Strategi Etika Bisnis Pizza Hut Menghadapi Pandemik


0

Ekonomi kini masih susah namun industri makanan harus selalu produksi untuk meningkatkan transaksi dan nilai ekonomi saat ini. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama beberapa bulan terakhir memberikan dampak signifikan pada banyak aspek. Salah satunya adalah soal ketahanan pangan dunia untuk memenuhi kebutuhan perut manusia.

Header Periksa Data Bagaimana Sebenarnya Ketahanan Pangan Indonesia. tirto.id/Sabit

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari setahun ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan berbagai macam bisnis yang ada di dunia, terutama di Indonesia. Badai pandemic covid-19 yang sangat berbahaya, penularan virus covid-19 yang sangat cepat,sehingga kemudian diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosisal Berskala Besar) oleh pemerintah, maka otomatis sangat terdampak pada berbagai bisnis kuliner seperti restoran dan kafe. Hampir rata-rata bisnis kuliner sangat terdampak seperti sepinya jumlah pelanggan, kapasitas pengunjung dan jam beroperasi yang sangat dibatasi, menyebabkan hancurnya banyak bisnis kuliner di Indonesia yang terpaksa harus gulung tikar. 

Lagi Corona Nggak Ada Bukber, Pengusaha Restoran Rugi Rp 3 T

Karena pandemik ini belum kunjung selesai maka perubahan bisnis juga mengalami perubahan salah satunya etika bisnis. Dalam dunia bisnis, etika adalah hal penting yang sangat diperlukan untuk membantu mengelola serta menjalankannya. Sebagai makhluk sosial, tentunya kita tidak bisa hidup sendiri dan perlu menjalin hubungan dengan sesama. 

Untuk menjalin hubungan tersebut ada nilai yang tergabung dan tata cara hidup dalam lingkungan bermasyarakat atau biasa disebut dengan etika. Etika yang baik tentunya akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Hal ini tentunya akan membahas sebuah perusahaan yang bergerak di industry makanan dan mninuman yaitu Pizza Hut dan kasus etika bisnis dalam menghadapai Pandemik.

Dear Pemerintah! New Normal Harusnya Diubah Jadi New Habit

Kehadiran perubahan gaya hidup baru yang disebut “new normal” ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan khususnya industri bisang makanan dan minuman harus terbiasa menghadapi persaingan ekonomi khususnya pandemik saat ini. Hal ini sudah disadari oleh beberapa perusahaan bidang makanan dan minuman yang salah satunya adalah Pizza Hut dengan Inovasi untuk menghadapi persaingan dunia. 

Pizza Hut adalah rantai restoran Amerika dan waralaba internasional yang didirikan pada tahun 1958 di Wichita, Kansas oleh Dan dan Frank Carney. Perusahaan ini dikenal dengan menu masakan Italia-Amerika, termasuk pizza dan pasta, serta lauk dan makanan penutup. Pizza Hut di Indonesia bekerja sama dengan PT. Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) didirikan pada tahun 1987, yang bergerak di bidang jasa penyedia makanan terutama pizza dan pasta di Indonesia melalui waralaba yang dimiliki. Sebagai anak perusahaan PT. Sriboga Raturaya, Perseroan adalah pemilik franchise YUM International yang memegang merek Pizza Hut di Indonesia. 

Pizza Hut Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emiten ritel pengelola gerai Pizza Hut Indonesia, PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 85% pada periode kuartal pertama tahun 2020 menjadi Rp 6,04 miliar. Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya, PZZA membukukan laba bersih Rp 40,17 miliar. Pada 3 bulan pertama tahun ini, mengacu data laporan keuangan, Sarimelati membukukan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 955,64 miliar, naik 5,58% dari tahun sebelumnya Rp 902,28 miliar.

Lebih rinci, penjualan bersih dari makanan menyumbang pendapatan Rp 886,02 miliar dan minuman Rp 76,31 miliar. Namun, pada saat yang sama, beban pokok penjualan dan pendapatan meningkat dari sebelumnya Rp 292,35 miliar menjadi Rp 324,94 miliar. Tak hanya itu, pos beban penjualan dan beban umum administrasi juga mengalami kenaikan masing-masing menjadi Rp 567,30 miliar dan Rp 53,45 miliar. 

 

Sumber Data : www.stockbit.com

Penurunan laba bersih perseroan berimbas pada menurunnya laba per saham dasar pada kuartal pertama tahun ini menjadi hanya Rp 2 per saham saja dibanding tahun sebelumnya Rp 13 per saham. Selama masa PSBB berlangsung, konsumen tak lagi diperbolehkan untuk makan di tempat melainkan hanya melalui layanan delivery services atau take away.

Hal baru yang dilakukan oleh manajemen PZZA antara lain :

  1. Melakukan penjualan di pinggir jalan, alih alih tetap mengoptimalkan restoran mereka.
  2. Karyawan PZZA berkeliling sambil menawarkan produk pizza, bahkan tidak jarang mereka berkeliling di kawasan padat penduduk maupun pertokoan / pasar.
  3. Promosi yang masif serta discount ekstrim ( yang sebelumnya tidak pernah dilakuakn (alah satu contoh, 100 ribu dapat 4 potong 4 rasa).
  4. Di internal PZZA, juga telah melakukan pengurangan / pemotongan gaji untuk menekan biaya tetap dan menghindari terjadinya pegurangan jumlah karyawan.

Sejumlah Peritel Berjualan di Pinggir Jalan Agar Bertahan di Tengah Pandemi - Ekonomi dan Bisnis - koran.tempo.co

                                          

Kontroversi Promo Pizza 15 Ribu yang Hebohkan Medsos & Buat Antrean Panjang

Pizza Hut Delivery (PHD) Indonesia menawarkan potongan harga khusus yakni satu pizza berisi empat potong senilai Rp15 ribu. Promo ini berlaku untuk pembeli yang datang langsung ke outlet PHD Indonesia. 

Sumber : Twitter PHD Indonesia

Namun promo pembelian langsung ke gerai itu menimbulkan kontroversi usai munculnya jasa titip dan penjualan kembali oleh beberapa orang yang memborong hingga ratusan boks pizza. Akibat pesanan yang banyak itu, muncul antrean panjang di gerai, yakni terjadi di Magelang, Jawa Tengah.



Sumber : Komentar Instagram phd-id Indonesia

Menganggapi komentar tersebut pihak PHD Indonesia mengaku potongan harga ini diperuntukan untuk warga yang masih harus bekerja di lapangan serta sebagai penyemangat bagi mereka yang beraktivitas di luar rumah. Namun antusias warga begitu besar hingga mengakibatkan antrean mengekor di gerai pizza tersebut. 

Pendapat Kelompok 8 Braveherated mengenai hal ini sudah termasuk pelanggaran etika bisnis dan Pelanggaran Protokol Kesehatan. 

Kenapa ?

Karena di kala pandemik banyak petugas kesehatan yang terpaksa mengurusi pandemik ini untuk mengurangi tingkat penularan di daerah masing masing, ini malah membuat keramaian yang tidak lazim dan tidak terarah. Memang meraih keuntungan itu boleh saja tapi ingat Kesehatan hal utama. 

Perusahaan Pizza Hut harus patuh di bawah arahan peraturan yang dibuat oleh negara dan pemerintah daerah setempat. Solusi yang bisa kami berikan adalah tolong evaluasi kinerja pelayanan Pizza Hut Indonesia karena ini sudah melanggar aturan etika bisnis dan protokol Kesehatan.



Potensi Masalah yang ditimbulkan :

Strategi yang dilakukan oleh PZZA dalam rangka meningkatkan revenue mereka berpotensi melanggar Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, terutama untuk pasal 25: 

  1. Gubernur menunjuk/menetapkan bagian-bagian jalan/trotoar dan tempat-tempat kepentingan umum lainnya sebagai tempat usaha pedagang kaki lima.
  2. Setiap orang atau badan dilarang berdagang, berusaha di bagian jalan/trotoar, halte, jembatan penyeberangan orang dan tempat-tempat untuk kepentingan umum lainnya di luar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
  3. Setiap orang dilarang. membeli barang dagangan pedagang kaki lima sebagaimana dimaksud pada ayat (2).

Sumber : Liputan 6

Di satu sisi, negara atau pemerintah belum bisa memberikan solusi terbaik atas kondisi yang dialami oleh PZZA. Dan di sisi lain, PZZA harus memutar otak agar nilai penjualan dapat dipertahankan sehingga tidak perlu melakukan opsi pengurangan karyawan, yang seandainya terjadi tentu akan menimbulkan efek domino yang jauh lebih besar. Namun tempat dia berjualan merupakan tempat terlarang, karena lokasi tersebut seharusnya menjadi hak pejalan kaki atau menutupi jalan keluar masuk tempat usaha orang lain.

Pandemi yang mengubah perilaku konsumen membatasi pergerakkan ini yang coba direspons perusahaan. Umumnya mereka berinovasi melalui berbagai cara pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Strategi tersebut antara lain dengan mengombinasian produk, tempat, promosi dan harga agar produknya bisa dijangkau konsumen. Kendati demikian, hasilnya mungkin tak terlalu signifikan atau hanya cukup untuk menutup biaya operasional.

Tambahan Solusi yang bisa digunakan Pizza Hut dari Kelompok 8 (Bravehearted) untuk menghadapi pandemik ini adalah :


                                               Sumber : Pemikiran Solusi Kelompok 8


Penjelasan :

1.  Fokus Penggunakan sistem online dari web kemudian pemesanan nomor WA untuk memberitahukan kepada pelanggan setia pizza hut agar bisa memesan orderan online dari rumah untuk menghindari penularan kontak fisik di saat pandemik

2.  Brand yang  tanggap  situasi,Pizza  Hut wajib ikut  mengkampanyekan physical   distancing melalui   media sosial dan melalui konten-konten   video   yang menkampanyekan  untuk tetap berada  dirumah. Physical  distancing tidak  hanya di informasikan melalui media saja, tetapi di lapangan juga melakukan protokol yang sama

3. Menciptakan inovasi “ready to cook” menu andalan mereka dan dalam kondisi ready to cook, jadi pelanggan bisa membeli produk frozen food pizza hut seperti “ready to cook” pizza dengan berbagai macam topping khas resto pizza hut, atau frozen Beef Lasagna dan berbagai menu lezat khas pizza hut. Jadi ini merupakan solusi yang inovatif untuk para konsumen mereka yang ingin menikmati makanan khas restoran pizza hut dalam kondisi hangat dan fresh from the oven, tapi tidak perlu keluar rumah.

4.  Untuk metode pemasarannya produk “ready to cook” produksi Pizza Hut, sebaiknya pizza hut memasarkannya melalui berbagai macam online market place yang kredibel seperti Tokopedia, shopee, Lazada, blibli dan sebagainya. 

5.  Untuk meningkatkan penjualan & untuk menarik perhatian konsumen, Pizza Hut sebaiknya memberikan promosi secara berkala seperti potongan harga, atau promo menarik lainnya seperti buy 1 get 1 untuk menu tertentu, dan promo menarik lainnha untuk pemesanan makanan melalui aplikasi seperti aplikasi pizza hut Indonesia, atau diskon untuk order di gofood dan grabfood.

6.  Solusi lainnya Pizza Hut dapat mengubah operasional restoran dengan mendirikan “Cloud Kitchen” dimana dapur restorannya dapat disewa oleh siapapun yang mau berbisnis makanan.

7.  Meningkatkan penjualan secara online karena penjualan online sangat berpengaruh pada saat ini melalui  fitur bisnis pada Whatsapp, dan membangun kedekatan dengan konsumen seperti berbincang melalui chat pada aplikasi Whatsapp dan bisa untuk memberitahukan kepada consumer promosi yang sedang berlangsung.

8.  Mengadakan kelas masak “Cooking Class” berbayar secara online yang akan memberikan konsumen tutorial membuat pizza, spaghetti, lasagna dan beberapa macam menu khas Pizza Hut dan juga memberikan pemahaman kuliner (terutama kuliner barat atau western food) karena sesuai dengan konsep restoran Pizza Hut bagi konsumen.

9.  Melakukan optimalisasi branding di social media seperti pada Instagram, twitter, facebook. Sehingga konsumen akan condong memilih dan membeli produk yang mereka kenal. 

10. Melakukan kolaborasi dengan “celebrity chef” Indonesia terkenal seperti Chef Arnold, Chef Juna, atau celebrity chef lainnya yang terkenal dan menciptakan menu kolaborasi dengan celebrity chef tersebut sehingga bisa menarik perhatian konsumen.



Sumber Tulisan:



Nomor Kelompok : 8

Nama Kelompok : Bravehearted

Nama Anggota :      

  1. Mahatir M Tamher       - 42P20071
  2. Septian Arif Nugroho - 42P20078
  3. Yosi Amelia Putri        - 42P20082



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
yputri

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format