Kulkas Berlabel Halal, Untuk Apa?

Pada tahun 2018 lalu, Sharp, sebagai salah satu produk alat elektronik kategori lemari es mulai menyematkan sertifikasi halal pada produknya


0

Lemari es memiliki kaitan erat dan merupakan alat elektronik yang melakukan kontak langsung terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi. Pada tahun 2018 lalu, Sharp, sebagai salah satu produk alat elektronik kategori lemari es mulai menyematkan sertifikasi halal pada produknya sebagai bentuk penyambutan terhadap bulan Ramadhan. Dengan menyematkan label halal ini, Sharp juga menjadi produk elektronik pertama kategori lemari es yang membubuhkan sertifikasi halal pada produknya pada tahun tersebut. Proses yang dilalui untuk mendapatkan sertifikasi ini meliputi penilaian pada material, proses, hingga fasilitas lemari es. Penilaian yang dilakukan oleh MUI pun didasarkan pada dua cara pandang yaitu dari sisi sains melalui LPPOM MUI dan dari sisi agama oleh kumpulan ulama di Komisi Fatwa MUI.

sumber: detik.com

Disisi lain Product Strategy Assistant Manager dari Sharp mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan baik proses pembuatan maupun komponen yang digunakan antara produk yang berlabel halal dengan yang tidak. Adanya label halal ini juga tidak menandakan bahwa produk Sharp sebelumnya merupakan produk yang tidak halal. Label ini mereka berikan sebagai bentuk jaminan kenyamanan  dan keamanan konsumen, terutama Muslim, dalam membeli produk Sharp. Sebab lemari es merupakan produk yang bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang nantinya dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, sertifikasi halal ini diperuntukkan sebagai sambutan atas diberlakukannya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang berisi ketentuan wajib sertifikasi halal, termasuk untuk barang gunaan, sejumlah produsen telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Mie instan merupakan produk makanan cepat saji yang sangat terkenal keberadaannya di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, mie instan telah menjadi primadona banyak orang, terutama mahasiswa. Salah satu produk mie instan yang terkenal di Indonesia yaitu Mie Sedaap yang diproduksi oleh Wings Food dan menjadi saingan dengan produk unggulan Indomie. 

Mie Sedaap pertama kali diproduksi pada tahun 2003. Produk canangan Wings Food ini telah berhasil memperoleh sertifikasi halal MUI pada produk mie instannya. Sertifikasi halal yang digambarkan melalui logo halal pada kemasan produk tentu sangat mempengaruhi permintaan pasar, terutama pada penduduk yang mayoritas muslim seperti Indonesia. Selain itu, dikarenakan produk mie sedaap merupakan produk primer yang berkaitan dengan kebutuhan pangan masyarakat, logo halal tentu menjadi tolak ukur utama pada prioritas pelanggan dalam membeli produk tersebut untuk dikonsumsi.

Perbandingan produk non-pangan halal dengan produk pangan halal berdasarkan jurnal Asa (2019) dan Voloder (2015)

Konsep Produk Halal

Lemari Pendingin Sharp

Mie Instan Mie Sedaap

Halal Certification

PT. Sharp Electronics Indonesia memperoleh sertifikasi halal internasional (Cerol-SS23000) dengan status A yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk katagori produk lemari es dan freezer buatan dalam negeri pada tahun 2018

PT. Karunia Alam Segar sebagai salah satu perusahaan yang dikelola oleh Wings Group memiliki sertifikasi halal. Salah satu produknya yakni Mie Sedaap Ayam Bawang dengan nomor sertifikat 114/SPKP/MUI-JATIM berlaku hingga tahun 2024

Delegasi Wewenang

Majelis Ulama Indonesia kategori produk non pangan

Majelis Ulama Indonesia kategori produk mie instan

Influential Factors for consumption of halal product

Faktor pendorong masyarakat dalam menggunakan lemari es bersertifikat halal adalah rasa aman dan tenang karena menganggap bahwa lemari es bersertifikat halal telah diuji dan terpercaya dari berbagai macam aspek penilaian kehalalan oleh lembaga sertifikasi halal (MUI)

Faktor pendorong yang mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi produk mie instan yang halal adalah bahwa masyarakat memiliki suatu pilihan makanan siap saji yang dalam pembuatan hingga bahan bahannya tidak terdapat unsur haram. Hal ini sejalan dengan Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 168; Allah SWT berfirman: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Halal related provisions under indonesian laws

Pasal 1 UU. No.33 Tahun 2014 yang berbunyi “Produk adalah barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat.” dan Pasal 2 UU. No.33 Tahun 2014 yang berbunyi “Proses Produk Halal yang selanjutnya disingkat PPH adalah rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan Produk mencakup penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian Produk.”

Pasal 1 UU. No.33 Tahun 2014 yang berbunyi “Produk adalah barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat.”, Pasal 3 UU. No. 33 Tahun 2014 yang berbunyi “Proses Produk Halal yang selanjutnya disingkat PPH adalah rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan Produk mencakup penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian Produk.”, dan Pasal 4 UU. No. 33 Tahun 2014 yang berbunyi “Bahan adalah unsur yang digunakan untuk membuat atau menghasilkan Produk.”

Ethical consumption

Adanya sertifikasi halal pada produk lemari es dan freezer “Sharp” ini memberikan optimisme pada ethical consumerism yang mendorong perusahaan untuk mengembangkan produknya sesuai moral dan etika kehalalan sehingga nantinya konsumen akan mendapatkan rasa tenang dan aman saat menggunakan produk.

Sertifikasi halal pada produk makanan instan khsusnya Mie Instan sangatlah diperlukan karena dengan adanya sertifikasi halal ini, masyarakat mampu memperkirakan bagaimana proses pengolahan dari hulu ke hilir dan perusahaan produsen Mie Sedaap pun mendapatkan dorongan untuk menghasilkan produk Mie Instan berkualitas yang halal. 

Dari analisis perbandingan di atas, tidak hanya produk pangan saja yang perlu memiliki label halal, tetapi produk non-pangan yang berkaitan langsung dengan produk pangan perlu memiliki sertifikasi halal. Berdasarkan UU No. 33 tahun 2014 “Tentang jaminan Produk Halal yang berisi ketentuan wajib bersertifikasi Halal, termasuk untuk barang gunaan”, Sharp membuat kulkas demi memenuhi kebutuhan barang gunaan (kulkas) yang memiliki label halal. Meski tidak masuk ke dalam tubuh seperti halnya makanan atau minuman, kandungan bahan pada produk barang gunaan tetap harus dicermati kehalalannya. Sebab, jika bahan tersebut mengandung najis atau haram, maka ketika bersentuhan dengan makanan akan membuat makanan tersebut tercemar barang najis sehingga menjadi haram dikonsumsi. 

Dari Jabir bin Abdillah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di Mekah saat penaklukan kota Mekah,

إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ وَالأَصْنَامِ » . فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ شُحُومَ الْمَيْتَةِ فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ ، وَيُدْهَنُ بِهَا الْجُلُودُ ، وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ . فَقَالَ « لاَ ، هُوَ حَرَامٌ » . ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – عِنْدَ ذَلِكَ « قَاتَلَ اللَّهُ الْيَهُودَ ، إِنَّ اللَّهَ لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ ثُمَّ بَاعُوهُ فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ

“Sesungguhnya, Allah dan Rasul-Nya mengharamkan jual beli khamar, bangkai, babi, dan patung.” Ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu mengenai jual beli lemak bangkai, mengingat lemak bangkai itu dipakai untuk menambal perahu, meminyaki kulit, dan dijadikan minyak untuk penerangan?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh! Jual beli lemak bangkai itu haram.” Kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semoga Allah melaknat Yahudi. Sesungguhnya, tatkala Allah mengharamkan lemak bangkai, mereka mencairkannya lalu menjual minyak dari lemak bangkai tersebut, kemudian mereka memakan hasil penjualannya.” (HR. Bukhari no. 2236 dan Muslim, no. 4132).

Beberapa komponen dalam kulkas terbuat dari campuran bahan yang menggunakan unsur dari turunan asam lemak. Unsur asam lemak merupakan bahan yang kritis dari sisi kehalalannya, karena asam lemak dapat berasal dari bahan hewani dan nabati, maka harus dipastikan bahwa bahan itu bukan dari turunan bahan haram dan najis. Dengan adanya kulkas dengan label halal, masyarakat tidak perlu khawatir lagi tentang bahan makanan yang mereka simpan di kulkas.

Penulis
Fais Eka Nur Septianto
Chyntia Monica
Aulia Kusuma F.
Farid Fakhri F.
Khansa Amiranti
Nugeri Dwiantoro

Referensi

https://id.sharp/news/lemari-es-bersertifikat-halal-pertama-di-indonesia-dari-sharp

http://www.halalmui.org/mui14/searchproduk/search/detail/18990-2-14016-56534

https://www.merdeka.com/sumut/makanan-halal-menurut-konsep-islam-dan-dalil-yang-mendasarinya-kln.html#:~:text=Selain%20itu%20dalam%20surat%20Al,Al%2DBaqarah%3A%20168

https://hbr.org/2015/01/ethical-consumerism-isnt-dead-it-just-needs-better-marketing

http://www.halalmui.org/mui14/main/detail/barang-gunaan-haruskah-bersertifikat-halal

https://rumaysho.com/2308-barang-yang-haram-diperdagangkan.html


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format