Undercover Boss S1 E1 : Penerapan Servant Leadership pada Perusahaan Waste Management

Pada episode pertama, Larry O’Donnell mencoba mengenal sisi perusahaan Waste Management miliknya yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya. Apa saja yang ia temukan?


0

Musim pertama Undercover Boss dibuka dengan penampilan Larry O’Donnell, Presiden sekaligus Chief Operating Officer dari Waste Management, melakukan undercover di perusahaannya sendiri. Pada tahun 2010, Management Waste merupakan perusahaan pengelola sampah dan daur ulang terbesar di Amerika Serikat dengan pendapatan bisnis sebesar 13 miliar dollar, 45 ribu karyawan, dan 20 juta pelanggan. Larry berkesempatan melihat dari dekat bagaimana perusahaan dan karyawannya bekerja secara langsung di lapangan. Ia berperan menjadi Randy, seorang pendatang baru di kota serta karyawan baru di Waste Management.

Pada hari pertamanya melakukan undercover, ia bekerja di salah satu pabrik daur ulangnya. Ia mendapatkan tugas untuk mengumpulkan sampah kardus yang dapat didaur ulang (cardboard recyclables). Ia juga mendapati adanya pelanggaran dalam penerapan kebijakan perusahaan terkait break-time karyawan. 

Pada hari kedua, Larry bekerja Central Landfill di Florida, berusaha mengumpulkan sampah-sampah kertas sembari bergelut melawan angin kencang Florida. Ia mendapati kisah inspirasional dari salah satu karyawannya yang menjadi supervisor-nya saat itu. Hari kedua ini juga menjadi pengalaman pertamanya merasakan dipecat dari pekerjaan.

Di hari ketiga, Larry pergi ke daerah pembuangan sampah di bagian utara New York City, High Acres Landfill. Cabang Kantor di daerah sini memiliki karyawan yang terbatas dan ia ingin mengetahui apakah metode cost-cutting measures ini memiliki dampak. Ia bertemu seorang karyawan wanita yang bekerja secara overwork dan underpaid dan menjadi tulang punggung keluarga besarnya.

Pekerjaan keempat yang dilakukan Larry adalah membersihkan toilet yang tersumbat di suatu karnaval yang dipadati pengunjung. Walau begitu, ia juga bertemu dengan seorang karyawan sangat menginspirasi karena sikap dan perilakunya yang positif dan enerjik. Pekerjaan kelima, Larry memutuskan untuk turun langsung ke jalan untuk mengumpulkan sampah di rumah-rumah penduduk. Ia bertemu seorang driver yang secara tidak langsung mengkritik kebijakannya terkait produktivitas.

Ingin mengetahui kisah lengkap Lawrence O’Donnell dalam melakukan undercover? Teman-teman bisa saksikan di video berikut!

Undercover Boss - Waste Management S1 EP1

Gaya Kepemimpinan Larry O'Donnell

    Sumber : https://www.salon.com/2010/02/04/cbs_undercover_boss_fairy_tale/   

Sebagai bos pertama yang menyamar dalam acara televisi realitas populer CBS pada tahun 2010, Larry O'Donnell meninggalkan kesan yang tak terhapuskan, sebagian besar atas perhatian dan rasa hormatnya yang tulus kepada karyawannya. 

Episode perdana ini menampilkan Larry O'Donnell yang bekerja bersama karyawannya. Perjuangan karir kehidupan pribadinya telah membuat ia berada di jalur yang dapat memimpin dengan cara menempatkan kebutuhan karyawan sebagai prioritas, mengenal kehormatan dan pentingnya nilai bagi setiap individu, dan membantu orang lain dalam mencapai suatu tujuan bersama. Atau biasa disebut Servant Leadership. Sebagai orang yang beriman, ia menjadi lebih memahami gaya kepemimpinan yang baik sesuai dengan keyakinannya. Hal itu juga seharusnya berdampak pada setiap kehidupan termasuk di tempat kerja. Hasilnya, ia mulai memperhatikan minat rekan kerja, karyawan, mendorong dan memberdayakan mereka yang mengarah pada tim sukses agar dapat bekerja sama secara harmonis, dan menemukan solusi kreatif, serta "C.L.E.A.N", akronim ini mengajarkan lima rahasia Larry O’Donnell yang merupakan kunci dari gaya kepemimpinan yang melayani, diantaranya: Commitment, Listening, Empathy, Accountability and Notice.  

Berdasarkan pengalaman Larry O'Donnell, bahwa keberhasilan sebuah perusahaan sangat bergantung pada orang-orangnya, namun banyak pemimpin perusahaan tidak menyadari seberapa jauh prinsip ini berlaku bahkan hingga ke tingkat karyawan paling bawah, baik pria maupun wanita. Jika terjadi gesekan antara karyawan dan manajemen menengah, tidak akan pernah disadari oleh manajemen atas. Tidak peduli karyawan berada pada level apa di tangga perusahaan, inovasi dan kerja keras harus tetap dihargai. Kebijakan kerja yang ditetapkan oleh manajemen harus ditinjau kembali keefektifan dan akseptabilitasnya. Beberapa keputusan terbaik yang dibuat dari manajemen atas memiliki niat terbaik untuk hasil terbaik. Namun, keputusan manajemen dapat memberikan hasil yang berlawanan jika tidak diberlakukan dengan hati-hati. 

Bagaimana Perspektif Islam terkait Gaya Kepemimpinan ini?

Dalam series Undercover bersama Larry O’Donnell, CEO dan COO dari Waste Management Company hal yang paling mendasari keinginan nya melakukan penyamaran tidak lain adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan para frontliner perusahaannya. Larry sebagai seorang CEO ingin memahami proses pelaksanaan bisnis nya secara lebih mendalam. Motivasi ini hadir karena Larry tidak ingin peraturan dan pekerjaan yang ditentukan perusahaan nya menjadi beban bagi pekerja nya. Dalam artikel dinyatakan bahwa menurut Earley dan Ang (2003) bahwa keberagaman yang ada dalam perusahaan harus dapat ditangani dengan baik untuk menghasilkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Apabila dilihat dari permasalahan Larry, keberagaman yang ia dapat adalah keadaan dari para pekerja nya. Nah dari series tersebut analisis yang dapat dipaparkan antara lain:

  1. Penggambaran masalah dalam perusahaan tidaklah dalam perspektif yang luas, masalah hanya digambarkan pada sebagian kecil yaitu perwakilan satu orang di tiap departemen. Sementara permasalahan tiap pekerja pun berbeda-beda, sehingga pengambilan keputusan dirasa hanya menguntungkan untuk individu tersebut. Kesulitan memang hadir disini karena hal tersebut harus dilakukan dengan melakukan generalisasi karena tidak mungkin untuk mengetahui tiap permasalahan.
  2. Untuk pemecahan masalah individu yang terlibat dalam series tersebut, berdasarkan dari komentar yang hadir dalam series tersebut dinyatakan bahwa tidak ada pemecahan masalah jangka pendek yang baik yang diberikan oleh Waste Management Company. Mereka memberi pemecahan masalah jangka panjang yang tetap menjadikan individu tersebut harus melewati tahapan kerja untuk memperoleh manfaat dari peningkatan kualitas perusahaan.

Walaupun Larry O'Donnell bukan seorang muslim, kita dapat mengambil beberapa pelajaran dari aksi-aksi kepemimpinannya, bisa dibilang dia merupakan seorang pemimpin dengan tipe Servant Leadership dan Spiritual Leadership. Kita bisa menjelaskan bagaimana kesuksesan Larry O'Donnell dengan gambar diatas, dimana dia selalu memberikan 3 unsur penunjang, yaitu vision, hope, dan love kepada perusahaan yang dibawahi. Oleh karena itulah, Waste Management dapat mengembangkan produktivitasnya ke arah yang lebih baik.

Problem Solving

Permasalahan utama pada episode ini adalah kurangnya pengetahuan manajemen atas terhadap kondisi kerja pegawainya, terutama pegawai di level bawah. Keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada para pegawainya. Maka dari itu dibutuhkan pemimpin dengan kemampuan interpersonal yang baik untuk memecahkan permasalahan ini. Kemampuan tersebut meliputi tapi tak terbatas seperti komunikasi, empati, dan lain-lain. Pemimpin dengan kemampuan interpersonal baik dapat menjalin hubungan dan memahami perasaan orang lain dengan baik sehingga ia dapat memahami proses bisnisnya secara mendalam.

Selain kemampuan interpersonal di atas, berpikir logis dan kreatif juga merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin sering kali diterpa oleh perubahan yang cepat dan berbagai macam permasalahan yang terdapat di lingkungan kerjanya. Oleh sebab itu dibutuhkan pemimpin yang dapat menciptakan ide-ide atau perubahan baru demi menyelesaikan permasalahan yang ada dan dapat memberikan pengaruh baik bagi lingkungan kerjanya.

Kemampuan di atas merupakan kemampuan yang amat penting dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan akomodatif bagi para karyawannya. Lingkungan kerja yang positif dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi aktivitas perusahaan.


Penulis :

  • Belinda Dyah Tri Yuliasti
  • Zyan Hasna Nadhira
  • Fatimah Aqila
  • Faiz Shodiq Nurrahim
  • M Hafidz Ramadhan
  • Rayhan Razaqi Sjuhada

Sumber Pustaka :

Eleftheria Egel, Louis W. Fry. 2017. Spiritual Leadership as a Model for Islamic Leadership

https://larryodonnell.com/book

https://www.bestpracticesconstructionlaw.com/2010/02/articles/project-management/undercover-boss-lessons-learned-from-waste-managements-president-and-coo/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format