Bisnis Usaha Restoran Pelanggaran vs Bertahan, dan Strategi Untuk Beradaptasi Pada Masa Pandemi

Pandemi Covid 19 menimbulkan dampak yang luar biasa bagai membuat berbagai berguguran termasuk diantaranya industri restoran.


0

Pandemi Covid 19 menimbulkan dampak yang luar biasa bagai membuat berbagai berguguran termasuk diantaranya industri restoran.  PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) melakukan survei pada September 2020 kepada 9.000 restoran dan hotel di seluruh Indonesia, dengan 4.469 responden. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) melaporkan, sebanyak 1.033 tempat usaha restoran dan hotel di Indonesia saat ini tutup secara permanen akibat pandemi Covid-19. (Bisnis.com "Ribuan Hotel dan Restoran Tutup Permanen Akibat Pandemi Covid-19" 05 Februari 2021 | 18:57 WIB ). 

Sumber: Economy Okezone

Hal itu tak lepas dari kebijakan pembatasan kegiatan yang terus berulang dilakukan sepanjang tahun lalu. Banyak restoran yang tak mampu bertahan di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Tedapat potensi terjadinya PHK, jumlah tenaga kerja sektor restoran di DKI Jakarta normalnya ada 300.000, tapi kini yang bekerja tinggal 120.000 pegawai. Ini lagi-lagi dampak dari pembatasan yang terjadi sejak Maret 2020 dan beberapa ketentuan dari kebijakan itu, yakni mal tutup lebih awal dan pengaturan kapasitas restoran untuk layanan makan di tempat. 

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan selama masa PSBB Jakarta yang ketat 50% karyawan restoran dan kafe dirumahkan. Pengetatan PSBB Jakarta sendiri dimulai sejak 14 September 2020 dan sempat diperpanjang pada 24 September 2020. Karyawan yang dirumahkan itu dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari gajinya yang dipangkas hingga diwajibkan untuk mengambil cuti.

(hampir-sebulan-psbb-dki-diperketat-200000-karyawan-resto-dirumahkan- finance detik.com)

Dengan adanya penurunan profit secara drastis beserta PHK dan potensi PHK lebih banyak, hal inilah yang memicu adanya penyimpangan atas pembatasan yang diatur oleh pemerinta. Beberapa penyimpangan yang terjadi:

  • Tidak mengikuti protocol kesehatan (penggunaan masker, tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, thermogun, social distancing)
  • Tidak melakukan pembatasan kapasitas pengunjung
  • Tidak melakukan tracking pengunjung
  • Tidak adanya penanda jarak antar pengunjung

Contoh kasus:

  1. Setelah anggota Satpol PP Jakarta Barat melakukan sidak prokes di berbagai tempat di bawah pimpinan Kasi PPNS dan Penindakan Satpol PP Kota Jakbar Ivand Sigiro, didapati dua restoran yang melanggar protokol kesehatan di antaranya Sushi Ozy dan Tako Sushi. Untuk pelanggaran restoran Sushi Ozy yakni tidak adanya buku tamu untuk pelacakan pengunjung, dan tidak adanya penanda jaga jarak antar pengunjung.
  2. Di restoran Tako Suki, anggota Satpol PP Jakarta menemukan pelanggaran yakni tidak adanya tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, thermogun, buku tamu dan penanda jaga jarak, sebelum pengunjung memasuki restoran.Akibat pelanggaran tersebut, kedua tempat makan di tutup selama satu hari. Mereka baru boleh beroperasi usai menjalani dan menerapkan dengan disiplin protokol kesehatan. (https://www.liputan6.com restoran-yang-melanggar-prokes-di-kembangan-ditutup-sementara)

Berikut adalah data penurunan laba menurut BI, salah satu sector yang terdampak penurunan pendapatan/ laba cukup curam adalah restoran.

Sumber: lifepal.co.id

Regulasi pemerintah terkait yang mengatur diantaranya:

Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 3 tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2020 Tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019

(1) Penanggung jawab/pemilik warung makan, rumah makan, kafe atau restoran dalam menyelenggarakan aktivitas usaha wajib melaksanakan pelindungan kesehatan masyarakat, yang meliputi:

a.melakukan edukasi dan protokol pencegahan Covid-19; dan

b.melakukan pembatasanjumlah pengunjung.

(2) Edukasi dan protokol pencegahan Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, meliputi:

a.mewajibkan pengunjung menggunakan Masker, kecuali saat makan dan minum;

b.menerapkan pemeriksaan suhu tubuh;

c.melakukan pembatasan interaksi fisik dengan rentang jarak paling sedikit 1 m (satu meter) antar pengunjung;

d.menyediakan hand sanitizer;

e.tidak menggunakan alat makan atau alat minum yang mengharuskan pengunjung berbagi alat dalam mengkonsumsinya,antara lain shisha dan menu sejenisnya;

f.mewajibkan memasang informasi jumlah kapasitas pengunjung;

g.melakukan pendataan pengunjung di warung makan, rumah makan, cafe, atau restoran guna kebutuhan penyelidikan epidemiologi apabila ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19; dan

h.membuat dan mengumumkan pakta integritas dan protokol pencegahan Covid-19.

(3) Pembatasanjumlah pengunjungsebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, dilakukan dengan membatasi jumlah pengunjung paling banyak 50% (lima puluh persen) dari kapasitas warung makan, rumah makan, kafe, atau restoran.

Keputusan Gubernuh Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 172 tahun 2021 Tentang “Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro” pada aktivitas Kegiatan Restaurant diberlakukan pembatasan sebagai berikut:

  1. Makan/ Minum ditempat sebesar 50%
  2. Dine-in sampai dengan pukul 21.00 WIB
  3. Layanan makanan melalui pesan antar/ dibawa pulang tetap diijinkan sesuai dengan jam operasional restoran.

Berikut adalah dimensi social responsibility oleh sector usaha restoran pada masa pandemic:

Stage 1: Financial Viability

Restoran merupakan salah satu sector usaha yang berkontribusi dalam perekonomian negara dan pada masa pandemic ini merupakan salah satu yang berkontrbusi dalam pemulihan ekonomi nasional. DIkarenakan demand juga masih cukup tinggi terhadap makanan restoran.

Stage 2: Compliance with Legal and Regulatory Requirements

Restoran juga wajib mentaati peraturan pemerintah pusat dan pemerintah setempat demi percepatan pemulihan perekonomian dan menurunkan laju positif rate dan death rate COVID 19.

Stage 3:Ethics, Principles, and Values

Dalam kasus ini restoran dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional dengan mentaati peraturan pemerintah, protocol kesehatan dan membuat strategy baru pada masa pandemic yang akan menjadi win win solution.

Stage 4:Philanthropic Activities

Dengan diberlakukannya penerapan protocol kesehatan pada masa pandemic hal ini secara langsung meningkatkan kepedulian sesame manusia, dengan menekan laju infeksi COVID 19. 

Untuk bisa memenuhi dimensi social responsibility oleh sector usaha restoran pada masa pandemic diperlukan solusi / strategy yang dapat diterapkan oleh restoran untuk bisa beradaptasi, mempertahankan profit dan meminimalisir PHK karyawan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dine in Car

Kolaborasi Peluncuran Fitur Terbaru Dine In Your Car dan Drivethru Mall

Kolaborasi peluncuran sistem terbaru Dine in Your Car and Drive Thru Mall

Konsep dine in your car dan drive thru untuk Mall ini merupakan yang pertama di Indonesia. Fitur ini menawarkan konsep pesan di dalam mobil saja yang kemudian bisa di santap di dalam mobil ataupun langsung di bawa pulang. Baru sedikit sekali restoran dan mall yang menerapkan konsep ini, hal ini merupakan suatu konsep baru yang aman dan nyaman bagi pengunjung serta tidak membatasi jumlah customer yang akan datang. Memang hal ini terdapat keterbatasan yaitu space dan lahan parkir, namun hal ini bisa menjadi point penting untuk dapat dipertimbangkan sebelum pembukaan restoran baru.

  1. Outdoor space concept


Salah satu protokol yang disebut efektif adalah menghadirkan area bersantap luar ruangan (outdoor). Sebab sirkulasi udara outdoor lebih baik ketimbang indoor dimana virus bisa 'terperangkap' saat perputaran udara di dalam tidak berjalan semestinya.

Sumber: detik.com

  1. Menyediakan ruangan privacy / bilik kaca per pengunjung

Restoran di Jepang Sushir Resto ini menghadirkan tempat duduk pelanggan bertema 'sushi-diner capsules' atau bisa disebut tempat makan kapsul. Ruang makan ini mengingatkan akan hotel kapsul yang hanya bisa ditempati satu orang, sehingga disebut sushi-diner capsule.Restoran model kapsul ini disambut baik oleh masyarakat jepang terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. (www.grid.id)

Ilustrasi restoran kapsul

Referensi :

Kompas.com dengan judul "Pengusaha: Perpanjangan PPKM Bakal Perbanyak PHK dan Restoran Tutup", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/01/19/054321426/pengusaha-perpanjangan-ppkm-bakal-perbanyak-phk-dan-restoran-tutup?page=all.

Bisnis.com dengan judul "Ribuan Hotel dan Restoran Tutup Permanen Akibat Pandemi Covid-19", https://ekonomi.bisnis.com/read/20210205/12/1352941/ribuan-hotel-dan-restoran-tutup-permanen-akibat-pandemi-covid-19.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5209286/hampir-sebulan-psbb-dki-diperketat-200000-karyawan-resto-dirumahkan

Kompas.com dengan judul "PSBB Transisi Jakarta, Simak Aturan Dine In di Restoran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/12/093149175/psbb-transisi-jakarta-simak-aturan-dine-in-di-restoran

https://www.liputan6.com/news/read/4451836/2-restoran-yang-melanggar-prokes-di-kembangan-ditutup-sementara

Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 3 tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2020 Tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019

Keputusan Gubernuh Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 172 tahun 2021 Tentang “Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro” pada aktivitas Kegiatan Restaurant diberlakukan pembatasan sebagai berikut:

https://www.grid.id/read/042201708/nekat-ciptakan-konsep-unik-di-tengah-pandemi-covid-19-restoran-jepang-ini-hadirkan-tempat-makan-bertema-kapsul-untuk-jaga-jarak?page=all

(Ferrell, O. C., Hirt, G. A., & Ferrell, L. (2020). Business Foundations: A Changing World)

Nama Kelompok : Leaders R Us

Arya Mabruri Nurfata
Desti Permata Sari

How Restaurants Are Changing Beause of The Corona Virus


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format