CGV Cozy Night, Solusi Nonton Asyik Saat Pandemi!

Perpaduan antara Night Sky View dengan Bioskop yang membuat para penonton merasa nyaman


1
1 point

Apa itu PT Graha Layar Prima ?

PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) adalah salah satu perseroan yang bergerak dibidang industri perfilman dan penyediaan makanan & minuman. PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau yang kerap dikenal dengan CGV Cinemas didirikan pada tahun 2004 oleh sekelompok investor lokal. Bioskop pertama yang berhasil dibuka bertempat di Paris Van Java (PVJ) bandung, yaitu pada tahun 2006. Tahun 2014 CGV menjadi perusahaan bioskop pertama dan satu-satu nya yang menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia dan berkolaborasi dengan Global Cinema Player terkemuka asal Korea selatan yaitu CJ CGV.

Dilansir oleh cgv.id konsep Cultureplex digunakan oleh CGV Cinemas yang bertujuan untuk memberikan  pengalaman menonton film tak terlupakan ditempat pertama, satu-satunya dan terbaik yang dimana terdapat keseruan lainnya dan pengamalan yang menarik. Tidak kalah dengan bioskop lainnya, CGV mempunyai beberapa konsep yang menarik dari auditorium nya. Berikut beberapa tipe auditorium yang dimiliki oleh CGV:

  1. Velvet Class

Merupakan tipe bioskop first class yang dilengkapi layar yang lebar dan suara (sound) yang maksimal, tempat tidur sofa mewah untuk 2 orang yang dilengkapi bantal dan selimut yang lembut.

Sumber: https://cinemags.co.id/

  1. Satin Class / Gold Class

Merupakan tipe bioskop VVIP dengan kursi yang dilengkapi sandaran kaki dan fasilitas service button untuk memungkinkan penonton melakukan pemesanan makanan dan minuman dari dalam auditorium. Tipe auditorium ini juga dilengkapi dengan 52 reclining seats, dan lounge eksekutif.

 

Sumber: https://cinemags.co.id/

  1. RealD 3D

Merupakan teknologi proyeksi stereoskopik yang dibuat dan dimiliki oleh RealD inc. Teknologi ini sudah digunakan oleh CGV Cinemas di seluruh cabang nya. Teknologi ini memungkinakan para penonton untuk merasakan pengalaman melihat/menonton film langsung ke dalam layar nya, bukan hanya seolah-olah muncul di depan layar.


Sumber: https://prettyinsider.blogspot.com/

  1. 4DX

Format film dengan 4DX ini dilengkapi dengan sensor khusus seperti gerakan, udara, aroma, percikan air dan efek-efek khusus lainnya. CGV Cinemas sudah mengoperasikan teknologi 4DX ini dalam salah satu auditorium nya.

Sumber: https://harga.web.id/

  1. Sphere X

Tipe auditorium ini memiliki kursi yang direbahkan hingga 45 derajat agar tubuh bisa mengikuti gerak gambar. Auditorium ini juga menggunakan layar yang melengkung dengan ukuran 26 x 14 meter yang mampu menampilkan film 2D dan 3D. Suara yang dikeluarkan juga sangat canggih melebihi studio IMAX karena menggunakan 60 pengeras suara dan mengaplikasikan teknologi Vive Christie Audio dan Dolby Atmos. 

Sumber: Cinema Indonesia

  1. Sweet Box

Tipe auditorium ini memiliki kursi bersekat dengan warna merah yang memiliki tagline ‘special seattle to enjoy movie with your special one’ 

Sumber: jabar.tribunnews.com

  1. Starium

Merupakan konsep cinema dengan layar lebar berdimensi 19,5 x 8,1 meter yang dilengkapi dengan sound system Dolby Digital 7.1 dan Barco Projector 4K.

Sumber: https://today.line.me/

Keadaan PT. Graha Layar Prima saat Pandemi

Tahun 2019 adalah tahun dimana pandemi virus corona memasuki Indonesia. Pandemi ini telah berdampak pada operasional dan keuangan PT. Graha Layar Prima, Tbk atau CGV Cinemas. Berdasarkan CNBC Indonesia, PT. Graha Layar Prima atau CGV Cinemas telah melakukan pemotongan gaji dan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawannya. Hal ini terjadi akibat adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang menjadikan penutupan sementara operasional bioskop. Untuk saat ini, terdapat beberapa strategi yang dilakukan perusahaan dalam rangka mempertahankan kelangsungan usaha di tengah masa pandemi Corona yaitu mengurangi biaya sewa tempat usaha dengan negosiasi atau kerja sama dengan pemilik lahan serta melakukan kolaborasi dengan pelaku industri film dalam mempersiapkan film-film lokal terbaru yang akan ditayangkan di bioskop CGV setelah pemulihan pandemi ini. Selain itu, CGV Cinemas juga melakukan Digital Marketing di seluruh online platform atau Social Networking Services CGV, memaksimalkan konten-konten kreatif di digital platform CGV serta jasa pembuatan video konten dan iklan untuk pihak ketiga atau eksternal. 

Sumber: cgv.id

Tak berhenti disitu, CGV Cinema juga melakukan inovasi baru saat pandemi yang disebut dengan “Bioskop Sultan”. Bioskop Sultan merupakan program sewa auditorium bioskop untuk kebutuhan pribadi atau kelompok. Program Bioskop Sultan ini dapat digunakan untuk menonton film atau menggelar acara seperti seminar, lamaran, pre-wedding dan bermain game. Biaya Bioskop Sultan untuk acara dihitung per jam dengan pertimbangan kebutuhan acara dan jenis acara. Untuk pemutaran film, dikenakan 360 ribu untuk satu film, sedangkan untuk kegiatan sewa auditorium selain menonton film, seperti webinar, esport games, private event, harga sewa mulai dari 750 ribu/sesi (2 jam). Pemesanan Bioskop Sultan dilakukan melalui formulir digital di web resmi CGV atau dapat menghubungi Call Center CGV. 

CGV Cozy Night Sebagai Bentuk Inovasi saat Pandemi

Saat pandemi ini aktivitas dibatasi, tempat kumpul-kumpul, tempat tongkrongan yang umumnya banyak dipenuhi oleh anak-anak muda kaum millenial tidak seramai seperti dulu, bioskop pun juga sepi karena kapasitas jumlah penonton yang dibatasi. Dampak pandemi terhadap bioskop (industri perfilman) tersebut dapat dilihat di vidio berikut.

CGV Cinemas dapat melakukan inovasi baru dengan menghadirkan bioskop outdoor dengan konsep yang nyaman tetapi tetap aman dan sesuai protokol kesehatan untuk dinikmati bersama bagi keluarga atau para anak muda. Inovasi ini disebut dengan CGV Cozy Night. CGV Cozy Night adalah bioskop dengan konsep outdoor dengan jam tayang film pada malam hari. Konsep outdoor juga diharapkan dapat mengurangi penularan virus dikarenakan perputaran udara sangat lancar di tempat ruang terbuka. Dalam pengadaan tempat untuk CGV Cozy Night ini, CGV Cinemas dapat bekerja sama dengan beberapa mall yang memiliki rooftop. Konsep CGV Cozy Night adalah perpaduan antara Night Sky View dan Bioskop yang pastinya akan banyak digemari oleh generasi Millenial. Dalam pelaksanaan CGV Cozy Night ini pasti membutuhkan beberapa sumber daya manusia. Berikut gambaran jabatan yang dibutuhkan di CGV Cozy Night :

  1. Cozy Night Cinema Manager

Cozy Night Cinema Manager bertanggung jawab atas semua aspek pengawasan bioskop sehari-hari. Mereka memimpin operasi bioskop untuk memastikan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai target pendapatan. Mereka menjalankan tugasnya menggunakan operasi efisien yang berfokus pada sistem manajemen orang yang adil dan prosedur operasi standar.

  • Job Description
    • Memastikan bahwa bioskop mematuhi undang-undang kesehatan dan keselamatan

    • Merekrut, melatih, mengelola, dan menilai staf

    • Mempromosikan dan memasarkan film

    • Menyimpan catatan keuangan dan statistik

    • Menulis laporan dan perkiraan keuangan

    • Memastikan bahwa layanan pelanggan yang sangat baik disediakan

    • Menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan

    • Mempertahankan standar bioskop

    • Memaksimalkan produktivitas dan memenuhi target penjualan

    • Bekerja sama dengan agensi untuk memastikan bahwa standar tata graha dan keamanan dipatuhi

    • Memotivasi semua staf untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas mereka

    • Mengevaluasi kinerja staf bioskop

    • Memastikan bahwa prosedur dan standar operasi dan akuntansi ditaati.

  • Job Specification
    • Usia maksimal 45 tahun

    • Pendidikan minimal S1 dengan jurusan manajemen, bisnis atau pariwisata

    • Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam hal manajerial di bidang teater, bisnis, restoran, hotel, pariwisata atau pengalam terkait lainnya

    • Memiliki keterampilan bisnis, komputer dan IT yang sangat baik

    • Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris

    • Mengetahui tentang dunia perfilman

    • Memiliki kemampuan memimpin yang baik dan tegas

    • Memiliki kemampuan dalam manajemen 4 sektor (Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Operasional)

    • Memiliki kemampuan analisis, forecasting dan negosiasi yang baik

    • Mampu beradaptasi, bersosialisasi dengan baik

  • Recruitment & Selection
    • Internal Rekrutmen dengan Wawancara. CGV Cinemas memilih kandidat yang sesuai untuk menjadi CGV Cozy Night Manager. Perekrutan seperti ini melihat potensi dari beberapa karyawan yang memenuhi kualifikasi jabatan. Sistem perekrutan seperti ini juga akan lebih efisien dilakukan karena mengurangi biaya perekrutan dan akan memberikan jabatan serta pekerjaan baru kepada karyawan CGV Cinemas yang sebelumnya sempat terkena dampak dari pandemi serta akan mengurangi PHK bagi para karyawan CGV Cinemas.

    • Eksternal Rekrutmen. CGV Cinemas memilih kandidat dari luar perusahaan nya dengan beberapa tahap seleksi yang diadakan, diantaranya:

      • Tahap Pendaftaran. Para pelamar dapat mengunjungi situs online yang sudah tersedia dan mengisi data pribadi nya, dan mengirimkan surat lamaran.

      • Tes Kemampuan. Pelamar yang berhasil lolos seleksi di tahapan pertama, akan mengikuti tes kemampuan yang dimiliki secara online.

      • Tahap Wawancara. Setelah melakukan seleksi dari Tes Kemampuan, para pelamar yang lolos seleksi akan dipanggil dan di wawancarai oleh pihak CGV Cinemas.

      • Tahap Kesepakatan. Pada tahap ini para pelamar yang sudah lolos tahap wawancara akan melakukan kesepakatan atau perjanjian dengan pihak CGV Cinemas.

  • Jam Kerja
    • Jam kerja full time (35-40 jam per Minggu)

    • Bekerja di hari kerja (diluar waktu full time) dan di akhir pekan sesuai kebutuhan

  • Training & Development
    • Untuk Pelatihan dan Pengembangan Cozy Night Cinema Manager menggunakan sistem on the job training, yang mana pembelajaran dilakukan di tempat kerja pada saat jam kerja secara tidak langsung.
  1. Cozy Night Supervisor

  • Job Description
    • Merencanakan dan melaksanakan prosedur operasional bioskop untuk memastikan kelancaran dan efisiensi operasi bisnis bioskop secara ruang terbuka.

    • Melaksanakan tugas dan mengawasi semua aspek operasional.

    • Meninjau semua aspek operasi untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, efisiensi dan efektivitas operasional, peningkatan penjualan, rencana periklanan dan pemasaran, profitabilitas dan standar. 

  •  Job Specification
    • Usia maksimal 30 tahun

    • Pendidikan minimal S1 dari semua jurusan

    • Memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun sebagai supervisor coordinator di bidang yang bersangkutan

    • Bersedia bekerja dalam jadwal shift.

    • Mampu berbahasa Inggris.

    • Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat .

    • Memiliki analisis bisnis yang kuat

    • Mampu bekerja dalam tim

    • Mampu mengoperasikan komputer dengan baik dan benar

  •  Recruitment & Selection
    • Internal Rekrutmen dengan Wawancara. CGV Cinemas memilih kandidat yang sesuai untuk menjadi CGV Cozy Night Supervisor. Kandidat yang dipilih adalah kandidat yang masih masuk atau bekerja di CGV Cinemas. Setelah mendapatkan kandidat yang sesuai, akan dilakukan wawancara oleh pihak CGV Cinemas dengan kandidat yang terpilih. Kandidat yang lolos tahap wawancara, akan diangkat menjadi CGV Cozy Night Supervisor.

    • Eksternal Rekrutmen. CGV Cinemas memilih kandidat dari luar perusahaan nya dengan beberapa tahap seleksi yang diadakan, diantaranya:

      • Tahap Pendaftaran. Para pelamar dapat mengunjungi situs online yang sudah tersedia dan mengisi data pribadi nya, dan mengirimkan surat lamaran.

      • Tes Kemampuan. Pelamar yang berhasil lolos seleksi di tahapan pertama, akan mengikuti tes kemampuan yang dimiliki secara online.

      • Tahap Wawancara. Setelah melakukan seleksi dari Tes Kemampuan, para pelamar yang lolos seleksi akan dipanggil dan di wawancarai oleh pihak CGV Cinemas.

      • Tahap Kesepakatan. Pada tahap ini para pelamar yang sudah lolos tahap wawancara akan melakukan kesepakatan atau perjanjian dengan pihak CGV Cinemas.

  • Jam Kerja
    • Jam kerja full time (35-40 jam per Minggu)
  • Training & Development
    • Untuk Pelatihan dan Pengembangan CGV Cozy Night Cinema Supervisor menggunakan sistem on the job training, yang mana pembelajaran dilakukan di tempat kerja pada saat jam kerja secara tidak langsung.

3. Cozy Night  Service Assistant

  • Job Description
    • Menjadi Frontliner Operasional di Area Concession, Usher, Ticket Box, Layanan Tamu dan Kafe sesuai dengan SOP dan Implementasi pekerjaan. Juga melayani dan menjual produk perusahaan untuk beroperasi dengan layanan pelanggan yang sangat baik.
  • Job Specification
    • Usia maksimal 21 tahun

    • Pendidikan minimal lulusan SMA semua jurusan

    • Belum berkeluarga

    • Tinggi badan minimal 170 cm (Pria) dan 160 cm (Wanita), dengan berat badan proporsional

    • Berpenampilan menarik

    • Berorientasi Melayani Pelanggan

    • Mampu berkomunikasi dengan baik dan percaya diri

    • Bersedia bekerja secara shift

    • Berdomisili di kota yang telah ditentukan

  • Recruitment & Selection
    • Internal Rekrutmen dengan Wawancara. CGV Cinemas memilih kandidat yang sesuai untuk menjadi CGV Cozy Night Service Assistant. Kandidat yang dipilih adalah kandidat yang masih masuk atau bekerja di CGV Cinemas. Setelah mendapatkan kandidat yang sesuai, akan dilakukan wawancara oleh pihak CGV Cinemas dengan kandidat yang terpilih. Kandidat yang lolos tahap wawancara, akan diangkat menjadi CGV Cozy Night Service Assistant.

    • Eksternal Rekrutmen. CGV Cinemas memilih kandidat dari luar perusahaan nya dengan beberapa tahap seleksi yang diadakan, diantaranya:

      • Administrasi. Para pelamar dapat mengunjungi situs online yang sudah tersedia dan mengisi data pribadi nya, dan mengirimkan surat lamaran.

      • Tahap Wawancara. Setelah melakukan seleksi administrasi, para pelamar yang lolos seleksi akan melakukan wawancara dengan pihak CGV Cinemas.

      • Tahap Kesepakatan. Pada tahap ini para pelamar yang sudah lolos tahap wawancara akan melakukan kesepakatan atau perjanjian dengan pihak CGV Cinemas.

  • Jam Kerja
    • Jam kerja full time (35-40 jam per Minggu)
  • Training & Development
    • Untuk Pelatihan dan Pengembangan CGV Cozy Night Cinema Service Assistant menggunakan sistem on the job training, yang mana pembelajaran dilakukan di tempat kerja pada saat jam kerja secara tidak langsung.

Best Practice

Konsep outdoor cinema saat masa pandemi ini, telah dilakukan di beberapa tempat di California seperti 3Below Theaters di San Jose dan The Montalban Theater di Montalban. Selain itu, di beberapa kota di Indonesia seperti di Bandung yang sudah hadir konsep outdoor cinema dengan nama Tenda di Bawah Bintang dan di Bali juga telah membuat tren ini dengan skala yang lebih kecil dan hanya film-film tertentu, seperti Karma Beach Club.

 

            3Below Theaters di San Jose                                             The Montalban Cinema

Tenda di Bawah Bintang, Bandung

Karma Beach Club

Hal ini menunjukkan bahwa konsep outdoor cinema memiliki peluang pasar yang baik di saat pandemi ini bagi CGV yang memiliki teknologi lebih dan akses film lebih luas dan terkini. Dengan adanya outdoor cinema saat pandemi dapat membuat trend menonton film era new normal tetap asyik, aman dan nyaman. Maka dari itu CGV Cozy Night merupakan inovasi yang baik dilakukan saat pandemi demi keberlangsungan PT. Graha Layar Prima. Dalam perekrutan Sumber Daya Manusia untuk CGV Cozy Night Cinema diutamakan menggunakan internal rekrutmen terutama saat pandemi ini. Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya perekrutan dan mengurangi tingkat turnover karyawan karena PHK. Selain itu karyawan lama dinilai memiliki loyalitas yang lebih tinggi.

Artikel ini telah di cek antiplagiarism via website https://www.duplichecker.com/ 

Nama anggota :

  1. Selma Ferena
  2. Muhammad Jodi Aprianda Fadhlan

Referensi

Ferrell, O. C., Hirt, G. A., & Ferrell, L. (2020). Business: A Changing World. Twelfth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Jones, Gareth R & George, Jennifer M. (2016). Contemporary Management. Ninth Edition.

https://id.wikipedia.org/wiki/CJ_CGV 

https://www.cgv.id/en/content/investor_relation 

https://mediaindonesia.com/weekend/379746/ingin-nonton-lebih-aman-coba-saja-bioskop-ala-sultan-ini 

https://m.republika.co.id/amp/qnf41v349 

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200823224600-17-181374/11-emiten-ini-terpaksa-phk-rumahkan-pegawai-ini-list-nya/3 

https://www.dailynews.com/2020/08/13/rooftop-movies-start-this-weekend-at-the-montalban-theater/amp/ 

https://abc7news.com/amp/movie-theater-open-san-jose-covid-19-regal-cinemas-closing/6871539/ 

https://balibuddies.com/where-to-catch-a-movie-in-bali-right-now/amp/

https://www.instagram.com/tendadibawahbintang/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Managers R Us

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format