Undercover Boss S4 E12 : Fatburger, Peran Kepemimpinan CEO Fatburger dalam Kesejahteraan Karyawan dan Manajemen Perusahaan

The Undercover Boss Season 4 Episode 12 menceritakan CEO Fatburger, Andy Andrew A Wiederhorn yang menyamar menjadi karyawan baru di cabang Fatburger.


0

Undercover Boss merupakan serial reality show tentang CEO perusahaan yang menyamar dan bekerja dengan karyawan. Undercover Boss Season 4 Episode 12 menceritakan tentang Fatburger, sebuah restoran fastfood internasional asal Amerika. Andy Wiederhorn, CEO Fatburger, menyamar sebagai pegawai untuk mengetahui kondisi dan komitmen para karyawan di berbagai cabang. Andy Wiederhorn mengunjungi empat cabang Fatburger dengan permasalahan karyawan yang beragam.

Permasalahan di Cabang-cabang Fatburger

Tempat pertama yang Andy kunjungi adalah Fatburger dengan performa terbaik yang terletak di Sherman Oaks, California. Andy bertemu dengan Val, store manager, dan bertugas sebagai pembuat burger yang akan disajikan ke pelanggan. Selanjutnya, Andy bekerja sebagai kasir pada penyamaran yang keduanya di Fatburger Reno, Nevada. Cabang tersebut memiliki performa dibawah 10% dari seluruh cabang Fatburger yang tersebar di berbagai wilayah. Lisa selaku shift leader di Fatburger Nevada bertugas untuk memastikan segala operasional restoran berjalan dengan baik. Lisa mendampingi Andy yang terlihat grogi dan kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai kasir. 


Hasil penyamaran Andy sebagai kasir membuahkan hasil yang menarik untuk diketahui. Selama proses penyamarannya, Andy mengetahui kendala dan permasalahan yang kerap kali dialami di cabang tersebut. Daging yang menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan hamburger ternyata tidak dapat dipenuhi dengan baik. Kualitas manajemen dalam mengatur pemasok dan distribusi bahan baku dinilai buruk. Manajer yang bertugas untuk mencatat dan mengawasi jalannya proses jual beli tidak mengetahui seberapa banyak bahan yang dibutuhkan setiap minggunya. Tentunya, hal tersebut berdampak buruk pada penjualan.

Ketidak adanya ketersediaan daging di cabang Reno, Nevada, membuat pelanggan kesal dan tidak ingin kembali. Bahkan, etika dan cara penyampaian yang dilakukan oleh kasir untuk menjelaskan ketidak adanya stok daging dinilai kurang etis. Pemilihan kata dinilai kurang tepat sehingga dapat merusak citra perusahaan.

Dalam kunjungannya yang ketiga, Andy bekerja dengan Ramon, bakery supervisor, sebagai teknisi pembuat roti di Carson, California. Ia bertugas untuk menilai kualitas roti di gudang perusahaan dan mempersiapkannya untuk dikirim. Andy cukup kewalahan dengan tugas yang diberikan karena ia dituntut untuk bekerja secara fokus, intens, dan cekatan. Para pekerja perlu memperhatikan dengan detail terkait kualitas roti. Dapat dipastikan roti yang siap dikirim tidak ada yang cacat sedikitpun.

Pada penyamaran terakhirnya, Andy mengunjungi gerai Fatburger di Fatburger Mesa, Arizona. Cabang Arizona merupakan salah satu cabang tertua yang baru saja mengalami penjualan terendahnya. Andy bertemu dengan Angelica selaku assistant manager di Fatburger Mesa, Arizona. Hasil penyamarannya membuat Andy terkejut dengan masalah yang terjadi di internal. Banyak fasilitas yang tidak dapat digunakan dengan baik seperti penggorengan dan wastafel. Tentunya hal ini dapat mengurangi kualitas produk dan menurunkan tingkat efisiensi waktu.

Angelica bercerita juga terdapat masalah dalam penggajian. Menurutnya, operator belum lihai dalam menjalankan tugasnya. Sering kali tidak ada uang di bank yang seharusnya dapat dikirimkan ke para pekerja sebagai gaji. Ia juga merasa bahwa atasan tidak memperdulikan kerja mereka.

Tipe Leadership "Andy" Andrew A Wiederhorn

Setelah melihat video youtube tentang CEO Fatburger yang mencoba untuk mengunjungi 4 gerai dimana ia menemukan berbagai masalah yang berbeda di setiap gerai. Dengan menyamar sebagai salah satu petugas disana Andy menjadi tahu berbagai masalah yang terjadi. Andy pada akhirnya  membantu karyawan yang mengalami kesulitan di gerai tersebut.

Model kepemimpinan seperti yang Andy lakukan adalah berbasiskan contingency theory dimana Andy melakukan kepemimpinan dengan memperhatikan dari masalah apa yang dihadapi oleh karyawan. Tidak hanya itu, Andy juga membimbing dan membantu karyawannya agar dapat terus berkembang kedepannya

Apabila kita kaitkan dengan Islamic leadership, Andy telah mencakup dari sisi SLM yang mana ia telah memenuhi semua aspek kualifikasi tersebut. Namun, Andy tidak menerapkan dari sisi ILM karena ia tidak menyertakan konsep ketuhanan dalam kepemimpinan yang ia jalankan. 

Analisis Leadership Berdasarkan Jurnal

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki permasalahannya masing-masing. Hal ini merupakan tantangan bagi pemimpin perusahaan untuk mendeteksi masalah tersebut. Pemimpin harus memiliki kepekaan yang baik dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara. Pada film ini, Andy sebagai CEO Fatburger melakukan penyamaran guna menemukan permasalahan yang terjadi di beberapa cabang store Fatburger. Pemimpin tidak hanya fokus pada keberhasilan ekonomi, namun juga perlu mempertimbangkan dampak terhadap karyawan, keberlanjutan sosial dan ekologis atau biasa disebut sebagai triple bottom line. Andy sebagai pemimpin memastikan bahwa seluruh karyawannya sejahtera dan memiliki hubungan interpersonal yang baik dengan mereka. Hubungan interpersonal yang baik berkaitan dengan nilai spiritual yang diterapkan oleh pemimpin.

Artikel utama dari Newsweek, Time, Fortune, dan Business Week telah mencatat terdapat pertumbuhan spiritualitas di perusahaan Amerika. Banyak CEO dan pemimpin bercita-cita untuk mengintegrasikan spiritualitas pada tempat kerja. Hal ini menyebabkan perubahan yang positif pada perusahaan seperti peningkatan komitmen, produktivitas, kepuasan kerja karyawan, serta mengurangi terjadinya pergantian karyawan. Setelah melakukan penyamaran akhirnya Andy mengetahui masalah yang dihadapi karyawan dan masalah di tempat kerja. Untuk menyikapi hal itu Andy secara personal memberikan bantuan kepada karyawannya untuk menunjang pekerjaan mereka, dengan begitu terciptalah hubungan interpersonal yang baik.

Solusi Permasalahan Perusahaan Fatburger

Permasalahan yang muncul dalam setiap cabang franchise dalam video tersebut diantaranya manajemen stok, fasilitas rusak, penggajian, kurangnya penghargaan karyawan serta masalah pribadi masing-masing karyawan seperti memiliki hutang, tidak memiliki uang yang cukup untuk berlibur, dan terpisah dari keluarganya karena masalah imigrasi. Untuk mengatasi permasalahan manajemen stok supaya menu yang ditawarkan selalu tersedia sehingga konsumen tidak kecewa, manajemen perusahaan harus bekerja sama dengan karyawan masing-masing cabang untuk melakukan penelitian atau observasi permintaan, catatan penjualan, serta catatan komplain dari konsumer untuk memperkirakan stok bahan baku yang harus tersedia setiap harinya. 

Mengenai permasalahan tidak diperbaikinya fasilitas tempat kerja dan tidak diterimanya uang dari cek gaji yang diperoleh karyawan, manajemen perusahaan atau corporate harus memiliki sistem pengawasan yang lebih ketat dan terintegrasi antara pemiliki franchise, perusahaan, dan karyawan sehingga apabila terdapat permasalahan dalam penggajian dapat terlacak oleh perusahaan dan dapat segara ditindaklanjuti. Keterlembatan uang yang diterima karyawan melanggar FLSA atau Fair Labor Standard Act. Apabila karyawan merasa sangat, dirugikan dapat menggugat ke pengadilan dan pemiliki cabang franchise serta perusahaan dapat dituntut ganti rugi. Bukan hanya itu, citra perusahaan dalam mata investor serta masyarakat juga akan menurun apabila hal tersebut sampai terjadi. Untuk itu perusahaan harus memperhatikan dengan baik masalah penggajian. Hal itu juga melanggar prinsip berbisnis dalam Islam yaitu tidak menunaikan kewajiban terhadap karyawan atau pekerja dengan semestinya.

Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


أَعْطُوا الأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ 

“Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering.” (HR. Ibnu Majah, shahih).

Penghargaan karyawan juga sama pentingnya dengan masalah penggajian dikarenakan pada dasarnya yang mewakili perusahaan kepada konsumen secara langsung bukanlah para manajer atau eksekutif perusahaan akan tetapi para karyawan yang melayani konsumen. Sehingga sangat penting menjaga agar karyawan untuk tetap termotivasi dan semangat dalam melakukan pekerjaannya sehingga kualitas pelayanan yang diberikan terjaga dan konsumen akan puas. Fasilitas tempat kerja juga harus diperhatikan oleh perusahaan maupun pemiliki cabang dikarenakan rusaknya fasilitas akan menganggu proses operasional sehingga menghambat konerja karyawan. Perusahaan dapat membentuk divisi quality assurance yang tugasnya mengecek kualitas fasilitas pada setiap cabang serta peforma pelayanan karyawannya untuk memastikan bahwa kualitas produk dan pelayanan yang didapat konsumen terjaga dengan baik.

Untuk mengatasi permasalahan pribadi dari karyawan, perusahaan dapat membentuk divisi employee appraisal yang bertugas untuk menanyakan apa saja kendalan pribadi yang dihadapi karyawan lalu dipilih kendala mana yang dinilai urgent dan perusahaan memiliki sumber daya untuk menyelesaikannya. Hal tersebut dapat juga dilakukan sebagai salah satu program CSR perusahaan.



REFERENSI

Craig Dave. 2013. Undercover Boss - Fatburger S4 EP12 (U.S. TV Series) [Video]. YouTube. Available at: [Accessed 3 March 2021].

RestaurantNews.com. 2013. CBS’s Hit Series “Undercover Boss” Gives Fatburger CEO Andy Wiederhorn an Inside View of His Own Franchise Operations. [online] Available at: [Accessed 3 March 2021].

PENULIS

Alfia Syahra Himmawan, Muhammad Paksi Assyafan, Prabandari Nur Fauziah, Retno Wulandari, Reyhananda Adhira Ferdyatama


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format