proses pemesanan.

Minggu ketiga penyamaran, di gerai Carrollton, TX, yakni pabrik untuk membuat tortilla. CEO ditantang oleh JJ (pekerja pabrik) untuk bisa memindahkan beberapa box dengan mesin yang disetir ke tempat lain. CEO mencoba dan melakukan sedikit kesalahan yang mengakibatkan terdapat bunyi gesekan box satu dengan yang lainnya dan ketangkasan dalam menyetir mesin juga masih kurang. CEO juga mengatakan dan merasa kesulitan dalam hal ini.

Minggu keempat penyamaran, di gerai Colorado. Michael penasaran dengan sistem marketing yang dilakukan pekerjanya yang membuat gerai Colorado sangat laris dibanding dengan gerai lainnya. CEO juga diajarkan untuk membaca dan membuat resep untuk saus dari taco. 

Setelah melakukan penyamaran di empat gerai Taco Bueno dan juga mengenal para karyawannya dengan berbagai latar belakang, Michael merasa gagal menjadi CEO.

Berbagai masalah yang belum diketahui oleh CEO Taco Bueno !!

Michael Roper selaku President & CEO Taco Bueno melakukan penyamaran ke berbagai gerai restoran dan ke suatu pabrik untuk mengetahui keadaan sebenarnya yang dialami oleh Taco Bueno. Selama penyamaran, ia menemukan berbagai masalah yang dihadapi oleh gerai restoran dan karyawannya. Restoran pertama yang dia kunjungi adalah Taco Bueno cabang Owasso, Oklahoma. Restoran tersebut memiliki masalah berupa tempat duduk pelanggan yang sobek dan peralatan tisu toilet yang rusak. Rebecca selaku Assistant Manager mengeluhkan masalah seragam yang dirasa panas ketika dipakai saat bekerja. Dia juga memiliki kanker ovarium sehingga dia tidak bisa memiliki anak. Dia juga terus bekerja agar bisa melunasi hutang pengobatan kanker yang dideritanya.

https://www.youtube.com/watch?v=dcJFfVuqXo4&t=130s

Tempat kedua yang dikunjungi oleh Michael masih berada di kawasan Owasso tapi di cabang yang berbeda. Di sana dia menemukan beberapa masalah seperti area tempat yang rusak dan beberapa peralatan yang kurang lengkap. Tim selaku crew member disana mengatakan bahwa pihak perusahaan tidak pernah mendengarkan permintaan pekerja dan terlalu fokus kepada pelanggan. Tim memiliki luka cukup serius akibat kecelakaan sepeda motor dan dia belum melunasi hutang pengobatannya. 

https://www.youtube.com/watch?v=dcJFfVuqXo4&t=130s

Tempat ketiga yang dikunjungi Michael adalah pabrik pembuatan tortilla di Carrolton, Texas. JJ selaku Shift Leader bekerja setiap hari dari pukul 05.00 sampai pukul 16.30. Dia bekerja selama itu untuk keluarganya.

Tempat keempat yang dikunjungi oleh Michael adalah Taco Bueno cabang Colorado Springs. Restoran tersebut merupakan cabang baru dari Taco Bueno. Disana dia menemukan beberapa masalah seperti masalah teknis layar komputer untuk daftar pesanan, sistem Bueno Connect yang bermasalah, hingga tidak tersedianya mesin pembuka kaleng. Erica selaku General Manager secara inisiatif mengatasi masalah sistem Bueno Connect dengan menulis semua resep dan berbagai macam paduan kedalam buku secara manual. Erica mengaku bahwa dia susah untuk memiliki anak dan dia bekerja melebihi jam kerja yang seharusnya agar bisa mendapat uang lebih banyak.

https://www.youtube.com/watch?v=dcJFfVuqXo4&t=130s

Bagaimana Model Kepemimpinan CEO Taco Bueno ini ???

Michael Roper mengatakan bahwa dia tidak sering berada di kantor. Dia menggunakan sistem Management by Walking Around (MBWA). Management by Walking Around (MBWA) mengacu pada manajer yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mendengarkan ide dan masalah dari staff mereka pada saat berjalan atau berada di sekitar kantor atau pabrik. Keuntungan dari sistem manajemen ini adalah manajer dapat berkomunikasi secara langsung lebih banyak dengan karyawannya dan komunikasi yang dilakukan bisa dilaksanakan secara informal. Sistem tersebut membuat manajer bisa lebih mengetahui kondisi yang dialami oleh perusahaan. Hal ini menunjukan sifatnya yang adil dan baik hati. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam bahwa pemimpin seharusnya berlaku adil.

يٰدَاوٗدُ اِنَّا جَعَلۡنٰكَ خَلِيۡفَةً فِى الۡاَرۡضِ فَاحۡكُمۡ بَيۡنَ النَّاسِ بِالۡحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الۡهَوٰى فَيُضِلَّكَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَضِلُّوۡنَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ 

لَهُمۡ عَذَابٌ شَدِيۡدٌۢ بِمَا نَسُوۡا يَوۡمَ الۡحِسَابِ

"Wahai Dawud! Sesungguhnya engkau Kami jadikan khalifah (penguasa) di bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu, karena akan menyesatkan engkau dari jalan Allah. Sungguh, orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan”. (QS Shad: 26)

Ketika Michael terjun langsung ke berbagai gerai restoran dan sebuah pabrik, dia menemukan berbagai masalah. Masalah yang dia temukan tidak hanya masalah sarana dan prasarana restoran, tapi juga masalah pribadi karyawan. Sebagai bentuk sistem Management by Walking Around (MBWA), Michael mendengarkan keluhan dan masalah yang dihadapi oleh para karyawannya dengan baik. Dia juga mencari tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh karyawan dengan mengajaknya berkomunikasi secara informal selama dia menyamar. Di akhir video, Michael mengungkapkan identitas aslinya sebagai President & CEO Taco Bueno didepan keempat karyawan yang dulu dia temui. Michael memberikan seluruh kebutuhan yang diperlukan karyawan ketika bekerja dan memberikan berbagai macam bantuan kepada karyawan yang memiliki masalah finansial. Dia juga memberikan hadiah kepada keempat karyawannya karena sudah bekerja keras untuk perusahaan. Hal yang dilakukan oleh Michael mencerminkan perilaku baik seorang pemimpin kepada karyawannya. Seorang pemimpin tidak boleh menjalankan kepemimpinannya dengan mengikuti hawa nafsu. Hal ini telah ditunjukan oleh Michael Roper dengan mendengarkan keluhan karyawan dan menindaklanjuti serta memastikan produk yang dibuat aman dikonsumsi. Dalam islam juga pemimpin harus memiliki sifat atau karakter kepemimpinan seperti dalam hadits berikut yaitu:

“Para pemimpin itu adalah dari suku Quraisy. Sesungguhnya mereka mempunyai hak atas kamu dan kamu juga mempunyai hak yang sama atas mereka, selagi mereka diminta mengasihi, maka mereka akan mengasihi, jika berjanji mereka akan menepati (janji itu) dan jika menghukum mereka berlaku adil. Maka barang siapa di antara mereka yang tidak berbuat hal yang demikian, maka laknat Allah, malaikat dan manusia seluruh atas mereka” (Abu „Abdillah Ahmad ibn Muhammad ibn Hambal al-Syaibani. Musnad Ahmad, Juz. III (Cet. I; Bairut: „Alam al-Kutub, 1419 H./1998 M), h. 183)

Selain itu pemimpin dituntut untuk memiliki profesionalitas. Hal tersebut telah dibuktikan Michael Roper karena dia telah memiliki banyak pengalaman kerja sebelumnya dan juga memiliki ilmu yang cukup untuk dapat melaksanakan amanah yang ada.

Dari Abu Zar, “Saya berkata kepada Rasulullah, wahai Rasulullah tidakkah engkau mengangkatku menjadi pejabat, lalu Rasulullah menepuk pundaknya seraya berkata “wahai Abu Zarr, sesungguhnya engkau lemah, sedangkan jabatan itu adalah amanah dan merupakan kehinaan serta penyesalan pada hari kiamat nanti kecuali bagi orang yang mendapatkannya dengan hak serta melaksanakannya dengan baik dan benar.

Lantas Kesimpulan apa bisa ditark dari series Undercover Boss x Taco Bueno ???

Serial film Undercover Boss memberikan banyak insight baru kepada pebisnis terutama bagi mereka yang berada pada jajaran atas perusahaan, seperti manajer C-level.  Pada season 8 episode 7 ini memberikan gambaran bagaimana perjuangan para pekerja pada tingkat bawah yang mana memiliki permasalahan tersendiri dan membutuhkan keterampilan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Eksperimen yang dilakukan oleh CEO Taco Bueno, Michael  Roper, dengan menyamar menjadi pekerja tingkat bawah. Dengan eksperimen tersebut, Michael Roper menyadari bahwa setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan khusus yang harus dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal tersebut baik untuk diketahui oleh manajer tingkat atas bahwa setiap level pekerjaan memiliki kendala dan kriteria skill yang berbeda-beda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan mengetahui kendala tersebut, manajer tingkat atas atau para pemimpin dapat menentukan kebijakan yang adil dengan mempertimbangkan hal tersebut, sesuai dengan firman Allah dalam QS Shad (26).

REFERENSI

  • The Economic Times. Definition of 'Management By Walking Around'. [Online] Tersedia: https://economictimes.indiatimes.com/definition/management-by-walking-around [Diakses 6 Maret 2021]
  • Abidin, Z., 2017. Kajian Tematis Qu’ran & Hadits; Kepemimpinan. al-Rasῑkh: Jurnal Hukum Islam, 6(1), pp.115-133.
  • Roper, Michael.  (2016, 24 Maret). Linkedin Profile :Michael Roper.  [Online] Tersedia:
    https://www.linkedin.com/in/michael-roper-51306012 [Diakses 6 Maret 2021] 

AUTHOR

Kelompok 4

  • Diniar Rizkia 

  • Dearidrani Islamihaniar 

  • Aditya Prasetya 

  • Sirajuddin Ahyar 

  • Sabda Alam Teduh Nusa 

Undercover Boss x Taco Bueno


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Dearidrani

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format